KEPERAWATAN KELUARGA

“Macam – Macam Keluarga”

Dikerjakan Oleh : Puspita Eka Kurnia Sari 1110104000009

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2013

maupun menurut garis horizontal (kakak. 3) Keluarga campuran (blended family)  Keluarga yang terdiri dari suami. serta anak-anak mereka tinggal bersama. wanita dan anak-anak yang tinggal bersama. baik menurut garis vertikal (ibu. ipar) yang berasal dari pihak suami atau pihak isteri.MACAM – MACAM STRUKTUR/TIPE/BENTUK KELUARGA Pada dasarnya ada berbagai macam bentuk keluarga. tetapi kemudian bercerai dan masing-masing menikah lagi serta memiliki anak-anak dengan pasangan masing-masing. 2) Keluarga besar (extended family)  Keluarga yang disamping terdiri dari suami. bapak. berpisah. nenek. kakek. berbagi hak. adik. dan anak-anak kandung. 4) Keluarga menurut hukum umum (common law family)  Keluarga yang terdiri dari pria dan wanita yang tidak terikat dalam perkawinan sah serta anak-anak mereka yang tinggal bersama. mungkin karena bercerai. ditinggal mati atau mungkin tidak pernah menikah. istri serta anak-anak kandung. mantu. istri. dan tanggung jawab serta memiliki kekayaan bersama. anak-anak kandung serta anak-anak tiri. cicit). 7) Keluarga serial (serial family)  Keluarga yang terdiri dari pria dan wanita yang telah menikah dan mungkin telah punya anak. 6) Keluarga hidup bersama (commune family)  Keluarga yang terdiri dari pria. 5) Keluarga orang tua tunggal (single parent family)  Keluarga yang terdiri dari pria atau wanita. juga sanak saudara lainnya. istri. antara lain : 1) Keluarga inti (nuclear family)  Keluarga yang terdiri dari suami. 9) Keluarga tinggal bersama (cohabitation family)  Keluarga yang terdiri dari pria dan wanita yang hidup bersama tanpa ada ikatan perkawinan yang sah. Menurut pendapat Goldenberg (1980) ada sembilan macam bentuk keluarga. 8) Keluarga gabungan/komposit (composite family)  Keluarga terdiri dari suami dengan beberapa istri dan anak-anaknya (poliandri) atau istri dengan beberapa suami dan anakanaknya (poligini) yang hidup bersama. . tetapi semuanya menganggap sebagai satu keluarga. cucu.

dan setiap orang pasti pernah mengalami menjadi bagian dari keluarga di mana mereka di lahirkan.  Keluarga Duda/janda (Single Family) dalah keluarga yang terjadi karena perceraian atau kematian. antara lain sebagai berikut :  Keluarga Inti (Nuclear family atau Conjugal family atau Basik family) adalah keluarga yang terdiri suami. di didik dan di beri bimbingan dalam mencapai kedewasaan. keponakan dan sebagainya.  Keluarga Besar (Exentended family atau Consanguine family atau joint family) adalah keluarga yang tidak hanya terdiri dari suami. bibi.  Keluarga Kabitas (Cahabitation) adalah dua orang yang terjadi tanpa pernikahan tetapi membentuk suatu keluarga.Kimhoff and R. melainkan termasuk juga orang-orang yang ada hubungan darah dengan mereka. istri. paman. disebarkan.  Keluarga Berantai (Serial Family) adalah keluarga yang terdiiri dari wanita dan pria yang menikah lebih dari satu kali dan merupakan satu keluarga inti. yang selanjutnya akan memiliki keturunan.  Keluarga berkomposisi (Composite) adalah keluarga yang perkawinannya berpoligami dan hidup secara bersama. dan anak-anak mereka. misalnya kakek. 2) The family of procreation Bahwa individu itu semakin lama akan memisahkan atau melepaskan diri dari lingkungan yang pertama. Keluarga seperti ini adalah lingkungan keluarga yang yang kedua bagi individu tersebut. .nenek. Menurut MF.Menurut Horton and Hunt ( 1968:215) tipe keluarga. yang akan lepas dari ayah ibu karena mereka memasuki dunia perkawinan. isteri dan anak-anak mereka. Ini adalah merupakan lingkungan keluarga yang pertama.middleton dalam bukunya Types Of Family And Types Of Economic (1960:215) menyebutkan adanya dua macam tipe keluarga : 1) The family of Orientation Yaitu bahwa setiap individu paling tidak pasti termasuk dalam suatu keluarga yaitu keluarga di mana individu itu di suatu keluarga di lahirkan.

yang biasa terjadi karena perceraian. Keluarga Non-Tradisional : 1) The unmarried teenage mother  keluarga yang terdiri dari orang tua (terutama ibu) dengan anak dari hubungan tanpa pernikahan. tetapisalah satu kota tersebut sebagai tempat tinggal dan orang tua yang bekerja diluar kota bisa berkumpul dengan keluarga pada saat akhir pecan. 6) The single parent family (keluarga duda/janda)  keluarga yang terdiri dari satuorang tua (ayah/ibu) dengan anak.Keluarga Tradisional : 1) The nuclear family (keluarga inti) 2) The dyad family  keluarga yang terdiri dari suami dan istri (tanpa anak) yang hidup bersama dalam satu rumah. 3) Keluarga usila  Keluarga yang terdiri dari suami istri yang sudah tua dengan anak yang sudah memisahkan diri. 9) Kin-network family  beberapa keluarga inti yang tinggal dalam satu rumah atau saling berdekatan dan saling menggunakan barang-barang dan pelayanan yang sama. 8) Multigeneration family  keluarga dengan beberapa generasi atau kelompok umur yang tinggal ersama dalam satu rumah. 7) Commuter family  kedua orang tua bekerja di kota yang berbeda. 4) The childless family  Keluarga tanpa anak karena terlambat menikah dan untuk mendapatkan anak sudah terlambat waktunya. 2) The stepparent family  keluarga dengan orang tua tiri. seperti perceraian atau ditinggal mati. 10) Blended family  keluarga yang dibentuk oleh duda/janda yang menikah kembali dan membesarkan anak dari pernikahan sebelumnya. 11) The single adult living alone (single adult family)  keluarga yang terdiri dari orang dewasa yang hidup sendiri karena pilihannya atau perpisahan (separasi). yang disebabkan karena mengejar karier/pendidikan yang terjadi pada wanita. 5) The extended family (keluarga besar)  keluarga yang terdiri dari tiga generasi yang hidup dalam satu rumah seperti nuclear family. kematian dan ditinggalkan (menyalahi hokum pernikahan). .

9) Foster family  Keluarga menerima anak yang tidak ada hubungan keluarga/saudara dalam waktu sementara. 11) Gang  Sebuah bentuk keluarga yang destruktif. dari orang-orang muda yang mencari ikatan emosional dan keluarga yang mempunyai perhatian.3) Commune family  beberapa pasang keluarga (dengan anaknya) yang tidak ada hubungan saudara. 10) Homeless family  Keluarga yang terbentuk dan tidak mempunyai perlindungan yang permanen karena krisis personal yang dihubungkan dengan keadaan ekonomi dan atau problem kesehatan mental. berbagi sesuatu. sumber dan fasilitas yang sama. 8) Group network family  Keluarga inti yang dibatasi oleh set aturan/nilai-nilai. tetapi berkembang dalam kekerasan dan kriminal dalam kehidupannya. yang hidup bersama dalam satu rumah. 5) Gay and lesbian families  seseorang yang mempuyai persamaan sex hidup bersama sebagaimana pasangan suammi istri (marital partners). yang merasa telah saling menikah satu dengan yang lainnya. pelayanan dan bertanggung jawab membesarkan anaknya. 6) Cohabitating couple  orang dewasa yang hidup bersama diluar ikatan pernikahan karena beberapa alasan tertentu. 4) The normarital heterosexual cohabiting family  keluarga yang hidup bersama berganti-ganti pasangan tanpa melalui pernikahan. 7) Group marriage family  Beberapa orang dewasa yang menggunakan alat-alat rumah tangga bersama. hidup berdekatan satu sama lain dan saling menggunakan barang-barang rumah tangga bersama. pengalaman yang sama. . termasuk sexual dan membesarkan anaknya. pada saat orangtua anak tersebut perlu mendapatkan bantuan untuk menyatukan kembali keluarga yang aslinya. sosialisai anak dengan melalui aktivitas kelompok.

2012. Siti Hartinah DS.com/2012/11/definisi-fungsi-dan-bentukkeluarga.DAFTAR PUSTAKA DR. . Effendy Drs.kajianpustaka. Konseling Keluarga Badan Penerbitan Tagal : Universitas Pancasakti Riadi.html#ixzz2O4EG1HiW Nasrul. http://www. Dasar-dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Hj. Muklisin. 2009. Pengertian Keluarga. Jakarta: EGC. MM.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful