P. 1
Praktikum Difusi Osmosis.docx

Praktikum Difusi Osmosis.docx

|Views: 530|Likes:
Published by Syahdiani
Lembar kerja siswa
Lembar kerja siswa

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Syahdiani on May 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/16/2014

pdf

text

original

Lampiran 3.

Lembar Petunjuk Praktikum Siswa

Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan Kompetensi Dasar : 1.3 Membandingkan mekanisme transport pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis)

Praktikum Difusi Osmosis Osmosis Tujuan : 1. Mengamati proses osmosis dengan menggunakan membran epidermis bawang bombay dan epidermis telur 2. menjelaskan perbedaan proses difusi dan osmosis Alat dan bahan: 1. Pinset 2. sedotan bening transparan dengan diameter yang besar 3. petri dish 4. gelas ukur 10 ml 5. gelas kimia 100 ml 6. Air 8. Silet 9. epidermis bawang bombay 10. epidermis telur (lapisan dalam yang berwarna putih) Cara kerja: A. Mengambil membrane semipermeabel epidermis bawang bombai 1. Ambil satu siung bawang bombai 2. Potong bagian tengah bawang dengan menggunakan silet atau cutter 3. Lepaskan lapisan bagian dalam pada dari setiap lapisan bawang bombay B. Mengambil membran semipermeabel kulit telur 1. ambil satu butir telur ayam 2. lubangi telur tersebut pada bagian ujung, dan keluarkan isinya 3. ketuklah kulit telur tersebt secara perlahan hingga retak 4. lepaskan lapisan kulit yang keras perlahan-lahan hingga tampak lapisan kulit yang berwarna putih. usahakan lapisan kulit putih tersebt tidak robek 5. letakkan epidermis kulit telur tersebut dalam wadah berisi air hingga terendam C. menyiapkan larutan sirup 1. Buatlah larutan sirup 75%, dengan cara ambil 7.5 ml sirup kemudian tambahkan air hingga volumenya menjadi 10 ml 2. Buatlah larutan sirup 50 % dengan cara ambil 5 ml larutan sirup kemudian tambahkan air hingga 10 ml 3. Buatlah larutan sirup 25% dengan cara ambil 2.5 ml sirup dan tambahkan air hingga 10 ml 4. buatlah larutan sirup 5% dengan cara ambil 0.5 ml sirup dan tambahkan air hingga 10 ml

catat hasil pengamatanmu pada tabel hasil pengamatan 8. pipa ke empat isi dengan larutan sirup 25 % dan pipa sedotan ke lima isi dengan larutan sirup 5%. Stop Wacth 4. Potong pipa sedotan sepanjang 10 cm 2. jelaskan jawabanmu! 3. buatlah 5 rangkaian pipa sedotan. Membuat perangkat percobaan 1. Pipa sedotan mana yang mengalami perubahan ketinggian air begitu cepat? mengapa demikian.D. Menurut pendapatmu peristiwa apa yang ditunjukkan pada kegiatan ini? mengapa dan jelaskan! _____________________________________________________________________ ________________ Difusi Tujuan: 1. Mengapa proses difusi pada sirup dan air terjadi 2. tutup salah satu lubang pipa sedotan dengan menggnakan membran kulit telur 3. pipa sedotan kedua isi dengan 3 ml larutan sirup 75%. Pipa sedotan pertama isi dengan 3 ml larutan sirup 100 % (pekat). Bagaimanakah perubahan ketinggian air pada masing-masing pipa sedotan? 2. Ulangi hal yang sama untuk pipa sedotan yang di bungkus oleh epidermis bawang bombay Tabel hasil pengamatan Pertanyaan! 1. amati peribahan ketinggian air sirup dengan interval waktu 5 menit selama 3 kali pengukuran 7. letakkan ke-5 pipa sedotan tadi di dalam gelas kimia yang berisi air biasa 6. pipa ke tiga isi dengan larutan sirup 50 %. Pipet 3. Air . Menjelaskan mekanisme proses difusi berdasarkan hasil pengamatan alat dan bahan: 1. Pipa sedotan mana yang mengalami perubahan ketinggian air begitu lambat? mengapa demikian? 4. Bandingkan pipa sedotan dengan membran kulit telur dan membran epidermis bawang bombay yang masing-masing berisi larutan sirup pekat. 5. pipa sedotan mana yang menunjukkan perubahan ketinggian air paling cepat? 5. ikat dengan menggunakan benang jahit yang kuat dan rapat 4. Gelas Beker 2.

Mendiamkan bebrapa saat hingga larutan sirup tercampur 4. Sirup cara kerja 1. Meneteskan 2 sampai 5 tetes sirup ke dalam air 3. Pada pengamatan menggunakan sirup terjadi proses apa? Jelaskan! 2. Faktor apa saja yang mempengaruhi kecepatan difusi? . Mengamati waktu yang diperlukan larutan sirup agar dapat tercampur rata dengan air serta mencatatnya. Menuangkan air ke dalam gelas beker 2.5. Hasil pengamatan No 1 2 3 4 Gelas Beker I II III IV Banyak Tetesan 2 tetes 3 tetes 4 tetes 5 tetes Waktu 8 menit 47 detik 9 menit 17 detik 7 menit 18 detik 12 menit 18 detik Pertanyaan 1.

Luas area d. karena memiliki konsentrasi yang rendah dalam hal ini kadar air lebih banyak dari sirop. Jarak e. Faktor yang mempengaruhi kecepatan difusi adalah : a. karena memiliki konsentrasi tinggi dengan kadar air 0% Pipa sedotan dengan membran telur Peristiwa yang dijelaskan pada praktikum ini adalah peristiwa difusi . Ketinggian air pada masing-masing pipa sedotan akan sama tetapi waktu yang digunakan untuk mencapai keadaan yang sama memerlukan waktu yang berbeda. 5. 4. Volume pelarut h. Pipa sedotan dengan 100% sirup. Tingkat konsentrasi g. Suhu f. 2. kecuali pipa dengan sirup 100 % Pipa sedotan +sirup 5%. Jawaban pertanyaan praktikum 2 (Difusi ) 1. yaitu bercampurnya dua macam zat dari larutan hipertonis ke larutan hipotonis tanpa melalui membran. Banyaknya zat terlarut . Ketebalan membran c.KUNCI JAWABAN LKS Jawaban Pertanyaan Praktikum 1 (Osmosis) 1. Ukuran Partikel b. Pada pengamatan sirup terjadi proses difusi. karena yang terjadi adalah perpindahan molekul melewati membran dalam hal ini pada peristiwa difusi adalah yang bergerak molekul air dari daerah yang jumlah airnya banyak ke jumlah air yang rendah. 2. 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->