P. 1
RPP Inkuiri (Volume Bola Kelas IX).docx

RPP Inkuiri (Volume Bola Kelas IX).docx

|Views: 115|Likes:
Published by Iga Erieani
Model Pembelajaran Inkuiri
Model Pembelajaran Inkuiri

More info:

Published by: Iga Erieani on May 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/23/2013

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MODEL INKUIRI “VOLUME BOLA”

Oleh: IGA ERIEANI LAILY 2010 A (103174024)

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM JURUSAN MATEMATIKA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA 2013

Kedisiplinan Keterampilan Sosial a.  Indikator Afektif Perilaku Berkarakter a. Mengajukan pertanyaan atau pendapat c. Rasa Hormat c. Merespon pertanyaan atau pendapat IV. kerucut. Menentukan volume bola. Standar Kompetensi Memahami sifat-sifat tabung.  Tujuan Afektif Perilaku Berkarakter . Indikator  Indikator Kognitif 1.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung. 2. Bekerja sama b. dan bola. Tanggung Jawab b. Siswa dapat memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan volume bola. Kompetensi Dasar 2. 2. kerucut. II. Tujuan Pembelajaran  Tujuan Kognitif 1. dan bola serta menentukan ukurannya.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Puri Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : IX/Gasal I. III. Siswa dapat menentukan volume bola. Memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan volume bola.

Tipe Pembelajaran PenemuanTerbimbing IX. Keterampilan Sosial a. Pada saat berdiskusi. Memberikan motivasi kepada siswa bahwa dengan mempelajari materi ini mereka dapat menghitung berapa banyak kuah yang dapat dituangkan ke dalam sebuh mangkok yang berbentuk setengah bola sehingga mangkok tersebut terisi penuh oleh kuah tersebut. siswa dapat menunjukkan rasa hormat dalam menanggapi atau merespon pertanyaan atau pendapat siswa yang lain.a. Alokasi Waktu 2×40 Menit (1 Pertemuan) VII. Siswa dapat mengajukan pertanyaan atau pendapat c. Materi Pembelajaran Volume Bola VI. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran A. c. Siswa dapat bekerja sama b. Mengingatkan kembali materi tentang volume kerucut. Metode Pembelajaran Diskusi dan Penugasan X. siswa dapat menunjukkkan kedisiplinan dengan mengangkat tangan terlebih dahulu. Pendahulan (±10 menit) 1. 2. Menyampaikan tujuan pembelajaran. . Siswa dapat merespon pertanyaan atau pendapat V. siswa dapat menunjukkan sikap tanggung jawab atas pertanyaan atau pendapat yang diajukannya. b. 3. Pada saat mengajukan pertanyaan atau pendapat. Pada saat berdiskusi. Model Pembelajaran Pembelajaran Inkuiri VIII.

kerucut. 2. dan spidol) yang digunakan dalam percobaan yang akan dilaksanakan. Membimbing mereka dalam melakukan percobaan. Tahap 5: Analisis Proses Inkuiri 13. 3. kerucut. Memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk megolah dan menganalisis data hasil percobaan. kertas karton. Tahap 4: Perumusan dan Pengolahan Data 11.B. Menyampaikan permasalahan kepada siswa yaitu bagaimana rumus dari volume bola. 8. . 12. 7. Membagikan alat dan bahan (setengah bola. Tahap 2: Pengumpulan dan Verifikasi Data 4. dan spidol) kepada setiap kelompok. Menunjukkan alat dan bahan (setengah bola. 5. Mengintruksi setiap kelompok untuk membuat jawaban sementara (hipotesis) sesuai dengan informasi yang diperoleh. Membagikan LKS percobaan kepada setiap kelompok. Mengintruksi siswa untuk bergabung dengan kelompoknya masingmasing secara tertib. 10. 9. Membimbing siswa untuk memahami pola-pola penemuan yang telah dilakukan. yaitu perolehan volume bola dari volume kerucut yang jari-jari dan tingginya sama dengan jari-jari bola. tepung. Mengecek percobaan yang dilakukan oleh setiap kelompok dengan cara berkeliling ke setiap kelompok. Kegiatan Inti (±50 menit) Tahap 1: Penyajian Masalah 1. Tahap 3: Pengumpulan Data melalui Eksperimen 6. tepung. Membagi kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri atas 3—4 siswa. Menginstruksi setiap kelompok untuk mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan permasalahan yang diberikan. Mengintruksi siswa untuk menyusun kesimpulan dari hasil percobaan yang telah dilakukan. kertas karton.

Menentukan volume bola. yang dengan Tertulis ! dengan volume 523. 2. Meminta siswa untuk mengerjakan latihan soal di buku paket pada halaman 49.33 Berapa panjang . 2008. Memecahkan permasalahan berkaitan volume bola. Mengintruksi siswa kembali ketempat duduk masing-masing. Alat dan Sumber Belajar  Setengah Bola  Kerucut  Tepung terigu  Kertas Karton  Spidol  LKS  Buku Paket Wagiyo. Membimbing siswa untuk menganalisis tahap-tahap percobaan yang telah dilakukan. Hitunglah volume bola yang panjang jari-jarinya 10 cm dengan 2. A. XI.14. Pegangan Belajar Matematika 3: untuk SMP/MTs Kelas IX. C. berbentuk bola Penilaian Teknik Bentuk Soal 1. Penilaian Indikator 1. Penutup (±20 menit) 1. Membimbing siswa untuk menyipulkan materi yang telah dipelajari pada petemuan kali ini. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 3. 4. Sebuah mainan anakanak cm3. XII. dkk. Memberikan pesan moral kepada siswa ditinjau dari pembelajaran yang telah dilakukan. Tes Essay 2.

……………………….Indikator Penilaian Teknik Bentuk jari-jari Soal dari mainan tersebut jika diketahui ! Mojokerto. Kepala SMP Negeri 1 Puri Guru Mata Pelajaran _____________________ NIP. . ……………………… Mengetahui. Iga Erieani Laily NIP. ……………………….

Jika kita lakukan terus sampai setengah bola penuh (rata pada permukaan setengah bola) maka setengah bola dapat menampung tepat ……… kali volume kerucut. Tuangkan tepung tersebut pada setengah bola. Kerucut dengan jari-jari dan tinggi sama dengan jari-jari bola plastik. Isilah kerucut dengan tepung sampai penuh (rata pada permukaan kerucut). 2. Tepung Langkah-langkah: Kelas: Gambar (i) Gambar (ii) 1.LEMBAR KERJA SISWA (LKS) Kelompok: Alat dan Bahan: 1. karena t = r maka . 3. 3. 4. Apa yang dapat disimpulkan? . 2. Bola plastik yang dibelah menjadi dua bagian sama besar.

Jika kita lakukan terus sampai setengah bola penuh (rata pada permukaan setengah bola) maka setengah bola dapat menampung tepat dua kali volume krucut. 6. Tuangkan tepung tersebut pada setengah bola. Kerucut dengan jari-jari dan tinggi sama dengan jari-jari bola plastik. Apa yang dapat disimpulkan? .ALTERNATIF LEMBAR KERJA SISWA (LKS) Kelompok: Alat dan Bahan: 4. Bola plastik yang dibelah menjadi dua bagian sama besar. 5. Isilah kerucut dengan tepung sampai penuh (rata pada permukaan kerucut). 7. Tepung Langkah-langkah: Kelas: Gambar (i) Gambar (ii) 5. 8. 6. karena t = r maka .

67 cm3. Diketahui: 2 2 4 20 Ditanyakan: Jawab: ( ) ( ) 1 7 3 2 (dibulatkan) Jadi jari-jari mainan berbentuk bola tersebut adalah 4.186. Diketahui: 2 Skor Ditanyakan: Jawab: 1 4 3 2 2 (dibulatkan sampai 2 tempat desimal) Jadi volume bola tersebut adalah 4.186. Sub Skor Total 2.67 cm3.PEDOMAN PENSKORAN Kunci Jawaban 1. Sub Skor Total Skor Total 3 2 5 25 45 .

Dapat menarik kesimpulan sesuai dengan permasalahan yang disajikan 4. …………………………………. Memberi tanggapan dari pernyataan orang lain d... Nama Anggota: 1. Menyatakan pendapat atau ide c.. Mengumpulkan Data Dapat menemukan informasi-informasi yang berkaitan Skor Kelas : …………… dengan permasalahan 3. Aspek yang Dinilai 1. Dapat mengkaitkan permasalahan dengan menggunakan pengetahuan awal siswa e. 2. Persiapan a.RUBRIK PENILAIAN KELOMPOK Kelompok: ……….…. 4. 3. …………………………………. Dapat mengorganisasikan informasi sesuai dengan permasalahan b. Mengajukan pertanyaan pada kelompok yang presentasi b. …………………………………. Perpindahan siswa kelompok yang telah ditentukan b. Menganalisis Data a.. Dapat menjelaskan pada anggota kelompoknya yang . Keterampilan Efektif a. Dapat memvisualisasikan permasalahan dengan gambar c. Berdasarkan hasil pengamatan pada saat siswa bekerja dalam kelompok. Persiapan alat yang dibutuhkan 2. …………………………………. Dapat menemukan solusi permasalahan dengan baik dan kreatif f.. Dapat mengolah informasi sesuai dengan permasalahan d.

Dapat mempresentasikan hasil karya 5.Aspek yang Dinilai Skor tidak mengerti e. hasil pekerjaannya benar 6. Menyajikan Hasil Pemecahan Masalah a. Berani menanggapi hasil pekerjaan orang lain c. Dapat bekerjasama dengan kelompoknya untuk menemukan solusi f. Dapat Membuat Kesimpulan dengan Tepat Jumlah Skor Keterangan: Skor 1 menunjukkan kurang baik Skor 2 menunjukkan cukup baik Skor 3 menunjukkan baik Skor 4 menunjukkan sangat baik  Kelompok yang mempunyai jumlah skor 0—17 berpredikat kelompok kurang baik  Kelompok yang mempunyai jumlah skor 18—34 berpredikat kelompok cukup baik  Kelompok yang mempunyai jumlah skor 35—51 berpredikat kelompok baik  Kelompok yang mempunyai jumlah skor 52—69 berpredikat kelompok super . Berani menjelaskan hasil karayanya di depan kelas b.

beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa dengan menggunakan skala berikut ini: A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan Format Pengamatan Perilaku Berkarakter No 1.LEMBAR PENILAIAN PERILAKU BERKARAKTER Nama Siswa : Kelas Tanggal Petunjuk : : : Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini. Perilaku Berkarakter Tanggung Jawab Rasa Hormat Kedisiplinan A B C D Mojokerto. 2. 3. ……………………… Pengamat (_____________________) .

……………………… Pengamat (_____________________) . 2. 4.LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN SOSIAL Nama Siswa : Kelas Tanggal Petunjuk : : : Untuk setiapketerampilan sosial berikut ini. beri penilaian atas keterampilan sosial siswa dengan menggunakan skala berikut ini: A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan Format Pengamatan Keterampilan Sosial No 1. Perilaku Berkarakter Bekerja Sama Mengajukan Pertanyaan Mengajukan Pendapat Merespon Pertanyaan Merespon Pendapat A B C D Mojokerto. 3. 5.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->