KELOMPOK 1

Achmad Ariyadi Agus Rivaldy Kurnia Alexander Bagaskara Alip Tania Putri Amelia Virgiyani Sofyan Mata Kuliah
Dosen M.T.

1215041001 1215041002 1215041004 1215041005 1215041006

: Bahan Konstruksi Teknik Kimia : Panca Nugrahini F, S.T,

Polimer merupakan Ilmu pengetahuan yang berkembang secara aplikatif. Kertas, plastik, ban, dan serat-serat alamiah.

POLIMERISASI

Polimerisasi adalah reaksi pembentukan rantai polimer organik yang panjang dan berulang. Polimerisasi digolongkan ke beberapa sistem: sistem adisi-kondensasi dan sistem pertumbuhan rantai bertahap.

POLIMER…
Polimer alamiah mencakup protein seperti sutera,enzim dan serat otot. Polimer disebut juga makromolekul.
Polimer adisi contohnya: polietilena, teflon, PVC, PVA dan PMMA. Polimer kondensasi contohnya :nilon, kevlar, silicon rubber, dan poliester.

daging. akar umbi Sayur. Polimer Pati/amilum Selulosa Glukosa Glukosa Monomer Polimerisasi Kondensasi Kondensasi Contoh Biji-bijian. 2. Kayu. Contoh polimer alam dapat dilihat pada table di bawah ini No 1. sutera Molekul DNA dan RNA (sel) Getah pohon karet . wol. telur. Protein Asam nukleat Karet alam Asam amino Nukleotida Isoprena Kondensasi Kondensasi Adisi Susu. 1. Kapas 3.KLASIFIKASI POLIMER Berdasarkan asalnya. Polimer Alam Polimer alam adalah polimer yang terdapat di alam dan berasal dari makhluk hidup. 5. 4. polimer dapat dibedakan atas polimer alam dan polimer sintesis.

Polimer Sintesis Polimer sintesis atau polimer buatan adalah polimer yang tidak terdapat di alam dan harus dibuat oleh manusia.KLASIFIKASI POLIMER… 2. .

3. 8. 6. 5. 9. 2. 10. 11. Polietena Polipropena PVC Polivinil alcohol Teflon Dakron Nilon Polibutadiena Poliester Melamin Epoksi resin Monomer Etena Propena Vinil klorida Vinil alcohol Tetrafluoroetena Metil tereftalat dan etilena glikol Asam diamin Butadiena Ester dan etilena glikol Fenol formaldehida Metoksi benzena dan alcohol adipat dan heksametilena Terdapat pada Kantung.KLASIFIKASI POLIMER… No Polimer 1. 4. pelapis lantai Bak air Wajan atau panci anti lengket Pipa rekam magnetik. botol plastik Pipa paralon. kabel plastik Tali. 7. karung. kain atau tekstil (wol sintetis) Tekstil Ban motor Ban mobil Piring dan gelas melamin Penyalut cat (cat epoksi) .

Polimerisasi Adisi polimerisasi adisi adalah reaksi pembentukan polimer dari monomermonomer yang berikatan rangkap (ikatan tak jenuh). jadi reaksi polimerisasi adalah reaksi penggabungan molekul-molekul kecil (monomer) membentuk molekul yang besar (polimer). . 1.KLASIFIKASI POLIMER… Penggolongan Polimer Berdasarkan Proses Pembentukannya Reaksi pembentukan polimer dinamakan polimerisasi.

bahan pengepakkan Pipa. gelas plastik. pembuat bola bowling . cat Bahan pembuat gelas. botol Pernis kayu. benang Tekstil. gumresin. genteng plastik Plastik wrap Alat masak.KLASIFIKASI POLIMER… Nama polimer Polietilena Polipropilena Polistirena Polivinil klorida Polivinil dienklorida Politetraetilena (teflon) Poliakrilonitril Polivinilasetat Polimetilmetakrilat Kegunaan Tas plastik. isolasi listrik Karpet plastik. cat. botol. isolasi plastik. mainan. isolasi listrik (penutup kabel) Wig (rambut palsu). mainan. styrofoam.

. Misalnya.KLASIFIKASI POLIMER… 2. Polimerisasi Kondensasi polimerisasi kondensasi adalah reaksi pembentukan polimer dari monomer-monomer yang mempunyai dua gugus fungsi. senyawa polipeptida atau protein dan polisakarida merupakan senyawa biomolekul yang dibentuk oleh reaksi polimerisasi kondensasi.

selulosa dan protein. ikatan rangkapnya terbuka lalu berikatan membentuk polimer yang berikatan tunggal. Homopolimer Homopolimer adalah polimer yang monomernya sejenis. Pada polimer adisi homopolimer. (-P-P-P-P-P-P-P-P-)n. Contohnya. .KLASIFIKASI POLIMER… Penggolongan polimer berdasarkan jenis monomernya 1.

Proses pembentukan polimer berlangsung dengan suhu dan tekanan tinggi atau dibantu dengan katalis.KLASIFIKASI POLIMER… 2. nilon-66. Contoh dakron. . namun tanpa katalis strukyur molekul yang terbentuk tidak beraturan. Kopolimer Kopolimer atau disebut juga heteropolimer adalah polimer yang monomernya tidak sejenis. melamin (fenol formaldehida).

KLASIFIKASI POLIMER… Contoh struktur rantai molekul polimer tidak beraturan produk polimerisasi tanpa katalis) adalah sebagai berikut : (-P-S-S-P-P-S-S-S-P-S-P-)n Kopolimer tidak beraturan Pada proses pembentukan polimer yang digunakan katalis. Contoh struktur rantai molekul polimer teratur (produk polimerisasi dengan katalis) adalah sebagai berikut : Sistem blok : (-P-P-P-S-S-S-P-P-P-S-S-S-)n Kopolimer blok Sistem berseling : (-P-S-P-S-P-S-P-S-P-S-P-S-P-)n Kopolimer berseling . struktur molekul yang terbentuk akan beraturan.

KLASIFIKASI POLIMER… Penggolongan polimer berdasarkan sifatnya terhadap panas 1. Polimer termoplas Polimer termoplas adalah polimer yang tidak tahan panas. . dan PVC. Contohnya polietilene. dan dapat dilebur untuk dicetak kembali (didaur ulang). Polimer tersebut apabila dipanaskan akan meleleh (melunak). polipropilena.

dan sukar didaur ulang. Polimer termosting Polimer termosting adalah polimer yang tahan panas. Contohnya melamin dan bakelit. Polimer tersebut apabila dipanaskan tidak akan meleleh (sukar melunak).KLASIFIKASI POLIMER… 2. .

KLASIFIKASI POLIMER… Penggolongan polimer berdasarkan strukturnya 1. Polimer ini biasanya dapat larut dalam beberapa pelarut. poliakrilonitril (orlon atau creslan) dan nylon 66 . dan dalam keadaan padat pada temperatur normal. Plexiglas. poli(metil metakrilat) (juga dikenal sebagai PMMA. Polimer linear Polimer linear terdiri dari rantai panjang atom-atom skeletal yang dapat mengikat gugus substituen. Polimer ini terdapat sebagai elastomer. poli(vinil klorida) atau PVC. Contoh : Polietilena. Lucite. atau perspex). bahan yang fleksibel (lentur) atau termoplastik seperti gelas).

KLASIFIKASI POLIMER… 2. seperti digambarkan pada gambar berikut. Polimer jaringan tiga dimensi (three-dimension network) Polimer jaringan tiga dimensi adalah polimer dengan ikatan kimianya terdapat antara rantai. misalnya intan (diamond). Ketaklarutan ini dapat digunakan sebagai kriteria dari struktur jaringan. . Jika derajat sambung-silang cukup tinggi. padat yang tak dapat digembungkan. Polimer bercabang Polimer bercabang dapat divisualisasi sebagai polimer linear dengan percabangan pada struktur dasar yang sama sebagai rantai utama. Bahan ini biasanya di”swell” (digembungkan) oleh pelarut tetapi tidak sampai larut. titik leleh tinggi. 3. polimer dapat menjadi kaku. Makin besar persen sambung-silang (cross-links) makin kecil jumlah penggembungannya (swelling).

karpet. pipa. isolasi kawat. barang mainan. anyaman. drum. dan kabel. lembaran. isolasi kawat dan kabel Tali. bahan untuk lantaui. film jenisLapisan pengemas. saluran. harganya murah dan banyak dipakai dalam kehidupan sehari hari. botol rendah(HDPE) Polipropilena (PP) Poli(vinil klorida) (PVC) Bahan bangunan. Polimer komersial Polietilena massa rendah(LDPE) Polietilena massa Kegunaan atau manfaat yang lentur.Penggolongan polimer berdasarkan kegunaanya 1. isolasi kawat dan kabel . bahan pelapis jenisBotol. film. Polimer komersial (commodity polymers) Polimer ini dihasilkan di negara berkembang. pipa tegar.

barang-barang listrik dan elektronik (mesin bisnis. polisulfon.2. komputer). Polimer ini cukup mahal dan canggih dengan sifat mekanik yang unggul dan daya tahan yang lebih baik. bahan bangunan (pipa ledeng). kapal udara). truk. Polimer ini banyak dipakai dalam bidang transportasi (mobil. polikarbonat. mesin-mesin industri dan barang-barang konsumsi Contoh : Nylon. polyester . Polimer teknik (engineering polymers) Polimer ini sebagian dihasilkan di negara berkembang dan sebagian lagi di negara maju.

3. nomex. Polimer fungsional (functional polymers) Polimer ini dihasilkan dan dikembangkan di negara maju dan dibuat untuk tujuan khusus dengan produksinya dalam skala kecil Contoh : kevlar. . biopolymer. textura. polimer penghantar arus dan foton. membran. polimer peka cahaya.

polimerisasi ion koordinasi. Polietilena adalah polimer yang terdiri dari rantai panjang monomer etilena (IUPAC: etena).KLASIFIKASI POLIMER SINTESIS 1. Polietilena (PE) Polietilena (disingkat PE) (IUPAC: Polietena) adalah termoplastik yang digunakan secara luas oleh konsumen produk sebagai kantong plastik. polimerisasi adisi anionik. polietilena ditulis dengan singkatan PE. Di industri polimer. atau polimerisasi adisi kationik. Polietilena bisa diproduksi melalu proses polimerisasi radikal. Setiap metode menghasilkan tipe polietilena yang berbeda. perlakuan yang sama yang dilakukan oleh Polistirena (PS) dan Polipropilena (PP). . Molekul etena C2H4 adalah CH2=CH2. Polietilena dibentuk melalui proses polimerisasi dari etena. Dua grup CH2 bersatu dengan ikatan ganda.

bahan anti peluru. Polietilena bermassa molekul sangat tinggi (Ultra high molecular weight polyethylene) (UHMWPE) polietilena dengan massa molekul sangat tinggi. . namun mengakibatkan pembentukan rantai panjang menjadi struktur kristal tidak efisien dan memiliki kepadatan lebih rendah dari pada HDPE.1 hingga 5. dan berat molekulnya. Biasanya berkisar antara 3. dan sebagai implan pengganti bagian pinggang dan lutut dalam operasi. roda gigi. hingga jutaan. UHMWPE bisa dibuat dengan teknologi katalis. penyambung. dan katalis Ziegler adalah yang paling umum. 1.67 juta.KLASIFIKASI DAN KEGUNAAN POLIETILENA Polietilena terdiri dari berbagai jenis berdasarkan kepadatan dan percabangan molekul. Sifat mekanis dari polietilena bergantung pada tipe percabangan. bagian yang bergerak dari mesin pemutar. struktur kristal. Tingginya massa molekul membuat plastik ini sangat kuat. pelindung sisi luar. UHMWPE digunakan sebagai onderdil mesin pembawa kaleng dan botol.

Polietilena berdensitas polyethylene) (HDPE) tinggi (High density dicirikan dengan densitas yang melebihi atau sama dengan 0.941 g/cm3. HDPE bisa diproduksi dengan katalis kromium/silika. HDPE memiliki derajat rendah dalam percabangannya dan memiliki kekuatan antar molekul yang sangat tinggi dan kekuatan tensil.2. botol/kemasan deterjen. katalis Ziegler-Natta. HDPE digunakan sebagai bahan pembuat botol susu. dan tempat sampah. kemasan margarin. pipa air. atau katalis metallocene. .

Sifat ketahanan terhadap temperatur tingi meningkat seperti juga ketahanan terhadap bahan kimia. . Polietilena ''cross-linked'' (Cross-linked polyethylene) (PEX atau XLPE) PEX adalah polietilena dengan kepadatan menengah hingga tinggi yang memiliki sambungan cross-link pada struktur polimernya.3.

MDPE biasa digunakan pada pipa gas. MDPE memiliki ketahanan yang baik terhadap tekanan dan kejatuhan. Polietilena berdensitas menengah (Medium density polyethylene) (MDPE) MDPE dicirikan dengan densitas antara 0. MDPE bisa diproduksi dengan katalis kromium/silika. atau katalis metallocene. katalis Ziegler-Natta.4. .926–0.940 g/cm3.

LDPE diproduksi dengan polimerisasi radikal bebas.5.940 g/cm3. Ini mengakibatkan LDPE memiliki kekuatan tensil yang rendah. .910–0. yang berarti tidak akan berubah menjadi struktur kristal. Ini juga mengindikasikan bahwa LDPE memiliki kekuatan antar molekul yang rendah. LDPE memiliki derajat tinggi terhadap percabangan rantai panjang dan pendek. Polietilena berdensitas polyethylene) (LDPE) rendah (Low density LDPE dicirikan dengan densitas 0.

LLDPE memiliki kekuatan tensil yanglebih tinggi dari LDPE. dan memiliki ketahanan yang lebih tinggi terhadap tekanan. 1-oktena.915–0. 1-heksena. dan sebagainya). Polietilena linier berdensitas rendah (Linear low density polyethylene) (LLDPE) LLDPE dicirikan dengan densitas antara 0. LLDPE adalah polimer linier dengan percabangan rantai pendek dengan jumlah yang cukup signifikan. Umumnya dibuat dengan kopolimerisasi etilena dengan rantai pendek alfa-olefin (1-butena. .925 g/cm3.6.

Umumnya dibuat dengan kopolimerisasi etilena dengan rantai pendek alfa-olefin.880–0. VLDPE adalah polimer linier dengan tingkat percabangan rantai pendek yang sangat tinggi. .915 g/cm3. Polietilena berdensitas sangat rendah (Very low density polyethylene) (VLDPE) VLDPE dcirikan dengan densitas 0.7.

SIFAT FISIK POLIETILENA Melihat kristalinitas dan massa molekul. titik lelehnya berkisar 120oC hingga 135oC. Temperatur titik tersebut sangat bervariasi bergantung pada tipe polietilena. polietilena berdensitas menengah dan tinggi. dan HDPE mempunyai tingkat resistansi kimia yang sangat baik dan tidak larut pada temperatur ruang karena sifat kristalinitas mereka. Polietilena umumnya bisa dilarutkan pada temperatur yang tinggi dalam hidrokarbon aromatik seperti toluena atau xilena. Kebanyakan LDPE. Titik leleh polietilena berdensitas rendah berkisar 105oC hingga 115oC. Pada tingkat komersil. titik leleh. MDPE. dan transisi gelas sulit melihat sifat fisik polietilena. . atau larutan terklorinasi seperti trikloroetana atau triklorobenzena.

KELEMAHAN POLIETILENA DAN PENGARUHNYA TERHADAP LINGKUNGAN Penggunaan polietilena yang sangat luas menjadi masalah lingkungan yang amat serius. bakteri itu mampu mendegradasi lebih cepat. Polietilena dikategorikan sebagai sampah yang sulit didegradasi oleh alam. tipe bakteri yang mampu mendegradasi polietilena. Bersama bakteri Pseudomonas. remaja Kanada berusia 16 tahun. . Pada bulan Mei tahun 2008. membutuhkan waktu ratusan tahun bagi alam untuk mendegradasinya secara efisien. Daniel Burd. memenangkan Canada-Wide Science Fair di Ottawa setelah menemukan Sphingomonas.

Di seluruh dunia. dan insulasi kabel listrik. biasa disingkat PVC. . lebih dari 50% PVC yang diproduksi dipakai dalam konstruksi. PVC relatif murah. setelah polietilena dan polipropilena. atap. PVC yang fleksibel umumnya dipakai sebagai bahan pakaian. Sebagai bahan bangunan.POLIVINIL CLORIDA (PVC) Polivinil klorida (IUPAC: Poli(kloroetanadiol)). perpipaan. umumnya ftalat. adalah polimer termoplastik urutan ketiga dalam hal jumlah pemakaian di dunia. PVC bisa dibuat lebih elastis dan fleksibel dengan menambahkan plasticizer. dan mudah dirangkai. tahan lama.

Garam dapur diolah melalui proses elektrolisa menjadi natrium hidroksida dan gas klor. yaitu minyak bumi dan garam dapur (NaCl). Etilena direaksikan dengan gas klor menghasilkan etilena diklorida. . Melalui proses polimerisasi (penggabungan molekul monomer) dihasilkan molekul besar dengan rantai panjang (polimer) polivinil klorida yang berupa bubuk halus berwarna putih.PEMBUATAN POLIVINIL CLORIDA (PVC) PVC dihasilkan dari dua jenis bahan baku utama. Proses cracking atau pemecahan molekul etilen diklorida tersebut menghasilkan suatu gas vinil klorida (CHCl=CH2) dan asam klorida (HCl). Bahan baku minyak bumi diolah melalui proses pemecahan molekul yang disebut cracking menjadi berbagai macam zat termasuk etilena.

POLIMERISASI: .

APLIKASI (KEGUNAAN) POLIVINIL CLORIDA (PVC) 1. yaitu membuat bahan serupa kulit. PVC lebih murah dari karet. mantel. dan tas.Pakaian PVC telah digunakan secara luas pada bahan pakaian. kulit. PVC juga waterproof sehingga dijadikan bahan pembuatan jaket. atau lateks sehingga digunakan secara luas. .

Kabel listrik PVC yang digunakan sebagai insulasi kabel listrik harus memakai plasticizer agar lebih elastis. Aplikasi di mana asap adalah bahaya utama (terutama di terowongan). kabel yang tertutup PVC akan menghasilkan asap HCl dan menjadi bahan yang berbahaya bagi kesehatan. . Namun jika terpapar api. zero halogen) adalah bahan insulasi yang pada umumnya dipilih.2. PVC LSOH (low smoke.

dan reaktivitas rendah. Sifatnya yang ringan. setengah produksi resin PVC dunia dijadikan pipa untuk berbagai keperluan perkotaan dan industri. kekuatan tinggi.3. menjadikannya cocok untuk berbagai keperluan. Pipa PVC juga bisa dicampur dengan berbagai larutan semen atau disatukan dengan pipa HDPE oleh panas. Perpipaan Secara kasar.menciptakan sambungan permanen yang tahan kebocoran. .

antara lain sebagai berikut. Teknik Cetak-Injeksi (Injection Molding) Teknik ini dilakukan dengan cara melelehkan resin PVC dan menyuntikkannya ke dalam suatu ruang cetakan tiga dimensi untuk menghasilkan produk seperti botol. sehingga dihasilkan produk memanjang yang profilnya mengikuti bentuk cerakan tersebut. dash board. misalnya produk pipa.Compound PVC selanjutnya dapat diproses menjadi produk jadi dengan sifat-sifat yang diinginkan melalui berbagai cara. 2. monitor dll. housing bagi produkproduk elektronik seperti TV. . Teknik Ekstruksi Teknik ini dilakukan dengan cara memanaskan resin PVC dan mengalirkannya melalui suatu cetakan berbagai bentuk. 1. kabel dan lain-lain. computer.

kemudian lelehan PVC ditiup di dalam suatu cetakan sehingga membentuk suatu produk. biasanya dipakai untuk produk alas lantai. Teknik Kalendering Proses kalendering menghasilkan produk berupa film dan lembaran dengan berbagai tingkat ketebalan. misalnya untuk lapisan bawah karpet dll. wall paper. misalnya botol. Pemanfaatan resin PVC tidak terbatas melalui teknik tersebut diatas. . 4.3. dll. Teknik Cetak-Tiup (Blow Molding) Teknik ini dilakukan dengan cara melelehkan resin PVC. sebagai contoh resin PVC yang terdispersi dalam larutan juga dapat digunakan sebagai bahan pelapis/coating.

Polimer adisi yang terbuat dari propilena monomer. tekstil (contohnya tali.POLIPROPILENA Polipropilena atau polipropena (PP) adalah sebuah polimer termo-plastik yang dibuat oleh industri kimia dan digunakan dalam berbagai aplikasi. dan karpet). basa dan asam. berbagai tipe wadah terpakaikan ulang serta bagian plastik. perlengkapan labolatorium. dan simbol daur ulangnya adalah nomor "5". alat tulis. pengeras suara. dan uang kertas polimer. permukaannya tidak rata serta memiliki sifat resistan yang tidak biasa terhadap kebanyakan pelarut kimia. komponen otomotif. pakaian dalam termal. diantaranya pengemasan. . Polipropena biasanya didaur-ulang.

. Teknik pencetakan tiup dan injection-stretch blow molding juga digunakan. botol kecil.Teknik pembentukan yang paling umum adalah pencetakan suntik. perabotan. alat pemotong. topi. yang melibatkan ekstrusi dan pencetakan. dan suku cadang otomotif seperti baterai. yang digunakan untuk berbagai bagian seperti cangkir. wadah.

komponen mobil. Polipropilena merupakan sebuah polimer utama dalam barangbarang tak tertenun. Sekitar 50% digunakan dalam popok atau berbagai produk sanitasi yang dipakai untuk menyerap air (hidrofil). . barang – barang kecil. dan seterusnya. keranjang. peralatan kamar mandi.KEGUNAAN POPLIROPILEN popliropilen banyak diguanakan sebagai bahan dalam produksi peralatan meja makan. peralatan listrik. keperluan rumah tangga. bukan yang secara alami menolak air (hidrofobik). mainan.

terutama sekali terowongan. Penggunaan medis dari PP yang paling umum adalah sebagai bahan pembuat benang jahit untuk operasi yang diberi nama Prolene. Lembaran BOPP ini digunakan untuk membuat berbagai macam bahan seperti clear bag (tas yang transparan). . Saat polipropilena berorientasi dwisumbu. Polipropilena yang berwarna-warni banyak dipakai dalam pembuatan permadani dan tatakan untuk digunakan di rumah. Polipropilena digunakan pula sebagai pengganti polivinil klorida (PVC) sebagai insulasi untuk kabel listrik LSZH (Low Smoke Zero Halogen) dalam lingkungan ventilasi-rendah. Ini karena PP mengeluarkan sedikit asap serta halogen yang tidak beracun. yang dibuat oleh Ethicon Inc.Polipropena juga umum digunakan sebagai polipropilena berorientasi dwi sumbu atau Biaxially Oriented polypropylene (BOPP). yang akan menghasilkan asam pada suhu tinggi. Polipropilena juga dipakai dalam membran atap sebagai lapisan paling atas kebal airnya sistem kayu lapis tunggal yang bertentangan dengan sistem bit termodifikasi. ia menjadi sejernih kristal dan berfungsi sebagai bahan pengemasan untuk berbagai produk artistik serta eceran. Tali yang terbuat dari polipropilena cukup ringan untuk mengapung di air.

Polystyrene bisa transparan atau dapat dibuat untuk mengambil berbagai warna. berwarna keras dengan fleksibilitas yang terbatas. dan menjadi padat kembali bila didinginkan. Hal ini dapat dilemparkan ke dalam cetakan dengan detail halus. adalah sebuah aromatik polimer yang dibuat dari aromatik monomerstyrene.POLISTIRENA Polystyrene ( IUPAC Poly (1-phenylethane-1 . Polistirena adalah termoplastik substansi. disingkat berikut ISO Standard PS.2-diyl)). Polistirena adalah salah satu dari banyak digunakan sebagian besar jenis plastik . yang di padat (kaca) menyatakan pada suhu kamar. polistiren murni padat adalah plastik. tapi arus jika dipanaskan di atas dengan suhu transisi gelas (untuk pencetakan atau ekstrusi). . cairan hidrokarbon yang secara komersial diproduksi dari minyak bumi oleh di industri kimia .

.

pelarut dan bahkan makanan Polystyrene dapat larut dalam pelarut yang mengandung aseton. digunakan untuk membuat wadah untuk bahan kimia lain.KEGUNAAN POLISTIRENA Polistirena adalah kimia nonreactive dan karenanya. seperti kebanyakan semprotan cat aerosol dan perekatcyanoacrylate. .

. sangat sedikit dari sampah dibuang di's modern saat ini. Karena itu. matahari. dimer styrene (SD) dan trimer styrene (ST). dan gelombang aksi polystyrene menurunkan dan dicurigai karsinogen. Pelapukan oleh angin. di mana ia menjadi racun bagi kehidupan laut. dan melimpah di lingkungan luar. hujan. pukulan polystyrene berbusa di angin dan mengapung di atas air. tempat pembuangan biodegrades sangat direkayasa. termasuk styrene monomer (SM). Busa Polystyrene adalah komponen utama dari puing-puing plastik di laut.KEKURANGAN POLISTIRENA Buangan polystyrene tidak terurai selama ratusan tahun dan tahan terhadap fotolisis .

Berbagai sifat lebih lanjut juga dapat diperoleh dengan penambahan aditif sehingga diperoleh grade ABS yang bersifat menghambat nyala api.Acrylonitrile butadiene styrene (akrilonitril butadiene stirena. transparan. Sedangkan stirena menjamin kekakuan (rigidity) dan mudah diproses. dll. Beberapa grade ABS ada juga yang mempunyai karakteristik yang berfariasi. ACRYLONITRILE BUTADIENE STYRENE (ABS) . ABS) termasuk kelompok engineering thermoplastic yang berisi 3 monomer pembentuk. tahan panas tinggi. dari kilap tinggi sampai rendah dan dari yang mempunyai impact resistance tinggi sampai rendah. tahan terhadap sinar UV. Butadiene memberi perbaikan terhadap sifat ketahanan pukul dan sifat liat (toughness). Akrilonitril bersifat tahan terhadap bahan kimia dan stabil terhadap panas.

Acrylic. Melamine. bersifat lengket dan kental. Resin dibagi berdasarkan mekanisme mengering atau mengerasnya (pembentukan film). Polyurethane. Cellolosic. seperti: Natural Oil. Alkyd. Polyester. Resin berfungsi merekatkan komponen-komponen yang ada dan melekatkan keseluruhan bahan pada permukaan suatu bahan (membentuk film). Epoxy. Silicone. Fluorocarbon. Venyl. Ada banyak jenis resin. Nitro Cellulose. . Resin pada dasarnya adalah polymer dimana pada temperatur ruang (atau temperatur applikasi) bentuknya cair.RESIN ATAU BINDER Resin atau binder merupakan komponen utama dalam cat. dll.

Formaldehid dipolimerisasikan dengan berbagai katalis menjadi homopolimer molecular yang tinggi (Delrin).POLYACETAL Polyacetal (poliasetal) merupakan salah satu engineering plastic yang penting dan banyak digunakan di bidang elektronik. Ada 2 tipe poliasetal yaitu homopolimer dan kopolimer. Bahan ini adalah resin termoplastik yang kristalin dengan struktur polieter yang terdiri dari rantai molekuler gugus metilen –(CH2)__ dan oksigen –(O)_ yang berulang. . bangunan dan sector alat-alat teknik. Asetal homopolimer merupakan polimer kristalin yang dibuat dari formaldehida.

.

Polietilena. Diakses pada 27 Mei 2013 pukul 19.org/wiki/PVC.htm Anonim. Diakses pada 27 Mei 2013 pukul 2.50 WIB.Polistirena. Anonim.DAFTAR PUSTAKA Anonim. Anonim.Polistirena. Dapat diakses di http://kimiadahsyat.html ] . Diakses pada 27 Mei 2013 pukul 1.30 WIB. Diakses pada 27 Mei 2013 pukul 1.blogspot. Dapat diakses di [ http://id.wikipedia. Dapat diakses di http://bilangapax. Dapat diakses di http://id.Polivinil Kloroda.com/2011/11/polistirena-styrofoam.com/2011/02/polipropilen.org/wiki/Polietilena.blogspot.com/2010/02/polivinil-klorida.html Anonim.blogspot.50 WIB.com/2009/07/polivinilclorida-pvc.blogspot. Diakses pada 27 Mei 2013 pukul 4. Dapat diakses di http://kimia-master. Diakses pada 27 Mei 2013 pukul 5.50 WIB. Label: Kimia SMU Kelas XII Anonim.html.50 WIB. Diakses pada 27 Mei 2013 pukul 2. Anonim.wikipedia.Polimer.html Dody Putranto di .Polivinilclorida.Poliproplen. Dapat diakses di http://bilangapax.com/2011/02/polistirena.30 WIB.50 WIB.blogspot. Dapat diakses di http://ruangkimia.

Selulosa asetat.wordpress.00 WIB. acrylonitrile.wikipedia.wikipedia. plastik.50 WIB. Dapat diakses di http://id.org/wiki/Selulosa_asetat Anonim.com/2011/05/21/polimerpolipropilena-pp-acrylonitrile-butadiene-styrene-abs-danpoliuretan/ Anonim. Diakses pada 27 Mei 2013 pukul 22.html Anonim. Diakses pada 27 Mei 2013 pukul 23. Dapat diakses di http://kimiaringgostar.blogspot.org/wiki/Selulosa_asetat .Anonim.30 WIB.com/2012/05/plastik.50 WIB.selulosa asetat. Diakses pada 27 Mei 2013 pukul 21. Dapat diakses di http://1tommyputra. Dapat diakses di http://id. Diakses pada 27 Mei 2013 pukul 21.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful