PENGANTAR METODE PENELITIAN SOSIAL

LAPORAN HASIL DISKUSI

KELOMPOK 7 ARI SRI WAHYUDI (1206241653) DELIA PUTRI. R (1206252360) KEMAL AHMAD RIDLA (

UNIVERSITAS INDONESIA 2013

PENDAHULUAN Materi Tanggal Kelompok : Penelitian Kualitatif : 2 Mei 2013 : Semua kelompok presentasi (bentuk HG) Materi Presentasi : .

Kelompok 1 : Pada penelitian kualitatif. Selama presentasi terdapat beberapa pertanyaan sebagai berikut : 1. Kelompok 9 : Tanggapan dari kelompok 7 akan adanya kaitan antara sensitizing concept dengan 3. Kelompok 4 : Apa perbedaan penekanan proses pada Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif? 2. Kelompok 2 : Ada atau tidak hal yang mencegah jebakan ke-subjektivitas-an peneliti yang berlebihan? Proses antara tahapan 5 dan 5a? 2. Kelompok 5 : Ada limit waktu sampai kapan peneliti harus berhenti untuk membuat pertanyaan penelitian? ISSUE fleksibel : Perbedaan proses dan limit pengembangan konsep jika ia bersifat Presenter Materi : Kelompok 3 : Tahapan penelitian kualitatif dan konsep dalam penelitian kualitatif Kelompok 3 mempresentasikan tentang tahapan penelitian kualitatif dan konsep dalam penelitian kualitatif. Selama presentasi berjalan lancar dan terdapat beberapa pertanyaan sebagai berikut : 1. Mbak Wiwit : Apakah tahapan dalam penelitian kualitatif mudah dilakukan atau tidak? ISSUE : Tingkat subjektivitas peneliti dalam penelitian kualitatif (lihat dari subjek dan sensitizing concept) . kita berfokus pada topik atau mengapa kita membahas topik ini? Menambah informasi atau menambah pengetahuan kita saja? 3.LAPORAN HASIL DISKUSI Presenter Materi Kelompok 7 : Kelompok 7 : Ciri – Ciri Penelitian Kualitatif (dari Epistomologinya) mempresentasikan tentang ciri-ciri penelitian kualitatif berdasarkan epistomologinya.

Kuantitatif hanya pada waktu tertentu pada penelitian. karena berbeda penelitiannya) ISSUE : Ada reduksi data. Kualitatif sepanjang waktu penelitian) 3. 4. Kelompok 6 : Arti “statis” dalam kehidupan sosial pada penelitian kualitatif? : Maksud generalisasi dan kontekstual pada penelitian kualitatif dan (pencatatan tergantung waktu. Kelompok 11 : Data seperti apa yang bisa direduksi pada penelitian kuantitatif? Padahal datanya spesifik. Kontekstual : konteks understanding) 2. tetapi bisa diuji karena menghasilkan teori) . karena dalam penelitian kualitatif yang penting adalah hasilnya karena menggambarkan kondisi yang sebenarnya) 2. apalagi di-validasi. generalisasi hanya pada tingkat tertentu dan bersifat teoritis/terbatas. Selama sesi terdapat pertanyaan sebagai berikut : 1. Kelompok 8 : Untuk mengatasi kesulitan menggeneralisir. seperti riset kualitatif untuk menguji penelitian kualitatif bisa atau tidak? (tidak ada solusi untuk menggeneralisir penelitian kualitatif. Kelompok 5 kuantitatif? (pada penelitian kualitatif. Reduksi data dalam penelitian kualitatif seperti apa? Presenter Materi : Kelompok 9 : Kritik terhadap penelitian kualitatif Kelompok 9 mempresentasikan tentang kritik terhadap penelitian kualitatif. menurut kelompok 9. Selama sesi presentasi terdapat pertanyaan sebagai berikut : 1. Kelompok 10 & 11 : Adanya “lack of transparency”.Presenter Materi : Kelompok 4 : Perbedaan mendasar antara Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Kelompok 4 mempresentasikan tentang perbedaan mendasar antara Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padahal penelitian kualitatif datanya kaya dan dalam. Kelompok 2 : Apakah penelitian kualitatif bisa divalidasi dengan penelitian lain? (tidak bisa. karena di-replikasi saja sulit. mengapa peneliti kualitatif tidak menjelaskan secara detail proses penelitian? Kenapa transparansi penting dalam penelitian kualitatif? (penting.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful