RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN A.

Identitas Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kode Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator

Alokasi Waktu

: SMK Negeri 1 Kawunganten : Chasis dan Pemindah Tenaga : XI/4 : Pemeliharaan/servis unit final drive / gardan : 020. KK. 09.01 : Mengidentifikasi unit final drive penggerak roda depan & belakang :  Pengidentifikasian jenis - jenis unit final drive/gardan penggerak roda depan dan belakang. . (rasa ingin tahu, gemar membaca, disiplin)  Komponen – komponen dan fungsi komponen final drive/garden dijelaskan dengan benar. (rasa ingin tahu, gemar membaca, disiplin, tanggung jawab)  Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami. (rasa ingin tahu, gemar membaca, disiplin, peduli lingkungan) : 15 jam pelajaran (15 x 45 menit)

B. Tujuan Pembelajaran Setelah berlangsungnya proses pembelajaran diharapkan siswa dapat : 1. Mengetahui pengertian dan fungsi unit final drive /differential 2. Menyebutkan prinsip kerja unit final drive /differential 3. Mengetahui jenis-jenis unit final drive /differential 4. Mengetahui komponen-komponen unit final drive /differential, penggerak roda depan, belakang dan Four Wheel drive . C. Materi Pembelajaran DIFFERENSIAL Komponen otomotif yang dikenal dengan nama differensial itu terdiri dari dua bagian, yaitu:  Penggerak aksel (final gear) dan differensial gear dan mempunyai fungsi sebagai berikut:  Penggerak aksel (final gear) Putaran mesin (poros engkol) yang diteruskan ke transmisi dan setelah diubah oleh transmisi selanjutnya diperkecil oleh penggerak aksel supaya memperoleh momen yang besar  Differensial  Differensial depan dan belakang Susunan roda gigi differensial dibuat untuk menghasilkan kecepatan putaran roda sebelah dalam berbeda dengan kecepatan putaran roda sebelah luar pada kendaraan saat berbelok, sehingga roda kiri dan kanan tidak akan slip (seperti pada gambar 1 dibawah

 Differensial belakang dan depan Model front engine rear drive .

Hypoid bevel gear Roda gigi pinion terpasang offset dengan garis tengah gigi korona (seperti pada gambar 4) Perbandingan persinggungan roda-roda giginya besar dan bekerjanya sangat halus ini adalah keuntungan penggerak aksel tipe hypoid Bevel Gear. tipe hypoid bevel gear harus dilumasi dengan oli yang memiliki oil film yang kuat. Penggerak aksel (final gear) Penggerak aksel terdiri dari drive pinion (gigi pinion) dan ring gear (gigi korona).Model front engine front drive 1. Helical Gear . dan hypoid bevel gear dipasang pada kendaraan penggerak roda belakang a. Tipe penggerak aksel ada yang disebut dengan helical gear dipasang pada kendaraan penggerak roda depan. Dan selama roda-roda gigi saling berkaitan satu sama lainnya.

Pada saat mobil berjalan membelok. Oleh sebab itu bunyi dan getaran yang timbul sangat kecil dan momen dapat dipindahkan dengan lembut. perbandingan antara jarak tempuh roda bagian dalam (A) dengan jarak tempuh roda bagian luar (B) sejauh busur seperti pada gambar b. gigi helical gear gigi pinion selalu bersinggungan dengan gigi korona pada lokasi yang sama tanpa ada celah antara gigi pinion dan gigi korona. roda kiri dan kanan tidak selalu berputar pada kecepatan yang sama disebabkan kondisi jalan yang dilewati terutama pada saat membelok. sedangkan roda bagian luar (B) digambarkan dengan arah panah dimana radiusnya adalah jarak 0 – B. Untuk tujuan ini diperlukan bagian khusus yang dapat memutarkan roda-roda pada kecepatan yang berbeda. roda bagian dalam (A) digambarkan dengan arah panah dimana radiusnya adalah jarak 0 – A. Oleh karena itu jarak tempuh roda bagian luar lebih panjang daripada jarak tempuh roda bagian dalam. Roda gigi differensial Saat mobil berjalan. Dengan demikian roda bagian luar akan bergerak lebih cepat dan berputar lebih cepat daripada roda bagian dalam. ini adalah keuntungan dari jenis helical gear Di bawah ini diperlihatkan gambar penggerak aksel tipe helical gear.Pada helical gear untuk menghasilkan puntiran. .

Bila roda-roda bergerak pada rpm yang sama. Hal semacam ini tidak akan terjadi bila kedua roda berpijak pada jalan yang sama. Prinsip dasar Unit roda gigi differensial Prinsip dasar unit roda gigi differensial dapat dipahami dengan menggunakan peralatan yang terdiri dari pinion gear dan dua rack seperti diperlihatkan gambar 8 kedua rack dapat menggelincir dengan bebas pada arah vertikal sejauh guide (berat rack dan tahanan gelincir terangkat secara bersamaan).Dan apabila salah satu roda berada pada jalan datar dan rata sedangkan yang satunya lagi berada pada jalan kasar seperti diperlihatkan pada gambar 7. Sebab lain adanya perbedaan putaran roda kiri dan kanan adalah karena perbedaan tekanan angin dan keausan ban. Untuk mengatasi hal ini diperlukan differensial dengan tujuan agar dapat membedakan rpm untuk menghasilkan momen yang sebanding. ban akan cepat aus dan cenderung berakibat pada kemampuan pengendaraan. Rack Pinion Kedua rack bergerak pada arah yang sama . Pinion gear diletakkan diantara dua rack. yaitu roda (A) berada pada permukaan jalan yang kasar dan bergelombang sudah tentu akan berputar lebih cepat dari roda (B) yang berada pada permukaan jalan yang rata dan datar. sebab kedua roda kiri dan kanan berhubungan dengan permukaan jalan yang berbeda. Pada saat mobil berjalan di jalan umum. roda-roda jarang berputar pada putaran yang sama. pinion dihubungkan ke lengan / tuas dan dapat digerakkan oleh tuas (T). maka salah satu roda akan slip.

jarak rack yang terangkat sebanding dengan jumlah putaran pinion. Sebaliknya momen bertambah dan arah putaran transmisi berubah tegak lurus terhadap arah asal putarannya. .Bila beban (W) yang sama diletakkan pada setiap rack kemudian tuas (T) ditarik ke atas. Prinsip gerakkan rack dan pinion ini digunakan pada perencanaan roda-roda gigi differensial. sedangkan rack yang mendapat tahanan lebih kecil akan bergerak. beban yang lebih besar diletakkan pada rack sebelah kiri dan tuas (T) ditarik ke atas seperti pada gambar (9). Konstruksi dasar unit roda gigi differensial Jika mesin hidup poros engkol akan berputar. selama tahanan gelincir yang terdapat pada kedua sisi pinion sama. dan ini mengakibatkan rack yang mendapat beban lebih kecil akan terangkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rack yang mendapat tahanan lebih besar tidak akan bergerak. dan putaran poros engkol yang diteruskan ke propeler shaft dan oleh propeler shaft putarannya diperkecil sesuai dengan tenaga yang diteruskan gigi pinion (drive pinion) ke gigi korona (ring gear). hal ini akan mencegah agar pinion tidak berputar Tetapi bila beban yang diletakkan pada rack tidak sama. maka pinion akan berputar sepanjang gigi rack yang mendapat beban lebih berat disebabkan adanya perbedaan tahanan yang diberikan pada pinion. maka kedua rack akan terangkat pada jarak yang sama sejauh tuas (T) ditarik ke atas.

tahanan gelinding (rolling resistance) pada kedua roda penggerak (drive gear) hampir sama. dua atau empat pada beberapa kendaraan differensial pinion (roda gigi satelit) dan dua roda gigi sisi (side gear) terletak di dalam rumah differensial yang menjadi satu dengan ring gear. Roda gigi samping dihubungkan ke poros belakang (rear axle shaft) dan memindahkan tenaga ke roda. Oleh karena itu kedua roda gigi samping (side gear) berputar sebanding dengan putaran gigi satelit dan semua komponen berputar dalam satu unit. Jalan lurus Pada jalan datar dan kendaraan berjalan lurus. Konstruksi Dasar Unit Differensial Seperti diperlihatkan pada gambar 10 diatas. 10. Bila rumah differensial berputar. Fungsi Dasar Unit Roda Gigi 1. roda gigi satelit yang terikat pada rumah differensial melalui poros roda gigi satelit ikut berputar menyebabkan roda gigi samping berputar. Bila tekanan .Gb.

11 & 12. 2. Dengan demikian roda gigi samping berputar merupakan satu unit dengan putaran roda gigi satelit menyebabkan kedua roda berputar pada rpm yang sama. jarak tempuh roda bagian dalam lebih kecil (busurnya lebih pendek) daripada roda bagian luar. Jalan belok Pada saat kendaraan membelok. rumah differensial. Gaya putar pada aksel kiri & kanan sama Bila tekanan dan putaran kedua poros aksel belakang sama (A&B) seperti gambar 11 & 12 diatas. Dengan demikian roda gigi satelit hanya berfungsi untuk menghubungkan roda gigi samping bagian kiri dan kanan. . roda gigi satelit tidak berputar sendiri tetapi berputar bersama roda gigi samping.Gb. Bila dibanding dengan kendaraan pada saat jalan lurus. dan poros gigi satelit.

Hal ini dapat dikatakan bahwa putaran rata-rata kedua roda gigi samping adalah sebanding dengan putaran roda gigi korona. Kegiatan Inti a.Pada saat roda gigi samping bagian kiri ditekan seperti gambar 13 & 14 di bawah. jumlah putaran roda gigi samping satunya adalah dua kali dari putaran roda gigi korona. Untuk itu hubungan antara rpm roda penggerak dengan roda gigi korona dapat diuraikan sbb: Rpm roda penggerak kanan + Rpm roda penggerak kiri Rpm ring gear = 2 Apabila salah satu roda berada pada permukaan jalan yang berlumpur. Mengabsen dan pengkoordinasian kelas Menyampaikan tujuan pembelajaran dan format penilaian Menjelaskan topik yang akan diajarkan. Eksplorasi 1) Mengarahkan siswa menemukan pengertian dan fungsi unit final drive /differential 2) Mengarahkan siswa menemukan prinsip kerja unit final drive /differential . a) b) c) d) 2. 13 & 14 Gaya putar aksel kiri dan kanan yang berbeda Dengan kata lain. Pertemuan Pertama 1. Gb. D. pada saat roda gigi satelit berputar mengelilingi salah satu roda gigi samping dan bergerak bersama-sama dengan yang lainnya (tergantung pada tahanan yang diberikan pada roda). Metode dan Pendekatan Pembelajaran Metode : Diskusi. tanya jawab Pendekatan : Kontekstual E. informasi. maka akan terjadi slip bila pedal gas ditekan. Hal ini disebabkan karena tahanan gesek yang sangat rendah dari permukaan lumpur. Kegiatan Awal Berdoa. tiap roda gigi satelit berputar mengelilingi porosnya masing-masing dan juga bergerak mengelilingi aksel belakang. Langkahlangkah Pembelajaran 1. Ini akan menyulitkan untuk mengeluarkan roda dari lumpur karena lebih banyak terjadi slip (putaran dua kali lebih banyak daripada ring gear/roda gigi korona) daripada bergerak. Akibatnya putaran roda gigi samping bagian kanan bertambah.

Eksplorasi 1) Mengarahkan siswa untuk menemukan jenis-jenis unit final drive /differential 2) Mengarahkan siswa untuk menemukan komponen-komponen unit final drive /differential b. Bersih-bersih d. Tes lisan 2. Konfirmasi 1) Membantu siswa dalam berdiskusi tentang hasil yang telah diperoleh selama melakukan praktek. II. Mereview pelajaran b. d. a. Pertemuan Kedua Kegiatan Inti a. 1. Post-test c. Laporan 3. Elaborasi 1) Mempersentasikan dan menjelaskan jenis-jenis unit final drive/differential 2) Mempersentasikan dan menjelaskan komponen komponen unit final drive/differential c. Elaborasi 1) Menjelaskan pengertian dan fungsi unit final drive /differential 2) Mempresentasikan prinsip kerja unit final drive /differential c. Tes praktek / job sheet 3. Pertemuan ketiga evaluasi Alat dan Sumber Belajar • Modul final drive • Buku manual • Unit kendaraan • Alat tangan  Spesial tools  ICT (LCD Proyector. Kegiatan Akhir Mereview pelajaran Post-test Bersih-bersih Berdoa. 3. : III. 2) Menarik kesimpulan pembelajaran yang telah dilakukan 3. Berdoa. Mengabsen dan pengkoordinasian kelas Review materi sebelumnya. Konfirmasi 1) Membantu siswa dalam berdiskusi tentang hasil yang telah diperoleh selama melakukan praktek. 2) Menarik kesimpulan pembelajaran yang telah dilakukan V. Pre-test 2.b. Kegiatan Awal Berdoa. c. b. Butir Soal : . Screen dan Computer) Penilaian 1. Kegiatan Akhir a. a) b) c) d) 2.

dimana drive pinion terpasang offset dengan garis tengah ring gear. S. Mempunyai keuntungan bunyi dan getaran lebih kecil dan momen dapat dipindahkan dengan lembut. b. Tipenya yaitu: a. Mengadakan perbedaan putaran antara roda penggerak kiri dan roda penggerak kanan pada saat kendaraan melaju dijalan membelok. 3. 4. Sebutkan fungsi final drive/differential pada kendaraan? Sebutkan jenis-jenis unit final drive/differential? Sebutkan dan jelaskan tipe-tipe final drive/differential? Minyak lumas SAE berapakah yang digunakan untuk final drive/ differential kendaraan ringan? IV.1. 4. Norma Penilaian 1 10 2 10 3 10 4 10 Perhitungan nilai akhir 0 – 10. Kunci Jawaban dan Norma Penilaian A. Merubah putaran mesin sembilan puluh derajat kearah roda penggerak kiri dan kanan. Nilai akhir = Nilai perolehan di bagi jumlah soal Kawunganten. 2. SAE 90 1. 17 Desember 2012 Guru Pengampu Eko Prasetiawan.Pd. Unit final drive penggerak empat roda (four wheel drive) 3. 19840628 201001 1 015 . Unit final drive penggerak roda belakang c. Hypoid bevel gear Tipe ini digunakan pada kendaraan penggerak roda belakang. Jenisnya yaitu: a. Mempunyai keuntungan bunyi lebih halus b.T NIP. 2. Kunci Jawaban : 1. Unit final drive penggerak roda depan b. Helical gear Tipe ini digunakan pada kendaraan penggerak roda depan. Fungsinya antara lain: a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful