Kaya Dengan Sedekah Mau…Mau… Mau…???

Aku dan istriku memang lagi gemar-gemarnya lihat acara Nikmatnya Sedekah yang ditayangkan di TPI setiap selasa dan rabu pagi jam 04.30 WIB di TPI. Biasanya dibawakan langsung oleh ustadz Yusuf Mansur, namun kadang-kadang ustadz Yusuf Mansur digantikan oleh ustadz lainnya. Mungkin karena kesibukan beliau kali yaaa ? Ustad Yusuf Mansur sering mengatakan bahwa kalau anda ingin kaya maka bersedekahlah! Perbanyaklah sedekah maka anda akan semakin cepat kaya. Seberapa cepat anda melakukan sedekah..dan seberapa banyak otomatis akan mempercepat kekayaan yang ingin anda capai. Wah gimana tuh, mau kaya kok disuruh sedekah…..??? kayaknya nggak logis ya? Eit tunggu dulu…..! Memang kalau kita lihat sekilas hal itu nggak bisa masuk nalar. Dan memang keajaiban sedekah itu selalu diluar nalar manusia, di luar batas logika. Coba anda baca ayat yang mengatakan bahwa Tuhan akan memberikan rezeki yang datangnya tidak disangka-sangka kepada hamba Nya yang dikehendaki. Nah...cocok kan dengan sedekah. Kalau selama ini kita hanya sendirian dalam arti tanpa melibatkan Tuhan atau kalaupun melibatkan hanya sedikit...? cobalah anda mulai sekarang untuk selalu melibatkan Tuhan dengan jalan memperbaiki diri dan selalu melakukan sedekah. Insya Allah Tuhan akan memberikan jalan yang tidak disangka-sangka kepada anda. Kita sering berpikiran bahwa satu-satunya jalan untuk mendapatkan rezeki adalah dengan bekerja dan menabung. Kadang berhutang untuk menambah modal kerja. Tetapi kalau ustadz Yusuf Mansur menyarankan, cobalah untuk meningkatkan kekayaan dengan sedekah. Bagaimana caranya? Taruhlah anda ingin memperoleh kekayaan sebesar 1 Milyar Rupiah. Anda bisa melakukan sedekah sebanyak 10 % dari total kekayaan yang ingin anda peroleh tersebut. Yaitu 100 Juta...Waaah ??? Kok besar sekali ya? Apakah itu dikeluarkan sekaligus atau bertahap ? Ya terserah anda. Semakin cepat sedekah anda mencapai nominal 100 juta, maka akan semakin cepat kekayaan anda akan mencapai 1 Milyar. Itu menurut ustadz Yusuf Mansur lho. Terus kemana aja anda harus bersedekah? Anda bisa melakukan sedekah ke beberapa tempat ataupun orang yang membutuhkan disekitar anda. Bisa ke rumah-rumah yatim, orang miskin, ataupun ke tempat-tempat pendidikan anak yang kurang mampu, tempat ibadah atau bahkan bisa bersedekah ke kerabat dekat yang tidak mampu. Semua itu terus anda lakukan dengan senang hati sampai mencapai nominal yang anda targetkan. Bahkan ustadz Yusuf Mansur pernah bercerita ada seorang yang mempunyai hutang 4 Milyar. Kemudian dia meminta nasehat kepada ustad Yusuf Mansur bagaimana cara melunasinya. Akhirnya orang tersebut di minta untuk bersedekah minimal 10 % syukur bisa

lebih. Orang ini merasa dirinya bukanlah orang yang begitu sholeh dan tawadhu makanya dia memutuskan untuk bersedekah 10 % lebih yaitu sekitar 450 jutaan. Tanpa disangkasangka setelah berjalannya waktu selalu saja ada jalan yang memudahkan dia untuk mencapai rezeki. Dan akhirnya hutangnya yang 4 M itu pun bisa lunas dalam waktu 1 tahun. Apakah sedekah hanya untuk mencapai kekayaan? Tidak....! Sedekah bisa anda gunakan untuk berbagai keperluan anda. Misalnya untuk kesehatan anda, untuk kebaikan anak dan istri anda atau bahkan untuk kebaikan seluruh kerabat anda. Asal anda melakukannya dengan senang hati dan ikhlash insya Allah sedekah akan memudahkan hidup anda. Selamat melakukan sedekah ! Semoga anda menjadi ahli sedekah yang dikasihi oleh Tuhan dan dicintai oleh manusia. Berapa target sedekah anda sekarang...?

MATEMATIKA SEDEKAH

Di usianya yang tergolong muda, kelahiran 19 Desember 1976, jadi usianya baru 30-an tahun pada 2007 ini, sosok ustadz ini memang layak untuk dipanggil ustadz atau Guru dalam ilmu Islam. Ya, inilah ustadz Yusuf Mansur, masih muda usia, tetapi "pamor" dirinya sudah menasional, bahkan mungkin sudah "go international". Saya memang baru mengenal dia, pada saat ikut ke dalam kelompok atau majelis taklim binaannya. Dan, di Surabaya katanya baru pertama kali digelar majelis taklim binaannya ini. Dan, beruntung saya bisa ikut hadir di sana. Pada saat itu, ustadz Yusuf Mansur memberikan uraian menarik mengenai "Shodaqoh" atau "Sedekah". Meskipun saya sudah tahu mengenai Keagungan Al-Qur'an, yang memberikan gambaran kepada kita, bahwa dengan sedekah ini, kita bisa memperoleh ampunan Allah, menghapus dosa, dan menutup kesalahan serta keburukan. Sedekah bisa mendatangkan ridha Allah, juga bisa mendatangkan kasih sayang dan bantuan Allah. Tetapi, dengan penjelasan sederhana tentang potensi kekuatan sedekah oleh ustadz Yusuf Mansur ini, benar-benar semakin membuka "matahati" saya, dan selama ini ternyata saya telah rugi besar, berkaitan dengan sedekah ini.

. inilah yang luar biasa prima itu.. Matematika sedekah ini. Dia memberikan ilustrasinya sebagai berikut: 10 . dimana Allah menjanjikan balasan 10 x lipat bagi mereka yang mau berbuat baik.nanti terlalu wah.2 = 28 10 . Dengan tetap bergaya selayaknya "anak muda". tidak usah berhitung yang 700 x lipat. yang disebutnya sebagai MATEMATIKA DASAR SEDEKAH. ini menggunakan dasar.Ustadz Yusuf Mansur memberikan ilustrasi yang sangat mudah dan "gamblang". Nah. "Aku adalah sebagaimana yang diprasangkakan hamba-Ku kepada- . Oleh karena itu. Ayat: 261. Semakin banyak bersedekah. maka ustadz ini menunjukkan sekaligus mengingatkan ke setiap orang yang hadir. sungguh sangat berbeda dengan ilmu matematika yang dulu pernah kita pelajari di sekolah. Dan. saya merasa rugi besar jika saya hanya mengeluarkan sedekah dengan jumlah minimal.1 = 19 . sungguh menarik bukan? Lihatlah hasil akhirnya.3 = 37 10 ... selalulah berpikir positif kepada Allah. bahwa Allah sendiri telah menjanjikan . Kita tinggal mengalikan dengan angka 10. Bukankah Allah berfirman..10 = 100 Nah. Allah menjanjikan balasan sampai 700 x lipat. Tinggal kita yang mau membuka mata. dengan berpedoman pada Al-Qur'an tersebut.4 = 46 10 ...benar-benar berbeda... yaitu 10 x lipat. balasan 10 x lipat dari Allah itu adalah balasan minimal.5 = 55 10 . jika manusia mau bersedekah. Dan.6 = 64 10 . maka akan ketemu ilustrasi seperti berikut ini: 10 . ini ilmu matematika yang biasa kita terima di sekolah dulu. kita pakai balasan dari Allah yang minimal saja sebagai acuan berhitung. bagaimana sebenarnya sistem sedekah ini bekerja. bahwa pengembalian dari Allah itu bentuknya apa? Bukalah "matahati" kita. maka pasti semakin banyak penggantiannya dari Allah SWT. Ingatlah. Ayat: 160.9 = 91 10 . Sehingga kalau dilanjutkan.1 = 9 .7 = 73 10 . Bahkan di dalam Al-Qur'an Surat: 2. Menurut ustadz muda ini.. berapa pun yang kita sedekahkan atau kita berikan dengan ikhlas kepada orang lain yang membutuhkan bantuan kita.8 = 82 10 . Ini sungguh luar biasa prima. yaitu tertulis di dalam Al-Qur'an Surat: 6. maka kita bisa membuat "hitung-hitungan" matematika. ini ada dasar hukumnya. bahwa Allah membalas 10 x lipat pemberian kita. Tetapi ilmu Matematika Sedekah adalah sebagai berikut: 10 . maka Allah pasti akan menggantinya dengan jumlah minimal 10 (sepuluh) kali lipat.

. Review Nikmatnya Sedekah Bersama Ustad Yusuf Mansur di TPI Hari ini ustadz Yusuf Mansur memberikan nasehat tentang bagaimana sebaiknya kita dalam mengejar cita-cita. ketiga kali dan keempat kali sambil tetap rajin sholat dhuha. Pada awalnya dia sedekah ke panti asuhan dan anak yatim sebagian dari hartanya. Subhanalloh. Akhirnya pengusaha ini bisa mendirikan sebuah pondok pesantren yang mempunyai santri sebanyak 500 orang. Allah pasti membalas kebaikkan kita dengan balasan yang PAS.. Dan semua biaya ditanggung oleh si pengusaha. Saya yakin suatu saat Alloh akan mengabulkannya. Akhirnya memang sampai sekarang pondok pesantren tersebut bisa mandiri. Akhirnya pengusaha ini berintrospeksi diri. Demikianlah Alloh sejatinya Maha Mendengar doa hamba Nya namun biasanya dikabulkan pada saaat yang benar-benar tepat.dan melakukan sedekah lagi sampai yang kedua kali. insya Alloh cita-cita kita akan lebih cepat tercapai Seperti kisah seorang pengusaha dari Tasik ini. Ustadz Yusuf mansur menceritakan. Seolah-olah menjawab sedekahnya yang pertama…kedua…ketiga…dan keempat. Kemudian dia tetap bersabar.sedekah. Kemudian dia terpikir untuk melakukan sedekah sedikit demi sedikit. Di dalam sedekah. Ternyata tidak seberapa lama omzet penjualannya meningkat secara tajam. Karena dengan sedekah…Alloh . Seperti misalnya bila kita ingin punya mobil baru ya sedekahkan mobil lama padahal itu satu-satunya mobil yang kita punyai. selalulah berprasangka baik kepada Allah. Pada awal usahanya pegusaha ini menganggap bahwa yang penting dalam berusaha itu adalah membayar gaji karyawan dan kerjakan dengan sebaik-baiknya dan selesai. Memang teori sedekah yang disampaikan ustadz Yusuf Mansur kelihatannya agak ekstrim. Oleh karena itu. atau keinginan yang lainnya biasanya kita hanya mengandalkan diri sendiri dan melakukannya sendiri. maka Allah akan dengan serta merta menunjukkan Ke Maha Kebaikan Nya kepada kita. Ustadz yusuf Mansur menyarankan sebaiknya bila kita mempunyai keinginan cobalah untuk bermitra dengan Alloh swt Yang Maha Menciptakan segala sesuatu. kira-kira apa yang salah dalam usahanya. Akhirnya setelah sedekah yang keempat tiba-tiba saja si orang tersebut mendapatkan rejeki yang berlipat-lipat. Dia ingin bila pondok pesantren itu bisa mandiri dan tidak meminta-minta di jalan-jalan. Atau bila kita ingin punya rumah lebih baik maka rumah kita sebelumnya kita sedekahkan. Sejak saat itu si pengusaha ini semakin rajin sedekah. Kebanyakan dari kita kalau mempunyai keinginan entah itu ingin usaha. kadang seseorang sudah sedekah pertama kali sudah tahajud sudah dhuha namun belum juga terkabul.Ku". atau ingin punya rumah. Jika anda sudah melakukan sedekah dengan ikhlash dan belum memperoleh apa yang anda inginkan maka bersabarlah dan teruslah melakukan sedekah dan beribadah kepada Nya. Selesaikanlah setiap permasalahan yang anda hadapi dengan sedekah. Begitu seterusnya……Tapi melihat banyaknya orang yang telah berhasil dalam melakukan sedekah patut kita jadikan tauladan. dan sedekah. adakalanya memang tidak langsung dikabulkan keinginannya. Diantara hambatan dan cobaan itu adalah dia pernah ditinggal oleh seluruh karyawannya padahal pekerjaannya belum selesai. Sungguh …si pengusaha ini merasa betapa Alloh memudahkan jalan bagi hambanya yang sedekah dan meminta bantuan kepada Nya.. yang setimpal dengan amal perbuatan kita. Yang Maha Mengabulkan semua do’a. Namun dengan berjalannya waktu si pengusaha ini mengalami banyak sekali hambatan dan cobaan.

DAR! Mizan. Tetaplah rajin sedekah terutama kepada mereka yang tidak mampu disekitar kita. dan Wisata Hati.'' tegas ustadz Yusuf Mansur saat memberikan ceramah tentang Financial Healing: Jawaban Bagi 1001 Masalah dan Keinginan yang diadakan oleh PT Telkom Bandung. Wajar kemudian bila kekayaan begitu banyak menggoda manusia. Sebagai contoh mungkin anda sedang sakit yang sangat parah dan oleh dokter dinyatakan susah untuk sembuh. Seperti kisah seorang penderita leukemia di artikel sebelumnya. menjadi kaya adalah sebuah keinginan yang wajar-wajar saja.akan melipat gandakan nya menjadi 10 kali sampai 700 kali lipat. Masih ingat kan dengan teori matematika sedekah di artikel sebelumnya?. Selasa (31/5). tidak sedikit manusia yang mengorbankan sisi kemanusiaannya dan mengabaikan keberadaan Tuhannya dalam kerangka pencarian dunia.asal bisa tetap bersyukur lagi saleh. Apalagi bila memiskinkan orang lain. jabatan dan lain sebagainya. Panti asuhan ataupun pondok pesantren. ''Dan untuk mengiringi langkah pencarian kekayaan itulah manusia perlu diingatkan. dan diberikan pengarahan yang jelas. Kekayaan juga berarti kesempatan untuk menjadikan standar hidup menjadi lebih baik. Tujuannya. Itu sebabnya. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini bagi Alloh. sebagaimana keinginan untuk menjadi orang yang sukses baik secara pendidikan. bagaimana bisa menjadi kaya tanpa harus memiskinkan hati. Sebelumnya. Dan ditemukan kemudian. tidak ada larangan menjadi kaya . kekayaan juga bisa dalam sekejap berubah menjadi neraka dunia! Bagaimana cara menghindari hal tersebut ? Menurut Pimpinan Wisata Hati. Masih Mengenai Keajaiban Sedekah Bersama Ustadz Yusuf Mansur Artikel ini mengisahkan tentang keutamaan sedekah agar menjadi kaya dan bahagia. Acara yang dihadiri oleh ratusan Pegawai Telkom Bandung itu merupakan kerja bareng Telkom Bandung. bahwa kekayaan terkait dengan masalah posisi. saat berceramah di Masjid Raya Batam Centre. di Bandung. ustadz Yusuf Mansur mengupas tema ''Fenomena Keajaiban Sedekah (Membangun Usaha dengan Spiritual). Saya peroleh dari sebuah milis sebagai berikut : Meraih Kesejahteraan Finansial dengan Pendekatan Spiritual Kekayaan masih menjadi pesona bagi sebagian besar manusia. Batam. status sosial dan kehormatan. Anda bisa menerapkan teori sedekah ini. Belum lagi kenyataan yang ''dikondisikan'' oleh manusia itu sendiri.'' tegas ustadz Yusuf Mansur. Ustadz Yusuf Mansur. Namun apabila Alloh akan merendahkan derajat manusia maka dalam sekejab pula manusia akan mengalami kehinaan. Sebab kekayaan membawa kepada pintu segala kesenangan dan kebahagiaan. Acara tersebut diadakan oleh Majelis Taklim Humairah Kota Batam. Fakir miskin dan anak-anak terlantar. . Karena banyak kasus tentang keajaiban sedekah yang ternyata bisa menyembuhkan segala penyakit. ''Toh biar bagaimanapun. Insya Alloh dengan sedekah yang anda lakukan membuat semua keinginan anda semakin cepat tercapai. Senin (30/5).harus malah . Bila Alloh akan meningkatkan derajat orangmaka Kun Fayakun orang itu dalam sekejab akan menjadi orang mulia dan sukses. Cobalah anda berkunjung ke panti asuhan ataupun pondok pesantren terdekat dan bersedekahlah serta mitakan doa agar anda menjadi sembuh dan mendapat ridho Alloh swt.

Pokoknya Mubalighun depresi berat dan bahkan berniat bunuh diri malam itu juga. istri H. menyogok. ''Meskipun terdengar sederhana. istri tak jadi menuntut cerai. Malam itu juga ia sedekahkan uang tersebut kepada fakir miskin. kata dia. Ada juga kisah seorang tukang bubur yang mengorbankan uangnya untuk biaya pengobatan orang tuanya. membenarkan fenomena keajaiban sedekah. dia merasa dunia akan kiamat baginya. ''Banyak kejadian yang membuktikan itu. Hasyimah. namun apa yang didapatnya? Sejak itu ada saja uangnya keluar untuk berbagai keperluan. Sekarang. Keesokan harinya dia mendapatkan rezeki besar yang tak disangka-sangka. setiap insan perlu mempelajari ilmu sedekah. Biasanya dalam dunia bisnis.5 persen disedekahkan di muka. jangan dari manusia. kan? Inilah contoh implementasi membangun usaha dengan spiritual. Ny. Nyat Kadir. saya yakin keadaannya tak akan seburuk itu. gelontorkanlah uang dari kocek anda sejumlah dua setengah juta rupiah untuk sedekah. sehingga rumah tetap dimiliki. Penulis seri buku Wisata Hati itu mengaku yakin benar bahwa bersedekah adalah kunci utama untuk menjadi kaya dan sukses.'' tandas Ny Hasyimah. ''Sekarang gantilah sogokan Anda dengan membiayai seribu anak yatim piatu dan anak jalanan. Misalnya. istilahnya kita menyogok-Nya. Saat berceramah di rumah Soerya Respationo. susah menjadi senang. Apa yang terjadi? ''Begitu angka tabungannya di sebuah bank mencapai lima juta rupiah. Insya Allah. Dia lalu mencontohkan tentang seorang pengusaha sedang mengincar sebuah proyek. maka sebelum memperoleh keuntungan itu. Yusuf Mansur menuturkan beberapa kisah ajaib bersedekah. masalah mendapat solusi.'' kata Yusuf Mansur. Tidak besar. Ny Rekavenny Soerya juga bercerita banyak mengenai keajaiban-keajaiban sedekah. salah satu calon wakil gubernur Batam (mendampingi calon gubernur H. terlebih setelah mendengarkan berbagai ceramah. karena pada keesokan harinya rumahnya akan disita. Nyat Kadir).'' tuturnya. dan anak sulungnya akan dikeluarkan dari sekolah akibat terlalu lama menunggak bayaran.yang dipimpin oleh Ny Rekaveny Soerya. dan anak sulungnya bisa tetap bersekolah. Karena selalu berhutang dan dikejar debt collector. ''Andai saja saya jadi menyumbang sejuta.'' paparnya.'' tuturnya. Kalau kita boleh bergurau sama Allah. maka berharaplah dari-Nya. sedekah mampu membangun usaha dengan jiwa spiritual. miskin menjadi kaya. Dari perjalanannya ke berbagai daerah. Walaupun terdengar tak lazim tapi sedekah mampu membersihkan harta yang kita miliki dan mampu menggolkan proyek yang kita incar. dan dihadiri oleh ribuan jamaah yang datang dari Batam dan sekitarnya. Jumlahnya sampai berlipat. ''Misalnya anda akan memperoleh seratus juta. maka langsung saja 2. istrinya menunggu di Pengadilan Agama. ustadz muda kelahiran Jakarta tahun 1976 itu banyak menemukan fenomena keajaiban sedekah. ia mendapat hadiah sebuah mobil Mercy. orang suka main sikut sana-sikut sini. ' 'Pengalaman hidup kami membuktikan . kata dia. Pada suatu malam. Karena Allah yang memiliki dunia dan seisinya.'' ujarnya. Suatu hari dalam sebuah acara ia ingin menyumbang sejuta rupiah. Senin (30/5) malam. kisah seorang lelaki bernama Mubalighun yang ditimpa masalah berat. atau memakai uang pelicin. Akhirnya ia hanya menyumbang 500 ribu. Entah kenapa rasanya berat sekali mengeluarkan uang itu. Karena itu. Dengan sedekah utang menjadi lunas. ''Syukurlah dia sadar. istrinya tidak tahan dan minta cerai. dan teringat uang simpanannya sebesar Rp 300 ribu. Insya Allah proyek itu gol. bayangkanlah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika berhasil dalam suatu hal.'' ujarnya penuh semangat.

6 Juni 2005 Inilah Berbagai Hal Tentang Keajaiban Sedekah (seri testimonial) Kekuatan sedekah memang sudah tidak diragukan lagi. setelah perjalananannya yang panjang dan berliku. secara tiba-tiba saya mendapat rejeki dari yang tidak diduga-duga bahkan jumlahnya berlipat-lipat melalui usaha riasan pengantin saya. Seorang perempuan Muallaf yang mencintai sedekah dan senantiasa mengajak orang bersedekah. Mereka datang hujan-hujan dan bersepeda. saya memberikan uang kuliah saya itu untuk melunasi semua bayaran sekolah anak tersebut. spontan saya langsung ingin membantu mereka dengan memberikan bantuan makanan dan air minum. Setelah itu saya berdoa pada Allah semoga Allah memberi jalan keluar untuk saya atas kesulitan saya dalam membayar uang kuliah. pekerjaan pun ia dapatkan. termasuk ketika kawannya kepengen punya pekerjaan. seraya selalu berdoa memohon ampun atas dosa-dosa besar yang saya lakukan dan memohon petunjuk. Anak muda ini berhutang 4 milyar rupiah. lalu saya berhenti di suatu daerah yang lagi tertimpa bencana banjir. setelah bertemu Yusuf Mansur. sebentar lagi anaknya mau ujian. Sumber : Republika. Semoga bermanfaat.00 WIB yang lalu. Saya sendiri juga sedang ditagih bayaran kuliah. Allahu Akbar. Beruntung Allah mempertemukan dengan kekuatan sedekah dan bangun malam.? Suatu hari saya pergi nggak tau mau kemana. memang tidak seberapa . tiba-tiba ada yang mau menyewa jasa riasan pengantin kepada saya. khususnya sedekah..hati dan otak saya penuh dengan rasa takut yang amat sangat terhadap azab Allah. Testimonial ini saya dapatkan dari milisnya ustadz Yusuf mansur. Saya melihat tubuh anak dan ibu itu menggigil kedinginan. (Pengirim : ust_yusuf_mansur) Sedekah Dalam Derasnya Hujan Suatu hari saya didatangi seorang ibu tua bersama anaknya yang masih duduk di kelas 2 SMP. YA. Selang beberapa hari dari kejadian itu. merupakan kunci untuk meraih kesejahteraan finansial. Allah tunjukan kepada Aji. (Pengirim : -) Sedekah Menentramkan Hati Saya seorang pendosa dan saya dikejar-kejar oleh dosa itu. Yohana memintanya menjadi donatur pondok.. yang ditayangkan di TPI. tapi belum bayar uang sekolah dan uang ujian. selalu membayangi diri disetiap waktu. ia bisa menyelesaikan hutangnya.bahwa pendekatan spiritual. dia bilang uang itu untuk membayar tunggakan sekolah anaknya. Saksikan kisahnya diacara KEAJAIBAN SEDEKAH. sehingga membuat saya stress berat.ALLAH saya harus bagaimana. saya sendiri sebenarnya saat itu hanya pegang uang yang hanya pas untuk membayar kuliah. Senin. namun saya selalu berusaha untuk mendekatkan diri pada Allah. dan hidup dalam suasana serba kesulitan.. Kekuatan Sedekah dan Bangun Malam Kebesaran dan kekuasaan Allah. Kisah Yohana. Ibu itu hendak menjual sepasang gaun muslim miliknya pada saya. Dengan membaca bismillah dan yakin akan kebesaran Allah. 25 FEBUARI 2007 Pukul 13. Saksikan pula kisah yang lain. Berbagai testimonial berikut mungkin bisa menggambarkan betapa dengan sedekah banyak mambantu menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi bahkan bisa melebihi harapan. Aji menyedekahkan barang sisa yang ia miliki. pikiran saya kosong.'' papar Ny Rekavenny. Rasa penyesalan ini tak pernah hilang dalam hati. Subhanallah.

Akhirnya saya di suruh konfirmasi ke loket pembayaran di bank yang ada di kampus. Akan tetapi. Ketika saya mengisi KRS online ternyata bisa. Pada mulanya dulu saya kurang begitu paham tentang keajaiban sedekah. Uang tersebut sampai saat ini masih saya simpan kalau sewaktu-waktu ada yang menghubungi saya. malam itu tidak terjadi apapun di rumah saya. salah satu bapak-bapak yg ada disana mengatakan. (Pengirim : Yuka) Belum Bayar SPP Tapi Terdaftar Sudah Bayar Saya seorang mahasiswa Perguruan Tinggi swasta di Solo. Saya beristighfar dan bersyukur kepada Allah karena dalam ingatan saya.W. bahwa saya akan diampuni jika pertaubatan saya sunguh-sungguh. (Pengirim : -) Keikhlasan Bersedekah Nama saya Fajar dari Pemalang. tetapi setelah mendengarkan ceramah dari Ustadz Yusuf Mansyur saya mulai melakukan sedekah dengan mengisi kotak amal yang ada di warung-warung makan setiap kali makan.T yang tahu. tetapi pada saat melakukan pembayaran dari pihak teller bank mengatakan kepada saya bahwa saya telah membayar. Tak seorangpun di rumah yang menyadari hingga pagi hari saat azan subuh berkumandang.yang saya beri. Namun karena lelah saya tertidur hingga pagi. Hanya Allah S. alhamdulillah. Anehnya padahal saya belum membayar uang SPP dan saya pun tidak mempunyai kwitansi pembayaran. kwitansi pembayaran digunakan sebagai syarat untuk mengisi KRS secara online. Menurut pengalaman yang sama. sehingga saya dapat langsung menerima hasil cetakan KRS. saya bingung karena orang tua belum ada uang sehingga orang tua saya terpaksa menggadaikan motor untuk membayar uang SPP saya. 'DI BANTU DOA YA MAS' seketika itu saya meneteskan air mata dan berlalu pergi. sehingga saya memberikan nomer HP saya kepada pihak teller bank agar nanti kalau ada mahasiswa yang komplain biar menghubungi saya. memberi uang kepada pengemis dan kalau ada kesempatan untuk bersedekah saya berusaha untuk bersedekah jika mempunyai uang. Setelah itu hal yang luar biasa terjadi pada saya. Saya ingin berbagi cerita tentang keajaiban sedekah. (Pengirim : kisworo) Terhindar Kebakaran Karena Sedekah Malam itu saya memasak air dengan teko listrik pemasak untuk mandi air hangat. teko itu tentu sempat meledak dan dapat menimbulkan kebakaran. semakin mantab hati ini. saya bangun dan tersentak kaget karena kabel teko pemasak air masih terhubung ke stop kontak. menyumbang pembangunan masjid meski sedikit. siang harinya saya baru saja menyedekahkan sebagian uang saku saya untuk pengembangan pendidikan anak-anak pemulung di bekasi. Setelah menerima uang pemberian orang tua. saya berangsur-ansur menjadi lebih tenang. sedekah menghindarkan rumah saya dari kebakaran. saya dapati elemen pemanas sudah gosong dan air di dalamnya sudah menguap habis. tetapi siapa? Apa mungkin ini merupakan salah satu keajaiban sedekah. saya melakukan pembayaran di Bank. Pada saat melakukan pembayaran uang SPP. Saya beranggapan bahwa mungkin dari pihak bank melakukan kesalahan pada waktu memasukkan nama atau mungkin ada yang membayarkan SPP saya. Saya mau cerita tentang teman saya yang bernama Haqqi suatu pagi dia sedang menyapu dihalaman rumahnya 2 hari yang lalu saya pernah cerita kepada teman-teman di sekolah yang intinya saya melihat cerita yang telah ditayangkan . Setelah melakukan konfirmasi di bank kampus juga sama bahwa saya sudah membayar. Namun sambutan yang saya terima luar biasa. lebih yakin atas ampunanan ALLAH dan semenjak itu ALLAH selalu memberikan petunjuk pada saya. Semoga cerita ini dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

tanpa saya sadari agent saya bilang kalau majikan saya udah membelikan tiket untuk saya bukan hanya itu ketika saya mau pulang majikan saya memberi gaji satu bulan gaji $3320 langsung saja saya kaget bercampur seneng ternyata uang yang saya sumbang kan diganti berpuluhh lipat sama ALLAH. padahal banyak sekali orang yang percaya kepada saya. Yusuf Mansur tentang keajaiban sedekah.. Saya mencoba pinjam uang ke teman baik saya tapi tak seorang pun membantu. Selang beberapa hari tiba waktunya saya harus meningglkan hk. Tapi ketika teman saya mengirim sms kepada saya untuk menyumbang saat itu saya baru ngeh ternyata gempanya begitu dasyat kemudian dengan keberanian diri saya minta pada majikan untuk libur dengan catatan saya harus membayar uang libur itu sebesar $110. padahal saat itu saya tidak pernah sholat karena disana orang hk takut solat. artinya saya terlilit hutang hingga ratusan juta yang menurut saya sudah tidak mungkin lagi untuk membayarnya. uang dah pas-pasan ditambah harus bayar denda libur. apalagi dalam urusan usaha. Tepat jam 7 teman saya berangkat ke DINAS PERTANIAN dengan semangat ternyata sesampai di sana teman saya disuruh tanda tangan sambil di sodori amplop berisikan Rp 150. Pagi itu ada 3 orang tua yang menghampirinya lalu mengulurkan tangannya. Saya hanya mendengarnya sekilas karena saya gak ada libur jadi saya hanya menganggap gempa biasa. waduh kalut bener pikiran saya saat itu yang ada hanya stress.oleh Sentuhan Qolbu tentang sedekah. (Pengirim : Fajar) Musibah Bukan Suatu Musibah Assalamualaikum wr wb. Ada yang mengganjal di hati saya sehingga saya memberanikan pulang sebelum kontrak saya habis. Semenjak itu saya stress berat.-ke tiga orang tua itupun bergegas mengucapkan terima kasih dan keluar dari rumah.. Pada saat itu saya marah. singkat cerita. Tapi karena saya tidak betah ya saya nekat.. tapi saya nggak punya uang dan itu saya utarakan ke majikan pada bulan April tapi majikan tetap bilang kalau saya harus bayar denda itu. nah rupanya si teman saya Haqqi mendapatkan sebuah hidayah yang luar biasa dia rupanya mempraktekanya.. dengan ikhlas maka Allah akan membalasnya 100 kali lipat bahkan lebih. Keesokan harinya saya sedekahin sekian dollar uang saya dan baju yang layak pakai diserahin langsung ke panitia sumbangan. usaha saya berkembang pesat dengan menggunakan segala macam trik dan tipu daya. Wasalam (Pengirim : -) Sedekah Membuat Segalannya Jadi Mungkin Dulu saya adalah orang yang Tidak bisa mempergunakan kepercayaan orang dengan baik. Teman saya pun merasa senang dan dia teringat bahwa jika Kita menyedakahkan sesuatu di jalan ALLAH SWT. Setelah itu saya mulai mendengarkan tausiyahnya Ust. setengah tahun yang lalu saya baru saja pulang dari hk. semoga bermanfaat bagi semua kalangan yang mau berbagi di jalan Alllah SWT.. Dan pada saat itu ada kejadian yang membuat saya sedih yaitu ketika ada bencana gempa di yogja. Karena saya sudah tidak betah akhirnya saya minta pulang.000. Tapi akhirnya saya lebih bisa mendekatkan diri kepada Allah. Mulai saat itu saya yakin ternyata MUSIBAH ITU BUKAN SUATU MUSIBAH TETAPI MEMANG BENAR KALAU ALLAH ITU RINDU MA KITA SEHINGGA DIA MEMANGGIL KITA DENGAN MUSIBAH ITU .... singkat cerita . saya bayar. saya menjadi tkw disana sejak tahun 2003. disaat itu saya di telpon agent dan saya bilang kalo saya booking pesawat sendiri. padahal sistem kontrak disana kalau belum habis kontrak harus bayar denda satu bulan gaji sama beli tiket pulang sendiri. kenapa ketika teman saya pinjem begitu mudah saya kasih tapi gliran saya? Nggak ada satu pun yang mau pinjemin. langsung saja saya nekat bilang ok. secara spontan teman saya langsung bergegas maengambil uang disakunya waktu itu sekitar 1500. Itu yang pertama saya syukuri.. dengan hati galau ingin sekali saya mengubah niat saya. Hanya itu saja berbagi cerita Fajar. akibat dari perbuatan saya itu membuahkan sebuah problema hutang yang sangat besar. ditambah lagi tak ada satu pun usaha saya yang bisa dijalankan. tapi akhirnya ..

Saya jadi teringat apa yang dikatakan kyai dan ustadz waktu masih di desa dulu..30 WIB. Yang betul adalah uang anda menjadi 19... Ustadz Yusuf mansur memberi contoh tentang uniknya matematika sedekah ini.. Bila dalam pikiran bawah sadar kita tanamkan bahwa sedekah itu membahagiakan dan membuat manfaat yang sangat besar bagi kita dan orang yang kita kasih sedekah tentu saja sedekah akan menjadi ringan dan mudah saja. Dalam acara itu dibawakan materi tentang seluk-beluk sedekah.berarti sedekah kita itu masih diragukan akan ke ikhlashan nya. Percayalah wahai saudara. ajaibnya saya selalu mendapat jalan dan bantuan dari mana saja yang tak terduga-duga yang menurut saya sudah tidak mungkin lagi.. dengan sedekah.. Memang setelah menyaksikan acara Nikmatnya Sedekah di TPI tersebut. Tergantung amalan kita. membuat yang asalnya tidak mungkin menjadi mungkin..saya mulai mencoba dan mencoba sedekah. (Pengirim : Aghie) Bagaimana Cara Bersedekah Dengan Ikhlash (Belajar dari Ustad Yusuf Mansur ) Akhir-akhir ini saya dan keluarga senang sekali dengan acara Nikmatnya Sedekah di TPI setiap hari selasa dan rabu pagi dini hari.. Lebih anehnya lagi saya mendapat kepercayaan untuk mengerjakan sebuah proyek dari salah satu perusahaan restoran besar di Bandung. Ya persis seperti apa yang diucapkan oleh ustadz Yusuf Mansur tentang matematika sedekah. Sekarang pekerjaan masih berlangsung. Bahwa sedekah itu seharusnya seperti buang air besar…. Dan ini banyak yang mempraktekkan dan berhasil. Tepatnya pukul 04. Kalo masih belum plong. Sekarang saya masih punya hutang... Bukankah kebahagiaan salah satunya disebabkan karena kita bisa memberi sebagian harta kita kepada mereka yang membutuhkan ? Yah…semua memang bergantung pada pikiran kita. SUBHANALLAH. Yang disedekahkan dilipatkan 10 dulu baru ditambah sisanya yang sembilan jadilah 19. Seperti apa yang dialami oleh adik ipar saya beberapa hari yang lalu. padahal mereka tidak pernah mengenal saya sebelumnya... lagi-lagi keajaiban tiba. Insya . Bila dipikir-pikir kadang ada hal-hal yang tidak masuk akal dalam bersedekah.Lho kok bisa ? Begini ceritanya. saya merasa bersedekah menjadi ringan dan membahagiakan.rasanya. Misalnya kita punya uang 10 kemudian di sedekahkan 1.wah masih jauh itu. padahal pekerjaan yang dulu aja belum selesai..PLONG ….... Kalau boleh dibilang 10 kali lipat dari biasanya. Tapi itulah kenyataannya... dengan kepercayaan penuh mereka memberikan uang muka kepada saya untuk modal kerja. Alhamdulilah saya tidak lupa memotong uang muka tadi untuk sedekah.... Saya sudah ditawari lagi proyek yang baru.. Kadang-kadang juga ditampilkan testimonial yang menunjukkan betapa dengan sedekah yang ikhlas akan membuat semua masalah yang kita hadapi akan selesai. tetapi sudah semakin berkurang dan selalu diberi jalan oleh Allah untuk mengatasinya. Sekarang jadi berapa uang kita? Bila anda menjawab jadi 9... Yaitu ketika kita bersedekah dengan ikhlash 1 bagian …maka Alloh akan melipatgandakan menjadi 10 sampai 700 kali lipat... Jadi kalo anda ingin naik gaji atau penghasilan anda bertambah. Semenjak dia rajin bersedekah … tiba-tiba saja order di perusahaannya menjadi meningkat tajam.... Apalagi kalo masih mengharap pujian dan nama……...bersedekahlah.berarti anda salah.. Sampai-sampai dia kewalahan menanganinya. Aneh ya matematika sedekah..

Cerita berikut saya ambil dari sebuah blog. Mungkin akan menambah wawasan kita tentang manfaat sedekah Menyembuhkan Leukemia Melalui Terapi Sedekah Oleh : Rahmi Ketika putranya divonis leukemia oleh dokter. tapi saya sudah sering merasakan manfaat dari sedekah. Memang terasa agak berat..30 WIB. Misalnya sehari dapat 30 Ribu.. Apa yang dajarkan oleh ustadz Yusuf Mansur memang agak diluar nalar dan pikiran manusia. Keajaiban Sedekah Menyembuhkan Leukimia Saya yakin bahwa sedekah itu mampu mempercepat doa yang kita panjatkan. Bagaimana tidak. Bayangkan saja sewaktu ustadz Yusuf Mansur berjualan Mie Ayam dengan penghasilan harian yang pas-pasan.? Jawabnya adalah 500 ribu perbulan.. Diana pun ikut melakukan terapi sedekah. Ada seorang penelepon yang mengatakan bahwa dia sudah bersedekah setiap bulan namun kenapa penghasilannya kok nggak naik-naik ? Dia protes kepada ustadz Yusuf mansur waktu itu. Sedangkan yang separo lagi buat biaya hidupnya sehari-hari.. Dan yang paling penting tetaplah ber husnu dzon kepada Alloh. di mana ia menyedekahkan hartanya demi kesembuhan sang putra. Jadi mungkin saja seseorang yang bersedekah itu masih dibersihkan hati dan jiwanya oleh Alloh swt. Kisah Diana berjuang melawan . Walaupun belum sepenuhnya saya melaksanakan nasehat ustadz Yusuf Mansur. rasa tak percaya dan berjuta perasaan lainnya bercampur aduk dalam diri Diana Ekarini (36). Karena Alloh pasti tahu apa yang terbaik buat hamba Nya.Alloh penghasilan anda akan bertambah. Asalkan kita tetap berusaha dan tawadhu bahwa setiap harta yang kita hasilkan pada hakekatnya hanyalah titipan semata dari Tuhan dan untuk disalurkan kepada yang membutuhkan. Aku sendiri belum bisa melaksanakan yang seperti itu. Dan sekarang saya semakin yakin bahwa sedekah akan membuat doa kita cepat terkabul. Sebagai contoh bila anda sekarang gajinya 6 jutaan. saya dan istri melihat tayangan ceramah di TPI oleh ustadz Yusuf Mansur tentang keajaiban sedekah. buah hatinya Abiyyu Nurhakim Jusafardila masih berusia 9 tahun! Kini selain melakukan kemoterapi.berapa rupiah anda harus sedekah ? Ayo coba dihitung.cobalah untuk menyelesaikannya dengan sedekah…insya Allah pasti cepat tercapai segala keinginan anda. Tapi ternyata ustadz Yusuf mansur menjelaskan bahwa dengan sedekah ada beberapa manfaat antara lain : ditambahkan rezeki yang datangnya tidak disangkasangka. Dengan sedekah bisa terhindar dari musibah. Walaupun belum mendapatkan penghasilan tambahan saat ini bisa jadi dia memperoleh manfaat yang lain seperti diatas. Tapi dengan berjalannya waktu Insya Alloh hal itu bisa terwujud. terhindar dari musibah dan membuat kita panjang umur serta barokah umurnya. Bila anda sedang menghadapi masalah apapun…... Dan itu terus dilakukan sampai beliau menjadi seperti sekarang ini. ingin naik jadi 10 jutaan perbulan. Setiap rabu pagi habis sholat shubuh jam 4.. Maka yang separoh dia sedekahkan ke fakir miskin dan anak yatim.

Ketika diperiksa. Diana membeberkan kisahnya: Diagnosis Awal Radang Selaput Sendi "Awalnya Abi anak yang sehat. Diana sempat menggunakan pengobatan alternatif yang mengandalkan obatobatan suplemen di Sukabumi." kata Diana. tapi selang beberapa bulan. ternyata sang terapisnya pun mengaku sudah memberikan suplemen yang terbaik untuk Abi. walhasil Diana pun menolak buah hatinya menjalani kemo. Saat itu ia berpikir untuk menggunakan pengobatan alternatif. Abi diterapi dengan obat-obatan radang selaput sendi. ketegaran Diana pun langsung lenyap. Misalnya. "Awalnya cocok. Karena merasa cocok. Saat saya bawa ke dokter. "Pas malam takbiran Abi bisa jalan.leukemia yang diderita Abi. ia tetap kukuh menolak anaknya melakukan kemoterapi. Meski saya membawa obat-obatan dari Bandung. saya masih bisa berdiri tegar saat dokter mengatakannya." katanya pahit. Sayangnya.co. kakinya pernah bengkak-bengkak karena keseleo. "Ternyata rambut botak dan kulit gosong cuma efek paling ringannya kemo." tambahnya lagi. Saya hanya bertanya. Di benaknya." tambahnya.tepatnya ketika mereka sekeluarga tengah berlebaran di kampung halaman suaminya di Jambi. ternyata lekosit (sel darah putih) Abi turun. Khawatir dengan kondisi buah hatinya." katanya. mantan pramugari yang saat ini mengelola sebuah salon di Bandung ini pun memutuskan kembali ke Bandung.id. Dokter juga menemukan adanya blast (sel darah putih jahat) dalam darah putih Abi. tapi wajahnya masih pucat. "Di Jambi. katanya Abi kena Arthritis (radang selaput sendi). saya maunya yang menggunakan logika saja." tukas wanita asal Bandung ini. sakit Abi kembali kambuh. "Tapi yang tidak bertentangan dengan agama. . "Atau alternatif lainnya. Saat itulah baru diketahui. Meski begitu. Tapi ketika mendengar Abi harus melakukan kemoterapi. Mereka pun langsung berkonsultasi dengan dokter yang selama ini menangani penyakit Arthritis Abi." tukasnya. maka ia sekeluarga pun memutuskan untuk serius mengobati buah hatinya di daerah itu. telah tertuang dalam sebuah buku. "Ia bilang. tapi kondisinya tetap saja turun. namun pada November 2006 . Baru di tahun 2005." kenang Diana yang beserta keluarganya berdomisili di Bandung. Meski tak pernah putus mengkonsumsi obat. Abi akut lagi. Sejak itulah. Ditemui halohalo. Padahal sebelum saya. "Anehnya. seperti terapi mengalirkan energi. kondisi Abi kembali drop. bila kaki Abi bengkak-bengkak ya dipijat. kesal. Berburu Pengobatan Alternatif Sebelumnya. mungkin jalan satu-satunya Abi harus di kemo. 'tapi ada obatnya kan Dok?'. kemoterapi pasti akan membuat buah hatinya menjadi botak dan kulitnya gosong. ada ibu-ibu yang guling-guling karena shock dengan vonis penyakit anaknya." kata kelahiran 2 Januri 1972 ini. bahwa putra semata wayangnya menderita leukemia.

apalagi saat itu beliau sedang naik daun dengan Wisata Hati-nya. "Hanya disisakan untuk bayar tol pulang saja. ternyata Diana malah mendapatkan rejeki dari temannya yang tinggal di luar negeri. ia ceritakan masalahnya dan membuat daftar semua dosa-dosa yang pernah dibuatnya. tekad Diana untuk melakukan terapi sedekah semakin kuat. "Saya dengan lapang hati mulai sering sedekah dan menambah keyakinan." tukasnya. Tapi selang tiga hari kemudian. Di saat itulah. sampai benarbenar meyakini bahwa kekuatan sedekah itu luar biasa. kalau saja sebulan yang lalu Abi melakukan kemoterapi pasti sekarang ia sudah bisa lari-larian. "Saat itu dokter sempat menyalahkan saya karena tidak mau menjalani kemoterapi. salah satunya dengan melakukan ijab kabul. Pengalaman Diana ini menarik Penerbit Mizan yang memintanya untuk menuliskan kisahnya dalam sebuah buku. Terutama mengenai pengalamannya dalam mengobati Abi. Ketika itu. Diana banyak mempelajari berbagai ketentuan dalam bersedekah. ternyata kondisi Abi malah semakin memburuk. Sayangnya. mendingan uangnya buat sedekah'" tukasnya. "Berat juga sebetulnya mengingat itu semua. "Jumlahnya cukup besar. dokter mengatakan kalau dalam tubuh Abi sudah tidak ada blast sama sekali. tapi itulah yang menjadi syarat saya dapat melakukan terapi di Wisata Hati. Ketika kondisi Abi mulai membaik. beliau bilang sebaiknya saya tulis dan diniatkan untuk ibadah." ujarnya. Ia lalu menganjurkannya mendatangi Ustad Yusuf Mansyur. karena Abi masih dalam proses penyembuhan. dapat menginspirasi banyak orang. mengenang. perkataan Diana itu membuat sang terapis terkejut. Sejak itulah. "Awalnya saya sempat menolak. ia melihat bahwa inilah keajaiban yang diberikan padanya. namun ia puas telah berusaha semaksimal mungkin. Bersedekah Sambil Kemoterapi Melalui Wisata Hati yang dilakukannya. melalui sedekah. Sehingga orang lain pun ikut merasakan keajaiban bersedekah. Tapi Diana pun tak kenal menyerah. 'daripada kemo. Ternyata untuk bertemu Ustad Yusuf tidak mudah."Saya bilang waktu itu." akunya. Tapi setelah saya berkonsultasi pada Ustad Yusuf Mansur. semua uang yang ia punya disedekahkan." Ia berharap kisahnya menggunakan terapi sedekah dan cinta ini. ia yakin mungkin inilah jalan yang harus ditempuh Abi. ia pun dapat bertemu dengan ustadz muda tersebut di salah satu acaranya. uang satu juta rupiah yang ia miliki telah diikhlaskan untuk disedekahkan." Tapi Diana tak berkecil hati. . untuk melakukan terapi sedekah. Diana tetap melanjutkan terapi sedekahnya." jelasnya. Sehingga Diana pun kembali ke dokter yang sama sebelumnya. Selain kemo." paparnya lagi. Tak dinyana. Bahkan setelah Diana mengikhlaskan communicator-nya untuk disedekahkan. akhirnya. Meski buah hatinya tetap harus di kemo. "Dokter mengatakan. kalau dirupiahkan bisa mendapat 10 juta-an. Bahkan saat itu juga.

Di samping masih mengamalkan doa-doa saya juga mencoba mengamalkan sedekah. Untuk itu segala usaha aku lakukan. Akhirnya saya dan istri menikmati seluruh waktu seperti layaknya dua orang yang sedang pacaran. sewaktu saya dan istri sedang antri di Makro yogya. Sampai akhirnya. vitamin E menjadi makanan sehari-hari. Kami tinggalkan semua pemikiran tentang punya anak dan berusaha mensyukuri apapun kondisi saat itu. Sejak saya menikah tahun 2001 aku termasuk agak lama punya anak yaitu di tahun 2006. Entah ketenangannya sesaat atau bahkan hanya bertahan sampai ada komentar baru dari temanteman dan keluarga lainnya. Namun dalam doa dan ikhtiar. maka tiba-tiba ia menjadi musuh yang nyata” . Baik di rumah.Ingin Punya Anak? Bersedekahlah. Kemudian selalu mengamalkan beberapa ayat dari alQuran yang diberikan oleh seorang ustadz. selalu saja diledekin oleh saudara-saudara.. minum obat-obatan baik yang herbal maupun yang sintetik. Kadang aku berpikir memangnya aku dan istriku yang menciptakan anak? Bukankah anak adalah titipan Allah dan tentu saja Allah lah yang menciptakannya. Pokoknya apapun cara yang halal dan rasional semua kami usahakan waktu itu. Kebetulan waktu itu .!!! Saya sendiri pernah mengalami betapa sedekah mampu mempercepat tercapainya doa yang kita inginkan. Saya merasakan betapa beratnya beban yang ditanggung oleh istriku pada saat itu. Walaupun itu cuman guyon tapi lama-lama risih juga. Sampai kadang-kadang istri saya merasa mau muntah ketika melihat obat tersebut. Jadi hampir 5 tahun saya baru dikaruniai anak. Sedekah ini agak unik dan hanya merupakan letupan ide yang sesaat namun aku ingin sekali melakukannya. Entah sudah berapa kali saya dan istri selalu melakukan itu . Mulai dari periksa kedokter. di pasar atau bahkan di jalan-jalan. Waktu itu saya percaya bahwa Tuhan tentu tahu dan mengerti kondisi makhluk Nya. Sering saya baca surat Yasin dan membaca artinya terutama yang ayat 77 artinya : “apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari setetes air (mani). Seorang anak yang Sholeh dan menentramkan hati siapapun yang memandang. Saya dan istri juga mencoba beberapa ramuan seperti madu dan serbuk kayu manis. Minum kolak kacang ijo setiap hari. Dan bahkan sampai minta doa-doa kepada saudara-saudara yang kebetulan baru naik haji dan masih banyak yang lainnya. Saya berpikir positif saja bahwa mungkin belum waktunya saya memiliki seorang anak. saya dan istri selalu merasa bahwa suatu saat nanti kami insya Allah mempunyai anak. Sejenak saya merasa damai dan tenang. kalau menemukan orang-orang yang “menyentuh hati” kami selalu memberikan sedekah berapapun dan langsung tanpa pikir panjang (spontan). Bahkan pernah suatu saat istri saya periksa ke dokter dan dinyatakan rahimnya ada suatu infeksi dan harus minum antibiotika selama 2 bulan terus menerus. Tahu sendiri kan bila kita nggak punya anak. Yaitu bila saya atau istri bertemu dengan seseorang yang menurutku “tidak mampu” saat itu juga saya atau istri akan memberikan sedekah kepada orang tersebut dan seraya meminta di doakan agar punya anak yang sholeh ataupun sholehah. Akhirnya saya mengatakan kepada istriku ”Nggak usah di teruskan minum antibiotikanya……mulai sekarang kita pasrah total saja kepada Allah”. Saat berada di kereta api atau atau di bus kota.

Sekuriti ini barangkali "target operasi" dakwah hari ini. Saya katakan pada sekuriti yang mulia ini. tapi memilih jalan mundur. karena mengira mau isi bensin. Setelah 3 hari ternyata fleknya sembuh dan akhirnya boleh kembali beraktifitas biasa. ntar habis dari toilet ya". Tibatiba saja ustadz terbangun karena ingin buang air kecil. tiba-tiba saja ada seorang sekuriti mendatangi sang ustadz dan menyapa. sambung si satpam Sejurus kemudian sang ustadz sadar. Ia tertidur di dalam mobil. Padahal bukan. Dan betul selama istirahat total istriku hanya boleh ke kamar mandi selebihnya hanya berbaring selama 3 hari. he he he” begitu gumamnya. Kemudian sang ustadz berpesan kepada sopirnya: "Nanti di depan ke kiri ya". Begitu sapa satpam ini. Dari jauh ia melambai dan mendekati ustad Yusuf Mansur. Eh nemu pom bensin. Begitu berhenti dan keluar dari mobil. Tiba-tiba istri saya merasa perutnya sakit dan keringat dingin. "Pak Ustadz.alhamdulillah…. Menurut ustad Yusuf Mansyur banyak orang yang mau berubah. Begitu pikir saya. Dilihatnya didepan ada sebuah pom bensin. ”Ini Allah pasti yang "berhentiin" saya.pas pembukaan makro pertama kali di Yogya. Sore harinya periksa ke dokter kandungan di Klinik Nurahmi di daerah Pabelan yogyakarta. Kalo anda ingin meminta sesuatu yang besar kepada Tuhan…silahkan lakukan tips-tips di atas …insya Allah akan di kabulkan. "Ok. Sehingga banyak sekali yang antri bahkan berebut untuk mendapatkan barang-barang dengan harga yang murah sekali. kata sang ustad karena sudah tidak tahan lagi. "Nanti saya pengen ngobrol boleh Ustadz?" tanya satpam. Pak Ustadz". "Saya ke toilet dulu ya". Ustadz Yusuf Mansur paham bahwa sopirnya mengira pengin beli bensin. Bukan jadwal setelah ini. Sang ustadz menghentikan langkah dan menunggu satpam tersebut. Dan…. insya Allah. Biasanya kan hanya melihat di TV saja…". alhamdulillah nih bisa ketemu Pak Ustadz. "Pak Ustadz!" . ustad Yusuf Mansyur menimpali. "Saya bosen jadi satpam Pak Ustadz". ”Ga ke-geeran. Lagi enak-enak tidur di perjalanan. Sang ustadz pengin buang air kecil. Berarti barangkali saya kudu bicara dengan dia.istriku dinyatakan positif hamil dan diharuskan untuk bed rest atau istirahat total selama 3 hari berturut-turut sampai fleknya hilang. Tentang apaan sih?". Satu hari ustadz Yusuf Mansur jalan melintas di satu daerah. Akhirnya saya meminta istri untuk istirahat saja. Akhirnya ketemu sekuriti ini. Dan dijawab sang supir "Masih banyak. saya terbangun pengen pipis. . "Saya buru-buru loh. KISAH SEORANG SATPAM DAN USTADZ YUSUF MANSUR (Keajaiban Sedekah diambil dari milis Tahajud ) Kisah ini diceritakan langsung oleh ustadz Yusuf Mansur pengasuh pondok Wisata Hati ketika menghadiri suatu forum pengajian. Ustad Yusuf Mansur hanya tersenyum.

"Ya. kita niatkan usaha kita sebagai ibadah. Tapi. ya disebut bohong dah tuh kerjaan adalah ibadah. Alhamdulillah ini pom bensin bagus banget.Selesai dari toilet Ustad Yusuf Mansur menghampiri pak satpam yang sudah menunggu bebrapa saat. "Jadi. Artinya. Rizki mah mau banyak. Kalau ibadah wajibnya nomor tujuh belas. apa yang kita lakukan di dunia ini juga ibadah. bahwa shalat itu kudu tepat waktu. sang ustadz mengejar. Sekuriti itu senyum aja. "Wah. Entar-entaran.. maka yang demikian masihkah pantas disebut usaha kita adalah ibadah? Apalagi kalau kemudian hasil kerjaan dan hasil usaha. sang ustad meminta maaf umpama ada perkataannya yang salah. Itu kan jadi sama saja dengan mengentar-entarkan mengingat Allah. Rizki mah mau nambah. bisa ya bisa tidak. iya ga? Ya saya pikir sama saja". kurang lebih dah" kelit si satpam. tapi sama Allah ga mau mendekat.Udah shalat ashar?" "Barusan Pak Ustadz. Tugas juga kan ibadah.. kalau kita niatkan sebagai ibadah. Misalnya lagi.. Merasa agak nggak enak kepada sekuriti ini. boleh ga? Bagus malah. Lalu. Aqimish shalaata lidzikrii. Tapi masa gini-gini aja?" "Gini-gini aja itu. "Gaji mah ada Ustadz. Bukan hanya boleh. kalo nganggap kerjaan kita ibadah. sementara adzan mulai terdengar. Tiada disebut perhatian sama Yang Memberi Rizki bila shalatnya tidak tepat waktu. untuk bicara-bicara dengan beliau ini. tanya Sang Ustadz membuka percakapan. kalo ibadahnya gitu-gitu aja. memang untuk mengejar . Artinya kita menerima tamu pas waktu shalat datang. "Gini ya Kang. Cuma sebatas omongan doang. Kalo situ shalatnya jam setengah lima. ”Tapi umumnya begitu lah manusia. Ada minimartnya yang dilengkapi fasilitas ngopi-ngopi ringan. ya emang udah begitu. jadi ga apa-apa telat ya? Karena situ pikir kerja situ adalah juga ibadah?" lanjut sang ustadz. dan kemudian kita abaikan shalat. itu ada syaratnya. pegimana? Bosen jadi satpam? Emangnya ga gajian?".. Di awal waktu. Kemudian sang ustadz dan satpam tersebut mencari warung kopi. Kemudian Sang ustadz melanjutkan. tapi bisa juga ga. jawab satpam "Oh. kita abaikan Allah. ustadz langsung nembak aja nih". Soalnya kita kan tugas. dirikanlah shalat untuk mengingat-Ku. Kemudian ustadz melanjutkan. seorang 'alim. Tapi kemudian kita menerima tamu. Kayaknya perlu dipikirin lagi tuh sebutan-sebutan ibadah "Disebut barusan itu maksudnya jam setengah limaan ya? Saya kan baru jam 5 nih masuk ke pom bensin ini". agak susah buat ngerubahnya" . sekuriti itu bisa benar-benar menganggap kerjaannya ibadah. Lagian. buat Allah nya lebih sedikit ketimbang buat kebutuhan-kebutuhan kita. Apa syaratnya? Yakni kalau ibadah wajibnya. ”Saya mengingat diri saya dulu yang dikoreksi oleh seorang faqih. Distel kayak apa juga. Disebut jujur mengatakan itu. kita bersantai-santai dalam mendirikan shalat. tetap nomor satu. tapi ibadah dari dulu ya begitu-begitu saja. Maka lalu saya ingatkan sekuriti yang entahlah saya merasa he is the man yang Allah sedang berkenan mengubahnya dengan mempertemukan dia dengan saya”.

Dia pada kerja supaya dapat gaji. lalu ada lagi yang buka usaha. bahwa maksudnya. . maka berapa jarak ketertinggalan kita tuh? 5x satu setengah jam. malah kelakuannya seperti ga menghargai Allah. Mudah-mudahan sekuriti ini paham apa yang saya omongin. bahasa-bahasa kehidupan yang cair dan dekat dengan fakta. Ini namanya ga kenal sama Allah. Dan gaji itu rizki. Butuh perjalanan satu setengah jam andai ashar ini kayak sekarang. makin jauh saja mestinya kita dari senang". yang selama ini telat shalatnya. deketin Allah dah. wangi. hari gini aja nih. udah pada habis belanjaan. dan sekian bulan dalam setahun. sejak diwajibkan shalat. Tapi bisa diurai satu satu dengan bahasa-bahasa kita. Ngebut ke Allah nya" ustadz menyela "Ngebut gimana?" tanya satpam Lalu ustad yusuf mansur menjelaskan: "Satu. "Pak Ustadz. ente nya aja kali yang kebanyakan beban. Jawaban terhadap pertanyaan-pertanya an seperti ini cukup kompleks. Eh. sang ustadz tanya.ketertinggalan dunia saja. Jangan setengah lima-an lagi shalat asharnya. amit-amit pakaiannya.. kalo ga serius?" jawab si satpam dengan mantap. Si sekuriti mengaku mengerti. percakapan ini kurang lebih begitu.” ”Dan saya mengingatkan kepada peserta KuliahOnline untuk tidak menggunakan mata telanjang untuk mengukur kenapa si Fulan tidak shalat. Kembali kepada si sekuriti tadi. maka kawankawan selitingnya mah udah di mana. sedang Allah lah Tuhan yang sejatinya menjadikan seseorang bekerja. Bila dalam sehari semalam kita shalat telat terus. dia masih seperti diam di tempat. Kita ini pengen rizkinya Allah. pegimana mau sedekah. Hutang di warung juga terpaksa dibuka lagi. Tapi giliran Allah memanggil. keluarin sedekahnya". "Ah. Insya Allah ada waktunya pembahasan yang demikian” lanjut sang ustadz. tapi ga kenal sama Yang Bagi-bagiin rizki.”Saudara-saudaraku Peserta KuliahOnline. Pantangan telat. Sang ustadz melanjutkan perkataannya . Buru tuh rizki dengan kita yang datang menjemput Allah. Mudah-mudahan demikian juga saudara-saudara ya? He he he. dan persiapannya masya Allah. ga ada persiapan. Jangan sampe keduluan Allah". Emang gajinya berapa?" tanya ustadz. Belagu ya saya? Masa omongan cetek begini kudu nanya paham apa engga sama lawan bicara?”. kita telat terus.. atau yang lebih bahayanya lagi kalau bener-benar lewat tuh shalat? Wuah. dan yang lainnya sempit usahanya. lalu dikali sekian hari dalam sebulan. dan dikali lagi sekian tahun kita telat. "Terus. Itu baru telat saja. Nemuin klien. Bila seseorang membuka usaha. Jika dia alumni SMU. rapih. Dari raut mukanya. Alias udah mulai ngambil dulu bayar belakangan"." saya teruskan. jauh tuh. sementara yang satu usahanya maju. benahin shalatnya. ”Saya katakan pada dia. bisa jadi sebab ibadah yang satu itu bagus sedang yang lain tidak. lalu hidupnya susah. sebelum azan udah standby di atas sajadah. dan tidak segan-segan menunjukkan wajah dan fisik lelahnya. "Yang kedua. dan kemudian dikalikan sejak akil baligh. nampaknya ia paham. "Ya udah. mau berubah?" "Mau Pak Ustadz. Sekuriti itu tertawa. jam tiga kurang dikit. Ngapain juga coba saya kejar Pak Ustadz nih. "Yang kedua. dan cenderung jahat lalu hidupnya seperti penuh berkah? Sedang si Fulan yang satu yang rajin shalat dan banyak kebaikannya. Kan aneh. giliran ketemu Allah. belum kalo ketinggalan atau kelupaan. Contohnya ya pekerja-pekerja di tanah air ini.

ustadz". Emas juga ga punya". "Ya kalo yakin."Satu koma tujuh. lama keajaiban itu akan muncul. "Tapi sedekahnya tetap kudu loh". ya nombok dah jadinya. Emang ga cukup Pak ustadz" balik satpam seakan tidak mau kalah. "Ya. Rupanya angsuran motornya itu 900 ribu. terang satpam "Koq bisa?" sang ustadz penasaran. jawab satpam. Kontrakan saja sudah 450 ribu sama air dan listrik. Setidaknya menurut ilmu yang saya dapat. Kan belum bisa diambil?" "Bisa. udah keterlanjuran ya? Ok. Sekuriti ini nyengir. sebab saya punya tanggungan banyak" satpam itu menjawab. sebab saya tinggal di mess. Jangan koma. Maaf ya. bayar susu anak. Ibarat sendal. Tabungan juga ga ada. dia punya 900 ribu. "Gajian bulan depan masih ada ga?" "Masih. "Yah. Saya benahin dah" jawab satpam "Bareng sama istri ya. Ikutan semuanya ngebenahin shalat" kata ustad. Repot" ustadz mencoba menyanggah pendapat si satpam. pan kudu bayar motor. ga ada". "Yah Ustadz. Jangan pake kalau". Susah lagi belinya. kalo sudah saya tunjukkan. Dicoba dulu". Ustadz Yusuf Mansur bertanya lagi: "Itu gaji bisa gede. Tapi gede gaji bukan karena udah lama kerjanya. manteb. "Jangan Ustadz. Kalo engga apa keq". "Secara dunianya. Bukan ilmu dan ibadahnya. Ajak dia. Saya sayang-sayang ini motor. "Wuah.7jt" kata satpam. "Ya udah. tapi sedekahnya tetap ga keluar. situ mau percaya?". lepas aja itu tanggungan. emang udah lama kerjanya?" "Kerjanya sih udah tujuh tahun. bayar ini bayar itu. "Ya itu. Emang ini motor kalo dilepas. "Terus. Sebab tanggung. "Entar bulan depan saya hidup pegimana?" "Yakin ga sama Allah?" "Yakin". Sekuriti ini berpikir. itu mah gede banget. Jangan sendirian. Pengen kayak orang-orang. Kayak motor. mau ngejalanin?" . "Ok. Ya lain soal itu mah. Pak ustadz". Sekuriti ini ngangguk lagi. saya akan jalanin." katanya. itu udah gede". titik. "Selama saya bisa. Saya ini kerjanya pagi siang sore malem. bayar kontrakan.. Makin cakep kalo anak-anak juga dikerahin. Jadi dihitung sama bos pegimana gitu sampe ketemu angka 1. Ga jelas tuh darimana dia nutupin kebutuhan dia yang lain. . "Mau Ustadz. "Pengen kayak orang-orang Pak Ustadz" jawab satpam. Sebentar kemudian ustadz Yusuf Mansur bilang sama ini sekuriti. kalo saya unjukin bahwa situ bisa sedekah. Tapi ustadz akan cari terus. Kalo ngelihat keuangan model begini. Kan saya udah bilang. "Sedekahin aja motornya. Shalatnya gimana? Mau diubah?" tanya ustadz. Si sekuriti mengangguk. komentar sang ustadz. Bukan cara dan kebaikannya. Kecuali Allah berkehendak lain. motornya. yang orang sering sebut orang kecil. "Siap ustadz". kenapa masih kurang?" lanjut sang ustadz. yang besar lagi sedekahnya. sang ustadz kehabisan akal untuk nembak dia. "Kang. Kalo dia hanya betulin shalatnya saja. Ngapain juga ente kredit motor? Kan ga perlu?" ustadz Yusuf Mansur mencoba meyakinkan si satpam. untuk ukuran sekuriti. "Ya susah kalo begitu mah. lakukan berdua.

Sebab komandannya ini ikutan merayu. Dan dia tahu janji Allah pastilah datang. Dan lumayan istiqamah ibadah-ibadah sunnahnya. Perasaan udah lama banget dia emang ga lari kepada Allah. Ga sesuai sama rencana. Sekuriti ini kemudian maju ke atasannya. Pantesan juga dia ga betah dengan posisinya sebagai sekuriti. "Mana bisa?" kata komandannya. padahal dia Sarjana Akuntansi! Ya. Ga kebagian. Dia janji akan ngebenahin mati-matian shalatnya. kalau pake jalur formal. sekuriti ini dilihat sama kawan-kawannya rajin betul shalatnya. Subhaanallaah. Ancem aja diri. Tapi ketika ditanya berapa? Dia jawab. bos besarnya menyetujui. Singkat cerita. Sedapetnya. satu pom bensin itu menyaksikan perubahan ini. Saya ketawa mendengar dan menuliskan kembali kisah ini. Supaya benar-benar menjadi tambahan uswatun hasanah bagi yang belum punya iman. Satu koma tujuh. ga mengapa punya banyak keinginan. Termasuk dia akan polin shalat taubatnya. Supaya bisa signifikan besaran sedekahnya. Sehingga perubahannya berasa. "Buat sedekah katanya Pak". Bosnya yang mengetahui hal ini. Baru ini saya berani". eh. sebab dia sekuriti. Asal keinginan itu keinginan yang diperbolehkan. buat apa? Akhirnya mau ga mau sekuriti ini jawab dengan menceritakan pertemuannya dengan saya. berubah ga tuh si sekuriti nasibnya".. Ga usah kuatir. Sebab tempat kerjanya jadi barokah dengan adanya orang yang mendadak jadi saleh begini. menjadi kisah yang dinanti the end story nya. menantang ledekan kawan-kawannya yang pada mau ikutan rajin shalat dan sedekah. Dan saya pun tersenyum dengan keadaan . Malah tambah cerah muka nya. susah dah. dapet kasbonan 30% aja belum tentu lolos cepet. Komandannya terus mengejar. Yang penting kerja dan ada gajinya. saya demen ama yang begini. "Kita coba lihat. shalat dhuha dan tahajjudnya. Semuanya. asal dengan catatan dia berhasil dulu. sekuriti ini direkomendasikan untuk ketemu langsung sama ownernya ini pom bensin. apa boleh buat. rupanya dia ini Sarjana Akuntansi. pasti Allah tidak akan tinggal diam. Jangan malah berleha-leha. Hari demi hari. Shalat Jum'at aja nunggu komat. Bagi ustadz sendiri.. Termasuk dinanti oleh bos nya. Begitu katanya. Apa boleh buta. Pol. masih dalam batas-batas wajar. sebab dia menunggu janjinya Allah. shalat hajatnya. "Ya Pak. Apalagi kenyataannya si sekuriti ga mengurangi kedisiplinan kerjaannya. Ketika ditanya buat apa? Dia nyengir ga jawab. Dan barangkali akan betulbetul mempercepat perubahan nasib si sekuriti. mau kasbon. Sebab cerita si sekuriti ini sama komandannya.. Akhirnya hidup kemakan dengan tingginya harga.Sekuriti ini oleh ustadz dibimbing untuk kasbon. saya kan ga pernah kasbon. Ga kena di hati. Alhamdulillah. senang. begitulah pemikiran kawan-kawannya yang tahu bahwa si sekuriti ini ingin berubah bersama Allah melalui jalan shalat dan sedekah. Asal apa? Asal kita barengin dengan peningkatan ibadah kita. biarin aja harga barang pada naik. Untuk sedekah. Wah. Katanya. Dan ga apa-apa juga memimpikan sesuatu yang belom kesampaian sama kita. Sebab insya Allah. Kayak sekarang ini. Itulah barangkali yang sudah membuat Allah mengunci mati dirinya hanya menjadi sekuriti sekian tahun. begitu kata komandannya. agar mau menambah ibadah-ibadahnya. Bukan apa-apa. Dia juga janji akan rajinin di waktu senggang untuk baca al Qur'an. Sekuriti ini mengaku dia cerah. Dan itu dia aminin. Tapi ya begitu dah hidup. Ga pernah berani. Tapi usahakan semua. Tepat waktu terus. yang merupakan kisah pertemuannya dengan saya.

sadar kekuatannya ampe kayak gitu. dan dia sedekah besar yang belum pernah dia lakukan seumur hidupnya. Akhirnya? Jadi! Bekerja penuh buat perubahan dirinya. Sampe-sampe bulan kemaren juga belum selesai. akhirnya dia malu sama Allah. ga kasbon? Udah akhir bulan loh. Subhaanallaah.. trjadi keajaiban. *** Cerita ini bukan sekedar cerita tentang Keajaiban Sedekah dan Shalat saja. soal keyakinan dan iman seseorang kepada Allah. belum berganti bulan. dan dijadikan staff keuangan di sana. Sebab buat apa sedekah 1 bulan gaji di depan yang diambil di muka. sebab Allah pasti tidak akan mempermalukannya juga. Dan dia merasa ga perlu lagi motor. Saatnya ngumpul dengan si sesuatu urusan yang sesungguhnya adalah rahasia dirinya. bahwa dia merasa aman dengan uang 5 juta lebihan transaksi. Ga perlu kasbon. Saudara-saudaraku sekalian. Tambahannya dari simpenan ibunya sendiri. maka kelihatannya dia gagal. Si sekuriti masih bercerita. Apakah cukup sampe di situ perubahan yang trjadi pada diri si sekuriti? Engga. Tuh motor dia pake buat ngeberangkatin satu-satunya ibunya yang masih hidup. Sehingga ibunya punya 25 juta. ia aman. kurang. Berubah. Sekedar memediasi saja lewat sms ke pembeli dan penjual. dan imannya ini bekerja menggerakkan dia hingga mampu berbuat sesuatu. Sekuriti ini mengenal Allah. Subhaanallaah kan? Itu jual motor. Motornya yang selama ini dia sayang-sayang. Jadi. Tapi subhaanallah. dari transaksi ini. ilmu yang sedikit ini dipake sama dia. sebab kata mereka barangkali aman keajaiban mendekati Allah. pasca dia benahin shalatnya. seribu kali si sekuriti ini berhasil keluar sebagai pemenang. Masya Allah. Yang lain bakalan gajian. Lalu dia dimutasi di perusahaan si owner yang lain.5jt. Tapi lihatlah. Padahal dirinya ga trlibat secara fisik. Bukan dari bos.7jt gajinya. ditanyalah si sekuriti ini "Bener nih. Di kampung. Percuma". Dia sedekah 1. Mendadak si bos itu yang kagum. sebagaimana Allah tidak akan mempermalukan si sekuriti. Tapi soal tauhid. masya Allah. sampe akhir bulan berikutnya. Tapi dia tambahin 12 juta dari 17jt uang cash yang dia punya. "Kita lihatin nih dia. Sedang situ kan udah diambil bulan kemaren". Dengan uang ini. Tuhannya. masya Allah. Suatu hari bos nya pernah berkata. Allah persis mengganti 10x lipat. berubah. Sekuriti ini bilang tadinya sih dia udah siap-siap emang mau kasbon kalo ampe pertengahan bulan ini ga ada tanda-tanda. Tapi kemudian cerita si sekuriti ini benar-benar bikin bengong orang pada. Tapi kalo dia kasbon. dia jual! Uangnya melek-melek buat sedekah. Tauhid yang menggerakkan! Begitu saya mengistilahkan. Katanya.ini. Kalo dia ga kasbon saja. Dan lihat juga cerita ini. keyakinan. Dan dia baru sedikit mengenal Allah. Sebab apa? Sebab kata si sekuriti. Masih tanggalan bulan kemaren. berubah. Bahkan lebih. Si sekuriti ini kemudian diketahui oleh owner pom bensin tersebut sebagai sarjana S1 Akuntansi. Dan itu terjadi begitu cepat. Kawan-kawannya ini ga melihat kasbonnya dia ini. siapa . masya Allah. Sebab itu motor dijual cepat harganya ga nyampe 13 juta. Kata si sekuriti. ada transaksi tanah. tidak sebab jual motor. dan diyakini. yang melibatkan dirinya. buat perubahan hidupnya. Tapi Allah mengaruniainya komisi penjualan tanah di kampungnya sebesar 17. yakni hidupnya di bulan depan yang dia pertaruhkan. Tauhid. Dia lalu kumpulin semua karyawannya. si sekuriti ini ga kasbon. dan menyuruh si sekuriti ini bercerita tentang keberkahan yang dilaluinya selama 1 bulan setengah ini. motor besarnya lagi. kalau kemudian kas bon. berarti dia berhasil. Berhasil kah? Tunggu dulu.

Di antara semua peserta KuliahOnline saja ada yang insya Allah saya yakin mengalami keajaiban-keajaiban dalam hidup ini. harta dan rezeki yang sedikit akan bisa terasakan mencukupi. Baginda menepis-nepis lengan bajunya agar belalang jatuh. Yah. kembali lagi pada rutinitas dunia. Kata Rasulullah SAW. ketika Nabi Ayub AS sedang mandi tiba-tiba Allah SWT mendatangkan seekor belalang emas dan hinggap di lengannya. Yang merasa dosanya banyak. Kita ngebut sengebutngebutnya menuju Allah. Agar rezeki yang Allah SWT berikan kepada kita menjadi berkah. semasa terbit matahari. Dan memang bukan apa-apa.mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji". Rasulullah SAW menjelaskan. Sebaliknya.kemudian yang mengikuti cerita ini? Kayaknya kawan-kawan sepom bensinnya pun belum tentu ada yang mengikuti jejak suksesnya si sekuriti ini. Yang satu menyeru. (Al Isra': 79) Tips Menjadi Kaya dan Memperoleh Keberkahan Tulisan berikut masih mengenai sedekah. 'Musnahkanlah orang yang menahan hartanya'. ''Ya benar. Lantas kekayaan yang bagaimanakah yang akan membawa kebahagiaan? Jawabnya adalah kekayaan yang berkah.'' Sedekah walaupun kecil tetapi amat berharga di sisi Allah SWT. Dengan adanya keberkahan. Kekayaan tidak akan membawa arti tanpa ada keberkahan. Sebagiannya memilih diam saja. ''Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. dan sebagiannya lagi memilih menceritakan ini kepada satu dua orang saja. ''Setiap awal pagi. ''Bukankah Aku lakukan begitu supaya kamu menjadi lebih kaya?'' Nabi Ayub AS menjawab. barangkali tidak semua ditakdirkan menjadi manusia-manusia pembelajar. wahai Sang Pencipta! Demi keagungan-Mu apalah makna kekayaan tanpa keberkahan-Mu. ketika sudah dipublish.'' Dalam hadits lain. 'Ya Tuhanku. Yang lebih penting buat kita sekarang ini. Yang satu lagi menyeru. karuniakanlah ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya kerena Allah'. Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk memperbanyak sedekah. Barangkali cerita ini akan lebih dikenang sebagai sebuah cerita manis saja. tanpa keberkahan rezeki yang meskipun banyak akan terasakan sempit dan menyusahkan. Semua orang punya prinsip hidup yang berbeda. dan hanya orang-orang tertentu saja yang memilih untuk benar-benar terbuka untuk dicontoh. Setelah itu. Pertanyaan ini juga layak juga diajukan kepada Peserta KuliahOnline yang saat ini mengikuti esai ini? Apa yang ada di benak Saudara? Biasa sajakah? Atau mau bertanya. siapa sekuriti ini yang dimaksud? Di mana pom bensinnya? Bisa kah kita bertemu dengan orang aslinya? Berdoa saja. Mudah.'' Kisah di atas menegaskan betapa pentingnya keberkahan dalam rezeki yang dikurniakan oleh Allah SWT. Apa ciri-ciri harta yang berkah? Ada baiknya silahkan simak tulisan berikut: Keutamaan Sedekah Oleh : Suprianto Diceritakan. bagaimana kemudian kisah ini mengisnpirasikan kita semua untuk kemudian sama-sama mencontoh saja kisah ini. Kekayaan yang kita miliki sebenarnya belum tentu membawa kebahagiaan dalam hidup. memang tidak gampang buat seseorang menempatkan dirinya untuk menjadi contoh. Orang yang bakhil dan kikir dengan tidak menyedekahkan sebagian hartanya akan merugi di dunia dan akhirat karena . Lantas Allah SWT berfirman. "Dan pada sebagian malam bertahajjudlah dengannya sebagai tambahan bagimu. ada dua malaikat menyeru kepada manusia di bumi. Sebab kenyataannya juga buat saya tidak gampang menghadirkan testimoni aslinya. jangan. sudah.

tidak ada permintaan dan doa yang Allah tidak kabulkan.'' Mengapa semua itu bisa terjadi? Sebab. kalau manfaat sedekah begitu dahsyatnya. masihkah kita belum juga tergerak untuk mencintai sedekah? Wallahu a'lam bis-shawab. serta tidak ada dosa yang Allah tidak ampuni. sedekah dapat menyembuhkan penyakit.'' Kedua. Allah SWT mencintai orang-orang yang bersedekah. sebab yang namanya bala tidak pernah bisa mendahului sedekah. sedekah bisa memanjangkan umur. dan sebaliknya menahannya adalah celaka. menginfakkan (belanjakan) harta akan memperoleh berkah.com. ''Obatilah penyakitmu dengan sedekah. di ayat yang lain dinyatakan 700 kebaikan.'' Keempat. mengundang datangnya rezeki. sejatinya orang yang bersedekah adalah untuk kepentingan dirinya. Rasulullah SAW menganjurkan. ''Pancinglah rezeki dengan sedekah. ''Bersegeralah bersedekah. Bahkan. Allah SWT berfirman dalam salah satu ayat Alquran bahwa Dia akan membalas setiap kebaikan hamba-hamba-Nya dengan 10 kebaikan. Kekuatan dan kekuasaan Allah jauh lebih besar dari persoalan yang dihadapi manusia.tidak ada keberkahan.'' Ketiga. maka tidak ada persoalan yang tidak bisa diselesaikan. Lalu. Sebab. sumber : Republika : Selasa. Jadi. Rasulullah SAW bersabda. Khalifah Ali bin Abi Thalib menyatakan. Kalau Allah SWT sudah mencintai seorang hambanya. . sedekah dapat menunda kematian dan memperpanjang umur. ''Perbanyaklah sedekah. 27 Desember 2005 Keajaiban Sedekah : Pengalaman Ustad Lihan Ustadz Lihan membagikan pengalamannya sebagai pengusaha pada acara Milad TAD ke3. Sebab. Masih mengenai ustadz Lihan yang berhasil sukses Luar Biasa dengan menerapkan keajaiban sedekah. dan hamba tersebut akan meninggal dunia dalam keadaan husnul khatimah (baik). Minggu (1/3) di Jakarta. Sedekah memiliki beberapa keutamaan bagi orang yang mengamalkannya. Semoga menginspirasikan kita untuk selalu menggapai sukses dengan sedekah dan ikhlash. sedekah dapat menolak bala. Artikel berikut saya ambil dari harian kompas. Kata Rasulullah SAW. Pertama.

kata Lihan. jadi saya jalani saja. bos saya ditangkap karena terlibat korupsi. Lihan tetap berpikir bahwa life must go on. Lihan pun menyanggupinya. Sejak itulah Dewi Fortuna mulai memihak kepadanya. Ketika sedang berselancar di dunia maya pada tahun 2003.500 per hari. Dengan kata lain. Namun. bos tersebut memberikannya komisi. Balikpapan. "Fee tersebut saya bagi dua. Tawaran tersebut diterima oleh Lihan yang saat itu telah memiliki anak. Bandung. adalah salah satu pengusaha sukses yang memiliki omzet puluhan triliun dalam setahun. pria kelahiran 9 Juli 1974 ini menuturkan kisah hidupnya.500 Ustadz Lihan mungkin salah satu dari sedikit orang yang berhasil membuktikan bahwa kerja keras dan kejujuran. pria sederhana ini membaktikan dirinya sebagai guru bahasa Inggris di Solo dengan honor Rp 1. Sementara itu. "Saya memang suka dunia pendidikan. Lihan memutuskan menginvestasikan uang tersebut melalui bos tersebut. pengusaha yang mengaku tidak suka sayur ini mendirikan perusahaan pertamanya di kawasan Lebak Bulus dan menamakannya PT Tri Abadi Mandiri. Padahal sebelumnya saya bahkan tidak pernah memiliki uang Rp 100. dalam dua tahun pundi-pundi tabungannya sudah mencapai Rp 2 miliar. ongkos bensin pergi-pulang menuju sekolah saja Rp 2. uang yang saya serahkan pun berpindah tangan. misalnya. "Enam bulan kemudian. Dengan sendirinya." katanya. dapat menghasilkan buah yang manis. dan banyak lagi. Beberapa saat berselang. Walau sempat terpukul. Kerja sama antara sang bos dan Lihan pun terjalin. Atas jasanya. pria penggemar makanan manis ini mampu mengumpulkan Rp 500 juta.100. syukur. dan memintanya membantu mencarikan berlian. Usaha berlian Lihan semakin berkibar hingga ke daerah-daerah di Indonesia dan juga China. Sebagian besar profit yang dihasilkan digunakan kembali untuk memutar roda usahanya. Lihan juga mengaku tidak segan-segan berbagi rezeki kepada siapa pun yang membutuhkan. dan menawarkan kerja sama serupa. Dengan bermodalkan uang tersebut. Akhirnya pada tahun 2001. Walaupun mulai 'memegang' uang. Lihan dapat memenuhi permintaan bos tersebut. Itulah pertama kalinya saya mendapat uang beberapa juta. Lihan tetap sederhana dan menabungkan komisi yang didapatnya. Dengan bekerja sama dengan seorang kawan. Bingung mendapatkan uang sebanyak itu. bintang Lihan tampaknya belum secerah yang dia harapkan. pria yang kini memiliki 13 perusahaan ini kembali menjadi guru bahasa Inggris.Ustadz Lihan Beromzet Puluhan Triliun." imbuhnya.000. Dalam setahun. Sumbawa. Pernah Bergaji Rp 1. yang pernah menjadi guru bahasa Inggris dengan gaji Rp 1. Namun Lihan menjalani ini dengan tulus. Lihan terpaksa harus nombok Rp 600. Pada suatu hari tahun 1998. Gresik.500 per hari. "Kami mulai kebanjiran order. ditambah dengan rasa murah hati. Di acara Milad kelompok Tangan di Atas (TAD) ke-3. Kali ini honornya meningkat menjadi Rp 350." ujar pria bertinggi badan sekitar 155 cm ini. jadi masih dapat subsidi. ada seorang bos dari Jakarta datang menemuinya. Awalnya pada tahun 1995 hingga 1998. Kini Lihan memiliki cabang di Banjarmasin. bahkan dari Singapura dan negara-negara lainnya. Tidak heran." kenangnya sambil tertawa di hadapan para wiraswastawan TDA. mantan klien bosnya datang menemuinya. Ustadz Lihan.000 per bulan. Untung waktu itu saya hidup di pondok mertua indah. dia membaca . Lampung. dan berserah diri kepada Tuhan. Minggu (1/3) di Jakarta.

walaupun sosoknya tetap sederhana namun penghasilannya sungguh luar biasa. dan stasiun televisi bernuansa Islami.500 (seribu lima ratus rupiah) dan itupun tidak cukup untuk beli bensin sekedar berangkat mengajar di sebuah pondok pesantren. Sebagian besar orang yang dibantunya kembali datang kepadanya dan mengucapkan terima kasih. "Pokoknya banyak sekali. mulai dari proposal permohonan dana usaha. hingga pendirian partai. Namun bagi Lihan." kenangnya. Namun berkat ketekunan dalam bekerja dan rajin sedekah ustad Lihan berhasil mencapai penghasilan yang berjuta kali lipat dari sebelumnya. Satu Lagi Tentang Keajaiban Sedekah Bersama Ustad Lihan Pagi ini tamu ustadz Yusuf Mansur di TPI adalah seorang ustadz yang sederhana tapi sukses luar biasa dengan mengamalkan sedekah dengan ikhlash. "Saya hanya bekerja keras. dalam membuka usaha.kisah seorang pemuda berbakat di suatu daerah yang terpaksa di-PHK oleh perusahaannya. "Waktu itu dia sempat kaget dan mengira itu duit palsu. yakni mendirikan rumah sakit. Lihan mengaku sangat mengandalkan feeling-nya.lihan. Proposal di rumah saya tingginya bisa dua meter. "Doakan agar rencana saya berjalan baik. Pemilik situs www." ujarnya. profit memang penting. termasuk residivis pun tak ketinggalan mendatangi rumahnya. berbagai proposal terus mengalir deras ke rumahnya. Begini ceritanya. kalau tidak ada ilmunya jangan diikutin ya. dan shalat 5 waktu. . Lihan memiliki sejumlah cita-cita. selain mempertimbangkan jumlah tenaga kerja yang terserap. dia sendiri sudah melupakannya. "Jadi. kerja sama. Don't try this at home." ujarnya. Padahal.net ini pun kemudian menghubunginya dan bertanya apakah dirinya memiliki rencana usaha. Pemda aja kalah. Kini. Lihan tertarik dan mengajaknya bertemu di Bandara Soekarno-Hatta dan memberikannya uang Rp 100 juta. Dalam berbisnis. Ustadz ini mengaku tidak memiliki tips-tips khusus dalam sukses berusaha." ujarnya berkelakar. lembaga ilmu pengetahuan. Dalam menyeleksi proposal permohonan dana. Kini. Ketika pemuda itu menjelaskan." ujarnya sambil tertawa. Tahun 1995 gajinya hanya Rp 1. Orang-orang. Feeling-nya terbukti banyak benarnya. profit adalah pertimbangan nomor dua setelah potensi lapangan kerja yang tercipta.

Membuka peluang kerja bagi orang lain adalah cita-citanya. sepuluh tahun lalu Ustadz Lihan hanya perantara pedagang sepeda motor dan tidak dapat bertahan lama dikarenakan permintaan sepeda motor yang terus menurun pada waktu itu. Setahun berikutnya Ustadz Lihan memulai bisnis menjual Intan dengan menggunakan modal orang lain. sampai pernah seorang petugas dihotel menegurnya yang mengira dia bukan salah satu tamu hotel mewah tersebut. 9 Juli 1974. sang Entrepreneur Sejati. pengusaha sukses yang hanya dalam waktu 8 tahun bisa mendirikan lebih dari 10 perusahaan di beberapa kota besar di Indonesia dan salah satunya juga ada di Cina. beliau banyak menceritakan kesehariannya. kaus oblong dan berpenampilan apa adanya. Pada blognya. Lebih dari 10 perusahaan yang dia miliki. Ustad Lihan lahir di Lianganggang. Sebuah buku yang ditulis oleh Ahmad Bahar dengan judul “Ustadz Pun Bisa Jadi Pengusaha Brilian” yang berisi profil Ustadz Lihan laris manis dipasaran. Sangat sederhana. . bahkan bisa dibilang sangat sederhana atau mungkin untuk sebagian orang terlihat “kampungan” itu adalah Ustad Lihan. dan dari sinilah “petualang” Ustad Lihan dimulai. orangorang yang ahli dibidangnya dan juga merupakan orang-orang kepercayaannya. “Semua saya jalani karena mencari ridho Allah SWT” ungkap Ustadz Lihan. pada tahun 2001 Ustad Lihan mulai menggunakan modal sendiri. “Tegar.Sosok yang sederhana. tapi disisi lain tidak semua bidang yang perusahaannya jalani dia kuasai. Dalam dua hari setelah diterbitkan pada tanggal 9 Agustus di Gramedia Matraman. Prinsip bisnis yang selalu menjadi pedomannya adalah “Berbisnis dengan syariah”. Dan inipun tidak berlangsung lama.net. Semua perusahaan yang dimilikinya 100% dijalankan oleh orang lain. tentang renungan dan pengalaman mendapatkan investasi untuk menjalankan perusahaannya. kerja keras dan menjalaninya dengan Lillahi Ta’ala“. bahkan pengalaman membuat NSP kreasi Ustadz Lihan-pun ceritakan. sudah banyak mengalami asam garam dalam dunia bisnis. Lihan. Tahun 1998. Kata itulah yang Ustad Lihan tegaskan jika ingin menjadi seorang Entrepreneur. 2500 buku telah habis terjual. Ustad pemilik PT Tri Abadi Mandiri ini lulus dari Ponpes Darul Hijrah tahun 1995. karena dia hanya menggunakan sandal.

maka akan kembali banyak bantuan. Maka banyak-banyaklah sedekah karena manfaat sedekah yang besar itu. Semoga bermanfaat dan menambah motivasi kita untuk terus menggapai sukses dan bermanfaat bagi orang lain. Amien. Saya bercita-cita mendirikan usaha yang bisa merekrut ribuan pekerja sehingga bisa membantu pemerintah mengurangi pengangguran. Alhamdulillah sekarang usaha saya sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia di antaranya Banjarmasin. Kalau dia nyumbang uang. Tarakan. Komisaris Utama PT Smart Karya Utama. penulis Spiritual Marketing. Penyuka makanan manis dan tak suka sayur. Saat ini Insya Allah saya ada rencana mendirikan Stasiun TV Islami. Komisaris Utama PT Lima Maha Karya. Berau. Pekalongan. Bogor. Kegiatan sekarang adalah Komisaris Utama PT Tri Abadi Mandiri. berikut biografi Ustad Lihan : Lihan dilahirkan di Liang Anggang 9 Juli 1974. PT Ira Visual Multimedia. Pembuatan Film bersama Hanung Bramantyo. Juga pendapat banyak penulis lain yang dari pengalamannya mendapati bahwa semakin dia rela memberi (bersedekah) semakin banyak apa yang dia sumbangan itu kembali kepada dirinya dengan berlipat-lipat. Samarinda. Semarang. . Komisaris Utama PT LIhan Jaya Semesta. Pertambangan Intan dan pendirian Maskapai Penerbangan. Komisaris Utama PT LIhan Jaya Sarana. Madiun. Sumbawa. Berikut adalah ulasan dari sebuah blog yang menurut saya sangat bagus untuk kita terapkan.Demikian sebuh kisah seorang ustadz yang dengan ikhlas menjalani hidup dengan sedekah ini. Kalau tenaga. Jogjakarta. Bandung dan Lampung. Komisaris Utama PT Rumputindo Maju Bersama Berkantor di Jakarta dan Banjarmasin. Solo. Komisaris Utama PT Alhamdulillah. maka akan kembali lebih banyak ilmu. Mereka menemukan bahwa "to give in order to get" adalah suatu hukum universal. Ini pendapat Joe Vitale. Surabaya. Magetan. Balikpapan. Jember. Bagaimana Cara Bersedekah Yang Benar Memang sedekah itu mempunyai kekuatan yang luar biasa dalam hidup seseorang. Kalau ilmu. Mataram. Gresik. Doakan saya agar semua rencana saya berhasil dengan baik. maka (biasanya) akan datang uang. Alhamdulillah saya memiliki kantor juga di China. Malang. juga Komisaris Utama CV Ira Visual Multimedia.

Dengan menyumbang sesuatu yang anda sukai. Mungkin suatu ketika Anda ingin menyumbang yatim piatu. tak berdaya.Sebentar. Bersedekahlah kepada sesuatu yang disukai sehingga hati Anda tergetar karenanya. mungkin pelestarian satwa yang hampir punah. 3. bahkan dirampok. maka akan tertanam di bawah sadar bahwa bersedekah itu tidak enak. tapi rela tidaknya perasaan saat memberikan sumbangan. tunggu sampai hati lebih riang. Intinya adalah Anda sebaiknya menyedekahkan pada hal yang membuat perasaan Anda tergetar. Berikut ini cara bersedekah (menyumbang) yang mereka rasakan mampu menggetarkan spiritualitas mereka : 1. Bersedekahlah dalam kuantitas yang terasa oleh perasaan. ini adalah berbagi pengalaman apa yang mereka rasakan. Menyumbang anonim akan memberi dampak lebih kuat. mungkin karena sejumlah nilai itulah kita akan merasakan "beratnya" melepas kenikmatan. Kalau anda sedang suntuk. Ada perasaan terpaksa. 4. 5. Kebanyakan wujudnya adalah uang. Bukan karena besar kecilnya nilai uang. Bersedekah tanpa pernah mengharap balasan dari orang yang anda beri. namun kita tak layak mengharap seperti itu. Bersedekahlah tanpa mengira bentuk balasan Tuhan atas sedekah itu. walaupun tidak anonim juga tak apa-apa. Kisah-kisah mereka dikumpulkan dalam e-book "The Greatest Money-Making Secret in History!". Nilai 10 persen biasanya menjadi anjuran dalam sedekah (bukan wajib). 6. 7. Bersedekahlah saat merasa ingin bersedekah. Yakinlah bahwa Tuhan akan membalas. Untuk seseorang dengan gaji 1 juta. Mungkin seperti kalau kita bayar parkir kepada preman di pinggir jalan. 2. ilmu yang anda suka. jangan sampai merasa terpaksa. Dengan anonim lebih terjamin bahwa kita hanya mengharap balasan dari Tuhan (ikhlas). Bagi yang berpenghasilan 20 juta. tapi hatinya tidak sejalan. Setiap orang akan berbeda. maka 50 ribu akan terasa. Bagaimana rasanya memberi sedekah 25 rupiah? Bagi kebanyakan orang nilai ini sudah tidak lagi terasa. Pengalaman para pelaku kebanyakan menunjukkan bahwa balasan datang dari arah yang lain. bahkan mengesalkan. Setiap orang memiliki kadar kuantitas berbeda agar hatinya tergetar ketika menyumbang. Bila saat bersedekah kita justru merasa kesal. membuat anda juga merasa berharga karena memberikan sesuatu yang berharga. masih menurut orang-orang tersebut. Memberi dengan berat hati akan memberi asosiasi buruk ke alam bawah sadar. tenaga. di waktu lain mungkin menyumbang perbaikan jembatan. Menyumbang yang tak bisa dihayati tak akan menggetarkan kalbu. mungkin disumbangkan untuk modal usaha bagi seorang pemula. Siapa . namun lebih luas lagi adalah benda yang juga anda suka. Tentu saja ini bukan sok merasa lebih tahu tentang cara yang disukai Tuhan. Jadi tidak semua pemberian akan memberikan efek pengembalian yang diharapkan. Walaupun banyak pengalaman menunjukkan bahwa kalau bersedekah uang akan dibalas dengan uang yang lebih banyak. mungkin 1 juta baru terasa. Ini erat kaitannya dengan ketulusan. hanya karena kebiasaan. hanya sedekah yang tuluslah yang akan menggetarkan semesta. tapi tidak lewat jalan orang yang anda beri. Bersedekahlah dengan sesuatu yang bernilai bagi Anda. Seringkali seseorang menyumbang ke tempat ibadah. pikiran.

sekaligus menujukkan bahwa cara Tuhan membalas sedekah tidak dalam bentuk dan jalan yang kita duga. Rasulullah kemudian menjelaskan bahwa ular itulah yang sedianya akan mematuk orang tersebut. . Apa yang telah kamu lakukan?" Kemudian orang itu berkisah bahwa tadi pagi dia membawa bekal makan siang. "Aku diberitahu (malaikat) tadi pagi bahwa kamu akan menemui ajal siang tadi. dll. Ada sebuah kisah yang kalau tak salah saya dapat dari Pak Jalaluddin Rakhmat tentang seorang yang ditunda kematiannya karena bersedekah. Lalu di tengah jalan bekal itu dia sedekahkan kepada orang yang membutuhkan. Tiba-tiba Rasulullah berkata kepada para sahabat.tahu sedekah itu dibalas Tuhan dengan kesehatan. Jadi mohon dicari sendiri sumber kisah tersebut. Prinsip-prinsip ini sangat sesuai dengan petunjuk rasulullah Muhammad saw berkaitan dengan sedekah dan keutamaannya. Suatu ketika rasulullah sedang duduk bersama para sahabat. Demikian berbagai hal yang berkaitan dengan prinsip bersedekah. ada hadits yang menyatakan bahwa tak akan menjadi miskin orang yang bersedekah. yang nilainya jauh lebih besar dari nilai uang yang disedekahkan. melintaslah orang tersebut. saat kayu-kayu bakar diletakkan tiba-tiba seekor ular hitam keluar dari dalamnya. kata orang itu. Seingat saya kisah tersebut dari Pak Jalal yang saya kenal punya banyak sumber terpercaya). apalagi perawinya. namun dia berpindah takdir karena sedekahnya menghidarkan dia dari bahaya tersebut. Maka dipanggillah orang tersebut oleh rasul dan ditanya." Sorenya ketika Rasulullah duduk bersama para sahabat. Kalau tak salah. Tapi kulihat kamu masih segar bugar. rasa tenang. keselamatan. Lalu melintaslah seorang yang memanggul kayu bakar. (Demikian lebih kurang sebuah kisah yang saya tahu. "Orang ini akan meninggal nanti siang. Dijamin !! Selain itu bersedekah juga menghindarkan diri dari marabahaya. Kisah itu menunjukkan keutamaan sedekah yang bisa menghindarkan diri dari bahaya. Sayang saya lupa detilnya. Selanjutnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful