P. 1
Sejarah Senam Aerobik

Sejarah Senam Aerobik

|Views: 768|Likes:
Published by Abdul Hafid Ismail

More info:

Published by: Abdul Hafid Ismail on May 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2014

pdf

text

original

Sejarah Senam Aerobik

Senam aerobic pertama kali dikenalkan di Amerika pada tahun 1970-an dan masuk di Indonesia pada tahun1980an.Pada akhir tahun 1980 olahraga senam aerobic yang dulunya dikenal masyarakat sebagai aktivitas kebugaran dan rekreasi mulai dikompetisikan ditingkat nasional dan internasional dengan sebutan fitaerobics serta nomor yang dipertandingkan hanya satu yaitu individual putera dan puteri. Karena perkembangan jumlah organisasi yang pesat, pada awal tahun 1990-an fitaerobics diganti dengan istilah aerobic competitive. Peraturan perlombaan diperbaiki sesuai dengan tingkat kemajuan para atlet dari kemampuan fisik maupun teknik, serta kategorinya ditambah yaitu berpasangan dan trio. Segala hal yang menyangkut keanggotaan aerobic competitive diatur oleh International Aerobics Federation (IAF) yang berpusat di Tokyo, Jepang.

Pada tahun yang sama Federation International Gymnastique (FIG) yang selama ini hanya menaungi senam artistic dan ritmik sportif menyelenggarakan kejuaraan dunia Sports Aerobics yang pertama pada bulan Juli 1995 di Paris dengan sebutan Sports Aerobics. Seiring saat Sports Aerobics mendapatkan pengakuan dari FIG sebagai salah satu nomor yang diakui selain senam artistic dan ritmik sportif, maka secara otomatis pembinaan Sports Aerobics di Indonesia dilakukan oleh PB. PERSANI. Dan setiap kegiatan kompetisi yang diselenggarakan di tanah air harus selalu mengacu pada peraturan FIG yang dikenal dengan istilah Code of Points. Komisi teknik Sports Aerobics FIG selalu mengevaluasi dan merevisi Code of Points setiap 4 tahun sekali. Sports Aerobics Indonesia tampak semakin cerah, saat disetujuinya olahraga baru ini sebagai salah satu nomor lomba yang untuk pertama kalinya diikut sertakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XV di Surabaya tahun 2000 lalu. Atlet Indonesia mempunyai peluang untuk menjadi juara dunia, karena pada cabang olahraga ini tidak dipengaruhi oleh tinggi badan yang selama ini merupakan hambatan orang Indonesia untuk berprestasi pada cabang-cabang olahraga tertentu.

Pada tahun 2005 istilah sports aerobics diganti dengan sebutan aerobic gymnastics. Peraturan kejuaraan yang ada dalam aerobic gymnastics pun berubah pada saat itu, dan nomor yang dipertandingkan adalah single, couple, trio dan groups. Aerobic gymnastics merupakan nomor baru dalam dunia senam. Nomor ini terdiri dari 12 (dua belas) elemen keterampilan yang memerlukan waktu 1,40-1,50 detik. Unsur yang dinilai adalah penampilan dilapangan, yang meliputi 3 faktor penting yang dinilai dalam aerobic aymnastics yang meliputi artistic, execution, dan difficulty.

yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan stamina tubuh. maka kita menggunakan berbagai macam otot dalam badan kita. pinggang.senam aerobik juga memiliki macam-macam dalam latihan yang meliputi: 1. Dengan gerakangerakan dasar jalan. Pada saat ini kategori-kategori yang dilombakan dalam Aerobic Gymnastics .1 Senam Low Impact Sebenarnya Low Impact hampir sama dengan Senam Aerobik dalam variasi gerakannya. tidak ada loncatan sama sekali.Pengertian dan Jenis-jenis Senam Aerobik Senam aerobik adalah suatu rangkaian dan latihan-latihan aerobik seperti jogging. tungkai yang dapat dilakukan sendiri atau berkelompok (Amrun Bustaman. Pergerakan yang dilakukan harus menunjukkan gerak yang terus menerus. kekuatan dan pergerakan kaki terdiri dari tujuh basic step. Manfaat senam ini sama dengan Aerobik. meliputi fleksibilitas. dan jumping yang disusun sedemikian rupa dengan gerakan dan memperhatikan gerakan-gerakan lengan. dilakukan dengan irama low (rendah) yaitu lebih lambat. 2.2 Komponen Aerobic Gymnastics Dalam cabang olahraga senam Aerobic Gymnastics terdapat komponen yang terkandung didalamnya. yang terdiri dari aktifitas aerobik tradisional. Low Impact 2. 20052008).1.lompatan. 2.Sehingga system kardiovaskuler bekerja lebih ekstra dan banyak menguras energi sehingga jika melakukannya cepat lelah. karena variasi-variasi gerakannya sederhana dan mudah diikuti. 2. Kombinasi low impact dan high impact dapat membantu memperbaiki daya tahan dan kondisi jantung serta peredaran darah kita.1992: 5). Aerobic Gymnastics adalah kemampuan untuk menampilkan gerakan secara komplek dan dengan intensitas tinggi yang pergerakannya diiringi dengan irama musik. High Impact 2. Seperti halnya olahraga yang lain. Senam aerobik yang berupa latihan-latihan mix impact aerobic yakni separo waktu untuk low impact aerobic (benturan ringan: salah satu kaki selalu masih berada di lantai) dan separo waktunya untuk high impact aerobic (benturan keras: kedua kaki terlepas dari lantai) dimaksudkan agar peserta tidak cepat bosan.2 Senam Mix Impact Senam ini adalah gabungan dari senam low impact dan high impact. orangtua maupun muda boleh melakukannya. Karena sifatnya low. running.3 Senam High Impact Senam ini sangat berat dilakukan. Hanya saja. tingkat kesulitan yang tinggi tanpa terkena eksekusi atau pemotongan nilai (FIG. Mix Impact 3.1. Diantaranya otot-otot kaki yang kita gunakan untuk melompat dan juga mengangkat badan serta otot-otot lengan yang menyebabkan jantung memompa lebih keras. maka senam ini boleh dilakukan siapa saja yang masih mampu untuk melakukannya. walking. Jika kita melakukan 'baik high maupun low impact aerobik.karena intensitasnya yang tinggi dan gerakannya yang sulit serta banyak disertai lompatan.1.

Maximum 6 elemen dilantai (ternasuk mendarat dilantai saat split). Garis hitam pemisah ini termasuk dalam ukuran area kompetisi. Trio pesertanya tiga orang atlet. Harus memperliatkan kreatifitas. Contoh gambar senam Aerobik . dimana untuk kategori individual women. execution. 4. Podium yang digunakan untuk pertandingan Aerobic Gymnastics dengan ukuran panjang minimal 14 meter. semua atlet putra. atau campuran. semua atlet putri. dan trio ukuran area kompetisi adalah pnjang 7 meter dan lebar 7 meter. Maximum dari 12 elemen yang boleh ditampilkan oleh masing-masing peserta. nomor ini terdiri atas 12 elemen keterampilan yang memerlukan waktu 1 menit 40 detik hingga 1 menit 50 detik. Beberapa hal khusus pada elemen difficulty adalah: 1. yang meliputi 3 elemen penting yang dinilai dalam Aerobic Gymnastics yang meliputi artistic. sedangkan untuk difficulty rangkaian gerak harus menunjukkan keseimbangan antara elemen-elemen di udara. Sebuah elemen yang tidak memenuhi ketentuan minimum juga dihitung dalam 12 elemen tetapi nilainya 0. Nilai dari difficulty adalah nilai-nilai dari 12 elemen yang ditampilkan. dan koreografi harus memperliatkan muatan olahragaolahraga tertentu. mixed pair (couple). groups. gerakan dan ekspresi menyambung dan menyatu dengan irama musik. semua atlet putri atau campuran. Minimum 1 elemen harus ditampilkan dari masing-masing keluarga dari pengelompokan elemen. dan difficulty. Individual women pesertanya satu orang atlet putri. Aerobic Gymnastics merupakan nomor baru dalam dunia senam. dan di lantai. rasis. Untuk kategori groups ukuran area kompetisi adalah panjang 10 meter dan lebar 10 meter. Untuk elemen execution semua garakan harus ditampilkan secara sempurna tanpa terdapat kesalahan sedikitpun untuk menghindari pemotongan nilai. 4. Tema gerakan tidak boleh mengenai kekerasan. 2. Mixed pair (couple) pesertanya satu orang atlet putera dan satu orang atlet puteri. Maximum 2 elemen mendarat dalam posisi push up yang ditampilkan. dan groups meliputi gerakan partnership (angkatan) pada pembukaan dan penutupan penampilan. Sedangkan jumlah peserta dari masing-masing kategori adalah 1. 2. Untuk kategori mixed pairs. mixed pairs.pada world championship adalah individual women.dan trio. individual men. Semua elemen yang ditampilkan harus dari nama-nama elemen yang berbeda dan tergabung dalam 4 keluarga. lebar minimal 14 meter dan tinggi antara 80-140 centimeter. 7. semua atlet putra. 5. 3. 2. Pembatas area kompetisi ini dapat dilakukan dengan memberikan tanda garis hitam berukuran 5 centimeter. Hal-hal tertentu yang dipenuhi pada elemen artistic adalah sebagai berikut: 1. Groups pesertanya enam orang atlet. berbagai macam gerakan harus mempunyai hubungan yang erat dengan musik. individual men. Individual men pesertanya satu orang atlet putra. 5. Sedangkan lantai untuk kompetisi harus berukuran panjang 12 meter dan lebar 12 meter. 3. dan seks. di permukaan. . trio. Unsur yang dinilai adalah penampilan dilapangan. 3.

.

Senam Aerobik Nama : Attauriq Ginanjar Kelas : 3b ( Tiga) b .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->