P. 1
Cara Tepat Memakai Lipgloss

Cara Tepat Memakai Lipgloss

|Views: 102|Likes:

More info:

Published by: Sri Eka Astutiningsih on May 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2013

pdf

text

original

http://id.she.yahoo.com/cara-yang-tepat-memakai-lipgloss.

html

Cara yang Tepat Memakai Lipgloss
Tanya: Beberapa minggu yang lalu saya dibelikan lip shine oleh ibu saya, tapi saya bingung cara mengaplikasikannya. Apakah sebelum memakai lip shine itu harus pakai lip balm dulu? Lalu apakah itu fungsinya sama dengan lip gloss? Bagaimana memakainya dengan lipstik? Jawab: Lip shine dan lip gloss sebenarnya fungsinya sama. Keduanya adalah kosmetika yang dipakai di bibir untuk memberikan kesan berkilau pada bibir dan sedikit warna untuk mencerahkan tampilan keseluruhan. Biasanya, lip shine tersedia dalam berbagai warna, tetapi bisa juga transparan warnanya. Untuk remaja seperti Alifta, produk tersebut sangat cocok, karena warnanya tidak terlalu mencolok.

Untuk pemakaian lip shine, sebenarnya tergantung kepada produk yang dibeli. Apakah terdapat kandungan yang dapat memberikan hidrasi pada bibir? Banyak produk yang sudah memasukkan kandungan seperti beeswax, shea butter, lanolin, cocoa butter, madu, dan masih banyak lagi yang dapat memproteksi bibir dan menjaga kelembapannya. Kalau memang bibir kamu kering dan pecah-pecah, memang sebaiknya memakai lip balm dulu, biarkan menyerap dengan mendiamkannya selama 5 menit sebelum mengaplikasikan lip shine di atasnya. Untuk pemakaian dengan lipstik, bisa digunakan untuk acara spesial atau formal. Caranya? Aplikasikan lipstik yang senada dengan warna lip shine tipis-tipis ke bibir, bisa menggunakan jari saja agar mudah dan menyerap. Oleskan jari ke ujung lipstik dengan menggunakan jari tengah, kemudian tekan perlahan jari tersebut pada bibir agar lipstik berpindah dari jari ke bibir Anda. Dengan metode ini, warna yang dihasilkan akan terlihat lebih tipis dan natural. Setelah itu bisa langsung aplikasikan lip shine diatas lipstik, tapi jangan menyapukan aplikator lip shine ke seluruh bibir, tepuk-tepuk halus saja sampai merata sehingga warna lipstik yang ada di bibir tidak hilang berpindah pada aplikator lip shine. www.fashionesedaily.com

Solusi untuk Mencerahkan Bibir yang Menghitam
Tanya: Bibir saya warnanya hitam. Bukan karena merokok, tapi memang dari kecil sudah hitam. Adakah solusinya agar bisa agak cerah, minimal hitamnya berkurang? Jawab:

1

Walaupun bibir hitam identik dengan perokok, itu bukan satu-satunya alasan penyebab bibir hitam. Penyebab lainnya adalah konsumsi teh atau kopi berlebihan, penggunaan lipstik yang ternyata tidak cocok di bibir, terpapar matahari terlalu sering, dan terlalu sering menjilat bibir. Untuk mengatasi bibir hitam, beberapa hal berikut bisa dicoba: 1. Exfoliate: lakukanlah pengelupasan setiap hari untuk mengangkat sel kulit mati di bibir yang menyebabkan kekeringan pada bibir dan membuat bibir terlihat lebih kusam. Cukup gosokkan sikat gigi ke bibir secara perlahan setelah menyikat gigi pada malam hari untuk melakukan eksfoliasi reguler. Atau, campuran olive oil dan sugar pasir bisa dijadikan alternatif untuk melakukan eksfoliasi bibir. Cukup gosokkan perlahan campuran tersebut dengan menggunakan lap tangan dengan gerakkan memutar dan basuh setelahny. Gunakan dua kali seminggu. 2. Protect: karena salah satu penyebab bibir hitam adalah paparan sinar matahari, jangan lupa untuk menggunakan lip balm yang mengundang SPF. 3. Moisturize: penting untuk selalu menjaga kelembaban bibir supaya bibir tidak pecah-pecah dan menjadi kering lalu kemudian menghitam. Gunakan pelembab bibir apapun yang nyaman untuk bibir Anda. Sebelum mengaplikasikan lipstik, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan pelembab bibir. Madu juga dapat menjaga kelembaban bibir kita dan juga membuatnya lembut. Gunakanlah di malam hari, karena madu terasa agak lengket di bibir apabila digunakan pada siang hari. 4. Treat: untuk membantu menyamarkan hitam di bibir, coba campurkan air jeruk nipis, madu, dan gliserin dan gunakanlah secara rutin setiap hari selama beberapa minggu. Alternatif lain adalah menggunakan air perasan lemon yang diketahui juga memiliki kemampuan untuk menyamarkan noda di kulit. Untuk membuat lemon juice paste, campur air perasan lemon, tepung, yoghurt dan madu (masing-masing dengan takaran yang sama) dan gunakanlah sebagai masker di bibir Anda selama 30 menit dan kemudian bilas bersih.

Jangan Jilat Bibir Anda!
Ghiboo.com - Mencium kekasih? Hmm nampaknya menyenangkan! Eits tapi tunggu dulu, lebih baik Anda cek dulu, apakah bibir anda kering atau tidak. Malu dong ah, kalau bibir dalam kondisi tak prima. Suhu udara yang sedang dingin, ditambah lagi bila Anda adalah seorang perokok, keringnya bibir bisa makin menjadi. Namun tenang saja, karena ada beberapa cara atasi bibir kering. Yuk, simak. 1. Minum air putih sebanyak banyaknya. Lebih tepatnya 2-3 liter air setiap hari. 2. Makan sayuran harus itu. Pilih sayuran hijau, wortel, juga tomat. Sayur atau buah bervitamin A akan membantu memperbaiki kerusakan kulit. 3. Irisan mentimun, minyak kelapa, lidah buaya atau madu akan sangat berguna untuk bibir kering. Oleskan perlahan pada bibir kering, lakukan secara rutin. 4. Selalu sediakan pelembab bibir. Bila sudah terasa mulai kering, segera oleskan. Pilih yang mengandung beewax, shea butter, dan SPF untuk melindungi bibir dari sinar matahari. 5. Nah ini dia hal sederhana namun sangat penting. JANGAN menjilat bibir anda sendiri. Air liur menguap dengan cepat, dan ini membuat bibir menjadi makin kering.

2

Tips Mengatasi Bibir Pecah-pecah

TRIBUNNEWS.COM - Tentu tak enak merasakan bibir pecah-pecah. Bagaimana mengatasinya? Beberapa tips bisa menjadi panduan Anda dalam mencegah dan mengatasi masalah bibir pecahpecah. Saat bibir mulai mengering, biasanya hal pertama yang mungkin Anda lakukan adalah berusaha melembabkannya dengan cara menjilatnya. Menurut Dokter Beauty Konsultan Aina Beauty Center (ABC), dr. Yoshika Kurnia Sari, hal tersebut ternyata hanya akan meredakan masalah bibir kering untuk sementara waktu. "Tapi, begitu ludah mengering, bibir anda bahkan akan lebih kering dari sebelumnya," tuturnya, Sabtu (4/8/2012). Penyebabnya, lanjut Yoshika, menjilat bibir akan menghilangkan minyak pelindung alami bibir. Selain itu, zat kimia di ludah yang berfungsi mencerna makanan malah akan berusaha "mencerna" bibir. "Karena itu, salah satu cara mencegah bibir kering jadi pecah-pecah adalah dengan berusaha tidak menjilatnya," paparnya Bibir pecah-pecah ini juga bisa mengalami peradangan dan menimbulkan luka goresan. Jika tidak ditangani dengan benar malah bisa memicu retakan dan pendarahan pada bibir. Ada baiknya menjaga kelembaban tubuh sepanjang hari dengan memperbanyak minum air saat anda mengalami kondisi bibir pecah-pecah. Selain itu, saat berada di luar ruangan, jangan lupa melindungi kulit bibir Anda dengan lip balm yang mengandung sunscreen bagi bibir sensitif. "Jika Anda perokok, maka berhentilah, lantaran merokok akan mengeringkan minyak bibir dan meninggalkan bibir dalam keadaan kering sehingga mudah pecah-pecah," paparnya.

Mengatasi Kulit Wajah yang Sangat Kering
Tanya: Kulit wajah saya sangat kering. Saya sudah mencoba berbagai pelembab kulit tetapi sampai sekarang belum ada yang memuaskan. Tiap setelah mandi, kulit saya pasti akan terasa kencang dan kaku. Apalagi ketika cuaca berangin kering, kulit saya menjadi bersisik. Pelembap dan bahan apa yang cocok untuk kulit kering dan bagaimana cara merawat kulit kering? Jawab: Ternyata kita memiliki permasalahan yang sama, ya. Kulit saya juga sangat kering, dan memang saat sedang kering dan bersisik terasa sangat tidak nyaman karena gatal dan terkadang sangat perih. Dalam merawat kulit wajah, ada tiga hal mendasar yang perlu diperhatikan, yaitu cleanser, toner, dan moisturizer. 3

Cleanser: Untuk kulit yang sangat kering, biasanya saya akan menyarankan untuk menggunakan susu pembersih atau cleansing milk karena biasanya akan terasa lebih menenangkan dan melembapkan di kulit kering kita. Setelah susu pembersih, jangan lupa mencuci muka dengan menggunakan sabun wajah yang non-drying. Hindari cleansing foam yang memiliki label oil controlling atau mattifying, karena ini akan membuat kulit kita terasa lebih kering. Apabila setelah menggunakan satu produk cleansing foam terasa kulit kita seperti tertarik atau kencang, sebaiknya mengganti produk tersebut dengan yang lain, karena ini kemungkinan besar berarti membuat kulit kita menjadi kering. Toner: Hindari produk toner yang mengandung alkohol karena dapat membuat kulit kita kering. Pilih toner yang memiliki label Hydrating, karena ini dapat mengembalikan kembali kelembapan di kulit kita. Moisturizer: Pilihlah moisturizer dengan tekstur krim dan bukan lotion atau gel. Karena cream akan berasa lebih melembabkan untuk kulit kering. Apabila ingin membeli moisturizer, perhatikan apakah produk tersebut dapat memberikan kelembaban ekstra sepanjang hari atau tidak. Apabila sedang mengalami kondisi kulit yang sangat kering, bisa menggunakan krim malam juga pada siang hari, karena biasanya krim malam teksturnya lebih pekat dan memberikan kelembapan ekstra dibanding krim pagi hari. Tapi, jangan lupa untuk menambahkan tabir surya setelah memakai krim tersebut apabila digunakan di siang hari, agak kulit selalu terjaga dari sinar matahari. Biasanya juga, krim yang dijual dengan label anti-aging akan dapat memberikan kelembaban lebih dari produk lain, karena biasanya produk tersebut dibuat untuk kulit yang mulai kehilangan kelenturannya dan membutuhkan hidrasi lebih. Beberapa kandungan yang dapat diperhatikan apabila membeli moisturizer untuk kulit kering adalah: 1. Mengandung emolien, karena emolien berguna memperkuat pelindung kulit, terutama lapisan terdalam di kulit kita, sehingga kulit dapat mempertahankan kelembapan lebih lama. 2. Kandungan seperti avocado oil, shea butter, dan olive oil disinyalir sebagai bahan yang mengandung emolien dan juga dapat menjaga kelembapan dalam kulit lebih lama dari kandungan lainnya. 3. Cek juga apakah terdapat gliserin di dalam kandungan moisturizer yang Anda beli, karena gliserin juga bersifat seperti madu yang bekerja sebagai pelindung kulit. Apabila masih merasa kulit sangat kering, bisa menambahkan serum wajah dalam rutinitas perawatan wajah Anda. Pilih serum yang menjajikan kelembaban ekstra. Semoga kiat-kiat di atas bisa membantu mengatasi masalah pada wajah kamu, ya. www.fashionesedaily.com http://id.she.yahoo.com/lima-dampak-rokok-terhadap-kulit-anda.html

Lima Dampak Rokok Terhadap Kulit Anda
Merokok tidak hanya merugikan kesehatan, tapi juga berdampak buruk terhadap kulit Anda. Tenang, artikel ini tidak akan “menceramahi” Anda soal bahaya merokok. Saya yakin para pembaca adalah orang dewasa yang dapat menentukan pilihan. 4

Saya akan berbagi kiat-kiat menjaga kecantikan kulit bagi para perokok — agar kulit Anda bersinar sebagaimana seharusnya. Jadi, apa sih dampak rokok terhadap kecantikan kulit Anda? 1. Merokok membuat kulit Anda kering! FAKTA. Perempuan yang mengisap lebih dari 10 batang rokok perhari memiliki tingkat kelembapan kulit yang lebih rendah daripada yang tidak merokok. Akibatnya, kulit Anda bisa kekeringan alias mengalami dehidrasi. Ujungnya, kelenturan kulit berkurang dan dapat mengelupas. YANG HARUS DILAKUKAN. Tambahkan serum atau praserum yang dapat membantu mengunci kelembapan kulit — tetapi tidak terlalu berat seperti pelembap. Serum dapat membantu mencegah kekeringan kulit sepanjang hari, dan biasanya teksturnya pun ringan sehingga tidak terlalu berat bagi kulit. Produk seperti Lancome Genifique, SK-II Facial Treatment Essence dan L’Oreal Youth Code Pre Essence bisa dimasukkan dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Gunakanlah setelah Anda membersihkan kulit dan memakai toner, dan sebelum memakai serum. 2. 2. Kulit Anda lebih cepat menua FAKTA. Tidak perlu mengutip sumber ilmiah, kita semua tahu bahwa banyak zat kimia yang terkandung dalam rokok dapat menghancurkan kolagen dan elastin — yang berpengaruh pada kelenturan dan kekenyalan kulit. Ketika merokok, Anda akan kehilangan kolagen dan elastin tadi dan akibatnya kondisi kulit pun memburuk, keriput jadi lebih tampak dan tekstur kulit jadi tidak genap. YANG HARUS DILAKUKAN. Segera setelah Anda berumur 30, lakukan perawatan yang berfokus pada pembentukan kembali kolagen dan elastin (sesuatu yang biasanya orang lakukan di umur 35). Bagi para perokok, tidak ada yang namanya terlalu cepat untuk mencari produk perawatan kulit yang melawan penuaan. Bila sebelumnya hanya tersedia variasi retinol sebagai bahan utama antipenuaan, kini tersedia lebih banyak pilihan. Carilah produk yang berlabel antipenuaan. 3. 3. Kulit Anda akan terlihat kusam dan pucat. FAKTA. Kulit Anda mendapatkan nutrisi dari darah. Sebagaimana sudah sering kita dengar, para perokok memiliki metabolisme yang lebih lambat dan akibatnya, pasokan nutrisi bagi kulit pun berjalan amat lambat. Inilah mengapa para perokok biasanya berkulit kusam dan pucat. YANG HARUS DILAKUKAN. Pilihlah serum yang dapat melawan ketidakseimbangan warna kulit. Saat ini ada banyak pilihan serum yang khusus menangani masalah ini — yang tidak sama dengan meningkatkan kecerahan kulit. Sebagai contoh, ada Estee Lauder Idealist, Lancome Visionnaire dan Yves Saint Laurent Forever Youth Liberator. Rekomendasi lainnya adalah Pond’s Gold Radiance yang harganya terjangkau, namun bekerja dengan baik. 4. Merokok membuat mata dan bibir penuh kerutan FAKTA. Para perokok lebih banyak menggunakan otot bibir mereka dan cenderung menyipitkan mata ketika mengisap/mengembuskan asap rokok. Tak heran jika kedua aktivitas ini dapat menyebabkan kerutan karena sering “dilatih”. Karena bibir adalah bagian tubuh pertama yang terpapar racun, maka kerutan di bibir pun lebih dalam. 5

YANG HARUS DILAKUKAN. Jangan pernah lupa memakai lip balm untuk memberi nutrisi tambahan bagi bibir. Bayangkan, mereka yang tidak merokok saja membutuhkan lip balm, apalagi Anda. Sisihkan uang lebih banyak bagi perawatan bibir. Favorit saya adalah Erhalogy Eternalips karena memberi perlindungan dan nutrisi yang dibutuhkan, harganya pun terjangkau. Jangan lupa memakai krim mata yang secara khusus dibuat untuk mengurangi kerutan. 5. Merokok membuat tangan kering dan kerutan lebih tampak FAKTA. Sederhana saja. Bagian tangan yang memegang rokok akan terpapar racun lebih dulu dan akan menua lebih cepat. YANG HARUS DILAKUKAN. Gunakan krim tangan! Itu satu-satunya solusi yang bisa saya tawarkan. Krim tangan akan memberi nutrisi dan perlindungan tambahan. Produk yang terkenal bagus adalah L’Occitane, dan ada banyak variasi pilihan. Jadi sebagai perokok, terbukti Anda harus mengeluarkan uang lebih www.fashionesedaily.com

10 Kebiasaan Perawatan Kecantikan yang Merusak Kesehatan

Kapan terakhir kali Anda membersihkan tas make-up Anda? Mungkin pertanyaan seperti itu tidak pernah terbersit di pikiran Anda. Tetapi para ahli memperingatkan tentang beberapa perawatan kecantikan yang bisa berakibat buruk terhadap kesehatan Anda. Berikut adalah daftar 10 kebiasaan seputar kecantikan yang berisiko kepada kesehatan: 1. Tidak pernah mencuci kuas make-up Kuas kosmetik yang Anda masukkan di tas make-up adalah sarang penyakit dan kuman. Jika Anda tidak pernah membersihkan alat kosmetik Anda - paling tidak sekali sepekan - mereka akan terkontaminasi oleh sel kulit mati, minyak, bahkan bakteri. Hasilnya? Penyakit seperti reaksi alergi dan infeksi pada kulit. Jadi, jadikan membersihkan alat kosmetik sama pentingnya dengan membersihkan muka Anda. Sedikit shampoo bayi, air hangat, dan sedikit sabun cukup membantu. 2. Meminjam lipstik dan make-up mata Anda meninggalkan make-up mata Anda di rumah, tetapi pulang kantor nanti ternyata ada acara. Ah, pinjam make-up saja dari teman kantor. Itu mungkin terdengar praktis, tetapi memakai lipstik dan make-up mata milik orang lain bukanlah ide yang bagus.

6

Bibir, mulut, dan tenggorokan adalah rumah bagi segala macam kuman dan Anda tidak bisa menebak apakah teman Anda itu bebas kuman hanya dari melihatnya saja. Selain virus flu dan demam yang berpotensial menjangkiti Anda, bibir bisa pecah dan berdarah, dan akhirnya mentransfer penyakit yang mengeram di darah. Selain itu, bakteria seperti Staphylococcus aureus, yang bisa menyebabkan infeksi kulit parah, sering ditemukan di make-up mata. Konjungtivitis (radang mata) dapat dengan mudah ditularkan juga. 3. Meminjam gunting kuku dan pengikir kuku Bahkan berbagi gunting dan pengikir kuku dapat mengancam kesehatan Anda. Setitik darah yang menempel dari kulit sekitar kuku dapat menularkan kuman tak terlihat kepada pengguna selanjutnya melalui celah kulit. Tentu saja, teman Anda tidak terlihat dikerubungi lalat - tetapi mungkin saja mereka mengidap Hepatitis B, penyakit yang merusak hati, tanpa Anda sadari. 4. Menggunakan kosmetik kedaluwarsa Lipstik favorit Anda sudah tidak diproduksi lagi. Jadi tak salah dong, jika Anda masih menyimpan lipstik buatan tahun 2002 tersebut? Seperti makanan, kosmetik juga memiliki tanggal kedaluwarsanya - dan tetap menggunakannya setelah kedaluwarsa akan menyebabkan infeksi. Selalu cek tanggal kedaluwarsa yang tercetak di kotak kemasan lipstik. Selain itu, ingatlah: Kebanyakan bedak, concealer, dan lipbalm hanya tahan beberapa tahun. Pelembap tidak bisa tahan lewat dari enam bulan karena mereka mengandung asam lemak, yang tidak bisa bertahan lama. Pensil alis dapat bertahan beberapa tahun, kecuali Anda membasahkan ujungnya dengan ludah atau air. Tetapi maskara dan make-up mata secara umum harus diganti paling lama setelah tiga bulan pemakaian. Alas bedak dapat bertahan setahun jika Anda tidak langsung menyentuhnya dengan tangan Anda. Simpan kosmetik di tempat yang dingin dan kering di luar kamar mandi untuk menjaga keawetannya. 5. Menggunakan eyeliner di dalam garis bulu mata Tidak peduli seberapa banyak selebriti yang menggunakan eyeliner di dalam garis bulu matanya, hindari! Para dokter memperingatkan bahwa hal ini dapat menyumbat pori-pori minyak, yang membantu produksi air mata, di pinggiran kelopak mata Anda. Jika lubang pori itu tersumbat, Anda akan menderita sindrom mata kering, yang dapat menyebabkan radang. Jika tidak dirawat, itu bisa merusak mata dan menyebabkan kebutaan. 6. Tidak berhati-hati di salon kuku Pengalaman dimanjakan yang sempurna -- spa kaki yang diikuti pedicure mewah. Tapi hatihatilah dengan tempat Anda melakukan perawatan, dan perhatikan baik-baik kebiasaan dari terapisnya. Jika sebuah spa tidak melakukan pembersihan secara berkala ke bak kaki dengan pembersih anti-jamur maka tempat itu bisa menjadi lahan subur infeksi untuk kaki. Menggunakan alat yang sama untuk setiap klien juga bisa menularkan kutil, yang disebabkann oleh virus papiloma manusia (HPV), juga bakteri dan infeksi jamur. Semua alat harus melalui cairan pembasmi kuman sebelum berganti klien. 7. Melakukan 'spa ikan'

7

Ikan-ikan kecil menggigit kaki Anda adalah perawatan yang paling terkenal saat ini -- tapi pastikan spa anda melakukan pemeriksaan sebelumnya. Meski risiko kontaminasi kecil, kemungkinan itu akan bertambah jika klien memiliki luka di kaki atau baru saja mencukur dan waxing. Jadi pastikan terapis anda memeriksa kondisi kesehatan dan melakukan pemeriksaan di bagian kaki dulu, dan memastikan bak kaki sangat bersih. Orang yang memiliki luka harus dirawat dulu dan orang yang memiliki psoriasis atau diabetes harus menghindari spa ikan ini. 8. Mengabaikan ketidaknyamanan di salon rambut. Hati-hati dengan pegal menyakitkan di daerah leher saat rambut anda dicuci di salon. Penelitian menyebutkan bahwa posisi tidak nyaman saat Anda sedang dikeramasi di salon, dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan stroke. Ini terjadi karena arteri di leher tertahan, memotong aliran darah ke otak. Hal ini bisa menyebabkan pusing, wajah mati rasa, bahkan penggumpalan darah. Hindari hal itu dengan menggunakan handuk sebagai alas, atau meminta rambut Anda dicuci agak maju. 9. Terlalu sopan di meja pijat Hati-hati dengan tukang pijat yang memiliki pijatan yang menyakitkan. Pijitan terlalu kencang bisa menyebabkan cedera, seperti tendon putus dan ketegangan otot yang parah. Selalu bilang kalau merasa tidak nyaman dan berikan umpan balik tentang jumlah tekanan yang baik. "Nyeri selalu merupakan tanda peringatan," ujar seorang dokter. Berhati-hati jika Anda sering mengalami masalah punggung, sedang hamil, atau menderita osteoporosis -- dan pastikan tukang pijat anda memiliki reputasi aman. 10. Tidak melakukan tes rambut anda sebelum mencat rambut anda Anda sudah mengecat rambut sebelumnya dan ingin mengadakan perubahan penampilan -- jadi mengapa harus melakukan tes seperti yang disarankan label? Karena reaksi akibat alergi bisa muncul dan hasilnya bisa sangat serius. Senyawa organik yang dikenal sebagai PPD di banyak terdapat di pewarna rambut bisa berujung kepada reaksi anafilaktik dalam beberapa kasus parah -- yang bisa berakibat fatal. Baru-baru ini, seorang remaja dari Inggris bernama Tabatha McCourt pingsan dan meninggal dunia setelah mengalami reaksi ekstrem karena pewarna rambut. Pewarna rambut yang memiliki label 'alami,' organik' atau 'eco' tidak menjamin kalau tidak ada kandungan PPD di dalamnya. Ada kampanye yang dilakukan untuk melarang PPD, tapi sementara itu lebih baik menggunakan pewarna yang luntur setelah enam pekan atau melakukan tes alergi 48 jam sebelum melakukan pengecatan rambut. Iain Salin, seorang trichologist, menuturkan: "Bahkan jika Anda sudah mengecat rambut 100 kali sebelumnya, Anda masih bisa menderita alergi kapan saja."

Stop Menyentuh Wajah dengan Tangan!
Secara tak sadar, kita pasti sering menyentuhkan tangan pada wajah, entah itu untuk mengeluselus dagu, menyentuh pipi, menggaruk hidung, menyandarkan pipi ke telapak tangan, atau sekadar mengenyahkan rambut yang menutupi muka. Sadarkah Anda bahwa kemungkinan besar itulah yang membuat wajah Anda berjerawat? Telapak tangan = sumber bakteri 8

