P. 1
studi morfologi dan khasiat kumis kucing.docx

studi morfologi dan khasiat kumis kucing.docx

|Views: 407|Likes:
Published by Lovely Ran

More info:

Published by: Lovely Ran on May 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/10/2015

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang Nenek moyang bangsa Indonesia sejak dahulu telah menekuni pengobatan dengan memanfaatkan aneka tanaman yang terdapat di alam. Warisan yang berharga ini secara turun temurun diajarkan oleh generasi yang terdahulu ke generasi selanjutnya di daerah pedesaaan, tradisi ini sebagian besar dipertahankan. namun, masyarakat perkotaan umumnya sudah melupakannya. Selain jenis tanaman tersebut tidak banyak ditanam diperkotaan, umumnya masyarakat kota lebih memilih cara praktis, yaitu pergi ke dokter jika sakit. kecenderungan untuk meninggalkan pengetahuan mengenai

tanaman obat tampaknya berlangsung terus. Padahal tanaman obat tersebut penting. selain itu tanaman tersebut dapat ditanam dipekarangan sehingga memudahkan bagi kita untuk mencari tanaman obat apabila memerlukannya. Obat tradisional yang berasal dari tanaman memiliki efek samping yang jauh lebih rendah tingkat bahayanya dibandingkan obat-obatan kimia, selain murah dan mudah diperoleh. Hal ini disebabkan efek dari

1

tanaman obat bersifat alami , tidak sekeras efek dari obat-obatan kimia. tubuh manusia pun relatif lebih mudah menerima obat dari bahan tanaman dibandingkan dengan obat kimiawi (Muhliza, 2008 : 5-7). Penggunaan obat berbasis tumbuhan merupakan pendekatan populer untuk perawatan kesehatan di Amerika utara, Eropa, dan Australia dan juga suatu cara pengobatan yang penting diberbagai negara berkembang yang merupakan bagian dari berbagai sistem medis lokal (Heinrich, 2010: 5). Tren gaya hidup yang mengarah kembali ke alam (back to nature) membuktikan bahwa hal-hal yang alami bukanlah hal yang kampungan atau ketinggalan zaman. Dunia kedokteran modern pun banyak kembali mempelajari secara ilmiah. Hasilnya ternyata mendukung bahwa tanaman obat memang memiliki kandungan zat-zat atau senyawa yang secara klinis terbukti bermanfaat bagi kesehatan (Muhlizah , 2008 :7) Salah satu yang menarik adalah tanaman kumis kucing selain karena nama dan morfologinya yang unik juga karena khasiatnya . oleh karena itu penting kiranya bagi kita mengenal lebih jauh mengenai tanaman yang satu ini dan menjadikannya sebagai salah satu alternatif pengobatan yang mudah dan murah.

2

I.2 Identifikasi Masalah Tumbuhan merupakan makhluk hidup sama halnya dengan manusia mereka memiliki organ-organ yang kompleks untuk dipelajari begitupula dengan cara hidupnya. hal-hal yang dapat diidentifikasi pada tumbuhan khususnya tanaman kumis kucing antara lain : a. Struktur Morfologi tanaman kumis kucing (Orthosiphon aristatus) b. Struktur anatomi tanaman kumis kucing c. Proses fisiologisnya d. Sejarah dan sistematika tanaman ini e. Kandungan yang dimilikinya f. Khasiat dan penggunaannya g. Budidaya dan cara pelestariannya.

I.3 Batasan Masalah oleh karena pembahasan masalah tumbuhan cukup kompleks dan sangat luas, maka berdasarkan identifikasi masalah dibatasi pada struktur morfologi, sejarah dan sistematika, kandungan serta khasiat dan penggunaannya sebagai tanaman obat.

I.4 Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah pada makalah ini meliputi : a. Bagaimana sejarah dan sistematika tanaman kumis kucing (Orthosipon aristatus) 3

Bagaimana struktur atau bentuk morfologi tanaman kumis kucing (Orthosiphon aristatus) ? c.b. Manfaat Praktis Sebagai salah satu syarat dalam mengikuti ujian akhir semester mata kuliah Bahasa Indonesia. 3..5 Tujuan Penulisan Adapun tujuan dari penulisan makalah ini yakni untuk mengetahui dan memahami lebih jauh tentang tanaman obat kumis kucing ( Orthosipon aristatus) bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi yang membacanya. 4. 2. Apa saja kandungan yang dimiliki tanaman ini ? d. Manfaat Ilmiah Diharapkan hasil penulisan ini dapat menjadi sumber informasi dan memperkaya khazanah ilmu pengetahuan bagi yang membacanya serta bahan acuan bagu penulis selanjutnya. Manfaat bagi Penulis 4 .6 Manfaat Penulisan 1. I. Bagaimana khasiat dan penggunaannya sebagai tanaman obat ? I. Manfaat Institusi Sebagai bahan masukan/pertimbangan bagi rekan-rekan mahasiswa farmasi yang ingin mengetahui tentang tanaman kumis kucing (Orthosipon aristatus).

5 . Dimana penulis mempelajari buku-buku.6 Metodologi Penulisan Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini yakni studi literatur atau studi kepustakaan. literatur-literatur informasi melalui internet yang berhubungan dengan tanaman kumis kucing (Orthosiphon aristats).Proses penulisan makalah ini merupakan pengalaman yang berharga selain menambah wawasan pengetahuan tentang tanaman obat juga melatih dalam membuat suatu makalah atau karya ilmiah sesuai dengan kerangka yang menjadi acuan atau standar dalam penulisan karya ilmiah. I.

) SEBAGAI TANAMAN OBAT II. termasukpromosi kesehatan. masyarakat Indonesia juga telah lama memanfaatkan tanaman obat.606 spesies diketahui berkhasiat obat 1. meramu tanaman obat. Tradisi tersebut didukung oleh kekayaan flora Indonesia yang melimpah. memperbaiki menyembuhkan penyakit atau kelainan tubuh atau bagian tubuh manusia atau hewan. diperkirakan tidak kurang dari 9. selama itu pula pemanfaatan tanaman untuk pengobatan dimulai. Hanya Brazil yang mampu menyamai kekayaan flora Indonesia. seperti Amerika Selatan dan Afrika Barat. Di hutan tropik Indonesia terdapat sekitar 30. 1 ) Obat adalah bahan atau paduan bahan yang berasal dari alam. hal tersebut bisa dilihat dari kemampuan meracik.1 Mengenal Kumis Kucing Berbagai jenis tanaman sudah lama di manfaatkan untuk pengobatan atau menjaga kesehatan seperti halnya peradaban manusia di mulai. dan tradisi mengomsumsi jamu secara turun-temurun yang sudah mengakar kuat. 2007:5).BAB II STUDI LITERATUR MORFOLOGI. sintetis atau mineral yang digunakan untuk diagnosis. Jumlah tersebut jauh melebihi tumbuhan di daerah tropik lainnya. KANDUNGAN SERTA KHASIAT TANAMAN KUMIS KUCING (Orthosiphon aristatus BI. Dari jumlah tersebut.000 spesies tumbuhan berbunga. Miq. 6 . (Attamimi.

Untuk mengatasi hal tersebut. Lebih lanjut 7 . kumis kucing bisa digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit (Mahendra. tanaman obat mulai digunakan kembali. tanaman obat bisa dipakai sebagai pilihan dalam terapi penyakit-penyakit tersebut.2 Asal-usul dan Penyebaran Kumis Kucing Tanaman kumis kucing (Orthosiphon aristatus BI. banyak penderita mengalami ketergantungan terhadap obat kimia tertentu seumur hidup. 2005: 5-6) II. dan diabetes. Baik secara empiris maupun klinis.Setelah sempat tersisihkan dan hampir terlupakan.) diduga berasal dari daerah Afrika Tropik. Kumis kucing merupakan salah satu jenis tanaman obat yang sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Penyebab lain adalah bahwa pengobatan modern belum mampu mengatasi beragam penyakit hipertensi. Oleh karena penyakit-penyakit tersebut. antara tanaman obat dan obat sintetis (kimia) bisa saling mengisi dan melengkapi. Harga obat kimia pun relatif mahal sehingga tidak terjangkau oleh sebagian masyarakat. Sebenarnya. Bahkan khasiatnya bisa disejajarkan dengan pengobatan konvensional atau modern. Kuba. kemudian menyebar ke wilayah Georgia (Kaukasus). dan Australia Tropik. Asia. Penyebab utama adalah bahwa khasiat tanaman obat tidak kalah dibandingkan obat sintetis. infeksi kronis. Miq.

Sumatera Utara. dan Blora). dan Thailand. seperti Sumatera dan Sulawesi.com) 8 . Kopeng.wordpress. Jawa Timur. Selanjutnya. dan Sulawesi Utara (Mahendra. Malaysia. Vietnam. Jawa Barat (Sukabumi dan bogor). 2005:6) Gambar 1.penyebaran kumis kucing di Asia meliputi Indonesia. dalam buku Plant Resources of South-East Asia. Sumatera Barat. Berdasarkan catatan plant research of south-east Asia (PROSEA) Bogor.( http://kaahil. kumis kucing di Pulau Jawa tumbuh sejak tahun 1928. India. Aceh. Sentra produksi kumis kucing yaitu Jawa Tengah (Ambarawa. tanaman tersebut mulai menuebar ke berbagai pulau lain.

spiralis Merril O.3 Taksonomi Kumis Kucing Berdasarkan ilmu taksonomi. tementosus var. Kumis Kucing. thymiflorus 3 Nama dagang/ : Kumis Kucing 2 ) 3 ) Gembong Tjitrosoepomo. Miq O. spicatus Backer O. Taksonomi Tumbuhan Spermatophyta. Mahendra & Fauzi Rahmat Kusuma. (Yogyakarta. stamineus Benth O.II. (Jakarta: 2005) hal. Solanales)2 : Labitae (Laminaceae) : Orthosiphon : Orthosiphon aristatus B. 352 B. 8 9 . glabratus O. tata nama kumis kucing sebagai berikut. Regnum Divisi Subdivisi Kelas Subkelas Ordo Famili Genus Spesies : Plantae : Spermatophyta : Angiospermae : Dicotyledoneae : Sympetalae : Tubiflorae (Personatae. grandiflorus Bold O. petiolaris O. 2000) hal.

4. Tanaman Obat Keluarga. M.G.C. Loc.Nama umum Nama simplisia : Orthosiphi herba (herba kumis kucing) Nama daerah : Sumatera Sunda Jawa Madura : Kumis Kucing (Melayu). M.65 6 ) Drs. Van Steenis. kidney tea plant : The de java : Katessnor : Mao xu cao8 : balbas-pusa.377 5 ) Ir. Sitanggang. dan kolesterol. (Jakarta : 2002) hal.5. (Jakarta: 2000) hale358 8) Drs. Sitanggang. 7) Dr..54. Tanaman Obat Untuk Penyakit Jantung. Taksonomi Tumbuhan Spermatophyta. Yogyakarta : 2000) hal. (Depok : 2008) hal. 10 .J. Flora. songot koneng. kumis ucing : Remujung. Fauziah muhlizah. hal. Sudjaswadi wiryowidagdo. Sudjaswadi wiryowidagdo.G. giri-giri marah : Jokot singkir. kabling gubat (Tagalog) : Yaa nuat maeo : R[aa]u m[ef]o 4 ) Gembong Tjitrosoepomo.darah Tinggi. songkot koceng. Cit.6 Remuk jung : Sesalesayang7. soengot koceng Nama asing : Inggris Perancis Belanda Cina Philipina Thailand Vietnam : Java tea.

5 cm. tetapi proporsional dengan tinggi tanaman. dan tinggi mencapai 100-150 cm. naik perlahan-lahan9.4 Morfologi Kumis Kucing Pengenalan morfologi tanama sangat diperlukan untuk menghindari kesalahan dalam identifikasi atau kemungkinan tertukarnya dengan tanaman lain. 9) Dr. daun. terna tahunan. tumbuh tegak. berwarna hijau keunguan. Batang berbentuk persegi empat agak beralur. dan berdiameter sekitar1. berkayu. Cit. Pengenalan morfologi tanaman kumis kucing bisa dilihat berdasarkan bagian-bagian tanaman. demikian juga dengan tanaman kumis kucing. 1. yaitu akar. Akar Akar kumis kucing termasuk akar tunggang. Loc. Akar berwarna putih kekuningan.G. ukurannya semakin mengecil. dan bercabang-cabang. a bisa mencapai 25 cm. 2. bentuknya bulat.J. berambut pendek atau gundul. Batang Kumis kucing termasuk terna tahunan.G.C. pada ruas-ruas batang bagian bawah keluar akar. dan biji. batang. 358 11 .. hal. Van Steenis. batang bercabang-cabang. bunga. Pada ujung percabangan.Laos : Hnwad meew II.

3. Tangkai daun berbentuk bulat. Bunga tunggalnya berbentuk bibir. panjang daun sekitar 10 cm dan lebar 3-5 cm. Ujung helai bunga berbentuk tumpul dan bundar. Daun Tangkai daun 0. lonjong.4-3 cm10. bagian atas mahkota bunga ditutupi rambut pendek yang berwarna putih atau putih keunguan. Benang sari lebih panjang daripada tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. daun kumis kucing berbentuk bulat telur. sedangkan di bagian teratas gundul. 4. tulang daun bercabang-cabag. Kelopak bunga berkelenjar dengan urat dan pangkalnya berambut pendek dan jarang. Bunga ditutupi oleh rambut dengan panjang 16 mm. Posisi daun pada batang berhadapan dan selangseling. Warna bunga putih atau putih keunguan. sedangkan panjang bibir bunga tunggal 4. Panjang bunga berkisar 7-29 cm. lanset.5-10 cm. atau belah ketupat dengan permukaan berbintikbintik dan licin karena adanya kelenjer dalam jumlah banyak dan berwarna hijau keunguan. 10 ) Ibid. Bunga Bunga kumis kucing termasuk bunga majemuk yang keluar dari ujung percabangan. daan panjangnya 1-3 cm. Panjang tabung bunga sekitar 10-18 mm. 12 . berwarna ungu kehijauan. Mahkota bunga berwarna putih atau putih keunguan dengan panjang 13-27 mm.

yaitu varietas bunga berwarna ungu. 5. varietas bunga berwarna putih dengan tangkai agak merah. 2005: 10). 13 . berukuran sekitar 1-2 mm (Mahendra. berkerut halus (Steenis. Biji Ketika masih muda. biji kumis kucing berwarna putih kehitaman. buah keras memanjang.Bunganya menarik perhatian karena memiliki benang sari dan putik yang panjang serta mencuat ke luar menyerupai kumis kucing. dan varietas bunga putih bertangkai hijau. Sementara pada biji yang sudah tua berwarna cokelat kehitaman. Buah Bakal buah gundul. kumis kucing dibagi menjadi tiga varietas. 2000: 358) 6. 2005: 10). dan urat daun berwarna merah lebih produktif dan berkualitas baik dibandingkan varietas lainnya (Mahendra B. Berdasarkan warna bunga dan tangkai daunnya. di Indonesia tanaman ini lebih dikenal dengan nama kumis kucing. Varietas bunga berwarna putih dengan batang. Berbentuk biji bulat lonjong. Oleh karenanya. tangkai. kelopak buah 1 cm panjangnya.

Daun. Batang dan Akar 14 .Gambar 2.

Bunga. Biji dan Kuncup Bunga 15 .Gambar 3.

2010) hal.5 Kandungan Kumis Kucing Kumis kucing mengandung bahan kimia. Senyawa Flavonoid diturunkan dari unit C 6-C3 (fenilpropana) yang bersumber dari asam sikimat (via fenilalanin) dan unit C 6 yang diturunkan dari jalur poliketida. 16 . diantaranya orthosiphonin glikosida11. yang bergabung dengan unit C6-C3 (sebagai KoA tioster) untuk membentuk unti awal triketida. II. sapofonin. zat samak. penggunaannya telah teruji pada manusia selama puluhan ribu tahun yang lalu secara turun-temurun. (Michael Heinrich et. 11) 12) Istilah glikosida adalah istilah generik untuk bahan alam yang secara kimia berikatan dengan gula karena itu glikosida terdiri atas dua bagian : gula dan aglikon. Oleh karena itu. 2005 : 15).. al. daun kumis kucing juga mengandung senyawa golongan kromen. sekarang pengobatan dengan tanaman obat tidak semata mengandalkan data empiris saja. Lebih lanjut diketahui bahwa di dalam daun kumis kucing ditemukan isolat yang berbentuk kristal jarum (Mahendra.100. Fakultas MIPA.II.Farmakognosi dan Fitoterapi. bahkan. saponin. mioinositol. dosen Jurusan Farmasi. dan sinensitin (Muhlizah. miyak lemak. garam kalium. flavanoid yang berasal dari biosintetis gabungan terdiri atas unit-unit yang diturunkan dari asam sikimat dan jalur poliketida. Hal. tetapi uji praklinis dan uji klinis pun telah banyak dilakukan. 2008: ) Hasil penelitian Yasmiwar S. minyak atsiri. (Jakarta .. menunjukkan bahwa daun kumis kucing mengandung senyawa flavanoid 12 aglikon jenis luteolin atau apigen. Universitas Padjadjaran lewat B. Fragmen poliketida ini disusun dari tiga molekul malinil-KoA.Mahendra. selain itu. Lebih lanjt mengenai manfaatnya lihat (Ibid. 82-84.6 Khasiat (Efek Farmakologis) Kumis Kucing Khasiat dan kehebatan tanaman obat tidak perlu diragukan lagi.

Ginjal dan organ saluran lainnya merupakan salah satu alat ekskresi.51) 17 . hal. Efek Diuretikum Khasiat kumis kucing sudah dikenal sejak lama untuk mengatasi gangguan saluran kencing dan batu ginjal14.298. dan fosfat dalam pial ginjal. Untuk menunjuk pada kondisi yang prosesnya (mis.Secara umum penelitian tanaman obat dikelompokkan menjadi dua bagian. diharapkan bisa diterima langsung oleh masyarakat. dkk. antibakteri. yaitu uji praklinis dan uji klinis. reaksi) dilakukan dengan eksperimen laboratorium (mis. Berdasarkan uji praklinis. Uji praklinis dan uji klinis dimaksudkan agar khasiat dan manfaat tanaman obat bisa diakui secara medis dan ilmiah. 2000). Bila organ-organ tersebut terganggu maka proses pembuangan racun-racun dalam tubuh akan terganggu pula. yaitu pembuangan sisasisa metabolisme tubuh. 1. 14) Batu ginjal adalah batu yang terjadi karena pengendapan senyawa garam oksalat. urat. ttabung reaksi. Uji praklinis dilakukan pada hewan percobaan secara in vitro13 di laboratorium. dan pelarut batu kalsium. atau piala) (M. Dahlan. Dengan demikian. Sementara uji klinis dilakukan pada manusia secara langsung sebagai objek penelitian. sedangkan dilihat dari aspek ekonomi bisa dikembangkan. Berikut diuraikan beberapa hasil penilitian mengenai efek farmakologis tanaman kumis kucing. Kamus Istilah Medis. Surabaya.(Ibid.. dalamwadah kaca. salah satu cara untuk mengatasi gangguan organ-organ tersebut 13) In vitro = di dalam wadah. tanaman kumis kucing telah diketahui bersifat dan berkhasiat sebagai diuretikum. menurunkan kadar asam urat. Hal.

dengan pemberian tanaman obat yang salah satunya bersifat sebagai peluruh kencing (diuretikum). peneliti dari fakultas Kedokteran Hewan. Berikut diuraikan hasil penelitian kumis kucing sebagai diuretikum. Yogyakarta dalam buku B. (1985). hal tersebut menunjukkan bahwa kedua tanaman obat ini tidak menunjukkan adanya efek sinergis. lebih lanjut dilakukan pengamatan efek kedua tanaman tersebut terhadap kelinci. S.S. Sementara efek maksimal rata-rata campuran 0. Puspa W. Universitas Gadjah Mada. (1985) Hasil penelitian Puspa W. hal tersebut bisa 18 . Efek diuretikum tanaman obat juga penting untuk mengatasi keluhan penyakit batu saluran kencing.12%.5 ml infus dan kandungan meniran 10% dengan 0. dan 646.64%. dan 20% daun kumis kucing berturut-turut yaitu 275. 10%. Mahendra menunjukkan bahwa efek maksimal terhadap sifat diuretikum dari rata-rata 1 ml infus dengan kandungan 5%. hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman kumis kucing bersifat diuretikum.22%.5 ml infus dan kandungan 10% daun kumis kucing sebesar 521. daun kumis kucing dibandingkan dengan tanaman meniran dan kombinasi keduanya. 376. Volume urine yang banyak cukup membantu pembuangan timbunan batu di saluran kencing. a. Dalam penelitian tersebut.98%.

Kumis kucing juga mengandung unsur kalium (K) yang cukup signifikan. Fakultas Farmasi. FMIPA UNAIR. G. (1989). Surabaya dikutip dari buku B. WIDMAN dalam buku B. dan Asiafri H. (1989) Penelitian yang dilakukan oleh Ninuk K. Mahendra ad alah membandingkan khasiat diuretikum infus daun muda dengan daun tua kumis kucing pada kelinci. 19 . Ninuk K. c. Jurusan Biologi. (1992). Hasil penelitian tersebut sebagai berikut.memperkuat bukati bahwa kumis kucing dapat mengatasi gangguan saluran kencing. Trivena F. lebih lanjut diketahui bahwa kalium berfungsi sebagai pelarut batu ginjal dan batu saluran kemih. 1. (1992) Trivena F. hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa daun muda kumis kucing lebih efektif sebagai diuretikum dibandingkan daun tua. b. Mahendra membandingkan efek diuretikum antara rebusan daun kumis kucing dengan daun landep pada ttikus putih. Pola kerja infus daun kumis kucing adalah awal kerja yang cepat dengan masa kerja relatif singkat. G. dan Asiafri H. Rebusan daun kumis kucing dan rebusan daun landep menaikkan pengeluaran urine secara signifikan.

Kadar kalsium (Ca) batu ginjal yang terlarut dalam infus daun landep dan infus kumis kucing dipengaruhi oleh kadar kalium dalam infus. sementara volume urine rata-rata kelinci yang diberi infus batang sebesar 22. (1998) . 2005 : 15-17) 20 . Bandung dalam buku karya B.2. Lebih lanjut diketahui bahwa kalium dalam kumis kucing bisa memberikan efek diuretikum (Mahendra. Yudi G. Selain itu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume urine rata-rata kelinci yang diberi infus daun kumis kucing sebesar 27. Sekresi urine tikus putih yang diberi rebusan 20%. Penelitian tersebut dilakukan pada kelinci melalui mulut . 40% daun landep dan rebusan 10%. d. Mehendra membandingkan potensi diuretikum antara infus batang kumis kucing dengan daun kumis kucing. mahasiswa Fakultas Kedokteran. Universita Padjadjaran.4 ml. 40% daun kumis kucing tidak terdapat perbedaan nyata. (1998) Penelitian Yudi G.0 ml. kemungkinan juga dipengaruhi oleh senyawa lain yang menambah kelarutan kalsium batu ginjal tersebut. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tersebut adalah potensi diuretikum daun kumis kucing lebih baik daripada infus batangnya.

40 mg/dl. hari ke-1 sebesar 1.96 mg/dl. hari ke-3 sebesar 1.618.16 mg/dl. produk akhir dari pemecahan purin dalam kebanyakan primata. (1990) dalam buku B. unggas.68 mg/dl. reptilia terestrial dan insekta. memberikan turunan (derivat) senyawa yang penting secara hayati terutama adenina dan guanina yang dijumpai dalam nukleotida dan asam. Purin16. Rata-rata kadar asam urat darah kelompok infus daun kumis kucing berdosis 12. Ginjal dan saluran kencing lainnya berfungsi membuang asam urat.96 mg/dl.85 g/kg bobot badan 15 ) 16) Uric acid atau asam urat. dan hari ke-7 sebesar 0. penimbunan asam urat dalam cairan sinovial pada persendian mengakibatkan penyakit encok (goul). Efek diuretikum dan pemecah kristal asam urat yang dimilki tanaman kumis kucing bisa mempercepat proses pembuangan asam urat dari dalam tubuh. 503-504.75 g/kg bobot badan pada hari ke-0 sebesar 1. Purin dalam darah berasal dari makanan dan sebagai hasil pemecahan asam nukleat tubuh. Menurunkan Asam Urat Asam urat (urid acid15) merupakan hasil akhir metabolisme purin. nukleat (DNA dan RNA). Hal. Pada manusia. asam urat merupakan bentuik utama produk metabolisme nitrogen yang diekskresikan. Ibid.2. Ibid. 21 . Sudah sejak lama tanaman kumis kucing bisa digunakan untuk mengobati penyakit asam urat (gout). sedikit larut dalam air. Purin atau purina adalah basa organik bernitrogen. hari ke-5 sebsar 0. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa rata-rata kadar asam urat kelompok tikus yang diberi infus daun kumis kucing berdosis 25. Asam urat termasuk sisa metabolisme tubuh yang hampir tidak berguna. Winangku I. Mahendra meneliti efek kumis kucing terhadap penurunan kadar asam urat tikus putih. Hal.

85 mg/kg bobot badan. 286. radang. sifilis. 2005 : 17-18) 3. kumis kucing juga berfungsi sebagai anti inflamasi17 serta menurunkan kadar gula darah. S. demam.43 mg/dl. Antibakteri Di samping sebagai pelarut batu ginjal dan batu kandung kemih.pada hari ke-0 sebesar 1.75 g/kg bobot badan (Mahendra.85 g/kg bobot badan selama 7 hari bisa menurunkan asam urat darah tikus sebanding dengan pemberian obat kimia Alopurinol 42. Mahendra. hal.40 mg/dl. serta perubahan-perubahan histologi jaringan yang bersangkutan. suhu yang meningkat dan pembengkakan. Berdasarkan uji statistik disimpulkan bahwa pemberian infus daun kumis kucing berdosis 12. dan antibakteri. 22 . Salah satu senyawa aktif dalam kumis kucing adalah sinensitin yang telah diuji efeknya terhadap bakteri. rasa sakit.85 g/kg bobot badan lebih beasr dibandingkan dengan infus daun kumis kucing berdosis 25. (2003). Penurunan asam urat tikus putih dengan infus kumis kucing berdosis 12. hari sebesar 0.10 mg/dl. meneliti efek senyawa sinensitin terhadap bakteri. peradangan. Metode penelitian untuk mendapatkan senyawa murni 17) Inflamasi adalah reaksi jaringan terhadap injuri (luka) ditandao oleh warna kemerahan. Ibid. hari ke-1 sebesar 1. mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dikutip dari buku B. Yayu S. darah tinggi.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa aktivitas antibakteri ekstrak daun kumis kucing memberikan daya berbeda antara bakteri Staphylococcus epidermidis dan Eschericia coli. dan metanol dengan perbandingan 6 : 3 : 1. namun demikian. 23 . sehingga jaringan pengikat melarut dan bagian-bagian jaringan dapat dipisahkan (dalam histologi) Ibid. Demikian pula dengan senyawa sinensitin dalam daun kumis kucing memberikan daya hambat relatif besar. Mahendra. dan ekonomis. Yogyakarta. Ekstrak tersebut difraksinasi. terutama cairan asam. di bawah bimbingan DR. Penelitian 18) Maserasi merupaka pelunakan jaringan karen aterndam dalam cairan. efisien. tanman obat saat ini juga mulai terbukti efektif dalam pengobatan penyakit batu ginjal. Penelitian yang dilakukan oleh Agus T. terutama terhadap bakteri Staphylococcus epidermidis (Mahendra. Universitas Gadjah Mada. 2005 : 18-19) 4. kemudian dimaserasi dengan eluen kloroform . Pengobatan batu ginjal dengan tanaman obat sangat praktis.C. 366. Hal. Ediati Sasmito. Apt yang dikutip lewat B.sinensitin dilakukan dengan proses maserasi18 menggunakan metanol dan air dengan perbandingan 50 : 50. (1990). Pelarut Batu Ginjal Pengobatan batu ginjal secara konvensional memang dinilai sangat mutakhir. Hal tersebut dikarenakan bahan senyawa aktif pada tanaman obat mampu melarutkan batu ginjal. Fakultas Farmasi. etil asetat.

Batu Ginjal dan Batu Kandung Kemih Pada prinsipnya. Arief Hariana. 2008). posisi batu berada di kandung kemih. (Jakarta.mengenai pengaruh infus daun kumis kucing dan daun tempuyung terhadap kelarutan kalsium batu ginjal secara in vitro. posisi batu berada di ginjal. II. 19 ) Drs. dan 10% kalsium batu ginjal yang terlarut dalam infus daun kumis kucing lebih baik dibandingkan infus daun tempuyung (Mahendra. H. pegagan. 65. tempuyung. pada batu ginjal. sedangkan pada batu kandung kemih. dan 2% kalsium batu ginjal yang terlarut dalam infus daun tempuyung lebih baik dibandingkan infus daun kumis kucing.. 1. penyakit batu ginjal dan batu kandung kemih hampir sama. 1%.7 Penggunaan Tanaman Kumis Kucing Seluruh bagian kumis kucing dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit19.5%. keji beling. 7. hal. bangle. seperti tapak liman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa infus dengan kadar 0. perbedaannya hanya terletak pada posisi batu tersebut berada. Tujuan peramuan tersebut untuk membantu meningkatkan atau memperkuat daya kerja kumis kucing dalam mengatasi suatu penyakit. dan lain-lain. Tumbuhan Obat & Khasiatnya.5%. 2005: 19). Biasanya penggunaan daun kumis kucing sebagai obat diramu bersama tumbuhan obat lainnya. sementara pada kadar 5%. 24 .

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan tanaman obat untuk mengobati penyakit batu ginjal dan batu kandung kemih sebagai berikut. Pada kasus-kasus tertentu. sering kencing. bila ukuran batu lebih besar. Daun kumis kucing kering Keji beling kering Tempuyung kering Meniran kering Tapak liman kering : 7g : 15 g : 10 g : 7g : 10 g Semua bahan direbus dengan 7 gelas air hingga tersisa 4 gelas. demam. Sekali minum 25 .Tingkat keberhasilan pengobatan batu ginjal dan batu kandung kemih dengan tanaman obat bervariasi. tergantung ukuran batu yang terbentuk dan bahan dasar batu itu sendiri. Batu tersebut akan luruh dan keluar bersama dengan air seni. siang. kadang nyeri ketika buang air seni. penyakit batu ginjal dan batu kandung kemih ditandai dengan gejala nyeri di seluruh punggung. Hasil rebusan disaring dan hasil saringan kemudian diminum dalam keadaan hangat pada pagi. Namun. pengobatan batu ginjal dan batu kandung kemih hanya memerlukan 35 hari. biasanya membutuhkan waktu relatif lebih lama untuk mengeluarkannya. Pada kondisi tertentu. dan terkadang keluarnya air seni disertai darah atau nanah. dan sore hari.

( Mahendra. Tambahkan sepotonng kayu manis. ginjal. Sebaiknya. 30 g daun sendok. Minum air rebusan 2 kali sehari. Infeksi Kandung Kemih dan Saluran Kemih Infeksi kandung kemih dan saluran kemih adalah peradangan kandung kemih dan saluran kemih yang disebabkan oleh adanya infeksi kuman. dan 2 siung bawang putih. 2008: 65). sejempol kunyit.sebanyak 1 gelas (200 cc). Sementara anjuran yang perlu dilakukan adalah mengomsumsi air putih sebnayk 2. Bengkak kandung kemih Cuci bersih 30 g herba kumis kucing. 26 . alkohol. 2.(Hariana. dan 30 g rumput lidah ular. lalu rebus dengan 11/2 liter air samapai tersisa 750 ml. 2005: 37-39). Pantangan yang perlu dilakukan selama menjalani pengobatan batu ginjal dan batu kandung kemih yaitu mengomsumsi makanan seperti cokelat. 3. jeroan. 7 helai daun ungu. lemak. atau air seni yang mengenang. 4. Kuman tersebut masuk melalui alat kelamin kelenjar prostat. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing ½ gelas. Batu Kantung Empedu Giling segenggam daun kumis kucing.5 – 3 liter per hari dan olahraga secara teratur. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. sisa 1 gelas sebelum diminum dihangatkan terlebih dahulu. dan kopi.

Terkadang disertai demam dan timbulnya pendarahan pada kandung kemih atau saluran kemih. kemudian minum dalam keadaan hangat pada pagi dan sore hari.Gejala yang dapat ditimbulkan oleh penyakit tersebut sebagai berikut. sisa 2 gelas sebelum diminum dihangatkan terlebih dahulu. Sekali minum sekitar 200 cc (1 gelas). Rasa nyeri pada kandung kemih ketika buang air kecil.. Rasa tidak nyaman pada kandung kemih. Sebaiknya. Daun kumis kucing kering Pegagan kering Rumput mutiara kering Krokot kering Tapak liman kering : 15 g : 10 g : 7g : 7g : 10 g Semua bahan direbus dengan 6 gelas air hingga tersisa 4 gelas. Saring hasil rebusan dengan kain saring. 27 . Sering buang air kecil. Bahan-bahan yang digunakan sebagai ramuan tanaman obat untuk mengobati infeksi kandung kemih dan saluran kemih sebagai berikut. Konsumsi ramuan tersebut bisa dihentikan bila keluhan pada kandung kemih sudah hilang.

yaitu timbulnya rasa sakit pada persendian. Perbedaan kedua jenis penyakit ttersebut terletak pada faktor penyebabnya. cokelat. asam. Rematik dan asam urat memang memiliki kesamaan gejala. anggapan orang tersebut ternyata keliru. 5. 2005: 39-40). Endapan tersebut dapat merusak dan menimbulkan rasa sakit pada organ tubuh. Sementara asam urat disebabkan oleh tingginya kadar purin di dalam darah melebihi batas normal. asam urat dapat menyebabkan terjadinya endapan-endapan kristal pada jaringan-jaingan tubuh. Encok Rebus 30 g daun kumis kucing dan 30 g herba meniran dalam 3 gelas air hingga tinggal 11/2 bagian. lemak. Pada tingkat lanjut. dan kopi. 2008: 66). minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing ½ gelas (Hariana. Rematik biasanya disebakan oleh peradangan atau infeksi pada persendian. Setelah dingin. Sementara anjuran yang perlu dijalankan adalah banyak mengonsumsi air putih. soft drink. 28 .5 – 3 liter/hari (Mahendra. sekitar 2. Asam Urat Banyak orang beranggapan bahwa penyakit rematik dan asam urat adalah sama.Pantangan yang perlu dihindari selama pengobatan adalah mengonsumsi cabai. kedua penyakit tersebut memiliki perbedaan yang sangat jauh. jengkol. Akan tetapi. Namun. 6.

emping. Hasil rebusan disaring dengan kain saring. Penyebab hiperurisemia adalah produksi asam urat dalam tubuh yang berlebihan. sedangkan proses pembuangannya melalui air seni sangat berkurang. jeroan. Sebaiknya. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan tanaman obat untuk mengobati asam urat sebagai berikut. dan sore hari. Keadaan seperti ini disebut hiperurisemia.Asam urat didefinisikan sebagai suatu penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar purin di dalam darah yang melebihi batas normal. otak. alpukat. Akibatnya. siang. Sekali minum sebanyak 1 gelas (200 cc). kerangkerangan. dan cokelat. kandungan asam urat dalam tubuh meningkat. sisa 1 gelas sebelum diminum dihangatkan terlebih dahulu. kacang-kacangan. Pantangan yang harus dihindari selama pengobatan asam urat dengan ramuan tanaman obat yaitu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung purin. kemudian minum dalam keadaan hangat pada pagi. seperti lemak. Sementara anjurannya adalah mengonsumsi buah 29 . durian. bayam. tape. Daun kumis kucing kering Sidaguri kering Tapak liman kering : 7g : 15 g : 10 g Semua bahan direbus dengan 7 gelas air hingga tersisa 4 gelas. alkohol.

Cit. kelainan pada jantung. Dachlan. Minum air rebusan seperti minum teh. Darah Tinggi Penyakit darah tinggi biasa dikenal dengan istilah hipertensi. Ibid. Diastolik berhubungan dengan pengendoran otot jantung pada waktu pengisian kembalijantung oleh darah. dan diastolik21 di atas 90 mm Hg.554. hal. Tubuh dikatakan mengalami penyakit darah tinggi bila tekanan darah pada kisaran sistolik20 di atas 140 mm HG.dan meningkatkan konsumsi air putih. kelainan pada kelenjar endokrin. 2005:41-42). Keputihan Rebus 1 genggam daun kumis kucing. 147. Al-Barry. M. sekitar 2. Menghilangkan Panas dan Lembap serta Masuk Angin Rebus 30-60 g tumbuhan kumis kucing kering atau 90-120 g tumbuhan kumis kucing basah. 9. Sejauh ini penyebab utama penyakit hipertensi belum diketahui secara pasti. atau kelainan pada metabolisme tubuh. hipertensi gangguan besar kemungkinan tubuh. 7.. 8. 20) 21) Sistolik berhubungan dengan penguncupan jantung akibat kontraksi otot jantung. Op. kelainan pada organ ginjal. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing ½ gelas. hal. disebabkan oleh kelainan atau pada organ Contohnya. 1 genggam beluntas. namun demikian. Y.5-3 liter/hari (Mahendra. 1 sendok teh jinten hitam. 30 . dan 10 biji kemukus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.

hipertensi biasanya disebabkan oleh terjadinya penurunan vitalitas organ tubuh seperti jantung. Bahan-bahan yang digunakan sebagai ramuan tanaman obat untuk mengobati hipertensi sebagai berikut. dan organ lainnya. Sekali minum sekitar 200 cc (1 gelas). Semua bahan direbus. Sayuran seledri dapat digunakan sebagai selingan setelah makan.Pada orang dewasa. pembulu darah. kecuali seledri dan belimbing. Sebaiknya. dengan 6 gelas air hingga tersisa 4 gelas. paru-paru. ginjal. lever. 31 . Penyajiannnya bisa dalam bentuk jus atau air rebusan. Daun kumis kucing kering Sambiloto kering Pegagan kering Daun murbei kering Seledri segar Belimbing segar : 10 g : 10 ng : 15 g : 7g : secukupnya : 5 buah Semua bahan dicuci bersih dengan air mengalir. Hasil rebusan disaring dengan kain saring dan diminum dalam keadaan hangat pada pagi dan sore hari. sisa 2 gelas sebelum di minum dihangatkan terlebih dahulu. Konsumsi ramuan ini bisa dihentikan bila kondisi tekanan darah sudah stabil. Buah belimbing dikonsumsi dalam bentuk buah segar setelah makan siang dan makan malam.

Pelangsing Tubuh Obesitas didefinisikan sebagai peningkatan berat badan yang melebihi kebutuhan fisik tubuh sebagai akibat dari akumulasi lemak berlebih dalam tubuh. Bila terjadi obesitas yang berlebihan. seperti jantung. obesitas juga dapat berdampak pada serangan berbagai macam penyakit. Pengobatan obesitas dengan tanaman obat bukan hanya ditujukan untuk menurunkan berat badan pasien saja. diabetes. Sementara anjuran yang perlu dilakukan adalah olahraga secara rutin.Pantangan yang perlu dihindari selama menjalani pengobatan hipertensi dengan tanaman obat adalah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. juga ditujukan untuk mengobati penyakit-penyakit penyerta (sekunder) yang kemungkinan dialami penderita obesitas. misalnya renang dan jalan pagi (Mahendra. garam. penderita sulit melakukan aktivitas sehari-hari. hipertensi. rematik. asam urat. rokok. ikan asin. Pantangan tersebut bertujuan untuk memaksimalkan fungsi tanaman obat. 32 . kolesterol. Bahan yang digunakan untuk membuat ramuan tanaman obat untuk pelangsing tubuh sebagai berikut. Lebih dari itu. 10. dan lain-lain. Selain itu. dan alkohol. seperti jogging. 2005: 43-44). ginjal dan lain-lain. daging. berenang. Produktivitas orang yang terserang obesitas cenderung menurun.

Meski dari bahan alami tetap saja harus tetap hati-hati dalam mengonsumsinya. cokelat. dan gorengan. Sementara hal-hal yang dianjurkan adalah mengonsumsi buah-buahan dan sayuran serta olahraga secara teratur (Mahendra. lemak.- Daun kumis kucing kering Jati belanda kering Bangle kering Kunci pepet kering Kemuning kering : 7g : 15 g : 10 g : 7g : 5g Pantangan yang perlu dihindari selama menjalani program pelangsingan tubuh dengan ramuan tanaman obat adalah mengonsumsi makanan seperti keju. kopi. daging. 2008:66). Pemakaian yang berlebihan menyebabkan hati keracunan. terutama menyebabkan kerusakan pada organ (Hariana. jeroan. alkohol. 2005: 49-51). 33 .

dan bersifat sejuk. sepet. dan myoinositol.5%). minyak lemak. Efek farmakologis yang dimiliki oleh kumis kucing di antaranya antiradang. kumis kucing (Melayu). Kumis kucing memiliki rasa sedkit pahit.6-3. garam kalium (0.) Miq.BAB III PENUTUP III. Soengot koceng (Madura). Di beberapa wilayah di Indonesia dikenal dengan nama yang berbeda seperti remujung (Jawa Tengah). mengatasi encok. keputihan. beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kumis kucing diantaranya zat samak. sapofonin. saponin.1 Kesimpulan Tanaman kumis kucing (Orthosiphon aristatus (BL. orthosiphon glikosida. Di inggris dikenal dengan nama Cats whiskers dan di Cina (Mao xu cao). agak asin. minyak atsiri. dan penghancur batu saluran kencing. kumis ucing (Sunda). 34 . terutama menyebabkan kerusakan pada organ hati. Meski demikian pemakaian yang berlebihan menyebabkan keracunan. peluruh air seni (diuretic). menghilangkan panas dan lembap serta masuk angin bahkan juga dipakai buat pelangsing.

III.2 Saran Sebaiknya formatnya disesuaikan saja dengan format skripsi dengan demikian secara tidak langsung kita seolah-olah dituntut untuk membuat skripsi. Dengan demikian menjadi pelatihan sebelum sampai waktunya dalam pembuatan skripsi yang sebenarnya 35 .

Faisal.. http://kaahil. 2008.) Terhadap Asam Urat darah Tikus Putih. Skripsi Sarjana. Skripsi Sarjana. terj. Bandung : Fakultas Kedokteran. 2005. Perbandingan Potensi Diuretik Antara Infus Daun Dan Batang Tumbuhan Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus BI. Y. Makassar : Alauddin Press.DAFTAR PUSTAKA Al-Barry. A. 2007. Fauziah. W.. 2001.. S. Garnadi.. Jakarta : Penebar Swadaya. et al.wordpress.. Mig. 2010. Kamus Istilah Medis. Kumis Kucing. Sari. Pusat Perbukuan. Hariana. Mig.com/2009/11/07/khasiat-herbal-gambar-kumis-kucingsambiloto-bunga-pukul-delapan-dan-bunga-tahi-kotok/ Isparyanto. P. Heinrich. Tanaman Obat Keluarga. Farmaseutika (Sebagai Dasar Teknologi Farmasi). H. 2008. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Yogyakarta : Fakultas kedokteran.) Dan Daun Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus BI.. Muhliza. Rahman Usman. Pengaruh Infusa Daun Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus BI. Yogyakarta : Gadjah Mada. Universitas Padjadjaran. Dachlan. Y. Depok : Penerbit Swadaya. Fakultas Kedokteran Hewan. Laporan Penelitian. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.) Terhadap Jumlah Tetes Urine Kelinci Terbius. Farmakognosi dan Fitoterapi. Attamini.Kp.. Lembaga Penelitian. 1999. B & Fauzi Rahmat Kusuma. Mig.) Pada Kelinci Secara Oral. Universitas Gadjah Mada. 36 . 1985. Arief. Tumbuhan Obat Dan Khasiatnya. M. Drs. Surabaya: Arkola. Yustina Akmalia. 1998. Jakarta : Penerbit Penebar Swadaya. W. Ir. Efek Penyuntikan Campuran Infus Daun Meniran (Phyllantus niruri Linn. Mahendra..

. Telaah Senyawa Berbentuk Kristal Jarum Dalam Fraksi NonPolar Dekok Daun Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus BI. Skripsi Sarjana (Bogor : Jurusan Kimia. Darah Tinggi. Institut Pertanian Bogor). 2001. Dian Rakyat. Dan Uji Aktivitas AntiBakteri Senyawa Sinensitin Dari Ekstrak Daun Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus BI. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Mig). 2002. Y. S. Taksonomi Tumbuhan Spermatophyta. Dan Kolesterol.. Dr. & Sitanggan M.. tt. Universitas Padjadjaran. Seno.. 37 . Jakarta : PT. Obat Asli Indonesia. 2000. Dr.. Tjitrosoepomo.G. Mig. Pradnya Paramita Susilawati. 2000. Drs. Isolasi. Sofiani. C. Flora. Tanaman Obat Untuk Penyakit Jantung. Gembong..).J. Agromedia Pustaka. 2003. Steenis. Wiryowidagdo. Jakarta : PT. Skripsi Sarjana (Bandung : Fakultas Matemataika Dan Ilmu Penegtahuan Alam. Sudjaswadi. Pemurnian.G. Jakarta Selatan : PT. Van.Sastroamidjojo. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press. Y.

38 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->