P. 1
PPT Pengantar Ilmu Hukum

PPT Pengantar Ilmu Hukum

|Views: 881|Likes:
Published by Komang Tirta
Multimedia Hukum, PPT Pengantar Ilmu Hukum
Multimedia Hukum, PPT Pengantar Ilmu Hukum

More info:

Categories:Types, Business/Law
Published by: Komang Tirta on May 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/29/2014

pdf

text

original

PENGANTAR ILMU HUKUM

Di susun oleh : Komang Tirta Wati 121000100

Fakultas Hukum Universitas Pasundan

DAFTAR ISI
I Pengertian Pengantar Ilmu Hukum 1.1 Pengertian Dari Segi Pengantar 1.2 Pengertian Dari Segi Ilmu Hukum II Sejarah Singkat dan Peran Pengantar Ilmu Hukum 2.1 Sejarah Singkat Pengantar Ilmu Hukum 2.2 Peran dan Fungsi PIH III Kedudukan Pengantar ilmu Hukum Diantara Ilmu Sosial Lainnya 3.1 Ditinjau Dari Segi Ilmu Sosial 3.2 Ditinjau Dari Segi Disiplin Hukum IV Kesimpulan

PENGERTIAN PENGANTAR ILMU HUKUM
1.1 Pengertian Dari Segi Pengantar PIH (Pengantar Ilmu Hukum) terdiri dari kata pengantar dan ilmu hukum dan bila dikehendaki dapat dibagi lagi menjadi ilmu dan hukum. Pengantar berarti membawa ketempat yang dituju, dalam bahasa belanda diartikan Inleiding dan dalam bahasa inggris introduction yang berarti memperkenalkan, Dalam hal ini yang diperkenalkan adalah ilmu hukum, Maka PIH (Pengantar Ilmu Hukum) merupakan basis leervak/mata pelajaran dasar yang tidak boleh ditinggalkan dalam mempelajari masalah dan cabang-cabang ilmu hukum.

1.2

Pengertian Dari Segi Ilmu Hukum

Ilmu Hukum tidak hanya membicarakan mengenai peraturan undang-undang saja melainkan juga filsafatnya. Jadi ilmu hukum tidak hanya mempersoalkan suatu tatanan hukum tertentu yang berlaku disuatu negara, Dapat disingkat bahwa subyek hukum dari ilmu hukum adalah hukum. Jadi hukum sebagai suatu fenomena dalam kehidupan manusia dimana saja dan kapan saja. Dengan demikian hukum itu dapat dilihat sebagai fenomena universal dan bukan lokal atau regional.

Mengenai arti dan apakah ilmu hukum itu ada beberapa pendapat dari pakar hukum
antara lain: a.Cross, Memberikan definisi,bahwa Ilmu hukum adalah segala pengetahuan hukum yang mempelajari hukum, dalam segala bentuk dan manifestasinya.

b.Curzon, Berpendapat Bahwa, Ilmu Hukum adalah suatu ilmu pengetahuan yang
mencakup dan membicarakan segala hal yang berhubungan dengan hukum. Demikian pula ada yang mengatakan bahwa ilmu hukum adalah ilmu yang berusaha menjelaskan tentang keadaan.

SEJARAH SINGKAT DAN PERAN PENGANTAR ILMU HUKUM
2.1 Sejarah Singkat Pengantar Ilmu Hukum Pengantar Ilmu hukum tidak tercipta begitu saja tetapi mempunyai sejarah tersendiri,Pengantar ilmu hukum berasal dari terjemahan bahasa belanda”Inleiding tot de rechtswetenschap”istilah ini dipakai tahun 1920 dan dimasukkan dalam Hoger Onderwijs Wet,atau undang-undang Perguruan Tinggi di negeri Belanda. Inleiding tot de rechtswetenschap ini adalah sebagai pengganti dari istilah”Encyclopaedie der rechtswetenschap yaitu suatu istilah yang di pergunakan di negeri belanda. Di Indonesia sendiri Inleiding tot de rechtswetenschap telah dikenal sejak tahun 1942 dengan didirikannya Rechts Hoge School ( Sekolah Tinggi Hukum) di Batavia. Sedangkan untuk Pengantar ilmu Hukum pertama kali dipergunakan di perguruan tinggi Universitas Gajah Mada pada tanggal 3 Maret 1946.

2.2 Peran dan Fungsi PIH

1.

Memberikan introduksi atau memperkenalkan segala masalah yang berhubungan dengan hukum.

2.

Berusaha untuk menjelaskan tentang keadaan,inti,maksud dan tujuan dari bagianbagian yang penting dari pada hukum.

3.

Memperkenalkan ilmu hukum yaitu pengetahuan yang mempelajari segala selukbeluk daripada hukum dalam segala bentuk dan manifestasinya.

4.

Merupakan dasar dalam rangka studi hukum,Tanpa memahami Pengantar Ilmu Hukum secara tuntas dan seksama tidak akan dapat diperoleh pengertian yang baik tentang berbagai cabang Ilmu Hukum.Dengan demikian sudah tepatlah apabila Pengantar Ilmu Hukum juga dinamakan Basis Leervak atau mata kuliah dasar dari pelajaran hukum.

5.

Mengkualifikasikan mata pelajaran pendahuluan kearah ilmu pengetahuan hukum pada tingkat persiapan.

KEDUDUKAN PENGANTAR ILMU HUKUM DIANTARA ILMU SOSIAL LAINNYA
3.1 Ditinjau Dari Segi Ilmu Sosial Ditinjau dari segi ilmu sosial pengantar ilmu hukum adalah suatu mata pelajaran yang merupakan pengantar kearah ilmu hukum.ilmu hukum ini termasuk ilmu sosial yang obyek penyelidikannya adalah tingkah laku manusia dan masyarakat dalam berbagai bentuknya,Oleh karenanya kedudukan pengantar ilmu hukum sejajar dengan ilmu-ilmu sosial lainnya.

3.2 Ditinjau Dari Segi Disiplin Hukum Ditinjau dari segi disiplin hukum,Pengantar ilmu hukum merupakan salah satu bagian dari pada disiplin hukum bersama dengan:

a.

Filsafat Hukum yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari pertanyaan-pertanyaan mendasar dari hukum atau tentng hakikat dari hukum dan dasar-dasar bagi kekuatan mengikat daripada hukum.

b.

Politik hukum yaitu disiplinhukum yang mengkhususkan diri pada usaha memerankan hukum dalam mencapai tujuan yang dicita-citakan masyarakat tertentu.

KESIMPULAN

Jadi kesimpulan dari Pengantar Ilmu hukum adalah sarana sarana
meperkenalkan ilmu hukum. sebagai sarana maka PIH ( Pengantar Ilmu Hukum) menunjukan ilmu hukum secara keseluruhan. Pengantar ilmu hukum mempelajari hukum dari segi ilmiahnya secara

sentral dan universal.dikatakan universal karena pandangannya adalah
kepada hukum yang berlaku kapan saja dan dimana saja tidak dibatasi dengan negara.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->