PASAR INPUT (PASAR ABSTRAK

)
Pasar dimana tidak mengharuskan transaksi barang langsung antara penjual dan pembeli

Macam-Macam Pasar Input
A. PASAR UANG Tempat terjadinya jualbeli surat-surat berharga yang jangka waktunya kurang dari satu tahun (jangka pendek) Surat berharga yang diperdagangkan di pasar uang: 1. Sertifikat Bank Indonesia (SBI) 2. Surat berharga Pasar Uang (SBPU) 3. Sertifikat Deposito

Promissory Note 6.4. Surat Berharga Komersial (Commercial Paper) 5. Repurchase Agreement (Repo) 7. Banker’s Acceptance .

Memungkinkan terjadinya pinjam meminjam uang 3.Ciri-Ciri Pasar Uang 1. Tidak terikat tempat tertentu . Pasar Uang kas jangka pendek 2.

Dana Masyarakat Umum 2. Kelebihan dana di bank-bank umum milik negara (BUMN) 3. Kelebihan dana dari perusahaan2 jasa. Kelebihan dana bank swasta 4. Kelebihan dana dari lembaga non bank . dagang dan industri 5.Sumber Dana Pasar Uang 1.

Lembaga2 Keuangan yang kelebihan dan kekurangan dana 7. Perusahaan Asuransi 5. Dana Pensiun 4. Bank 2. Yayasan 3.Pelaku Pasar Uang 1. Perusahaan-Perusahaan Besar 6. Individu yang kelebihan atau kekurangan uang . Lembaga-Lembaga Pemerintah 8.

Kelebihan Pasar Uang 1. Sepat dan mudah mendapatkan dana bagi pihak yang sedang mengalami likuiditas 2. Membantu perusahaan-perusahaan akan modal kerja Kelemahan Pasar Uang Bagi perusahaan yang sudah parah kondisinya akan mengalami kesulitan dalam pengembalian dana .

3. 2. 4. 5.Istilah-Istilah dalam pasar uang 1. Dana Jangka Pendek Call One Day Notice Seven Day Notice Seven Day Fixed .

Menjaga praktek2 yang dilarang bursa 5. Pasar Modal (Bursa Efek) Pasar Modal: tempat jual beli dana jangka panjang (Saham dan Obligasi = Efek) Surat berharga terdaftar di Bursa Efek. Menyediakan sarana perdagangan efek 2.B. Mengupayakan likuiditas instrumen 4. Menyebarluaskan informasi bursa 6. Menciptakan instrumen dan jasa baru . Membuat peraturan ttg kegiatan bursa 3. Peranan Bursa Efek: 1.

Produk Pasar Modal 1. Sekuritas Kredit bukti utang dari suatu emiten dgn jaminan asset dimana pembayaran pokok dan bunganya ditentukan terlebih dulu dengan jangka waktu 1 sampai 3 tahun terhitung sejak tanggal emisi. Obligasi surat bukti ikut meminjamkan sejumlah uang kepada suatu perusahaan 3. Saham surat bukti pemilik modal dalam perseroan terbatas (PT) 2. .

Emiten .Pelaku Pasar Modal 1. BAPEPAM 2. Profesi Penunjang 5. Pemodal 6. Perusahaan Efek 3. Lembaga Penunjang 4.

Menyediakan sumber pembiayaan dan jangka penjang bagi dunia usaha 2.Kelebihan Pasar Modal 1. Memberikan wahana investasi beragam bagi investor 3. Sarana penyaluran kepemilikan perusahaan . Merupakan indikator perkembangan ekonomi sebuah negara 4.

Kelemahan Pasar Modal 1. Kurs yang tidak stabil akan sangat mempengaruhi harga saham 3. Bagi orang yang tidak mengetahui mekanisme pasar modal akan mengalami kesulitan 2. Terjadi spekulasi yang kadang merugikan .

Pasar Valuta Asing Pasar Valta Asing : tempat terjadinya jual beli valuta asing. Kurs Jual kurs yg diberlakukan bila pedagang valas menjual valuta asing 2.C. Kurs Beli kurs yg diberlakukan bila pedagang valas membeli valuta asing . Di bursa valuta asing ada 2 kurs: 1. Valuta Asing: alat pembayaran luar negeri.

. Kelebihan Pasar Valuta Asing 1. Membantu masyarakat menyediakan mata uang asing.poundsterling.Pemerintah.Euro.Sumber informasi u/ masyarakat tentang keadaan dan kurs valas 2.Produk Valuta Asing Dollar.impotir.eksportir.yen.dan lain-lain Pelaku Pasar Valuta Asing Bank.

3. Mengurangi resiko valas Kelemahan Pasar Valuta Asing 4. . Memudahkan melakukan transaksi dengan pihak asing 4. Karena bebas diperdagangkan maka akan timbul spekulasi yang merugikan negara.

bahan produksi. .harga. Pasar Barang Berjangka (Bursa Komoditi) Pasar Barang Berjangka: tempat dipmaerkannya berbagai contoh (monster atau sampel) barang-barang produksi yang akan diperjualbelikan.kualitas. Informasi yang disediakan di pasar ini: Jenis barang.D. cara menggunakan dan lain-lainnya.

Barang mudah diganti dengan tidak mengubah kualitas 3. Dapat diperjual .belikan dalam jumlah besar .Produk Pasar Berjangka Ciri-Ciri barang yang diperjualbelikan: 1. Laku di pasaran dunia 2.

daging.emas.kedelai .karet gula pasir.4.minyak.perak.kapas. Persediaan cukup dan pengadaannya dilakukan secara berkala 5. Barang sudah ditetapkan dengan keputusan menteri untuk diperdagangkan di bursa Contoh barang pasar berjangka: kopi.tembakau.

Hedger: orang yang melakukan transaksi agar resiko kerugian kecil karena adanya perubahan harga (petani.produsen. Investor (Spekulator): orang .Pelaku Pasar Berjangka 1.orangyang berusaha memperoleh keuntungan dari perubahan harga di bursa 3. pedagang komoditi) 2. Pialang: badan usaha yang mendapat hak untuk menerima pesanan (order)dari pemberi amanat dengan memndapat imbalan yaitu komisi .

Para konsumen dapat menikmati harga yang stabil karena industri dapat menstabilkan harga bahan baku . Harga di bursa dapat berguna sebagai harga rujukan (reference price) bagi yang membutuhkan 2.Kelebihan Pasar Berjangka 1. Petani kecil dapat memproteksi pendapatannya dengan menjual produknya di bursa sebelum panen jika harga di bursa baik 3.

karena transaksi yang dilindungi kontrak berjangka lebih aman 4.piranti lunak komputer. Menciptakan lapangan usaha baru.3. akuntan dan penasehat hukum .antara lain pialang. Memberi kepercayaan kepada perbankan untuk menyalurkan kreditnya.penasehat berjangka.

Kelemahan Pasar Berjangka Kemungkinan terjadi barang yang diperjualbelikan tidak sesuai dengan contoh dan yang diinformasikan baik dalam jenis maupun kualitas .

semakin tinggi nilai tenaga kerja itu. Pasar Tenaga Kerja Pasar Tenaga Kerja: tempat pertemuan antara pencari kerja dengan pemakai tenaga kerja Produk Pasar Tenaga Kerja Kemampuan seorang tenaga kerja. .E. Jadi semakin baik dan semakin sesuai kemampuan seseorang dengan kategori pemakai tenagakerja.

penyalur tenaga kerja dan pencari tenaga kerja Penyalur tenaga kerja merupakan pihak yang membantu menghubungkan tenaga kerja dengan pencari kerja. Penyalur TK bisa swasta (PJTKI) dan Departemen Tenaga Kerja .Pelaku Pasar Tenaga Kerja Tenaga kerja.

Menambah devisa negara 5. Membantu dengan cepat mengisi posisi pekerjaan dengan tenaga kerja yang berbobot 3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat .Kelebihan Pasar Tenaga Kerja 1. Tempat memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan baik DN maupun LN 2. Membantu mengurangi pengangguran 4.

Pengangguran Struktural 3.Kelemahan Pasar Tenaga Kerja 1. Munculnya kegiatan percaloan t. kerja Macam-macam Pengangguran: 1.kerja 2.penipuan dan pelecehan terhadap calon t. Munculnya tindakan kekerasan. Pengangguran Siklis . Pengangguran Sementara 2. Pengangguran Musiman 4.