P. 1
Makalah tentang Naturalisasi

Makalah tentang Naturalisasi

|Views: 420|Likes:
Published by Ahmad Syaukani
Naturalisasi
Naturalisasi

More info:

Published by: Ahmad Syaukani on May 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/31/2014

pdf

text

original

TUGAS KEWARGANEGARAAN NATURALISASI WARGA NEGARA ASING MENJADI WARGA NEGARA INDONESIA DOSEN PENGAMPU: I MADE WIDIANA,SH

KELOMPOK : Khusnul Khotimah 1210122008 Yudistira Ardhana 1210122030 Wayan Nurita 1210122065 FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS WARMADEWA DENPASAR 2012
BAB I
1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Bangsa adalah suatu komunitas etnik yang ciri-cirinya adalah: memiliki nama, wilayah tertentu, mitos leluhur bersama, kenangan bersama, satu atau beberapa budaya yang sama dan solidaritas tertentu. Bangsa juga merupakan doktrin etika dan filsafat, dan merupakan awal dari ideology nasionalisme. Berikut pendapat beberapa para ahli tentang pengertian bangsa: a. Ernest Renan (Perancis) = Bangsa adalah suatu nyawa, suatu akal yang terjadi dari 2 hal, yaitu rakyat yang harus hidup bersama-sama menjalankan satu riwayat, dan rakyat yang kemudian harus mempunyai kemauan atau keinginan hidup untuk menjadi satu. b. Otto Bauer (Jerman) = Bangsa adalah kelompok manusia yag memiliki kesamaan karakter. Karakteristik tumbuh karena adanya persamaan nasib. c. F. Ratzel (Jerman) = Bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. Hasrat itu timbul karena adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya (paham geopolitik). Secara etimologis, “Negara” berasal dari bahasa asing Staat (Belanda, Jerman), atau State (Inggris). Kata Staat atau State pun berasal dari bahasa Latin, yaitu status atau statum yang berarti “menempatkan dalam keadaan berdiri, membuat berdiri, dan menempatkan”. Kata status juga diartikan sebagai tegak dan tetap. Menurut KBBI (1996:685) dinyatakan bahwa Negara adalah: (1) organissi disuatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat; 92) kelompok social yang menduduki
2

c. Logeman = Negara adalah organisasi kemasyarakatan (ikatan kerja) yang mempunyai tujuan untuk mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya. Warga Negara menurut KBBI (1996:1125) adalah penduduk sebuah Negara atau bangsa yang berdasarkan keturunan. mempunyai kesatuan politik. Tetapi seperti kita ketahui tidak sedikit pula yang bukan merupakan warga Negara bisa tinggal di suatu Negara lain yang bukan merupakan Negaranya. Peraturan tersebut memuat tentang siapa saja kah yang bisa dianggap sebagai warga Negara. Karl Marx = Negara adalah alat kelas yang berkuasa (kaum borjuis/kapitalis) untuk menindas atau mengeksploitasi kelas yang lain (ploretariat/buruh). dsb yang mempunyai kewajiban dan hak penuh sebagai warga dari Negara itu. d. Suatu Negara pasti mempunyai suatu undang-undang atau peraturan yang mengatur tentang kewarganegaraan. George Jellinek = Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang mendiami wilayah tertentu.F Hegel = Negara adalah organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal. tempat kelahiran. Berikut ini beberapa pengertian Negara menurut pakar kenegaraan : a. G. b.wilayah atau daerah tertentu yang diorganisasi dibawah lembaga politik dan pemerintah yang efektif. Ketentuan mengenai kewarganegaraan di negara kita telah diatur dalam Undangundang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan RI sebagai pengganti Undang- 3 . Di Indonesia juga salah satu Negara yang mempunyai peraturan tentang kewarganegaraan tersebut. berdaulat sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya.W.

Ada beberapa cara bagi Warga Negara Asing untuk mendapatkan kewarganegaraan Republik Indonesia. kecuali dengan perolehan kewarganegaraan tersebut mengakibatkan berkewarganegaraan ganda.undang Nomor 62 Tahun 1958. Adapun mekanismenya adalah dengan mengajukan permohonan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI melalui Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di mana pemohon berdomisili. Menyampaikan pernyataan menjadi WNI karena perkawinan campuran (Pasal 19) Bagi Warga Negara Asing yang kawin secara sah dengan Warga Negara Indonesia dapat memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia dengan menyampaikan pernyataan menjadi Warga Negara Indonesia apabila yang bersangkutan sudah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat 5 (lima) tahun berturut-turut atau paling singkat 10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut. Cara memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia ini cocok ditujukan bagi pesepakbola asing yang kawin secara sah dengan Warga Negara Indonesia seperti pemain Persib Bandung asal Uruguay. Christian Gonzalez yang telah menikah dengan Eva Siregar. Namun demikian perlu diteliti lebih detil apakah Christian Gonzalez sudah mengantongi Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAB) dan Surat Keterangan Keimigrasian (SKIM) dari Kantor Imigrasi sebagai bukti formal bahwa yang bersangkutan telah 5 (lima) tahun berturut-turut tinggal di Indonesia. 4 . Waktu yang diperlukan dari pengajuan permohonan hingga penyerahan surat keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI kurang lebih 3 (tiga) bulan. yaitu : a.

2 Rumusan Masalah Berdasarkan uraian latar belakang di atas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: • Apa faktor-faktor yang menyebabkan WNA menjadi WNI melalui proses Naturalisasi ? 1.3 Batasan Masalah Dalam makalah ini. penulis membatasi permasalahan Naturalisasi bagi para pemain sepak bola.b. Karena telah berjasa bagi negara RI atau dengan alasan kepentingan negara (Pasal 20) Hal ini membuat penulis tertarik untuk mengetahui faktor apa sajakah yang menyebabkan WNA menjadi WNI. Pewarganegaraan atau naturalisasi (Pasal 8) Naturalisasi adalah pemerolehan kewarganegaraan bagi penduduk asing. pewarganegaraan yg diperoleh setelah memenuhi syarat sebagaimana yg ditetapkan dl peraturan perundang-undangan c. 1. 5 . hal menjadikan warga negara.

Di Indonesia. jika dengan memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia tidak menjadi berkewarganegaraan ganda. 6 . Permohonan naturalisasi dapat diajukan oleh pemohon jika memenuhi persyaratan sebagai berikut : 1. Proses ini harus terlebih dahulu memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan dalam peraturan kewarganegaraan negara yang bersangkutan. (Ensiklopedi Nasional Indonesia.1 Naturalisasi Naturalisasi adalah proses perubahan status dari penduduk asing menjadi warga negara suatu negara. mempunyai pekerjaan dan / atau penghasilan tetap. 7. Bekasi: Delta Pamungkas. ISBN 979-9327-00-8. masalah kewarganegaraan saat ini diatur dalam Undang-Undang No. 4. 5. 12 tahun 2006. Hukum naturalisasi di setiap negara berbeda-beda. 3. telah berusia 18 (delapan belas) tahun atau sudah kawin. 6. 2. dapat berbahasa Indonesia serta mengakui dasar negara Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara RI Tahun 1945. Hal 49). 2004. sehat jasmani dan rohani. sudah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat 5 (lima) tahun berturut-turut atau paling singkat 10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut.BAB II KONSEP 2. tidak pernah dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 1 (satu) tahun atau lebih.

Bagi WNA yang ingin berpindah kewarganegaraan harus mendapat surat rekomendasi yang menyatakan telah menetap paling singkat 5 (lima ) tahun berturut-turut atau10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut sebagai salah satu syarat mutlak. Berkas permohonan naturalisasi dapat disampaikan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di mana pemohon berdomisili. Contohnya adalah orang yang lahir di Belanda. 7 . Apabila PSSI akan menggunakan mekanisme naturalisasi bagi beberapa pesepakbola asing untuk mendapatkan kewarganegaraan Republik Indonesia guna dijadikan pemain timnas.Adapun mekanismenya adalah dengan mengajukan permohonan kepada Presiden RI melalui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.2 Warga Negara Asing Pengertian dari warga Negara asing adalah warga Negara lain yang lahir di negeri lain dan memiliki paspor lain selain di Indonesia. 2. Apabila pemohon tidak mengucapkan sumpah atau janji setia sesuai waktu yang telah ditentukan maka keputusan Presiden tersebut batal demi hukum. maka hal itu sulit diwujudkan karena para pesepakbola asing tersebut belum memenuhi salah satu ketentuan permohonan naturalisasi yaitu belum bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat 5 (lima) tahun berturut-turut atau paling singkat 10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut. asli Belanda dan memiliki Paspor UNI EROPA dll. Waktu yang diperlukan dari pengajuan permohonan hingga penyerahan surat keputusan Presiden RI kurang lebih 6 (enam) bulan. Keputusan Presiden mengenai pengabulan permohonan naturalisasi berlaku efektif terhitung sejak tanggal pemohon mengucapkan sumpah atau janji setia.

Kewarganegaraan Republik Indonesia diatur dalam UU No. Warga Negara Indonesia menurut Pasal 26 UUD 1945 adalah : Orang-orang bangsa Indonesia asli dan bangsa lain yang disahkan Undang-undang sebagai warga Negara. yakni peserta darisuatu persekutuan yang didirikan dengan kekuatan bersama. 2. anggota. Warga negara adalah orang yg tinggal di dalam sebuah negara dan mengakui semua peraturan yg terkandung di dalam negara tersebut. Untuk itu. Semua warga negara memiliki kepastian hak. Warga Negara secara umum ada Anggota suatu negara yang mempunyai keterikatan timbal balik dengan negaranya. setia orang yang sebelum berlakunya UU tersebut telah menjadi WNI. 4. Menurut UU ini. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari ayah dan ibu WNI. Istilah warga negara lebih sesuai dengan kedudukannya sebagaiorang merdeka dibandingkan dengan istilah hamba atau kawula negara karena warga negara mengandung arti peserta. Beberapa pengertian warga negara : 1. 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. 8 . 3.3 Warga Negara Indonesia Warga negara diartikan sebagai orang-orang yang menjadi bagian dari suatu penduduk yang menjadi unsur negara. privasi. orang yang menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) adalah: 1. dan tanggung jawab. 2. atau warga dari suatu negara.2. setiap warga negara mempunyai persamaan hak di hadapan hukum. Warga Negara adalah orang yang terkait dengan sistem hukum Negara dan mendapat perlindungan Negara.

anak yang lahir dalam tenggang waktu 300 hari setelah ayahnya meninggal dunia dari perkawinan yang sah. anak yang dilahirkan di luar wilayah Republik Indonesia dari ayah dan ibu WNI. anak dari seorang ayah atau ibu yang telah dikabulkan permohonan kewarganegaraannya. anak yang lahir di wilayah negara Republik Indonesia yang pada waktu lahir tidak jelas status kewarganegaraan ayah dan ibunya. 12. anak yang baru lahir yang ditemukan di wilayah megara Republik Indonesia selama ayah dan ibunya tidak diketahui. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ibu WNI dan ayah yang tidak memiliki kewarganegaraan atau hukum negara asal sang ayah tidak memberikan kewarganegaraan kepada anak tersebut. 9 . 7. anak yang lahir di luar perkawinan yang sah dari ibu WNA yang diakui oleh seorang ayah WNI sebagai anaknya dan pengakuan itu dilakukan sebelum anak tersebut berusia 18 tahun atau belum kawin. anak yang lahir di wilayah negara Republik Indonesia apabila ayah dan ibunya tidak memiliki kewarganegaraan atau tidak diketahui keberadaannya.3. 6. 10. anak yang lahir di luar perkawinan yang sah dari ibu WNI. kemudian ayah atau ibunya meninggal dunia sebelum mengucapkan sumpah atau menyatakan janji setia. 4. atau sebaliknya. 9. 5. 11. 8. dan ayahnya itu seorang WNI. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah WNI dan ibu warga negara asing (WNA). yang karena ketentuan dari negara tempat anak tersebut dilahirkan memberikan kewarganegaraan kepada anak yang bersangkutan.

baik warga asli negara tersebut atau pun warga asing dan negara tersebut memiliki ketentuan kepada siapa yang akan menjadi warga negaranya. belum berusia 18 tahun dan belum kawin. diakui secara sah oleh ayahnya yang berkewarganegaraan asing. anak yang belum berusia 18 tahun atau belum kawin. 2. anak WNI yang lahir di luar perkawinan yang sah. anak WNA yang belum berusia lima tahun yang diangkat anak secara sah menurut penetapan pengadilan sebagai anak oleh WNI. diakui pula sebagai WNI bagi: 1. yang ayah atau ibunya memperoleh kewarganegaraan Indonesia 2. Kewarganegaraan Indonesia juga diperoleh bagi seseorang yang termasuk dalam situasi sebagai berikut: 1. 4.Selain itu. warga negara adalah orang yang tinggal di suatu negara dengan keterkaitan hukum dan peraturan yang ada dalam negara tersebut serta diakui oleh negara. Jadi. Anak warga negara asing yang belum berusia lima tahun yang diangkat anak secara sah menurut penetapan pengadilan sebagai anak oleh warga negara Indonesia. 3. berada dan bertempat tinggal di wilayah Republik Indonesia. anak WNI yang belum berusia lima tahun. Anak yang belum berusia 18 tahun atau belum kawin. 10 . berada dan bertempat tinggal di wilayah RI. yang diangkat secara sah sebagai anak oleh WNA berdasarkan penetapan pengadilan. yang ayah atau ibunya memperoleh kewarganegaraan Indonesia.

BAB III FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN WARGA NEGARA ASING MENJADI WARGA NEGARA INDONESIA MELALUI PROSES NATURALISASI 3. Status kewarganegaraan menimbulkan hubungan timbal balik antara warga Negara dan negaranya.1.faktor Internal 3. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006 Menurut Undang-Undang Nomor 12 tahun 2006 dijelaskan bahwa Warga Negara merupakan salah satu unsur hakiki dan unsur pokok suatu Negara. Selanjutnya. Setiap warga Negara mempunyai hak dan kewajiban terhadap negaranya. Sejak Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.1 Faktor. ihwal kewarganegaraan diatur dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1946 tentang warga Negara dan penduduk Negara. Undang-Undang tersebut kemudian diubah dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1947 tentang perubahan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1946 dan diubah lagi dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1947 tentang Memperpanjang Waktu Lagi untuk Mengajukan Pernyataan Berhubung dengan Kewargaan Negara Indonesia. 11 . Sebaliknya. Negara mempunyai kewajiban memberikan perlindungan terhadap warga negaranya.1. ihwal kewarganegaraan terakhir diatur dengan Undang-Undang Nomor 62 Tahun 1958 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia sebagaimana telah diubah dengan UndangUndang Nomor 3 Tahun 1976 tentang Perubahan Pasal 18 Undang-Undang Nomor 62 Tahun 1958 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

perlu dibentuk undang-undang kewarganegaraan yang baru sebagai pelaksanaan Pasal 26 ayat (3). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 telah mengalami perubahan yang lebih menjamin perlindungan terhadap hak asasi manusia dan hak warga Negara. dan sosiologis sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan masyarakat dan ketatanegaraan Republik Indonesia. Undang-Undang tersebut masih mengandung ketentuan-ketentuan yang belum sejalan dengan filsafah Pancasila. yang menghendaki adanya persamaan perlakuan dan kedudukan warga Negara di hadapan hukum serta adanya kesetaran dan keadilan gender. Dalam perkembangannya. serta kurang memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak-anak.Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengamanatkan agar hal-hal mengenai warga Negara dan penduduk diatur dengan undang-undang. Secara filosofis. Secara yuridis. 12 . Berdasarkan pertimbangan tersebut diatas. Undang. kurang menjamin pemenuhan hak asasi dan persamaan antar warga Negara.Undang-Undang Nomor 62 Tahun 1958 tersebut secar filosofis. yuridis. antara lain. landasan konstitusional pembentukan Undang-Undang tersebut adalah Undang-Undang Dasar Sementara Tahun 1950 yang sudah tidak berlaku sejak Dekrit Presiden 5 Juli 1959 yang menyatakan kembali kepada Undang-Undang dasar 1945. Secara sosiologis. Undang-Undang tersebut sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat Indonesia sebagai bagian dari masyarakat internasional dalam pergaulan global. karena bersifat diskriminatif.

Undang ini memperhatikan asas-asas kewarganegaraan umum atau universal. Adapun asas-asas yang dianut dalam Undang-Undang ini sebagai berikut : 1. Asas kewarganegaraan tunggal adalah asas yang menetukan satu kewarganegaraan bagi setiap orang. 13 . Asas ius soli (law of the soil) secara terbatas adalah asas yang menetukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan Negara tempat kelahiran. Asas ius sanguinis (law of the blood) adalah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan keturunan. 2. Undang. Selain asas tersebut di atas.Untuk memenuhi tuntutan masyarakat dan melaksanakan amanat Undang-Undang Dasar sebagaimana tersebut diatas. 1. Kewarganegaraan yang diberikan kepada anak dalam Undang-Undang ini merupakan suatu pengecualian. 3. bukan berdasarkan Negara tempat kelahiran. beberapa asas khusus juga menjadi dasar penyusunan Undang-Undang tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. Undang-undang ini pada dasarnya tidak mengenal kewarganegaraan ganda (bipatride). ius soli. yang diberlakukan terbatas bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diaatur dalam Undang-Undang ini. Asas kepentingan nasional adalah asas yang menentukan bahwa peraturan kewarganegaraan mengutamakan kepentingan nasional Indonesia. Asas kewarganegaraan ganda terbatas adalah asas yang menentukan kewarganegaraan ganda bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang ini. yaitu asas ius sanguinis. 4. yang bertekad mempertahankan kedaulatannya sebagai negara kesatuan yang memiliki cita-cita dan tujuannya sendiri. dan campuran.

Pokok materi muatan yang diatur dalam Undang-Undang ini meliputi: a. Asas publisitas adalah asas yang menentukan bahwa seseorang yang memperoleh atau kehilangan Kewarganegaraan Republik Indonesia diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia agar masyarakat mengetahuinya. Asas persamaan di dalam hukum dan pemerintahan adalah asas yang menentukan bahwa setiap Warga Negara Indonesia mendapatkan perlakuan yang sama di dalam hukum dan pemerintahan. tetapi juga disertai substansi dan syarat-syarat permohonan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 4. 3. golongan. 8. 5.2. Asas nondiskriminatif adalah asas yang tidak membedakan perlakuan dalam segala hal ikhwal yang berhubungan dengan warga negara atas dasar suku. melindungi. Asas pengakuan dan penghormatan terhadap hak asasi manusia adalah asas yang dalam segala hal ikhwal yang berhubungan dengan warga negara harus menjamin. jenis kelamin dan gender. Siapa yang menjadi Warga Negara Indonesia. Asas keterbukaan adalah asas yang menentukan bahwa dalam segala hal ikhwal yang berhubungan dengan warga negara harus dilakukan secara terbuka. 7. 6. Asas kebenaran substantive adalah prosedur pewarganegaraan seseorang tidak hanya bersifat administrative. Asas perlindungan maksimum adalah asas yang menentukan bahwa pemerintah wajib memberikan perlindungan penuh kepada setiap warga Negara Indonesia dalam keadaan apapun baik di dalam maupun di luar negeri. agama. 14 . ras. dan memuliakan hak asasi manusia pada umumnya dan hak warga Negara pada khususnya.

3. adapun beberapa alasan diantaranya : 1.1. Keinginan Individu untuk menjadi Warga Negara Indonesia Salah satu penyebab mengapa Warga Negara Asing menjadi Warga Negara Indonesia adalah karena keinginan individu itu sendiri. Ketentuan pidana. Tergantung pada setiap individu itu sendiri.. Prestasi Orang Bersangkutan Mengacu pada ketentuan Pasal 20 Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006.. 3. c. e.2.1. d. 15 . dan setiap individu itu memiliki alasan yang berbeda-beda seperti contohnya karena kehidupan di Indonesia lebih baik dan lebih aman. Namun demikian. apabila kita menafsirkan Pasal 20 tersebut secara legal formal maka wacana tersebut tidak terpenuhi karena para pesepakbola asing yang akan diberikan kewarganegaraan Republik Indonesia belum menunjukan prestasi yang luar biasa dalam dunia persepakbolaan dan belum memberikan kemajuan dan keharuman nama bangsa Indonesia. Kehilangan Kewarganegaraan Republik Indonesia. kelihatannya PSSI ingin menggunakan kriteria pertama yaitu orang asing yang karena prestasinya yang luar biasa di bidang keolahragaan yang telah memberikan kemajuan dan keharuman nama bangsa Indonesia. 3. Syarat dan tata cara memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia.b. Syarat dan tata cara memperoleh kembali Kewarganegaraan Republik Indonesia.

KOMPAS.Naturalisasi pemain nampaknya tidak akan menjadi mimpi panjang bagi PSSI dan sejumlah pemain asing yang berniat membela tim nasional Indonesia. Pengungsi dari Negara lain. ilmu pengetahuan dan teknologi.2. Seperti dalam kutipan JAKARTA. 4.1 Kepentingan Bangsa Indonesia Orang asing yang diberi kewarganegaraan karena alasan kepentingan negara adalah orang asing yang dinilai oleh negara telah dan dapat memberikan sumbangan yang luar biasa untuk kepentingan memantapkan kedaulatan negara dan untuk meningkatkan kemajuan. 3.com .2. atau orang India).2. kebudayaan.2 Faktor-faktor Eksternal 3. Pasalnya di tengah rumit serta lamanya proses pewarganegaraan seseorang warga Negara Asing (WNA) ke warga Negara 16 . khususnya di bidang perekonomian Indonesia. Karena jatuh cinta dengan orang Indonesia dan menikah. Karena di Indonesia ada potensi besar untuk bisnis. 3.2 Jasa Besar Individu terhadap Negara Orang asing yang telah berjasa kepada negara Republik Indonesia adalah orang asing yang karena prestasinya yang luar biasa di bidang kemanusiaan. hal ini dimaksudkan bahwa warga Negara asing dengan paspor Indonesia memiliki fasilitas besar untuk bisnis berhasil (contohnya orang asli Cina yang ada di Indonesia. lingkungan hidup serta keolahragaan telah memberikan kemajuan dan keharuman nama bangsa Indonesia. 3.

Dalam undang-undang nomor 12 tahun 2006. Selama ini proses naturalisasi pemain asing sering terganjal dengan aturan harus menetap di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat 5 (lima ) tahun berturut-turut atau10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut. Surat tersebut kami yang bertugas menerbitkannya. Tapi mau bagaimana lagi memang prosedurnya seperti itu. 17 ." paparnya. "Bagi WNA yang ingin berpindah kewarganegaraan harus mendapat surat rekomendasi yang menyatakan telah menetap paling singkat 5 (lima ) tahun berturut-turut atau10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut sebagai salah satu syarat mutlak. Mas Agus Santoso di Jakarta. Rabu (21/7/2010). pasal 20 disebutkan "Orang asing yang telah berjasa kepada negara Republik Indonesia atau dengan alasan kepentingan negara dapat diberi Kewarganegaraan Republik Indonesia oleh Presiden setelah memperoleh pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia." kata Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Status Keimigrasian (Lalimpuskin) Jakarta Selatan. masih ada pasal 20 dalam Undang-undang kewarganegaraan tahun 2006 yang memungkinkan hal tersebut dapat terwujud. "Ini bisa menjadi angin segar bagi PSSI ditengah rentetan persyaratan dan birokrasi yang dinilai rumit." "Selama ini memang syarat ini (surat rekomendasi) menjadi halangan terbesar seseorang ingin pindah kewarganegaraan.Indonesia (WNI). kecuali dengan pemberian kewarganegaraan tersebut mengakibatkan yang bersangkutan berkewarganegaraan ganda.

Agus menjelaskan tidak ada perlakuan khusus." ujar Sekjen PSSI. Karena seperti peraturan FIFA. "Saat ini kami masih dalam tahap pendekatan agar mereka mau pindah kewarganegaraan dan bermain di timnas. Otoritas Spakbola nasional tertinggi di Indonesia ini masih bisa berharap kesediaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengabulkan permohonan perpindahan kewarganegaraan pemain yang akan naturalisasi dalam bentuk tertulis. untuk membela timnas suatu negara para pemain harus memiliki kewarganegaraan negara yang bersangkutan. PSSI sendiri saat ini masih dalam tahap merayu pemain asing keturunan Indonesia agar benar-benar mau tergerak untuk membela "timnas Merah Putih"." kata Agus. Sementara itu. 18 . Selain memanfaatkan undang nomor 12 tahun 2006. Nugraha Besoes. Akan tetapi. pasal 20. Mereka semua tetap harus mengikuti aturan yang ada walaupun memiliki darah keturunan Indonesia. "Tidak ada jalur pintas kecuali Presiden bersedia mengeluarkan kebijakan untuk menerima permohonan kewarganegaraan mereka dalam bentuk tertulis. PSSI tidak perlu resah.Berdasarkan pengalaman pewarganegaraan beberapa pemain sepakbola asing yang telah ditanganinya.

1 Simpulan Berdasarkan uraian pada pembahasan diatas. (3) Keinginan individu untuk menjadi Warga Negara Indonesia. (2) Jasa besar individu terhadap Negara.2 Saran Pemerintah supaya lebih selektif dalam memberikan kewarganegaraan Indonesia dengan mempertimbangkan dampak dan maknanya. (2) Prestasi orang bersangkutan. 4.BAB IV KONSEP 4. Faktor-faktor yang menyebabkan Warga Negara Asing menjadi Warga Negara Indonesia melalui proses Naturalisasi terdiri dari 2 faktor yaitu faktor internal berupa : (1) Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006. 19 . dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. sedangkan dari faktor eksternal berupa : (1) Kepentingan Bangsa Indonesia.

Jakarta: Balai Pustaka. http://fachmiulilmaulana.UU. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Team Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia.html http://www.blogspot. http://bola.Kewarganegaraan. 2004.wordpress. Penerbit Kesindo Utama Surabaya. Bekasi: Delta Pamungkas. 1996.Percepat.blogspot.html http://ibnuhasanhasibuan.com/bangsa-negara-penduduk-dan-warganegara/ http://ekookdamezs. Naturalisasi 20 .20.wordpress.com/2010/03/pengertian-bangsa-negara-warganegara_09.info/karya-ilmiah/37-karya-ilmiah-lainnya/167-menyoal-wacananaturalisasi-pemain-sepakbola-asing http://tunas63.Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2006.com/2009/10/13/syarat-menjadi-wni-warga-negara-indonesia/ Ensiklopedi Nasional Indonesia.com/2012/06/pengertian-warga-negara-menurut-uud. ISBN 979-9327-00-8.kompas.com/read/2010/07/21/23080256/Pasal.kumham-jogja. Hal 49.DAFTAR PUSTAKA Undang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->