P. 1
teori ketergantungan

teori ketergantungan

|Views: 149|Likes:
Published by Syam Suddin
dibawah ini adalah teori ketergantungan
dibawah ini adalah teori ketergantungan

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Syam Suddin on May 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2014

pdf

text

original

Referensi Penerbit Penulis

: Buku Komunikasi Massa Pengantar Teoritis : Satusta 2007 : Fajar Junaedi

Teori Ketergantungan ( Defedency Theory )
Teori ketergantungan tehadap media mula –mula diutarakan oleh Sandra Ball Rokeach dan Melvin Defleur. Seperti teori uses and gratifications, pendekatan ini juga menolak asumsi kausal dari awal hipotesis penguatan. Untuk mengatasi kelemahan ini, pengarang ini mengambil suatu pendekatan system yang lebih jauh. Di dalam model mereka – mereka mengusulkan suatu relasi yang bersifat integral antara pendegar media. Dan system media yang lebih besar. Sejalan dengan apa yang dikatakan oleh teori uses and gratifications, teori ini memprediksikan bahwa khalayak tergantung pada informasi yang berasal dari media massa dalam rangka memenuhi kebutuhan khalayak bersangkutan serta mencapai tujuan tertentu dari proses kosumsi media massa. Namun perlu digarisbawahi bahwa khalayak tidak memiliki ketergantungan yang sama terhadap semua media. Lalu apa yang sebenarnya melandasi ketergantungan khalayak terhadap media massa? Ada 2 jawaban mengenai hal ini. 1. Khalayak akan lebih menjadi tergantung terhadap media yang telah memenuhi berbagai kebutuhan khalayak bersangkutan dibandingkan pada media yang menyediakan hanya beberapa kebutuhan saja. Jika misalnya anda mengikuti perkembangan persaingan antara Manchester United, arsenal dan Chelsea secara serius, anda mungkin menjadi tergantung pada tayangan langsung liga inggris di TV 7. Sedangkan orang lain yang lebih tertarik liga spanyol dan tidak tertarik akan liga inggris mungkin akan tidak mengetahui bahwa situs TV 7 berkaitan iga inggris telah di update, atau tidak melihat pemberitaan liga inggris di harian Kompas. 2. Sumber ketergantungan yang ke dua adalah kondisi social. Model ini menunjukkan system media dan institusi social itu saling berhubungan dengan khalayak dalam menciptakan kebutuhan dan minat. Pada gilirangnya hal ini mempengaruhi khalayak untuk memilih berbagai media, sehingga bukan sumber media massa yang menciptakan ketergantungan, melainkan kondisi social.

Elvinaro Ardianto.Referensi Penerbit Penulis : Buku Pengantar Komunikasi Massa & Komunikasi Suatu Pengantar : RajaGrafindo 2007.Si. wewenang untuk memperlakukan media.Si. Blumer dan katz percaya bahwa tidak hanya ada satu jalan bagi khalayak untuk menggunakan media. Artinya manusia itu mempunyai otonomi. Tetapi ia tertarik dari apa yang dilakukan orang terhadap media. Dengan kata lain pengguna media adalah pihak yang aktif dalam proses komunikasi. Teori uses dan gratifications lebih menekankan pada pendekatan manusiawi dalam melihat media massa. Teori uses and gratifications ( kegunaan dan kepuasan ) ini di kenalkan pada tahun 1974 dalam bukunya The Uses On Mass Communication: Current Perspectives on Gratification Research. konsumen media mempunyai kebebasan untuk memutuskan bagaimana ( lewat media mana ) mereka menggunakan media dan bagaimana media itu akan berdampak pada dirinya. Drs. Sebaliknya mereka percaya bahwa ada banyak alas an khalayak untuk menggunakan media. Teori Kegunaan Dan Kepuasan ( Uses and Gratifications Theory ) Herbert Blumer dan Elihu Katz adalah orang pertama yang mengenalkan teori ini. Menurut pendapat teori ini. Model ini tidak tertarik dari apa yang dilakukan media pada diri seseorang. . M. Teori ini juga menyatakan bahwa media dapat mempunyai pengaruh jahat dalam kehidupan. M. Teori ini merupakan pengembangan dari model jarum hipodermik.. Simbiosa Rekatama Media 2009 : Nurudin. Teori ini mengatakan bahwa pengguna media memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut.

Konteks sosial Pemuasan Media (fungsi) 1. integrati f social 5. integrati f personal 4. Ciri – Cri demogr afis 2. Kognitif 2. Terpaan media 4. Identita s personal 4. pelepas an ketegan gan/ Penggunaan media massa 1. majalah radio. Sumber pemuasan kebutuhan yang berhubungan dengan non media: 1. komunikasi interpersonal 3. sosial . Diversi/ hiburan 3. teman teman. TV dan film 2. 2. Hub. efektif 3.keluarga.Teori Uses and Gratifications beroperasi dalam beberapa cara yang bisa dilihat dalam bagan dibawah ini. Afiliasi kelomp ok 3. Isi media 3. Pengam atan lingkung an 2. Ciri -ciri Kebutuhan Khalayak : 1. Hobi 4. Jenisjenis media SK. tidur Lingkungan Sosial 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->