Nyaris semua aktivitas kita sehari-hari dilakukan dengan tangan. Maka tak heran jika sebagian besar bakteri dan kuman yang kita temui setiap hari menempel di tangan kita. Jerawat terbentuk saat pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati, minyak, atau kosmetik, kemudian bercampur dengan bakteri. Bayangkan apa yang terjadi saat kulit wajah kita sudah ditutupi oleh minyak dan debu setelah seharian beraktivitas, lalu tangan kita yang penuh kuman menyentuhnyentuh kulit. Tak heran jika jerawat di wajah tak kunjung berkurang. Masalahnya, biasanya aktivitas menyentuh wajah ini dilakukan secara tidak sadar. Atau jika dilakukan secara sadar, sulit sekali rasanya untuk menahan diri. Bagaimana caranya menghentikan kebiasaan buruk ini? 1. Pastikan tangan selalu bersih Tak salah jika sejak dulu ibunda selalu mengingatkan untuk mencuci tangan dengan sabun. Tak perlu sering-sering, karena akan membuang bakteri baik dan membuat kulit tangan jadi kasar, namun setidaknya selalu cuci tangan setiap habis melakukan aktivitas yang mentransfer banyak kuman. Ingat, setelah tangan dicuci, bukan berarti kita bebas menyentuh wajah. Ini hanya untuk jagajaga, setidaknya jika kita tak sengaja menyentuh wajah, tangan sedang dalam keadaan "tak kotorkotor amat". Yang terpenting, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih saat tiba waktunya mengoleskan pelembab, sunscreen, krim malam, masker, atau obat jerawat. 2. Jangan memainkan rambut Rambut mengandung minyak yang jika menyentuh wajah (baik langsung maupun melalui perantara tangan) bisa menambah penumpukan minyak di kulit muka dan menyebabkan jerawat. 3. Gunakan punggung tangan Jika Anda benar-benar harus menyentuh wajah, misalnya untuk mengenyahkan benda asing, gunakan punggung tangan dan bukan telapak tangan. Punggung tangan tidak bebas kuman, tapi jumlahnya tak sebanyak kuman di telapak tangan. 4. Sibukkan tangan Anda Biasanya kebiasaan menyentuh-nyentuh jerawat dan mengelus-elus kulit wajah dilakukan saat sedang iseng. Untuk mengalihkannya, beri kebiasaan lain bagi tangan Anda, misalnya memainkan jemari tangan. Memasukkan tangan ke dalam saku, memegang sebuah benda dengan dua tangan, dan melipat tangan di depan dada juga bisa jadi "penahan" agar tangan tak jalanjalan. 5. Pakai sarung tangan Ini berlaku untuk Anda yang sering tak sengaja menyentuh wajah saat tidur di malam hari. Tentunya Anda harus memastikan sarung tangan Anda bersih dan selalu rutin dicuci. Mau trik oke? Oleskan lotion pelembap ke telapak tangan sebelum tidur dan tutupi dengan sarung tangan. Anda pun akan bangun dengan tangan yang lembut dan halus. 6. Libatkan orang-orang terdekat Beri tahu sahabat, kekasih, adik, kakak, mama, papa, dan rekan-rekan kerja tentang efek buruk menyentuh wajah dengan tangan. Ingatkan mereka untuk menegur Anda saat Anda melakukannya.

Nih Dia Makanan Anti Jerawat
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meski tidak ada makanan super untuk mencegah timbulnya jerawat, namun menurut penelitian di bidang diet dan kulit, terungkap pola makan 9

yang kaya buah dan sayuran sangat baik untuk kulit. Makanan sehat ini akan mengurangi inflamasi dan komedo. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dianjurkan: 1. Vitamin A Vitamin A membantu mengatur siklus regenerasi kulit sehingga tidak ada lagi protein dan minyak penyebab jerawat yang tersumbat. "Vitamin A adalah kandungan utama obat-obatan jerawat," kata Marmur. Sumber terbaik vitamin A adalah minyak ikan, salmon, wortel, bayam, dan brokoli. Meski begitu jangan berlebihan mengonsumsi vitamin A karena bisa bersifat toksik. 2. Zinc Penelitian menunjukkan orang yang berjerawat pada umumnya memiliki kadar zinc (seng) yang rendah. Zinc diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang tidak nyaman untuk pertumbuhan P.acnes. Selain itu mineral ini berguna untuk meredakan kulit yang iritasi. Zinck ditemukan pada almonds, kacang-kacangan, atau daging. 3. Vitamin E dan C Antioksidan dalam vitamin E dan C memiliki efek menenangkan pada kulit. Vitamin C bisa ditemukan pada jeruk, pepaya, tomat, atau kiwi. Sementara vitamin E didapat dari kacang, minyak zaitun, brokoli, alpukat, dan sayuran hijau. 4. Selenium Mineral selenium mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. Penelitian juga menyebutkan, bersama vitamin E selenium akan mempercepat penyembuhan jerawat. Sumber selenium antara lain daging salmon, tuna, kacang, telur, dan beras merah. 5. Omega 3 Asam lemak omega-3 mencegah molekul yang bisa menyebabkan inflamasi yang memicu gangguan kulit. Sumber omega-3 terbaik adalah ikan laut dalam, minyak flaxseed, dan kacangkacangan. 6. Air Air akan membantu menghidrasi tubuh dan melembabkan kulit. Konsumsi air yang cukup juga menghilangkan toksin yang memicu masalah kulit.

Lima Rutinitas Kecantikan Wanita yang Dibenci Pria

Pria mungkin tak tahu bahwa tampil cantik itu tidak mudah. Ada banyak perawatan dan rutinitas yang harus dilalui wanita. Jadi harap maklum jika mereka diam-diam menganggap lima hal berikut ini bukan hanya aneh, tapi juga tak perlu. Penjepit Bulu Mata Banyak pria yang meringis melihat wanita yang sedang melentikkan bulu matanya. Mungkin mereka kira itu menyakitkan? Tenang, guys. Kami hanya menjepit bulu mata, bukan mencabutnya. Beberapa pria juga menganggap tak banyak perbedaan antara bulu mata yang sudah dijepit dan yang belum. Memang sih, tak akan ada orang yang akan melihat wanita dari

10

bulu matanya, namun jika dilihat sebagai satu kesatuan rias wajah, bulu mata yang dilentikkan (apalagi diberi maskara) akan membuat mata terlihat lebih "terbuka". Hairspray Pria suka mengelus rambut wanita, jadi saat sedang dielus ternyata rambutnya keras seperti batu, mereka pasti langsung kecewa. "Lagipula aneh juga kelihatannya saat kepala wanita aktif bergerak-gerak tapi rambutnya diam saja," ujar Aaron Traister, editor Redbook Magazine kepada Yahoo! Mencabut Alis Yang dimaksud di sini bukan mencukur habis alis dan membuatnya ulang dengan pensil atau tatto alis, tapi proses rutin yang biasanya dilakukan wanita setiap bulan untuk mencegah alis berantakan. Menurut pria, mencabut alis, baik dilakukan sendiri maupun di salon, adalah sebuah bentuk penyiksaan. Mereka tak mengerti mengapa wanita sampai mau membayar untuk "disiksa". Masker Wajah "Buat apa sih, pakai masker wajah? Setelah selesai pun tak ada bedanya," begitu kira-kira yang ada di pikiran pria. Tapi yang paling mereka benci adalah melihat wanita, terutama pasangannya, sedang maskeran. Bayangkan saja suami sedang capek saat baru pulang dari kantor, berharap disambut istri yang cantik, namun yang dia dapatkan adalah sesosok makhluk dengan wajah berlumuran krim. Kita semua tahu masker bermanfaat untuk kesehatan kulit, tapi ada baiknya digunakan saat sedang sendirian, atau bersama teman-teman wanita. Lip Gloss Pria tak keberatan dengan lipstik. Yang mereka permasalahkan adalah lip gloss yang membuat bibir berkesan basah. Ini membuat pria jadi tak berselera untuk mencium bibir Anda karena kesannya lengket. Lalu bagaimana dengan lip gloss rasa stroberi, rasa jeruk, dan sebagainya? "Sama saja," ujar Aaron. "Lip gloss rasa apa pun, semua terasa seperti lip gloss di mulut kami." Bagaimana dengan Anda, para wanita? Setujukah dengan pendapat pria tentang lima hal di atas? Atau justru ada pembaca pria yang berpikiran berbeda? Kemukakan di kolom komentar di bawah ini.

Survey: Makeup Apa yang Wajib Anda Pakai Setiap Hari?

Bagi pria, kalimat "I cannot live without lipstick" mungkin terdengar berlebihan. Namun bagi banyak wanita, itu adalah fakta. Tak jarang wanita merasa kurang percaya diri jika satu hari saja lupa memakai lipstik. Itu hanya satu contoh. Banyak juga wanita yang tak suka berdandan, tapi selalu menyempatkan diri memakai maskara untuk mempercantik bulu mata. Sekali saja lupa pakai, rasanya seperti "telanjang". Dalam kasus-kasus seperti ini, makeup tak hanya berfungsi sebagai penghias belaka. Ia memegang peran penting dalam menutupi kekurangan kita (memakai foundation untuk menutupi bekas-bekas jerawat di kulit wajah), atau mempertegas bagian terbaik dari wajah kita (eyeliner untuk menonjolkan mata indah). 11

Bagaimana dengan pembaca Yahoo! SHE? Jika Anda hanya dibolehkan memakai satu jenis makeup setiap hari, apakah yang akan Anda pilih? Bedak? Maskara? Eyeliner? Lipgloss? Atau yang lainnya?

Mengenali Saat Kosmetik Sudah Kedaluwarsa
Kulit merupakan salah satu aset wanita yang patut dijaga. Lindungi kulit secara maksimal dengan menghindarinya dari iritasi. Kenali usia produk make-up yang Anda kenakan sebab produk kedaluwarsa malah bakal membuat kulit rusak. Alas bedak Alas bedak cair memiliki umur yang lebih singkat daripada alas bedak bubuk. Alasannya, bakteri lebih mudah tumbuh dalam benda lembap dan berair. Umumnya, alas bedak dengan bahan dasar air bisa bertahan maksimal 1 tahun. Sedangkan yang berbahan dasar minyak bisa bertahan lebih lama sampai 18 bulan. Itu pun jika Anda selalu menggunakan tangan yang bersih dan kuas yang dibersihkan

paling tidak satu minggu sekali dengan air hangat. Kemasan alas bedak juga ikut mempengaruhi. Kemasan alas bedak dalam bentuk botol pump bisa bertahan lebih lama daripada wadah lainnya yang lebih terbuka. Selain itu, semakin lama tekstur alas bedak cair juga akan berubah. Perubahan tekstur karena reaksi minyak dan air tersebut bisa membuat pulasan alas bedak menjadi tidak merata. Alas bedak kering atau bubuk bisa bertahan lama karena bakteri sulit tumbuh dalam medium ini. Alas bedak yang kering bisa digunakan sampai 2 tahun dengan penyimpanan yang baik. Tapi jika ditemukan perubahan tekstur, misalnya mengeras atau menggumpal sebaiknya diganti. Maskara Setelah 3 bulan, tekstur maskara biasanya semakin menggumpal. Apalagi jika Anda sering berulang kali memompa kuas ke dalam tube maskara sebelum mengaplikasikannya. Kebiasaan semacam ini bisa membuat semakin banyak udara masuk ke dalam tube dan mengakibatkan maskara mudah kering. Selain itu, tube yang basah dan gelap merupakan tempat favorit bakteri untuk bersarang. Jika maskara Anda sudah terasa kering dan terlalu menggumpal sebelum 3 bulan, sebaiknya ganti dengan baru. Maskara yang rusak tidak hanya membuat bulu mata rapuh, tapi juga berisiko meningkatkan iritasi pada mata. Bukannya tidak mungkin gumpalan maskara akan jatuh ke mata dan mengakibatkan iritasi. Eyeliner Eyeliner cair usianya tidak berbeda jauh dari maskara. Mulai 3 bulan Anda sudah harus mewaspadai umur maksimal eyeliner Anda. Jika tidak ditemukan perubahan tekstur atau iritasi, eyeliner cair bisa dipakai sampai 5 bulan. Untuk eyeliner pensil bisa bertahan sampai 1 tahun. Pastikan selalu menyerut kembali eyeliner pensil Anda sebelum menggunakannya agar permukaan pensil selalu bersih. 12

Eyeshadow Lagi-lagi Anda harus memperhatikan tekstur pemulas mata apa yang Anda gunakan. Umumnya pemulas mata kini tersedia dalam bentuk krim atau bubuk. Sama seperti alas bedak, pemulas mata berbentuk krim memiliki usia yang lebih pendek. Paling lama, 6 bulan Anda sudah harus mengganti pemulas mata krim Anda dengan yang baru. Sedangkan untuk pemulas mata dengan tekstur bubuk, Anda bisa menggunakannya sampai 2 tahun. Pastikan selalu tutup rapat wadah eyeshadow usai digunakan. Namun bila terjadi iritasi pada kulit, segera buang eyeshadow Anda untuk menghindari kerusakan kulit lebih lanjut. Lipstik Lipstik bisa bertahan sampai 2 tahun jika disimpan dengan baik. Hindari panas dan jangan lupa segera ditutup setelah selesai digunakan. Pelajari reaksi make-up pada kulit Anda. Jika terjadi rasa gatal, panas, muncul kemerahan pada kulit, atau iritasi kulit lainnya, segera buang produk tersebut. Konsultasikan kepada dokter kulit tentang kondisi kulit Anda untuk mendapat hasil yang terbaik. Jangan sampai niat untuk meningkatkan penampilan malah berakhir sebaliknya.

6 Produk Kecantikan Picu Gangguan Kesehatan
Ghiboo.com - Saat ini kosmetik sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan wanita. Sayangnya, masih banyak wanita yang tidak peduli dengan kandungan dalam kosmetik tersebut apakah aman digunakan atau tidak. Hal ini wajib dilakukan agar wanita lebih mengetahui risiko dan efek dari penggunaan produk kecantikan. Berikut ini, beberapa produk kecantikan yang sangat beresiko jika dipakai terusmenerus, dilansir melalui Boldsky, Rabu (29/2). Sabun Kecantikan Gencarnya iklan produk kecantikan berdampak pada pemakaian sabun kecantikan bagi wanita. Banyak wanita yang meninggalkan sabun organik, dan lebih memilih sabun kecantikan demi mendapatkan kulit putih dan mulus. Sayangnya, hampir sebagian besar sabun kecantikan memiliki ph yang tinggi yang dapat menghilangkan lapisan asam kulit. Sehingga kulit lebih rentan terhadap infeksi dan menjadi penyebab utama kanker kulit. Memakai Make-up Setiap Hari Memakai kosmetik setiap hari tentu saja berpengaruh pada organ tubuh, seperti hati, paru-paru, dan ginjal. Penyebabnya adalah bahan kimia phthalates yang biasa digunakan para prosuden produk kosmetik sebagai pelarut make-up dan membuat kosmetik lebih tahan lama. Bahan tersebut juga berbahaya bagi kulit karena dapat berpengaruh pada organ vital Anda. Blush On Perona pipi ini menjadi andalan wanita untuk membuat pipinya merona, sehingga terlihat lebih segar dan cantik. Padahal, bahan kimia yang terdapat dalam blush on dapat mempengaruhi kadar hormon estrogen dalam tubuh wanita. Sehingga, bisa memicu pertumbuhan sel-sel payudara tidak normal dalam waktu singkat, yang mengakibatkan risiko terkena kanker payudara. Lipstik Baru-baru ini, Food and Drug Administration Amerika menemukan kandungan timbal pada beberapa merek ternama produk lipstik. Senyawa kimia ini dapat memicu gangguan darah dan otak. Alas Bedak

13

Alas bedak atau foundation menjadi tahap awal yang harus dipakai dalam make-up. Padahal, alas bedak ini berbahaya jika kontak langsung dengan kulit. Bahkan, kandungan asbestos dalam alas bedak bisa menyebabkan tumor dan kanker payudara bagi wanita. Maskara Alat make-up yang satu ini menjadi andalan bagi kaum hawa karena bisa membuat bulu mata lentik dan panjang. Sayangnya, maskara menjadi tempat berkembang biak satu juta bakteri cair dan basi. Selain itu, maskara juga mengandung zat Polyvinyl pyrrolidone (PVP) yang berpotensi memicu kanker.

7 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut
Karena ingin tampil sempurna, orang tak segan menggunakan produk kimia bagi rambut. Padahal, beberapa perawatan dan cara penataan rambut yang salah lambat-laun justru akan memberi hasil yang buruk. 1. Terlalu sering mengikat rambut Menguncir rambut memang cara praktis membuat rambut rapi. Tapi sadarkah Anda, kegiatan itu bisa membuat rambut serta kulit kepala tegang dan stres? Jika demikian, salah satu masalah yang sering muncul adalah sakit kepala dan rambut rontok. Sebaiknya jangan terlalu ketat mengikat rambut agar rambut bisa tetap bernapas. Selain itu usahakan untuk selalu mengganti titik ikatan rambut agar tidak terjadi tekanan terus menerus pada titik yang sama. Jangan menguncir rambut seharian agar rambut bisa beristirahat dan kulit kepala tidak terlalu tegang. Jika memungkinkan, variasikan penataan rambut Anda agar tidak membuat rambut rapuh karena terus diikat. Sesekali biarkan rambut tergerai dan gunakan penjepit rambut untuk membantu merapikan. 2. Menyiksa rambut dengan hair dryer Mengeringkan rambut pun ada aturannya. Jangan mengeringkan rambut dengan hair dryer dalam keadaan sangat basah ketika baru selesai keramas. Ini akan membuat rambut semakin rapuh dan mudah patah. Sebaiknya, keringkan dulu rambut dengan handuk hingga lembap dan tidak basah menetes. Gunakan hair dryer pada suhu sedang dan jangan terlalu panas. Demi rambut yang sehat tak ada salahnya berinvestasi membeli alat pengering rambut berkualitas baik yang suhunya bisa disesuaikan. Beberapa pengering rambut juga menyediakan fitur angin dingin untuk mengeringkan rambut. Pilihan ini bisa menjadi alternatif variasi saat mengeringkan rambut agar rambut tetap sehat. Sebaiknya maksimal waktu mengeringkan rambut dengan panas hairdryer tidak lebih dari 20 menit. 3. Mengubah tekstur rambut Rambut keriting atau lurus bisa sama bagusnya sepanjang ditata dengan tepat. Tak perlu memaksakan diri mengubah tekstur rambut dengan berbagai perawatan yang bisa merusak. Kenali jenis dan tekstur rambut Anda dengan baik. Rambut yang tipis dan mudah patah sebaiknya tidak banyak dibebani dengan perawatan bahan kimia yang bisa membuatnya semakin rusak. Menggunakan alat pencatok setiap hari juga berpotensi membuat rambut rapuh dan rontok. Pada rambut yang rapuh dan sensitif, proses pengembalian kondisi rambut yang rusak bisa memakan waktu yang lama. Jika Anda tetap memutuskan untuk mengubah tekstur rambut, pastikan Anda selalu menggunakan perawatan rambut secara berkala. Sebaiknya istirahatkan rambut beberapa saat sebelum mulai meluruskan atau mengeriting rambut lagi.

14

4. Terlalu sering mencuci rambut Karena terasa berminyak, banyak orang memiliki kebiasaan mencuci rambut setiap hati. Mencuci rambut dengan shampo setiap hari bisa menghilangkan minyak alami yang justru dibutuhkan. Mencuci rambut terlalu sering justru memicu kulit kepala untuk terus memproduksi minyak untuk mengganti minyak yang hilang karena shampo. Minyak alami yang diproduksi dari kulit kepala tersebut seharusnya mencapai ujung rambut untuk membuat rambut terlihat sehat. Jika memungkinkan, keramas cukup 2-3 hari sekali untuk membiarkan minyak alami menjalankan fungsinya pada rambut. Basuh dengan air bersih tanpa shampo jika memerlukan kesegaran pada kulit kepala setiap hari. 5. Menggunakan sisir yang salah Menggunakan sisir yang salah juga bisa merusak rambut. Sisir yang tidak tepat bisa membuat rambut sulit saat disisir dan menyebabkan rambut patah. Semakin panjang rambut, pilih sisir yang semakin besar agar mudah saat merapihkan rambut. 6. Melupakan perawatan rambut Selain itu, jika rambut Anda diwarnai, berketombe, atau rontok, sebaiknya segera cari perawatan yang tepat. Membiarkan rambut dengan kondisi tersebut semakin lama akan membuat masalah rambut semakin sulit diobati. Gunakan shampo atau produk perawatan rambut yang sesuai dengan masalah Anda. Jika masalah tersebut tetap terjadi, konsultasikan dengan penata rambut atau dokter kulit untuk menemukan solusi dari masalah tersebut. 7. Banyak bahan kimia Untuk menjaga kesehatan rambut, usahakan sering biarkan rambut dalam keadaan alami. Jangan terlalu sering membebani rambut dengan berbagai produk penataan seperti gel, wax, atau hairspray. Sering menggunakan produk tersebut akan membuat rambut lengket dan mudah berketombe jika tidak dibersihkan dengan baik.

Jangan Gampang Percaya dengan Iklan Kosmetik, Ini Buktinya

Perbandingan wajah Rachel Weisz antara iklan (kiri) dan realita (kanan) REPUBLIKA.CO.ID, Cermati kedua foto artis Rachel Weisz. Tentu, Anda dapat melihat perbedaan keduanya. Foto sebelah kiri, wajah Rachel terlihat kinclong, mulus, dan bersih. Sedangkan di sebelah kanan, wajah Rachel tampak terlalu mulus, bahkan tampak sekilas adanya noda plus kerutan di sana sini. Agar lebih jelas, foto sebelah kiri adalah foto Rachel ketika menjadi bintang iklan L'Oreal. Sedangkan foto kanan adalah wajah asli Rachel. Nah, buntut dari iklan itu otoritas periklanan AS (ASA) mengumumkan telah melarang iklan majalah produk L'Oreal's Revitalift Repair 10. Mereka menganggap gambar yang ditampilkan itu 15

''sangat berlebihan dan menyesatkan.'' Keputusan ini disambut baik oleh anggota parlemen Jo Swinson yang berkampanye menentang penggunaan teknologi airbrush dan imej tidak sesuai realita dalam iklan kecantikan. Hal serupa juga sempat dialami oleh iklan Olay yang mempromosikan produk antipenuaan dini yang menampilkan Twiggy pada 2009. Bahkan, pada tahun lalu, iklan Loreal dengan model Julia Roberts dan Christy Turlington juga dilarang muncul dengan alasan serupa: menyesatkan. ''Industri dan iklan kecantikan seharusnya berhenti mencekoki konsumen dengan gambar-gambar bohong,'' ujar Swinson. Pihak L'Oreal sendiri membantah telah melakukan manipulasi gambar. Mereka mengatakan, Rachel Weisz menjalani pemotretan secara profesional. Foto itu dibuat dengan banyak cahaya agar gambar yang dihasilkan lebih sempurna dan mengurangi cacat. Caranya dengan menggunakan fokus dan resolusi yang lebih rendah. Namun, ASA menampik alasan itu. ''Kami melihat gambar itu sudah diubah sehingga noda wajah terlihat lebih halus dan mulus.''

Semangka dan Melon Cegah Kulit Kering
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kulit kering bisa disebabkan banyak faktor, diantaranya faktor pertambahan usia dan keturunan, kebiasaan dalam merawat tubuh, kondisi tubuh dan kesehatan secara umum. Selain itu, kulit kering juga dipengaruhi faktor luar seperti paparan radiasi sinar ultraviolet, perubahan iklim, polusi, dan terlalu sering berada di ruangan ber-AC. Dokter spesialis kulit, dr Nadia Yusaryahya mengatakan untuk menjaga kelembaban kulit, perawatan dari luar dan dalam penting dilakukan. Sebagai perawatan luar, dr Nadia menyarankan untuk menggunakan pelembab setiap kali sehabis mandi. "Gunakan pelembab dua kali sehari, setelah mandi. Setelah mandi jangan mengelap tubuh hingga benar-benar kering, biarkan lembab, dan dalam keadaan lembab ini aplikasikan krim pelembab ke seluruh tubuh," jelas dr Nadia. Sementara perawatan kulit dari dalam, dr Nadia menekankan pentingnya menjalani gaya hidup sehat. Ia menyebutkan, kebiasaan baik seperti tidur cukup selama delapan jam, menghindari stres, tidak merokok, mengurangi kopi dan alkohol, makan makanan bergizi, dan minum air delapan gelas atau dua liter setiap hari, membantu mengatasi masalah kulit kering. "Asupan nutrisi juga penting. Seperti mengasup buah yang mengandung banyak air seperti semangka dan melon," tambahnya. Menjaga kulit tetap lembab dan tak kering bukan sekadar mempercantik penampilan. Kulit kering bahkan menjadi petanda kesehatan secara umum. "Salah satu tanda dehidrasi adalah kulit yang kering," kata dr Nadia. Karenanya, saat kulit mulai terasa kering, sebaiknya lakukan perawatan luar dan dalam. Anda tak hanya akan terhindar dari dehidrasi, namun juga dari berbagai risiko penyakit lain yang muncul akibat kulit kering. Soal asupan suplemen untuk merawat kulit dari dalam, dr Nadia menambahkan, "Suplemen adalah pilihan untuk membantu mengatasi masalah kulit. Kondisi setiap orang tidak sama. Penanganan masalah kulit sangat individual, kembali kepada kebutuhan masing-masing orang."

16

Jika Kerutan Muncul di Mata Saat Usia Masih Muda
Tanya: Usia saya masih 23 tahun, tapi kerutan di sekitar kelopak mata saya lumayan banyak. Saya jadi tidak pede. Bagaimana ya cara mengatasinya? Apakah perlu memakai serum mata di usia saya ini? Apa ya penyebab keriput ini? Jawab: Berapapun usiamu, apabila merasa ada permasalahan pada kulit yang perlu dihadapi, itu adalah saat yang tepat untuk memulai merawatnya sebelum terlambat. Kalau moto saya, lebih baik mencegah daripada nantinya susah 'diobati'. Kerutan bisa disebabkan berbagai macam hal seperti pengaruh sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini. Kalau jarang memakai kacamata hitam, sinar matahari yang terlalu terang akan menyebabkan kita terlalu sering menyipitkan mata sehingga kerutan menjadi lebih banyak. Penyebab lainnya juga bisa karena kebiasaan mengucek daerah mata sehingga memberi tekanan berlebihan pada daerah tersebut, yang dimana kulitnya lebih sensitif dan tipis dibandingkan daerah lain di wajah. Yang terakhir, bisa disebabkan oleh tipe kulit yang memang kering pada wajah secara keseluruhan. Bagaimana menghadapi hal tersebut? Pertama, dengan melindungi daerah tersebut dengan menggunakan sunscreen atau pelembap yang mengandung tabir surya pada pagi hari, dan saat berada di bawah sinar matahari, jangan lupa gunakan kacamata hitam. Kedua, treat your eyes area right. Pakailah krim mata yang membantu menyamarkan kerutan di daerah sekitar mata. Krim mata biasanya memiliki kandungan anti-aging seperti Vitamin C, Vitamin A atau Retinoids, Peptides, serta tambahan Hyaluronic Acid yang membantu menjaga kelembapan daerah mata. Produk favorit saya saat ini untuk mengatasi kerutan disekitar mata adalah Pond's Age Miracle Dual Eye Therapy (IDR 113,500), Kiehl's Line Reducing Eye-Brightening Concentrate (IDR 440,000) dan Lancome Genifique Yeux (IDR 650,000). www.fashionesedaily.com

17

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->