Tinjauan Pustaka

A. Pengertian Sampah Limbah atau sampah menurut UU no 23 tahun 1997 adalah sisa suatu usaha dan atau kegiatan. Sampah menurut kabus besar bahasa Indonesia

merupakan barang atau benda yang dibuang karena tidak dipakai kembali. Jadi sampah atau limbah merupakan sisa benda atau barang yang berasal dari kegiatan atau usaha sehingga ditak digunakan lagi. B. Jenis dan Karakteristik Sampah 1. Jenis Sampah Pada prinsipnya sampah dibagi menjadi 3 yaitu sampah padat, sampah cair dan sampah gas. Sampah padat dapat dibagi menjadi beberapa lagi yaitu : a. Berdasarkan zat kimi yang terkandung, misalnya logam, gelas dan paltisk b. Berdasaran dapattidaknya dibakar, misalnya plastik, kayu dan kertas c. Berdasarkan dapat tidaknya membusuk, misalnya sisa makanan, daging, kaleng dan kaca. 2. Karakteristik Sampah Karakteristik sampah dibagi menjadi berbagai macam, yaitu : a. Garbage yaitu jenis sampah yang terdiri dari sisa-sisa potongan hewan atay sayuran yang sebgaian besar terdiri dari zat-zat yang mduak membusuk, lembab dan mengandung sejumlah air. b. Rubbish terdiri dari sampah yang dapat terbakar atau yang tidak dapat terbakar yang berasal dari rumah-rumah, pusat-pusat perdagangan, kantorkantor, tapi yang tidak termasuk garbage. c. Ashes (Abu) yaitu sisa-sisa pembakaran dari zat-zat yang mudah terbakar baik dirumah, dikantor, industri. d. “Street Sweeping” (Sampah Jalanan) berasal dari pembersihan jalan dan trotoar baik dengan tenaga manusia maupun dengan tenaga mesin yang terdiri dari kertas-kertas, daun-daunan. e. “Dead Animal” (Bangkai Binatang) yaitu bangkai-bangkai yang mati karena alam, penyakit atau kecelakaan.

Sarana layanan masyarakat milik pemerintah . dan terkadang sampah berbahaya. Construction Wastes yaitu sampah yang berasal dari sisa pembangunan. Abandonded Vehicles (Bangkai Kendaraan) yaitu bangkai.bangkai mobil. yang berasal dari perumahan. g. perbaikan dan pembaharuan gedung-gedung. sampah khusus. Pemukiman penduduk Sampah dari pemukiman penduduk biasanya dihasilkan oleh satu atau beberapa keluarga yang tinggal dalam suatu bangunan atau asrama yang terdapat di desa atau di kota. k. pengolahan hasil bumi. Sampah khusus yaitu sampah yang memerlukan penanganan khusus misalnya kaleng-kaleng cat. sisa bangunan. truk. Demolition Wastes yaitu sampah yang berasal dari pembongkaran gedung. Sumber Sampah Sumber sampah yang ada berasal dari beberapa sumber yaitu: 1. Jenis sampah yang dihasilkan merupakan sisa makanan dan bahan sisa proses pengolahan makanan atau sampah basah (garbage). sampah kering (rubbsih). Jenis sampah yang dihasilkan dari tempat ini dapat berupa sisa-sisa makanan (garbage). abu. (Dainur. l. Sampah Industri terdiri dari sampah padat yang berasal dari industriindustri. h.f. Tempat umum dan tempat perdagangan Tempat umum adalah tempat yang memungkinkan banyak orang berkumpul dan melakukan kegiatan termasuk juga tempat perdagangan. i. (Mukono. sampah kering. Houshold Refuse yaitu sampah yang terdiri dari rubbish. j. zat radiokatif. abu atau sisa tumbuhan kebun. kereta api. garbage. perabotan rumah tangga. Sewage Solid terdiri dari benda-benda kasar yang umumnya zat organik hasil saringan pada pintu masuk suatu pusat pengelolahan air buangan. 3. 2006) C. 1995) 2. ashes.

. Industri berat dan ringan Dalam pengertian ini termasuk industri makanan dan minuman.dan kegiatan industri lainnya. tempat parkir. industri kayu. pupuk. Sampah yang dihasilkan dari tempat ini biasanya sampah basah. limbah domestik (rumah tangga). Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida. sampah pertanian. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik. D. air yang jatuh melakui sebuah turbin maupun kincir air. 4. tempat hiburan. gedung pertemuan. sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. biasanya dengan menggunakan induksi elektromagnetik. industri kimia. kotoran manusia dan hewan. 5. sampah khusus dan sampah berbahaya. E. sampah kering. dan sarana pemerintah lain. Generator mendorong muatan listrik untuk bergerak melalui sebuah sirkuit listrik eksternal. sisa-sisa bangunan. baik yang sifatnya distributif atau memproses bahan mentah saja. Lokasi pertanian seperti kebun. Tempat tersebut biasanya menghasilkan sampah khusus dan sampah kering. ladang ataupun sawah menghasilkan sampah berupa bahan-bahan makanan yangtelah membusuk. industri logam dan tempat pengolahan air kotor dan air minum. kompleks militer. Generator Adalah sebuah alat yang memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik. Hal ini bisa dianalogikan dengan sebuah pompa air. tempat layanan kesehatan (misalnya rumah sakit dan puskesmas). 2007). pantai empat berlibur.Sarana layanan masyarakat yang dimaksud disini. yang menciptakan aliran air tapi tidak menciptakan air di dalamnya. maupun bahan pembasmi serangga tanaman (Chandra. Bio Gas Adalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya. tapi generator tidak menciptakan listrik yang sudah ada di dalam kabel lilitannya. Pertanian Sampah dihasilkan dari tanaman dan binatang. Sumber enegi mekanik bisa berupa resiprokat maupun turbin mesin uap. jalan umum. antara lain.

.mesin pembakaran dalam. engkol tangan. turbin angin. energi surya atau matahari. atau apapun sumber energi mekanik yang lain. udara yang dimampatkan.

Pengubahan sampah menjadi bio gas sama dengan pengubahan kotoran ternak menjadi bio gas. Selanjutnya setelah melakukan needs assesment yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan bahan dan materi. 2. dan evaluasi. Oleh karena itu. Generator yang digunakan adalah generator diesel yag sudah terintegrasi . Analisis (Analysis) Tahap analisis merupakan suatu proses mendefinisikan dan mencari apa saja yang akan dibutuhkan dalam proses penelitian dan pembuatan alat. mengidentifikasi masalah (kebutuhan). Pengembangan (Development) Pengembangan adalah proses mewujudkan blue-print alias desain tadi menjadi kenyataan. B. Maka untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan dilakukan beberapa kegiatan. Permasalahan sampah yang bisa di ubah menjadi bio gas yg kemudian di ubah menjadi listrik dengan bantuan generator. Tahapan kegiatan yang harus dilakukan berdasarkan model ADDIE antara lain: 1. dan melakukan analisis tugas (task analysis). Penelitian pengembangan adalah suatu proses atau mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada yang dapat dipertanggungjawabkan yang meliputi : desain. 3. output yang akan kita hasilkan adalah berupa karakteristik sampah dan kebutuhan awal yang dibuthkand alam pemanfaatan bio gas ke listrik. Jenis Penelitian Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Desain (Design) Tahap ini dikenal juga dengan istilah membuat rancangan (blueprint). Dari generator akan menghasilkan daya 450KVA yang cukup untuk menerangi rumah. produksi. Model Pengembangan Model pengembangan pada penelitian ini mengikuti model ADDIE (AnalysisDesign-Develop-Implement-Evaluate). menggunakan drum dan pipa sebagai tempat laju gas. diantaranya adalah melakukan needs assessment (analisis kebutuhan).Metode Penulisan A.

Evaluasi (Evaluation) Evaluasi adalah proses untuk melihat apakah media yang sedang dikembangkan. Proses pembuatan a. beserta peralatan untuk kebutuhan konversi ke bio gas. Persiapan Program a. c. Membuat konsep muatan virtual math b. Pada tahap evaluasi ini dilakukan berdasarkan hasil uji coba dari masing-masing keluarga sebagai responden dan ahli media. Prosedur Pelaksanaan Penelitian Prosedur pelaksanaan program ini terdiri dari 3 tahap yaitu : 1. b. Implementasi (Implementation) Implementasi adalah langkah nyata untuk menerapkan media yang sedang kita buat. Editing proses oleh peneliti dan dipantau oleh ahli media 3. 5. Matriks 2. Proses evaluasi (i) Melakukan revisi produk virtual math berdasarkan saran guru sebagai responden dan ahli media 4. Artinya. Sampah yang digunakan sampah organik (daun. sesuai dengan harapan awal atau tidak. Sehingga dapat langsung dilakukan evaluasi. Pencarian video terkait cara pembuatan konversi sampah organik ke bio gas dan di konversikan kembali menjadi listrik e. 4.sayuran) atau sampah rumah tangga.perubahan bahan bakar dari minyak ke gas. Dalam menguji coba pemanfaatan sampah sebagai bahan bakar generator biogas dilakukan terhadap rumah-rumah penduduk. pada tahap ini generator yang telah dikembangkan diset sedemikian rupa sesuai dengan peran atau fungsinya agar bisa diimplementasikan sebagai uji coba pertama. Persiapan alat dan bahan d. Pengumpulan bahan baku sampah organik (sampah rumah tangga). Menganalisa kebutuhan bahan baku (sampah organik). Mensinergiskan antara naskah untuk materi dengan video dan foto yang diperoleh yang telah dikonsultasikan kepada dosen pembimbing c. . C.

dikantor. d. Rubbish terdiri dari sampah yang dapat terbakar atau yang tidak dapat terbakar yang berasal dari rumah-rumah. daging. sampah cair dan sampah gas. kantorkantor. c. penyakit atau kecelakaan. kaleng dan kaca. misalnya sisa makanan. lembab dan mengandung sejumlah air. Berdasarkan dapat tidaknya membusuk. Jenis dan Karakteristik Sampah 1. tapi yang tidak termasuk garbage. misalnya plastik. Ashes (Abu) yaitu sisa-sisa pembakaran dari zat-zat yang mudah terbakar baik dirumah. “Street Sweeping” (Sampah Jalanan) berasal dari pembersihan jalan dan trotoar baik dengan tenaga manusia maupun dengan tenaga mesin yang terdiri dari kertas-kertas. Jadi sampah atau limbah merupakan sisa benda atau barang yang berasal dari kegiatan atau usaha sehingga ditak digunakan lagi. Sampah menurut kabus besar bahasa Indonesia merupakan barang atau benda yang dibuang karena tidak dipakai kembali. industri. e. 2. B. misalnya logam. Sampah padat dapat dibagi menjadi beberapa lagi yaitu : a. . kayu dan kertas c. “Dead Animal” (Bangkai Binatang) yaitu bangkai-bangkai yang mati karena alam. Berdasaran dapattidaknya dibakar. pusat-pusat perdagangan. Karakteristik Sampah Karakteristik sampah dibagi menjadi berbagai macam. Pengertian Sampah Limbah atau sampah menurut UU no 23 tahun 1997 adalah sisa suatu usaha dan atau kegiatan. Garbage yaitu jenis sampah yang terdiri dari sisa-sisa potongan hewan atay sayuran yang sebgaian besar terdiri dari zat-zat yang mduak membusuk. Jenis Sampah Pada prinsipnya sampah dibagi menjadi 3 yaitu sampah padat.Tinjauan Pustaka A. daun-daunan. Berdasarkan zat kimi yang terkandung. yaitu : a. b. gelas dan paltisk b.

bangkai mobil. j. l. sampah khusus. h. Jenis sampah yang dihasilkan merupakan sisa makanan dan bahan sisa proses pengolahan makanan atau sampah basah (garbage). (Mukono. 1995) 2. k. Sampah khusus yaitu sampah yang memerlukan penanganan khusus misalnya kaleng-kaleng cat. Sarana layanan masyarakat milik pemerintah . truk. Abandonded Vehicles (Bangkai Kendaraan) yaitu bangkai. sisa bangunan. ashes. g. abu atau sisa tumbuhan kebun. 3.f. perbaikan dan pembaharuan gedung-gedung. sampah kering (rubbsih). Jenis sampah yang dihasilkan dari tempat ini dapat berupa sisa-sisa makanan (garbage). garbage. yang berasal dari perumahan. Sumber Sampah Sumber sampah yang ada berasal dari beberapa sumber yaitu: 1. 2006) C. i. Pemukiman penduduk Sampah dari pemukiman penduduk biasanya dihasilkan oleh satu atau beberapa keluarga yang tinggal dalam suatu bangunan atau asrama yang terdapat di desa atau di kota. Sewage Solid terdiri dari benda-benda kasar yang umumnya zat organik hasil saringan pada pintu masuk suatu pusat pengelolahan air buangan. Construction Wastes yaitu sampah yang berasal dari sisa pembangunan. abu. Tempat umum dan tempat perdagangan Tempat umum adalah tempat yang memungkinkan banyak orang berkumpul dan melakukan kegiatan termasuk juga tempat perdagangan. sampah kering. Houshold Refuse yaitu sampah yang terdiri dari rubbish. kereta api. Demolition Wastes yaitu sampah yang berasal dari pembongkaran gedung. dan terkadang sampah berbahaya. Sampah Industri terdiri dari sampah padat yang berasal dari industriindustri. zat radiokatif. perabotan rumah tangga. (Dainur. pengolahan hasil bumi.

dan sarana pemerintah lain. antara lain. pantai empat berlibur. 4. tempat parkir. baik yang sifatnya distributif atau memproses bahan mentah saja. . Industri berat dan ringan Dalam pengertian ini termasuk industri makanan dan minuman.dan kegiatan industri lainnya. sampah pertanian. sampah kering. 2007). Tempat tersebut biasanya menghasilkan sampah khusus dan sampah kering. ladang ataupun sawah menghasilkan sampah berupa bahan-bahan makanan yangtelah membusuk. tapi generator tidak menciptakan listrik yang sudah ada di dalam kabel lilitannya.Sarana layanan masyarakat yang dimaksud disini. E. D. kompleks militer. maupun bahan pembasmi serangga tanaman (Chandra. Sumber enegi mekanik bisa berupa resiprokat maupun turbin mesin uap. 5. tempat hiburan. Lokasi pertanian seperti kebun. tempat layanan kesehatan (misalnya rumah sakit dan puskesmas). Pertanian Sampah dihasilkan dari tanaman dan binatang. air yang jatuh melakui sebuah turbin maupun kincir air. Generator Adalah sebuah alat yang memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik. sisa-sisa bangunan. Bio Gas Adalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya. Generator mendorong muatan listrik untuk bergerak melalui sebuah sirkuit listrik eksternal. sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida. biasanya dengan menggunakan induksi elektromagnetik. kotoran manusia dan hewan. sampah khusus dan sampah berbahaya. pupuk. limbah domestik (rumah tangga). industri kimia. jalan umum. industri logam dan tempat pengolahan air kotor dan air minum. yang menciptakan aliran air tapi tidak menciptakan air di dalamnya. Sampah yang dihasilkan dari tempat ini biasanya sampah basah. gedung pertemuan. Hal ini bisa dianalogikan dengan sebuah pompa air. industri kayu.

turbin angin. udara yang dimampatkan.mesin pembakaran dalam. energi surya atau matahari. engkol tangan. . atau apapun sumber energi mekanik yang lain.

Tahapan kegiatan yang harus dilakukan berdasarkan model ADDIE antara lain: 1. Pengembangan (Development) Pengembangan adalah proses mewujudkan blue-print alias desain tadi menjadi kenyataan. Pengubahan sampah menjadi bio gas sama dengan pengubahan kotoran ternak menjadi bio gas. Model Pengembangan Model pengembangan pada penelitian ini mengikuti model ADDIE (AnalysisDesign-Develop-Implement-Evaluate). 3. Permasalahan sampah yang bisa di ubah menjadi bio gas yg kemudian di ubah menjadi listrik dengan bantuan generator. produksi. dan melakukan analisis tugas (task analysis). Oleh karena itu. Maka untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan dilakukan beberapa kegiatan. Selanjutnya setelah melakukan needs assesment yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan bahan dan materi. Jenis Penelitian Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan adalah suatu proses atau mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada yang dapat dipertanggungjawabkan yang meliputi : desain. menggunakan drum dan pipa sebagai tempat laju gas. dan evaluasi. Dari generator akan menghasilkan daya 450KVA yang cukup untuk menerangi rumah. B. output yang akan kita hasilkan adalah berupa karakteristik sampah dan kebutuhan awal yang dibuthkand alam pemanfaatan bio gas ke listrik.Metode Penulisan A. 2. Generator yang digunakan adalah generator diesel yag sudah terintegrasi . diantaranya adalah melakukan needs assessment (analisis kebutuhan). mengidentifikasi masalah (kebutuhan). Analisis (Analysis) Tahap analisis merupakan suatu proses mendefinisikan dan mencari apa saja yang akan dibutuhkan dalam proses penelitian dan pembuatan alat. Desain (Design) Tahap ini dikenal juga dengan istilah membuat rancangan (blueprint).

Proses evaluasi (i) Melakukan revisi produk virtual math berdasarkan saran guru sebagai responden dan ahli media 4. Artinya. b. Mensinergiskan antara naskah untuk materi dengan video dan foto yang diperoleh yang telah dikonsultasikan kepada dosen pembimbing c. pada tahap ini generator yang telah dikembangkan diset sedemikian rupa sesuai dengan peran atau fungsinya agar bisa diimplementasikan sebagai uji coba pertama. Pada tahap evaluasi ini dilakukan berdasarkan hasil uji coba dari masing-masing keluarga sebagai responden dan ahli media. beserta peralatan untuk kebutuhan konversi ke bio gas. Dalam menguji coba pemanfaatan sampah sebagai bahan bakar generator biogas dilakukan terhadap rumah-rumah penduduk. Proses pembuatan a. Persiapan alat dan bahan d. 4. Evaluasi (Evaluation) Evaluasi adalah proses untuk melihat apakah media yang sedang dikembangkan. Editing proses oleh peneliti dan dipantau oleh ahli media 3. Prosedur Pelaksanaan Penelitian Prosedur pelaksanaan program ini terdiri dari 3 tahap yaitu : 1. Sampah yang digunakan sampah organik (daun. C. Membuat konsep muatan virtual math b. Implementasi (Implementation) Implementasi adalah langkah nyata untuk menerapkan media yang sedang kita buat. 5. Pencarian video terkait cara pembuatan konversi sampah organik ke bio gas dan di konversikan kembali menjadi listrik e. Menganalisa kebutuhan bahan baku (sampah organik). Sehingga dapat langsung dilakukan evaluasi.perubahan bahan bakar dari minyak ke gas.sayuran) atau sampah rumah tangga. sesuai dengan harapan awal atau tidak. Pengumpulan bahan baku sampah organik (sampah rumah tangga). Matriks 2. . Persiapan Program a. c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful