APLIKASI PEMESANAN TIKET PESAWAT BERBASIS ONLINE MENGGUNAKAN PHP DAN AJAX

Melati Fitriani

Inne Gartina Husein

Kurniawan Nur Ramadhani

Joejas_oushiza@yahoo.co.id

Inne@politekniktelkom.ac.id

kurniawan@politekniktelkom.ac.id

Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Telkom Bandung 2011

ABSTRAK Maskapai penerbangan merupakan suatu organisasi yang menyediakan jasa penerbangan bagi penumpang dan barang. Beberapa maskapai belum menggunakan sistem pemesanan tiket berbasis online. Sistem pemesanan atau pembelian tiket yang dilakukan masih dilakukan dalam beberapa cara. Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui telepon, mendatangi agen perjalanan ataupun datang langsung ke loket maskapai.Oleh karena itu dibutuhan aplikasi yang dapat memberikan fasilitas pemesanan tiket berbasis online. Sistem yang dibuat adalah aplikasi pemesanan tiket pesawat berbasis online menggunakan PHP, AJAX dan menggunaka MySQL sebagai databasenya. Aliran data dan peracancangan sistem ini menggunakan Data Flow Diagram (DFD) dan perancangan tabel pada basis data menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD). Metode pengembangannya menggunakan SDLC dengan metode waterfall. Adapun beberapa fungsionalitas yang akan diberikan pada aplikasi ini adalah dapat melayani pemesanan tiket pesawat secara online, seperti pemesanan tiket, pembatalan tiket maupun print tiket. Selain itu dengan aplikasi ini juga menyediakan informasi mengenai jadwal penerbangan. Kata kunci: Maskapai, Pemesanan, MySQL, PHP, Tiket

1 1.1

PENDAHULUAN Latar Belakang

Maskapai penerbangan merupakan suatu organisasi yang menyediakan jasa penerbangan bagi penumpang dan barang. Saat ini teknologi bagi sebuah maskapai penerbangan merupakan hal yang vital, banyak pekerjaan yang perlu dikerjakan secara komputerisasi. Salah satunya adalah pemesanan tiket yang dilakukan secara online. Beberapa maskapai belum menggunakan sistem pemesanan tiket berbasis online. Sistem pemesanan atau pembelian tiket yang dilakukan masih dilakukan dalam beberapa cara.

Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui telepon, mendatangi agen perjalanan ataupun datang langsung ke loket maskapai. Bagi perusahaan maskapai pemesanan tiket pesawat berbasis online ini merupakan salah satu pemanfaatan media internet dalam melakukan penjualan tiket. Dengan adanya aplikasi ini maka para penumpang diberikan kesempatan untuk memperoleh tiket secara online, cukup dengan membuka alamat situs maskapai maka calon penumpang dapat melakukan transaksi pembelian tiket.

Pembatalan tiket hanya dapat dilakukan sampai 3 hari sebelum keberangkan 1. Analisis Kebutuhan 2.5 Metodologi Penelitian Metode yang digunakan untuk mengerjakan proyek akhir adalah metode Software Development Life Cycle (SDLC). Bagaimana menyediakan informasi jadwal penerbangan tiket secara online? 1.2010).6 Jadwal Pengerjaan Proyek Akhir 1. Jadwal penerbangan dan harga tiket hanya dapat dilihat untuk satu bulan kedepan. JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape (Kadir 2009) . Aplikasi ini tidak menyediakan informasi mengenai posisi kursi sesuai yang diinginkan penumpang. yang memiliki beberapa tahapan.4 Batasan Masalah Batasan masalah dalam pembuatan proyek akhir ini adalah : 1.4. 2011). 3. Model SDLC yang digunakan adalah Waterfall Model. 2. Library ini dirilis pada Januari 2006 di BarCamp NYC oleh John Resig dan berlisensi ganda di bawah Lisensi MIT dan GPL (Hakim 2010). Bagaimana menyediakan media untuk pemesanan tiket pesawat secara online? 2. Perangkat lunak ini bermanfaat untuk mengelola data dengan cara yang sangat fleksibel dan cepat (Kadir. sehingga memepermudah dan mempecepat kita dalam membuat kode Javascript. 6. Dalam satu harinya terdapat sepuluh kali penerbangan dan aplikasi ini hanya menggunakan bahasa Indonesia.1 AJAX Tujuan dari pengerjaan proyek akhir ini adalah: 1.2 Rumusan Masalah Pada proyek akhir ini akan dibahas beberapa rumusan masalah.1 KEBUTUHAN DAN PERANCANGAN Analisis Sistem Aplikasi pemesanan tiket pesawat berbasis online ini merupakan salah satu aplikasi yang dibuat untuk membantu calon penumpang dalam melakukan pemesanan maupun pembelian tiket pesawat. diantaranya: 1. 3. 1. Tidak membahas mengenai pengembalian uang penumpang.3 Tujuan 2 Tabel 1 TINJAUAN PUSTAKA 2.3 JavaScript Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. Apikasi ini tidak berhubungan langsung dengan pihak bank maka Pemeriksaan pembayaran dilakukan secara manual oleh admin dengan menggunakan internet banking. Ajax bukan bahasa pemrograman baru. 4. Membangun sebuah aplikasi pemesanan tiket pesawat secara online berbasis web. Bagi sebagian maskapai aplikasi pemesanan tiket ini bukanlah hal yang baru. Pengujian 1. 2. melainkan merupakan gabungan dari teknik/teknologi yang sebelumnya sudah ada 2. 3. Tahapan tersebut meliputi : 1. Pembuatan Aplikasi AJAX (Asynchronous Javascript and XML) adalah suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif (Hakim. 5. Desain 3.4 JQuery JQuery adalah kumpulan kode/fungsi Javascript siap pakai. Beberapa maskapai memberikan fasilitas aplikasi pemesanan tiket berbasis online untuk .2 MySql MySQL tergolong sebagai DBMS (Database Management System). Membangun sebuah aplikasi yang dapat menyediakan informasi jadwal penerbangan secara online. 2. 2.

3. Namun bagi beberapa maskapai belum menerapkan sistem pemesanan tiket berbasis online. dan bagian pembelian. ~1. 8. Data reservasi penumpang telah divalidasi akan diberikan menu print tiket maupun pembatalan tiket sehingga calon penumpang dapat melakukan pencetakan tiket sendiri maupun melakukan pembatalan tiket yang telah dibeli.80GHz (2 CPUs).1 IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Implementasi Implementasi cek jadwal . Sistem menyediakan pilihan nama maskapai penerbangan.2 Text Editor :Macromedia Dreamweaver 8 Desain Program:Microsoft Office Visio 2007 3. 7. Sistem menyediakan pilihan jadwal penerbangan yang telah disediakan. 2.5 3.3 Diagram Konteks Gambar 1 ER Diagram. pemesanan tiket yang dilakukan masih dilakukan dalam beberapa cara. pembelian melalui telepon ataupun datang ke loket maskapai langsung. 10. Calon penumpang yang telah melakukan pembayaran diminta untuk melakukan konfirmasi pembayaran dengan memasukan nomer resi dari pembayaran untuk dilakukan validasi oleh admin secara manual. 3. Calon penumpang memilih jadwal penerbangan yang telah ditentukan oleh sistem. Calon penumpang melakukan registrasi member untuk membuat username dan password yang dimana berfungsi untuk mendata user sebagai member. Gambar 2 Diagram Relasi Gambar 3 4 4. 3.6 Perancangan 3.kota keberangkatan dan kota tujuan.6. 5. seperti mendatangi ke agen perjalanan.2 Sistem yang diusulkan 12.0.memberikan solusi bagi calon penumpang dalam melakukan transaksi pembelian tiket secara online. 11. 6. Calon penumpang menentukan kota keberangkatan dan kota tujuan. Sebelum 24 jam calon penumpang yang belum melakukan pembayaran dapat melakukan pembatalan tiket.6. sebagian alur kegiatan prosesnya sebagai berikut: 1.4 Pada sistem yang diusulkan.1 3. Selain itu juga memberikan akses kepada calon penumpang dalam mengupdate infromasi jadwal penerbangan atau harga tiket.642. administrator dan user (calon penumpang).6. 3. 9. 4.6a Web Browser :Google chrom 10. Calon penumpang memasukan identitas dari pemilik kursi tersebut.6. Spesifikasi Perangkat Keras Processor : Intel(R) Core(TM)2 Dou CPU T5670 @1.2 3. Sistem akan melakukan pembatalan secara otomatis dalam 24 jam jika calon penumpang tidak melakukan pembayaran. Calon penumpang yang telah menjadi member dapat melakukan login untuk melakukan reservasi tiket. Calon penumpang memilih nomer kursi yang tersedia.3 Analisis Pengguna Terdapat tiga pengguna yang berhubungan langsung dengan aplikasi pemesanan tiket berbasis online yaitu.8GHz Memory (RAM) : 1204MB RAM Hardisk : 80GB Spesifikasi Perangkat Lunak Sistem Operasi : Windows XP Web Server : XAMPP for Windows Version 1.

Pengujian dilakukan dengan Saran bagi pengembangan sistem informasi ini adalah: 1. Dapat membuat aplikasi yang dapat memberikan infromasi jadwal penerbangan secara online. 2. 5.metode black box testing yaitu dengan menguji aplikasi tersebut dari proses input dan output. Dapat membuat aplikasi yang dapat melayani pemesanan tiket.2 Saran 4. Aplikasi ini selanjutnya dapat memberikan fasilitas pembayaran yang dilakukan secara online. pembatalan tiket dan cetak tiket pesawat berbasis online. Aplikasi ini dapat memberikan laporan jumlah penumpang yang melakukan pemesanan maupun pembatalan tike tiap bulannya.2 Pengujian Pengujian sistem dilakukan untuk mengetahui kesalahan yang mungkin masih terjadi didalam aplikasi tersebut. . 2.1 PENUTUP Kesimpulan Implementasi list pemesanan Kesimpulan yang dapat diambil dari “Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat Berbasis Online Menggunakan PHP dan AJAX” ini adalah: 1. Masukan Data Username: username Password: Password Implementasi list kursi Username:Password: Password Keluaran yang diharapakan Login berhasil Keluaran yang dihasilkan Login berhasil Keterangan valid Username atau password yang anda masukan salah Username atau password yang anda masukan salah Anda belum mengisikan Username atau password yang anda masukan salah Username atau password yang anda masukan salah Anda belum mengisikan Valid Username: username Password:- valid Username:Password:Implementasi input pemilik kursi valid 5 5.

http://www. 2010). Irmansyah. Hakim. http://digilib. Jane. 2011). 2011). 2006. Janner. Study Offers Early Look at How Internet is Changing Daily Life. noname.petra. Yogyakarta: Andi. Pelayanan Reservasi pada Maskapai Penerbangan. Simarmata. Yogyakarta: Lokomedia. Implementasi ISO 9001:2008 di Perguruan Tinggi Bandung. Top 10 Countries With The Highest Numbr of Internet Users. 2010. Efendi. 2010. Kadir.ac. John. McMillan Publishing.id/viewer.pdf (accessed Maret 2. http://www.master-komputer. Internet Usage Within Nations. Muslim. Emily. Mastering Ajax dan PHP .com (accessed april 10. 2000.php?page=1&su bmit.ilmukomputer.ac. Muhammad. Abdul. Desember 9. http://www. 2001. Jayadi. Faried. Lukman. Boston: Boston Publishing. Idris.com/top20. http://www. Aplkasi Mobile Commerce.ittelkom. Internet User Behaviour. Lubis. Stanford Institute for the Quantitative Study of Society. 2003. 2006). 2011).pdf (accessed Mei 25.com/tutorial/41programming/149-bahasa-pemrogramanweb. 2009. 2009. . Yogyakarta: Andi.internetworldstats. (Januari 11.id/library/index. Bikin website Super Keren dengan PHP dan jQuery. January 3. Rudi.php?vie w=article&catid=10%3Ajaringan&id=406%3Aweb-server&option=com_content&Itemid=15 (accessed Maret 11.x=0&submit. Doe.y=0&qual=high&fname=/jiunk pe/d3/pari/1995/jiunkpe-ns-d3-1995-9139200711697-peak_season-chapter2. 2000.htm (accessed 12 30. Internet World Stats. 2011).6 REFERENSI Borom. 2006.

Diagram Koteks .LAMPIRAN Gambar 1.

LAMPIRAN Gambar 2. ER Diagram .

LAMPIRAN Gambar 3. Jadwal pengerjaan proyek akhir . Diagram Relasi Kegiatan Reqruitments Gatherings Analysis Desain coding Testing Pembuatan laporan Presentasi hasil Maret2011 Apr-11 Mei2011 Juni2011 Juli2011 Agustus2011 Septeber2011 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Tabel 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful