SUMBER PELUANG USAHA DAN CARA MENGEMBANGKANNYA

Peluang dapat beraal dari inspirasi, ide atau kesempatan yang muncul dan peluang yang Peluang atau kesempatan bia bersumber dari berbagai macam hal, yaitu sebagai berikut. 1. Peluang Dari Diri Sendiri Peluang yang paling potensial dan angat besar rasuio kesuksesannya adalah peluang adalah peluang yang bersumber dari dirisendiri. Alasannya adalah sebagai berikut. a. Usaha membutuhkan proses yang panjang dan bahkan bisa seumur hidup ehingga harus membuat anda bahagia dan sukses. b. Usaha membutuhkan konsestensi dan komitmen yang tinggi, sehingga kunci kesuksesnnya adalah anda mencintai pekerjaan atau uaha tersebut. c. Kesuksesan usaha adalah akumulasi dan kesuksesan menaklukkan kegagalan demi kegagalan hingga semuanya bisa terwujud. Untuk itu, bila anda dapat mengerjkan, terampil, ahli, dan memiliki pengatahuan yang cukup, maka anda akan cepat sukses. Usaha itu yang penting bersumber dari apa yang anda punyai bukan orang lain miliki (foto kopi). Salah atu peluang berasal dari diri anda adalah sebagai berikut. a. Hobi Hobi bisam menjadi awal dari kesuksesan seseorang dalam

berwirausaha, bahkan usahanya bisa berkembang dan tumbuh pesat. Contoh:

Marius Widyarto terinspirasi untuk membuat usaha kaos. dan mengira bahwa kaos tersebut berasal dari luar negeri. 59. beranggapan bahwa mesin main frame yang diciptakan oleh IBM terlalu besar. sebagian besar.1).  Banyak orang kesulitan untuk menggunakan mesin komputer yang besar. Keahlian Keahlian ynag anda miliki dapat menjadi modal untuk mengembangkan usaha yang sesuai dengan bidang keahlian. Bill gates yang hobi mengotak-atik Komputer. sebagian besar orang ingin komputer yang praktis. mempelajari dan memahami bidang yang anda tekuni. Contoh: Pendiri yang pencipta mesin pencari (search engine) Google yaitu.  Ketidaksempurnaan sistem operasi yang adaa dalam koputer telah menginspirasinya untuk menciptakan DOS (Disk Operating system ) yang kemudian berkebang menjadi windows. Kemudian dia berfikir dan memperoleh inspirasi. 2). Inilah cikal bakal dari bisnis kaos terkenal dengan merk C59. Dengan berbekal hobi menyablon kaos. bia diletakkan diatas meja dan canggih. Pengetahuan dan latar belakang Pengetahuan dan latar belakang pendidikan dan merupakan salah satu hal yang paling potensial untk menemukan peluang emas karena anda sudah mengetahui. c. kecil. Larry Page dan Sergey Brin yang ahli matematika dari Standford University. Contoh: . Dari gang sempit Caladi No. dia mulai memasarkan kaos produksinya pada teman-temannya. b. menemukan peluang darim masalah dan kesulian yang mereka hadapi. Ternyata banyak temannya yang tertarik.

yaitu tetangga. Usaha atau bisnis orang tua. menemukan peluang usaha dengan cara berkreasi membuat makanan dan minuman yang belum pernah ada ( teori ketidaksempurnaan dan berfikir berbeda) untuk ditawarkan dan dicoba oleh teman-temannya (riset dan trial) hingga iaa tahu jenis makanan dan minuman yanh dienangi banyak orang. ia hnya berfokus pada bidang tersebut. a. Contoh: Bob Sadino mendapatkan inspirasi dan ide usahanya dari lingkungan tempat ia tinggal dan dari hal-hal yang setiap hari ia lakukan hingga menjadi peluang usaha. pengetahuan. Diawali dari tetangganya. hobi. Aksesoris. modifikasi motor dan mobil. orang tua anda sering menceritakan kesulitan-kesulitan bisnisnya.  Seorang lulusan SMK jurusan teknik mesin yang terus mendalami bidang perbaikan motor atau mobil. Oleh karena itu. Mialnya jasa AC mobil. Peluang dari Lingkungan Banyak peluang dan ispirasi yang timbul dari lingkungan. akhirnya memahami bahwa usaha itu bersumber dari banyaknya keluhan dan kesulitan yang dihadapi peilik motor atau mobil. dan keahlian yang anda miliki. pengecatan. Hal itu dapat mendatangkan inspirasi bila anda hubungkan dengan latar belakang pendidikan. 2. ia mendapatkan 50 ekor ayam hingga mengahsilkan telur untuk ditawarkan pada kaum ekspatriat didaerah kemang. b. Seseorang lulusan tata boga. atau yang lainnya. teman sekolah. dan teman main. perbaikan mesin motor. Lingkungan . Dalam diskusi setiap harinya. antara lain sebagai berikut. Lingkungan rumah.

Kebiasaan anda ketika berangkat dan pulang sekolah. Inilah higienis. ( Ambadar. Peluang ini pula akhirnya dia memanfaatkan setelah ia lulus SMK.al. baik itu dalam perjalanan atau dilingkungan ekolah dan teman ekolah. Setelah dilakukan riset ntuk mencari celah usaha. et. hal menginsipirasinya untuk mengembangkan kebu sayur-sauran organik dengan cara hidroponik. Contoh: Seorang siswa SMK jurusan pemasaran mendapatkan inspirasi dari keikutsertaannya dalam program magang Unit Usaha sekolah. Saat itu ia ditugaskan untuk menjual produk hasil Unit Usaha Sekolah kepada masyarakat umum.ekspatriat kebersihan. dia menemukan bahwa ada perbedaan kualitas dan kebutuhan yang diinginkan masyarakat dengan standar yang dihasilkan dari Unit Usaha Sekolah. Dari kasus ini dia memperoleh inspirasi untuk meningkatkan kualitas dan variasi produk. . 2003 ) c. yang petisida. ternyata dan sangat bebas peduli dari dengan faktor.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful