PENGANTAR METODE PENELITIAN SOSIAL

LAPORAN HASIL DISKUSI

KELOMPOK 7 ARI SRI WAHYUDI (1206241653) DELIA PUTRI. R (1206252360) KEMAL AHMAD RIDLA (

UNIVERSITAS INDONESIA 2013

PENDAHULUAN Materi Tanggal Kelompok : Penelitian Kualitatif : 2 Mei 2013 : Semua kelompok presentasi (bentuk HG) Materi Presentasi : .

Kelompok 2 : Ada atau tidak hal yang mencegah jebakan ke-subjektivitas-an peneliti yang berlebihan? Proses antara tahapan 5 dan 5a? 2. Kelompok 1 : Pada penelitian kualitatif. Kelompok 5 : Ada limit waktu sampai kapan peneliti harus berhenti untuk membuat pertanyaan penelitian? ISSUE fleksibel : Perbedaan proses dan limit pengembangan konsep jika ia bersifat Presenter Materi : Kelompok 3 : Tahapan penelitian kualitatif dan konsep dalam penelitian kualitatif Kelompok 3 mempresentasikan tentang tahapan penelitian kualitatif dan konsep dalam penelitian kualitatif. Selama presentasi berjalan lancar dan terdapat beberapa pertanyaan sebagai berikut : 1.LAPORAN HASIL DISKUSI Presenter Materi Kelompok 7 : Kelompok 7 : Ciri – Ciri Penelitian Kualitatif (dari Epistomologinya) mempresentasikan tentang ciri-ciri penelitian kualitatif berdasarkan epistomologinya. Kelompok 4 : Apa perbedaan penekanan proses pada Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif? 2. Mbak Wiwit : Apakah tahapan dalam penelitian kualitatif mudah dilakukan atau tidak? ISSUE : Tingkat subjektivitas peneliti dalam penelitian kualitatif (lihat dari subjek dan sensitizing concept) . Selama presentasi terdapat beberapa pertanyaan sebagai berikut : 1. kita berfokus pada topik atau mengapa kita membahas topik ini? Menambah informasi atau menambah pengetahuan kita saja? 3. Kelompok 9 : Tanggapan dari kelompok 7 akan adanya kaitan antara sensitizing concept dengan 3.

Kelompok 2 : Apakah penelitian kualitatif bisa divalidasi dengan penelitian lain? (tidak bisa. mengapa peneliti kualitatif tidak menjelaskan secara detail proses penelitian? Kenapa transparansi penting dalam penelitian kualitatif? (penting. karena berbeda penelitiannya) ISSUE : Ada reduksi data. apalagi di-validasi. Kelompok 10 & 11 : Adanya “lack of transparency”. 4. Padahal penelitian kualitatif datanya kaya dan dalam. menurut kelompok 9. seperti riset kualitatif untuk menguji penelitian kualitatif bisa atau tidak? (tidak ada solusi untuk menggeneralisir penelitian kualitatif. Selama sesi terdapat pertanyaan sebagai berikut : 1. Kelompok 8 : Untuk mengatasi kesulitan menggeneralisir. Kontekstual : konteks understanding) 2. Kelompok 6 : Arti “statis” dalam kehidupan sosial pada penelitian kualitatif? : Maksud generalisasi dan kontekstual pada penelitian kualitatif dan (pencatatan tergantung waktu. generalisasi hanya pada tingkat tertentu dan bersifat teoritis/terbatas. karena di-replikasi saja sulit. Kelompok 5 kuantitatif? (pada penelitian kualitatif. Kelompok 11 : Data seperti apa yang bisa direduksi pada penelitian kuantitatif? Padahal datanya spesifik. tetapi bisa diuji karena menghasilkan teori) . Selama sesi presentasi terdapat pertanyaan sebagai berikut : 1. karena dalam penelitian kualitatif yang penting adalah hasilnya karena menggambarkan kondisi yang sebenarnya) 2.Presenter Materi : Kelompok 4 : Perbedaan mendasar antara Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Kelompok 4 mempresentasikan tentang perbedaan mendasar antara Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Kuantitatif hanya pada waktu tertentu pada penelitian. Kualitatif sepanjang waktu penelitian) 3. Reduksi data dalam penelitian kualitatif seperti apa? Presenter Materi : Kelompok 9 : Kritik terhadap penelitian kualitatif Kelompok 9 mempresentasikan tentang kritik terhadap penelitian kualitatif.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful