USER GUIDE BEE ACCOUNTING v1.

8

USER GUIDE
BEE ACCOUNTING v1.8
BITS Software
© 2010

2-1

BAB 1 - SISTEM

1
SISTEM
Bab 1 menjelaskan mengenai utility yang berada pada menu sistem yang sebagian besar berhubungan dengan sistem setting program Bee Accounting v1.8

2

BAB 1 - SISTEM

Global Refresh
Global Refesh digunakan untuk me-reload / merefresh data ketika terjadi perubahan data. Global Refresh perlu dilakukan apabila terjadi perubahan data pada Pengaturan Sistem, Manajemen Pengguna, Perubahan Master, dll.

Cara Akses
Untuk mengakses form global refresh di BEE, pilih pada MenuBar Sistem --> Global Refresh

Contoh: : User Admin melakukan perubahan Harga Jual / memasukkan discount pada item yang dijual, maka pada user pengguna / kasir harus melakukan proses Global Refresh untuk mendapatkan data harga terbaru ketika melakukan proses Penjualan. Semakin banyak modul yang dipilih untuk dilakukan refresh, maka semakin lama pula proses Loading Refresh.

3

BAB 1 - SISTEM
Digunakan untuk memilih semua modul yang akan dilakukan proses Refresh. Digunakan untuk proses Refresh modul yang dipilih / dicentang. Digunakan untuk me-Refresh semua modul yang terdapat pada Form Global

Refresh.

Cetak Barcode
Print barcode berfungsi untuk mempermudah melakukan transaksi penjualan pada Penjualan Kasir (POS) untuk melakukan Scan Barcode. Secara default, item yang berasal dari vendor besar yang menggunakan barang jadi (Produk Makanan, Detergen dll) telah memiliki Kode Barcode sendiri. Namun untuk barang jadi milik Home Industri biasanya memiliki Kode Item sendiri. Print Barcode digunakan untuk mencetak label harga jual item pada Rak (per Item). Print barcode ini sebagian besar digunakan untuk print label harga pada Rak barang yang ditempatkan pada Item yang dijual. Sedangkan untuk print label pada item digunakan untuk item yang tidak memiliki kode Barcode pada bungkusnya (belum terdaftar) sehingga mempermudah untuk proses Scan Barcode pada Kasir. Misalnya : Produk hasil Home Industri seperti Roti Bolu, Tempe Keripik, Jajanan dll.

Cara Akses
Untuk mengakses form print barcode di BEE, pilih pada MenuBar Sistem --> Print Barcode

4

SISTEM Proses Cetak Barcode 1.BAB 1 . 5 . Setting ukuran kertas yang akan digunakan untuk cetak Barcode pada tab "Setting" (point 5).

pada tab Print klik "Label Rak" pada kolom kiri bawah. ƒ ƒ o Masukkan jumlah yang akan di print pada kolom "Jumlah Label". (point 3) o Tekan F1 pada keyboard untuk memasukkan Single Item (Satu per Satu) ƒ Pilih item pada daftar item. (point 1) 3.BAB 1 . Tentukan Baris dan Kolom mulai yang digunakan untuk print Barcode / Label Rak. Untuk print Label Rak. Tekan F2 pada keyboard untuk memasukkan Multi Item. 4. ƒ Filter Item yang akan dipilih 6 . (point 4) Tekan Panah bawah untuk menambahkan Item yang lain.SISTEM 2. Pilih settingan kertas sesuai dengan kebutuhan yang telah dibuat.

(point 4) ƒ Tekan Panah bawah untuk menambahkan Item yang lain. Klik Preview untuk melihat hasil atau klik Print untuk mencetak hasil 7 . (point 2). Tekan F2 pada keyboard untuk memasukkan Multi Item ƒ Filter Item yang akan dipilih ƒ Masukkan jumlah yang akan di print pada kolom "Jumlah Label". o o Tekan F1 pada keyboard untuk memasukkan Single Item (Satu per Satu) ƒ Filter Item yang akan dipilih ƒ Masukkan jumlah yang akan di print pada kolom "Jumlah Label". (point 4) 6. pada tab Print Klik "Barcode" pada kolom kiri bawah.SISTEM ƒ Masukkan jumlah yang akan di print pada kolom "Jumlah Label".BAB 1 . Untuk print Barcode Per Item. (point 4) 5.

Stock tidak boleh minus dll. Pembelian. Produk ID selalu menggunakan Qty 1. Return. Sebagai contoh adalah pengaturan sistem default untuk penggunaan gudang dalam Penjualan.BAB 1 . pilih pada MenuBar Sistem --> Pengaturan Sistem 8 . Cara Akses Untuk mengakses form pengaturan sistem di BEE. default penggunaan Produk ID (PID).SISTEM Pengaturan Sistem Pengaturan Sistem digunakan untuk melakukan setting default yang digunakan pada proses yang ada pada sistem ini. Penggunaan pada setting dapat di filter berdasarkan pilihan Modul yang telah tersedia.

BAB 1 . Skin tampilan.SISTEM Pengaturan Lokal Pengaturan lokal digunakan untuk melakukan setting program pada komputer lokal dan tidak berpengaruh pada komputer Client yang lain atau server. serta setting default Kasir untuk modul Penjualan POS (Point Of Sale) Cara Akses Untuk mengakses form pengaturan lokal di BEE. Contoh penggunaan Pengaturan Lokal adalah setting default printer yang digunakan. 9 . pilih pada MenuBar Sistem --> Pengaturan Lokal Terdapat 3 tab pengaturan dalam Pengaturan Lokal. yaitu : • Tab Kasir Digunakan untuk menentukan default Kasir pengguna komputer. gambar background.

Jenis printer akan menyesuaikan dengan printer yang telah diinstall pada komputer tersebut. EDC Debit Card Digunakan untuk menentukan default penggunaan mesin EDC pada kasir Tersebut EDC Credit Card Digunakan untuk menentukan default penggunaan mesin EDC pada kasir Tersebut o • Tab Printer Digunakan untuk menentukan default penggunaan printer pada Komputer.BAB 1 . 10 .SISTEM o o Kasir Adalah default pengguna kasir pada Komputer tersebut sesuai dengan Master Kasir yang telah diisi.

hak akses yang diberikan kepada user dll. memberi efek BackGround pada gambar. dapat digunakan sebagai pengganti Skin program. Manajemen Pengguna Manajemen Pengguna digunakan untuk memanajemen pengguna sistem ini.SISTEM • Tab Appearance Digunakan untuk mengatur tampilan pada program. merubah password. pilih pada MenuBar Sistem --> Manajemen Pengguna Penggunaan 1. mulai dari user yang dapat login. group yang diperbolehkan pada user tersebut. Cara Akses Untuk mengakses form manajemen pengguna di BEE. 11 . Tab User Digunakan untuk menambahkan data user sehingga dapat login ke dalam sistem.BAB 1 .

Konfirmasi Password : Ulangi Password untuk konfirmasi perubahan Password. Berikut cara mereset password user: o o Pilih user yang akan diganti password pada list user.BAB 1 . Klik ganti password o o o o Password Lama : Masukkan Password yang digunakan untuk login. 12 .SISTEM Dari tab ini juga dapat digunakan untuk reset password untuk user lain. Password Baru : Masukkan Password baru untuk user pengguna. Klik "OK" untuk menyimpan.

SISTEM 2. 13 . Misal Group "Inventory". Tab Group Digunakan untuk mengelompokan user pengguna. user administrator dapat mengelompokkan user tersebut ke Group "Inventory" pada Tab "Role". Tab Role Digunakan untuk mengelompokkan user pengguna dengan group yang telah ada. maka ketika menambahkan user baru pada posisi Inventory.BAB 1 . 3.

Klik pada "Copy Privilege" untuk memasukkan data pada Group tersebut. lama hari untuk dapat melakukan transaksi tersebut. Tab Privilege Berfungsi untuk melakukan pengaturan hak akses pada setiap group. Pilih Group List yang sebagai kelompok untuk User pengguna tersebut. Save setiap kali melakukan "Copy Privilege". Save untuk menyimpan data. 3. Ketentuan : 14 . transaksi yang dapat diakses.BAB 1 . Pengaturan meliputi menu yang dapat diakses. 4. 2. Klik Add Role untuk memasukkan data Role. Pilih Group yang di setting dengan Klik pada "User Group". 4. Tentukan Menu yang diinginkan untuk hak pengaturan pada "Modul". Klik pada User Pengguna yang akan dikelompokkan.SISTEM Cara pengelompokan user : 1.

Cabang.BAB 1 . 15 . Gudang.SISTEM APR CHK DEL ENB NEW OPN PRN UNLOCK UPD VOI APPROVEaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaa Hak akses untuk Check data Hak akses untuk delete transaksi Enable / Aktif untuk menu tersebut Hak akses untuk memasukkan data baru Hak akses untuk melakukan open data transaksi Hak akses untuk melakukan proses print data transaksi Hak akses untuk proses melakukan edit transaksi setelah Kunci Transaksi Hak akses untuk proses update / edit data transaksi Hak akses untuk proses menghapus data transaksi Tab Combo Digunakan untuk memberikan hak akses Kas.

Klik Save untuk menyimpan data combo.BAB 1 . Perusahaan Perusahaan digunakan untuk menginput data master perusahaan yang menggunakan sistem ini. Cabang). Cabang). Klik tombol untuk menambahkan dan tombol untuk menghapus. Pilih Daftar ((Kas. Dari data perusahaan meliputi data Nama Perusahaan.P dll Cara Akses Untuk mengakses form pengaturan sistem di BEE. N.P. Klik Pada tab yang diinginkan (Kas. Nomor Telepon. Alamat. pilih pada MenuBar Sistem -> Perusahaan Penggunaan Terdapat 2 Tab master data perusahaan dalam form Tab Info 16 . Gudang.W. Gudang.SISTEM Pilih User yang akan di setting Combo.

BAB 1 . Phone Diisikan dengan nomor Telephone Perusahaan tersebut Fax Diisikan dengan nomor Fax Perusahaan tersebut 17 .SISTEM Nama Adalah nama Perusahaan yang menggunakan sistem ini Alamat Adalah alamat dari Perusahaan tersebut Kode Pos Diisikan dengan Kode Pos dari letak Perusahaan tersebut Kota Diisikan dengan kota Perusahaan sesuai dengan Master Kota yang telah dimasukkan. Propinsi Diisikan dengan propinsi Perusahaan sesuai dengan Master Propinsi yang telah dimasukkan.

Tanggal Mulai Adalah tanggal berdirinya perusahaan tersebut.W.P. Tahun Fiscal Adalah tahun terdaftarnya Perusahaan tersebut pada Dirjen pajak.SISTEM Tab Setting Mata Uang Digunakan sebagai default maya uang pada transaksi yang ada. Seri Pajak Adalah nomor awal yang digunanakan untuk penomeran faktur pajak Penjualan N. 18 . Prefix No.BAB 1 .P Diisikan dengan Nomor Pokok Wajib Pajak.

P Diisikan dengan Nomor Pengukuhan Pajak Perusahaan tersebut.BAB 1 .K.K. Tanggal P. Modul . secara otomatis akan membentuk Jurnal Umum dan memposting nilai nominalnya ke Buku Besar sesuai dengan akun yang sudah ditentukan.P Perusahaan tersebut. Setting Akun Form Setting Akun ini berfungsi untuk mengatur modul yang berhubungan dengan proses Akuntansi. pilih pada MenuBar Sistem --> Setting Akun Penggunaan Pengaturan Setting Akun pada program ini dibagi menjadi 4 (empat) Tab yaitu : 19 . Cara Akses Untuk melakukan setting akun di BEE. Dengan sistem ini transaksi .P Diisikan dengan tanggal dikukuhkannya P.SISTEM P.transaksi yang diproses.modul tersebut harus disetting terlebih dahulu ke akun yang sesuai (Nama akun dapat dilihat pada Daftar Akun) agar proses transaksi yang dilakukan terintegrasi dengan sistem Akuntansi pada program.K.

000.000. Contoh kasus : Penginputan saldo awal kas senilai Rp 100.000.BAB 1 . akun kebalikannya akan dialokasikan ke akun historical balance.000 Historical Balance 100.. nilai saldo awal suatu akun yang diinput melalui set saldo awal akun.000 20 .untuk periode 1 Januari 2010 maka terjadi pada jurnal adalah : Kas 100.SISTEM Tab Pengaturan General/Item Saldo Awal : Historical Balancing Saldo awal disetting ke akun Historical Balance dimaksudkan ketika pada awal pembukaan rekening.000.

Mutasi Stok). Laba Ditahan : Laba Ditahan Laba Ditahan disetting ke akun Laba Ditahan dimaksudkan ketika proses Tutup Buku Tahun pada saat pemindahbukuan dari Laba Tahun Berjalan ke Laba Ditahan. Unreconciled Bank : Unreconciled Bank Unreconciled Bank disetting ke akun Unreconciled Bank dimaksudkan ketika menu Autoreconcile tidak dicentang nominal yang terinput tidak langsung terposting ke akun Kas utama sebelum user melakukan proses Rekonsiliasi Bank namun akan untuk sementara akan dialokasikan ke akun Unreconciled Bank.(Contoh : transaksi Pembelian.modul yang berhubungan dengan Inventory secara otomatis akan mempengaruhi jumlah pada akun Persediaan Barang Dagang. Hist.SISTEM Pada program awal Setting Akun ini sudah terisi berdasarkan Default program. Laba Tahun Berjalan : Laba Tahun Berjalan Laba Tahun Berjalan disetting ke akun Laba Tahun Berjalan dimaksudkan ketika proses penghitungan Laba Rugi. Open CBG : Open CBG Open CBG disetting ke akun Open CBG dimaksudkan ketika proses pembayaran atau penerimaan kas via Cek atau Bilyet Giro (BG) sebelum dicairkan ke kas/bank tujuan maka untuk sementara akan dialokasikan ke akun Open CBG (akun penampung) dan apabila Cek/BG telah dicairkan maka secara otomatis akan terposting ke akun kas/bank tujuan. Balance : Historical Balancing Historical Balance disetting ke akun Historical Balancing dimaksudkan historical balancing. Penjualan.lain 21 . Ikhtisar Laba Rugi : Ikhtisar Laba Rugi Inventory : Persediaan Barang Dagang Inventory disetting ke akun Persediaan Barang Dagang dimaksudkan pada saat penggunaan modul . namun apabila default pengaturan setting akun ini idak sesuai dengan kebutuhan user maka user dapat melakukan perubahan setting.BAB 1 . secara otomatis akan terposting pula akun Laba ditahan pada sistem akuntansi pada program. Laba/Rugi yang terjadi akan terposting pada akun Laba Tahun Berjalan. HPP : Harga Pokok Penjualan Penjualan : Penjualan Retur Beli : Persediaan Barang Dagang Retur Jual : Retur Penjualan WIP Inventory : Persediaan Barang Setengah Jadi Jasa : Biaya lain .

SISTEM Tab Pembelian/Hutang : 22 .BAB 1 .

BAB 1 .SISTEM Tab Penjualan/Piutang 23 .

BAB 1 .SISTEM Tab Adjustment 24 .

Kode Awal Adalah kode awal sebelum penomeran. Misal : BL ==> BL00100001 25 .SISTEM Nomor Transaksi Nomor Transaksi digunakan untuk menentukan default penomeran transaksi secara otomatis. Cara Akses Untuk mengakses form nomer transaksi di BEE.BAB 1 .field yang digunakan yaitu : No Adalah nama table yang digunakan dalam penomeran. pilih pada MenuBar Sistem --> Nomer Transaksi Penggunaan Pada form ini terdapat field .

Nomor Saat Ini Adalah nomor yang digunakan pada transaksi yang berjalan saat ini. Kode Periode Adalah kode yang digunakan untuk memberikan kode periode transaksi itu dilakukan.SISTEM Kode Site Adalah kode yang digunakan dan akan keluar nomor transksi pada digit setelah Kode Awal. Nomor Akhir Menunjukkan batas akhir dari penomoran transaksi yang digunakan. Berikut kode yang sudah ada pada program : 26 . Catatan: Apabila nomor transaksi sudah mencapai batas akhir penomoran maka secara otomatis nomor transaksi akan kembali ke batas awal penomoran.BAB 1 . Panjang Digit Adalah panjang digit dari Penomeran tersebut. Nomor Awal Menunjukkan batas awal dari penomoran transaksi yang digunakan.

Penomeran Pada Barcode Penomeran Pada Bonus Penomeran Pada Master Bussines Partner Penomeran Pada Proses Aktifitas B.......P Penomeran Pada proses CRM Penomeran Pada Penyesuaian Kas Penomeran Pada Cek / Bank Giro Penomeran Pada Transaksi Konsinyasi Penomeran Pada Mutasi Stock Penomeran Pada Transaksi Pengiriman Penomeran Pada Transaksi Permintaan Pengiriman Penomeran Pada Transaksi Nota Potonh Penomeran Pada Master Item Penomeran Pada Akuntansi Jurnal Umum Penomeran Pada Transaksi Produksi Penomeran Pada Transaksi Pembayaran Penomeran Pada Transaksi Penomeran Pada Transaksi Permintaan Pembelian Penomeran Pada Transaksi Setor Kasir Penomeran Pada Transaksi Penerimaan Pembelian Penomeran Pada Transaksi Permintaan Pembelian Penomeran Pada Transaksi Return Pembelian Penomeran Pada Transaksi Pembelian Penomeran Pada Transaksi Penerimaan Pembayaran Penomeran Pada Transaksi Penyesuaian Stock Penomeran Pada Transaksi Penjualan Penomeran Pada Transaksi Permintaan Penjualan Penomeran Pada Transaksi Return Penjualan Penomeran Pada Transaksi Penyesuaian Kas Penomeran Pada Transaksi Mutasi Stock Penomeran Pada Transaksi Penjualan Pajak 27 ...............................................SISTEM No.BAB 1 ......... BARCODE BNS BP BPA BPLOG CASHA CBG CONS CSTR DELI DEO FCN ITEM JURNAL MFG PAY PER PO POSSES PRCV PREQ PRET PURC RCV SADJ SALE SO SRET STOCKA STTR TAXSALENO Keterangan...................

User pun dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. pilih pada MenuBar Sistem --> Riwayat Aktivitas Pengguna Created Date Adalah tanggal pembuatan transaksi Update Date Adalah tanggal perubahan transaksi 28 .SISTEM Riwayat Aktivitas Pengguna Merupakan log / history pemakaian user dalam periode yang telah ditentukan. Cara Akses Untuk mengakses form riwayat aktivitas pengguna di BEE.BAB 1 .

pilih pada MenuBar Sistem --> Desain laporan Secara default program telah terdapat Desain Laporan yang digunakan sebuah perusahaan. harus di kembalikan dengan 1 Digit. Cara Akses Untuk mengakses form desain laporan di BEE. Dalam Desain laporan menggunakan sistem "Kembali".BAB 1 . Tab Page Setup Berfungsi untuk mengatur setting halaman / kertas yang akan digunakan untuk print out. Penggunaan 1 Digit. Sehingga pada menu Desain Laporan ini user dapat mengubah / edit desainnya sesuai dengan kebutuhan. Order Penjualan dll. Misal print Out Struk Penjualan.SISTEM Desain Laporan Berfungsi untuk melakukan pengaturan pada kertas sebagai print out transaksi. Pengiriman. maka jenis kertas yang digunakan NCR. 29 . Misal untuk Print Invoice Penjualan.

Tab Parameter Berfungsi untuk menambah suatu fungsi dalam desain layout yang dibuat. 30 . dibutuhkan variable kolom yang digunakan untuk mengambil data yang tersimpan pada kolom tersebut.SISTEM Tab Variabel Berfungsi untuk memberikan inisial pada sebuah kolom dalam suatu transaksi yang digunakan untuk proses print. Contoh : Fungsi Sum.BAB 1 . Sehingga untuk print sebuah transaksi.

31 .BAB 1 .SISTEM Tab Desain Layout Digunakan untuk mendesain Layout dari suatu template printout transaksi.

Stock. Selain pada menu Manajemen Pengguna user dapat mengatur sekuritas data dari form Kunci Transaksi ini. Cara Akses Untuk mengakses form kunci transaksi di BEE. Penggunaan 32 . maka Kapasitas dari Gudang hanya sampai satu bulan ketikan. Setelah melewati batas satu bulan maka Gudang ini sudah tidak dapat digunakan kembali karena Gudang tersebut telah digunakan untuk pengisian bulan berikutnya. Penjualan. PO dll. Piutang. pilih pada MenuBar Sistem --> Kunci Transaksi Ilustrasi dari Form ini : Form ini merupakan sebuah Gudang yang berisi data . Pada suatu kasus user menentukan bahwa Perubahan data hanya boleh dilakukan selama satu bulan. Hutang.SISTEM Kunci Transaksi Sistem BeeAccounting memberikan fasilitas kepada user untuk melakukan Securitas data secara Fleksibel.BAB 1 .data Pembelian.

Dari contoh gambar diatas dapat dilihat beberapa Transaksi dengan Kolom batas tanggal Pengunciannuya terisi : Untuk transaksi dengan tanggal Kunci sudah terisi berarti Transaksi yang bersangkutan telah terkunci sejak tanggal tersebut. Setelah tanggal ini User dengan Hak Akses apapun tidak dapat mengubah. Untuk transaksi yang tanggal Kuncinya belum terisi maka user tetap dapat melakukan perubahan data pada transaksi tersebut. pilih pada MenuBar Sistem --> Backup Data 33 . dll.SISTEM Tipe Setiap Kode pada transaksi yang ada pada BEE. Keterangan Merupakan Keterangan dari Kolom Tipe Batas Tanggal Penguncian Diisi dengan batas tanggal dimana Transaksi akan dikunci. Backup akan tersimpan menjadi file binary yang ber-Extensi . RCV berarti Kode untuk Transaksi Penerimaan Pembayaran. Backup Data Merupakan fasilitas dari BEE untuk melakukan backup data secara manual. menambah ataupun mengurangi transaksi sebelum tanggal penguncian tersebut. Contoh : SALE berarti Kode untuk Transaksi Penjualan. Note: Kunci Transaksi ini HARUS dilakukan secara MANUAL karena Sistem tidak dapat mengotomatiskan Penguncian.bits Cara Akses Untuk mengakses form backup data di BEE.BAB 1 .

maka akan muncul pesan "Backup. OK !". Jika Backup berhasil. Klik tombol "Backup" dan biarkan proses berjalan.BAB 1 .SISTEM Proses Backup Data Klik Browse untuk menentukan letak file yang akan disimpan. 34 .

bits Cara Akses Untuk mengakses form restore data di BEE.SISTEM Restore Data Merupakan fasilitas dari BEE untuk melakukan restore data atau mengimport data secara manual.BAB 1 . pilih pada MenuBar Sistem --> Restore Data 35 . Data yang dapat import harus ber-Extensi .

Klik tombol "Restore" dan biarkan proses berjalan.SISTEM Proses Backup Data Klik Browse untuk menentukan letak file yang akan diimport ke dalam program. Jika Backup berhasil. OK !".BAB 1 . maka akan muncul pesan "Restore. 36 .

Query lain .lain adalah fasilitas yang diberikan program untuk melihat data yang tersimpan pada data base dengan menggunakan Query.tabel yang ada pada database tersebut.SISTEM Query Lain Pengertian dari Query adalah kemampuan untuk menampilkan suatu data dari suatu data base yang diambil dari tabel . pilih pada MenuBar Sistem --> Query Penggunaan 37 . Cara Akses Untuk mengakses form query di BEE.BAB 1 .

unit1.unit3. klik "Save Excel". Barcode. Contoh : User ingin melihat data dari : SELECT itemid.unit2.SISTEM Misal untuk melihat data Kode Item.conv3 FROM item Untuk menyimpan file tersebut dalam format Excel. Nama Item. Satuan2 dan Satuan3 . 38 . Satuan1. Maka akan keluar permintaan untuk memberikan nama pada file tersebut Masukkan Nama file yang akan disimpan.conv2. itemdesc.barcode.BAB 1 . lalu akan muncul pesan bahwa penyimpanan berhasil.

Password dapat diganti berkali .SISTEM File tersebut akan tersimpan pada : Linux Folder QUERY yang terdapat pada /home/user/<Folder Bee>/excel/QUERY/ Windows C:\Program Files\Bee\excel\QUERY Ganti Password Merupakan fasilitas untuk mengubah password user yang telah melakukan login pada program. Cara Akses Untuk mengakses form Ganti Password di BEE. pilih pada MenuBar Sistem --> Ganti Password 39 . dan dapat berupa campuran huruf dan angka.BAB 1 .kali tanpa ada batasan. Diharapkan mengganti Password secara periodik Per Minggu / Bulan untuk keamanan jika terdapat banyak user pengguna.

BAB 1 .SISTEM Cara Ganti Password Masukkan Password lama (Password ketika login program). Kemudian "OK" 40 . Ulangi untuk memasukkan Password pada "Konfirmasi Password". Masukkan Password baru pada "Password Baru".

MASTER DATA 2 MASTER DATA Bab 3 menjelaskan mengenai data – data master dan cara pengisian data – data ke dalam master berdasarkan urutannya.BAB 2 . 41 .

Anda tidak perlu membuat dua data Master. Tips : Jika anda membuat Kode Sendiri lebih baik Menggunakan Inisial / Singkatan dari nama Mitran Bisnis tersebut. Ganti isian AUTO dengan Kode Standar Perusahaan Anda.MASTER DATA Mitra Bisnis Master Mitra Bisnis merupakan Master Untuk Menyimpan data . pilih pada MenuBar Master --> Mitra Bisnis Penggunaan Kode Mitra Bisnis Diisi Kode Mitra Bisnis. Data Supplier. Gunakan Gabungan antara huruf dan Angka. Pada Master Mitra Bisnis Ini Terdapat 6 Tab : 42 .data Perusahaan / Perorangan yang berhubungan dengan Perusahaan kita Seperti Data Customer.BAB 2 . Cara Akses Untuk memasukkan data master Mitra Bisnis di BEE. Salah satu Kelebihan Mitra Bisnis ini adalah Jika anda mempunya Mitra Kerja yang terkadang Menjadi Customer tetapi terkadang Anda juga membeli bahan darinya. Data Partner / Referer dll. jadi Hanya membuat satu Data saja dengan Tipe Mitra Bisnis sebagai Customer dan Supplier. Ini berarti Kode Mitra Bisnis secara Otomatis akan di generatekan dari Sistem BeeAccounting. Secara Otomatis Sistem sudah mengisinya dengan isian "AUTO". Tetapi anda bisa menggantinya sendiri dengan Kode Standar Perusahaan anda.

Industri Pilih Jenis Industri dari Mitra Bisnis anda. Ketrangan Silahkan isi keterangan yang terkait dengan Mitra Bisnis tersebut. Susah Bayar Hutang. Jika ingin menambah / Mengubah / Menghapus Akses langsung Master Industrinya . Black List dll. Tab Profil ƒ Nama Diisi dengan Nama Mitra Bisnis. Sedang.MASTER DATA 1. Secara Default Sistem sudah menyediakan 10 jenis Industri. Status Anda Bisa memanfaatkan Field ini untuk mengelompokan Mitra Bisnis Berdasarkan Ketentuan yang anda buat sendiri.BAB 2 . Misalkan mengelompokan Customer Berdasarkan Proses Pembayaran Piutang : Mudah Bayar hutag. Misalkan dapat info perusahaan kita dari mana ƒ ƒ ƒ ƒ Tipe Partner Field Ini harus di Isi ! Tipe ini sangat menentukan Mitra Bisnis anda sebagai 43 .

Misalkan Mengelompokan Customer Berdasarkan Jumlah Pengambilan barangnya : Partai Besar. Nama.BAB 2 . Klik Tombol disebelah Kanan ComboBox. Jika ingin Menambah / Merubah / Menghapus Data Master Group langsung masuk pada Masternya. Sales Diisi Sales yang menghandle Customer tersebut. Cara Mengisi : ƒ ƒ ƒ Pilih ComboBox yang tepat ada di bawah Kotak Tipe Partner Misalkan Supplier. Cara Menghapus : ƒ ƒ ƒ ƒ Pilih Data pada Field Tipe Partner. Penagih Diisi Kolektor yang bertanggung jawab Untuk Customer Tersebut. Grosir. Retail dll.MASTER DATA Customer atau Supplier atau yang lain. ƒ ƒ ƒ 44 . Pada Field Tipe Partner akan bertambah 1 Row. Level Harga Diisi level Harga yang akan digunakan Oleh Customer tersebut. Pada saat Memilih Customer tersebut maka secara Otomatis Harga Yang akan digunakan adalah harga Berdasarkan level Harga tersebut. Group Partner Anda Bisa Memanfaatkan Field Ini Untuk mengelompokkan Mitra Bisnis berdasarkan Kriteria Yang anda tentukan sendiri. dan Tipe Partner yang wajib diisi. Pada Field Tipe Partner akan Hilang 1 Row. Catatan : Pada tab Profile yang wajib diisi adalah Kode. Field ini akan Bermanfaat ketika anda melakukan Penjualan. Klik Tombol disebelah Kanan ComboBox.

ƒ ƒ ƒ ƒ 45 . Pada Sistem BeeAccounting ini Support Multi Alamat sehingga anda tidak perlu pusing ketika Mitra Bisnis ada perubahan alamat atau Penambahan Alamat. Alamat Diisi Alamat Mitra Bisnis.masing. Tab Alamat Diisi dengan data Alamat Mitra Bisnis. Deskripsi Diisi informasi alamat tersebut.MASTER DATA 2. CheckBox Alamat Pengiriman Jika Alamat yang anda masukan Sebagai Alamat Pemgiriman centang CheckBox ini. CheckBox Alamat Penagihan Jika Alamat yang anda masukan Sebagai Alamat Penagihan centang CheckBox ini. Cara Menambah Alamat : ƒ ƒ Klik New Kode Alamat (Disarankan Tidak Diganti) Setiap Alamat yang dimasukkan Harus mempunyai Kode masing . misalkan Kantor / Pabrik / Gudang dll.BAB 2 .

Jadi Alamat Customer Tersebuat Masuk Sebagai Area Mana. Tips : Agar lebih mudah membaca data Nomor Fax Lebih baik jika Setiap 3 atau 4 digit Diberi Sparator. Tips : Pengisian Area berdasarkan Denah Operasi Pemasaran. Fax Diisi Nomor Fax Mitra Bisnis. Setelah terisi Check Pada Tabel yang telah ada. Telepon Diisi Nomor Telepon Mitra Bisnis.MASTER DATA ƒ Area Diisi Area Customer. Kode Pos Diisi Kode Pos untuk Alamat Yg Bersangkutan. Pilih Data Alamat Yang akan di Hapus Klik tombol Delete 46 .BAB 2 . Malang Selatan dll. ƒ ƒ ƒ ƒ ƒ Cara Menghapus Alamat: • • Pada Tabel. Tips : Agar lebih mudah membaca data Nomor Telepon Lebih baik jika Setiap 3 atau 4 digit Diberi Sparator. Timur. misalkan Surabaya Barat. Kota Diisi Kota Alamat Mitra Bisnis.

Pilih ComboBox Samping Kiri Field Nama di gunakan Untuk Sapaan. 47 . Hal ini sangatlah bermanfaat ketika kita akan Menemui salah satu staff dari perusahaan Mitra Bisnis yang Besar dimana diperusahaan tersebut ada Staff yang namanya sama dengan orang yang ingin kita temui jadi kita tidak akan salah sambung. Alamat Diisi Alamat Kontak yang bersangkutan.masing. HandPhone Diisi nomor HP Kontak yang bersangkutan.BAB 2 . Tab Kontak Klik New Kode Kontak (Disarankan Tidak Diganti) Setiap Kontak yang dimasukkan Harus mempunyai Kode masing . sehingga kita tidak sampai salah panggil orang.MASTER DATA 1. Seharusnya ibu di panggil bapak. Jabatan (Title) Diisi jabatan dari Kontak yang bersangkutan. Nama Diisi nama Kontak.

Informasi ini sangat Bermanfaat ketika kita akan melakukan Pembayaran Hutang atau Apapun yang membutuhkan Informasi Rekening Bank Mitra Bisnis. Dan Ketika kita harus Membuatkan Faktur Pajak untuk Customer.MASTER DATA Telepon Diisi nomor Telepon Kontak yang bersangkutan. 48 . Cara Menghapus Data Kontak sama seperti menghapus data Alamat. Bank Diisi Nama Bank yang digunakan Mitra Bisnis.BAB 2 . Kode Pos Diisi Kode Pos Kontak yang bersangkutan. Email Diisi Alamat Email Kontak yang bersangkutan. Kota Diisi Kota Alamat Kontak yang bersangkutan. Tab Bank / Pajak Diisi Data Bank dan Pajak Mitra Bisnis.

Pilih Currency yang anda inginkan pada ComboBox.P.P Diisi Nomor Pengusaha Kena Pajak. Rekening Bank Diisi Nomor Rekening daring Bank Tersebut. Tab Hutang / Piutang Currency Digunakan Untuk Menentukan Currency yang dipakai oleh Mitra Bisnis. Jika Currency yang anda pilih digunakan sebagai Default currency Untuk Mitra Bisnis tersebut maka anda Harus Mencentang Default yang adan di samping ComboBox Currency.P Diisi Nomor Pokok Wajib Pajak Mitra Bisnis. P.W. Tanggal PKP Diisi tanggal Pengukuhan PKP. Blok Pembelian 49 . N.K.MASTER DATA No. Atas Nama Diisi Atas Nama Pemilik Rekening tersebut.BAB 2 .

Setelah itu anda tinggal mengarahkannya pada Akun Khusus tersebut Klik Picker Account Pilih Akun Yang Ingin diarahkan ke Hutang Mitra Bisnis tersebut 50 . Cara Seting Sama Dengan Seting Batas Hutang Acount Untuk Hutang. jadi anda membuatkan Akun Hutang Khusus untuk Supplier tersebut. secara Umum Akun diarahkan pada Akun Hutang Usaha. Cara Seting : Klik Tombol Jika Text Fieldnya Berisi angaka "-1(minus satu)" dan Berwarna Hijau maka Hutang Unlimited.BAB 2 . Seperti pada gambar diatas menunjukan bahwa maksimal Hutang ditentukan 15. Misalkan : Anda mempunyai Supplier Utama. Jadi setiap pembelian harus Cash Jika Text Fieldnya Berisi angaka "1(Satu)" dan TextFilednya Bisa maka itu berarti user harus Mengisinya Dengan Limit diisi yang Ditentukan Sendiri. Jadi sampai berapapun hutangnya di perbolehkan oleh Sistem Jika Text Fieldnya Berisi angaka "0(Nol)" dan Berwarna Merah maka sistem tidak akan mengijikan Generate Hutang.000 Batas Frekuensi Digunakan untuk Seting Limit Jumlah Hutang berdasarkan Banyak Nota Credit / Nota yang masih Menggantung. Tempo Diisi Default Lama Jatuh Tempo Nota Pembelian. Pada Sistem BeeAccounting ini anda juga Bisa Mengarahkan Akun ini ke Akun lain Tetapi Akun tersebut Harus Setara dengan Akun Hutang Usaha.MASTER DATA Termin Digunakan Untuk Setting Default Termin pada saat Pembelian ke Mitra Bisnis tersebut. Blok Hutang Batas Hutang Digunakan untuk Seting Limit Jumlah Hutang Berdasarkan Jumlah Rupiahnya.000. Karena sebagian Besar Hutang Usaha Anda mengarah pada supplier tersebut Kemudian anda ingin memecah Akun Hutang Khusus Supplier tersebut. diamana 95% Barang yang anda jual itu di supplai olehnya.

MASTER DATA Balance Secara Otomatis akan Terisi Saldo Hutang Mitra Bisnis yang bersangkutan Ketika ada Pembelian yang bertipe Kredit.BAB 2 .Perbedaan hanya pada : Hutang diganti Piutang Catatan : Pada Tab Hutang / Piutang ini yang Wajib diisi adalah Currency dan Akun Tab Photo Diisi photo / Logo Mitra Bisnis 51 . Dan secara Otomatis akan Berkurang juga ketika ada Pembayaran Hutang kepada Mitra Bisnis tersebut Blok Penjualan Pada dasarnya Penjelasan sama dengan Blok Pembelian. Perbedaan hanya pada : Pembelian diganti Penjualan Blok Piutang Pada dasarnya Penjelasan dan cara Seting sama dengan Batas Hutang.

Pembayaran Hutang untuk Vendor.MASTER DATA Catatan : Pada data Mitra Bisnis ini sebagian Besar adalah Optional hanya Pada Tab Profile dan Hutang / Piutang ada beberapa Field Yang wajib Diisi. Short Cut ke SO. sehingga mempermudah untuk melakukan edit Master Bisnis. Cari Mitra Bisnis Cari Mitra Bisnis digunakan untuk mencari data Mitra Bisnis yang telah tersimpan. Tetapi Jika anda mengisinya dengan Lengkap akan sangat bermanfaat untuk informasi tentang Mitra Bisnis anda. Untuk Lebih jelas Field yang wajib diisi silahkan lihat catatam di tab masing .BAB 2 . Pembelian.masing. pilih pada MenuBar Master --> Cari Mitra Bisnis 52 . Terima Pembayaran Piutang untuk Customer dan PO. Penjualan. Cara Akses Untuk mencari data Mitra Bisnis di BEE.

Pembayaran Hutang. maka tombol yang aktif adalah Order Pembelian (PO). jika Mitra Bisnis berupa Customer. silahkan klik pada tombol master. Klik Cari Untuk melakukan edit master Mitra Bisnis.MASTER DATA Penggunaan Masukkan kata kunci untuk mencari data Mitra Bisnis Bisa dimasukkan data berdasarkan Nama Mitra Bisnis. Contact Person. maka tombol yang aktif adalah Order Penjualan (SO).BAB 2 . Detail Adalah data detail mengenai dengan Mitra Bisnis setelah di klik. 53 . Penjualan. Pembelian. Transaksi Tombol transaksi akan menjadi aktif sesuai dengan tipe dari Mitra Bisnis. Kota. Piutang. Untuk Mitra Bisnis dengan tipe Vendor. Alamat.

Master ini juga dapat ditambahkan oleh user sesuai dengan kebutuhan Penggunaan Klik New 54 . misal : Customer. LOG. Riwayat Adalah riwayat penggunaan dalam BP.MASTER DATA Alamat Adalah data alamat pada dari Mitra Bisnis Tersebut. Partner dll.BAB 2 . Dari master ini akan digunakan untuk pengelompokan master Mitra Bisnis. Cara Akses Untuk mengakses tipe mitra bisnis di BEE. Vendor. Partner. Sehingga history aktifitas ke User tersebut akan dapat terlihat. Tipe Mitra Bisnis Adalah master yang digunakan untuk mengelompokkan data Mitra Bisnis yang berupa Customer. Vendor. Kontak Adalah kontak Person dari Mitra Bisnis. pilih pada MenuBar Master --> Jenis Mitra Bisnis --> Tipe Mitra Bisnis Secara default telah diisikan sesuai dengan kebutuhan user.

Kemudian tekan ENTER # Untuk kode dengan huruf.MASTER DATA Masukkan Kode Tipe Mitra Bisnis Kode diisikan dengan kode tertentu. Misal untuk Customer yang sulit untuk membayar Piutang. pilih pada MenuBar Master --> Jenis Mitra Bisnis --> Status Mitra Bisnis Penggunaan Klik New Masukkan Kode Status Mitra Bisnis 55 . dapat berupa singkatan dari Keterangan Tipe Mitra Bisnis. Berupa Angka. usahakan dengan huruf KAPITAL Masukkan Keterangan dari Tipe Mitra Kerja. Tekan ENTER Klik Save Status Mitra Bisnis Adalah master yang dapat digunakan untuk filter pada master Mitra Bisnis berdasarkan kriteria kebutuhan perusahaan. maka pada status tambahkan"Sulit Bayar" atau sebagainya. Cara Akses Untuk mengakses status mitra bisnis di BEE.BAB 2 . Sehingg perusahaan dapat mengelompokkan pada Master Mitra Bisnis sesuai dengan kriteria. maupun gabungan antara Huruf dan Angka.

Tekan ENTER Klik Save Grup Mitra Bisnis Grup Mitra Bisnis adalah Master yang bisa digunakan untuk filter Master Mitra Bisnis berdasarkan kriteria kebutuhan perusahaan anda. Partai Kecil dll. Cara Akses Untuk mengakses grup mitra bisnis di BEE. usahakan dengan huruf KAPITAL Masukkan Keterangan dari Status Mitra Kerja. maupun gabungan antara Huruf dan Angka. Kemudian tekan ENTER # Untuk kode dengan huruf. Berupa Angka.MASTER DATA Kode diisikan dengan kode tertentu. pilih pada MenuBar Master --> Jenis Mitra Bisnis --> Group Mitra Bisnis Penggunaan Klik New Masukkan Kode Group Mitra Bisnis 56 . dapat berupa singkatan dari Keterangan Status Mitra Bisnis.BAB 2 . Misalnya untuk pengelompokan dari level penjualan : Retail. Grosis.

MASTER DATA Kode diisikan dengan kode tertentu. dapat berupa singkatan dari Keterangan Group Mitra Bisnis. usahakan dengan huruf KAPITAL Masukkan Keterangan dari Group Mitra Kerja. Kemudian tekan ENTER # Untuk kode dengan huruf. Berupa Angka. memiliki berbagai macam customer yang bergerak pada bidang Distributor. Elektronika dll. Cara Akses Untuk mengakses industri mitra bisnis di BEE.BAB 2 . maupun gabungan antara Huruf dan Angka. IT. Misalnya Perusahaan Jasa Pengiriman. pilih pada MenuBar Master --> Jenis Mitra Bisnis --> Industri 57 . Biasanya fasilitas ini digunakan pada perusahaan yang bergerak pada bidang jasa yang memiliki berbagai macam Customer dengan laatr belakang Industri yang berbeda pula. Tekan ENTER Klik Save Industri Mitra Bisnis Industri adalah Master yang digunakan untuk pengelompokan Mitra Bisnis berdasarkan Tipe Industri.

BAB 2 . Kemudian tekan ENTER # Untuk kode dengan huruf. Cara Akses Untuk menambahkan data area di BEE. maupun gabungan antara Huruf dan Angka. pilih pada MenuBar Master --> Jenis Alamat Kontak --> Area 58 . Berupa Angka.MASTER DATA Penggunaan Klik New Masukkan Kode Industri Kode diisikan dengan kode tertentu. Tekan ENTER Klik save Jenis Alamat Kontak . Dari Master Mitra Bisnis yang memiliki Filter Area maka dapat diketahui laporan penjualan per area Customer. usahakan dengan huruf KAPITAL Masukkan Keterangan dari Industri. dapat berupa singkatan dari Keterangan Industri.Area Master Area digunakan untuk mengelompokan master Mitra Bisnis.

Tekan ENTER Klik save Jenis Alamat Kontak . maupun gabungan antara Huruf dan Angka. usahakan dengan huruf KAPITAL Masukkan Keterangan dari Area.BAB 2 . Pegawai dll yang ada hubungannnya dengan Kota. dapat berupa singkatan dari Keterangan Area. pilih pada MenuBar Master --> Jenis Alamat Kontak --> Kota 59 .Kota Master kota digunakan sebagai pengelompokan master BP.MASTER DATA Penggunaan Klik New Masukkan Kode Area Kode diisikan dengan kode tertentu. Berupa Angka. Kemudian tekan ENTER # Untuk kode dengan huruf. Cara Akses Untuk menambahkan data kota di BEE.

dapat berupa singkatan dari Keterangan Kota. usahakan dengan huruf KAPITAL Masukkan Keterangan dari Kota.MASTER DATA Penggunaan Klik New Masukkan Kode Kota Kode diisikan dengan kode tertentu. Tekan ENTER Klik save 60 .BAB 2 . maupun gabungan antara Huruf dan Angka. Kemudian tekan ENTER # Untuk kode dengan huruf. Berupa Angka.

usahakan dengan huruf KAPITAL • • Masukkan Keterangan dari Area. Tekan ENTER Klik save 61 .Propinsi Master Propinsi digunakan sebagai pengelompokan master Mitra Bisnis. Berupa Angka.BAB 2 . maupun gabungan antara Huruf dan Angka. pilih pada MenuBar Master --> Jenis Alamat Kontak --> Propinsi Penggunaan • • Klik New Masukkan Kode Propinsi Kode diisikan dengan kode tertentu. Kemudian tekan ENTER # Untuk kode dengan huruf. Cara Akses Untuk menambahkan data propinsi di BEE.MASTER DATA Jenis Alamat Kontak . dapat berupa singkatan dari Keterangan Area.

BAB 2 . Berupa Angka. maupun gabungan antara Huruf dan Angka. # Untuk kode dengan huruf. pilih pada MenuBar Master --> Jenis Alamat Kontak --> Jalan Penggunaan • • Klik New Masukkan Kode Propinsi Kode diisikan dengan kode tertentu. dapat berupa singkatan dari Keterangan Area.Jalan Master Jalan adalah dokumen untuk menyimpan data nama jalan pada kota atau propinsi tertentu. Cara Akses Untuk menambahkan data propinsi di BEE. 62 . usahakan dengan huruf KAPITAL.MASTER DATA Jenis Alamat Kontak .

Klik save Jenis Alamat Kontak .Sapaan Sepintas kalau kita perhatikan Master ini tidak begitu penting.BAB 2 .MASTER DATA • • • • Masukkan nama Jalan tersebut. pilih pada MenuBar Master --> Jenis Alamat Kontak --> Sapaan Penggunaan • • Klik New Masukkan Kode Status Mitra Bisnis 63 . Tetapi data ini bisa sangat penting ketika Mitra Bisnis kita perusahaan yang besar dimana perusahaan tersebut mempunyai banyak karyawan. oleh karena ini sapaan ini menjadi penting Cara Akses Untuk menambahkan data propinsi di BEE. Bayangkan kalau kita telp tetapi salah orang. Pilih pula Kota dari Jalan tersebut. Pilih Area dari jalan tersebut. kemungkinan ada karyawan yang mempunyai nama sama tetapi Jenis kelamin yang berbeda misalkan bagian Akuntan bernama Ibu TINUS sedangkan bagian Logistic bernama Pak TINUS.

maupun gabungan antara Huruf dan Angka. Cara Akses Untuk mencetak daftar mitra bisnis di BEE.MASTER DATA Kode diisikan dengan kode tertentu. usahakan dengan huruf KAPITAL • • Masukkan Keterangan dari Status Mitra Kerja. Tekan ENTER Klik Save Laporan Daftar Mitra Bisnis Adalah laporan untuk menampilkan data Mitra Bisnis sesuai dengan filter yang diinginkan. pilih pada MenuBar Master --> Laporan Mitra Bisnis --> Daftar Mitra Bisnis 64 .BAB 2 . dapat berupa singkatan dari Keterangan Status Mitra Bisnis. Kemudian tekan ENTER # Untuk kode dengan huruf. Berupa Angka.

Cara Akses Untuk mencetak label mitra bisnis di BEE. pilih pada MenuBar Master --> Laporan Mitra Bisnis --> Label Mitra Bisnis 65 .BAB 2 .MASTER DATA Laporan Label Bisnis Partner Digunakan untuk mencetak label yang biasa digunakan untuk alamat pengiriman document. barang dll.

BAB 2 .MASTER DATA 66 .

MASTER DATA Item Master item adalah dokumen yang menyimpan data item . Silahkan Ganti isian "AUTO" jika ingin membuatk Kode Item Sendiri Tips : Jika Anda Membuat Kode Item Sendiri lebih baik menggunakan Singkatan / Inisial dari Nama Barang tersebut. Jika Jumlah Item yang anda miliki sangat banyak hingga ribuan atau lebih Kami sarankan Menggunakan AUTO karena Anda tidak Perlu Pusing .BAB 2 . pilih pada MenuBar Master --> Item Pada Master item ada 7 Tab yang harus diisi : 2. Cara Akses Untuk memasukkan item barang di BEE. Tab Spesifikasi o Kode Barang Secara default sistem akan mengisinya dengan isian "AUTO" ini berarti Kode Item yang nantinya akan anda gunakan secara Otomatis akan di Generate Oleh Sistem. karena akan Mempermudah anda dikemudian hari.pusing untuk mengingat Kode Terakhir yang anda buat dan jika item banyak kode akan lebih Rentan Double Sehinggan Sistem tidak akan bisa Menerimanya 67 .item barang pada perusahaan.

Secara Default Sistem akan mengisinya dengan Barang Jadi. Jika ingin menambahkan / Mengubah / Menghapus Jenis Itemnya silahkan masuk ke Master Tipe Item Merk Diisi dengan Merk Item. Untuk Menambah / Mengubah / Menghapus Merk masuk ke Master Merk Model Diisi dengan Model Item. o o o o o o o o o o o 68 . Jika tidak membutuhkan Nomor Part tidak usah di isi Kwalitas Diisi dengan Kwalitas item anda. karena akan memudahkan anda dalam pencarian item tersebut. PID Unique Centang CheckBox ini jika Serial Number yang anda gunakan Tidak Boleh Double (Unique).MASTER DATA o Ganti Kode Digunakan Mengganti Kode Item Jika Data item sudah di Simpan. Karena kolom ini Optional. jadi silahkan di gunakan jika Kode Item dengan Kode Barcode ingin anda Bedakan mungkin karena kode barcode mengikuti dari pabrik. Tips : Dalam membuat nama barang mohon Diperhatikan Urutan Penulisannya. Untuk Menambah / Mengubah / Menghapus Model masuk ke Master Model Part No Diisi dengan Nomor Part Item. Voucher dll. Jika Item yang anda Ganti sudah Digunakan untuk Transksi maka Anda Tidak akan bisa Menggantinya. Urutan Penulisan : <Nama Barang / Jenis Barang> <Merk> <Model> <Warna> <Ukuran> contoh : Shp LifeBoy Merah 25ml (Shampo LifeBoy Merah 25ml). Barcode Diisi dengan kode Barcode item tersebut. B. C dll. Sbn LifeBoy Cair Putih 500ml (Sabun LifeBoy Cair Putih 500ml) Grup Diisi dengan Jenis Item / Barang berdasarkan Master Grup Item yang telah di buat sebelumnya Jenis Diisi Jenis Item / Barang : Jasa. Barang Jadi. Misalkan HP. Product ID Centang CheckBox ini jika Item yang digunakan menggunakan Serial Number. Nama Barang Diisi dengan Diskripsi atau Nama Item. Jika tidak membutuhkan tidak usah diisi Keterangan Diisi dengan keterangan yang terkait dengan Item tersebut. Misalkan Kwalitas A. Silahkan ganti sendiri Jenis item yang anda inginkan.BAB 2 . Paket dll.

Silahkan Hilangkan Centangan yang Tidak Anda Butuhkan o o o o o 3. ada Exp. Produksi. Tips : Jika anda ingin membuat Jenis lain Pilih Item lain -lain pada Combo Jenis. Jika tidak Dicentang pada Stock Tidak akan Tampil misalkan Item Jasa Beli Menunjukkan bahwa Item tersebut Dibeli. Stock. Jika tidak Dicentang berarti pada saat Penjualan item tersebut tidak akan bisa dipilih Aktif. Beli.Date. Produksi Menunjukkan bahwa Item tersebut adalah item yang Dihasilkan dari Produksi internal Stock Menunjukkan bahwa Item tersebut Distock. Tab Satuan 69 . penjualan dll.BAB 2 . Jual Akan secara Otomatis TerSet pada saat memilih Jenis Item. Jika tidak Dicentang berarti pada saat Pembelian item tersebut tidak akan bisa dipilih Jual Menunjukkan bahwa Item tersebut Dijual.MASTER DATA o Aktif Menunjukkan bahwa Item tersebut masih aktif dan bisa di gunakan untuk transaksi pembelian.

Maksudnya adalah Satuan Tiga Berapa Kalinya Satuan Satu dan Nilainya Harus Lebih Besar dari Satuan Dua. Misalkan : Satuan Tiga adalah Crt dimana isinya adalah 10 Box hal itu berarti Satu Crt Berisi 100 PCS. Jika anda Seting Satuan PCS pada Field ini maka ketika melakukan transaksi Penjualan untuk item tersebut secara otomatis satuannya akan terset PCS o o o 70 .MASTER DATA o Satuan-1 Diisi Satuan Satu / Satuan Terkecil. silahkan Hapus dan Rubah jika menginginkan Satuan Lain.BAB 2 . Secara Default Sistem sudah mengisinya dengan isian "PCS". Tidak Boleh Sama atau lebih kecil dari Satuan Dua ƒ Isi Diisi dengan Konversi isi dari Satuan Satu. Maksudnya adalah Satuan Dua Berapa Kalinya Satuan Satu. Filed Ini Harus Diisi o Satuan-2 Diisi satuan Dua Harus merupakan satuan yang Lebih Besar dari satuan 1. Misalkan : Satuan Dua adalah Box dimana isinya adalah 10 PCS Berarti Isi diisi 10 Satuan-3 Diisi satuan Tiga Harus merupakan satuan yang Lebih Besar dari satuan 2. Tidak Boleh Sama atau lebih kecil dari Satuan Satu ƒ Isi Diisi dengan Konversi isi dari Satuan Satu. Jika anda Seting Satuan BOX pada Field ini maka ketika melakukan transaksi Pembelian untuk item tersebut secara otomatis satuannya akan terset BOX Satuan Penjualan Digunakan Untuk Seting Default Satuan Penjualan. Isi diisi 100 Satuan Pembelian Digunakan Untuk Seting Default Satuan Pembelian.

BAB 2 . Tab Pembelian o Pajak Pembelian Diisi dengan Pajak Pertambahan Nilai Pajak Penjualan Diisi dengan Pajak Pertambahan Nilai Supplier Utama Diisi dengan Supplier Utama untuk Item tersebut. o o o o 71 . Dengan data ini kita bisa Analisa kapan Kita Harus Order Sehingga Stock kita tidak sampai Kosong. Lama Pemesanan Diisi waktu yang dibutuhkan Supplier untuk mengirim Item yang telah kita beli. Karena kebanyakan Supplier untuk satu Item tidak hanya satu tempat maka silahkan isi Field ini dengan Supplier yang anda paling sering membili ditempatnya atau Tidak Usah Diisi Kode barang Supplier Jika Kode item anda dengan kode item Supplier tidak sama dan anda perlu Record untuk Kode Item Supplier silahkan masukan pada Field ini.MASTER DATA 4.

ƒ o Tombol Buat Kartu Stock Setelah Memilih Opsi pada RadioButton anda Harus Klik Tombol Buat Kartu Stock. Tab Stock Pada Tab ini Kita akan membuat Kartu Stock untuk Item . anda Harus memilih ComboBox Gudang. kemudian lihat tabel dibawahnya jika sudah terisi maka Kartu Stock yang anda buat sudah berhasil Tombol Hapus Kartu Stock Digunakan untuk menghapus Kartu Stock yang terlanjur dibuat.BAB 2 . jadi untuk Item-item yang tidak di Stock seperti Jasa.item yang di Stock. Setelah Klik Opsi Gudang. Jadi Item tersebut akan di buatkan Kartu Stock digudang mana. Langkah -lagkah membuat Kartu Stock : o Buat Kartu Stock Pada Blok ini ada 2 RadioButton ƒ Semua Gudang Pilihan ini berarti anda membuatkan Kartu Stock disemua Gudang untuk item tersebut Gudang Pilihan ini berarti anda membuat Kartu Stock Untuk Gudang tertentu. Pilih Kartu Stock pada tabel. Kartu Stock ini Bisa dibuatkan Tiap Gudang karena satu item terkadang tidak hanya disimpan pada satu gudang sehingga membutuhkan Kartu Stock di gudang lain. Paket tidak perlu dibuatkan Kartu Stock. data yang mana yang ingin di hapus kemudian Klik Hapus o Kartu Stock 72 .MASTER DATA 5.

Perbedaannya adalah pada Table untuk Seting ReOrder Stock Pergudang sedangkan pada Stock Control adalah Seting ALL gudang. ƒ Lokasi Diisi Dengan Lokasi barang tersebut.BAB 2 . Perbedaannya adalah pada Table untuk Seting Max Stock Pergudang sedangkan pada Stock Control adalah Seting ALL gudang.Cara Seting : Arahkan Kursor pada kolom yang akan diset Maximum Stocknya >> Tekan Tombol "+" pada Keyboeard >> maka akan keluar Dialog Edit Qty. Isikan Maximum Stock >> OK ReOrder Diisi dengan Standar Qty Order yang anda inginkan. Cara Seting : Arahkan Kursor pada kolom yang akan diset Minimal Stocknya >> Tekan Tombol "+" pada Keyboeard >> maka akan keluar Dialog Edit Qty. Perbedaannya adalah pada Table untuk Seting Min Stock Pergudang sedangkan pada Stock Control adalah Seting ALL gudang. ƒ Max Sama dengan Kolom Max pada Table. ReOrder Sama dengan Kolom ReOrder pada Table. Contoh Manfaat Stock Control : Misalkan ada Promo dari Pihak Supplier Sehingga Semua Barang yang ada Digudang Didisplay di toko. secara Otomatis karena Stock Digudang habis berarti Masuk Batas Min ƒ 73 . Anda bisa isi Lokasi Raknya Stock Secara Otomatis akan terisi Nilai Stock di gudang yang bersangkutan PID Secara Otomatis akan terisi PID item tersebut HPP Secara Otomatis akan terisi HPP dari item tersebut pada gudang yang bersangkutan Min Diisi dengan standar Minimal Stock yang anda inginkan. Filed ini Akan bermanfaat ketika Stock Habis dan Posisi Boss ada doluar Kota sehingga Pegawai bisa Order Item tersebutdengan Standar yang telah anda tentukan ƒ ƒ ƒ ƒ ƒ ƒ o Stock Control ƒ Min Sama dengan Kolom Min pada Table. Isikan Minimal Stock >> OK Max Diisi dengan Standar Maximum Stock yang anda inginkan.MASTER DATA o Tabel ƒ Gudang Menunjukan Kartu Stock yang dibuat pada Gudang mana.

Untuk mengatasi hal itu maka kita harus Set Stock Contol.Harga Menunjukan Level Harga Yang ingin di Set. Tab Penjualan Pada Tab ini kita akan Seting harga Jual pada setiap level Harga o Currency Pilih Currency yang ingin di set harga jualnya IDR atau USD ataukah yang lain o Tombol Level Harga Jika pada tabel masih kosong belum ada isinya maka Klik Tombol Level Harga Untuk Generate Level Harganya Tabel ƒ L. 6.BAB 2 .MASTER DATA Stock. Ini akan bermanfaat ketika anda melakukan penjualan. pada saat anda memilih Customer dan memilih item tersebut maka secara Otomatis harga akan terisi berdasarkan Level Harga Customer tesebut ƒ o Currency Menunjukan Currency Harga yang anda Set adalah untuk Currency apa Harga1 Diisi dengan harga perSatuan Satu ƒ 74 . Ketika kita melihat Stock untuk item tersebut pada gudang maka warna Stock Merah padahal barang sangat Banyak.

Field ini berfungsi untuk pengingat bahwa harga Jual ini diSet tanggal berapa ƒ ƒ ƒ ƒ ƒ 7.MASTER DATA ƒ Disc1 Diisi dengan Disc untuk Satuan Satu Harga2 Diisi dengan harga perSatuan Dua Disc2 Diisi dengan Disc untuk Satuan Dua Harga3 Diisi dengan harga perSatuan Tiga Disc3 Diisi dengan Disc untuk Satuan Tiga Harga Tgl Diisi tanggal harga diSet. Photo Tab ini digunakan untuk memasukan Photo o Klik Tombol Browse Cari lokasi file Photo o Show Picture Centang CheckBox ini untuk menampilkan Gambar 75 .BAB 2 .

Pada Tab ini user harus melakukan proses Seting untuk menentukan Posting 5 akun penting yaitu : o Inventory Ketika ada proses pembelian atau Penjualan secara Otomatis Sistem akan Memposting Akuntansi dimana salah satu Akun yang digunakan adalah Inventory. ƒ Untuk jenis Item barang Jadi Inventory di arahkan ke Akun Persediaan Barang Dagang. 76 . Sehingga ketika item tersebut dipilih dalam transaksi pembelian atau penjualan secara Otomatis akun Persediaan Barang Dagang.BAB 2 . ƒ Untuk jenis Item barang setengah jadi Inventory di arahkan ke Akun Persediaan Barang Setengah Jadi. Sehingga ketika transaksi pembelian atau penjualan yang menggunakan item tersebut secara Otomatis akan memposting ke akun yang telah diset sesuai settingan. Salah satu master yang sangat penting untuk Integrasi antar data tersebut adalah Master Item pada Tab Akuntansi. Sehingga ƒ Untuk Item yang tidak mempengaruhi Inventory seperti Biaya Maintenance. Akuntansi BeeAccounting adalah Software yang terintegerasi. servis dll user dapat mengarahkan Tab Inventory ini ke akun Biaya sesuai dengan yang diperlukan. Sistem BeeAccounting ini akan bekerja berdasarkan settingan.akan Bertambah dan Berkurang senilai transaksi tersebut.MASTER DATA o Menentukan Display Untuk menentukan Display gambar gunakan ComboBox yang ada di bawah Show Picture 8.

BAB 2 . ƒ Karena akan Mempermudah anda pengecekan laporan. jadi tidak Perlu di Seting. ƒ Untuk Item Barang Jadi Anda Bisa arahkan Ke Akun Harga Pokok Penjualan ƒ Untuk Jasa Setingan Ini tidak akan Berpengaruh. Anda bisa Cek Omset Penjualan Jasa ada Berapa besar sedangkan Omset Penjualan Barang Jadi Berapa Besar. Karena Ketika transaksi yang anda lakukan adalah Retur maka secara Otomatis Akun tersebut akan Mengurangi Pendapatan Anda Meskipun sesungguhnya Akun tersebut Termasuk Akun Pendapatan. ƒ Untuk Item Barang Jasa anda bisa Arahkan Ke Akun Penjualan Jasa. diamana salah satu Akun yang digunakan adalah Akun yang Sifatnya Mengurangi Pendapatan. ƒ Untuk Item Barang Jadi anda bisa Arahkan ke Akun Penjualan. Kenapa Dua Akun tersebut Perludibedakan ?. Kalau Retur Pembelian berarti Posting Berhubungan dengan barang Fisik Untuk Barang Jasa sangat kecil kemungkinana Retur.MASTER DATA o HPP Ketika ada Proses Penjualan Item yang sifatnya mengurangi Inventory secara Otomatis Sistem akan Memposting Akuntansi dimana salah satu Akun yang digunakan adalah Akun HPP dan ini termasuk Akun Biaya. Retur Beli Ketika ada Proses Pengembalian Barang ke Vendor Maka Sistem secara Otomatis Sistem akan Memposting Akuntansi. Sehingga Setingan ini Arahkan Pada Akun Persediaan Karena Akan Mengurangi Total Persediaan Kita. Pada Sistem BeeAccounting ini anda harus memilih Akun yang setara Pendapatan. o o o 77 . Retur jual Ketika Ada Proses Retur Penjualan Secara Otomatis Sistem akan Memposting Akuntansi. Penjualan Setingan ini diarahkan Ke Akun yang Bertipe Pendapatan karena nantinya akan menambah Omset Penjualan anda.

Cara Akses Untuk mengakses grup item pada BEE. pilih pada MenuBar Master --> Jenis Item --> Tipe Item Secara default sistem sudah menyediakan Data yang sering digunakan oleh user seperti Tipe Barang Jadi. Jenis Item – Grup Master Item Group digunakan sebagai pengelompokan item berdasarkan group pada Item tersebut. Biskuat. Misalnya untuk item yang terdapat pada swalayan : Alat Tulis.MASTER DATA Jenis Item – Tipe Item Tipe item adalah dokumen untuk mencatat tipe . Paket dll.tipe dari item yang ada pada perusahaan. Coklat dll. Cara Akses Untuk memasukkan tipe item di BEE. pilih pada MenuBar Master --> Jenis Item -> Grup 1 / Grup 2 / Grup 3 78 .BAB 2 . Jasa.

misalkan dari Office anda buat lagi yaitu Office Home.sub grup yang posisinya dibawah Grup Utama. usahakan dengan huruf KAPITAL 79 . dapat berupa singkatan dari Keterangan Group. dengan Grup ini Data Barang bisa di kelompokan seefisian mungkin.MASTER DATA Hirarki Tingkatan Grup Item Kelebihan Grup Item ini bisa Sistem Tree Seperti pada contoh gambar diatas kita bisa lihat Grup utamanya adalah Hardware dan Software. # Untuk kode dengan huruf. Sehingga akan sangat membantu jika Jenis barang yang anda miliki sangat banyak. Berupa Angka. Personal dll Penggunaan • • • Klik Pada All Klik New Masukkan Kode Group Item tersebut Kode diisikan dengan kode tertentu. Starter. maupun gabungan antara Huruf dan Angka. Dari Sub Grup yang ada itu anda juga masih bisa membuat Sub lagi.BAB 2 . Sedangkan dari Grup tersebut mempunya anak atau sub .

pilih pada MenuBar Master --> Jenis Item -> Merk 80 .BAB 2 . Melihat laporan Penjualan dll. Cara Akses Untuk mengakses grup item pada BEE.MASTER DATA • • Masukkan Nama Grup tersebut Klik save Jenis Item – Merk Digunakan untuk mengelompokkan Master Item berdasarkan Merk dari Item tersebut. Hal ini digunakan pula untuk mempermudah dalam pencarian dalam stock.

Kecap Sachet.. Berupa Angka.MASTER DATA Penggunaan Klik New Masukkan Kode Merk Kode diisikan dengan kode tertentu.BAB 2 . Item tersebut memiliki model Kecap Botol. Misalnya digunakan untuk Item Kecap Merk ABC. Tekan ENTER Klik save Jenis Item – Model Master Model digunakan sebagai pengelompokan item berdasarkan group pada Item tersebut. pilih pada MenuBar Master --> Jenis Item -> Model 81 . Cara Akses Untuk mengakses grup item pada BEE. usahakan dengan huruf KAPITAL Masukkan Merk dari kode Merk Tersebut. Kecap Refill dll. dapat berupa singkatan dari Keterangan Merk. maupun gabungan antara Huruf dan Angka. Kemudian tekan ENTER # Untuk kode dengan huruf.

Kemudian tekan ENTER # Untuk kode dengan huruf. usahakan dengan huruf KAPITAL • • Masukkan Nama dari Model tersebut. maupun gabungan antara Huruf dan Angka. dapat berupa singkatan dari Keterangan Model Berupa Angka.MASTER DATA Penggunaan • • Klik New Masukkan Kode Model Kode diisikan dengan kode tertentu.BAB 2 . Tekan ENTER Klik save 82 .

dapat berupa singkatan dari Keterangan Gudang. pilih pada MenuBar Master --> Gudang Penggunaan • • Klik New Masukkan Kode Gudang Kode diisikan dengan kode tertentu. Berupa Angka. maupun gabungan antara Huruf dan Angka. Tekan ENTER Klik save 83 . usahakan dengan huruf KAPITAL • • Masukkan Keterangan dari Gudang. Kemudian tekan ENTER # Untuk kode dengan huruf.BAB 2 .MASTER DATA Gudang Master gudang adalah dukumen yang mencatat data gudang perusahaan di berbagai cabang. Cara Akses Untuk menambahkan data gudang pada BEE.

perbedaan hanya pada Tipe atau jenisnya : Kas / Bank. 3. maka pada tabel akan bertambah satu baris dan Field yang ada diatas tabel akan kosong. Pada BeeAccounting ini Kas dan Bank merupakan master yang sama. 84 . 2.MASTER DATA Kas / Bank Master Kas/Bank adalah Form untuk membuat data master Kas dan Bank.BAB 2 . Cara Akses Untuk mengakses data master Kas Bank pada BEE. Isi Data melalui Field yang ada diatas tabel. Kode Diisi Kode Kas / Bank yang bersangkutan. User tidak diperkenankan untuk mengisi data melalui tabel. Klik . Untuk Kas Giro anda juga harus membuatkan kasnya yang digunakan untuk menyimpan bentuk Fisik Giro. pilih pada MenuBar Master --> Kas / Bank Membuat Kas / Bank Baru 1.

Keterangan Diisi Nama Keterangan atau nama Kas / Bank. Jika anda pilih Bank secara Otomatis akan keluar CheckBox Auto ReConcile In dan Auto ReConcile Out. Jika Sudah terisi semua data yang anda butuhkan Klik Save untuk menyimpan. Jenis Diisi Tipe Kas yang anda buat. Pilih Kas jika anda membuat Kas baru. dari contoh tersebut "bca : menunjukan Nama Bank . Klik 3. Pada tabel Pilih Kas / Bank yang akan dihapus. Currency Diisi Currency yang digunakan Kas / Bank tersebut.bca134. jika USD maka pilih USD jika IDR pilih IDR. Misalkan : kasir1.MASTER DATA Tips : Untuk Mengisi Kode Kas / Bank sangat disaran menggunakan inisial nama KAS atau sebagian Nomor Rekening Bank. 7. Tetapi jika tidak dicentang maka jika ada Proses Bank Masuk atau Keluar Saldo Bank tidak akan berubah.BAB 2 . 134 menunjukan 3 digit terakhir Nomor Rekening". 2. o o Auto ReConcile In Centang pilihan ini jika ingin mengotomatiskan Rekonsiliasi Masuk.mandiri789 dll. Jika dicentang maka ketika ada Proses Bank masuk ataupun Keluar secara Otomatis akan Mengupdate Saldo Bank yang digunakan Transaksi tersebut. 6. 8. Auto ReConcile Out Centang pilihan ini jika ingin mengotomatiskan Rekonsiliasi Keluar. Account Diisi Akun Kas / Bank tersebut. Maka Data pada tabel yang dipilih tadi akan terhapus. 4. 5. Jika menggunakan currency lain anda bisa tambahkan Currency pada Master Mata Uang. Agar Saldo Bank terupdate perlu dilakukan Proses Rekonsiliasi Bank. Untuk mengisi keterangan disarankan untuk menyamakan keterangan 1 dengan Kode Kasnya. Jika Akun Kas / Bank yang anda buat ini belum ada pada Daftar Akun maka harus dibuatkan Akun baru Untuk Kas / Bank tersebut. 85 . pilih Bank jika anda membuat Bank baru. Auto Reconcile adalah Proses Rekonsiliasi Bank yang diOtomatisasi. Menghapus Kas / Bank: 1.

O. tetapi Terminal Kasir Terminal Kasir digunakan untuk membuat master terminal untuk Penjualan P.BAB 2 . 2. pilih pada MenuBar Master -> Terminal Kasir Penggunaan o o Klik Masukkan Kode P.S 86 .S ( POINT OF SALE ). masih bisa Diedit Keterangannya sedangkan Untuk Kode tidak bisa. Ubah data yang diinginkan. 3.O. Pada tabel Pilih Kas / Bank yang akan diedit. Catatan : Jika Kas / Bank sudah digunakan Transaksi maka Tidak akan bisa dihapus.MASTER DATA Mengedit Kas / Bank: 1. Simpan . Cara Akses Untuk mengakses data master Terminal Kasir pada BEE.

maupun gabungan antara Huruf dan Angka.S. agar mempermudah ketika pengecekan data seperti pada contoh gambar diatas Klik save o o Mesin EDC EDC (Electronic Data Capture) adalah mesin yang digunakan sebagai alat pembayaran elektronik (Mesin gesek Kartu ATM baik Debit ataupun Credit Card) dengan menggunakan kartu kredit / debet. Karena informasinya akan lebih mudah ketika anda melakukan pengecekan.O. Untuk keterangan cantumkan Kode kasir (Kode P. dapat berupa singkatan dari Keterangan POS. Sehingga nantinya pada saat Admin keuangan melakukan pengecekan dari pembayaran kartu Kredit / Debet. Jika Kas Kasir masih belum ada silahkan Membuat Kas Kasir terlebih dahulu Masukkan Keterangan dari P.O.S. Cara Akses Untuk mengakses data master Mesin EDC pada BEE. Tekan ENTER. usahakan dengan huruf KAPITAL # Disarankan Kode menggunakan angka misalkan 01 / 02 seperti pada gambar diatas.O.MASTER DATA Kode diisikan dengan kode tertentu. o Pilihlah Kas Kasir sebagai tujuan dari Penjualan P.BAB 2 . Sehingga untuk POS yang pembayaran dengan menggunakan kartu kredit / debet dapat dimasukkan dalam proses ini.S) yang sesuai. Admin tinggal melakukan proses Rekonsiliasi Bank. Kemudian tekan ENTER # Untuk kode dengan huruf. Berupa Angka. pilih pada MenuBar Master --> Mesin EDC 87 .

dapat berupa singkatan dari Keterangan POS.BAB 2 . usahakan dengan huruf KAPITAL • • • • Pilihlah Kas sebagai tujuan dari Proses Rekonsiliasi Bank Masukkan Nama dari EDC tersebut. Berupa Angka. Kemudian tekan ENTER # Untuk kode dengan huruf. maupun gabungan antara Huruf dan Angka. Tekan ENTER Masukkan pula Keterangan dari mesin EDC terebut kemudian tekan ENTER Klik 88 .MASTER DATA Penggunaan • • Klik Masukkan Kode EDC Kode diisikan dengan kode tertentu.

BAB 2 . Form Master Bank ini berisikan Master nama . pilih pada MenuBar Master --> Bank Penggunaan • • Klik Masukkan Kode Bank Kode diisikan dengan kode tertentu. Cara Akses Untuk mengakses data master Bank pada BEE.nama Bank tidak terkait dengan menu Kas Bank. maupun gabungan antara Huruf dan Angka.MASTER DATA Bank Master Bank adalah master yang digunakan sebagai pelengkap data yang terkait dengan master Bank. dapat berupa singkatan dari Keterangan Bank. Berupa Angka. usahakan dengan huruf KAPITAL • • Masukkan Keterangan dari Bank. Tekan ENTER Klik save 89 . Kemudian tekan ENTER # Untuk kode dengan huruf.

• • • • 90 . Keterangan Diisi keterangan pajak tersebut. Akun ini akan memposting nilai pajak disisi Kredit sedangkan pada sisi Debet diisi dengan akun Piutang Usaha atau Kas tergantung jenis Penjualannya secara Kredit atau Cash. Akun ini akan memposting nilai pajak disisi Debet sedangkan pada sisi Kredit diisi dengan akun Hutang Usaha atau Kas tergantung jenis Pembeliannya secara Kredit atau Cash. Cara Akses Untuk mengakses data master Pajak pada BEE. contoh seperti pada gambar diatas untuk PPN presentasi pajaknya adalah 10%. Akun Pajak Pembelian Diisi akun Piutang Pajak Pembelian.BAB 2 . Akun Pajak Penjualan Diisi akun Hutang Pajak Penjualan.MASTER DATA Pajak User dapat menentukan pajak yang dibebankan pada perusahaan. • Kode Diisi Kode Pajak. Ekspresi Diisi presentasi pajak. pilih pada MenuBar Master --> Pajak Secara default pada program telah terdapat satu jenis Pajak yaitu PPN dengan ekspresi beban 10%. Secara umum Transaksi Pembelian atau Penjualan dikenakan PPN sebesar 10%. contoh seperti pada gambar Kode diisi PPN. Namun apabila ada perlakuan khusus untuk transaksi jual beli pada perusahaan sehingga pajak yang dikenakan tidak sesuai dengan default program yaitu sebesar 10% maka user dapat mengubah setting pada Form Pajak ini.

Kemudian tekan ENTER 91 . Pada transaksi tersebut sebagai catatan dalam hal pengiriman barang.BAB 2 . apakah termasuk harga termasuk pengirimaan atau Harga jual belum termasuk pengiriman. pilih pada MenuBar Master --> Termin Pengiriman Secara default. Pengiriman. Cara Akses Untuk mengakses data master Termin Pengiriman pada BEE. program telah terdapat 2 termin pengiriman : • • Shipping Harga termasuk biaya pengiriman Destination Biaya pengiriman dibebankan kepada penerima Penggunaan • • Klik new Masukkan Kode Termin Pengiriman Kode diisikan dengan kode tertentu.MASTER DATA Termin Pengiriman Master Termin Pengiriman digunakan sebagai inputan ketika melakukan Sales Order. Penjualan dll. Berupa Angka. dapat berupa singkatan dari Keterangan Termin Pengiriman. maupun gabungan antara Huruf dan Angka.

BAB 2 - MASTER DATA
# Untuk kode dengan huruf, usahakan dengan huruf KAPITAL
• •

Masukkan Keterangan dari Termin Pengiriman, Tekan ENTER Klik save

Ekspedisi
Master expedisi adalah data yang digunakan untuk memasukkan data expedisi / jasa pengiriman, namun juga dapat diisikan dengan data pengiriman dalam perusahaan itu sendiri. Misalnya data Truk / PickUp yang biasa digunakan untuk pengiriman barang.

Cara Akses
Untuk mengakses data master Ekspedisi pada BEE, pilih pada MenuBar Master --> Ekspedisi

Penggunaan
• •

Klik New Masukkan Kode Ekspedisi Kode diisikan dengan kode tertentu, dapat berupa singkatan dari Keterangan Ekspedisi, Berupa Angka, maupun gabungan antara Huruf dan Angka.

92

BAB 2 - MASTER DATA
# Untuk kode dengan huruf, usahakan dengan huruf KAPITAL
• • •

Masukkan Keterangan dari Termin Pengiriman. Masukkan Contact person, Nomor tlp dan Fax dari Termin Pengiriman. Klik save

Pegawai
Master pegawai digunakan sebagai inputan data yang nantinya dapat digunakan sebagai referensi dalam proses transaksi yang menggunakan inputan data pegawai.

Cara Akses
Untuk mengakses data master Pegawai pada BEE, pilih pada MenuBar Master --> Pegawai

93

BAB 2 - MASTER DATA

Staff Penjual
Staff Penjual atau yang lebih dikenal sebagai Sales Representatif adalah staff yang melakukan proses pemasaran, melakukan pengecekan terhadap Customer, Order Penjualan dari Customer. Master Staff Penjualan dapat menjadi link pada Master Mitra Bisnis, referensi Order Penjualan, Penjualan dan Return Penjualan dll.

Cara Akses
Untuk mengakses data master Staff Penjual pada BEE, pilih pada MenuBar Master --> Staff Penjual

Level Harga
Level Harga adalah pengelompokkan data harga sesuai dengan level / tingkatan dari Customer atau Vendor. Ini berfungsi saat memasukkan data Harga jual pada Master Item, Mitra Bisnis. Karena ketika melakukan penjualan secara Otomatis harga yang tampil pada Board Penjualan berdasarkan Level harga ini.

Cara Akses
Untuk mengakses data master Level Harga pada BEE, pilih pada MenuBar Master --> Level Harga

94

BAB 2 - MASTER DATA

Pada level harga, program telah menyiapkan default yang secara umum sudah banyak dipakai oleh banyak user. Akan tetapi jika masih ada level harga yang belum masuk,

Penggunaan
Klik New Masukkan Kode Level Harga Kode diisikan dengan kode tertentu, dapat berupa singkatan dari Level Harga, Berupa Angka, maupun gabungan antara Huruf dan Angka. Kemudian tekan ENTER # Untuk kode dengan huruf, usahakan dengan huruf KAPITAL Masukkan Keterangan dari Level Harga, Tekan ENTER Klik save

95

96 .BAB 2 . Tetapi Tanggal Tutup Buku atau -1 hari dari Tanggal Buka Buku. Masukkan Nilai Saldo Awal Pada Kolom Saldo Awal. Patokkan Tanggal Set Saldo Awal Bukan Tanggal Entri / Masukkan Data. Klik Save Untuk Menyimpan. pilih pada MenuBar Master --> Set Saldo Awal --> Saldo Akun Cara Set Saldo Awal Pilih Akun yang akan di Set Saldo Awalnya.MASTER DATA Set Saldo Awal Akun Pada saat melakukan Set Saldo Awal Akun. Hal ini berarti nantinya Perusahaan akan tutup Buku Pada tanggal 31 Desember 2010 Cara Akses Untuk setting saldo awal akun pada BEE. Tanggal Saldo Awal di Set Satu hari sebelum Tanggal Buka Buku. Curreny diisi Base Curency yang digunakan Perusahaan. Misalkan tanggal Buka Buku adalah 1 Januari 2010 maka Tanggal Set Saldo Awal diisi tanggal 31 Desember 2009.

Jika ingin menghapus Set Saldo Awalnya silahkan ganti dengan 0 (Nol). Klik Save Set Saldo Awal Kas Set Saldo Kas adalah Proses Seting Nilai Awal Kas / Bank yang bersangkutan. Cara Merubah dan Menghapus Set Saldo Awal Pilih Akun yang akan di Set Saldo Awalnya.BAB 2 . Proses ini biasanya digunakan pada saat Set Saldo Awal Modal Perusahaan. Jurnal Umum.MASTER DATA Setelah memasukkan Set Saldo. Silahkan Cek pada Neraca. 97 . Buku Besar. Masukkan Nilai Saldo Awal Pada Kolom Saldo Awal. Cara Akses Untuk setting saldo awal akun pada BEE. pilih pada MenuBar Master --> Set Saldo Awal --> Saldo Kas. Jika ingin Merubah nilai Saldo Awal silahkan langsung ganti Nilainya.

Secara Default Sistem sudah mengisinya dengan isian AUTO. Tanggal Diisi tanggal saldo Kas tersebuat. Kas / Bank Diisi Pilihan Kas / Bank mana yang akan Diset Saldo Awalnya. Kami sarankan tetap dibiarkan AUTO karena nomor Transaksi akan digenerate oleh sistem. Pengisian Tanggal ini sama dengan tanggal Set saldo Awal Akun yaitu -1 hari dari dari tanggal buka Buku.BAB 2 . Jika ingin menambah Kas / Bank masuk Master Kas / Bank. Transaksi Diisi dengan Nomor Transaksi Set Saldo Awak Kas. 98 .MASTER DATA Set Saldo Awal Kas Klik . maka akan muncul Dialog Saldo Awal Kas. No.

Silahkan Revisi yang menurut anda salah.000.00 500. Silahkan Cek pada Neraca. Buku Besar.000. Jika Kolom Aktiva dan Pasiva pada Neraca sudah Seimbang berarti Set Saldo Awal yang anda lakukan sudah Sukses. secara Auto akan Terposting ke Akun Penampung (Historical Balancing) dimana Akun ini Merupakan Akun Modal. Rate Disi Untuk selain BaseCurrency. Setelah muncul Dialog Saldo Awal Kas seperti pada Proses New Saldo Awal. Pada Tabel akan Bertambah satu Row berdasarkan Set Saldo Awal yang sebelumnya di Seting. Proses Set Saldo Awal Kas akan Memposting Jurnal Penyesuaian Kas / Bank sbb : Akun Kas / Bank Historical Balancing Debit 500.000. Jurnal Umum. Klik Tombol . Keterangan Diisi keterangan yang terkait dengan Transaksi Set Saldo Awal Kas tersebut. Jika sudah benar Klik OK untuk menyimpannya. Jumlah Diisi Nilai Saldo Kas / Bank tersebut berdasarkan Mata Uangnya.BAB 2 . Menghapus Set Saldo Awal Kas Pilih Data yang ingin anda Hapus. Merubah Set Saldo Awal Kas Double Klik Data yang ingin anda edit atau Revisi.00 Kredit Catatan : Nominal yang anda Set. Klik OK.000.MASTER DATA Mata Uang Diisi Pilihan Mata Uang yang akan Diset Saldo Awalnya. 99 . Setelah memasukkan Set Saldo Awal Kas.

Cara Akses Untuk setting saldo awal stock pada BEE. maka akan muncul Form Set Saldo Awal Stock 100 .MASTER DATA Set Saldo Awal Stok Set Saldo Awal Stock adalah menu Untuk Menentukan Saldo Awal barang .BAB 2 . Proses ini dilakukan pada saat melakukan tutup buku.barang yang masih active. pilih pada MenuBar Master --> Set Saldo Awal --> Saldo Stock Setting Saldo Awal Stock Untuk melakukan seting Saldo Swal Stock ada dua cara yaitu : Manual Satu Persatu Item Klik New pada toolbar form.

secara Default Sistem sudah mengisisanya dengan isian AUTO. Transaksi Diisi Nomor Transaksi Set Saldo Awal Stock. Pengisian Tanggal ini sama dengan tanggal Set saldo Awal Akun yaitu -1 hari dari tanggal Buka Buku.MASTER DATA No. Jadi ketika melihat data pada Komputer anda bisa cocokan dengan data Fisik yang anda simpan.BAB 2 . Tipe Secara Default Sistem sudah Mengisinya dengan isian "Beginning Balance" dan User tidak dapat menggantinya Metode Secara Default Sistem sudah Mengisinya dengan isian "ACC" dan User tidak dapat menggantinya 101 . Kami sarankan Untuk tetap AUTO karena Nomor Transaksi Set Saldo Awal ini akan digeneratekan Oleh Tanggal Diisi tanggal saldo Saldo Stock tersebuat. Referensi Diisi Nomor Referensi jika ada dan dibutuhkan. Silahkan Hapus dan ganti AUTO denngan Kode Standar perusahaan anda Jika memang diperlukan. Jadi Stock yang anda masukkan adalah Stock pada Saat Tutup Buku No. Anda bisa isikan Nomor Stock Opname Secara Fisik.

Besar Kecil Huruf (Huruf balok) sangat berpengaruh. Kode Item pada Excell harus sama dengan Kode Item yang ada pada Daftar Item. Misalkan Sisa Barang adalah 10 BOX.MASTER DATA Keterangan Diisi Keterangan terkait dengan Set Saldo Awal Stock tersebut.kolom yang harus dilengkapi baik difile Excellnya atau yang harus diisi diFormnya untuk Import Saldo Stock adalah Kode Item (Kolom diExcell) Diisi dengan Kode Item yang sudah ada pada daftar item. Jika data Stock yang anda masukkan Itemnya masih Belum Terdaftar maka anda harus Membuat Item Baru tesebut. Karena Keterkaitan antara QTY denga Satuan maka anda harus betul . Berarti anda harus memasukkannya dua Baris.data dan kolom . Jika Saldo Stock yang anda masukkan bertingkat misalkan 10BOX. sedangkan jika yang dimasukkan Unitnya PCS berarti HPP yang dimasukkan adalah HPP PerPCS. Jadi Jika memasukkan Unitnya BOX Bearti HPP yang dimasukkan adalah HPP PerBOXnya.item yang akan di Set Saldo Awal Stocknya. Sebelum mengimport Saldo Stock harus disiapkan terlebih dahulu File Excellnya. Seperti Penjelasan sebelumnya bahwa Unit sangat Terkait dengan Qty maka cara memasukkannya juga mengikuti Qty. Disini yang perlu diperhatikan adalah pengisian Qty dan HPP. Import dari Excell Tombol XLS Import Digunakan Untuk Import Saldo Stock dari File Excell. Jika Berdasarkan Contoh pada Nomor 2 berarti Unit yang dimasukkan juga harus 2 baris. Secara Default Sistem Sudah Mengisinya dengan Saldo Awal Stock Tabel Diisi Item . Cara Pengisian bisa dilihat di Daftar Item. Unit (Kolom diExcell) Diisi dengan Satuan berdasarkan Qty yang dimasukkan. Berdasarkan contoh diatas berarti Baris Pertama yang menggunakan Unit BOX HPPnya diisi HPP PerBOX dan yang pasti nilai lebih besar dari pada HPP PerPCS. baris kesatu diisi BOX sedangkan baris kedua diisi PCS 102 .betul memperhatikannya. 5 PCS berarti harus dimasukkan dua kali : Baris PertamaDiisi dengan Qty 10 Box dan Baris Kedua Diisi 5PCS HPP Diisi HPP Barang Saat ini Berdasarkan Unit yang digunakan. QTY Diisi Jumlah barang saat ini Berdasarkan Unit Riil.BAB 2 . Baris pertama Qty : 10 dan baris ke dua Qty : 5. Qty (Kolom diExcell) Diisi dengan Jumlah barang Riil saat Tutup Buku. Format Excell harus mengikuti aturan Sistem sbb : Data . 5PCS.

MASTER DATA HPP (Kolom diExcell) Diisi HPP PerUnit masing . Misalkan Kode Item maka dipilih Kode Item pada ComboBoxnya dan seterusnya seperti pada Gambar Berikut.masing. Pengisian HPP ini juga sangat terkait dengan data Unitnya. Jika Unit yang anda Masukkan adalah BOX berarti HPP yang anda masukkan adalah HPP PerBOX.ComboBox yang sedah tersedia. Kami sarankan Untuk tidak meubahnya Tanggal (diForm) Isi dengan tanggal Tutup Buku Seperti Penjelasan sebelumnya Gudang (diForm) Pilih Gudang yang akan diset saldo Awalnya Keterangan (diForm) Disi Keterangan yang Terkait dengan Set Saldo Awal Stock tersebut Process (diForm) Klik Tombol ini jika sudah Siap Untuk di Proses Cara Import Saldo Stock : Klik tombol Klik tombol untuk Cari File Excell yang akan diImport Sesuaikan Kolom Excell anda dengan ComboBox .BAB 2 . Tetapi jika Unit yang digunakan PCS maka anda haus masukkanHPP perPCS Start From Row (diForm) Secara Default Sistem mengisinya dengan isian 1. karena yang akan masukkan ke Stock nantinya akan dikonversi oleh sistem menjadi Satuan Terkecil. 103 .

Process. Pilih Gudang. 104 .BAB 2 .MASTER DATA Isi tanggal dengan tanggal tutup Buku.

Cara Akses Untuk setting saldo awal hutang pada BEE. pilih pada MenuBar Master --> Set Saldo Awal --> Saldo Hutang Setting Saldo Awal Hutang Pada BEE disediakan Form untuk seting Saldo Awal Hutang. Untuk melakukan seting tersebut ada dua cara yaitu : 105 .BAB 2 . Hal ini berarti nantinya Perusahaan akan tutup Buku Pada tanggal 31 Desember 2010. Misalkan tanggal Buka Buku adalah 1 Januari 2010 maka Tanggal Set Saldo Awal diisi tanggal 31 Desember 2009.MASTER DATA Set Saldo Awal Hutang Pada saat melakukan Set Saldo Awal Hutang. Tanggal Saldo Awal di Set Satu hari sebelum Tanggal Buka Buku.

setelah itu akan muncul Dialog Saldo Awal Hutang Nama Vendor Diisi Vendor yang akan dimasukkan hutangnya.BAB 2 . No. Jatuh Tempo Diisi TOP atau lama jatuh tempo Nota tersebut. Hal itu karena akan mempermudah Kroscek validitas data Hutang yang ada pada Sistem kami dengan Hitungan manual anda atau dengan Sistem yang lama. Maka secara Otomatis nanti akan menambah Saldo Hutang Kita KeVendor tersebut.MASTER DATA Satu persatu Nota yang masih belum Lunas Cara setting : New . Anda harus memasukannya berdasarkan Nota / Fakturnya Jangan Memasukkan Sisa Harinya. Misalkan Nota Anda terbit tanggal 10 Mei dan akan jatuh tempo selama 14 hari dari tanggal terbit Nota. Secara Default Sistem sudah Mengisinya dengan isian AUTO tetapi user diperbolehkan untuk Merubahnya. Bukan 9. 106 . Tanggal Diisi tanggal Nota Riil yang ada pada Nota / Faktur tersebut. berarti anda tetap harus memasukkan 14 pada Field Jatuh Tempo.Invoice Berdasarkan Nomor Nota / Faktur Asli saat ini. Sangat disarankan Untuk Mengisi No. Sedangkan anda Memasukkan Saldo Awal ini pada tanggal 15 Mei.Invoice Diisi Nomer Nota / Faktur Fisik (Aslinya).

000 berarti yang anda masukkan adalah Sisanya yaitu 2.000. Import dari file excell BEE menyediakan sistem untuk mempermudah User dalam melakukaan seting Saldo Awal Hutang dengan import dari File Excell.BAB 2 .000. Cara ini memang berbeda dengan cara pengisian data sebelumnya karena Jika anda memasukkan Nilai Nota Riilnya maka anda harus repot untuk memasukkan Pembayarannya juga satu persatu. Jika sudah yakin data yang anda masukkan benar Klik OK.000 ternyata sudah dibayar 3. Hal itu akan membuat proses SetUp lebih lama. Jika Mata Uang bukan Base Currency anda.aturan kolomnya. Maka data yang dimasukkan tadi akan tersimpan. Misalkan Nota BL456 totalnya adalah 5. Berarti Rate yang dimasukkan harus berdasarkan Rate Nota / Faktur Tersebut. Import Saldo Awal Hutang Klik maka akan muncul Form Saldo Awal Hutang XLS Importer 107 . Jika anda tidak merubah Akun Hutang Vendor tersebut maka Account akan terisi Hutang Usaha.000. Bukan Rate pada saat memasukkan data. Jika menggunakan fasilitas ini anda harus mengikuti aturan . Nilai Hutang Diisi Sisa Nota / Faktur Pembelian yang masih belum Lunas. Account Secara AUTO sudah terisi Akun Hutang untuk Vendor tersebut.000.MASTER DATA MataUang Diisi Mata Uang Hutang tersebut.

Tanggal Saldo Awal di Set Satu hari sebelum Tanggal Buka Buku. Set Saldo Awal Piutang Pada saat melakukan Set Saldo Awal Piutang.MASTER DATA Klik Untuk mencari lokasi File Excell yang anda siapkan Lengkapi ComboBox . pilih pada MenuBar Master --> Set Saldo Awal --> Saldo Piutang 108 . Perhatikan Title yang ada di Excell dengan Field . Hal ini berarti nantinya Perusahaan akan tutup Buku Pada tanggal 31 Desember 2010.kolom Excell anda dengan Field .BAB 2 .ComboBox yang sudah ada dengan cara Menyesuaikan Kolom .field pada Form diatas.Field yang telah disediakan.Invoice Jatuh Tempo disesuaikan dengan Jatuh Tempo dst. Invoice disesuaikan dengan No. Jika Sudah Klik PROCESS untuk memproses import Saldo Awalnya. TIPS : Untuk mempermudah lebih baik nama Kolom pada Excell disamakan dengan nama Field pada Form. Vendor disesuaikan dengan Kolom Supplier Tanggal disesuaikan dengan Kolom Tanggal No. Berikut adalah contoh Capture dari File Excell untuk Import Saldo Awal Hutang. Misalkan tanggal Buka Buku adalah 1 Januari 2010 maka Tanggal Set Saldo Awal diisi tanggal 31 Desember 2009. Cara Akses Untuk setting saldo awal hutang pada BEE.

Untuk melakukan seting tersebut ada dua cara yaitu Satu persatu Nota yang masih Belum Lunas Cara Setting : New . setelah itu akan muncul Dialog Saldo Awal Piutang.MASTER DATA Setting Saldo Awal Piutang Pada BeeAccounting disediakan Form untuk seting Saldo Awal Piutang. 109 .BAB 2 .

Jika menggunakan fasilitas ini anda harus mengikuti aturan . Hal itu akan membuat proses SetUp lebih lama Account Secara AUTO sudah terisi Akun Piutang untuk Customer tersebut.aturan kolomnya. Misalkan Nota Anda terbit tanggal 10 Mei dan akan jatuh tempo selama 14 hari dari tanggal terbit Nota. No. Jika Mata Uang bukan Base Currency anda.000. MataUang Diisi Mata Uang Piutang tersebut. Maka secara Otomatis akan menambah Saldo Piutang Perusahaan KeCustomer tersebut Tanggal Diisi tanggal Nota Riil yang ada pada Nota / Faktur tersebut. Sangat disarankan Untuk Mengisi No. Jatuh Tempo Diisi TOP atau lama jatuh tempo Nota tersebut. Cara ini memang berbeda dengan cara pengisian data sebelumnya karena Jika anda memasukkan Nilai Nota Riilnya maka anda harus repot untuk memasukkan Pembayarannya juga satu persatu. Bukan 9.000 berarti yang anda masukkan adalah Sisanya yaitu 2. Anda harus memasukannya berdasarkan Nota / Fakturnya Jangan Memasukkan Sisa Harinya.000.Invoice Berdasarkan Nomor Nota / Faktur Asli saat ini. Jika anda tidak merubah Akun Piutang Customer tersebut maka Account akan terisi Piutang Usaha Jika sudah yakin data yang anda masukkan benar Klik OK. Maka data yang dimasukkan tadi akan tersimpan Import dari File Excell BEE menyediakan Sistem untuk mempermudah User dalam melakukaan Setting Saldo Awal Piutang dengan import dari File Excell.000 ternyata sudah dibayar 3.MASTER DATA Nama Customer Diisi Customer yang akan dimasukkan Piutangnya.BAB 2 . 110 . berarti anda tetap harus memasukkan 14 pada Field Jatuh Tempo. Hal itu karena akan mempermudah Kroscek validitas data Piutang yang ada pada Sistem kami dengan Hitungan manual anda atau dengan Sistem yang lama.Invoice Diisi Nomer Nota / Faktur Fisik (Aslinya). Sedangkan anda Memasukkan Saldo Awal ini pada tanggal 15 Mei.000.000. Misalkan Nota JL00334 totalnya adalah 5. Secara Default Sistem sudah Mengisinya dengan isian AUTO tetapi user diperbolehkan untuk Merubahnya. Bukan Rate pada saat memasukkan data Nilai Piutang Diisi Sisa Nota / Faktur Penjualan yang masih belum Lunas. Berarti Rate yang dimasukkan harus berdasarkan Rate Nota / Faktur Tersebut.

field pada Form diatas. TIPS : Untuk mempermudah lebih baik nama Kolom pada Excell disamakan dengan nama Field pada Form. Customer disesuaikan dengan Kolom Customer. 111 .Field yang telah disediakan. Perhatikan Title yang ada di Excell dengan Field .dst.ComboBox yang sudah ada dengan cara Menyesuaikan Kolom . Tanggal disesuaikan dengan Kolom Tanggal. Lengkapi ComboBox . Klik Untuk mencari lokasi FIle Excell yang anda siapkan. No.MASTER DATA Import Saldo Awal Piutang Klik maka akan muncul Form Saldo Awal Piutang XLS Importer.BAB 2 . Jika Sudah Klik PROCESS untuk memproses import Saldo Awalnya.Invoice.kolom Excell anda dengan Field . Invoice disesuaikan dengan No. Jatuh Tempo disesuaikan dengan Jatuh Tempo. Berikut adalah contoh Capture dari File Excell untuk Import Saldo Awal Piutang.

lain -> Barcode Fix Penggunaan Klik New . Contoh Untuk Barcode Perdana Fren. Tentukan panjang Digit dari Barcode tersebut yang diinginkan. Klik save .BAB 2 .MASTER DATA Barcode Fix Barcode Fix digunakan pada saat Nomor barcode dari suatu item memiliki metode nomor urut pada digit tertentu saja. Cara Akses Untuk mengkases barcode fix pada BEE. usahakan dengan huruf KAPITAL. maupun gabungan antara Huruf dan Angka. Sehingga jika penggunaan barcode secara default akan menimbulkan Penomeran Barcode double. # Untuk kode dengan huruf. Masukkan Digit dimulainya Barcode tersebut. pilih pada MenuBar Master --> Lain . Berupa Angka.memiliki kode yang diambil pada digit ke 6 dan sebanyak 11 Digit berikutnya. Kode diisikan dengan kode tertentu. Kemudian tekan ENTER. dapat berupa singkatan dari Keterangan Barcode. Masukkan Kode barcode. 112 .

113 .PEMBELIAN 3 PEMBELIAN Bab 3 menjelaskan mengenai cara memasukkan data pembelian dan prosedur – prosedur lain yang berhubungan.BAB 3 .

2. 114 .PEMBELIAN Permintaan Pembelian Permintaan Pembelian digunakan untuk mencatat dokumen permintaan item barang dari vendor. pilih pada MenuBar Pembelian --> Permintaan Pembelian Proses Permintaan Pembelian 1. Masukkan nama pegawai yang memasukkan data Permintaan Pembelian. Permintaan pembelian merupakan proses untuk melakukan proses permintaan barang sebelum dilakukannya Order Pembelian. Cara Akses Untuk memasukkan data permintaan pembelian di BEE. Option draft dipilih jika pengiriman masih dalam mode pencatatan (belum diproses). Tentukan tanggal permintaan.BAB 3 . 3.

115 . BEE secara otomatis mengisinya berdasarkan master item yang sudah dibuat.BAB 3 . BEE akan secara otomatis mengisinya berdasarkan settingan yang ada pada Pengaturan System.item biaya dan sifatnya umum anda bisa membuat satu item general jadi setiap pembeliannya anda tinggal memanggil item tersebut dan mengganti nama itemnya agar ketika masuk Jurnal Umum bisa dilacak pembelian untuk servis mobil atau mesin atau yang lain. secara otomatis status berupa "Aktif" apabila belum terjadi import data ke Order Pembelian dan status akan menjadi "Tidak Aktif" apabila telah terjadi proses Order Pembelian dengan menggunakan import data dari Permintaan Pembelian. Nama Item Kolom untuk nama adalah deskripsi dari kode barang yang telah dimasukkan. Data Header Permintaan Pembelian • No. hapus isian AUTO pada textbox kemudian masukan nomor transaksi anda. Permintaan Secara default BEE akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor Order Pembelian. untuk proses produksi atau proses penjualan. • • • • Data Detail Permintaan Pembelian • No Nomor urut Gudang Diisi kode gudang yang digunakan untuk pengambilan barang yang akan dikeluarkan. Keterangan Digunakan untuk memasukkan catatan pada Permintaan Pembelian. o • • • Tips : Untuk item . harga dan discount (Jika ada) serta tanggal permintaan barang tersebut dikirim. Jika anda ingin menentukan sendiri format penomoran. Pegawai User yang membutuhkan barang untuk mengisi gudang penyimpanan. Kode Item Diisi kode barang yang akan dilakukan Order Pembelian dengan menggunakan cara Input Item. secara default tanggal akan mengikuti tanggal yang tertera pada sistem komputer.PEMBELIAN 4. Status Adalah status yang terdapat pada Permintaan Pembelian. Kemudian tentuka pula qty. Tanggal Adalah tanggal transaksi yang dilakukan. Anda bisa merubah sendiri atau menyesuaikan berdasarkan tempat penyimpanan barang yang sesuai. Tentukan Item yang diinginkan Customer.

Maka pada kolomn "BackOrder" akan terisi secara otomatis sesuai barang yang belum terkirim. Terkirim Akan secara otomatis tersisi jika pada Order Pembelian tersebut telah dilakukan Penerimaan Pembelian. • • • • • • 116 . Jika anda kurang paham silahkan lihat pada Contoh Penggunaan proyek. tanggal disini dibedakan jika dalam 1 order penjualan terdapat beberapa kali Permintaan Pembelian.Date Adalah tanggal permintaan Order. klik pada kolom Prj >> pilih gambar kaca pembesar di samping kolom tersebut. Untuk mengganti satuan dari satuan PCS ke satuan CRT atau sebaliknya gunakan tombol "+" atau "-" pada keyboard. Dept Diisi dengan kode departemen yang bersangkutan. Kolom ini optional jika anda tidak membutuhkan biarkan kosong.PEMBELIAN • Qty Diisi dengan jumlah barang yang diproses. Misalkan : CRT. Jika jumlah Qty item yang dilakukan proses Order Pembelian bervariasi anda bisa memasukkan dua kali. PCS. misalkan : o Anda menjual Aqua 5 karton 10 PCS o Anda harus memasukan dua kali : baris pertama anda masukan dengan Qty 5 dan unit karton o Baris ke dua anda masukan Qty 10 dan unitnya PCS Satuan Diisi unit / satuan dari item yang di proses. Jika anda kurang paham silahkan lihat pada Contoh Penggunaan Departmen. BackOrder Adalah data yang tidak terkirim karena suatu hal dan Order Pembelian tersebut telah dilakukan proses tutup order. Kolom ini optional jika anda tidak membutuhkan biarkan kosong. Prj (Project) Diisi dengan kode proyek yang bersangkutan. Req.BAB 3 . ReqDate dapat diabaikan jika tidak diperlukan. BOX dll. DZ. klik pada kolom dept >> pilih gambar kaca pembesar di samping kolom tersebut.

kemudian tentuka pula qty. ada 2 macam input item pada order pembelian : (Point 5 pada gambar) o Tentukan item yang diinginkan.PEMBELIAN Order Pembelian Order pembelian merupakan dokumen untuk pencatatan data pemesanan barang perusahaan dari vendor. pilih pada MenuBar Pembelian --> Order Pembelian --> Order Pembelian Proses Order Pembelian 1. 2. Masukkan nama item yang akan order. 3.BAB 3 . Cara Akses Untuk memasukkan data permintaan pembelian. harga dan discount (jika ada). (Point 1 pada gambar). (Point 3 pada gambar) 117 . Order Pembelian ini digunakan untuk proses pemesanan barang. Option draft dipilih jika order pembelian masih dalam mode pencatatan (belum diproses). Dengan Order Pembelian yang efisien maka persediaan barang tidak akan kekurangan atau kelebihan. o Import item dari data Permintaan Pembelian dengan cara klik pada toolbar import. (Point 2 pada gambar). Tentukan juga pajak / non pajak dalam transaksi tersebut. (Point 4 pada gambar) 4. Pilih vendor penyedia barang yang akan dibeli.

pilih pada combobox atau pada gambar panah di sebelah kanan. . • 118 . Klik pada Tombol Picker untuk mencari data vendor atau gunakan tips cepat Mencari Data dengan picker. Draft dipilih jika order pembelian masih dalam mode pencatatan (belum diproses). aktif atau tidak). Anda bisa merubah sendiri atau menyesuaikan berdasarkan tempat penyimpanan barang yang sesuai.BAB 3 . Tab Master • Nomor Secara default BEE akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor Order Pembelian. hapus isian AUTO pada textbox kemudian masukan nomor transaksi. Data Detail Order Pembelian • No Nomor urut Gudang Diisi kode gudang yang digunakan untuk pengambilan barang yang akan dikeluarkan. Dan jika pilihan harga termasuk pajak dipilih maka harga dari item barang sudah termasuk pajak. Tanggal Adalah tanggal transaksi yang dilakukan. Vendor Diisi kode vendor (Suplier). Mata Uang Diisi mata uang yang akan anda gunakan untuk transaksi penjualan. • • • • • • 2. Jika anda ingin menentukan sendiri format penomoran. secara default tanggal akan mengikuti tanggal yang tertera pada sistem komputer. BEE akan secara otomatis mengisi berdasarkan setting yang ada pada Pengaturan Sistem.PEMBELIAN Data Header Order Pembelian 1. (Point 4 pada gambar) Status menunjukkan kondisi order pembelian pada saat ini (terkirim atau belum. Jika anda menggunakan mata uang asing (bukan base currency) isi rate untuk currency tersebut pada TextBox di sebelah kanan kolom. Pajak & Harga Termasuk Pajak Jika dipilih pajak saja maka harga dari item dikenakan PPN 10%. Tab Alamat • Adalah data alamat vendor sesuai dengan data Master Mitra Bisnis.

tetapi secara otomatis akan mempengaruhi HPP. o Tips : Untuk item . Maka pada kolomn "BackOrder" akan terisi secara otomatis sesuai barang yang belum terkirim.BAB 3 . Terkirim Akan secara otomatis tersisi jika pada Order Pembelian tersebut telah dilakukan Penerimaan Pembelian. • • • • • • • • • 119 . Discount Menampilkan total nilai diskon. PReqNo Pada kolom ini akan tersisi jika pada Order pembelian menggunakan import data dari Permintaan Pembelian. PCS. BOX dll. BackOrder Adalah data yang tidak terkirim karena suatu hal dan Order Pembelian tersebut telah dilakukan proses tutup order. Nama Item Kolom untuk nama adalah deskripsi dari kode barang yang telah dimasukkan. BEE secara otomatis mengisinya berdasarkan master item yang dulu anda sudah buat.item biaya dan sifatnya umum anda bisa membuat satu item general jadi setiap pembeliannya anda tinggal memanggil item tersebut dan mengganti nama itemnya agar ketika masuk Jurnal Umum bisa dilacak pembelian untuk serice mobil atau mesin atau yang lain Qty Diisi dengan jumlah barang yang diproses. Harga Harus diisi dengan harga satuan dari item yang dijual karena BEE akan secara otomatis mengkalkulasinya dengan Qty item.PEMBELIAN • Kode Item Diisi kode barang yang akan dilakukan Order Pembelian dengan menggunakan cara Input Item. DZ. kolom ini merupakan kolom R/O (Read Only) karena akan otomatis terisi jika anda mengisi kolom disc %. Untuk Disc yang berada pada detail item ini tidak akan terpsoting ke Jurnal Umum. Misalkan : CRT. misalkan : o Anda menjual Aqua 5 karton 10 PCS o Anda harus memasukan dua kali : baris pertama anda masukan dengan Qty 5 dan unit karton o Baris ke dua anda masukan Qty 10 dan unitnya PCS Satuan Diisi unit / satuan dari item yang di proses. Jika jumlah Qty item yang dilakukan proses Order Pembelian bervariasi anda bisa masukan dua kali. Disc % Diisi dengan diskon per item (Diskon Detail). Untuk mengganti satuan dari satuan PCS ke satuan CRT atau sebaliknya gunakan tombol "+" atau "-" pada keyboard. sehingga dapat diketahui dari data detail tersebut dari nomor Permintaan Pembelian. untuk lebih detail silahkan lihat Posting Disc Bee Accounting.

Req. klik pada kolom dept >> pilih gambar kaca pembesar di samping kolom tersebut. 120 . Pilih Permintaan Pembelian yang diinginkan. Kolom ini optional jika anda tidak membutuhkan biarkan kosong. • • Import Data Pada tab ini digunakan untuk proses import data Order Pembelian dari Permintaan Pembelian. tanggal disini dibedakan jika dalam 1 order penjualan terdapat beberapa kali Permintaan Pembelian. Klik "Pilih PReq" kembali jika terdapat lebih dari 1 Permintaan Pembelian dalam satu vendor.item sesuai dengan data yang ada pada Permintaan Pembelian. Kolom ini optional jika anda tidak membutuhkan biarkan kosong. klik pada kolom Prj >> pilih gambar kaca pembesar di samping kolom tersebut. • • • Klik "Import Permintaan Pembelian" untuk memilih data permintaan pembelian. Jika anda kurang paham silahkan lihat pada Contoh Penggunaan Departmen. akan muncul pada data detail item .PEMBELIAN • Dept Diisi dengan kode departemen yang bersangkutan.BAB 3 .Date Adalah tanggal permintaan Order. Jika anda kurang paham silahkan lihat pada Contoh Penggunaan proyek.data item satu persatu. Prj (Project) Diisi dengan kode proyek yang bersangkutan. Sehingga Order Pembelian tidak perlu memasukkan data . Kolom ini optional jika anda tidak membutuhkan biarkan kosong.

Pada proses ini disesuaikan data yang dipesan dan diterima.PEMBELIAN Penerimaan Pemeblian Penerimaan pembelian adalah dokumen yang mencatat barang . Cara Akses Untuk memasukkan data permintaan pembelian di BEE. pilih pada MenuBar Pembelian --> Penerimaan Pembelian --> Penerimaan Pembelian Proses Penerimaan Pembelian 1. (Point 1 pada gambar) 121 .barang yang masuk atau diterima yang sebelumnya telah dipesana pada proses order pembelian. Masukan tanggal terima barang.BAB 3 .

Penerima Diisi dengan pegawai yang menerima barang dari Vendor. Klik toolbar import data di pojok kanan atas. Maka draft ini harus disetting agar semua orang yang entry data tidak bisa posting o Atau mungkin satu kali transaksi jumlah item yang anda beli sangat banyak sehingga anda perlu melanjutkannya besok. o Atau item yang anda beli masih belum jelas tetapi anda sudah menerima barangnya.BAB 3 . Data Header Penerimaan Pembelian • No. Klik pada Tombol Picker untuk mencari Data Vendor atau gunakan Tips Cepat Mencari Data dengan Picker. Vendor Diisi kode Vendor (Suplier). berar anda harus save sebagai draft terlebih dahulu supaya tidak terjadi penambahan hutang serta stock. Jika anda ingin Menentukan sendiri format penomoran. Pilih vendor yang mengirim barang. (Point 3 pada gambar) 4. o Misalkan pada perusahaan anda terdapat banyak divisi dan otoritas tiap divisi berbeda . Ekspedisi Adalah isian pilihan untuk mengisi data jika pengiriman barang dari Vendor menggunakan jasa Ekspedisi. Silahkan isi tanggal tersebut berdasarkan tanggal yang tertera pada Surat Jalan Vendor. Item barang yang diorder otomatis tampil pada data grid. sehingga anda tidak perlu khawatir kelewatan atau lupa entry data • • • • • 122 . Draft Berfungsi untuk Menunda Posting ke Stock dan Akunting. (Lihat pada surat jalan yang dibawa pengirim) (Point 2 pada gambar) 3. untuk melakukan posting ke akuntansi hanya otoritas divisi accounting yang di perbolehkan.PEMBELIAN 2.beda. Penerimaan Secara default BEE akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor Penerimaan Pembelian. Hapus isian AUTO pada TextBox kemudian masukan nomor transaksi. secara default tanggal akan mengikuti tanggal yang tertera pada sistem komputer. Tanggal Adalah tanggal transaksi yang dilakukan. Pilih Order Pembelian dari vendor yang telah dipilih. Anda juga bisa buat draft dahulu baru ketika fix draftnya di hilangkan.

Qty Diisi dengan jumlah barang yang anda beli. Kode pada Voucher. Pada saat pembelian anda bisa ganti dengan service mobil L1234 JP / Service mesin Packing 5571 dll o • • • Tips : Untuk item .PEMBELIAN Data Detail Penerimaan Pembelian • No Nomor urut Gudang Diisi kode gudang yang digunakan untuk menyimpan barang yang dibeli. PCS. Untuk pembelian jasa misalkan service. Nama Item Kolom untuk nama (deskripsi barang yang anda beli) BeeAccounting secara otomatis mengisinya berdasarkan master item yang dulu anda sudah buat. jika anda lupa kode barang. misalkan: o Anda membeli Aqua 5 karton 10 PCS o Anda harus memasukan dua kali : baris pertama anda masukan dengan Qty 5 dan unit karton o Baris ke dua anda masukan Qty 10 dan unitnya PCS Satuan Diisi unit / satuan dari item yang anda beli misalkan : CRT. misalkan anda membuat item dengan nama service. tekan tombol F1 pada keyBoard anda untuk menampilkan daftar Item. Nomor mesin pada mobil / motor dll. Harga Harus diisi dengan harga satuan dari item yang anda beli karena BEE akan secara otomatis mengkalkulasinya dengan Qty item. PID bisa anda gunakan untuk SN pada HP. BOX dll. Jika jumlah Qty item yang anda beli bervariasi anda bisa memasukkan dua kali. Anda juga bisa menggunakan teknik cepat mencari data untuk mempercepat entry data. anda bisa merubah namanya. Contoh pembelian menggunakan PID.item biaya dan sifatnya umum anda bisa membuat satu item general jadi setiap pembeliannya anda tinggal memanggil item tersebut dan mengganti nama itemnya agar ketika masuk Jurnal Umum bisa dilacak pembelian untuk serice mobil atau mesin atau yang lain • PID Diisi (Produk ID) jika pada perusahaan anda membutuhkan. Anda bisa merubah sendiri atau menyesuaikan berdasarkan tempat penyimpanan barang yang sesuai. Kode Item Diisi kode barang yang akan anda beli. • • • 123 . DZ. kurir dll. BeeAccounting akan secara otomatis mengisinya berdasarkan settingan yang ada pada pengaturan system. Untuk mengganti satuan dari satuan PCS ke satuan CRT atau sebaliknya gunakan tombol "+" pada keyboard.BAB 3 .

untuk lebih detail silahkan lihat Posting Disc BEE. Harga. Akan otomatis terisi berdasarkan setting pada master.data item yang perlu dimasukkan. 124 . Ada kemungkinan nilai pada kolom ini panjang karena nilai desimalnya dibutuhkan untuk kebutuhan validitas data. Disc%.PEMBELIAN • Disc % Diisi dengan diskon per item (Diskon Detail). Jika pada checkbox pajak tercentang maka kolom Pjk akan terisi "PPN" Sub Total Kolom subtotal ini adalah hasil kalkulasi dari Qty.BAB 3 . • • • Klik "Import Order Pembelian" untuk memilih data Order pembelian. PONo Pada kolom ini akan terisi jika pada Penerimaan Pembelian menggunakan import data dari Order Pembelian. Pjk (Pajak) Kolom ini menunjukan bahwa item yang anda beli ini dikenakan pajak.item tersebut berasal dari Order Pembelian yang bersangkutan. kolom ini merupakan kolom R/O (Read Only) karena akan otomatis terisi jika anda mengisi kolom disc %. • • • • Import Data Pada tab ini digunakan untuk meng-import data Penerimaan Pembelian dari Order Pembelian. Untuk Disc yang berada pada detail item ini tidak akan terpsoting ke Jurnal Umum. Sehingga dapat diketahui item . Harga Termasuk Pajak. Sehingga Penerimaan Pembelian tidak perlu memasukkan data . Pilih Order Pembelian yang diinginkan. PID Rekap Adalah tampilan dan akan terisi secara otomatis jika pada Penerimaan Pembelian menggunakan iten yang ber PID. Klik "Import Order Pembelian" kembali jika terdapat lebih dari 1 Order Pembelian dalam satu Vendor. Discount Menampilkan total nilai diskon. tetapi secara otomatis akan mempengaruhi HPP.

BAB 3 . Cara Akses Untuk memasukkan data invoice pembelian di BEE. Pembayaran terhadap barang yang dipesan bisa dilakukan dengan cara tunai dan kredit. Pembelian Credit 2.PEMBELIAN Pembelian Invoice Pembelian adalah dokumen yang berisi data pencatatan pembayaran terhadap pembelian yang dilakukan perusahaan. pilih pada MenuBar Pembelian -> Pembelian Ada dua Jenis Pembelian pada BeeAccounting yaitu : 1. Pembelian Cash 125 .

BAB 3 . Tips : Untuk pembelian Cash tetapi pembayaran melalui bank di hari itu juga lebih baik tipe pembelian di buat Credit. pilih credit pada ComboBoxnya. Tanggal transaksi tidak harus tanggal hari ini. Tanggal Secara default tanggal akan diisi dengan tanggal pada system komputer anda. Untuk merubahnya Klik DatePicker di sebelah kanan tanggal kemudian pilih tanggal pembelian anda. Termin : Diisi dengan tipe pembelian Credit / Cash o Untuk credit. Hapus isian AUTO pada TextBox kemudian masukan nomor Pembelian anda. baru ketika sudah di bayar masukan pada proses Pembayaran karena jika melalui Pembayaran anda bisa memberi keterangan Pembayaran dan ketika dilihat di Buku Banknya akan lebih jelas • Vendor Diisi kode Vendor (Supplier). maka akan keluar TextBox seperti berikut Untuk mengisi lama hari jatuh tempo nota dan tanggal jatuh tempo nota. Jika anda menggunakan Mata Uang Asing (Bukan Base Currency) isi Rate untuk Currency tersebut pada TextBox di sebelah Kanannya Pajak Digunakan jika transaksi pembelian yang anda lakukan menggunakan Pajak. Silahkan Klik pada CheckBox untuk mengaktifkan pajaknnya. sehingga saldo Kas/Bank tersebut akan berkurang sejumlah Pembelian tersebut. jika anda menginputkan transaksi yang sudah lampau ganti tanggal berdasarkan tanggal pada nota sebenarnya. Mata Uang Diisi mata uang yang akan anda gunakan untuk Transaksi Pembelian. Uang pembayaran akan diambil dari Kas yang anda pilih. Harga Termasuk Pajak Digunakan jika transaksi pembelian yang anda lakukan menggunakan pajak dan harga • • • 126 . Pembelian Secara default BeeAccounting akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor Pembelian anda. isi lama hari jatuh tempo nota maka tanggal akan secara otomatis mengkalkulasi tanggal jatuh tempo berdasarkan tanggal transaksi dan lama harinya o • • Untuk cash.PEMBELIAN Data Header Pembelian : • No. Klik pada Tombol Picker untuk mencari Data Vendor atau gunakan Tips Cepat Mencari Data dengan Picker. Jika anda ingin menentukan sendiri format nomor Pembelian. Contoh Perhitungan Pajak. pilih Cash pada ComboBox maka akan keluar ComboBox pilihan Kas seperti berikut Pilih Kas yang di gunakan untuk Pembayaran. Pilih pada ComboBoxn atau pada gambar Panah Kecil Terbalik di sebelah kanannya.

Diskon perfaktur adalah potongan yang di bebankan pada faktur (nota) yang bersangkutan. o Misalkan pada perusahaan anda terdapat banyak divisi dan otoritas tiap divisi berbeda . o Misalkan : Usaha yang anda jalankan memiliki cabang di berbagai kota. Klik pada CheckBox untuk mengaktifkan harga termasuk pajak. Agar user tidak sampai lupa untuk memilih cabang. Kas dan Akunting. • • • • • • • 127 . ekspedisi. Dsini menampilkan total yang harganya belum di tambah dengan pajak dan belum di kurangi dengan Disc total (Disc faktur). packing dll.beda. Maka draft ini harus disetting agar semua orang yang entry data tidak bisa posting o Atau mungkin satu kali transaksi jumlah item yang anda beli sangat banyak sehingga anda perlu melanjutkannya besok. • #Referensi Pengisian untuk data ini bersifat Optional. Pajak Total pajak yang harus kita bayar. bisa anda isikan nomor Nota dari vendor atau nomor Surat Jalan atau yang lainnya Draft berfungsi untuk Menunda Posting ke Stock.PEMBELIAN sudah termasuk pajak.BAB 3 . Cabang Diisi dengan cabang yang melakukan transaksi pembelian. Contoh Perhitungan Pajak. Misalkan biaya pengangkutan. sehingga anda tidak perlu khawatir kelewatan atau lupa entry data Keterangan Anda bisa mengisikan keterangan . Disinilah fungsi utama Combo Cabang. o Atau item yang anda beli masih belum jelas tetapi anda sudah menerima barangnya. sehingga setiap user tidak akan lupa mengisi data cabang dan tidak akan salah memilih cabang. Anda juga bisa buat draft dahulu baru ketika fix draftnya di hilangkan.keterangan yang terkait dengan data invoice pembelian tersebut. untuk melakukan posting ke akuntansi hanya otoritas divisi accounting yang di perbolehkan. Jika data anda sudah terintgrasi dengan BEE Accounting anda perlu untuk membedakan transaksi antar cabang. dan Disc ini akan di Jurnal Sehingga mempengarihu laba rugi. Kolom ini bersifat optional silahkan anda gunakan jika prusahaan anda membutuhkan informasi seperti dijelaskan di atas. Untuk pajak pada pembelian ini nantinya akan di posting sebagai pajak masukan (Piutang Pajak). karena ketika user mengentry data harus memilih cabang. karena akan di otomasi oleh system Subtotal Total penjumlahan dari Subtotal detail. maka kami memberi solusi yang sangat efektif. Hutang/Piutang. berar anda harus save sebagai draft terlebih dahulu supaya tidak terjadi penambahan hutang serta stock. Jadi setiap user pengguna program bisa di setting berada di cabang mana. Untuk lebih jelas silahkan lihat pada Posting Disc Bee Accounting.biaya yang akan di bebankan pada nota tersebut. Disc Diisi dengan diskon total (Diskon perfaktur). Freight Bisa diisi dengan biaya .

Jika pembelian Credit maka total tersebut yang akan di posting ke AP (Hutang usaha). Tetapi anda bisa merubahnya sendiri berdasarkan real penyimpanan barang yang anda beli. tekan tombol F1 pada keyBoard anda untuk menampilkan daftar Item. Nomor mesin pada mobil / motor dll. Contoh pembelian menggunakan PID. Pada saat pembelian anda bisa ganti dengan service mobil L1234 JP / Service mesin Packing 5571 dll ƒ Tips : Untuk item . kurir dll. BeeAccounting akan secara otomatis mengisinya berdasarkan settingan yang ada pada pengaturan system.BAB 3 . Nama Item Kolom untuk nama (diskripsi barang yang anda beli) BeeAccounting secara otomatis mengisinya berdasarkan master item yang dulu anda sudah buat. Kolom . jika anda lupa kode barang.Untuk pembelian jasa misalkan service. Data Detail Pembelian Pada tabel detail pembelian ini ada beberapa tabulasi yang mempunyai fungsi berbeda beda : • Item Digunakan unutk entry item . Jika jumlah Qty item yang anda beli berfariasi anda bisa masukan dua kali.PEMBELIAN • Total Total pembelian yang harus kita bayar.. Kode Diisi kode barang yang akan anda beli. Qty Diisi dengan jumlah barang yang anda beli. anda bisa merubah namanya. misalkan : ƒ Anda membeli Aqua 5 karton 10 PCS ƒ Anda harus memasukan dua kali : baris pertama anda masukan dengan Qty 5 dan unit karton ƒ Baris ke dua anda masukan Qty 10 dan unitnya PCS o o o o 128 . PID bisa anda gunakan untuk SN pada HP. misalkan anda membuat item dengan nama service. Kode pada Voucher.item biaya dan sifatnya umum anda bisa membuat satu item general jadi setiap pembeliannya anda tinggal memanggil item tersebut dan mengganti nama itemnya agar ketika masuk Jurnal Umum bisa dilacak pembelian untuk serice mobil atau mesin atau yang lain PID Diisi (Produk ID) jika pada perusahaan anda membutuhkannya. Anda juga bisa menggunakan teknik cepat mencari data untuk mempercepat entry data.kolom pada tabel item ini adalah : o No Nomor urut o Gd Diisi kode gudang yang digunakan untuk menyimpan barang yang dibeli.item yang akan di beli.

Dept Diisi dengan kode departemen yang bersangkutan.5%".5% hingga 10 kali. BOX dll.O (Import data Order Penerimaan) Digunakan untuk entry invoice pembelian berdasarkan referensi PO (Order Pembelian) / biasa di sebut import Pembelian dari PO tanpa melalui proses LPB (penerimaan pembelian). tetapi secara otomatis akan mempengaruhi HPP. Pjk Kolom ini menunjukan bahwa item yang anda beli ini dikenakan pajak. Sub Total Kolom subtotal ini adalah hasil kalkulasi dari Qty. anda tidak perlu menambahkan tanda "%".3% + 15. BeeAccounting support untuk multi diskon misalkan : 2. Harga Harus diisi dengan harga satuan dari item yang anda beli karena BeeAccounting akan secara otomatis mengkalkulasinya dengan Qty item. Untuk mengganti satuan dari satuan PCS ke satuan CRT atau sebaliknya gunakan tombol "+" atau "-" pada keyboard. PONo Akan terisi nomor PO jika anda melakukan pembelian berdasarkan PO yang telah anda buat. tetapi jika anda ingin mengisi diskon dengan nilai rupiahnya langsung. Akan otomatis terisi berdasarkan settingan yang ada di master. Jika pada check box pajak tercentang maka kolom Pjk akan terisi "PPN". DZ. PCS. Jadi jika perusahaan anda tidak menginginkan 129 . Ada kemungkinan nilai pada kolom ini sangat panjang karena nilai desimalnya dibutuhkan untuk validitas data. untuk lebih detail silahkan lihat Posting Disc Bee Accounting. jika anda ingin masukan disc persen anda harus mengisikan dengan tanda "%" misalkan disc "2. kolom ini merupakan kolom R/O (Read Only) karena akan otomatis terisi jika anda mengisi kolom disc %. Harga Termasuk Pajak.jika anda kurang paham silahkan lihat pada contoh penggunaan departmen. Harga.BAB 3 .000 + 0.PEMBELIAN o Unit Diisi unit / satuan dari item yang anda beli misalkan : CRT. Disc % Diisi dengan diskon peritem (Diskon Detail). Hal ini akan memudahkan anda untuk pengecekan data pembelian misalkan pembelian ini dulu berdasarkan LPB nomor berapa. Untuk Disc yang berada pada detail item ini tidak akan terpsoting ke Jurnal Umum.5% + 1. Discount Menampilkan total nilai diskon. silahkan klik pada kolomnya >> pilih gambar kaca pembesar di samping kolom tersebet. Disc%. PrcvNo Akan terisi nomor LPB (Penerimaan Pembelian) jika anda melakukan invoice pembelian berdasarkan LPB yang telah anda buat. Hal ini akan memudahkan anda untuk pengecekan data pembelian misalkan pembelian ini dulu berdasarkan PO nomor berapa. Kolom ini optional jika anda tidak membutuhkan silahkan tidak diisi • o o o o o o o o P.

Tab ini megelompokan item yang menggunakan PID.BAB 3 . Untuk melihat flowchart yang lebih jelas silahka lihat pada Flowchart Pembelian. untuk lebih jelas silahkan lihat pada Flowchart Pembelian. maka akan secara otomatis sudah terisi item .item yang belum dikirim dari nomor PO tersebut Jika yang ingin anda invoice lebih dari satu PO silahkan ulangi seperti proses sebelumnya Untuk membatalkan PO yang anda import.PEMBELIAN proses yang lengkap. Klik OK jika sudah menemukan nomor PO yang akan anda jadikan invoice pembelian Maka pada kolom PO No tersebut akan terisi nomor PO yang anda pilih tadi Untuk memastikan item yang anda import dari PO silahkan lihat pada tab Item. Untuk proses penerimaan pembelian ini harus import melalui PO karena LPB tidak bisa berdiri sendiri. • • • 130 . Seperti pada contoh berikut : contoh Freight PID Rekap Jika menggunakan PID (Product ID / SN) maka anda akan membutuhkan informasi pada tab rekap PID.item yang anda terima o Dalam satu invoice bisa terdiri dari beberapa LPB o Untuk membatalkan PRcv yang anda import. Cara penggunaan tab penerimaan barang adalah : o Klik tombo Pilih PRcv o Maka akan muncul dialog daftar penerimaan pembelian silahkan cari PRcv nomor berapa yang akan anda jadikan invoice pembelian. jika anda membatalkan import POnya maka item . maka akan secara otomatis sudah terisi item . jika anda membatalkan import PRcvnya maka item . Lihat tips melakukan filter yang efisien.item yang ada pada tab item juga akan secara otomatis terhapus.item yang ada pada Tab Item juga akan secara otomatis terhapus Pembayaran Jika sudah ada transaksi pembayaran untuk invoice pembelian nomor tersebut maka kolom Pay No akan terisi nomor transaksi pembayarannya. Sehingga kita bisa lebih mudah dalam pengecekan transaksi pembayarannya. anda bisa menyingkatnya dari PO langsung ke invoice pembelian. karena bisa jadi satu nomor transaksi pembelian bisa di bayar beberapa kali Akuntansi Digunakan untuk setting pemostingan Freight dan diskon ke Jurnal Umum dan Buku Besar. pilih nomor PRcvnya kemudian klik tombol Batal PRcv. pilih nomor PO kemudian klik tombol Batal PO. Cara penggunaan tab PO adalah : o o o o o o Klik tombol Pilih PO Maka akan muncul dialog daftar PO silahkan cari PO nomor berapa yang akan anda jadikan invoice pembelian. Lihat tips melakukan filter yang efisien. • Penerimaan Barang : Digunakan untuk entry invoice pembelian berdasarkan referensi LPB(Penerimaan Pembelian) / biasa di sebut import pembelian dari LPB. Untuk lebih jelas fungsi dan cara penggunaannya silahkan lihat link berikut ini. Klik OK jika sudah menemukan nomor PRcv yang akan anda jadikan invoice pembelian o Maka pada kolom PRcv No tersebut akan terisi nomor PRcv yang anda pilih tadi o Untuk memastikan item yang anda import dari PRcv silahkan lihat pada tab Item.

Sehingga 131 .PEMBELIAN Retur Pembelian Retur Pembelian merupakan dokumen yang berisi data .Retur pembelian bisa dilakukan dengan tunai dan kredit sesuai dengan kebutuhan perusahaan.data item barang yang dikembalikan kepada vendor karena kondisi tertentu misalnya berlebihan atau cacat / rusak.BAB 3 . Retur Pembelian Cash retur Pembelian Cash kepada Vendor hanya digunakan jika telah terdapat Invoice Pembelian secara cash. pilih pada MenuBar Pembelian --> Retur Pembelian Tipe Retur Pembelian 1. hal ini dimungkinkan untuk validasi data Hutang. Cara Akses Untuk memasukkan data retur pembelian di BEE.

o o o Klik pada tombol "Pilih Purc Pilih Referensi Pembelian yang diinginkan delete Item yang tidak dilakukan retur Pembelian 3.PEMBELIAN ketika melakukan proses retur Pembelian akan manambah Saldo Kas dan Barang Inventory akan berkurang. Retur Pembelian Credit retur Pembelian Credit pada dasarnya digunakan untuk menyeimbangkan Nota Invoice Pembelian Credit sebagai Potong Hutang. 2. Import dari data Penerimaan Pembelian Import dari data Penerimaan Pembelian dilakukan jika pada Penerimaan Pembelian belum terjadi Invoice Pembelian. sehingga dari Nota retur Pembelian Credit dapat digunakan sebagai alat Bayar Hutang pada vendor (Bayar Hutang dengan Potong Nota retur) Proses Retur Pembelian Pada proses retur Pembelian dapat dilakukan dengan 3 cara sesuai dengan kebutuhan dari user : 1. 132 . Input Item Manual Yaitu proses input data item dengan cara Menentukan Item yang akan dilakukan retur satu per satu sesuai barang tanpa menghiraukan referensi dari Pembelian atau dari Penerimaan Pembelian.BAB 3 . Import dari data Pembelian Digunakan untuk mengambil data dari Invoice Pembelian yang yang pernah masuk. 2.

Tipe Tipe digunakan sebagai proses transaksi retur Pembelian dengan menggunakan catatan lain sesuai dengan kebutuhan. Vendor Diisi kode Vendor (Suplier). Jika anda ingin Menentukan sendiri format penomoran. retur Pembelian dengan Termin "Cash" dilakukan jika pada Invoice Pembelian menggunakan termin "Cash" pula. Cash Pada Termin Cash berarti terdapat pemasukan Uang Kas / Bank sesuai pilihan Kas. Silahkan Klik pada CheckBox untuk mengaktifkan pajaknnya. secara default tanggal akan mengikuti tanggal yang tertera pada sistem komputer. Namun hal ini hanya terjadi jika pada Vendor tersebut pernah melakukan Pembelian Credit dan Status bayarnya "BELUM LUNAS". Referensi Pengisian untuk data ini bersifat Optional. Contoh Perhitungan Pajak. Pilih pada ComboBoxn atau pada gambar Panah Kecil Terbalik di sebelah kanannya. Sama halnya dengan termin Credit. Jika anda menggunakan Mata Uang Asing (Bukan Base Currency) isi Rate untuk Currency tersebut pada TextBox di sebelah Kanannya Pajak digunakan jika transaksi retur Pembelian yang anda lakukan menggunakan Pajak. Hapus isian AUTO pada TextBox kemudian masukan nomor transaksi anda. retur Secara default BeeAccounting akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor retur Pembelian. bisa anda isikan nomor Nota dari Vendor atau 133 . Termin Diisi dengan tipe retur Pembelian : Credit Termin Credit pada retur Pembelian dapat digunakan sebagai referensi nota Potong Hutang kepada Supplier / Vendor. Klik pada Tombol Picker untuk mencari Data Vendor atau gunakan Tips Cepat Mencari Data dengan Picker Mata Uang Diisi mata uang yang akan anda gunakan untuk Transaksi retur Pembelian. Tanggal Adalah tanggal transaksi yang dilakukan.BAB 3 .PEMBELIAN Data Header retur Pembelian No.

Pada saat pembelian anda bisa ganti dengan service mobil L1234 JP / Service mesin Packing 5571 dll ƒ Tips : Untuk item .Untuk pembelian jasa misalkan service. sehingga anda tidak perlu khawatir kelewatan atau lupa entry data Data Detail retur Pembelian • Item Digunakan unutk entry item . Misalkan pada perusahaan anda terdapat banyak divisi dan otoritas tiap divisi berbeda beda. Anda juga bisa menggunakan teknik cepat mencari data untuk mempercepat entry data. Anda juga bisa buat draft dahulu baru ketika fix draftnya di hilangkan. berar anda harus save sebagai draft terlebih dahulu supaya tidak terjadi penambahan hutang serta stock. Kolom . Atau item yang anda beli masih belum jelas tetapi anda sudah menerima barangnya.BAB 3 . jika anda lupa kode barang. Hutang/Piutang. anda bisa merubah namanya. Nama Item Kolom untuk nama (diskripsi barang yang anda beli) BeeAccounting secara otomatis mengisinya berdasarkan master item yang dulu anda sudah buat. kurir dll.kolom pada tabel item ini adalah : o No Nomor urut Gd Diisi kode gudang yang digunakan untuk menyimpan barang yang dibeli.item biaya dan sifatnya umum anda bisa membuat satu item general jadi setiap pembeliannya anda tinggal memanggil item tersebut dan mengganti nama itemnya agar ketika masuk Jurnal Umum bisa dilacak pembelian untuk serice mobil atau mesin atau yang lain o o o 134 .item yang akan di beli. misalkan anda membuat item dengan nama service.. Kas dan Akunting. untuk melakukan posting ke akuntansi hanya otoritas divisi accounting yang di perbolehkan. Tetapi anda bisa merubahnya sendiri berdasarkan real penyimpanan barang yang anda beli. BeeAccounting akan secara otomatis mengisinya berdasarkan settingan yang ada pada pengaturan system. Kode Diisi kode barang yang akan anda beli. Maka draft ini harus disetting agar semua orang yang entry data tidak bisa posting Atau mungkin satu kali transaksi jumlah item yang anda beli sangat banyak sehingga anda perlu melanjutkannya besok. tekan tombol F1 pada keyBoard anda untuk menampilkan daftar Item.PEMBELIAN nomor Surat Jalan atau yang lainnya Draft berfungsi untuk Menunda Posting ke Stock.

BeeAccounting support untuk multi diskon misalkan : 2.BAB 3 .5% + 1. Kode pada Voucher. anda tidak perlu menambahkan tanda "%".3% + 15. Pjk kolom ini menunjukan bahwa item yang anda beli ini dikenakan pajak. Akan otomatis terisi berdasarkan settingan yang ada di master. Disc%. DZ. Contoh pembelian menggunakan PID. kolom ini merupakan kolom R/O (Read Only) karena akan otomatis terisi jika anda mengisi kolom disc %. Untuk Disc yang berada pada detail item ini tidak akan terpsoting ke Jurnal Umum. Qty Diisi dengan jumlah barang yang anda beli. PCS. PONo Akan terisi nomor PO jika anda melakukan pembelian berdasarkan PO yang telah anda buat. misalkan : ƒ Anda membeli Aqua 5 karton 10 PCS ƒ Anda harus memasukan dua kali : baris pertama anda masukan dengan Qty 5 dan unit karton ƒ Baris ke dua anda masukan Qty 10 dan unitnya PCS Unit Diisi unit / satuan dari item yang anda beli misalkan : CRT. Untuk mengganti satuan dari satuan PCS ke satuan CRT atau sebaliknya gunakan tombol "+" pada keyboard.5%". tetapi secara otomatis akan mempengaruhi HPP. Discount menampilkan total nilai diskon.5% hingga 10 kali. PID bisa anda gunakan untuk SN pada HP. Jika pada check box pajak tercentang maka kolom Pjk akan terisi "PPN". untuk lebih detail silahkan lihat Posting Disc Bee Accounting. Nomor mesin pada mobil / motor dll. Harga Termasuk Pajak. jika anda ingin masukan disc persen anda harus mengisikan dengan tanda "%" misalkan disc "2. BOX dll. Jika jumlah Qty item yang anda beli berfariasi anda bisa masukan dua kali. Hal ini akan memudahkan anda untuk pengecekan data pembelian misalkan pembelian ini dulu berdasarkan PO nomor berapa. tetapi jika anda ingin mengisi diskon dengan nilai rupiahnya langsung. Disc % Diisi dengan diskon peritem (Diskon Detail). Harga. Sub Total kolom subtotal ini adalah hasil kalkulasi dari Qty. Harga Harus diisi dengan harga satuan dari item yang anda beli karena BeeAccounting akan secara otomatis mengkalkulasinya dengan Qty item. o o o o o o o o 135 . Ada kemungkinan nilai pada kolom ini sangat panjang karena nilai desimalnya dibutuhkan untuk validitas data.000 + 0.PEMBELIAN o PID Diisi (Produk ID) jika pada perusahaan anda membutuhkannya.

pilih pada MenuBar Penjualan -> Nota Potong 136 . Cara Akses Untuk memasukkan order pengiriman di BEE. Dept diisi dengan kode departemen yang bersangkutan.BAB 3 . Sehingga untuk melihat dalam Satu Item tersebut total kuantitinya yaitu dengan Klik pada Tab PID Rekap. Nota Potong Nota Potong Penjualan atau yang lazim disebut FCN digunakan sewaktu ada perubahan harga item dari dealer yang sebelumnya dibeli dengan harga tertentu. Kolom ini optional jika anda tidak membutuhkan silahkan tidak diisi o • PID Rekap Adalah rekapitulasi dari Item yang dilakukan transaksi dengan menggunakan PID karena dalam satu Item terdapat lebih dari Satu PID. Hal ini akan memudahkan anda untuk pengecekan data pembelian misalkan pembelian ini dulu berdasarkan LPB nomor berapa. Nota potong penjualan digunakan sebagai permintaan pengembalian modal yang ditujukan kepada dealer yang menjual item barang dimana terjadi perubahan harga pada kondisi tertentu. silahkan klik pada kolomnya >> pilih gambar kaca pembesar di samping kolom tersebet.PEMBELIAN o PrcvNo Akan terisi nomor LPB (Penerimaan Pembelian) jika anda melakukan invoice pembelian berdasarkan LPB yang telah anda buat.jika anda kurang paham silahkan lihat pada contoh penggunaan departmen.

4. Jika anda ingin menentukan sendiri format penomoran. klik pada Tombol Picker untuk mencari data customer atau gunakan Tips Cepat Mencari Data dengan picker. Masukkan tanggal Nota potong Tentukan customer Pilih mata uang dalam transkasi ini Masukkan total potong dari potong Nota Data Nota Potong • No FCN Secara default BEE akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor FCN anda. Tanggal Adalah tanggal transaksi yang dilakukan. Jika user memiliki akun selain yang telah tersedia.BAB 3 . Customer Diisi kode customer. dapat diganti sesuai dengan kebutuhan. • • • 137 . 2. secara default tanggal akan mengikuti tanggal yang tertera pada sistem komputer. 3. Akun Adalah default posting akuntansi pada proses nota potong. Hapus isian AUTO pada TextBox kemudian masukan nomor transaksi anda.PEMBELIAN Proses Nota Potong Penjualan 1.

Jika anda menggunakan mata uang asing (bukan base currency) isi rate untuk currency tersebut pada TextBox di sebelah kanannya. pilih pada combobox atau pada gambar panah kecil terbalik di sebelah kanannya. • 138 .BAB 3 . Jumlah Adalah nominal dari nota potong.PEMBELIAN • Mata Uang Diisi mata uang yang akan anda gunakan untuk transaksi ini.

STOK 4 STOK Bab 4 menjelaskan mengenai data – data yang berhubungan dengan stok – stok item 139 .BAB 4 .

dari form ini user dapat mengetahui barang yang masih mencukupi untuk dilakukan transaksi dan barang apa saja yang perlu diadakan order pembelian sehingga perusahaan terhindar dari kehabisan persediaan barang. Dari menu lihat stock dapat digunakan untuk melihat stock berdasarkan Filter Merk. Cara Akses : Untuk melihat stock item pada perusahaan di BEE.STOK Lihat Stok Lihat Stock digunakan untuk melihat status jumlah barang yang tersedia. Group. pilih pada MenuBar Stock --> Lihat Stock Header Stock 140 . Selain itu juga dapat dilakukan transaksi penyesuaian stock / Opname stock.. barang diatas 0 (nol) atau yang berada pada posisi low.BAB 4 .

Merk merupakan filter barang / stock dengan mengelompokkan berdasarkan merk tertentu sesuai dengan inputan master Item. Refresh adalah untuk proses melihat perubahan setelah ada action filter pada stock.BAB 4 . Tab adalah tabulasi / tab untuk filter stock sesuai dengan kebutuhan atau proses transaksi Opname.STOK • • • Gudang adalah filter stock berdasarkan tempat penyimpanan barang / gudang. Tab Filter >> Tab Standard • • • • • Group adalah filter stock berdasarkan group yang telah dimasukkan pada master item. Vendor adalah filter stock berdasarkan penyuplai barang tersebut. Tab Filter >> Extended 141 . Model adalah filter Stock berdasarkan type / model dari Item tersebut. Low dan > 0 Adalah filter Item berdasarkan jumlah kuantity Stock.

Stock . Stock .SO < QtyMin Adalah Qty stock setelah dikurangi dengan Sales Order berjumlah dibawah Qty minimal (Sesuai dengan settingan qty minus pada Master Item) 142 . Contoh “Ketika mencari nama Coklat. item atau lokasi penempatan.STOK • • • • Text area untuk memasukkan filter yang dimaksudkan. pada tab Sales Order terdapat pilihan checkbox: 1. berdasarkan nama item. kode menampilkan semua data yang mengandung kata Coklat”.BAB 4 . Display yang diicari. maka sistem akan Active untuk melihat status item yang statusnya active Clear all untuk menghapus semua yang ada pada Text Area Tab Filter >> Sales Order Tab sales order digunakan untuk melihat data inventory dengan tolak ukur Sales Order yang telah masuk pada admistrasi.SO < 0 Adalah Qty stock setelah dikurangi dengan Sales Order berjumlah kurang dari nol (minus) 2.

Opname. print Form Opname. Tab Opname Tab Opname digunakan untuk fasilitas Opname stock.kolom yang telah teredia oleh system serta dapat diaktifkan sesuai dengan kebutuhan / keinginan. Cara melakukan Proses Opname Stock : • Pilih nama item yang akan diopname (Perubahan Kuantity) kemudian tekan tombol "+" pada keyboard 143 .STOK Tab Kolom Pada tab Kolom terdapat fasilitas untuk menampilkan kolom . kllik pada Lap. Untuk menampilkan laporan Opaname Stock.BAB 4 .

BAB 4 .STOK • Masukkan nama pegawai yang melakukan penyesuain stock (stock opname) • Masukkan jumlah (quantity) sebenarnya pada kolom yang telah tersedia 144 .

Klik Form Opname untuk proses penyimpanan Opname Stock • Akan tampil menu Penyesuaian stock sebagai proses penyimpanan. 145 .STOK • Setelah selesai proses pemilihan Item yang di Opname.BAB 4 . Klik save untuk mulai menyimpan Opname Stock. • Jangan lupa untuk menekan tombol Refresh pada Form Stock.

dan model.BAB 4 . Cara Akses Untuk melakukan analisa stock pada BEE. • 146 . grup.STOK Analisa Stok Form Analisa stock digunakan sebagai proses penganalisa Barang. vendor. Pada Form ini user diharapkan dapat segera menentukan sikap ketika melihat Kuantiti di yang tersedia saat ini dibandingkan dengan Permintaan Penjualan. pada baris pertama menunjukkan Qty telah berada dibawah batas minimal dari Stock dan telah ada Permintaan Penjualan sebanyak 12 DOS sedangkan qty sekarang hanya tersedia 5 DOS. sehingga mengurangi resiko untuk kehabisan barang / Stock. Seperti tampak pada Gambar diatas. pilih pada MenuBar Stock --> Analisa Stock Tab Filter >> Standard Filter pada tab standard berdasarkan atas periode.

Klik kanan pada baris tersebut akan tampil List PO dan List SO.STOK • Tab Filter >> Extended Filter pada tab extended kode item dan nama item barang.BAB 4 . Pilih salah satu baris untuk melihat data PO atau SO detail dari item barang tersebut : Gambar dibawah akan menampilkan data Order Pembelian (PO) untuk Item "ANTIS STRAWBERRY BTL 60ML/144". 147 . List PO atau list SO akan dapat dilihat jika item barang pada kolom PO atau SO nilainya bukan 0 (nol).

Gambar dibawah akan menampilkan data Order Penjualan (SO) untuk Item "SOFFEL BUNGA • Tab Purchase Order Digunakan untuk proses generate order pembelian berdasarkan kondisi stock yang minim serta adanya order penjualan yang telah masuk.BAB 4 .STOK BOTOL 80G/144". 148 . o Gen Purchase Order Gen Purchase Order digunakan untuk melakukan proses generate order pembelian dengan memilih item yang diinginkan dengan cara menandai "centang" pada kolom "Cek".

Dalam hal ini akan dilakukan order pembelian otomatis dengam memperhatikan jumlah kuantiti dari order penjualan dan persediaan yang ada di dalam gudang. 149 .BAB 4 . Overlap Purchase Order hanya dapat dilakukan pada item barang yang persediaanya tidak mencukupi dibandingkan dengan pemesanan terhadap barang tersebut. klik Gen Purchase Order akan keluar form order pembelian dengan item .item yang sesuai dengan item yang dipilih pada form Gen Purchase Order.STOK Kemudian. Perhatikan item barang yang dipilih persediaannya lebih kecil daripada jumlah pemesanan. Lakukan pengisian sesuai dengan order pembelian. Hal ini untuk menghindari keterlambatan pengiriman terhadap barang yang dipesan dikarenakan persediaan barang tidak mencukupi. Perhitungan yang dilakukan yaitu dengan Rumus "Order Penjualan = Order Pembelian + Stock" Pilih item barang yang akan dilakukan Overlap Puchase Order. o Overlap Purchase Order Digunakan untuk proses generate order pembelian item barang dengan memperhatikan kuantiti order penjualan dibandingkan dengan stock yang tersimpan dalam gudang.

"Baskom Deluxe 816 NGT" akan dilakukan overlap PO sejumlah 48 pcs "Indofood Bumbu Kare" akan dilakukan overlap PO sejumlah 12 pcs 150 . On SO: 50 pcs" akan dilakukan overlap PO sejumlah 48 pcs "Indofood Bumbu Kare --> Qty: 28 pcs.item yang sesuai dengan item yang dipilih pada form Overlap Purchase Order. On SO: 40 pcs" akan dilakukan overlap PO sejumlah 12 pcs Kemudian. klik Overlap Purchase Order akan keluar form order pembelian dengan item .STOK "Baskom Deluxe 816 NGT --> Qty: 2 pcs.BAB 4 .

pilih pada MenuBar Stock --> Penyesuaian Stock Data Header Penyesuaian Stock • Nomor Transaksi Secara default BEE akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor transaksi. Untuk merubahnya klik DatePicker di sebelah kanan tanggal kemudian pilih tanggal penyesuaian stock. Tanggal Secara default tanggal akan diisi dengan tanggal pada sistem komputer. misalnya selisih qty suatu item karena barang rusak / hilang. Jika ingin menentukan sendiri format nomor pembelian. Hapus isian AUTO pada TextBox kemudian masukan nomor pembelian.STOK Penyesuaian Stok Penyesuaian Stock adalah proses persamaan antara stock yang tersedia dalam gudang / toko (real) dengan stock yang ada pada sistem karena suatu hal. Cara Akses Untuk melakukan analisa stock pada BEE.BAB 4 . • 151 .

Cabang Digunakan untuk transaksi dengan menggunakan cabang sebagai inputan (client diluar kota / pulau). • • • • • Data Detail Penyesuaian Stock • No Adalah nomor urut dari detail transaksi tersebut Gd Adalah Gudang yang digunakan dalam transaksi. bisa diisikan dengan nomor referensi dari user yang melakukan penyesuaian stock manual. Referensi Adalah nomor referensi jika diperlukan. dapat juga digunakan dengan menggunakan barcode item sesuai dengan master item. masukkan nominal HPP pada kolom HPP. Akun P/L Hanya akan keluar jika Metode dipilih ACC dan Replace. Untuk memasukkan data HPP. Keterangan Digunakan untuk menuliskan keterangan dari Penyesusian Stock tersebut. Metode Terdapat 3 pilihan Metode : o ACC : Adalah untuk menyesuaikan stock sesuai dengan kuantiti dimana keuntungan atau kerugian di "Aku" kan ke P/K Selisih Stock. kemudian save untuk menyimpan. Tipe Adalah default tipe untuk penyesuaian stock. Nama item akan otomatis menampilkan data ketika kode item sesuai dengan master item yang telah disesuaikan. Kode Adalah kode Item yang digunakan untuk traksaksi. dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan dengan memasukkan kode Gudang. • • • • Jika pada data header dipilih Akun P/L : ACC dan Roound Down akan muncul : o Qty : adalah kuantity / jumlah barang yang akan disesuaikan 152 . Klik disini untuk cara memasuk item. Akun P/L adalah type akun untuk proses penyesuaian stock. o Round Down : Adalah penyesuaian stock dengan sistem penambahan / pengurangan kuantiti memakai sistem hpp nol (Hanya untuk kuantity yang ditambahkan / dikurangi) o Replace : Adalah proses penyesuaian HPP (Harga Pokok Pembelian).STOK • No.BAB 4 . Nama Item Adalah nama item sesuai dengan kode yang telah dimasukkan pada kolom kode.

BAB 4 - STOK
o •

Unit : Adalah konversi unit dari item tersebut

Akun P/L dipilih Replace akan muncul o HPP : Adalah Harga Pokok Pembelian, kolom ini digunakna untuk merubah HPP pada item yang bersangkutan. Dept Adalah department yang melakukan proses Penyesuaian stock. (Biasanya berlaku untuk kontraktor) Prj Adalah project yang digunakan untuk melakukan proses penyesuaian stock (Biasanya berlaku untuk kontraktor)

Cara Penyesuaian Stock
1. Misalkan dicontohkan persedian item barang dengan nama"Stabilo Unicord" pada gudang PT. Buana Sejahtera terdapat kerusakan sejumlah 10 item dari total persediaan 36 item.

2. Pada form penyesuain stock isi dengan item barang yang akan dilakukan penyesuain stock yaitu "stabilo unicorn" (point 1 pada gambar). Kemudian masukkan jumlah item yang akan disesuaikan (opname), dalam contoh ini 10 item barang rusak akan dikurangkan dari persediaan yang semula 36 pcs (point 2 pada gambar).

153

BAB 4 - STOK

3. Tekan pada toolbar form untuk menyimpan. Stok pada item bersangkutan akan mengalami perubahan menjadi 26 pcs karena pengurangan dari 10 pcs item yang rusak. (lihat gambar dibawah).

154

BAB 4 - STOK

Mutasi Stok
Mutasi Stock adalah perpindahan item / barang dari satu tempat penyimpanan menuju tempat penyimpanan lain. Suatu contoh untuk mutasi barang dari Gudang menuju toko maka secara Otomatis stcok yang ada pada Gudang akan berkurang dan Stock yang ada diToko akan bertambah.

Cara Akses
Untuk melakukan analisa stock pada BEE, pilih pada MenuBar Stock --> Mutasi Stock

Data Header Mutasi Stock

No. Transfer Adalah nomor transaksi untuk mutasi stock, sehingga dalam setiap mutasi stock transaksi tersebut memiliki nomor transaksi yang berbeda. Pada penomeran ini dapat dilakukan dengan otomatis maupun dengan manual. Untuk penomeran otomatis, biarkan kode "AUTO" pada no. transaksi. Untuk nomor manual, silahkan ganti "AUTO" dengan nomor yang diinginkan.

155

BAB 4 - STOK

Tanggal Adalah tanggal transaksi untuk Mutasi Stock, secara default tanggal mengikuti dengan tanggal yang ada pada sistem komputer, namun pada transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan tanggal mundur. Tipe Tipe mutasi stock secara default adalah "Mutasi Stock" dan tidak dapat dirubah oleh user. Gudang Asal Adalah asal dari barang / item tersebut dipindahkan. Gudang Tujuan Adalah tujuan dari barang / item tersebut dipindahkan. Keterangan Digunakan untuk menuliskan catatan tentang Mutasi Stock tersebut. Cabang Digunakan untuk sistem yang menggunakan cabang.

Data Detail Mutasi Stock

No Adalah nomor urut dari detail transaksi tersebut. Gd Adalah Gudang yang digunakan dalam transaksi, dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan dengan memasukkan kode Gudang. Kode Adalah kode Item yang digunakan untuk traksaksi, dapat juga digunakan dengan menggunakan barcode item sesuai dengan master item. Klik disini untuk cara memasukkan item. Nama Item Adalah nama item sesuai dengan kode yang telah dimasukkan pada kolom kode. Nama item akan otomatis menampilkan data ketika kode item sesuai dengan master item yang telah disesuaikan. PID Adalah Product ID yang digunakan untuk item yang menggunakan product ID (misal : Handphone, vouche fisik dll) Qty Adalah kuantiti / jumlah barang yang akan disesuaikan. Unit Adalah konversi unit dari item tersebut.

156

(Biasanya digunakan untuk perusahaan kontraktor) Prj Adalah project yang digunakan untuk melakukan proses penyesuaian stock. Pada form mutasi stock pilih gudang asal (point 1 pada gambar) dan gudang tujuan (point 2 pada gambar) kemudian pada data grid isi dengan item barang yang akan dilakukan proses stock masuk yaitu"BOLP Glitter 6 Warna" (point 3 pada gambar). dalam contoh ini 28 pcs item akan dipindahkan dari toko ke dalam gudang (point 4 pada gambar). 157 . Kemudian masukkan jumlah item yang masuk. (Biasanya digunakan untuk perusahaan kontraktor) • Cara Mutasi Stock 1.STOK • Dept Adalah department yang melakukan proses Penyesuaian stock.BAB 4 . Buana Sejahtera akan dilakukan mutasi stock dari toko ke dalam gudang sebanyak 28 pcs dari persediaan di toko yang berjumlah 38 pcs. Misalkan dicontohkan item barang dengan nama"BOLP Glitter 6 Warna" pada gudang PT. Stock pada toko sebelum mutasi stock Stock pada gudang sebelum mutasi stock 2.

Stock pada toko sesudah mutasi stock Stock pada gudang sesudah mutasi stock 158 .STOK 3. (lihat gambar dibawah). Tekan pada toolbar form untuk menyimpan. Stok item barang "BOLP Glitter 6 Warna" pada gudang akan menjadi 28 pcs dari yang sebelumnya 0 pcs.BAB 4 . Dan pada toko akan menjadi 10 pcs.

Jika ingin menentukan sendiri format nomor pembelian.STOK Stok Masuk Stock masuk adalah proses penyesuaian stock dengan menambahkan kuantity barang. pilih pada MenuBar Stock --> Stock Masuk Data Header Stock Masuk • Nomor Transaksi Secara default BEE akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor pembelian. Hal ini sama halnya dengan proses Penyesuaian Stock namun lebiih spesifikasi pada penambahan kuantiti suatu barang / item. • 159 .BAB 4 . Modul ini digunakan jika ada penambahan barang yang tidak melalui proses normal yaitu Pembelian. Tanggal Secara default tanggal akan diisi dengan tanggal pada sistem komputer anda. Mutasi Stock. Hapus isian AUTO pada TextBox kemudian masukan stock masuk. Untuk merubahnya klik DatePicker di sebelah kanan tanggal kemudian pilih tanggal stock masuk anda. Cara Akses Untuk melakukan analisa stock pada BEE.

Gd Adalah Gudang yang digunakan dalam transaksi. (Biasanya digunakan untuk perusahaan kontraktor) • • • • • • 160 . Qty Adalah kuantiti / jumlah barang yang akan disesuaikan Unit Adalah konversi unit dari item tersebut Dept Adalah department yang melakukan proses stock masuk. dapat juga digunakan dengan menggunakan barcode item sesuai dengan master item. Cabang Digunakan untuk transaksi dengan menggunakan cabang sebagai inputan (client diluar kota / pulau).STOK • No. dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan dengan memasukkan kode Gudang. Nama Item Adalah nama item sesuai dengan kode yang telah dimasukkan pada kolom kode.BAB 4 . Referensi Adalah nomor referensi jika diperlukan. Akun P/L Adalah type Akun yang digunakan untuk proses stock masuk Keterangan Digunakan untuk menuliskan keterangan dari stock masuk tersebut. Klik disini untuk cara memasuk item. Nama item akan otomatis menampilkan data ketika kode item sesuai dengan master item yang telah disesuaikan. Tipe & Metode Tidak aktif karena disesuaikan dengan Menu yang ada. • • • • Data Detail Stock Masuk • No Adalah nomor urut dari detail transaksi tersebut. Kode Adalah kode Item yang digunakan untuk traksaksi. bisa diisikan dengan nomor referensi dari user yang melakukan proses stock masuk.

Misalkan dicontohkan persedian item barang dengan nama"NoteBook BWX-6102+BLP" pada gudang PT.BAB 4 . (Biasanya digunakan untuk perusahaan kontraktor) Cara Proses Stock Masuk 1. dalam contoh ini 50 pcs item akan dimasukkan / ditambahkan (point 161 .STOK • Prj Adalah project yang digunakan untuk melakukan proses stock masuk. Buana Sejahtera mengalami penambahan item sebanyak 50 pcs dari qty saat ini 20 pcs. Pada form stock masuk isi dengan item barang yang akan dilakukan proses stock masuk yaitu NoteBook BWX-6102+BLP" (point 1 pada gambar). 2. Kemudian masukkan jumlah item yang masuk.

(lihat gambar dibawah). namun pada proses ini lebih spesifikasi untuk proses pengurangan kuantiti dari item yang bersangkutan. Tekan pada toolbar form untuk menyimpan.BAB 4 . Stok Keluar Stock keluar sama halnya dengan Penyesuaian Stock atau Stock Masuk. Stock keluar digunakan untuk lebih mengurangi tingkat kesalahan pada user untuk melakukan 162 .STOK 2 pada gambar). Stok pada item bersangkutan akan mengalami penambahan sebanyak 50 pcs menjadi 70 pcs. 3.

Stock Keluar dan proses Update HPP. User juga bisa menggunakan modul ini utnuk mengeluarkan barang tersebut Cara Akses Untuk melakukan analisa stock pada BEE. Jika ingin menentukan sendiri format nomor pembelian. No. Hapus isian AUTO pada TextBox kemudian masukan nomor Stock Keluar. Maka pada menu ini hanya dapat dilakukan untuk . • • 163 .BAB 4 . Referensi Diisi nomor referensi jika diperlukan. Untuk merubahnya Klik DatePicker di sebelah kanan tanggal kemudian pilih tanggal Stock Keluar. jika pada Penyesuaian Stock dapat digunakan untuk proses Stock Masuk.STOK proses Penyesuaian stock. bisa diisi dengan nomor referensi dari Nota Fisik atau manual. pilih pada MenuBar Stock --> Stock Keluar Data Header Stock Keluar • Nomor Transaksi Secara default BEE akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor pembelian. Jika customer meminta sampel barang.mengurangi stock item tertentu saja. Tanggal Secara default tanggal akan diisi dengan tanggal pada sistem komputer.

BAB 4 . Klik disini untuk cara memasuk item. Qty Adalah kuantity / jumlah barang yang akan disesuaikan. • • • • • • • Cara Proses Stock Keluar 164 . Keterangan Digunakan untuk menuliskan keterangan dari Stok Keluar tersebut. Unit Adalah konversi unit dari item tersebut. Nama Item Adalah nama item sesuai dengan kode yang telah dimasukkan pada kolom kode. dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan dengan memasukkan kode Gudang. Akun P/L Adalah type Akun yang digunakan untuk proses Stock Keluar. Gudang Adalah Gudang yang digunakan dalam transaksi. Nama item akan otomatis menampilkan data ketika kode item sesuai dengan master item yang telah disesuaikan. Dept Adalah department yang melakukan proses Stok Keluar. (Biasanya digunakan untuk perusahaan kontraktor) Prj Adalah project yang digunakan untuk melakukan proses Stok Keluar (Biasanya digunakan untuk perusahaan kontraktor). Kode Item Adalah kode Item yang digunakan untuk traksaksi. • • • Data Detail Stock Keluar • No Adalah nomor urut dari detail transaksi tersebut. dapat juga digunakan dengan menggunakan barcode item sesuai dengan master item. Cabang Digunakan untuk transaksi dengan menggunakan cabang sebagai inputan (client diluar kota / pulau).STOK • Type & Metode Tidak aktif karena disesuaikan dengan Menu yang ada.

STOK 1. Kemudian masukkan jumlah item yang masuk.BAB 4 . Misalkan dicontohkan persedian item barang dengan nama"NoteBook BWX-6102+BLP" pada gudang PT. 2. Buana Sejahtera mengalami pengeluaran item sebanyak 50 pcs dari qty saat ini 70 pcs. Pada form stock keluar isi dengan item barang yang akan dilakukan proses stock keluar yaitu NoteBook BWX-6102+BLP" (point 1 pada gambar). dalam contoh ini 50 pcs item akan dikeluarkan dari gudang (point 2 pada gambar). 165 .

(lihat gambar dibawah).BAB 4 . 166 . Tekan pada toolbar form untuk menyimpan. Stock pada item bersangkutan akan mengalami pengurangan sebanyak 50 pcs menjadi 20 pcs.STOK 3.

BAB 5 .KAS BANK 5 KAS BANK Bab 5 menjelaskan mengenai proses – proses dan cara input untuk Mengolah data – data yang berhubungan dengan kas & bank 167 .

Penerimaan Secara default BeeAccounting akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor Terima Pembayaran anda. Data Header Peneriman Pembayaran • No.KAS BANK Penerimaan Pembayaran Modul Penerimaan Pembayaran ini digunakan untuk proses pembayaran Piutang customer Cara Akses Untuk memasukkan penerimaan pembayaran pada BEE. 168 . pilih pada MenuBar Kas/Bank --> Penerimaan Pembayaran.BAB 5 . Jika anda ingin Menentukan sendiri format nomor Terima Pembayaran Hapus isian AUTO pada TextBox kemudian masukan nomor Terima Pembayaran anda.

Lebih Bayar Digunakan jika dalam pembayaran melebihi dari total yang harus dibayar oleh customer. • • • • • • • • • Lebih bayar tidak boleh bernilai minus saat dilakukan penyimpanan Terima Pembayaran Data Detail Penerimaan Pembayaran Dalam data detail terima pembayaran terdapat dua proses penting untuk bisa melakukan pembayaran.KAS BANK • Tanggal Secara default tanggal akan diisi dengan tanggal pada system komputer anda. Dalam Base Currency Adalah untuk conversi ke dalam Rupiah jika dalam proses penerimaan menggunakan Mata Uang asing. Total Piutang yang dibayar Adalah jumlah total piutang yang akan dibayar oleh Customer / pelanggan. Total piutang yang dibayar Adalah jumlah total piutang yang akan dibayar oleh Customer / pelanggan. Cara bayar 169 . Customer : Adalah pelanggan yang akan melakukan pembayaran piutang.BAB 5 .Untuk merubahnya Klik DatePicker di sebelah kanan tanggal kemudian pilih tanggal transaksi anda. sehingga Customer memiliki Lebih Bayar / Deposit pada instansi berikut. 1. Masukkan kode customer atau klik pada tombol picker untuk mencari data customer / pelanggan. Piutang Yang Dibayar 2. Total diskon Pembayaran Adalah Total diskon yang telah dimasukkan pada transaksi "Untuk Bayar" sesuai dengan kesepakatan antara 2 fihak. Total Diskon pembayaran Adalah Total diskon yang telah dimasukkan pada transaksi "Untuk Bayar" sesuai dengan kesepakatan antara 2 fihak. Total Bayar Adalah total dari pembayaran yang telah dimasukkan pada "Cara bayar" . yaitu : .

tekan tombol OK atau tekan enter untuk memasukkan data SO 5. Tekan F3-Pilih ACC Untuk menambahkan daftar Account 3. 1.KAS BANK • Piutang yang diBayar Tab Piutang yang Bayar adalah data untuk inputan data yang digunakan referensi untuk dilakukan terima Pembayaran. sehingga dalam pembayaran Hutang ketika Invoice Penjualan telah keluar dapat dilakukan dengan terima pembayaran Hutang dengan Potong bayar menggunakan referensi pembayaran Uang Muka. 4.BAB 5 . 1. Tekan Tanda Spasi untuk memilih Piutang 2. Potong Piutang dengan Nota Potong Digunakan untuk membayar Hutang dengan menggunakan Nota Potong Penjualan. Klik OK atau tekan Enter untuk memilih daftar FCN / Nota Potong. jika Customer membayar tidak sesuai dengan jumlah Piutangnya mungkin selisih Rp. Dalam tab ini terdapat : 1. 1. Tekan F4 pada Keyboard atau Klik pada Tombol F4-Pilih PO untuk melihat daftar Order Penjualan 2. Tekan OK untuk menambahkan daftar list pada Terima Pembayaran 3. 3. Tekan Tombol F1-Pilih Piutang untuk membuka daftar hutang. Tekan F5 pada keyboard atau Klik pada Tombol F5-Pilih FCN untuk melihat daftar Nota Potong 3. 2. Tekan Tombol panah bawah pada keyboard Untuk menambahkan baris apabila pada pada baris sebelumnya telah ada list Untuk Bayar 2. Tekan Tombol panah bawah pada keyboard Untuk menambahkan baris apabila pada pada baris sebelumnya telah ada list Piutang yang Bayar 2. Tekan Tombol F2-Pilih Return Untuk memilih daftar Return penjualan 3. Penambahan Kas lain . dll Namun pada menu ini hanya akan tampil jika menggunakan Modul Accounting. 1. Potong Nota Return Dalam Potong Nota return ini digunakan sebagai pemotong hutang Invoice Penjualan dari return Penjualan. Terima Pembayaran Piutang Digunakan sebagai cara untuk pembayaran Piutang dari Invoice Penjualan yang telah dibuat. 200 karena nilai terlalu kecil maka perusahaan anda memberi toleransi. Terima Pembayaran Uang Muka Terima Pembayaran Uang Muka digunakan untuk pembayaran atas Order Penjualan yang telah dibuat. Klik Ok untuk menambahkan daftar list perusahaan anda. Tekan F1 Untuk mencari Account berdasarkan Nama 4.lain Digunakan untuk memasukkan data biaya tambahan yang terkait dengan Penerimaan Pembayaran tersebut misal : Biaya Bank yang dibebankan pada 1. 170 . Filter berdasarkan Periode Penjualan. Tekan Tombol panah bawah pada keyboard Untuk menambahkan baris apabila pada pada baris sebelumnya telah ada list Piutang yang Bayar 2.

Referensi Adalah Nomor Referensi dari transaksi yang akan dilakukan terima pembayaran.KAS BANK Keterangan dari Detail Piutang yang Dibayar : o No Adalah nomor urut dari detail transaksi tersebut Type Adalah referensi dari piutang yang dibayar. Maka pada Total Piutang yang akan Dibayar "Dalam base Currency (Rp)" akan menghitung nilai Rupiahnya. Pada mata uang ini tidak dapat dirubah ke Mata Uang yang lain karena menyesuaikan dengan Invoice Penjualan yang telah ada. keterangan juga akan secara default muncul sesuai dengan referensi namun menunjukkan nomor transaksinya. dan akan dibayarkan dengan menggunakan IDR. No. hal ini digunakan untuk proses Pembayaran piutang. Misal dalam Mata Uang tertera USD. Untuk memilih piutang yang akan dibayar. Jumlah Bayar Adalah total nominal kesanggupan untuk pembayaran piutang berdasarkan invoice yang telah dikeluarkan. Keterangan Adalah keterangan dari kolomn referensi. Rate Adalah Kurs nilai tukar transaksi. Ubahlah nomonal pada "Jumlah bayar" untuk proses pembayaran dengan cicilan Disc % Digunakan untuk inputan discount pembayaran pada salah satu invoice / lebih sesuai dengan kesepakatan. Pada disc % dapat pula dimasukkan nominal dalam bentuk currency(Multy Discount). pada type ini akan secara default tersisi dari proses yang piutang yang dibayar. Sehingga dari Invoice yang telah keluar dapat dilakukan pembayaran dengan penuh (LUNAS) atau dengan cicilan.BAB 5 .5% Disc Rp Adalah hasil convert dari perhitungan Disc % Netto Bayar Adalah nominal yang harus dibayar setelah ada potongan pembayaran Mata Uang Adalah default sesuai dengan Invoice Penjualan yang telah dilakukan. Contoh : 2%+5000+5%+2. F1 Pilih Piutang Digunakan untuk melihat list / daftar piutang yang akan dibayarkan. tekan Spasi pada keyboard kemudian tekan tombol "OK" o o o o o o o o o o 171 . maka masukkan Nilai Tukar pada saat itu dalam "Rate".

Pada "Cara bayar" pilih Transfer Bank 3. Masukkan Nomor Transaksi pada Keterangan 3. biaya pengiriman. (Tombol ini akan aktif jika menggunakan modul Accounting) F4 Pilih SO Digunakan untuk proses pebayaran Uang muka. Pilih Kas sebagai source dari Uang Tunai tersebut 4. o o o • Cara Pembayaran Adalah cara pembayaran yang dilakukan untuk pembayaran piutang 1.BAB 5 . 1. F3 Pilih ACC Digunakan jika terdapat biaya lain selain Piutang yang akan dibayarkan. untuk proses pembayaran uang muka haus dilakukan terlebih dahulu Sales Order. misal : Biaya Materai. sehingga user memasukkan data dengan menggunakan Pilih ACC untuk biaya selain dari Piutang. Dari Inputan SO akan digunakan sebagai referensi dalam proses Pembayaran Uang muka.KAS BANK o F2 Pilih Return Digunakan untuk proses pembayaran piutang dengan menggunakan potong dai Nota Return. Pembayaran Tunai Pembayaran Tunai digunakan untuk melakukan cara terima pembayaran dengan menggunakan uang tunai sebagai pembayaran. Pembayaran Transfer Bank Digunakan untuk pembayaran hutang dengan menggunakan bank sebagai alat untuk pembayaran. Pada "Cara bayar" pilih Tunai 3. Sebelum menggunakan cara Pembayaran Check Bank / Giro. Tekan F1 pada Keyboard / klik F1-Cara bayar untuk memilih cara pembayaran 2. Masukkan Nominal dari pembayara 5. Masukkan Nominal dari Pembayaran 2. Tentukan bank yang akan digunakan 4. F5 Pilih FCN Digunakan sebagai proses Terima Pembayaran Piutang dengan menggunakan Nota Potong. sehingga pada piutang yang ada di potong dengan Nota Return Penjualan yang telah ada. 1. Tekan F1 pada Keyboard / klik F1-Cara bayar untuk memilih cara pembayaran 172 . harus dibuatkan data pembayaran Check bank / Giro 2. Tekan F1 pada Keyboard / klik F1-Cara bayar untuk memilih cara pembayaran 2. Pembayaran dari Check Bank / Giro Digunakan jika pada pembayaran menggunakn Check bank / Giro sebagai alat pembayaran 1.

Pembayaran dari Potong Lebih Bayar Digunakan jika dalam pembayaran Hutang yang lalu kita memiliki Deposit pada vendor (Lebih bayar). 4. Nomor tersebut akan tampil secara otomatis sesuai dengan master Check / Bank Giro yang telah dimasukkan. sehingga dalam pembayaran hutang dapat dilakukan dengan memotong berdasarkan Lebih bayar yang telah dibayarkan 1. Pada "Cara bayar" pilih Cheque / Giro Pilih Check / Giro sesuai dengan inputan pada master Check / Giro Nominal akan secara otomatis tersisi sesuai dengan master Check / Giro Masukkan keterangan sebagai pelengkap data pembayaran 4. Tekan F1 pada Keyboard / klik F1-Cara bayar untuk memilih cara pembayaran 2. Keterangan Adalah keterangan yang dimasukkan pada cara pembayaran tersebut.BAB 5 .KAS BANK 3. Pembayaran dengan Credit Card Pembayaran ini sama juga dengan menggunakan Transfer Bank. Nominal akan secara otomatis akan tampil sesuai dengan lebih bayar yang telah tersimpan sebelumnya 5. Masukkan keterangan sebagai pelengkap data pembayaran 5. o o o o o 173 . 6. CBG Adalah nomor Check / Bank Giro pada cara pembayaran dengan metode Check /BG. 6. Pada "Cara bayar" pilih Potong Lebih Bayar 3.cara pembayaran yang telah dilakukan. maka dalam cara pembayaran juga harus IDR. hal ini digunakan untuk proses Pembayaran piutang. Jumlah Adalah nominal currency pada cara bayar itu. biasanya dituliskan untuk referensi pembayaran atau nomor transfer untuk cara bayar dengan menggunakan metode Transfer Bank No. Mata Uang Secara default menggunakan Rupiah. Pembayaran dengan Debit Card Pembayaran dengan menggunakan Debit card prosesnya sama dengan pembayaran dengan menggunakan Transfer Bank. Jika piutang dalam bentuk IDR. namun pada instansi tertentu yang menggunakan lebih dari 1 Currency dalam proses transaksi dapatberubah sesuai dengan type terima pembayaran. Pilih Referensi dari Lebih bayar 4. Keterangan dari Detail Cara Pembayaran : o Kas/bank Adalah Kas / bank yang digunakan untuk tujuan penyimpanan Uang dari proses Terima Pembayaran sesuai dengan cara . Rate Adalah Kurs nilai tukar transaksi. 5.

KAS BANK Pembayaran Modul ini digunakan untuk melakukan proses pembayaran Hutang perusahaan ke Vendor / Supplier Cara Akses Untuk melakukan proses pembayaran pada BEE. Data Header Pembayaran • No. Penerimaan Secara default BeeAccounting akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor Pembayaran anda. Hapus isian AUTO pada TextBox kemudian masukan nomor transaksi anda. Jika anda ingin menentukan sendiri format nomor Pembayaran. pilih pada MenuBar Kas/Bank --> Pembayaran.BAB 5 . 174 .

Masukkan kode Vendor atau klik pada tombol picker untuk mencari data Vendor /Supplier. Vendor : Adalah pelanggan yang akan melakukan pembayaran. Total diskon Pembayaran Adalah Total diskon yang telah dimasukkan pada transaksi "Untuk Bayar" sesuai dengan kesepakatan antara 2 fihak. Total Hutang yang dibayar Adalah jumlah total hutang yang akan dibayar kepada Vendor / Supplier. Untuk Bayar 2. • • • • • • • • Data Detail Pembayaran Dalam data detail pembayaran terdapat dua proses penting untuk bisa melakukan pembayaran. Total Hutang Yang Dibayar Adalah jumlah total hutang yang akan dibayar ke Vendor / Supplier. Dalam Base Currency Adalah untuk conversi ke dalam Rupiah jika dalam proses Pembayaran menggunakan Mata Uang asing. 1. Untuk merubahnya klik DatePicker di sebelah kanan tanggal kemudian pilih tanggal transaksi.BAB 5 . Total Bayar Adalah total dari pembayaran yang telah dimasukkan pada "Cara bayar" . Total Diskon pembayaran Adalah Total diskon yang telah dimasukkan pada transaksi "Untuk Bayar" sesuai dengan kesepakatan antara 2 fihak. Lebih Bayar Digunakan jika dalam pembayaran melebihi dari total yang harus dibayar ke vendor sehingga kita memiliki Lebih Bayar / Deposit pada Vendor. yaitu : . Dalam tab ini terdapat : 175 . Cara bayar • Untuk Bayar : Tab Untuk Bayar adalah data untuk inputan data yang digunakan referensi untuk dilakukan Pembayaran.KAS BANK • Tanggal Secara default tanggal akan diisi dengan tanggal pada system komputer anda.

1. Tekan F3-Pilih ACC Untuk menambahkan daftar Account 3. Tekan F5 pada keyboard atau Klik pada Tombol F5-Pilih FCN untuk melihat daftar Nota Potong 3.BAB 5 . Kas untuk keperluan kantor. Tekan F1 Untuk mencari Account berdasarkan Nama 4. Bayar Hutang Digunakan sebagai cara untuk pembayaran Hutang dari Invoice Pembelian yang telah dibuat. 1. Tekan Tombol panah bawah pada keyboard Untuk menambahkan baris apabila pada pada baris sebelumnya telah ada list Untuk Bayar 2.KAS BANK 1. Namun pada menu ini hanya akan tampil jika menggunakan Modul Accounting. Pembayaran Uang Muka Pembayaran Uang Muka digunakan untuk pembayaran atas Order pembelian yang telah dibuat. Pilih Acc Digunakan untuk pembayaran / pengeluraan yang tanpa melalui proses Hutang atau Pembelian. Tekan Tombol panah bawah pada keyboard Untuk menambahkan baris apabila pada pada baris sebelumnya telah ada list Untuk Bayar 2. 176 . Biaya Parkir. 1. Misal Pembayaran Administrasi bank. 1. Tekan Tombol panah bawah pada keyboard Untuk menambahkan baris apabila pada pada baris sebelumnya telah ada list Untuk Bayar 2. 3. Filter berdasarkan Periode Pembelian. 1. Potong Hutang dengan Nota Potong Digunakan untuk membayar Hutang dengan menggunakan Nota Potong Pembelian. Tekan OK untuk menambahkan daftar list pada Pembayaran Hutang 3. sehingga dalam pembayaran Hutang ketika Invoice Pembelian telah keluar dapat dilakukan dengan pembayaran Hutang dengan Potong bayar menggunakan referensi pembayaran Uang Muka. tekan tombol OK atau tekan enter untuk memasukkan data PO 5. Tekan Tombol F2-Pilih Return Untuk memilih daftar Return pembelian 3. Klik OK atau tekan Enter untuk memilih daftar FCN / Nota Potong. Tekan Tombol F1-Pilih Hutang untuk membuka daftar hutang. Tekan Tanda Spasi untuk memilih hutang 2. Tekan F4 pada Keyboard atau Klik pada Tombol F4-Pilih PO untuk melihat daftar Order Pembelian 2. Potong Nota Return Dalam Potong Nota return ini digunakan sebagai pemotong hutang Invoice Pembelian dari return pembelian. 2. Klik Ok untuk menambahkan daftar list 4. Pembayaran Pajak. Biatya BBM dll.

Pada disc % dapat pula dimasukkan nominal dalam bentuk currency(Multy Discount). Rate Adalah Kurs nilai tukar transaksi. • o o o o o o o o o Cara Pembayaran Adalah cara pembayaran yang dilakukan untuk pembayaran piutang 1. dan akan dibayarkan dengan menggunakan IDR. Pembayaran Tunai Pembayaran Tunai digunakan untuk melakukan cara pembayaran dengan menggunakan uang tunai sebagai pembayaran. Jumlah Bayar Adalah total nominal kesanggupan untuk pembayaran berdasarkan Invoice Pembelian yang telah dibuat. Pada mata uang ini tidak dapat dirubah ke Mata Uang yang lain karena menyesuaikan dengan Invoice Pembelian yang telah ada.KAS BANK Keterangan dari Detail Pembayaran o No Adalah nomor urut dari detail transaksi tersebut Type Adalah referensi dari hutang yang dibayar. Contoh : 2%+5000+5%+2. Keterangan Adalah keterangan dari kolomn referensi. No. maka masukkan Nilai Tukar pada saat itu dalam "Rate". Misal dalam Mata Uang tertera USD. Ubahlah nomonal pada "Jumlah bayar" untuk proses pembayaran dengan cicilan Disc % Digunakan untuk inputan discount pembayaran pada salah satu invoice / lebih sesuai dengan kesepakatan. Sehingga dari Invoice yang telah dibuat dapat dilakukan pembayaran dengan penuh (LUNAS) atau dengan cicilan. Tekan F1 pada Keyboard / klik F1-Cara bayar untuk memilih cara pembayaran 2. Referensi Adalah Nomor Referensi dari transaksi yang akan dilakukan pembayaran. pada type ini akan secara default tersisi dari proses yang akan dibayar. hal ini digunakan untuk proses Pembayaran.BAB 5 . Pada "Cara bayar" pilih Tunai 177 . Maka pada Total Hutang yang akan Dibayar "Dalam base Currency (Rp)" akan menghitung nilai Rupiahnya. 1. keterangan juga akan secara default muncul sesuai dengan referensi namun menunjukkan nomor transaksinya.5% Disc Rp Adalah hasil convert dari perhitungan Disc % Netto Bayar Adalah nominal yang harus dibayar setelah ada potongan pembayaran Mata Uang Adalah default sesuai dengan Invoice Pembelian yang telah dilakukan.

Pilih Referensi dari Lebih bayar 4. Tekan F1 pada Keyboard / klik F1-Cara bayar untuk memilih cara pembayaran 2. Pada "Cara bayar" pilih Potong Lebih Bayar 3. Pilih Kas sebagai source dari Uang Tunai tersebut 4. Pilih Check / Giro sesuai dengan inputan pada master Check / Giro 5. harus dibuatkan data pembayaran Check bank / Giro 2.BAB 5 . 1. Pada "Cara bayar" pilih Cheque / Giro 4. sehingga dalam pembayaran hutang dapat dilakukan dengan memotong berdasarkan Lebih bayar yang telah dibayarkan 1. Pembayaran dari Potong Lebih Bayar Digunakan jika dalam pembayaran Hutang yang lalu kita memiliki Deposit pada vendor (Lebih bayar). Pembayaran Transfer Bank Digunakan untuk pembayaran hutang dengan menggunakan bank sebagai alat untuk pembayaran. Masukkan Nominal dari Pembayaran 2.KAS BANK 3. Pembayaran dari Check Bank / Giro Digunakan jika pada pembayaran menggunakn Check bank / Giro sebagai alat pembayaran 1. Nominal akan secara otomatis akan tampil sesuai dengan lebih bayar yang telah tersimpan sebelumnya 5. Masukkan keterangan sebagai pelengkap data pembayaran 5. Masukkan keterangan sebagai pelengkap data pembayaran 4. Tentukan bank yang akan digunakan 4. 178 . Masukkan Nominal dari pembayaran 5. Masukkan Nomor Transaksi pada Keterangan 3. Pembayaran dengan Credit Card Pembayaran ini sama juga dengan menggunakan Transfer Bank. Nominal akan secara otomatis tersisi sesuai dengan master Check / Giro 6. Tekan F1 pada Keyboard / klik F1-Cara bayar untuk memilih cara pembayaran 3. Pada "Cara bayar" pilih Transfer Bank 3. Pembayaran dengan Debit Card Pembayaran dengan menggunakan Debit card prosesnya sama dengan pembayaran dengan menggunakan Transfer Bank. 6. Sebelum menggunakan cara Pembayaran Check Bank / Giro. Tekan F1 pada Keyboard / klik F1-Cara bayar untuk memilih cara pembayaran 2.

Jumlah Adalah nominal currency pada cara bayar itu. o o o o o 179 . biasanya dituliskan untuk referensi pembayaran atau nomor transfer untuk cara bayar dengan menggunakan metode Transfer Bank No.KAS BANK Keterangan dari Detail Cara Pembayaran o Kas/bank Adalah Kas / bank yang digunakan untuk pengambilan Uang dari proses Pembayaran Hutang sesuai dengan cara . Rate Adalah Kurs nilai tukar transaksi. Keterangan Adalah keterangan yang dimasukkan pada cara pembayaran tersebut.BAB 5 . Mata Uang Secara default menggunakan Rupiah. Nomor tersebut akan tampil secara otomatis sesuai dengan master Check / Bank Giro yang telah dimasukkan.cara pembayaran yang telah dilakukan. CBG Adalah nomor Check / Bank Giro pada cara pembayaran dengan metode Check /BG. namun pada instansi tertentu yang menggunakan lebih dari 1 Currency dalam proses transaksi dapat berubah sesuai dengan type pembayaran. Jika piutang dalam bentuk IDR. maka dalam cara pembayaran juga harus IDR. hal ini digunakan untuk proses Pembayaran Hutang.

Dari form ini informasi yang didapatkan adalah Rekapitulasi Piutang. Cara Akses Untuk melihat piutang pada BEE. pilih pada MenuBar Kas/Bank --> Lihat Piutang.KAS BANK Lihat Piutang Form ini digunakan untuk menampilkan Data / List Piutang dari Customer.BAB 5 . yang sudah dibayar (pembayaran Cicilan) dan Total Piutang yang belum terbayar. 180 .

BAB 5 - KAS BANK

Lihat Hutang
Menu Lihat Hutang ini digunakan untuk menampilkan Data / List Hutang Perusahaan.

Cara Akses
Untuk melihat hutang pada BEE, pilih pada MenuBar Kas/Bank --> Lihat Hutang.

Dari form ini informasi yang didapatkan adalah :
• • •

Rekapitulasi Total Hutang Total yang sudah dibayar Saldo Hutang

Lihat Kas
Form Lihat Kas adalah form untuk melihat status kas yang pada waktu sekarang,dari menu berikut juga dapat digunakan sebagai transaksi Penyesuaian Kas pada suatu Kas / Bank tertentu. Pada dasarnya proses / sistem kerja dari menu ini adalah sama dengan menu lihat stock.

Cara akses
Untuk melihat kas pada BEE, pilih pada MenuBar Kas/Bank --> Lihat Kas.

181

BAB 5 - KAS BANK

Proses Opname Kas
Proses Opaname Kas ini sebenarnya sama dengan Proses Penyesuaian Kas. Fungsinya adalah mencocokan Saldo Kas atau Bank yang ada pada Sistem dengan data Kas atau Rekening Bank yang Riil. Pada Menu ini user bisa menambah atau mengurangi Kas tanpa melalui proses penerimaan ataupun pembayaran. Perbedaannya dengan Penyesuaian Kas adalah pada caranya saja

Penggunaan Opname Kas
1. Masukkan Nominal kas yang Riil pada kolom Saldo (Bisa Dilihat dari Buku Rekening atau Menghitung sendiri Uang yang ada pada Brankas). 2. Klik pada Tab Opname.

3. Klik Tombol Penyesuaian.

182

BAB 5 - KAS BANK
4. Pilih Pegawai yg melakukan Opname.

5. Maka akan keluar form Penyesuaian kas sebagai data konfirmasi. Bisa dilihat pada Field Jumlah Sudah Terisi secara Otomatis yang diperoleh dari selisih Saldo Kas awal dengan Saldo Riil yang dimasukkan.

6. Masukkan Keterangan sebagai catatan dilakukannya penyesuaian kas. 7. Save Penyesuaian kas tersebut >> tutup Form penyesuaian kas tersebut. 8. Refresh pada Form Lihat Kas.

183

BAB 5 - KAS BANK

Mutasi Kas
Mutasi kas digunakan untuk perpindahan uang antar kas / bank. Misalkan dari Uang yang ada diBrankas kantor disetorkan ke Bank, itu berarti harus ada Proses Mutasi Kas ke Bank.

Cara Akses
Untuk melakukan proses mutasi kas pada BEE, pilih pada MenuBar Kas/Bank --> Mutasi Kas.

Proses Mutasi Kas
1. 2. 3. 4. 5. Tentukan Kas asal. Pilih juga pada kas tujuan. Masukkan nominal uang yang akan dipindahkan. Masukan keterangan yang terkait dengan Proses Mutasi Kas tersebut pada Field Catatan. Save transaksi.

184

BAB 5 . Pencairan. pilih pada MenuBar Kas/Bank --> Lihat Giro Proses penambahan Giro 185 . Pembatalan pencairan.KAS BANK Lihat Giro Lihat giro digunakan sebagai list data Cek Bank / Giro sesuai dengan inputan yang telah dimasukkan dalam data. Penambahan data Cek Bank / giro. Cara Akses Untuk melihat giro pada BEE.

CBG sesuai dengan nomor yang tertera pada fisik Cek / BG 7. Masukkan No. Gunakan tombol yang tersedia sesuai kebutuhan o Void Void digunakan untuk delete data transaksi. Klik tombol edit 3. 4. Klik pada BG yang dipilih 2. data akan hilang o o Clear Digunakan sebagai proses pencairan dari Ceck / BG Void Clear Digunakan untuk proses penggagalan pencairan kas dan tidak dapat dikembalikan. Masukkan nama dari bank tersebut 9. Untuk BG keluar. edit data BG (Sebelum ada transaksi pencairan BG) delete BG dll. Pilih mata uang yang digunakan (Untuk pengguna Multy Curency) 11.BAB 5 . 1. Masukkan nominal dari Cek / BG tersebut 10. 186 .KAS BANK Tentukan In / Out dari BG tersebut Masukkan tanggal BG Masukkan tanggal kadaluarsa dari BG tersebut Kas Asal default "Kas BG". 3. tentukan "Asal" Customer yang mengeluarkan 12. Pilih "Cash Clear" sebagai tempat tujuan pencaran Uang 6. tentukan "Tujuan" Vendor sebagai penerima BG 1. Untuk proses void. digunakan sebagai tempat penyimpanan BG sebelum dicairkan 5. 2. Untuk BG masuk. Tentukan Bank sebagai pengeluar dari BG tersebut 8. Proses Edit Giro Edit giro dapat digunakan untuk proses pencairan BG.

pilih pada MenuBar Kas/Bank -> Rekonsiliasi Bank Untuk proses rekonsiliasi tersebut berdasarkan setting pada kas / bank pada Master Kas/Bank 1. Cara Akses Untuk melakukan proses rekonsiliasi bank pada BEE. uang yang belum terkurangi sebelum ada rekonsisliasi. Check Terima Pembayaran Digunakan sebagai proses terima pembayaran yang telah dilakukan dengan menggunakan bank sehingga setelah dilakukan terima pembayaran. Check Pembayaran Digunakan untuk proses pembayaran hutang yang telah dilakukan dengan menggunakan Bank. admin keuangan check pada Bank yang bersangkutan. sehingga setelah dilakukan pembayaran. 187 .KAS BANK Rekonsiliasi Bank Rekonsiliasi bank digunakan sebagai pengecekan terhadap suatu bank yang telah melakukan pembayaran / terima pembayaran. Ketika vendor menyatakan telah menerima uang Cash / Menerima transfer baru dilakukan rekonsiliasi untuk mengurangi saldo secara sistem 2. Jika uang yang telah dinyatakan telah masuk ke bank.BAB 5 . maka rekonsiliasi bank dapat dilakukan dan Nominal uang akan masuk pada system.

3.KAS BANK Proses Rekonsiliasi Bank 1. 6. Tentukan periode pembayaran / terima pembayaran Filter berdasarkan Bank yang dimaksud Tentukan mata uang yang digunakan Klik Refresh untuk melihat data Rekonsiliasi Pilih data kas yang telah ada dengan menekan spasi pada keyboard Klik Tombol Rekonsiliasi 188 .BAB 5 . 5. 4. 2.

BAB 6 .PENJUALAN 6 PENJUALAN Bab 6 menjelaskan mengenai proses – proses dan cara input untuk mengolah data – data yang berhubungan dengan penjualan 189 .

pilih pada MenuBar Penjualan --> Order Penjualan Proses Transaksi Order Penjualan 1. Pada proses selanjutnya akan dilakukan pengiriman dan invoice penjualan pada item order yang bersangkutan. Seringkali order penjualan digunakan jika terjadi jeda waktu antara item order dari customer dengan waktu pengiriman dari order tersebut.BAB 6 . Order penjualan juga digunakan untuk mengetahui item barang di perusahaan anda yang sedang diorder oleh customer. Pilih customer. 190 .PENJUALAN Order Penjualan Order penjualan adalah dokumen yang berisi daftar item barang atau jasa yang dipesan oleh customer dari perusahaan anda. Cara Akses Untuk memasukkan Order Penjualan di BEE. BEE akan secara otomatis mengisi data lengkap dari record customer tersebut.

o 191 . Customer Diisi kode customer (pelanggan). Alamat Penagihan Alamat penagihan diisi otomatis oleh BEE pada saat anda memilih customer pada tab master. Alamat penagihan bisa anda ubah sesuai dengan permintaan. Sales Rep Adalah sales representative yang mendapatkan pesanan item . Tanggal Adalah tanggal transaksi yang dilakukan. dan diskon (jika ada). tentukan qty. Data Header Order Penjualan 1. Pada masing masing item order yang di order oleh customer. Tab Alamat o Alamat Pengiriman Alamat pengiriman diisi otomatis oleh BEE pada saat anda memilih customer pada tab master. Tekan pada toolbar form untuk menyimpan data order penjualan. SO Secara default BeeAccounting akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor Order Penjualan anda. Jika anda ingin Menentukan sendiri format penomoran. Mata Uang Diisi mata uang yang akan anda gunakan untuk transaksi.PENJUALAN 2. bisa diisikan / diabaikan sesuai dengan kebutuhan. o o o o o 2. 4. Isian ini optional. Jika anda menggunakan mata uang asing (bukan base currency) isi rate untuk currency tersebut pada TextBox di sebelah kanan.BAB 6 . secara default tanggal akan mengikuti tanggal yang tertera pada sistem komputer. Tab Master o No.item barang dari customer tersebut. harga. Alamat pengiriman bisa anda ubah sesuai dengan permintaan. Pajak & Harga Termasuk Pajak Jika dipilih pajak saja maka harga dari item dikenakan PPN 10%. Option draft dipilih jika data order penjualan masih dalam mode pencatatan (belum diproses). 3. klik pada Tombol Picker untuk mencari data customer atau gunakan Tips Cepat Mencari Data dengan picker. Hapus isian AUTO pada TextBox kemudian masukan nomor transaksi anda. Dan jika pilihan harga termasuk pajak dipilih maka harga dari item barang sudah termasuk pajak. Masukkan item barang yang di order oleh customer bersangkutan.

6. Gudang Diisi kode gudang yang digunakan untuk pengambilan barang yang akan dikeluarkan. Isian dari ekspedisi dapat ditambahkan pada Master Ekspedisi. Sub Total Adalah harga subtotal seluruh item setelah dipotong discount detail. Kode Item Diisi kode barang yang dipesan oleh customer dari perusahaan anda.PENJUALAN o FOB Free On Board digunakan untuk transaksi yang dilakukan sebagai proses pengiriman. Data Detail Order Penjualan 1. Anda bisa merubah sendiri atau menyesuaikan berdasarkan tempat penyimpanan barang yang sesuai. Untuk lebih lengkapnya lihat bagian "Generate Delivery Order". kemudian tekan tombol F1 pada keyboard untuk menampilkan daftar item. order pengiriman dapat diatur atau dijadwalkan sesuai dengan keperluan. 5. Simple : Pada mode simple. dilakukan dengan menggunakan jasa pengiriman. Advance : Dalam mode advance. Dapat juga sebagai biaya pengiriman. Ekspedisi Adalah isian untuk proses pengiriman barang. Tab Buat Order Pengiriman o Tipe Terdapat dua pilihan tipe untuk membuat order pengiriman. 3. o 3. 2. 192 . harga termasuk jasa pengiriman atau harga jual belum termasuk pengiriman barang. Untuk mempercepat input arahkan cursor / pointer pada kolom kode item barang. 1. biaya materai dll. 7. Disc Adalah discount global pada faktur tersebut.BAB 6 . order pengiriman akan digenerate otomatis pada form order pengiriman. No Nomor urut 2. Freight Adalah biaya lain . 4. Untuk lebih lengkapnya lihat bagian "Order Pengiriman". yaitu simple & advance. Total Adalah total akhir dari seluruh transaksi order penjualan. pajak detail. 8. BEE akan secara otomatis mengisinya berdasarkan settingan yang ada pada pengaturan sistem.lain. Pajak Pajak akan muncul setelah tanda check diaktifkan pada pajak.

misalkan : • • • Anda menjual aqua 5 karton 10 pcs. Baris ke dua anda masukan qty 10 dan unitnya pcs. BOX dll. BackOrder Adalah data yang tidak terkirim karena suatu hal dan order penjualan tersebut telah dilakukan proses tutup order. Tips : Untuk item . Terkirim Akan secara otomatis terisi jika pada order penjualan tersebut telah dilakukan pengiriman barang.PENJUALAN 4. 8. Harga Harus diisi dengan harga satuan dari item yang dijual karena BEE akan secara otomatis mengkalkulasinya dengan qty item. Qty Diisi dengan jumlah barang yang diproses. Anda harus memasukan dua kali : baris pertama anda masukan dengan qty 5 dan unit karton. 7. PCS. 5. tetapi secara otomatis akan mempengaruhi HPP. Akan otomatis terisi berdasarkan settingan yang ada di master. 10. Untuk Disc yang berada pada detail item ini tidak akan terpsoting ke Jurnal Umum. BEE secara otomatis mengisinya berdasarkan nama item yang telah diinput pada form master item.item biaya dan sifatnya umum anda bisa membuat satu item general jadi setiap pembeliannya anda tinggal memanggil item tersebut dan mengganti nama itemnya agar ketika masuk Jurnal Umum bisa dilacak pembelian untuk serice mobil atau mesin atau yang lain. untuk lebih detail silahkan lihat bagian "Posting Disc BEE". Jika jumlah qty item yang anda beli bervariasi anda bisa masukan dua kali. DZ.BAB 6 . 11. Pjk (Pajak) Kolom Pjk menunjukan bahwa item yang anda beli ini dikenakan pajak. Discount Menampilkan total nilai diskon. 12. Satuan Diisi unit / satuan dari item yang anda beli misalkan : CRT. Maka pada kolom backOrder akan terisi secara otomatis sesuai barang yang belum terkirimkan. 6. kolom ini merupakan kolom R/O (Read Only) karena akan otomatis terisi jika anda mengisi kolom disc %. 193 . Disc % Diisi dengan diskon per item (Diskon Detail). 9. Nama Item Kolom untuk nama adalah deskripsi dari kode item barang yang telah dimasukkan. Jika pada checkbox pajak tercentang maka kolom Pjk akan terisi "PPN". Untuk mengganti satuan dari satuan PCS ke satuan CRT atau sebaliknya gunakan tombol "+" pada keyboard.

lihat pada contoh penggunaan proyek. 15. pilih pada MenuBar Penjualan --> Order Pengiriman. Order Pengiriman Order pengiriman merupakan dokumen yang berisi list daftar data order pengiriman yang digenerate dari order penjualan atau dibuat baru dalam form order pengiriman ini.Date Adalah tanggal permintaan order. disc%. lihat pada contoh penggunaan Departmen. Ada kemungkinan nilai pada kolom ini sangat panjang karena nilai desimalnya dibutuhkan untuk validitas data. tanggal dibedakan jika dalam 1 Order Penjualan terdapat beberapa kali order penjualan. Prj (Project) Diisi dengan kode proyek yang bersangkutan. 14. ReqDate dapat diabaikan jika tidak diperlukan. atau bisa di generate dari order penjualan. 16. Kolom ini optional jika tidak ada biarkan kosong. harga. Pada proses selanjutnya akan dilakukan proses pengiriman item barang yang telah dipesan oleh customer sesuai dengan yang dicatat pada order pengiriman. Cara Akses Untuk memasukkan order pengiriman di BEE. Req. 194 . Kolom ini optional jika tidak ada biarkan kosong. Sub Total Kolom subtotal adalah hasil kalkulasi dari qty.PENJUALAN 13.BAB 6 . harga termasuk pajak. Dept Diisi dengan kode departemen yang bersangkutan.

2.BAB 6 . pilih tab Buat Order Pengiriman dan klik Tombol Buat Order Pengiriman. 2. Membuat baru dari form order pengiriman Klik pada toolbar form kemudian masukkan data order pengiriman (lihat gambar bernomor) 1. Option draft dipilih jika order pengiriman yang dicatat masih dalam mode pencatatan (belum diproses). 3.PENJUALAN Proses Transaksi Order Pengiriman Ada dua cara untuk memasukkan data order pengiriman : 1. BEE akan secara otomatis mengisi data lengkap dari record customer tersebut. Kembali pada form order penjualan. Pilih customer. Tekan pada toolbar form untuk menyimpan data order pengiriman. Data dari order penjualan akan secara otomatis menggenerate data pada order pengiriman. Generate dari order penjualan Buka form order penjualan kemudian klik pada toolbar. 195 . Filter kriteria pada data order penjualan dan kemudian pilih data dan tekan OK. Masukkan item barang yang di akan dikirimkan customer. 4.

Klik pada Tombol Picker untuk mencari Data Customer atau gunakan Tips Cepat Mencari Data dengan Picker. PO. No Adalah inputan untuk referensi dari nota Order pembelian dari Customer. Customer Diisi kode Customer (Pelanggan). secara default tanggal akan mengikuti tanggal yang tertera pada sistem komputer. Data Detail Order Penjualan • No Nomor urut Gudang Diisi kode gudang yang digunakan untuk pengambilan barang yang akan dikeluarkan.BAB 6 . jika anda lupa kode barang. BeeAccounting akan secara otomatis mengisinya berdasarkan settingan yang ada pada pengaturan system. Kode Item Diisi kode barang yang akan dilakukan order penjualan. Contoh : "Proses cepat.. • • 196 . tekan tombol F1 pada keyBoard anda untuk menampilkan daftar Item. Jika anda ingin menentukan sendiri format penomoran. Tab Master • No. standart" dll sesuai dengan Master Transaksi Tipe order Pengiriman. Alamat pengiriman bisa anda ubah sesuai dengan permintaan. • • • • 2. Order Secara default BeeAccounting akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor Order Pengiriman anda. Tipe Tipe digunakan sebagai proses transaksi Order pengiriman dengan menggunakan catatan lain sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa menggunakan teknik cepat mencari data untuk mempercepat entry data. Tab Alamat • Alamat Pengiriman Alamat pengiriman diisi otomatis oleh BEE pada saat anda memilih customer pada tab master. Tetapi anda bisa merubahnya sendiri berdasarkan real penyimpanan barang yang anda beli. Hapus isian AUTO pada TextBox kemudian masukan nomor transaksi anda.PENJUALAN Data Header Order Pengiriman 1. Tanggal Adalah tanggal transaksi yang dilakukan.

o Tips : Untuk item . misalkan : o Anda menjual Aqua 5 karton 10 PCS o Anda harus memasukan dua kali : baris pertama anda masukan dengan Qty 5 dan unit karton o Baris ke dua anda masukan Qty 10 dan unitnya PCS Satuan Diisi unit / satuan dari item yang anda beli misalkan : CRT.BAB 6 . Jika jumlah Qty item yang anda beli berfariasi anda bisa masukan dua kali. Terkirim Akan secara otomatis tersisi jika pada Order Penjualan tersebut telah dilakukan pengiriman barang.PENJUALAN • Nama Item Kolom untuk nama adalah diskripsi dari kode barang yang telah dimasukkan. Jika pada check box pajak tercentang maka kolom Pjk akan terisi "PPN" • • • • • • • • 197 . Discount Menampilkan total nilai diskon.5%". untuk lebih detail silahkan lihat Posting Disc Bee Accounting. BeeAccounting support untuk multi diskon misalkan : 2. BOX dll. Harga Harus diisi dengan harga satuan dari item yang dijual karena BeeAccounting akan secara otomatis mengkalkulasinya dengan Qty item. kolom ini merupakan kolom R/O (Read Only) karena akan otomatis terisi jika anda mengisi kolom disc %. BackOrder Adalah data yang tidak terkirim karena suatu hal dan Order Penjulan tersebut telah dilakukan proses tutup order. Untuk Disc yang berada pada detail item ini tidak akan terpsoting ke Jurnal Umum. Untuk mengganti satuan dari satuan PCS ke satuan CRT atau sebaliknya gunakan tombol "+" pada keyboard.5% hingga 10 kali. Maka pada kolomn backOrder akan terisi secara otomatis sesuai barang yang belum terkirimkan. Pjk Kolom ini menunjukan bahwa item yang anda beli ini dikenakan pajak.5% + 1. tetapi jika anda ingin mengisi diskon dengan nilai rupiahnya langsung. tetapi secara otomatis akan mempengaruhi HPP.000 + 0. jika anda ingin masukan disc persen anda harus mengisikan dengan tanda "%" misalkan disc "2. Disc % Diisi dengan diskon per item (Diskon Detail). DZ. Akan otomatis terisi berdasarkan settingan yang ada di master. PCS. anda tidak perlu menambahkan tanda "%".3% + 15.item biaya dan sifatnya umum anda bisa membuat satu item general jadi setiap pembeliannya anda tinggal memanggil item tersebut dan mengganti nama itemnya agar ketika masuk Jurnal Umum bisa dilacak pembelian untuk serice mobil atau mesin atau yang lain Qty Diisi dengan jumlah barang yang diproses. BeeAccounting secara otomatis mengisinya berdasarkan master item yang dulu anda sudah buat.

Prj Diisi dengan kode proyek yang bersangkutan. Disc%. Req. • • • Pengiriman Pengiriman adalah dokumen yang berisi daftar data pengiriman item barang yang sudah dipesan customer dari perusahaan anda sesuai dengan yang tercatat dalam order penjualan atau dalam order pengiriman. Cara Akses Untuk memasukkan data pengiriman di BEE.Date dapat diabaikan. Harga. Setelah pengiriman dan barang sudah dipastikan terkirim. Pencatatan dalam pengiriman hanya bisa dilakukan dengan meng-import data dari order penjualan atau order pengiriman. pada proses selanjutnya akan dilakukan invoice penjualan. tanggal disini dibedakan jika dalam 1 order penjualan terdapat beberapa kali permintaan penjualan.jika anda kurang paham silahkan lihat pada contoh penggunaan proyek. silahkan klik pada kolomnya >> pilih gambar kaca pembesar di samping kolom tersebut. Kolom ini optional jika anda tidak membutuhkan silahkan tidak diisi. silahkan klik pada kolomnya >> pilih gambar kaca pembesar di samping kolom tersebet. Dept Diisi dengan kode departemen yang bersangkutan.BAB 6 . Kolom ini optional jika anda tidak membutuhkan silahkan tidak diisi. Ada kemungkinan nilai pada kolom ini sangat panjang karena nilai desimalnya dibutuhkan untuk validitas data. pilih pada MenuBar Penjualan --> Pengiriman 198 .jika anda kurang paham silahkan lihat pada contoh penggunaan departmen.PENJUALAN • Sub Total Kolom subtotal ini adalah hasil kalkulasi dari Qty.Date Adalah tanggal permntaan Order.Namun pada proses ini Req. Harga Termasuk Pajak.

Item . 199 . Terdapat 2 pilihan import data yaitu import data dari order penjualan dan import data dari order pengiriman.item barang akan secara otomatis terisi dari data order penjualan atau order pengiriman yang diimport.BAB 6 . Tekan untuk menyimpan transaksi pengiriman. Pilih customer. Klik import data pada toolbar form. 3. Option draft dipilih jika pengiriman masih dalam mode pencatatan (belum diproses). 2. BEE akan secara otomatis mengisi form dengan data dari record customer tersebut. 4.PENJUALAN Proses Transaksi Pengiriman 1. 5.

Penerima Diisi dengan nama penerima. Ekpedisi Adalah isian untuk proses pengiriman barang. Tab Penerima • Pengantar Diisi dengan nama pengantar. Jika anda ingin menentukan sendiri format penomoran. • • • • 200 . Isian dari ekspedisi dapat ditambahkan pada Master Ekspedisi. Alamat Penagihan Alamat penagihan diisi otomatis oleh BEE pada saat anda memilih customer pada tab master. Tab Alamat • Alamat Pengiriman Alamat pengiriman diisi otomatis oleh BEE pada saat anda memilih customer pada tab master. klik pada TombolPicker untuk mencari data customer atau gunakan Tips Cepat Mencari Data dengan picker. • • • 2. dilakukan dengan menggunakan jasa pengiriman. • 3. Pengiriman Secara default BEE akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor pengiriman. Waktu Terima Diisi dengan waktu penerimaaan item barang yang dikirim.BAB 6 . Keterangan Keterangan tambahan proses pengiriman. Waktu Antar Diisi dengan waktu pemberangkatan item barang yang diorder. Tab Master • No.PENJUALAN Data Header Order Pengiriman 1. Customer Diisi kode customer (pelanggan). secara default tanggal akan mengikuti tanggal yang tertera pada sistem komputer. hapus isian AUTO pada TextBox kemudian masukan nomor transaksi. Alamat penagihan bisa anda ubah sesuai dengan permintaan. Alamat pengiriman bisa anda ubah sesuai dengan permintaan. Tanggal Adalah tanggal transaksi pengiriman yang dilakukan.

Anda bisa menambahkan atau menghapus nilai diskon yang sesuai. Anda bisa merubah atau menyesuaikan berdasarkan tempat penyimpanan barang yang sesuai. Nama Item Kolom untuk nama adalah deskripsi dari kode item barang yang telah dimasukkan. Sub Total Kolom subtotal adalah hasil kalkulasi dari qty. Disc % Diisi sesuai dengan data pada yang diimport.PENJUALAN Data Detail Order Pengiriman 1. (read only) 4. 12. SONo Terisi otomatis dengan nomor data yang di import dari order penjualan 14. Anda bisa menambah atau mengurangi qty item barang pada kolom ini. 8. Harga BEE secara otomatis mengisinya dengan harga satuan dari masing . (read only) 7.masing item 9. No Nomor urut 2.BAB 6 . 201 . Discount Menampilkan total nilai diskon. Pjk (Pajak) Kolom Pjk menunjukan bahwa item tersebut dikenakan pajak. Gudang Diisi kode gudang yang digunakan untuk pengambilan barang yang akan dikeluarkan. 13. kolom ini merupakan kolom R/O (Read Only) karena akan otomatis terisi jika anda mengisi kolom disc %. harga termasuk pajak. BOX dll. disc%. 11. Satuan Diisi unit / satuan dari item yang di order misalkan : CRT. harga. Qty Diisi dengan jumlah barang yang ada pada data import order penjualan atau order pengiriman. 6. PCS. BEE secara otomatis mengisinya berdasarkan kode item disebelah kiri kolom ini. 10. DONo Terisi otomatis dengan nomor data yang di import dari order pengiriman. (read only) 5. Terkirim Akan secara otomatis dari data order penjualan atau order pengiriman. DZ. Kode Item Diisi kode barang yang dipesan oleh customer dari perusahaan anda. akan secara otomatis sama dengan data yang di import dari order penjualan atau order pengiriman. Ada kemungkinan nilai pada kolom ini sangat panjang karena nilai desimalnya dibutuhkan untuk validitas data. 3.

Cara Akses Untuk memasukkan order pengiriman di BEE. 16. pilih pada MenuBar Penjualan --> Invoice Penjualan 202 . Penjualan Invoice penjualan merupakan dokumen yang menyimpan data item . Invoice penjualan dapat disebutproses penagihan terhadap customer yang telah menerima item barang yang diorder dari perusahaan anda. lihat pada contoh penggunaan Departmen. lihat pada contoh penggunaan proyek. Dept Diisi dengan kode departemen yang bersangkutan.PENJUALAN 15.BAB 6 . Data invoice penjualan berhubungandengan atau dapat dilacak dari dokumen order penjualan. Kolom ini optional jika tidak ada biarkan kosong. Prj (Project) Diisi dengan kode proyek yang bersangkutan. order pengiriman.item barang yang customer terima dari perusahaan anda. Kolom ini optional jika tidak ada biarkan kosong. & pengiriman.

secara default tanggal akan mengikuti tanggal yang tertera pada sistem computer Termin Diisi dengan tipe Penjualan Credit / Cash o Untuk credit. Penjualan import dari Pengiriman Sama halnya dengan proses penjualan dengan import dari Order penjualan. Hapus isian AUTO pada TextBox kemudian masukan nomor transaksi anda. Penjualan import dari Sales Order Pada proses ini input item. isi lama hari jatuh tempo nota maka tanggal akan secara otomatis mengkalkulasi tanggal jatuh tempo berdasarkan tanggal transaksi dan lama harinya 203 . Sehingga user tinggal import data dari proses Order Penjualan pada Tab Sales Order 4. 3. Penjualan Secara default BeeAccounting akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor Order Pengiriman anda. pada proses ini user tinggal memasukkan data penjualan berdasarkan data pengiriman. maka dapat dilakukan dengan menggunakan prosesInput PID Satu per Satu. Tanggal Adalah tanggal transaksi yang dilakukan. maka akan keluar TextBox seperti berikut • • Untuk mengisi lama hari jatuh tempo nota dan tanggal jatuh tempo nota. o Untuk merubah harga. harga serta discount tidak perlu memasukkan data item secara manual jika telah ada proses Order penjualan. qty harga dan diskon dari suatu barang.PENJUALAN Proses Penjualan 1. Penjualan Item PID o Untuk penjualan dengan menggunakan PID dalam jumlah besar dan terurut dapat dilakukan dengan menggunakan cara Proses Input Item PID. Data Header Penjualan • No. 2. pilih credit pada ComboBoxnya. Pada proses ini user memasukkan data item. Penjualan Standart Adalah proses input transaksi penjualan tanpa ada import data dari Order Penjualan atau Pengiriman. Jika anda ingin menentukan sendiri format penomoran. discount detail pada Item yang menggunakan PID dalam jumlah banyak akan menjadi lebih mudah dilakukan dengan menggunakan cara Edit Harga PID. o Namun untuk penjualan yang hanya input PID dengan jumlah sedikit dan PID tidak dalam keadaan urut.BAB 6 .

Jika anda menggunakan Mata Uang Asing (Bukan Base Currency) isi Rate untuk Currency tersebut pada TextBox di sebelah Kanannya Referensi Adalah inputan untuk referensi dari nota manual pada admin. dilakukan dengan menggunakan jasa pengiriman. dapat diisikan dan dapat juga dokosongkan Referer Adalah nama yang mereferensikan untuk melakukan pembelian ke instansi kita. pilih Cash pada ComboBox maka akan keluar ComboBox pilihan Kas seperti berikut Pilih Kas yang di gunakan untuk Pembayaran. harga termasuk jasa pengiriman atau harga jual belum termasuk pengiriman barang. Ekpedisi Adalah isian untuk proses pengiriman barang. Isian ini optional.BAB 6 .PENJUALAN o Untuk cash. FOB Free On Board digunakan untuk transaksi yang dilakukan sebagai proses pengiriman. Pilih pada ComboBoxn atau pada gambar Panah Kecil Terbalik di sebelah kanannya. Maka draft ini harus disetting agar semua orang yang entry data tidak bisa posting o Atau mungkin satu kali transaksi jumlah item yang anda beli sangat banyak sehingga anda perlu melanjutkannya besok. baru ketika sudah di bayar masukan pada proses Terima Pembayaran karena jika melalui Terima Pembayaran anda bisa memberi keterangan pembayaran dan ketika dilihat di Buku Banknya akan lebih jelas • Customer Diisi kode Customer (Pelanggan). bisa diisikan / diabaikan sesuai dengan kebutuhan. Uang pembayaran akan masuk ke Kas yang anda pilih.beda. Klik pada Tombol Picker untuk mencari Data Customer atau gunakan Tips Cepat Mencari Data dengan Picker Mata Uang Diisi mata uang yang akan anda gunakan untuk Transaksi penjualan. Referensi termasuk optional. berar anda harus save sebagai draft 204 . Isian dari ekspedisi dapat ditambahkan pada Master Ekspedisi • Srep Adalah data sales yang yang menjadi memasarkan suatu produk ke customer tersebut. Tips : Untuk Penjualan Cash tetapi pembayaran melalui bank di hari itu juga lebih baik tipe pembelian di buat Credit. • • • • • • Draft o Misalkan pada perusahaan anda terdapat banyak divisi dan otoritas tiap divisi berbeda . sehingga saldo Kas/Bank tersebut akan bertambah sejumlah Penjualan tersebut. untuk melakukan posting ke akuntansi hanya otoritas divisi accounting yang di perbolehkan.

tekan tombol F1 pada keyBoard anda untuk menampilkan daftar Item. Anda juga bisa menggunakan teknik cepat mencari data untuk mempercepat entry data. Sisa Adalah sisa dari total invoice Penjualan yang telah dikurangi dari terima pembayaran.PENJUALAN terlebih dahulu supaya tidak terjadi penambahan hutang serta stock.BAB 6 . Anda juga bisa buat draft dahulu baru ketika fix draftnya di hilangkan.Untuk pembelian jasa misalkan service. Nama Item kolom untuk nama (diskripsi barang yang anda beli) BeeAccounting secara otomatis mengisinya berdasarkan master item yang dulu anda sudah buat. Dapat juga sebagai biaya pengiriman. anda bisa merubah namanya. sehingga anda tidak perlu khawatir kelewatan atau lupa entry data • Terbayar Akan tampil setelah ada transaksi terima pembayaran piutang dan akan muncul sesuai dengan nominal uang yang telah dibayarkan. Tetapi anda bisa merubahnya sendiri berdasarkan real penyimpanan barang yang anda beli. o Atau item yang anda beli masih belum jelas tetapi anda sudah menerima barangnya. Subtotal Adalah harga subtotal seluruh item setelah dipotong discount detail. Kode diisi kode barang yang akan anda beli. BeeAccounting akan secara otomatis mengisinya berdasarkan settingan yang ada pada pengaturan system. misalkan anda membuat item dengan nama service. kurir dll. Disc Adalah discount global pada faktur tersebut. Total Adalah total akhir dari seluruh transaksi Order penjualan • • • • • • Data Detail Penjualan • Item o No Nomor urut o Gd diisi kode gudang yang digunakan untuk menyimpan barang yang dibeli..lain. jika anda lupa kode barang. Pajak Pajak akan muncul setelah tanda check diaktifkan pada Pajak Freight Adalah biaya lain . biaya materai dll. pajak detail. Pada saat pembelian anda bisa ganti dengan service mobil L1234 JP / Service mesin Packing 5571 dll o o 205 .

BAB 6 - PENJUALAN
Tips : Untuk item - item biaya dan sifatnya umum anda bisa membuat satu item general jadi setiap pembeliannya anda tinggal memanggil item tersebut dan mengganti nama itemnya agar ketika masuk Jurnal Umum bisa dilacak pembelian untuk serice mobil atau mesin atau yang lain
o

PID diisi (Produk ID) jika pada perusahaan anda membutuhkannya, PID bisa anda gunakan untuk SN pada HP, Kode pada Voucher, Nomor mesin pada mobil / motor dll. Contoh pembelian menggunakan PID. Qty Diisi dengan jumlah barang yang anda beli. Jika jumlah Qty item yang anda beli berfariasi anda bisa masukan dua kali, misalkan : ƒ Anda membeli Aqua 5 karton 10 PCS ƒ Anda harus memasukan dua kali : baris pertama anda masukan dengan Qty 5 dan unit karton ƒ Baris ke dua anda masukan Qty 10 dan unitnya PCS Satuan diisi unit / satuan dari item yang anda beli misalkan : CRT, DZ, PCS, BOX dll. Untuk mengganti satuan dari satuan PCS ke satuan CRT atau sebaliknya gunakan tombol "+" pada keyboard. Harga harus diisi dengan harga satuan dari item yang anda beli karena BeeAccounting akan secara otomatis mengkalkulasinya dengan Qty item. Disc % diisi dengan diskon peritem (Diskon Detail), jika anda ingin masukan disc persen anda harus mengisikan dengan tanda "%" misalkan disc "2.5%". tetapi jika anda ingin mengisi diskon dengan nilai rupiahnya langsung, anda tidak perlu menambahkan tanda "%". BeeAccounting support untuk multi diskon misalkan : 2.5% + 1.3% + 15,000 + 0.5% hingga 10 kali. Untuk Disc yang berada pada detail item ini tidak akan terpsoting ke Jurnal Umum, tetapi secara otomatis akan mempengaruhi HPP, untuk lebih detail silahkan lihat Posting Disc Bee Accounting. Discount menampilkan total nilai diskon, kolom ini merupakan kolom R/O (Read Only) karena akan otomatis terisi jika anda mengisi kolom disc %. Pjk kolom ini menunjukan bahwa item yang anda beli ini dikenakan pajak. Akan otomatis terisi berdasarkan settingan yang ada di master. Jika pada check box pajak tercentang maka kolom Pjk akan terisi "PPN". Sub Total kolom subtotal ini adalah hasil kalkulasi dari Qty, Harga, Disc%, Harga Termasuk Pajak. Ada kemungkinan nilai pada kolom ini sangat panjang karena nilai desimalnya dibutuhkan untuk validitas data.

o

o

o

o

o

o

o

206

BAB 6 - PENJUALAN

Alamat Adalah alamat tujuan pengiriman barang atau pengiriman penagihan. Pada tab ini secara default akan mengambil data dari master Bussines partner. Faktur Pajak Adalah penomoran faktur pajak dalam invoice penjualan. Sehingga ketika print out nomor faktur pajak akan tampil sesuai dengan inputan. Untk penomoran faktur pajak, prefix yang digunakan tertera pada System Perusahaan Sehingga user hanya memasukkan nomor terakhir pada faktur pajak. Tanggal Adalah tanggal proses dari faktur pajak tersebut diterbitkan, karena suatu perusahaan dalam mengeluarkan invoice penjualan belum tentu langsung mengeluarkan juga faktur pajak, sehingga antara tanggal invoice penjualan dan tanggal faktur pajak dapat dibedakan. Sales Order Pada tab ini digunakan untuk proses import data penjualan dari data Order Penjualan. Sehingga user tidak perlu memasukkan data item satu per satu. Proses ini hanya

digunakan untuk fiture yang menggunakan Order Penjualan.

Pengiriman Pada tab ini digunakan untuk proses import data penjualan dari data Pengiriman. Sehingga user tidak perlu memasukkan data item satu per satu. Proses ini hanya

digunakan untuk fiture yang menggunakan Order Penjualan.

Pembayaran Adalah tampilan dari terima pembayaran piutang untuk faktur penjualan dengan termin Credit. Untuk faktur penjualan dengan termin cash juga akan generate Pembayaran secara otomatis dan Pembaaran juga akan tampil pada Tab ini. Akuntansi Adalah default posting akuntansi pada proses penjualan. Terdapat 2 akun yang ada pada proses transaksi penjualan, yaitu Akun biaya kirim dan Akun diskon. Jika user memiliki akun selain yang telah tersedia, dapat diganti sesuai dengan kebutuhan. Bonus Adalah tampilan Item yang termasuk bonus pada proses penjualan, penjualan dengan menggunakan item bonus dapat di setting pada Bonus. Sehingga ketika user memasukkan data item yang telah di setting pada bonus, maka pada tab bonus akan secara otomatis terisi dengan bonus. PID Rekap Adalah rekapitulasi PID yang telah diinputkan. Karena dalam proses Penjualan item yang menggunakan PID adalah 1 item dengan lebih dari 1 PID, sehingga rekapitulasinya adalah jumlah PID pada 1 item tersebut.

207

BAB 6 - PENJUALAN

Retur Penjualan
etur penjualan adalah dokumen yang menyimpan data pengembalian item yang telah diorder sebelumnya oleh customer. Pengembalian item bisa dikarenakan ketidak sesuain pesanan atau barang yang diterima rusak atau cacat. Data pengembalian item bisa diimport dari invoice penjualan atau dari data pengiriman.

Cara Akses
Untuk memasukkan order pengiriman di BEE, pilih pada MenuBar Penjualan --> Retur Penjualan

Proses Retur Penjualan
Pada proses Retur penjualan terdapat 2 jenis transaksi, yaitu : 1. Retur Penjualan Credit Retur Penjualan credit adalah proses Retur dengan mengembalikan barang yang telah dibeli dengan tidak diganti dengan uang / cash. Untuk nota Retur penjualan dapat digunakan sebagai nota potong untuk invoice penjualan dengan termin credit.

208

BAB 6 - PENJUALAN

2. Retur Penjualan Cash Retur penjualan cash adalah Retur penjualan dengan mengembalikan barang yang telah dibeli dan mendapatkan uang ganti / cash. Sehingga untuk proses dipilih termin cash dan pilih cash yang digunakan sebagai pengeluar uang / cash. Berikut beberapa metode pencatatan data pada dokumen retur penjualan: 1. Retur Penjualan Standart Adalah proses input transaksi penjualan tanpa ada import data dari Order Penjualan atau Pengiriman. Pada proses ini user memasukkan data item, qty harga dan diskon dari suatu barang. 2. Retur Penjualan Item PID o Untuk Retur penjualan dengan menggunakan PID dalam jumlah besar dan terurut dapat dilakukan dengan menggunakan cara Proses Input Item PID. o Namun untuk Retur penjualan yang hanya input PID dengan jumlah sedikit dan PID tidak dalam keadaan urut, maka dapat dilakukan dengan menggunakan proses Input PID Satu per Satu. o Untuk merubah harga, discount detail pada Item yang menggunakan PID dalam jumlah banyak akan menjadi lebih mudah dilakukan dengan menggunakan cara Edit Harga PID. 3. Retur Penjualan import dari Penjualan Pada proses ini input item, harga serta discount tidak perlu memasukkan data item secara manual. Sehingga user dapat mengetahui harga jual yang telah dikenakan kepada customer dana dapat pula diperhitungkan harga potong untuk customer. 4. Retur Penjualan import dari Pengiriman Sama halnya dengan proses penjualan dengan import dari Order penjualan, pada proses ini user tinggal memasukkan data penjualan berdasarkan data pengiriman.

Data Header Penjualan

No. Retur Secara default BeeAccounting akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor Order Pengiriman anda. Jika anda ingin menentukan sendiri format penomoran, Hapus isian AUTO pada TextBox kemudian masukan nomor transaksi anda. Tanggal Adalah tanggal transaksi yang dilakukan, secara default tanggal akan mengikuti tanggal yang tertera pada sistem computer Termin Diisi dengan tipe pembelian Credit / Cash

209

BAB 6 . Referensi Adalah inputan untuk referensi dari nota manual pada admin.PENJUALAN o o Untuk credit. sehingga saldo Kas/Bank tersebut akan berkurang sejumlah Pembelian tersebut. Untuk cash. berar anda harus save sebagai draft terlebih dahulu supaya tidak terjadi penambahan hutang serta stock. Klik pada Tombol Picker untuk mencari Data Customer atau gunakan Tips Cepat Mencari Data dengan Picker Mata Uang Diisi mata uang yang akan anda gunakan untuk Transaksi Pembelian. pilih Cash pada ComboBox maka akan keluar ComboBox pilihan Kas seperti berikut Pilih Kas yang di gunakan untuk Pembayaran. o Atau item yang anda beli masih belum jelas tetapi anda sudah menerima barangnya. bisa diisikan / diabaikan sesuai dengan kebutuhan. pilih credit pada ComboBoxnya.. Jika anda menggunakan Mata Uang Asing (Bukan Base Currency) isi Rate untuk Currency tersebut pada TextBox di sebelah Kanannya Sales Adalah data sales yang yang menjadi memasarkan suatu produk ke customer tersebut. dapat diisikan dan dapat juga dokosongkan Draft o Misalkan pada perusahaan anda terdapat banyak divisi dan otoritas tiap divisi berbeda . Nota Retur Penjualan dengan menggunakan credit digunakan sebagai potong piutang dengan referensi nota Retur penjualan. Uang pembayaran akan diambil dari Kas yang anda pilih. • Customer Diisi kode Customer (Pelanggan). Isian ini optional. Referensi termasuk optional. Anda juga bisa buat draft dahulu baru ketika fix draftnya di hilangkan. Maka draft ini harus disetting agar semua orang yang entry data tidak bisa posting o Atau mungkin satu kali transaksi jumlah item yang anda beli sangat banyak sehingga anda perlu melanjutkannya besok. sehingga anda tidak perlu khawatir kelewatan atau lupa entry data • • • • 210 . Pilih pada ComboBoxn atau pada gambar Panah Kecil Terbalik di sebelah kanannya. untuk melakukan posting ke akuntansi hanya otoritas divisi accounting yang di perbolehkan.beda.

misalkan : ƒ Anda membeli Aqua 5 karton 10 PCS ƒ Anda harus memasukan dua kali : baris pertama anda masukan dengan Qty 5 dan unit karton ƒ Baris ke dua anda masukan Qty 10 dan unitnya PCS Satuan diisi unit / satuan dari item yang anda beli misalkan : CRT. o o o o o o o o 211 . BOX dll. kurir dll. jika anda lupa kode barang. Pada saat pembelian anda bisa ganti dengan service mobil L1234 JP / Service mesin Packing 5571 dll Tips : Untuk item . Untuk mengganti satuan dari satuan PCS ke satuan CRT atau sebaliknya gunakan tombol "+" pada keyboard. Contoh pembelian menggunakan PID.PENJUALAN Data Detail Retur Penjualan • Item o No Nomor urut Gd diisi kode gudang yang digunakan untuk menyimpan barang yang dibeli. Harga harus diisi dengan harga satuan dari item yang anda beli karena BeeAccounting akan secara otomatis mengkalkulasinya dengan Qty item..Untuk pembelian jasa misalkan service. PID bisa anda gunakan untuk SN pada HP. PCS.item biaya dan sifatnya umum anda bisa membuat satu item general jadi setiap pembeliannya anda tinggal memanggil item tersebut dan mengganti nama itemnya agar ketika masuk Jurnal Umum bisa dilacak pembelian untuk serice mobil atau mesin atau yang lain PID diisi (Produk ID) jika pada perusahaan anda membutuhkannya. Kode diisi kode barang yang akan anda beli. Jika jumlah Qty item yang anda beli berfariasi anda bisa masukan dua kali. Tetapi anda bisa merubahnya sendiri berdasarkan real penyimpanan barang yang anda beli. anda bisa merubah namanya. Nomor mesin pada mobil / motor dll. BeeAccounting akan secara otomatis mengisinya berdasarkan settingan yang ada pada pengaturan system. tekan tombol F1 pada keyBoard anda untuk menampilkan daftar Item. Nama Item kolom untuk nama (diskripsi barang yang anda beli) BeeAccounting secara otomatis mengisinya berdasarkan master item yang dulu anda sudah buat. Qty diisi dengan jumlah barang yang anda beli.BAB 6 . Anda juga bisa menggunakan teknik cepat mencari data untuk mempercepat entry data. misalkan anda membuat item dengan nama service. DZ. Kode pada Voucher.

5%". yaitu Acc.5% hingga 10 kali. dapat diganti sesuai dengan kebutuhan. Terdapat 2 akun yang ada pada proses transaksi Retur penjualan. BeeAccounting support untuk multi diskon misalkan : 2. Karena dalam proses Retur Penjualan item yang menggunakan PID adalah 1 item dengan lebih dari 1 PID. o o o o o Nota Potong Penjualan (FCN) Nota Potong Penjualan atau yang lazim disebut FCN digunakan sewaktu ada perubahan harga item dari dealer yang sebelumnya dibeli dengan harga tertentu. Nota potong penjualan digunakan sebagai permintaan pengembalian modal yang ditujukan kepada dealer yang menjual item barang dimana terjadi perubahan harga pada kondisi tertentu. Harga Termasuk Pajak. Akuntansi Adalah default posting akuntansi pada proses Retur penjualan.000 + 0. Disc. Freight dan Acc. Untuk Disc yang berada pada detail item ini tidak akan terpsoting ke Jurnal Umum.BAB 6 . kolom ini merupakan kolom R/O (Read Only) karena akan otomatis terisi jika anda mengisi kolom disc %.5% + 1. jika anda ingin masukan disc persen anda harus mengisikan dengan tanda "%" misalkan disc "2. Discount menampilkan total nilai diskon. Cara Akses Untuk memasukkan order pengiriman di BEE.PENJUALAN o Disc % diisi dengan diskon peritem (Diskon Detail). Pjk kolom ini menunjukan bahwa item yang anda beli ini dikenakan pajak. Disc%. tetapi jika anda ingin mengisi diskon dengan nilai rupiahnya langsung. Sub Total kolom subtotal ini adalah hasil kalkulasi dari Qty. sehingga rekapitulasinya adalah jumlah PID pada 1 item tersebut. Harga. anda tidak perlu menambahkan tanda "%". PID Rekap Adalah rekapitulasi PID yang telah diinputkan.3% + 15. Akan otomatis terisi berdasarkan settingan yang ada di master. pilih pada MenuBar Penjualan --> Nota Potong 212 . Ada kemungkinan nilai pada kolom ini sangat panjang karena nilai desimalnya dibutuhkan untuk validitas data. tetapi secara otomatis akan mempengaruhi HPP. Jika pada check box pajak tercentang maka kolom Pjk akan terisi "PPN". untuk lebih detail silahkan lihat Posting Disc Bee Accounting. Jika user memiliki akun selain yang telah tersedia.

PENJUALAN Proses Nota Potong Penjualan 1. 3. secara default tanggal akan mengikuti tanggal yang tertera pada sistem komputer. Tanggal Adalah tanggal transaksi yang dilakukan. 4. Hapus isian AUTO pada TextBox kemudian masukan nomor transaksi anda. Customer Diisi kode customer. Jika anda ingin menentukan sendiri format penomoran. 2. klik pada Tombol Picker untuk mencari data customer atau gunakan Tips Cepat Mencari Data dengan picker.BAB 6 . • • 213 . Masukkan tanggal Nota potong Tentukan customer Pilih mata uang dalam transkasi ini Masukkan total potong dari potong Nota Data Nota Potong • No FCN Secara default BEE akan mengisinya dengan isian "AUTO" untuk mengotomasi nomor FCN anda.

Unit 2 dan Unit 3. • • Daftar Harga Daftar harga adalah data harga penjualan item. Jika user memiliki akun selain yang telah tersedia. Jika anda menggunakan mata uang asing (bukan base currency) isi rate untuk currency tersebut pada TextBox di sebelah kanannya. Cara Akses Untuk memasukkan order pengiriman di BEE. Pada form Daftar Harga juga menampilkan daftar harga pokok. Mata Uang Diisi mata uang yang akan anda gunakan untuk transaksi ini. pilih pada combobox atau pada gambar panah kecil terbalik di sebelah kanannya.BAB 6 . pilih pada MenuBar Penjualan -> Daftar Harga 214 . mulai dari harga Unit1. print daftar harga dan setting Harga jual dengan referensi dari HPP / Harga Beli.PENJUALAN • Akun Adalah default posting akuntansi pada proses nota potong. Jumlah Adalah nominal dari nota potong. dapat diganti sesuai dengan kebutuhan.

4. Klik Refresh. Klik proses untuk memproses settingan harga tesebut. 2. Bulk Adalah fom yang berfungsi sebagai set harga dalam jumlah banyak sekaligus sesuai dengan referensi HPP atau harga beli.PENJUALAN Proses Setting Harga Jual 1. Print Digunakan untuk mencetak daftar harga sesuai dengan filter yang telah dipilih. 5. Kolom Adalah untuk menampilkan kolomn . Tentukan jumlah digit dibelakang koma jika dalam proses penghitungan terdapat pecahan desimal dengan memilih type decimal. 2. 5. Masukkan jumlah profit yang diinginkan (dalam posentase) dan memilih sumber yang diset untuk proses. 3. Tab Daftar Harga 1. 3. Standart Dalam tab ini digunakan untuk melihat data daftar harga sesuai dengan data filter yang telah dipilih. o Round Up = Dibulatkan ke angka di atasnya o Round Down = Dibulatkan ke angka di bawahnya 6. Extended Adalah data untuk mencari daftar harga sesuai kode / nama barang yang dimasukkan sebagai filter. Filter item yang akan dilakukan setting harga jual. 6. Setting Untuk filter data item barang berdasar margin persentase penentuan laba dari HPP atau harga beli. 215 .BAB 6 .komolm yang telah disediakan. 4. Klik pada tab Bulk.

AKUNTANSI 8 AKUNTANSI Bab 8 menjelaskan mengenai proses – proses dan cara input untuk mengolah data – data yang berhubungan dengan akuntansi 216 .BAB 7 .

pilih pada MenuBar Akuntansi --> Daftar Akun • • • • • Kolom Kolom Kolom Kolom Kolom Tipe 1 berfungsi untuk memilih jenis header dari akun yang dipilih.AKUNTANSI Daftar Akun Daftar akun digunakan untuk melihat default nama akun yang digunakan dalam sistem akuntansi pada program.BAB 7 . Cara Akses Untuk mengakses data akun pada BEE. AccNo menunjukkan nomor ID (urutan) akun Keterangan menunjukkan nama akun Jumlah menunjukkan Nilai nominal dari akun tersebut 217 . Tipe 2 berfungsi untuk memilih subheader akun yang dipilih. User dapat melihat akun – akun yang dibutuhkan dengan cepat dengan cara memfilter tipe akun yang ingin dilihat. Dalam menu ini dapat juga dibuat nama akun baru yang sesuai dengan akun yang digunakan dalam perusahaan apabila default akun tidak sesuai.

Bila bersifat menambah laba maka default dari akun tersebut adalah kredit.AKUNTANSI Menambahkan Daftar Akun : 1. Klik tombol New . untuk memastikan bahwa akun yang dibuat telah tersimpan. 4. 218 . o Jika akun tersebut termasuk dalam akun laba/rugi maka nilai defaultnya dapat ditentukan dari pengaruh akun tersebut terhadap laba/rugi. akan tampil form "Input Data Akun" 2. Kemudian "Save" 6. 5.BAB 7 . 3. Isi Nomor urut akun pada kolom “ID” untuk memudahkan pengisian user dapat melihat ID yang terdapat pada nomor akun yang telah tersedia. Klik “Refresh” . Isi Nama akun pada kolom “Nama”. Pilih jenis akun pada kolom “Tipe2” sesuai dengan jenis kelompok akun yang dibuat dan secara otomatis kolom "Tipe1" dan "D/K" akan terisi o Kolom D/K pada form Input Data Akun menunjukkan Default Akun setting dari akun yang dipilih o Apabila akun tersebut merupakan kelompok dari akun Harta maka secara otomatis defaultnya adalah debet. sebaliknya bila bersifat mengurangi laba maka defaultnya adalah debet. untuk kelompok Kewajiban dan Modal defaultnya kredit.

Depresiasi.BAB 7 . 2. persediaan. Pilih tombol "Edit" 3. 2. stok. Pilih nama/nomor akun yang akan dihapus. Kemudian pilih toolbar "Delete" . 1. Cara Akses Untuk memasukkan data jurnal pada BEE. Jurnal umum juga berfungsi untuk memasukkan transaksi yang tidak berkaitan dengan transaksi kas/bank. maka akan tampil form "Input Data Akun". pilih pada MenuBar Akuntansi --> Jurnal Umum. Kemudian ubah nama/nomor akun. pembelian dan penjualan. Sewa dibayar dimuka dll. 219 . Contoh : Penyusutan. Save. Jurnal Umum Berfungsi untuk melihat jurnal-jurnal dari keseluruhan transaksi atau sesuai dengan tipe jurnal yang dipilih berdasarkan periode tertentu. 1. Apabila posisi checkbox Autogen tercentang maka jurnal yang terlihat adalah jurnal jurnal yang berkaitan dengan transaksi pada modul set saldo awal. hutang dan piutang. Pilih nama/nomor akun yang akan diubah.AKUNTANSI Mengubah Daftar Akun Nama ataupun nomor akun yang sudah digunakan dalam transaksi tidak dapat diubah terkecuali dengan menghapus terlebih dahulu transaksi-transaksi yang telah digunakan. Menghapus Daftar Akun : Nama ataupun nomor akun yang sudah digunakan dalam transaksi tidak dapat dihapus terkecuali dengan menghapus terlebih dahulu transaksi-transaksi yang telah digunakan. Asuransi. kas/bank.

BAB 7 . 220 .jurnal yang diinput manual dari form jurnal umum ini.AKUNTANSI Apabila posisi checkbox Autogen tidak tercentang maka jurnal yang terlihat adalah jurnal .

221 . Nilai Nominal yang diinput antara sebelah debet dan kredit harus sama.BAB 7 .AKUNTANSI Apabila user membuat transaksi manual melalui modul jurnal umum maka tipe transaksi diarahkan ke tipe "General Journal".

Kemudian pilih "Ya" Maka akan tampil form berikut. berdasarkan departemen ataupun berdasarkan project.AKUNTANSI Anggaran Berfungsi untuk menentukan anggaran dan target perusahaan selama 1 (satu) periode ke depan baik untuk keseluruhan akun.BAB 7 . Dengan begitu user dapat lebih memantau ketepatan dari suatu anggaran ataupun target pencapaian dari suatu usaha selama periode tertentu. 222 . pilih pada MenuBar Akuntansi --> Anggaran. Cara Akses Untuk memasukkan anggaran pada BEE. Contoh Kasus : • • Menentukan anggaran biaya suatu project Kontruksi bangunan Menentukan pencapaian target penjualan selama 1 (satu) periode kedepan User dapat menentukan anggaran atau target pencapaian suatu bisnis berdasarkan project yang ditangani ataupun berdasarkan departemen yang berkepentingan. Pada awal penyusunan Anggaran program akan menampilkan form .

Berikut metode pengelompokkan yang dapat dibuat berdasarkan umur ekonomis daria aset yang dimiliki : 223 . Kelompok Harta Tetap Berfungsi untuk mengelompokkan harta tetap suatu perusahaan menjadi beberapa kelompok (memudahkan pencatatan apabila item harta tetap berjumlah banyak). pilih pada MenuBar Akuntansi --> Kelompok Harta Tetap.BAB 7 . Penggunaan • User mengelompokkan aset perusahaan yang dimiliki menjadi beberapa kelompok berdasarkan umur ekonomisnya (masa manfaat). Cara Akses Untuk mengakses data akun pada BEE.AKUNTANSI User dapat menentukan anggaran atau target pencapaian bisnis yang diinginkan dengan mengisikan pada kolom Anggaran setelah semua proses dijalankan maka secara otomatis kolom Year Amount akan terisi sesuai dengan jumlah akhir masing-masing akun pada program.

User dapat memilih metode yang sesuai dengan prosedur yang digunakan perusahaan. Setelah melakukan kedua proses tersebut diatas user harus menentukan setting posting akun dari aset yang dibuat. • Akun Harta Akun Akumulasi Akun Depresiasi Akun Harta dari Aset yang dibuat Akun Akumulasi dari Aset yang dibuat Akun Biaya Penyusutan / Depresiasi dari Aset yang dibuat Contoh : Perusahaan ABC membuat kelompok aset dengan nama Mesin dan Peralatan umur ekonomis 20 tahun. metode penyusutan yang digunakan adalah metode garis lurus.BAB 7 . Maka yang terjadi adalah : 224 . Pada umumnya metode yang digunakan adalah metode Garis Lurus dan Metode Saldo Menurun.AKUNTANSI Kelompok Harta I Bukan Bangunan Kelompok 1 Kelompok 2 Kelompok 3 Kelompok 4 II Bangunan Permanen Tidak Permanen Umur Ekonomis 4 tahun 8 tahun 16 tahun 20 tahun 20 tahun 10 tahun • Setelah melakukan pengisian umur ekonomis dari kelompok aset yang dibuat maka user harus menentukan metode yang digunakan pada proses depresiasi.

BAB 7 .AKUNTANSI Kode Nama Umur Ekonomis Metode Akun Harta Akun Akumulasi Akun Depresiasi AUTO Mesin dan Peralatan 20 tahun Metode Garis Lurus Mesin dan Peralatan Akum. Penyusutan Mesin dan Peralatan Biaya Penyusutan Mesin dan Peralatan Tampilan pada program : 225 .

226 . pilih pada MenuBar Akuntansi --> Harta Tetap.AKUNTANSI Harta Tetap Berfungsi untuk memasukkan / menginput data aset yang dimiliki user untuk selanjutnya dapat dilakukan proses depresiasi harta tetap melalui frame Tutup Buku Bulan atau Tutup Buku Tahun.BAB 7 . Cara Akses Untuk mengkases form harta tetap pada BEE.

Ada saldo isi lwt set saldo awal except.BAB 7 . via BKK input via harta tetap. 227 .AKUNTANSI Penggunaan • • • User menginput data aset yang dimiliki ke dalam frame Harta Tetap yang nantinya akan dilakukan proses Depresiasi secara otomatis melalui frame Tutup Buku Bulan atau Tutup Buku Tahun. Baru.

Setelah transaksi depresiasi dihapus maka depresiasi atas harta tetap yang dipilih akan hilang.BAB 7 . pilih pada MenuBar Akuntansi --> Depresiasi Harta Tetap. 228 . 2. Penggunaan 1. Kemudian pilih data yang akan dihapus. kemudian pilih "Delete".AKUNTANSI Depresiasi Harta Tetap Berfungsi untuk menghapus depresiasi yang telah terjadi setelah proses tutup buku dilaksanakan. Apabila user ingin melakukan proses Depresiasi maka harus melakukan proses tutup buku bulan terlebih dahulu. Cara Akses Untuk mengkases form depresiasi harta tetap pada BEE. Buka data depresiasi yang telah diproses. Setelah masuk menu Depresiasi harta tetap.

dengan adanya penambahan proses " Posting Laba Ditahan " pada frame ini user tidak perlu melakukan proses pemindahan kedua akun tersebut diatas secara manual. Hal ini dimaksudkan karena pada akhir periode akuntansi biasa dilakukan pemindahan proses dari akun laba tahun berjalan ke akun laba ditahan.AKUNTANSI Tutup Buku Tahun Pada dasarnya fungsi dari tutup buku tahun sama dengan Tutup Buku Bulan hanya saja pada Tutup Buku Tahun terdapat penambahan proses "Posting Laba Ditahan" yaitu pemindahan posting dari akun Laba tahun berjalan ke akun Laba ditahan. pilih pada MenuBar Akuntansi -> Tutup Buku Tahun. 229 . Cara Akses Untuk mengkases form tutup buku tahun pada BEE.BAB 7 .

Kolom Depresiasi Harta Tetap : Apabila user memiliki data harta tetap dan perlu diadakan depresiasi setiap bulannya maka user harus memberikan tanda cek pada kolom ini sebelum melakukan proses tutup buku. • Kolom Periode Tutup Buku Bulan : Sebelum melakukan proses tutup buku user harus mengisi periode tutup buku bulan pada kolom periode tutup buku. Periode ini menentukan waktu dimana transaksi . Pada saat user melakukan proses tutup buku bulan maka secara otomatis transaksi pada periode yang dipilih akan terkunci sehingga user tidak dapat melakukan penambahan ataupun perubahan data pada periode tersebut. Kolom Revaluasi Kurs : Apabila user sering menggunakan mata uang asing dalam setiap transaksi. dan perlu diadakan proses revaluasi mata uang asing pada setiap bulannya • • 230 .AKUNTANSI Tutup Buku Bulan Berfungsi menutup seluruh transaksi . pilih pada MenuBar Akuntansi -> Tutup Buku Bulan.BAB 7 . Cara Akses Untuk mengkases form tutup buku bulan pada BEE. maka secara otomatis program akan memproses depresiasi pada seluruh akun harta tetap yang telah terinput.transaksi akan dikunci (lock).transaksi keuangan pada satu periode bulan yang dipilih.

231 . • Kolom Backup data : Disarankan untuk selalu memberikan tanda cek pada kolom ini karena secara otomatis program akan membackup seluruh data sebelum dilakukan proses tutup buku bulan.AKUNTANSI maka user harus memberikan tanda cek pada kolom ini dan kemudian mengisi nilai kurs yang berlaku pada tabel rate hari ini.BAB 7 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful