Panduan Praktikum Fisika

Modul 3. BANDUL MATEMATIS
A. Tujuan
Menyelidiki osilator harmonik untuk menghitung besar percepatan gravitasi g melalui percobaan bandul matematis.

B. Alat-alat yang digunakan
1. Batangan logam 2. Gantungan beban 3. Massa beban 4. Stop watch 5. Mistar 6. Tali

C. Teori
Pada mulanya, dibuat tiga asumsi tentang bandul sederhana. Pertama, tali di mana massa beban berayun adalah tidak bermassa, tidak meregang, dan selalu tetap tegang. Kedua, massa beban adalah massa titik. Ketiga, gerak terjadi dalam bidang dua dimensi, yaitu pendulum tidak berayun masuk dan keluar dari bidang.

Gambar 1. Diagram gaya bandul sederhana Jurusan Teknik Elektro UIN Suska Riau Halaman 8

F = ma. Perlu diketahui bahwa lintasan bandul membentuk sebuah lingkaran dan sudut θ diukur dalam radian. Pertimbangkan hukum kedua Newton. m adalah massa. di mana F adalah jumlah gaya-gaya pada benda. Asumsi lebih lanjut. yakni θ << 1. bahwa bandul hanya mencapai amplitudo kecil.Panduan Praktikum Fisika Gambar 1 menunjukkan komponen gaya yang bekerja pada sebuah bandul sederhana. diharapkan untuk kembali lebih cepat ke kanan. Membuat asumsi sudut kecil memungkinkan pendekatan sin θ ≈ θ harus dibuat. Ini masuk akal karena ketika bandul berayun lebih jauh ke kiri. dan a adalah percepatan sesaat. Karena hanya berkepentingan dengan perubahan kecepatan dan karena massa beban dalam lintasan melingkar. Jurusan Teknik Elektro UIN Suska Riau Halaman 9 . cukup memungkinkan untuk sistem agar dapat dihampiri. Persamaan diferensial yang diberikan di atas tidak larut dalam fungsi dasar. F = -mg sin θ = ma a = -g sin θ dimana g adalah percepatan gravitasi di dekat permukaan bumi. s=θ Demikian sehingga : Hal ini dikenal sebagai persamaan Mathieu. Sehingga. Tanda negatif pada sisi kanan menunjukkan bahwa θ dan a selalu dalam arah yang berlawanan. maka diterapkan persamaan Newton untuk sumbu tangensial saja.

maka g ≈ 9. solusinya adalah θ (t) = θ 0 cos (√ ) Persamaan di atas adalah gerak harmonik sederhana dimana adalah semi- amplitudo osilasi (yaitu.81 m/s2.994 sampai 3 desimal belakang koma). ini adalah perangkat isochronism yang ditemukan Galileo.Panduan Praktikum Fisika Kesalahan dalam pendekatan ini sebanding dengan θ 3 (dari deret Maclaurin untuk sin θ). Mensubstitusi pendekatan ini ke dalam persamaan (1) menghasilkan persamaan untuk sebuah osilator harmonik: Di bawah kondisi awal θ (0) = θ 0 dan d θ / dt (0) = 0. sudut maksimum antara bandul dan sumbu vertikal). dan g/π2 ≈ 1 (nilainya yang pasti 0. Jadi atau dalam kata-kata : di permukaan bumi. Periode gerak. Perhatikan bahwa di bawah pendekatan sudut kecil. Jurusan Teknik Elektro UIN Suska Riau Halaman 10 . dan dengan asumsi pengukuran adalah mengambil tempat di permukaan bumi. panjang bandul (dalam meter) adalah sekitar seperempat dari kuadrat periode waktu (dalam detik). Persamaan di atas dapat dinyatakan sebagai Jika satuan SI digunakan (yaitu ukuran dalam meter dan detik). periode tidak bergantung pada amplitudo θ 0. yaitu waktu untuk osilasi lengkap (bolak-balik) adalah: T0 = 2π √ yang merupakan hukum Huygens untuk periode di atas.

Tentukan waktu yang dibutuhkan selama 10 osilasi pada bandul panjang 10.. 40. Tabel 1. l = . cm. 2. 20. Catat hasilnya pada Tabel 1. Langkah Percobaan 1. l (cm) 50 40 30 20 10 √ √ t (s) T (s) Jurusan Teknik Elektro UIN Suska Riau Halaman 11 . Konversikan Tabel 2 ke dalam Grafik 1 dan Grafik 2 menggunakan kertas milimeter blok. Pindahkan ujung bandul sekitar 10 cm lateral dan lepaskan dengan hati-hati. Tabel 2. dan 50 cm. 5. Catat hasil pengukuran pada Tabel 2. √ m (g) 20 g 50 g t (s) √ T (s) 3. 30. Tentukan waktu yang dibutuhkan untuk sepuluh osilasi dari bandul dengan massa total m = 20 g dan kemudian m = 50 g.Panduan Praktikum Fisika D. Taruh massa beban pada gantungan beban (massa beban bebas) 4..

apa efek dari panjang bandul pada periode osilasi? 4. Hitung periode osilasi T untuk satu osilasi dari waktu t selama 10 osilasi. Amati Grafik 2. 2. Apakah periode osilasi adalah fungsi dari massa beban? 3. Adakah cara lain untuk menentukan besar percepatan gravitasi g? 3. terlihat seperti apa kurva yang dihasilkan? 5. 2. Tugas Pendahuluan 1. apakah ini termasuk osilator harmonik? jelaskan! Jurusan Teknik Elektro UIN Suska Riau Halaman 12 . Apa satuan K’? b) Besar g menggunakan rumus √ F. Hitunglah a) Kemiringan grafik (K’) pada Grafik 2.Panduan Praktikum Fisika E. Jelaskan apa yang dimaksud dengan osilasi harmonik. Tugas Akhir 1. Amati Grafik 1. Anda mengetahui bahwa roda sebuah kendaraan memerlukan shock breaker untuk kenyamanan pengendara.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful