Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …..

 I. PERKEMBANGAN BENTUK BUMI

Nama:……………kelas:

Teori terbentuknya susunan benua di muka bumi: 1. Teori Kontraksi (Contraction Theory) 2. Teori apungan benua (Continental Drift) 3. Teori Arus Konveksi (Convection Zone) 4. Teori Pergeseran Dasar samudera (Ocean Flour Spreading) 5. Teori lempeng tektonik (Plate Tectonic Theory) 1. Teori Kontraksi (Contraction Theory), 1596 – 1650 oleh Descartes, dilanjutkan oleh Suess (1831 – 1914) Menurut Rene Descartes, bumi mengalami pendinginan dalam jangka waktu yang sangat lama. Massa yang panas bertemu dengan udara dingin membuatnya mengerut. Zat yang berbeda-beda menyebabkan pengerutan yang tidak sama antara satu tempat dengan tempat yang lain, sehingga ini menjadi penyebab terjadinya pengerutan itu tidak sama bentuknya di setiap daerah, sehingga terbentuk gunung dan lembah. Teori ini banyak dikritik, karena tidak mungkin penurunan suhu (pembentuk pegunungan dan lembah) berlangsung sangat drastis. Kenyataannya, di dalam bumi masih terdapat unsur pijar dan lapisan bumi yang terus mengalami pergerakan. Terbentuknya tanggul dasar samudera terdapat di tempat dua lempeng merenggang. Terbentuknya tanggul itu akibat produk vulkanisme yang bertumpuk sepanjang celah. Tanggul seperti itu terdapat di Lautan Atlantik, memanjang dari dekat Kutub utara samapai mendekati kutub Selatan. Celah ini menjadikan benua Amerika bergerak saling menjauh dengan benua Eropa dan Afrika. Di Samudera Pasifik terdapat tanggul di bagian Tenggara samudera ini, membujur ke Utara sampai ke teluk California. Di bagian Selatan Samudera Hindia, tanggul seperti itu memanjang dari barat ke Timur, mendorong lempeng dasar Samudera Hindia atau lempeng Indo-Australia kea rah utara . Pergeseran lempeng tsb mendorong anak benua India yang berasal dari dekat Antarktika bertabrakan dengan lempeng benua Asia dan menyebabkan pembentukan Pegunungan Himalaya. (http://geografi161.blogspot.com/2008/10/sejarah-perkembangan-muka-bumi.html) a. Di 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. daerah dua lempeng saling bertumbukan, terjadi beberapa fenomena yaitu : Lempeng dasar samudera menunjam ke bawah lempeng benua Terbentuk palung laut di tempat tumbukan itu Pembengkakan tepi lempeng benua yang merupakan deretan pegunungan Terdapat aktivitas vulkanisme, intrusi, dan ekstrusi Merupakan darah hiposentra gempa dangkal dan dalam Penghancuran lempeng akibat pergesekan lempeng Timbunan sedimen campuran yang dalam geologi disebut batuan bancuh ( mélange, bhs Perancis)

b. Di 1. 2. 3.

daerah dua lempeng saling menjauh terdapat beberapa fenomena, seperti : Perenggangan lempeng yang disertai pertumbukan kedua tepi lempeng tersebut Pembentukan tanggul dasar samudera di sepanjang tempat perenggangan lempeng Aktivitas vulkanisme laut dalam yang menghasilkan lava basa berstruktur bantal dan hamparan leleran lava encer 4. Aktivitas gempa di dasar laut dan sekitarnya. (geografi161.blogspot.com/2008/10/sejarah-perkembangan-muka-bumi.html)

2. Teori apungan benua ( the theory of continental drift) , 1912, Alfred Lothar Wegener Muka bumi selalu mengalami perubahan atau perkembangan, dan terus berlangsung hingga kini.

SMAK Immanuel Th 2012/2013

by Eka Widjajanti

Page 1

Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …..

Nama:……………kelas:

Hal ini ditunjukkan dengan adanya pergerakan/pergeseran daratan ( benua). Celah yg terbentuk di Atlantik, Samudera Hindia, dan lautan sebelah selatan, bukan disebabkan oleh bencana, tapi terjadi secara bertahap dan perlahan dalam cakupan massa geologi. Jika dirunut pada sejarah masa lalu, mula-mula bumi terdiri dari satu benua tunggal, yg disebut Pangaea. Jutaan th yg lalu, Pangaea terpecah-pecah, mengapung secara perlahan dan menduduki posisinya saat ini. Greenland bergerak menjauhi daratan Eropa dg kecepatan yg dpt diukur. Dengan demikian, benua-benua yang besar ( supercontinent) yang oleh Eduard Suess diberi nama Laurasia ( di bagian Utara) dan Gondwana land ( di bagian Selatan). Lautan besarnya bernama equator. Rotasi bumi juga diduga menimbulkan kekuatan yg mendorong benua-benua ke arah khatulistiwa (equator) dan belahan Bumi barat. Inti dari teori ini adalah : 1. Adanya persamaan yang mencolok antara garis kontur pantai timur Benua Amerika Utara dan Selatan dengan garis kontur pantai Barat Eropa dan Afrika. Kedua garis yang sama tsb dahulu merupakan daratan yang berimpitan. Formasi geologi di sepanjang pantai Afrika barat dari Sierra leone sampai Tanjung Afrika Selatan sama dengan apa yang ada di pantai Timur Amerika, dari Peru sampai Bahia Blanca. 2. Daerah Greenland sekarang ini bergerak menjauhi daratan Eropa dengan kecepatan 36 m/th, sedangkan kep. Madagaskar menjauhi Afrika Selatan dengan kecepatan 9 m/th. Menurut Wegener, benua-benua yg sekarang ini,dahulunya adalah satu benua yang disebut Benua Pangea. Benua tunggal ini memecah karena gerakan benua besar di selatan kea rah barat maupun ke utara menuju khatulistiwa. Hal ini mengakibatkan terjadi ; a. Bentangan – bentangan samudera dan benua-benua mengapung sendiri-sendiri b. Samudera Atlantik menjadi semakin luas karena Benua Amerika masih terus melangsungkan gerakannya kea rah barat. Dengan demikian terjadi lipatan-lipatan kulit bumi yang menjadi jajaran pegunungan utara-selatan, yang terdapat di sepanjang pantai Amerika utara Selatan c. Adanya kegiatan seismic yang luar biasa di sepanjang patahan St Andreas, dekat pantai barat Amerika Serikat. d. Batas Samudera Hindia makin mendesak ke utara. Anak benua India semula diduga agak panjang, tetapi karena gerakannya ke utara maka India makin menyempit dan makin mendekat ke benua Eurasia. Proses ini menimbulkan lipatan peg. Himalaya. Benua-benua sekarang ini pun masih terus bergerak, dapat dibuktikan dengan makin melebarnya celah yang terdapat di alur-alur dalam samudera.

Bukti Paleoiklim

Wegener menyertakan bukti-bukti paleoklimatologi pada bukunya yang ke empat. Suatu lapisan batuan yang diendapkan dapat menunjukan iklim lokasi pada saat batuan terebut diendapkan. Keberadaan glacier, keberadaan lapisan batubara yang mengindikasikan iklim tropis basah, serta

SMAK Immanuel Th 2012/2013

by Eka Widjajanti

Page 2

Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …..

Nama:……………kelas:

keberadaan lapisan garam dan gipsum yang mengindikasikan iklim padang dari berbagai benua sepanjang Karbon dan Perm lalu dipetakan (Gambar 2).

Bukti Paleontologi

Sebelum Wegener, para ahli paleontologi pernah mengumpulkan data yang memperlihatkan keserupaan flora dan fauna dari Benua Amerika Selatan dan Benua Afrika. Data-data tersebut memberikan bukri bahwa memang ada gabungan benua sehingga adanya keserupaan flora dan fauna di kedua benua tersebut (Gambar 3).

Teori ini merupakan awal timbulnya teori lempeng tektonik

3. Teori Arus Konveksi (Convection Zone) Arus Konveksi sebagai Tenaga Pengerak Lempeng Hubungan arus konveksi dan gerakan benua. Hipotesa pengapungan benua Wegener diteliti lebih lanjut oleh Arthur Holmes dan Alexander du Toit. Keduanya menggunakan dinamika arus konveksi untuk menjelaskan mekanisme penyebab gerakan benua. Du Toit menerangkan arus konveksi sebagai mekanisme penyebab peregangan

SMAK Immanuel Th 2012/2013

by Eka Widjajanti

Page 3

Mekanisme ini akan mempercepat arus konveksi sehingga terbentuknya pengunungan di sekitar batas benua terhadap kerak samudra. SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 4 . Sedangkan Holmes menyatakan bahwa kerak samudra yang semakin tua semakin berat akan menyusup ke bagian bawah kerak benua sehingga menyebabkan terbentuknya palung (Gambar 7). Nama:……………kelas: kerak benua yang mengasilkan sistem rift (dan kita menjadi tahu mengapa pada cekungan samudra lazim terdapat blok-blok sesar turun).Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. dan pelipatan yang menghasilkan pegunungan lipatan (Gambar 6).. sistem kompresi.

Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. thorium.. Peluruhan radioaktif secara alamiah terjadi pada unsur-unsur kimia seperti uranium. Tenaga penggerak arus konveksi Nama:……………kelas: Pada masa Wegener. Slab suction SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 5 . J. yaitu dari peluruhan radioaktif dan panas residual. Panas di dalam bumi mungkin dapat berasal dari dua sumber utama. arus konveksi terjadi berskala besar di mantel atas disalurkan melalui asthenosfer sehingga pergerakan didorong oleh gesekan (shearing) antara asthenosfer dan litosfer (Gambar 5). dan sebagainya dan akan meglepaskan energi panas yang secara lambat bermigrasi ke permukaan bumi. Panas residual merupakan energi gravitasi yang tersisa sejak masa pembentukan bumi melalui proses kompresi debu kosmis. Dalam hal ini. baik pada permukaan maupun bagian dalamnya dan sejak saat itu berbagai model dari arus konveksi telah dibuat. Mekanisme dari arus konveksi diperkirakan mirip dengan mekanisme konveksi ketika pemanasan air pada panci dilakukan (Gambar 8). kebanyakan ahli geologi percaya bahwa bumi kita bersifat padat dan terdiri dari bagian-bagian yang tidak dapat bergerak. Tetapi beberapa dekade kemudian. Arus konveksi bergerak ke mantel atas melalui bagian tengah dari kerak benua dan lama kelamaan membentuk zona pemekaran antarbenua (Gambar 7. Tuzo Wilson (1968) menyatakan “bumi adalah benda yang hidup dan bergerak”. Gambar 9: ridge). tetapi mekanisme yang memungkinkan bahwa panas ini dapat terkonsentrasi pada daerah-daerah tertentu lalu menciptakan arus konveksi masih belum dapat dijelaskan dengan baik. Basal Drag Basal Drag merupakan istilah gerakan lempeng yang disebabkan oleh arus konveksi. Peluruhan radioaktif merupakan proses spontan yang terjadi ketika suatu isotop mengalami kehilangan partikel-partikel dari nukleusnya lalu membentuk isotop dari unsur yang lainnya. Konveksi pada interior bumi hanya dapat berlangsung jika terdapat sumber panas yang cukup.

Slab suction mempercepat gerakan lempeng yang awalnya disebabkan oleh basal drag. Mekanisme Penyebab Gerakan Lainnya Dalam studi yang dipublikasikan pada edisi Januari-Februari 2006 dari buletin Geological Society of America. Nama:……………kelas: Arus konveksi lokal memberikan tarikan ke bawah pada lempeng di daerah penunjaman di palung (trench) (Gambar 9). dan slab pull. Slab suction ini bisa terjadi dalam kondisi geodinamik dimana basal drag terus bekerja pada lempeng lempeng tersebut memasuki mantel. Ada tiga penggolongan utama batas lempeng dari cara interaksi lempenglempeng tersebut bergerak relatif terhadap satu sama lain (Gambar 10). Slab pull sebagai Mekanisme Penggerak Lempeng Holmes (1944) menyatakan bahwa lempeng samudra yang semakin tua akan mengalami pertambahan berat berat. Diduga Venus dan Mars tidak memiliki lempeng tektonik disebabkan karena ketidakadaan bulan di Venus dan kecilnya ukuran bulan Mars untuk memberi efek seperti pasang seperti di Bumi. • Batas transform SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 6 . dan bergeser. Slab pull sendiri sangat mungkin menjadi salah satu gaya terbesar yang bekerja pada lempeng. Gerakan lempeng-lempeng dapat terjadi karena gabungan dari basal drag. bergabung. sebuah tim ilmuwan dari Italia dan Amerika Serikat berpendapat bahwa komponen lempeng yang mengarah ke barat berasal dari rotasi Bumi dan gesekan pasang bulan yang mengikutinya. Ketiganya juga dapat berperan untuk membentuk zona regangan di tengah lempeng yang memungkinkan terbentuknya terjadinya pemekaran.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. Sehingga gerakan lempeng juga mungkin disebabkan oleh berat lempeng yang mendingin dan memadat yang turun ke mantel di palung samudera (Gambar 9).. Tiga jenis batas lempeng Berbagai mekanisme yang ada dapat menyebabkan lempeng-lempeng yang ada saling berpisah. meskipun sebetulnya tarikan lebih banyak bekerja pada kedua sisi lempengan. slab suction.

Mid oceanic ridge dan zona rifting yang aktif adalah contoh batas divergen. SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 7 . Contoh dari batas lempeng ini adalah Sesar San Andreas di California (Gambar 11). • Batas divergen Batas ini terjadi ketika dua lempeng bergerak menjauh satu sama lain.. Gerakan relatif kedua lempeng bisa sinistral atau dekstral. Nama:……………kelas: Batas ini terjadi jika lempeng bergerak dan mengalami gesekan satu sama lain secara menyamping di sepanjang sesar transform (transform fault).Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences ….

Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. Nama:……………kelas: • Batas konvergen Batas konvergen terjadi jika dua lempeng saling bergerak mendekati satu sama lain sehingga membentuk zona subduksi jika salah satu lempeng bergerak di bawah yang lain atau kolisi jika kedua lempeng mengandung kerak benua (Gambar 13). Aktivitas vulkanik dan palung laut dapat muncul pada zona subduksi sebagai hasil interaksi konvergensi dari kedua lempeng.. Contoh batas konvergen dapat dilihat di busur api dunia (ring of fire) (Gambar 14). Lempeng Tektonik Dunia SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 8 .

site90. Lempeng Nazca. (http://afrogeonesa.Australia. Misalnya Pulau Jawa yang merupakan bagian dari Lempeng Mikro Sunda yang merupakan bagian dari Lempeng Eurasia memiliki bagian timur (~Jawa Timur) yang berasal dari belahan bumi selatan (masih satu bangsa dengan Australia) yang mulai menumbuk Jawa Tengah pada Kala Eosen Akhir dan berkolisi pada Kala Oligosen. meliputi kontinen Antartika dan lempeng lautan Antartika Lempeng Indo . Siklus Wilson SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 9 . Nama:……………kelas: Berikut ini merupakan lempeng-lempeng tektonik utama di dunia: • • • • • • Lempeng Afrika. meliputi Samudera Pasifik. Lempeng Amerika . Sebenarnya tiap lempeng itu biasanya tersusun oleh beberapa lempeng kecil yang sudah berkolisi (bergabung) dan saling mengunci sehingga batas antar lempeng-lempeng kecil tersebut tidak aktif lagi. meliputi Amerika Utara.. Lempeng Cocos. meliputi Australia bagian barat (merupakan satu kesatuan dengan India dan Antartika pada Jura Akhir) dan lempeng Lautan Hindia. meliputi Afrika. Lempeng Juan de Fuca. setengah bagian barat Lautan Atlantik dan Siberia timur laut. Lempeng Arabia. Lempeng Karibia. dan Lempeng Scotia. dan barat laut Lautan Hindia Lempeng Antartika.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. dan Eropa.html) Lempeng-lempeng penting lain yang lebih kecil mencakup Lempeng India. Lempeng Pasifik. Lempeng Eurasia.termasuk Indonesia. meliputi Asia dan daerah pinggirannya. Lempeng Filipina. Amerika Selatan.com/1_5_Materi. setengah bagian timur Lautan Atlantik.

Tahap 3: Tahap akhir.wordpress. Batas subduksi baru di dekat batas benua mengakibatkan busur kepulauan gunungapi bertumbukan dengan benua. Berikut ini merupakan tahapan-tahapan dalam siklus Wilson. Tahap 4a: Penutupan samudra dimulai dengan pembentukan batas subduksi baru pada lempeng samudra. ketika air bukaan rift terhubung dengan lautan maka disebut dengan teluk). Tahap 5: Konvergensi busur kepulauan. terbentuk teluk sempit (biasanya danau terlebih dahulu..com/2010/10/12/dari-apungan-benua-sampai-arus-konveksi/ 4. http://weiminhan. Tahap 2: Tahap awal.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. Tahap 6: Konvergensi benua-benua menghasilkan pegunungan. Teori Pergeseran Dasar samudera (Ocean Floor Spreading). Nama:……………kelas: Siklus Wilson (Gambar 16) merupakan suatu siklus yang menggambarkan interaksi antar lempeng mulai dari pemekaran suatu lempeng sampai pada tahap kolisi yang menyebabkan lempeng yang terpisah karena pemekaran tersebut bergabung lagi. Tahap 4b: terbentuk busur kepulauan gunungapi di dekat batas subduksi. membentuk rift valley (dengan blok-blok sesar normal/turunnya) yang merupakan embrio samudra. samudra luas dengan passive continental margin di kedua sisi. • • • • • • Tahap 1: continental rifting dimulai. Robert Diezt SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 10 .

serta terdiri dari litosfer benua dan samudra. SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 11 . Litosfer adalah bagian bumi yang terdiri dari kerak dan mantel atas bagian atas (Gambar 4) Ukuran dari lempeng tektonik dapat beraneka ragam dengan ketebalan yang berkisar antara 15km pada litosfer samudra muda sampai sekitar 200km pada litosfer benua tua. sedangkan bagian lainnya akan masuk kembali ke dalam dan bercampur dengan materi di lapisan itu..site90. sedangkan teori lempeng tektonik menyatakan bahwa benua ibarat rakit yang membeku dalam es dari suatu arus yang mengalir ( kerak bumi dan litosfer yang mengapung di atas astenosfer dianggap satu lempeng yang saling berhubungan). Teori lempeng tektonik (Plate Tectonic Theory). Nama:……………kelas: Teori ini merupakan hasil pengembangan dari teori Konveksi.benua terus bergerak melewati dasar laut. 1956-1967 Wegener menyatakan bahwa benua. abad 20. berbentuk iregular.com/1_5_Materi. Aliran arus konveksi yang keluar dari punggung laut menyebar ke kedua sisinya. Lempeng Tektonik adalah bagian terluar dari bumi yang bersifat masif. baik oleh ahli-ahli aliran “fixist” ataupun pendukung teori apungan dunia. http://afrogeonesa.html 5. Istilah Lempeng Tektonik tampaknya belum popular pada pada saat teori apungan benua diperkenalkan. dan padat.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. pada saat itu istilah yang umum digunakan adalah kerak. Daerah tempat masuknya materi tersebut merupakan patahan yang ditandai dengan adanya palung laut dan pulau vulkanis. Penelitian topografi dasar laut menemukan bukti-bukti tentang terjadinya pergeseran dasar laut dari arah punggung dasar ke kedua sisinya.

Nama:……………kelas: Teori tektonik lempeng merupakan pengembangan dari teori pengapungan benua Wegener. Panas yang menggerakkan itu berasal dari inti bumi Teori ini berkaitan dg struktur lapisan bumi. yang merupakan lapisan lunak dan pejal. Teori ini menggambarkan lempeng-lempeng yang berupa litosfer samudra dan benua yang berada di atas astenosfer. magma akan membeku hingga dapat menyatukan lempeng. menaikkan.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. http://weiminhan. Gerakan terus menerus dari magma pada lapisan mantel disebut arus konveksi.com/2010/10/12/dari-apungan-benua-sampai-arus-konveksi Panas membuat batuan meleleh menjadi batuan cair bersuhu tinggi disebut magma. Magma pada lapisan mantel dapat menyebar. jika suhu turun. yaitu 1. Struktur utama lapisan bumi ada 3.wordpress. Struktur lapisan bumi Bumimerupakan sebuah bola yg terdiri dari lapisan.serta selalu bergerak. terutama lapisan lempeng. Mantel bagian atas yang memiliki temperatur tinggi dan dapat mengalir (plastis). Lapisan kerak bumi.lapisan ygmemiliki kharakteristik sendiri yg turut berpengaruh dlm proses perkembangan muka bumi. SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 12 . mendorong lempeng hingga terpecahpecah.lempeng kembali .. Lempeng-lempeng tersebut bergerak di atas astenosfer melaluri “shearing motion” (Gambar 5). Lapisan selubung 3.Lapisan inti 2.

Dibandingkan lapisan lain.. tebalnya ± 120 km. merupakan lapisan plastis. Lap sima terdapat di bawah lapisan sial berdekatan dg lapisan asthenosfer dan mantel atas. berbentuk cair sepanjang waktu(magma). kaku. magnesium ( sima).470 km. Lap sial adl lap teratas drseluruhlapisan. suhu 15001300oC .800 oC Lapisan inti luar beradadi atas lapisan inti dalam. Lapisan kerak bumi (Litosfer) Merupakan lapisan teratas. dan unsur lain. tebalnya ±2230 km. dibedakan atas kerak benua dan kerak samudra. pada bagian dasar laut (lempeng samudra) ± 5-10 km---> gb penampang litosfer pd bag benua n samudra SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 13 . Ketebalan bumi bervariasi. Lapisan ini bersifat elastis dg ketebalan± 65 km.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. di mana ukuran panjang dan lebarnya lebih besar dar pada ketebalannya. setiapmasuk 100 m meningkat 1oC Terdiri atas lapisan inti dalam dan lapisan inti luar Lapisan inti dalam. suhu 3000-1500 oC . Nama:……………kelas: ( Gambar struktur lapisan bumi) Lapisan inti (Barysfer) Terdiri atas lapisan padat nikel. disebut mantel.2 .lapisan peralihan di antara keduanya.900oC Lapisan selubung (Pyrosfer) Merupakan lapisan antara. makin ke dalam makin tinggi. disebut lPisan kerak bumi. aluminium ( sial) di atasnya.terdiri dari lapisan dg komposisi : silicium. shg disebut lempeng bumi.dan lapisan silicium . pada bagian daratan (lempeng benua) rata-rata ± 30 -40km. Massa jenisnya berkisar antara 8. litosfer paling tipis. Pada lapisan ini batuan cair bersuhu tinggi (magma) selalu aktif bergerak. mangan. suhu mencapai ± 3. lempengseluas bumi ini hanya memp ketebalan ratarata ±70 km. terdiri dari: . tebalny +/-35 km. yaitubag terdalam bumi berbentuk bola berdiameter ± 3. Tebal mantel ±1700 km. bersifat padat.10 gr/cm3 Suhu lapisan dipengaruhi oleh panas magma bumi. bersifat padat dengan suhu mencapai ±4.selubungbawah (mesosfer). besi..selubung atas ( asthenosfer ).

sementara litosfer benua memiliki kedalaman 40200 km. tetapi SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 14 .html) Litosfer samudra memiliki ketebalan 50-100 km.com/2011/03/2-jenis-litosfer. Kerak benua dibedakan dengan lapisan mantel-----> gambar arus konveksi yang terjadi pada lapisan mantel..blogspot. Lempeng /kerak bumi merupakan batuan bersifat kaku dan keras.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. Lempengan yang muncul di atas permukaan laut disebut lempeng/kerak samudera. kulit bumi menjadi retak-retak dan pecah jadi beberapa lempengan. Nama:……………kelas: Notes:( http://praktektik2011. Akibat adanya gerak-gerak penyusutan dibarengi rotasi bumi. Arus konveksi yang berlangsung karena pengaruh panas inti bumi. terjadi secara lambat.

Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. sehingga dalam masa jutaan tahun bentuk dan posisi lempeng.lempeng tersebut sudah berbeda. Afrika n Amerika Selatan mulai terpisah dan membentuk asal usul Atlantik Selatan. Afrika bergerak meninggalkan Semenanjung Arab. 135 juta th lalu 3. Madagaskar terpisah dari Afrika. 65 juta th lalu: Amerika Selatan terpisah dari Afrika. Di bag selatan. Australia masih tergabung dengan Antartika. India bergerak ke utara mengarah Asia. celah antara Amerika Utara dan Afrika yang menimbulkan benua bagian Utara (Laurasia). bagian selatan dari Atlantik Utara menjadi lebar. SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 15 . Sekarang 180 juta th lalu: Terjadi penyimpangan benua yang ada dipicu oleh 2 celah utama. 65 juta th lalu 4. Amerika Selatan dan Amerika Utara menyatu. dan celah yang memisahkan benua utama kedua Gondwanaland menjadi India di sisi Utara dan secara bersamaan memisahkan Amerika Selatan dan Afrika dari Australia dan Antartika 135 juta th lalu: Gondwanaland dan Laurasia terus menyimpang ke arah Utara. dan Atlantik Selatan muncul sebagai lautan penuh. Sekarang : Pergerakan India ke Utara bertumbukan dan menyatu dengan Asia menghasilkan Pegunungan Himalaya. dan Australia terhanyut ke Utara meninggalkan Antartika. Nama:……………kelas: kekuatannya luarbiasa. ----->-gb ilustrasi gerakan benua dr masa ke masa Pembagian periode masa : 1. Pada masa ini Greenland terpisah dari Eurasia. ditunjukkan oleh adanya pelebaran celah Laut Merah.. 180 juta th lalu 2.

lempeng Philipina .lempeng Eurasia .lempengKaribia Arah gerakan lempeng bervariasi. dan saling menjauhi ------> gb arah gerakan lempeng..lempeng Kokos . subduksi dan pelebaran samudera Gambar zona subduksi SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 16 .lempeng Afrika . saling mendekati. Dalam perkembangannya lempeng kerak bumi yang tipis itu terpecah menjadi 12-15 lempeng tektonik besar dan kecil.lempeng Arabia .lempeng Pasifik .lempeng Indo-Australia .lempeng Amerika Utara . Nama:……………kelas: Kecepatan pergerakan lempeng mencapai 1 meter per tahun.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences ….lempeng Nazka .lempeng yg lebih kecil : .lempeng Antartika Lempeng. 7 lempeng besar / lempeng utama penyusun litosfer: .lempeng Amerika Selatan .

---->gb. Pada batas antara dua lempeng yang bergerak saling menjauh dapat terjadi fenomena pelebaran dasar samudera ( sea floor spreading). Laut Filipina.Bentukannya dinamakan tanggul dasar samudera (mid . Gerakan divergen pd lempeng eurasia n lempeng Amerika Utara. Iceland dan gunung-gunung api bawah laut.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. Setelah kedua lempeng saling menjauh. Contoh gerak divergen : sepanjang batas antara lempeng Amerika Utara dengan Lempeng Eurasia dan lempeng Afrika. yaitu : 1. Divergen 2. Bentukannya berupa Mid-Atlantic Ridge. Kecepatan pelebaran dasar samudra dapat mencapai ± 4-6 cm per tahun. Jika proses ini terjadi antara 2 lempeng samudera disebut bentangan dasar laut. Nama:……………kelas: -----> gb gerakan lempeng divergen. Divergen : Dua lempeng saling menjauh. material lebur panas dari lapisan mantel akan naik mengisi celah yang terbentuk.. juga terbentuk pulau-pulau vulkanik dan gunung api bawah laut. yaitu kep. geseran Bentuk gerakan lempeng tektonik ada 3. Geseran. Konvergen 3.oceanic ridge). Selain fenomena itu. Jepang berada di pertemuan empat lempeng tektonik. Pada bagian batas antara lempeng America Utara dan Eurasia terdapat bentukan berupa pulau vulkanik. material lebur yang naik akan dingin dan membeku di dekat permukaan bumi dan menjadi bagian dari litosfer. batas ini disebut batas konstruktif. Amerika Utara dan Pasifik. konvergen. yang bergerak setiap saat SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 17 . yaitu lempeng Eurasia.

( zone subduction / zona subduksi : daerah di mana lempeng samudera menunjam ke lempeng benua). Saat tumbukan. sebagian lempeng samudera dalam asthenosfer akan melebur menghasilkan magma. tiap tumbukan memiliki kharakteristik tersendiri dan menghasilkan bentukan yg beda. 1. Ada 3 jenis tumbukan antara 2 lempeng tektonik. Daerah persentuhan antara kedua lempeng disebut subduction zone.. lempeng samudera akan menekuk dan menunjam ke bagian bawah lempeng benua dengan sudut kemiringan tertentu. Massa yg ringan akan menyebabkan magma naik ke atas melaui celah/ retakan pd lempeng benua menghasilkan batuan beku di bawah permukaan bumi. Subduksi biasanya berjalan tidak lancar dan terjadi secara mendadak dan mengejutkan. yang menyebabkan terjadi gempa bumi. Gempa bumi terjadi jika gelombang udara bergerak cepat dan melewati kerak bumi. dikenal juga sbg tumbukan lempeng. Hasil tumbukannya berupa palung laut sepanjang pantai Peru dan Chili (Peru-Chile Trench) serta jalur pegunungan berapi Andes di Amerika Selatan bagian barat. ( lempeng bergerak saling bergerak ke depan). Sedangkan di atas permukaan bumi akan menghasilkan gunung berapi. Pada saat terjadi tumbukan. Proses tsb disebut penunjaman (subduction).Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. Konvergen : Dua lempeng saling mendekat. Nama:……………kelas: Dalam foto ini plat Amerika di sebelah kiri dan lempeng Eurasia di sebelah kanan. sedangkan lempeng benua lebih tebal tetapi kurang rapat. Setelah terjadi peristiwa tumbukan pd subduction zone tsb terbentuk palung laut. Contoh : tumbukan lempeng Nazka yg bergerak ke timur dengan lempeng Amerika Selatan yang bergerak ke barat. Tumbukan antara lempeng samudera dg lempeng benua Lempeng samudera lebih tipis dan rapat. -----> gb tumbukan lempeng Nazka dan lempeng Amerika Selatan SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 18 .

terjadi tumbukan antara lempeng India dan lempeng Eurasia 45 juta th lalu. salah satu lempeng lebih ringan dibandingkan asthenosfer di bawahnya. Dalam beberapa kasus subduksi. Indonesia. and always landward of. terlihat seperti deretan pulau yang disebut busur-busur pulau (island areas). Geseran. lempeng benua yang terdapat di antara dua lempeng ini akan rusak. atau bentuk palung laut yang dalam (trench). The trenches are shown in bluegreen. sedangkan lainnya terlalu tebal sehingga tak dapat didorong.pergerakannya menyentak dan mendadak dan menyebabkan gempa bumi. ) 3. the trenches. Ini yang disebut batas destruksi. dapat membentuk pegunungan berapi di dasar samudera. terjadi lekukan yang membentuk jalur pegunungan. Contoh :Himalaya. Tumbukan antara dua lempeng benua. karena setiap lempeng terus berinteraksi dan pada suatu saat akan terjadi ketidakstabilan karena terjadi penumpukan energi. Terjadi jika ujung-ujung lempeng yang berdekatan saling mendorong. are parallel to. terkadang material leleh ekstra ini meninggalkan mantel dan membentuk gunung api. Ketika 2lempeng dapat saling berpapasan dan terjadi pergeseran pada ujungujungnya. a zone of frequent earthquakes and volcanic eruptions. Akibatnya. Jika pegunungan tsb cukup tinggi dan muncul di permukaan laut.lahan di bawah batuan leleh yang terdapat di lempeng benua. lempeng samudra akan terbenam perlahan. India Barat di Atlantik. Hal ini bisa terjadi di zona subduksi maupun zona sesar aktif. lempeng yang satu akan menunjam ke bawah lempeng lainnya. Marianas. For example. Ketika 2 lempeng samudera bertumbukan. The volcanic island arcs. membentuk suatu patahan (transform fault).Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. 2. Filipina. Cincin api (Volcanic arcs and oceanic trenches partly encircling the Pacific Basin form the so-called Ring of Fire. Jang. Lempeng-lempeng yang bergerak dengan cara ini membentuk batas SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 19 Anatolian Plate . the island arc associated with the Aleutian trench is represented by the long chain of volcanoes that make up the Aleutian Islands. Nama:……………kelas: Sifat gempa berulang.. Contoh: busur yang membatasi sisi Asia Pasifik yaitu Aleutians.Tumbukan antara dua lempeng samudera. although not labeled.

Gejala yg timbul oleh gerakan lempeng . yaitu vulkanisme dan seisme. salah satu lempeng menunjam ke bawah lempeng lain. SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 20 . Pada geseran antara dua lempeng dapat menimbulkan patahan. Fault San Andreas terbentuk oleh geseran lempeng Amerika Utara ( lempeng benua) dan Lempeng Pasifik (lempeng samudera). Terjadinya pelipatan dan pematahan kerak bumi. patahan dapat lebih sering terjadi. Bumi terpisah dari bagian lain.gunung di muka bumi terutama terbentuk akibat lipatan atau patahan yg terjadi karena adanya gerak konvergen dan geseran. Oleh gerakan magma/ arus konveksi pada mantel bumi. Gunung. menyebabkan terjadinya lipatan dan patahan muka bumi.lempeng tektonik dapat mengalami dorongan secara vertikal. 1906. North Anatolian Fault Dampak pergerakan lempeng tektonik: 1. Contoh: Fault San Andreas di California (AS) dan Fault Antolian di Turki. lempeng. a.. persebaran gunung api dan gempa di muka bumi.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. Daerah dengan batuan sedimen. dan jika yg didorong lebih tebal maka lempeng yg lebih tipis akan tertekuk dan terlipat membentuk pegunungan lipatan dan barisan pegunungan. Nama:……………kelas: konservatif. menimbulkan bencana gempa San Fransisco .Pada gerak konvergen. menimbulkan patahan-patahan shg satu bagian kerak.

Gunung api : tempat di muka bumi yang masih mengeluarkan magma. Terjadinya gejala seisme pulau Krakatau Gerakan lempeng disertai dengan pelepasan energi yang menimbulkan getaran. Pegunungan Ural adalah salah satu dari barisan pegunungan yang paling tua dan masih bertahan. Gunung dan jalur pegunungan dibentuk oleh aktivitas pergeseran lempeng.. Aktivitas pergerakan lempeng. Mereka terbentuk di akhir dari periode Carboniferous. SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 21 . dan muncul ke permukaan bumi melalui penyusupan pada retakan atau melalui pipa letusan. sering disebut dengan Ural atau Pegunungan Riphean dalam bahasa Greco-Roman. Aktivitas magma juga menghasilkan kepulauan Tau pulau -pulau vulkanik. di Jepang. Nama:……………kelas: b. menimbulkan celah sehingga magma dari lapisan mantel akan naik melalui celah tsb. menghasilkan magma. Pegunungan terbentuk karena adanya lipatan. a. Akibatnya daerah labil pada lapisan kulit bumi mengalami perubahan letak. ketika sebuah benua yang terdiri atas Siberia bertabrakan dengan benua super yang memiliki tanah terbesar saat itu: kombinasi dari Laurasia (Eropa dan Amerika Utara) dan Gondwana. benua Afrika dan Australia hanya memiliki sedikit gunung . adalah barisan rantai pegunungan yang menjalar ke bagian utara dan selatan melewati bagian barat Rusia. .batas antar lempeng.lipatan oleh peristiwa pergerakan lempeng. Kiri : Pulau Mago.lempeng berjuta-juta tahun lamanya. terjadinya gejala vulkanisme. Gerakan pada kerak bumi akibat pelepasan energi itu disebut seisme (gempa bumi) Gempa bumi karena pergerakan lempeng tektonik disebut gempa tektonik. Pegunungan Ural. terutama gerak divergen dan konvergen selalu diikuti gejala vulkanisme. berpusat pada batas. Eropa dan Siberia tetap berada menempel bersama semenjak itu.lempeng tektonik dari masa ke masa.dua lempeng saling bertumbukan menimbulkan batuan dalam asthenosfer . Gerakan lempeng yg menyebabkan vulkanisme : . Vulkanisme ialah : gejala menyusupnya magma dari lapisan dalam kulit bumi(asthenosfer) ke permukaan bumi. kanan : c.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. merambat ke permukaan bumi dan menimbulkan pergeseran lapisan kulit bumi. Jalur pegunungan dan gunung api Hampir 1/5 daratan di muka bumi tertutup oleh gunung atau jalur-jalur pegunungan. Gunung api terbentuk baik di dasar laut maupun di daratan. dibeli oleh Mel Gibson. 2. terjadi di darat maupaun di lautan. Jalur pegunungan dibedakan atas daerah lipatan pegunungan tua dan daerah lipatan pegunungan muda.dua lempeng saling menjauh. Benua Asia mempunyai dataran tinggi yang amat luas dengan ratusan gunung. Daerah lipatan pegunungan tua Pegunungan tua adalah : Sistem pegunungan yang tidak lagi memiliki aktivitas vulkanik.

Ural (Eurasia) dan peg Allegani (benua Amerika) Nama:……………kelas: b. Sirkum pasifik Melingkar sekeliling samudera Pasifik. Daerah lipatan pegunungan muda Pegunungan muda adalah : Sistem pegunungan yang bersifat vulkanik. Jepang. Peg Rocky Mountains. Kamyatka. Andes di Amerika Selatan. Contoh : peg.Busur Australia ( bagian utara Papua dan berakhir di Selandia baru. Alleut. Kuril. ditemukan di daratan maupun dasar laut dengan puncak yang kadang kala menyembul di permukaan air. Peg Alaska) . contoh : Gunung Krakatau di Selat Sunda.) SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 22 . Wilayah persebaran pegunungan muda dunia dibagi jadi 2 sistem : A. Banggai) .Busur Asia Timur ( Kep. melewati .Busur Amerika (Peg. Kep.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. Filipina. dimulai dari benua Amerika.. utara Kalimantan. Sulawesi dan kep.

Sawu.Enggano).Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences ….Simeulleu. Jalur sirkum Mediterania sampai ke Indonesia melewati Peg Sunda (busur Sunda yg terpisah atas jalur pegunungan busur dalam dan jalur pegunungan busur luar. P. Nias. Jalur gempa bumi Jalur yg berpotensi gempa adl daerah sepanjang perbatasan lempeng. ke Eropa Selatan melalui Peg. terbagi jadi 3 bagian.jalur ketiga Dari ujung timur pulau Sulawesi melalui sebelah barat Halmahera hingga Papua Rangkaian pegunungan busur luar bersifat nonvulkanis.jalur pertama Berawal dari ujung Pulau Sumatera ke Pulau Jawa. Peg Himalaya. P. 2.Buru. lewati Myanmar di Peg Arakan Yoma berakhir di Indonesia yaitu di Peg. Alpina. Kep.. Wilayah Indonesia dikelilingi kedua jalur pegunungan tsb. yaitu : . Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan kelanjutan dari 2 jalur sistem pegunungan muda dunia. 3.Seram. Kep. Sipora. Gempa bumi yang terjadi akibat aktivitas vulkanisme disebut gempa vulkanik. P. kep. Sunda. Jalur sirkum Pasifik saat di Indonesia melewati Papua dan Halmahaera.. kep. Indonesia dilalui oleh jalur pegunungan tua maupaun jalur peg. hanya pulau Kalimantan yg relatif memilki sangat sedikit wilayah gempa. Nama:……………kelas: B. . P. melalui pulau-pulau kecil di sebelah barat Sumatera (P.Timor. Lombok. P. Gunung aktif di indonesia tersebar pada jalur busur dalam.Jawa. NTT. Sirkum mediterania Melingkar dari Afrika Utara di Peg.) Rangkaian pegunungan busur dalam bersifat vulkanis. P. P. ke Asia Selatan di Peg Anatolia (Turki). Sumatra. Kai. Alor dan berakhir di laut Banda. .jalur kedua: Dari ujung timur pulau Sulawesi hingga kep lain di utaranya. Atlas. Manfaat teori lempeng tektonik : SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 23 . Nusa Tenggara dan melingkar di sekitar laut Banda. yaitu : 1. Mentawai.Rote. Tanimbar. juga menjadi daerah pertemuan kedua jalur sirkum Pasifik dan jalur Sirkum Mediterania . Flores. Jalur gunung api identik dengan jalur gempa bumi. Bali.P. Babar. Jawa. kep. bertemu di laut Banda. Pagai. Muda (sirkum Pasifik dan sirkum Mediterania). akibatnya hampir seluruh wilayah Indonesia merupakan daerah waran gempa. Pirenia dan Peg. Berlanjut ke sebelah selatan P. melalui P. Sumba.

unsurunsur di dalam fosil sehingga dapat menjelaskan dengan tepat usia batu karang. memilki kesamaan dalam komposisi dan usia. 2. kekayaan magnetisnya. lepas pantai kep. Hal ini menjelaskan bahwa pantai timur Amerika Selatan dan pantai barat Afrika pernah menyatu. gerakan bumi membawa konsentrasi mineral ke atas permukaan tanah. Potongan puzzle benua Dari garis pantai terlihat tepian yang berlawanan dengan tepian yang lain seperti gambar puzzle. daratan dan dasar laut . Ada 4 benua. Benua masa lalu Dengan menyatukan data-data fisik. .5 miliar th SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 24 . Meneliti bebatuan Dari fosil yang ditemukan. Air laut terperangkap dalam celah kerak Bumi membentuk mineral tembaga. kimia. Bukti dari dasar laut Hasil penelitian cadangan minyak bumi dari dasar laut pada jarak yang telah diatur. 4. Membantu mengungkapkan sebab terjadinya dan persebaran gunung api serta gempa di seluruh muka bumi dan kemungkinan terjadinya bencana. dan persiapan evakuasi bila bencana datang. .pengetahuan gerakan lempeng memberi informasi tentang wadah-wadah minyak bumi . membeku akan membentuk berbagai batuan oleh proses yang berbeda-beda. membantu menemukan peluang eksplorasi thd sumber air panas berisi banyak logam dalam larutan yang muncul melalui celah retakan di beberapa tempat di lautan. 2. dan geologi.pasang alat-alat pendeteksi di seluruh dunia. Caranya.binatang dengan mudah menyebar dan berjalan di atas permukaannya 3.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences ….para ahli memantau dan meneliti terus menerus pada daerah pertemuan lempeng .pengetahuan lempeng tektonik. dipelajari struktur-struktur kimianya. yaitu : Benua Kolombia Waktu terbentuk 1. dapat dipersiapkan pemukiman dan bangunan yang cepat. . Hal ini menginformasikan dengan sangat jelas bahwa mayoritas daerah gempa terpusat di sepanjang garis yang spesifik. para ilmuwan menyimpulkan bahwa lempeng-lempeng bumi akan senantiasa bergerak. Bukti tektonika lempeng : 1. garis batas lempeng dapat ditandai dengan jelas. Memberi informasi tentang terjadinya serta keberadaan berbagai meneral bahan tambang. Nama:……………kelas: 1. Bukti yang ada menunjukkan bahwa di masa lalu daratan pernah menyatu. 5. Galapagos dan teluk Kalifornia.titik episentrum pada suatu peta. sehingga disimpulkan bahwa wilayah-wilayah rawan gempa bumi berpasangan dengan tempat bertemunya lempeng tektonik.. Setelah berjuta-juta tahun tahun. lempenglempeng tsb akan terpisah dan memperbarui diri kembali untuk beberapa kali. binatang. Gempa bumi Dengan menempatkan titik . Contoh Laut Merah. Magma akibat aktivitas pergerakan lempeng. Contoh : mineral besi terbentuk saat air yang terlepas dari magma mendingin.8 miliar th Waktu terpisah 1.dengan mempelajari posisi lempeng dan kekuatan gempa yang mungkin terjadi.konsentrasi mineral terjadi akibat pergeseran lapisan kerak bumi selama berjuta-juta tahun.

Pita itulah yang disebut sebagai Seismogram. maka ketika terjadi gempa akan tergambar getaran gempa pada pita tersebut. Makin panjang segmen sesar. Jika terjadi gempa.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. . Sosialisasi juga mencakup cara-cara penyelamatan diri jika terjadi gempa bumi. Dibagian bawah terdapat jarum yang ujungnya menyentuh roll pita. Massa Stasioner pada Seismograf vertikal ditahan oleh sebuah pegas (P) dan sebuah tangkai berengsel. dan pita. maka roll pita akan bergerak sehingga akan terbentuk seismogram pada roll pita tersebut. . Jika terjadi getaran gempa. Energi gempa bumi dipindahkan ke lapisan gempa bumi sebagai gelombang. Untuk SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 25 . jarum. pemetaan sesar aktif untuk mengetahui sejarah keaktifan sesar yg akan bermanfaat mengestimasi besarnya magnitudo gempa bumi. Gempa bumi: Terjadi akibat lapisan kerak bumi berubah secara tiba-tiba dan hal ini menyebabkan gempa bumi. Yang bergerak adalah benda yang berisi pita roll yang dipancangkan ditanah. yang selalu berputar searah jarum jam. Pannotia Pangaea lalu. Karena ujung jarun menempel pada pita roll. Data sesar aktif tsb digunakan perancang tata ruang dan wilayah untuk pengembangan dan pembangunan.melakukan pemantauan peristiwa gempa. Ujung massa stasioner yang berjarum disentuhkan pada roll pita yang selalu bergerak searah jarum jam. Tujuan akhir sosialisasi ini adalah mengurangi korban bencana gempa bumi. massa stasioner digantung dengan sebuah tali.melakukan sosialisasi untuk menyadarkan masyarakat bahwa mereka hidup di daerah rawan bencana gempa bumi. Rodinia. sedang massa stasioner dan jarum jam tetap. Seismograf Horizontal Seismograf Horizontal berfungsi untuk mencatat getaran bumi pada arah mendatar. Seismograf Vertikal Seismograf Vertikal berfungsi untuk mencatat getaran gempa vertikal. massa stasioner dan jarum yang terletak padanya tetap. alat pengukur gempa ada 2 jenis. yaitu: 1. Pada Seismograf Horizontal. Alat pengukur kekuatan gempa bumi disebut seismograf Alat ini terdiri atas 3 bagian yaitu. roll pita bergetar. Jenis-jenis Seismograf Seismograf. Dengan menggunakan alat pengukur gempa. Pada waktu terjadi gempa. Tiang penompang roll pita terpancang pada tanah. seismograf vertikal dan seismograf horizontal gempa yang terjadi baik gempa vertikal maupun gempa horizontal akan tercatat dan terdeteksi. magnitudo maksimumnya berpotensi akan besar. 1.. benda stationer (massa Stationer).3 miliar th lalu 600 juta th lalu 300 juta tahun lalu lalu 750 juta th lalu 540 juta tahun lalu 225 juta th lalu Nama:……………kelas: Mitigasi bencana : Caranya : . Maka terbentuklah goresan pada roll pita tersebut yang disebut Seismogram. 2.

Lempeng bergerak ke arah barat laut dengan pergerakan rata-rata 52 km tiap satu juta tahun. gunung api tidak terletak pada batas lempeng tektonik.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dari arah mana getaran gempa terjadi.000 kali/ th 6. disebut skala Richter Skala Richter yg mempunyai nilai 1-10 Skala Richter Nil Pengaruh. Hotspot yg aktif : Hawaii. Sgt menghancurkan. bahaya thd bangunan yg berjarak 160 km. bencana serius dlm radius ratusan km.. Meluluhlantakan dlm wilayah ribuan km Kapan terjadi? 2. serta satu seismograf Vertikal. ai <2 4 6 8 >9 Tidak berpengaruh. Barang yg terdapat dirumah berderak. Taman Nasional Yellowstone. Hotspot merupakan area yg memiliki aktivitas vulkanis pada periode waktu yg lama. Hotspot berada dalam keadaan tetap dan letusan hotspot menghasilkan sebuah barisan pulau. Di P. Pulau yang terletak di barat laut jauh merupakan pulau paling tua dan paling kecil sebab mengalami erosi dalam waktu lama. Satuan pengukur gempa dikembangkan oleh Charles Richter. Ada 40-50 hotspot yg dikenal di bumi. tidak terasa getarannya.200 kali/ th 120 kali/th 1 kali/ th 1 kali / 20 th Gunung api Terdapat umumnya di sepanjang batas lempeng tektonik. tapi dibentuk oleh "hotspot". maka lebih baik jika pada sebuah stasion BMG di pasang 3 alat pengukur gempa atau Seismograf. Hotspot diyakini dibentuk oleh rambut-rambut magma yang keluar dari mantel dan menerobos lapisan kerak bumi. tdk terlalu berbahaya. Islandia. Yaitu 2 pasang Seismograf Horizontal yang dipasang arah utara-selatan dan arah timur–barat.Hawaii. Reunion. Hawaii terbentuk sebagai hasil pergerakan lempeng Pacific setelah terbentuk hotspot.920. P.Galapagos. P. Nama:……………kelas: mengetahui keakuratan data gempa yang diperoleh. Menghancurkan. namun ada yang mengatakan hotspot disebabkan oleh tektonik lempeng. SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 26 . Pulau yang lebih besar dan lebih baru terdapat di sebelah tenggara.

Ed Suess d. Terbentuknya kepulauan Indonesia merupakan hasil dari …. Adanya gerakan tanah dan ekshalasi magma 5. Chelcosfer c. Pergeseran magma yang keluar dari gunung berapi c. Barisfer d. Nama:……………kelas: Latihan soal: 1. Desakan energy dari pusat bumi b. Kerak bumi e. Payung bumi c. Pelebaran alur-alur dasar samudra. gerakan benua dan pola kegiatan vulkanisme disebabkan oleh …. Selimut bumi d. Indonesia dan Atlantik d. Zona transisi 6. Pasifik dan India c. Weigner 4. Litosfer b. Eurasia. Benua Asia terdiri dari beberapa lempeng benua besar antara lain…. hal ini dibuktikan dengan…. a. Thailand dan Irian 3.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. Struktur permukaan bumi yang lemah c. Thailand dan Indonesia b. Descartes c. India. Desakan tarik menarik energy atas dengan energy bawah 2. a. Makin melebarnya materi yang terdapat di alur-alur samudera d. Lapisan yang berfungsi sebagai pelindung bumi dari susupan magma ke permukaan bumi adalah …. Tenaga endogen yang tidak pernah berhenti e. Silisium Magnesium e. Pasifik. India. a. a. a. Inti bumi b. SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 27 . India. Benua-benua yang ada di permukaan bumi sampai sekarang ini masih terus bergerak. Teori apungan dan pergeseran benua dikemukakan oleh …. Tenaga eksogen yang merusak permukaan bumi d. Barisfer merupakan bagian bumi yang disebut juga dengan…. Alfred Wegener b. Galileo e. Makin melebarnya kawasan kutub utara dan selatan b. Makin dalamnya dasar samudera e. a.. Silisium Aluminium 7. Atlantik dan India e.

c. Gempa tersebut juga menimbulkan korban jiwa sekitar 5000 orang. Kronologi e. Mercalli Mohs Fujita Rayleigh Monteza (OSK_2009) Di Indonesia pulau yang kemungkinan kecil mengalami gempa bumi adalah …. Korologi b. Kerak samudera dan kerak benua yang menyusun bumi terletak pada bagian bumi yang disebut…. e. d. e.(OSK_2009) a. Australia dan Asia Benua yang terangkat Nama:……………kelas: 8. Faktor penyebab terjadinya pergeseran lempeng tektonik bumi adalah …. a. a. Inti bumi e. a. Kerusakan terbanyak terjadi di wilayah kabupaten Bantul Yogyakarta dan kabupaten Klaten jawa Tengah. a. b. Kajian geografi tersebut menggunakan prinsip…. b. Mantel bumi 13. Interior bumi yang memiliki volume paling besar adalah ….Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. Interelasi 10. 11.. Arus konveksi di bawah kerak bumi e. Stratigrafi batuan penyusun kerak bumi 9. b. Perbedaan substansi penyusun kerak bumi d. Litosfer b. Benturan Australia ke Asia Pembekuan es di kedua kutub bumi Bergeraknya Pasifik ke arah Asia Pergerakan pasifik. Gempa bumi dengan kekuatan 6. (OSK_2009) Jawa Sumatra Sulawesi Kalimantan Papua 12. e. c. c. d. e. Skala yang dipakai untuk mengukur intensitas suatu gempa adalah…. c.2 skala Richter di Yogyakarta tahun 2006 mengakibatkan kerusakan hebat pada berbagai bangunan terutama pemukiman. Variasi relief permukaan bumi c. Atmosfer d. Kerak Mantel Outer core Inner core Astenosfer (OSK_2009) SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 28 . d. a. Korelasi d. b. Deskripsi c. a. Ketidakmerataan persebaran laut dan benua b. d. Astenosfer c.

Tsunami c. bagian manakah yang “mengapung” tersebut? (SGO_2007) a.(OSK_2012) Hiposenter Epicenter Mkrosenter Makrosenter Depocenter 17. Litosfer c. Kerak benua yang ringan b. c. d. b. e. Lempeng tektonik d.. b. d. Arus sirkulasi Arus radiasi Arus konduksi Arus konveksi Arus vertical 20. e. d. b. Sistem tektonik menyebabkan pula litosfer yang kaku menjadi terpecah-pecah menjadi beberapa bagian dengan beragam ukuran yang disebut sebagai…. c. b. a. 16.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. d.(SGO_2007) a. Terjadinya gelombang besar di laut akibat peristiwa pergerakan lantai samudra selama gempa di dasar laut disebut…(OSK_2012) a. c. Batuan sedimen SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 29 . Kerak samudra c. Storm waves e. Sebetulnya. Patahan atau sesar 19. Semua pilihan salah 18. Landsides b. e. Dinamika system tektonik seringkali melihat bagian/lapisan planet bumi terluar yang bersifat “mengapung” dan bergerak lateral. e. c. a. a. Nama:……………kelas: 14. Batuan silica basa e. Sistem tektonik digerakkan oleh adanya perputaran material di bawah litosfer yang berupa…. Batuan silica asam d. (OSK_2012) Ledakan nuklir Pergerakan kerak bumi di sepanjang patahan Laongsoran batuan/tanah Aktivitas vulkanik Semuanya benar Pusat gempa yang berada di permukaan bumi disebut…. Litosfer atas dan litosfer bawah e. Berikut ini yang merupakan bentukan morfologi bawah laut adalah …. Ground motion d. Kerak benua b. 15. a. (OSK_2009) Teluk Selat Delta Tanjung Palung Gempa bumi dapat disebabkan oleh ….

e. 22. a. c.(SGO_2007) Adanya batas daratan dan lautan Adanya kerak samudera yang terlihat menumpang di atas kerak benua Adanya gua-gua bawah tanah Adanya minyak bumi dan bahan tambang mineral Adanya gempa bumi dan kegiatan kegunungapian 23. lempeng Pasifik. Lempeng Australia b. briefly describe the movement of tectonic plates that may have caused the Sichuan earthquake in China on May 12. lempeng Jawa. lempeng Nazca.(SGO_2007) a. lempeng Antartika c. Negara Indonesia. karena merupakan tempat pertemuan tiga lempeng besar. Lempeng Sumatera. 21. Lempeng Eurasia. d. a. Lempeng Eurasia. Nama:……………kelas: Bila kerak benua bertumbukan dengan kerak samudra. b. b. Lempeng Australia.(SGO_2007) Keduanya terangkat bersama-sama Kerak benua menunjam ke bawah kerak samudera Kerak samudera menunjam ke bawah kerak benua Keduanya akan berpapasan saja Keduanya akan saling menjauh Salah satu bukti adanya pertemuan antar lempeng tektonik adalah …. d. lempeng Afrika. e. lempeng Australia d. Using your knowledge of plate tectonic theory and the map below. c. lempeng Papua 24. yaitu …. merupakan sebuah negeri dengan posisi yang unik. lempeng Eurasia. 2008.. maka yang terjadi adalah …. lempeng Antartika e.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences …. (The white star indicates the epicenter and arrows show the direction and relative speed of ground movement) (2 pts) (IESO_2008) SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 30 . Lempeng Eurasia.

erosi. Tenaga eksogen berasal dari tenaga air. C . Contoh: bukit atau tebing yang terbentuk hasil tenaga endogen terkikis oleh angin. SMAK Immanuel Th 2012/2013 by Eka Widjajanti Page 31 . dan sedimentasi. sehingga dapat mengubah bentuk permukaan bumi. 2. bersifat merusak pembentukan muka bumi yang sudah terbentuk oleh tenaga endogen. tenaga eksogen berasal dari luar. Nama:……………kelas: Pembahasan : 1. denudasi. angin.. organism yang menyebabkan pelapukan.Hand out pembinaan osn kebumian/ geosciences ….