P. 1
KLIPING TIKOM

KLIPING TIKOM

|Views: 3|Likes:

More info:

Published by: Dede Sachrin Smileways on May 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2014

pdf

text

original

OLEH

1. Wahyuni Jaya Putri 2. Havinda Vivi Akmala 3. Patakul Jannah 4. Halimah Tuk Sadiah 5. Leni Fitri S

Kelas VII E

SMP Negeri 3 OKU Tahun Ajaran 2012/2013

yang digunakan untuk menyimpan data atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara. Perintah dan data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk. MEMORI Memori adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh prosesor. informasi tersebut dapat berbentuk perintahperintah maupun data-data. Memori dibagi menjadi dua bagian. biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Random Access Memory (RAM) RAM adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan sementara. dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program. data-data dimasukkan melalui alat input komputer. . yaitu memori internal yang disebut dengan RAM (Random Access Memory) dan memori eksternal yang disebut ROM (Read Only Memory). a. 1. Satuan ukuran kemampuan sebuah memori menyimpan informasi disebut byte. perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan.Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.

b. 6) VGRAM (Video Graphic Random Access Memory). Komputer tidak dapat mengubah data dan perintah yang disimpan di ROM. 4) DDRAM (Double Data Rate Random Access Memory). Read Only Memory (ROM) ROM digunakan untuk menyimpan perintah dan data secara tetap.Jenis-jenis RAM antara lain : 1) SRAM (Static Random Access Memory). 3) SDRAM (Synchronous Random Access Memory). Perintah-perintah yang disimpan di ROM merupakan perintah-perintah tetap yang dibutuhkan oleh komputer. 2) EDORAM (Extended Data Out Dynamic Random Access Memory). 5) RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory). Jenis-jenis ROM sebagai berikut : 1) Mask ROM . komputer hanya dapat membaca data dan perintah yang terdapat di ROM. Sesuai dengan namanya.

MOTHERBOARD Motherboard atau sering disebut dengan mainboard. . dan LAN Card. Setiap perangkat memiliki slot tersendiri yang memungkinkan perangkat tersebut melekat di motherboard. merupakan perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat perangkat-perangkat lain. Sound Card. VGA Card. memori. seperti prosesor.2) PROM 3) EPROM 4) EAROM 5) EEPROM 6) Flash Memory 2.

. motherboard juga dilengkapi jalur-jalur koneksi yang memungkinkan perangkat-perangkat komputer berkomunikasi satu dengan yang lainnya.Selain dilengkapi dengan slot-slot.

kecepatan akses. Disket Disket atau sering disebut 3 ½ Floppy drive digunakan untuk menyimpan data sebagaimana halnya dengan harddisk. kemampuan menghapus dan menulis data. a. kelebihan.3. Kecepatan putaran harddisk menentukan kecepatan akses data ke harddisk. Perbedaannya. Dilihat dari kemampuan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. MEDIA PENYIMPAN Komputer mempunyai berbagai media penyimpanan tetap dengan berbagai sifat. Selain kapasitas harddisk. Kelebihannya. mobilitas. disket digunakan untuk menyimpan data dan memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain yang tidak . b. Masing-masing media penyimpanan tersebut akan kita bahas satu persatu.4 MB. hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan putarannya ketika membaca dan menuliskan data. dan kekurangannya. maka harddisk merupakan media penyimpanan yang paling murah. akses data ke harddisk adalah yang tercepat dibandingkan tempat penyimpanan yang lain. disket hanya mampu menyimpan data sampai 1. Harddisk digunakan dengan tujuan sebagai tempat penyimpan data yang digunakan untuk satu komputer ke komputer lain. maupun harga. Selain itu. Setiap komputer pasti mempunyai harddisk. Saat ini. Harddisk Harddisk merupakan media penyimpanan dengan kapasitas paling besar. Kelebihan dan kekurangan tersebut dilihat dari sisi kapasitas penyimpanan. harddisk dapat menyimpan data sampai 400 gigabyte dan akan terus bertambah dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi komputer. kecuali kita ingin membongkar perangkat yang terdapat di komputer.

kelemahan lain dari disket adalah akses data yang lambat. Selain itu. akses untuk membaca data yang terdapat di CD-ROM relatif lebih lambat. Selain kapasitas penyimpanan yang kecil. c. Flash Drive Karena kebutuhan akan penyimpanan data yang lebih besar dan juga dapat dipindah-pindahkan. d. disket rentan terhadap kerusakan yang menyebabkan file-file yang disimpan di dalamnya menjadi tidak dapat dibuka. bila dibandingkan dengan harddisk dan flash drive. Namun. Pada saat digunakan. flash drive juga banyak digunakan bersama-sama dengan mp3 player. disket dimasukkan ke perangkat keras komputer yang disebut dengan disk drive. Flash drive digunakan untuk menyimpan file lagu-lagu mp3 yang dimainkan oleh mp3 player sehingga kita dapat mendengarkan musik mp3 sambil tetap beraktivitas. .terhubung dalam satu jaringan. fungsi disket saat ini banyak digantikan oleh flash drive. CD-ROM CD-ROM (Compact Disc-Read Only Memory) dapat menyimpan data cukup besar sampai dengan 700 megabyte. Disk drive tersebut dilengkapi alat yang dapat membaca dan menulis informasi ke disket. Selain digunakan untuk menyimpan dan memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain.

Untuk menulis data ke CD-ROM. e. komputer kita harus dilengkapi dengan CD-ROM drive atau DVD Drive. Kita dapat menghapus data yang terdapat di CD-RW dan kemudian mengisinya dengan data yang lain. hanya beberapa ribu saja per kepingnya. . Data yang terdapat di CD-R juga tidak dapat dihapus. Menghapus dan menulis data dari dan ke CD-RW dilakukan dengan CD Writer. Perbedaannya dengan CD-ROM. Menulis CD-ROM dengan CD Writer hanya dapat dilakukan apabila CD-ROM yang kita gunakan masih kosong. Untuk menulis data ke CD-R. CD-R CD-R (Compact Disk Recordable) dapat menyimpan data cukup besar sampai dengan 700 megabyte. kita dapat menuliskan data sampai beberapa kali asalkan kapasitas penyimpanan di CD-R belum penuh. f. CD-ROM hanya dapat digunakan sekali saja. kita memerlukan perangkat keras yang disebut dengan CD Writer. CD-RW CD-RW (Compact Disk ReWriteable) merupakan versi lain dari CD-ROM yang dilengkapi kemampuan untuk dibaca dan ditulis. Kita hanya dapat membaca data dari CD-ROM dan tidak dapat menulis maupun menghapus. kita memerlukan perangkat keras yang disebut dengan CD-Writer.CD-ROM mempunyai harga yang sangat murah. Agar dapat membaca CD-ROM.

juga mampu membaca DVD-RAM. Karena kualitas penyimpanan yang sangat baik. DVD mempunyai kualitas penyimpanan yang sangat baik. DVD DVD (Digital Versatile Disc) mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar bila dibandingkan dengan CD-ROM yang ukurannya sama besar. Karena kemampuan DVD-RW yang dapat ditulis dan dihapus. Oleh karena itu. . DVD tidak dapat dibaca di CD-ROM drive. dan juga DVD-RAM. juga mampu untuk menulis pada semua jenis kepingan. DVD biasa digunakan untuk menyimpan film. DVD kosong. komputer kita harus dilengkapi dengan DVD drive. DVD-RW DVD-RW (Digital Versatile Disc-ReWriteable) merupakan drive terlengkap yang ada di pasaran sekarang. Berbeda dengan DVD yang hanya dapat dibaca. selain mampu membaca semua jenis CD dan DVD. maka harga sebuah DVD-RW jauh lebih mahal dibandingkan dengan DVD. baik CD kosong. maka DVD-RW dapat ditulis dan dihapus. bila kita ingin komputer kita dapat memutar DVD. h.g.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->