Pengertian  Definisi Bidan menurut IBI adalah seorang perempuan yang telah

mengikuti dan menyelesaikan pendidikan yang telah diakui pemerintah,dan lulus ujian sesui dengan persyaratan yang berlaku dan diberi ijin secara sah untuk melaksanakan praktik. Dalam melaksanakan pelayanan kesehatan dan kebidanan di masyarakat,bidan diberi wewenang oleh pemerintah sesuai dengan wilayah pelayanan yang diberikan.wewenang tersebut berdasarkan Keputusan Menteri kesehatan republik Indonesia nomor 900/menkes/SK/VII/2002 tentang registrasi dan praktik bidan.

 Definisi Bidan menurut WHO adalah seorang yang diakui secara
regular dalam progam pendidikan bidan,diakui secara yuridis,ditempatkan dan mendapat kualifikasi serta terdaftar disektor dan memperoleh ijin melaksanakan pratik bidan.

 Definisi Bidan menurut ICM (Interntional Confederation of Midwives) adalah seseorang yang telah menyelesaikan Progam Pendidikan
Bidan yang diakui oleh Negara serta memperoleh ijin untuk menjalankan praktik kebidanan di Negara itu. Dia harus mampu memberikan supervise,asuhan dan nasehat yang dibutuhkan perempuan selama masa hamil,persalinan dan pasca persalinan (post partum period). Memimpin persalinan atas tanggung jawabnya sendiri serta asuhan pada bayi baru lahir dan anak. Asuhan ini termasuk (tindakan preventif ,konsultasi dan pendidikan kesehatan tidak hanya untuk ibu,tapi kelurga dan komunitasnya.) Dia bisa berpraktik di rmh sakit,klinik,unit kesehatan,rumah perawatan atau tempat-tempat pelayanan lainya.  Kebidanan merupakan subsitem pelayanan kesehatan, hasil pendidikan dan penelitian yang melandasi praktik,ilmu yang dipelajari tentang kehamilan, persalinan, dan kala nifas serta kembalinya alat reproduksi ke keadaan normal.  Pelayanan Kebidanan adalah bagian intergral dari system pelayanan kesehatan yang diberikan oleh bidan yang telah terdaftar (terregistrasi)yang

 Praktek Kebidanan adalah penerapan management kebidanan dalam memberikan asuhan kebidanan kepada individu.  Asuhan Kebidanan adalah aktivitas atau intervesi.melaksanakan tindakan asuhan sesuai dengan kewenangan atau bantuan lain jika diperlukan.deteksi komplikasi pada ibu dan anak. Disusun oleh :  Mutiara Lala Noari  Fitri windarti  Dwi putrid s  Renny ayu k  Anik umila  .promosi kesehatan.yang berfokus pada upaya pencegahan.pertolongan persalinan normal.kolaborasi.yang diarahkan untuk mewujudkan kesehatan keluarga sesuai dengan kewenangan dalam rangka tercapainya keluarga kecil bahagia dan sejahtera.serta melaksanakan tindakan kegawatdaruratan.perencanaan.yang mempunyai kebutuhan atau permasalahan.analisis data.kelompok dan masyarakat.kelurga.diagnosis kebidanan.atau rujukan.dapat dilakukan secara mandiri.khususnya dalam KIA atau KB.kegiatan dan tanggung jawab yang dilaksanakan oleh bidan dalam memberikan pelayanan kepada klien.pelaksanaan dan evaluasi dalam rangakaian atau tahapan yang logis untuk pengambilan suatu keputusan yang berfokus pada klien.  Management Kebidanan adalah metode dan proses pendekatan pemecahan masalah antara ibu dan anak yang digunakan oleh bidan dalam menerapkan metode pemecahan masalah secara sistematis mulai dari pengkajian.termasuk kesehatan reproduksi perempuan serta pelayanan kesehatan masyarakat.dengan penerapan fungsi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful