P. 1
022 DESKRIPSI SKKD Teknik Perbaikan Bodi.doc

022 DESKRIPSI SKKD Teknik Perbaikan Bodi.doc

|Views: 216|Likes:
Published by S Denny Ramdhany
body
body

More info:

Published by: S Denny Ramdhany on May 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

08/01/2015

$0.99

USD

pdf

text

original

DESKRIPSI PROGRAM PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BIDANG STUDI KEAHLIAN PROGRAM STUDI KEAHLIAN KOMPETENSI KEAHLIAN KODE

1. : TEKNOLOGI DAN REKAYASA : TEKNIK OTOMOTIF : TEKNIK PERBAIKAN BODI OTOMOTIF : 022

Definisi Teknik perbaikan bodi otomotif adalah kompetensi keahlian bidang Teknologi rekayasa program keahlian Teknik Otomotif yang menekankan pada keterampilan pelayanan jasa perbaikan bodi otomotif. Kompetensi keahlian Teknik perbaikan bodi otomotif menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan jasa perbaikan bodi otomotif yang dikelola oleh dunia usaha/industri, instansi atau perusahaan pribadi (wirausaha).

2. Tujuan Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Perbaikan Bodi Otomotif secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Perbaikan Bodi Otomotif adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten: a. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bodi otomotif secara mandiri atau wirausaha. b. Mengembangkan pelayanan sebagai teknisi bodi otomotif yang ada di dunia usaha dan dunia industri. c. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bodi otomotif yang profesional dalam bidang las, ketok pada kendaraan. d. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bodi otomotif yang profesional dalam bidang pengecatan kendaraan . 3. Standar Kompetensi Lulusan 1. Kompetensi Umum a) Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja b) Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya c) Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya

Kompetensi Kejuruan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif a) Melaksanakan Pemanasan Prosedur Pengelasan. 2.d) Berpartisipasi dalam menegakkan aturan-aturan sosial e) Menghargai keberagaman agama. kritis. bangsa. kreatif. kritis. Dasar Kompetensi Kejuruan Pengetahuan Dasar Teknik Mesin a) b) c) d) Menerapkan dasar-dasar kejuruan mesin Menjelaskan proses-proses dasar pembentukan logam Menjelaskan proses-proses mesin konversi energi Menerapkan prosedur keselamatan. suku. kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja e) Menggambar teknik f) Menggunakan peralatan dan rlengkapan di tempat pekerja g) Menggunakan alat-alat ukur (measuring tools) 3. kebugaran jasmani. dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris w) Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya. membaca. baik individual maupun kelompok q) Menjaga kesehatan dan keamanan diri. dan inovatif g) Menunjukkan kemampuan berpikir logis. berbangsa. kreatif. dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia n) Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya o) Mengapresiasi karya seni dan budaya p) Menghasilkan karya kreatif. dan inovatif dalam pengambilan keputusan h) Menunjukkan kemampuan budaya belajar untuk pemberdayaan diri i) Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik j) Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks k) Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial l) Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab m) Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat. serta kebersihan lingkungan r) Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun s) Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat t) Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain u) Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis v) Menunjukkan keterampilan menyimak. ras. Pemotongan Termal dan . menulis. dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global f) Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis.

2 2.3 4. Menjelaskan proses pengecoran Menjelaskan proses pembentukan Menjelaskan proses mesin perkakas.2 1. Menjelaskan konsep motor bakar Menjelaskan konsep motor listrik Menjelaskan konsep generator listrik Menjelaskan konsep pompa fluida Menjelaskan konsep kompresor. Menjelaskan proses-proses dasar pembentukan logam Menjelaskan proses-proses mesin konversi energi 2. 7.1 3.1 2.6 4. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) Berikut ini disajikan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK-KD) produktif minimal yang diajarkan pada kompetensi keahlian teknik perbaikan bodi otomotif.4 3.2 4.1 1. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN STANDAR KOMPETENSI 1. e) Mengganti Panel Utama yang Dilas f) Mengganti panel pintu atau fender g) Mengganti Pelindung Moulding. SK-KD mata pelajaran produktif ini meliputi dasar kompetensi kejuruan dan kompetensi kejuruan pada bidang Teknik perbaikan bodi otomotif A. kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja Mengidentifikasi aspek-aspek keamanan Kerja Mengontrol Kontaminasi 13. Menjelaskan konsep refrigerasi Menjelaskan prosedur keselamatan.2 3.3 3.b) Menentukan Prosedur dan harga perbaikan c)Memperbaiki Panel-Panel Bodi d) Memperbaiki Kerusakan Kecil panel (patching). Transfer/Gambar-gambar Hiasan.3 . kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja 4.5 3. Stiker Lis dan Spoiler h) Memasang sealer pada sambungan komponen dan bahan peredam i) Memperbaiki Kaca Kendaraan j) Memasangan Kaca Film k)Menggunakan bahan vernies untuk penyelesaian Akhir l) Melaksanakan Prosedur Masking m) Melaksanakan Pengecatan Ulang n) Melaksanakan Perbaikan Kecil Cat (spot repair) 4.3 3. Menerapkan prosedur keselamatan. Menerapkan dasar-dasar kejuruan mesin 1.1 KOMPETENSI DASAR Menjelaskan dasar ilmu statika dan tegangan Menerangkan komponen/elemen mesin Menerangkan material dan kemampuan proses.

Menjelaskan standar untuk menggambar teknik Menggambar teknik (perspektif.5 4. proyeksi. Menggunakan peralatan dan rlengkapan di tempat pekerja 16.2 8.1 KOMPETENSI DASAR Melaksanakan prosedur pengelasan las CO2 (MIG).2 6.4 4. Pemotongan Termal dan Pemanasan 8.2 7.3 7.3 8.2 5.1 7.4 B.1 9. KOMPETENSI KEJURUAN KOMPETENSI DASAR Melakukan pemadaman kebakaran Melakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Melakukan pengangkatan benda kerja secara manual.STANDAR KOMPETENSI 4. Menggunakan alat-alat ukur (measuring tools) 6. Menggambar teknik 5. Melaksanakan prosedur pemanasan termal Melaksanakan Prosedur pemotongan termal.6 14. Menggunakan alat-alat ukur mekanik Menggunakan alat-alat ukur pneumatik Menggunakan alat-alat ukur elektrik/elektronik Merawat alat-alat ukur. Memeriksa pengecatan kendaraan dan aksesoris-aksesorisnya Memeriksa kerusakan komponen kendaraan untuk penentuan tindakan perbaikan yang lebih baik 8. Menggunakan peralatan dan perlengkapan perbaikan Merawat peralatan dan perlengkapan perbaikan di tempat kerja. dan las elektroda secara manual Melaksanakan prosedur pengelasan gas oxy-acetylene (karbid) dan las titik.4 5. STANDAR KOMPETENSI 8 Melaksanakan Prosedur Pengelasan.3 5. Menggunakan fastener.3 7.2 .4 12 Menentukan Prosedur dan harga perbaikan 9.1 6.1 5.5 15. pandangan dan potongan) Menjelaskan simbol-simbol kelistrikan Membaca wiring diagram Menginterpretasikan gambar teknik dan rangkaian.

1 Mengelas panel bodi 12.1 Mengidentifikasi bahan dan peralatan perapat serta peredam 15.1 Melepas pelindung moulding.3 Melaksanakan pengetokan panel dengan cara hot dan cold shrinking 10.1 Mengidentifikasi panel/komponen bodi yang akan diperbaiki 10.2 Memasang panel pintu atau fender 13.2 Menata komponen bodi yang tidak diperbaiki 10.3 Menguji sambungan dan peredam. 15. 23 Mengganti panel pintu atau fender 24 Mengganti Pelindung Moulding.3 Melaksanakan penambalan panel dan perataan.3 9. 11.3 Membentuk kulit panel bodi 13. Stiker Lis dan Spoiler Memasang sealer pada sambungan komponen dan bahan peredam 26 . 10.3 Melepas panel pintu atau fender 13. 21 Memperbaiki Kerusakan Kecil panel (patching).2 Mengganti pelindung moulding.2 Memasang perapat dan peredam 15. 22 Mengganti Panel Utama yang Dilas 12.4 16 Memperbaiki Panel-Panel Bodi KOMPETENSI DASAR Menentukan prosedur perbaikan dan penggantian secara tertulis Mengkalkulasi harga perbaikan.5 Melaksanakan perataan panel dengan bodi filler/dempul.4 Melaksanakan metal finish pada panel. 10.1 Melaksanakan pembentukan panel ulang kerusakan kecil 11. Transfer/Gambar-gambar Hiasan. 13.transfer dan decal.4 Memasang perangkat tambahan 14.1 Melepas perangkat tambahan elektronik.2 Membuat pola 12.STANDAR KOMPETENSI 9.2 Melaksanakan prosedur pengukuran panel bodi secara manual 11. transfer dan decal 14.

2 Mempersiapkan permukaan kaca 17.1 Mengidentifikasi berbagai jenis masking.1 Memperbaiki luka kecil.2 Menggunakan primer dan sealer. 18.5 Mempersiapkan cat dan spray gun untuk penyemprot 20.7 Melakukan pengeringan dan finishing 35 Menggunakan bahan vernies untuk penyelesaian Akhir 36 Melaksanakan Prosedur Masking Melaksanakan Pengecatan Ulang 37 21. 32 Memasangan Kaca Film 17.1 penyelesaian akhir pengecatan 18.1 Menghilangkan korosi/kerak dan mempersiapkan permukaan bodi untuk penggunaan primer 20.STANDAR KOMPETENSI 29 Memperbaiki Kaca Kendaraan KOMPETENSI DASAR 16. 19.3 Memasang kaca film.2 Mengganti kaca depan/ belakang yang berlapis karet 16.6 Mengecat ulang kendaraan 20.2 Menggunakan bahan vernies untuk penyelesaian akhir pengecatan Mempersiapkan bahan vernies untuk dengan menggunakan spray 19.3 Mengganti kaca bodi yang tetap dan yang dapat digerakkan.1 Mengidentifikasi kaca film 17.1 Mempersiapkan permukaan panel kerja .4 Menguji penyesuaian warna dengan kartu warna 20. 20. retak dan goresan pada kaca yang berlapis 16. Melaksanakan Perbaikan Kecil Cat (spot repair) 21.2 Menggunakan Masking 20.3 Mempersiapkan permukaan yang telah diberi primer dan surfacer untuk penyelesaian akhir pengecatan 20.

pengalaman dan berbagai peluang yang ada.STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 21. Perakitan/Assembly.Mata Pelajaran Adaptif .Muatan Lokal b. Bengkel umum. 2. 3.Mata Pelajaran Normatif .3 Mengkilapkan secara manual dan mesin. 6.Mata Pelajaran Produktif . 1. Ruang Lingkup Pekerjaan Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Kompetensi Keahlian Teknik Perbaikan Bodi Otomotif adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Bidang Industri Logam dan Mesin pada jenjang SMK antara lain adalah: No . i. Dunia usaha/industri Bengkel ATPM. 5. pengetokan dan pengectatan bodi kendaraan  Teknisi pengelasan bodi kendaraan. Substansi Pembelajaran Mata Pelajaran Substansi mata pelajaran pada kompetensi keahlian Teknik Bodi otomotif meliputi : . lulusan kompetensi keahlian Teknik PerbaikanBodi Otomotif juga dimungkinkan mengelola dan atau berwirausaha di bidang jasa perbaikan bodi otomotif. Program Pembelajaran (Kurikulum) a. Lingkup pekerjaan  Teknisi pengelasan. pengetokan dan pengecatan bodi kendaraan  Teknisi pengelasan.  Teknisi pengecatan bodi kendaraan Dengan memanfaatkan kemampuan.2 Memperbaiki cacat pada permukaan cat 21. Durasi Total durasi waktu struktur pembelajaran kompetensi keahlian Teknik Perbaikan Bodi otomotif adalah 4626 jam yang meliputi : .

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 1. pendidikan agama. a. dasar kompetensi kejuruan dan kompetensi kejuruan Muatan Lokal Muatan lokal yang ditawarkan untuk dapat dikembangkan dalam memenuhi dan memperkaya kemampuan tamatan kompetensi keahlian Teknik Perbaikan Bodi otomotif berupa Auto CAD Muatan Lokal Pengembangan Diri Muatan lokal pengembangan diri disesuaikan dengan karakteristik. bimbingan karir.fisika.5 .2 Bahasa Inggris Matematika 548 624 : Teknik Perbaikan Bodi Otomotif : 3 Tahun KOMPONEN Durasi Waktu (Jam) 192 192 192 192 128 2 . Ilmu pengetahuan alam. bahasa Indonesia. bahasa Inggris. iii. Mata Pelajaran Normatif meliputi. Pendidikan Kewarganegaraan 1. dan seni budaya Mata Pelajaran Adaptif meliputi.4 . pendidikan kewarganegaraa. kegiatan kesenian dan keagamaan. Seni Budaya Adaptif 2. Bahasa Indonesia 1. ilmu pengetahuan sosial.2 . matematika. kegiatan keolahragaan. KKPI dan kewirausahaan Mata Pelajaran Produktif yang meliputi. A. Mata Pelajaran 1 Normatif 1. Pengembangan diri ini dapat meliputi.1 .kimia.1 2. pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan. kemampuan dan keinginan peserta didik pada masing-masing satuan pendidikan. Pendidikan Agama 1.3 . Struktur Kurikulum Kompetensi Keahlian Lama Pendidikan NO. penulisan karya ilmiah.• • • ii.

2. 2. kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja Menggambar teknik Menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat pekerja Menggunakan alat-alat ukur (measuring tools) 1044 Kompetensi Kejuruan Melaksanakan Prosedur Pengelasan.9 Memperbaiki Kaca Kendaraan 3. 3.7 2.2.1 Melaksanakan Prosedur Masking Melaksanakan Pengecatan Ulang 3.7 3.2.2.1.10 Memasangan Kaca Film 3.2.2 Menerapkan dasar-dasar kejuruan mesin Menjelaskan proses-proses dasar pembentukan logam Menjelaskan proses-proses mesin konversi energi Menerapkan prosedur keselamatan.2.5 Mengganti Panel Utama yang Dilas 3.NO. Pemotongan Termal dan Pemanasan 3.2.13 3.2.3 Memperbaiki Panel-Panel Bodi 3.4 Memperbaiki Kerusakan Kecil panel (patching).2.3 3.5 2.8 3 KOMPONEN Ilmu Pengetahuan Alam Fisika Kimia Ilmu Pengetahuan Sosial KKPI Kewirausahaan Durasi Waktu (Jam) 192 276 192 128 202 192 140 Produktif 3.2.7 gambar Hiasan.1 Dasar Kompetensi Kejuruan 3.2 Menentukan Prosedur dan harga perbaikan 3.1.3 2.1.1.1 3.2.2 3. Transfer/Gambar3.1. Stiker Lis dan Spoiler Memasang sealer pada sambungan komponen dan 3.1.12 3.4 2.11 Menggunakan bahan vernies untuk penyelesaian Akhir 3.1.5 3.8 bahan peredam 3.2.2.14 Melaksanakan Perbaikan Kecil Cat (spot repair) .6 3.6 Mengganti panel pintu atau fender Mengganti Pelindung Moulding.2.4 3.6 2.

Kegiatan penulisan karya ilmiah . C. Teater.NO. dll) . Volley. KOMPONEN Durasi Waktu (Jam) 192 Muatan Lokal Auto CAD Pengembangan Diri (dapat berupa pilihan-pilihan berikut ini): .Kegiatan Kesenian (Musik. dll) . . 1B. Tajwid. dll) JUMLAH 192*) 4626 *) tidak dihitung dalam penjumlahan jam pelajaran.Kegiatan Keagamaan (Ceramah.Kegiatan Bimbingan Karir (mengembangkan kerajinan tangan) .Kegiatan Olahraga ( Permainan Basket.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->