P. 1
forensik makalah.doc

forensik makalah.doc

|Views: 36|Likes:
Published by Jason Vaughan
tentang forensik
tentang forensik

More info:

Published by: Jason Vaughan on May 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2013

pdf

text

original

FORENSIK

Pengertian Komputer Forensik Forensik (berasal dari bahasa Yunani Forensis yang berarti "debat" atau "perdebatan") adalah bidang ilmu pengetahuan yang digunakan untuk membantu proses penegakan keadilan melalui proses penerapan ilmu atau sains. Dalam kelompok ilmuilmu forensik ini dikenal antara lain ilmu fisika forensik, ilmu kimia forensik, ilmu psikologi forensik, ilmu kedokteran forensik, ilmu toksikologi forensik, ilmu psikiatri forensik, komputer forensik dan sebagainya. Pada makalah ini kelompok kami akan membahas salah satu dari ilmu yang dijabarakan di atas yaitu “ Komputer Forensik”. Komputer forensik yang juga dikenal dengan nama digital forensik, adalah salah satu cabang ilmu forensik yang berkaitan dengan bukti legal yang ditemui pada komputer dan media penyimpanan dijital. Tujuan dari komputer forensik adalah untuk menjabarkan keadaan kini dari suatu artefak dijital. Istilah artefak dijital bisa mencakup sebuah sistem komputer, media penyimpanan (seperti flash disk, hard disk, atau CD-ROM), sebuah dokumen elektronik (misalnya sebuah pesan email atau gambar JPEG), atau bahkan sederetan paket yang berpindah dalam jaringan komputer. Penjelasan bisa sekedar "ada informasi apa disini?" sampai serinci "apa urutan peristiwa yang menyebabkan terjadinya situasi kini?".

Kelompok 5

Pengantar Forensik Teknologi Inf.

. antara lain Empat tahapan dalam komputer forensik. a) Pengumpulan data b) Pengujian c) Analisis d) Dokumentasi dan laporan Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil dokumentasi dan laporan. seperti: • • • Alternative Explanations (Penjelasan Alternatif) Audience Consideration (Pertimbangan Penilik) Actionable Information Kelompok 5 Pengantar Forensik Teknologi Inf.Tahapan pada Komputer Forensik Ada empat fase dalam komputer forensik.

Kasus yang akan kelompok kami angkat adalah mengenai CYBERCRYME Sejarah Cyber Crime Kemajuan teknologi telah merubah struktur masyarakat dari yang bersifat lokal menuju ke arah masyarakat yang berstruktur global. Kehadiran internet telah memunculkan paradigma baru dalam kehidupan manusia. Kehidupan berubah dari yang hanya bersifat nyata (real) ke realitas baru yang bersifat maya (Virtual). Dan karena kejahatan ini pula menyebabkan banyak orang harus membayar mahal untuk mencegahnya dan menaati hukum yang ada. Perkembangan Internet yang semakin hari semakin meningkat. Perubahan ini disebabkan oleh kehadiran teknologi informasi. tetapi perkembangan ini diikuti pula dengan kejahatan teknologi informasi. Apa saja cara-cara untuk mencegah kejahatan komputer : • • • Memperkuat hukum CERT : Computer Emergency respose Team Alat pendeteksi kecurangan perangkat lunak deteksi berbasis aturan. yang kemudian melahirkan piranti baru yang disebut internet. .Dunia teknologi informasi yang berkembang sedemikian cepat sungguh diluar dugaan. Realitas yang kedua ini biasa dikaitkan dengan internet dan cyber space. membawa dampak positif atau pun negatif. Perkembangan teknologi informasi itu berpadu dengan media dan komputer. Kelompok 5 Pengantar Forensik Teknologi Inf. baik perangkat maupun penggunaannya.

Salah satunya adalah probing atau portscanning. port-port yang ada. Ada pula jenis kejahatan yang masuk dalam “wilayah abu-abu”. Cybervandalism Penggunaan teknologi komputer untuk membuat program yang : • Mengganggu proses transmisi informasi elektronik • Menghancurkan data di komputer Kelompok 5 Pengantar Forensik Teknologi Inf. . Ini adalah sebutan untuk semacam tindakan pengintaian terhadap sistem milik orang lain dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari sistem yang diintai. termasuk sistem operasi yang digunakan. Cybertrespass Penggunaan teknologi komputer untuk meningkatkan akses pada: • Sistem komputer sebuah organisasi atau individu • Web site yang di-protect dengan password 3. Cyberpiracy Penggunaan teknologi komputer untuk : • mencetak ulang software atau informasi • mendistribusikan informasi atau software tersebut melalui jaringan komputer 2. Tidak semua cybercrime dapat langsung dikatagorikan sebagai kejahatan dalam artian yang sesungguhnya.Pengertian Cyber Crime Cyber Crime adalah kejahatan dimana tindakan kriminal hanya bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi cyber dan terjadi di dunia cyber atau di dunia maya yaitu dengan melalui internet. dan Jenis – jenis Cyber Crime 1. baik yang terbuka maupun tertutup.

go. janganlah disalahgunakan untuk melakukan pelanggaran hukum. Ia didampingi Kepala Bidang Humas Komisaris Besar Prasetyo dan Direktur Reserse Kriminal Khusus Komisaris Besar Edmond Ilyas. Jakarta. dengan gaji Rp 3 juta per bulan.” kata Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Makbul Padmanagara. tapi sempat tertawa ketika ditanya wartawan mengenai keahliannya meng. Saat diperiksa polisi . Dalam meng-hack TNP KPU.id dengan cara SQL Injection. Kepada polisi.Contoh Kasus Cyber Crime di Indonesia Pembobol Situs KPU Ditangkap (kompas. kata Makbul. “Motivasi tersangka melakukan serangan ke website KPU hanya untuk memperingatkan kepada tim TI KPU bahwa sistem TI yang seharga Rp 125 miliar itu ternyata tidak aman. ’Pak. yang diduga kuat sebagai pelaku yang membobol situs (hacker) di Pusat Tabulasi Nasional Pemilu Komisi Pemilihan Umum (TNP KPU). ia harus bolak balik Jakarta-Yogya. Dani bekerja sebagai konsultan teknologi informasi (TI) di PT Danareksa di Jalan Merdeka Selatan. Dani tidak banyak bicara. Dani mencoba melakukan tes sistem sekuriti kpu. Paling tidak satu minggu sekali ia harus ke Jakarta untuk melaksanakan kontrak kerjanya dengan PT Danareksa.hack sebuah situs di internet. polisi tetap menilai tindakan Dani telah melanggar hukum. Dani mengaku meng-hack situs tersebut hanya karena ingin mengetes keamanan sistem keamanan server tnp. Dani tampak ditemani ibunya.go. Pada Jumat 16 April. Bilang.go. Tersangka berhasil menembus server tnp.2004) Jakarta.id. Kompas – Aparat Satuan Cyber Crime Direktorat Reserse Khusus Kepolisian Daerah Metro Jaya telah menangkap Dani Firmansyah (25). Lebih baik datang ke KPU. Untuk itu.” tutur Makbul. . “Kalau kita mempunyai keahlian tertentu.id melalui XSS (cross site Kelompok 5 Pengantar Forensik Teknologi Inf. Itu akan jauh lebih bermanfaat.kpu. Meski perbuatan itu hanya iseng.kpu. ini masih bisa ditembus’. yang disebut-sebut mempunyai sistem pengamanan berlapis-lapis. Dani pun memanfaatkan fasilitas PT Danareksa.

dan berhasil membuka tampilan nama 24 partai politik peserta pemilu.kpu. Menurut Kepala Polda Metro Jaya. crash) sehingga dia tidak dapat memberikan layanan. banyak kasus cyber crime yang sudah diungkap. Tetapi upaya itu tidak berhasil. namun baru kasus ini yang mendapat sorotan publik cukup besar.16 sampai pukul 11. Dani melakukan hacking dari IP public PT Danareksa 202. penyadapan.1.130.130.201.scripting) dengan menggunakan IP Public PT Danareksa 202.kpu.10. Dani mencoba lagi menyerang server tnp.117. pengungkapan kasus pembobolan situs KPU ini merupakan keberhasilan Satuan Cyber Crime yang menonjol sejak dua tahunan satuan tersebut terbentuk.201. karena field jumlah suara tidak sama dengan field yang Dani tulis dalam sintaks penulisan.go.10.12.158.1 lalu msuk ke IP tnp. Dani juga mengubah hasil perolehan suara dengan cara perolehan suara dikalikan 10.117.id dengan cara SQL Injection dan berhasil menembus IP tnp. Salah satu pasal yang disangkakan adalah Pasal 50.42.158.27.” tutur Makbul. yang ancamannya pidana penjara paling lama enam tahun Denial of Service (DoS) dan atau denda paling banyak Rp 600 juta. DoS attack merupakan serangan yang bertujuan untuk melumpuhkan target (hang.kpu.134.id 203.23. “Sebetulnya.134. 17 April 2004 pukul 03.go. serta berhasil meng-up date daftar nama partai pada pukul 11. Teknik yang dipakai Dani dalam meng-hack yakni melalui teknik spoofing (penyesatan). Menurut polisi. Ia menambahkan. Distributed DoS (DDos) attack. . kemudian membuka IP Proxy Anonymous Thailand 208. Keberhasilan kami juga dibantu instansi lain seperti KPU dan telekomunikasi.147. Serangan ini tidak melakukan pencurian.id 203. tersangka Dani dikenakan UU Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi .34. Kelompok 5 Pengantar Forensik Teknologi Inf.go. Akan tetapi dengan hilangnya layanan maka target tidak dapat memberikan servis sehingga ada kerugian finansial. karena undang-undang tentang cyber crime belum ada. namun dilayar keluar message risk dengan level low (website KPU tidak dapat ditembus atau dirusak). ataupun pemalsuan data. Hari Sabtu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->