P. 1
Belajar CorelDraw

Belajar CorelDraw

|Views: 53|Likes:
Published by Debbi Sari
coreldraw
coreldraw

More info:

Published by: Debbi Sari on May 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

Belajar CorelDraw

Pengenalan Interface Corel Draw

Corel Draw adalah sebuah software editor grafis vektor yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Corel Draw pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi windows 200 dan seterusnya. Versi Corel Draw untuk Linux dan Mac OS juga pernah dikembangkan, namun dihentikan karena tingkat penjualannya yang rendah. Kali ini saya akan membahas tengang interface atau tampilan muka dari software vektor ini.

     

Title Bar : Berisi Nama Program yang sedang kita pakai dan nama file yang sedang dikerjakan Menu Bar : Berisi nama-nama perintah untuk berbagai macam pekerjaan Standard Bar : Berisi ikon untuk memproses gambar Property Bar : Mengatur Property dari work area Tool Box / Control Window : kumpulan alat untuk menggambar atau memodifikasi gambar Work Area : Area kerja Corel Draw

  

Ruler : alat bantu untuk membuat objek gambar yang memerlukan ketepatan ukuran V-H Scroll Bar : Menggulung layar ke arah vertikal atau horisontal Collor Pallate : Mengatur warna dari work area.

Tool Box Pada Corel

Pick Tool : Untuk memilih, mengubah ukuran, dan menggeser objek Shape Tool : Untuk memodifikasi dan editing objek Croop Tool : Untuk memotong dan mengubah ukuran objek Zoom Tool : Untuk memperbesar dan memperkecil tampilan workspace Free Hand Tool : untuk membuat objek dari bentuk garis Smart Fill Tool : untuk mewarnai sebuah objek Rectangle Tool : untuk membuat objek dari bentuk kotak Ellipse Tool : untuk membuat objek elips dan lingkaran Polygon Tool : untuk membuat objek bentuk poligon Basic Shapes : Untuk membuat objek khusus Text Tool : Untuk membuat text Table Tool : Untuk membuat sebuah tabel Interactive Blend Tool: pengaturan efek khusus Eyedropper Tool : untuk mencari warna tertentu dan pemberian suatu warna

Fill Tool: Untuk pengaturan warna isian suatu objek Interactive Fill Tool: pemberian warna interactif

sekian dulu dari saya bersambung ke Pengenalan Interface Corel Draw Bagian 2

Pengenalan Interface Corel Draw Part 2 (Menampilkan Tool Box yang Tersembunyi)

Setelah tutorial sebelumnya saya membahas tentang interface corel draw, kali ini saya akan melanjutkan tutorial kecil mengenai toolbox yang tersembunyi pada aplikasi corel draw. Pada ToolBox ada beberapa tools pada sudut kanan bawah terdapat lambang segitiga kecil berwarna hitam. hal ini menandakan bahwa pada tool tersebut masih tersimpan beberapa tool yang tersembunyi. tooltool tersebut memiliki fungsi yang berbeda dari main tool-nya atau tool utamanya. Untuk menampilkannya ikuti langkah langkah sebagai berikut.

  

Klik pada salah satu tool yang memiliki tanda segitiga berwarna hitam hingga tampak menampilkan tool-tool yang lain. pilih tool yang anda perlukan dengancara menggeser kursor mouse. klik pada salah satu tool yang pilih.

Ok. langsung saja kita menuju ke fungsi dari beberapa tools yang tersembunyi

Shape (F10) : Untuk mengedit objek Smudge Brush : Untuk mengubah bentuk objek vektor dengan drag Roughen Brush : Untuk emngubah outline objek vektor dengan drag

Zoom (Z) : Untuk memperbesar atau memperkecil tampilah objek Hand (H) : Untuk menggeser atau memindahkan lembar kerja Freehand (F5) : Untuk Membuat garis lurus atau garis Kurva Bezier (J) : Untuk membuat satu segmen kurva dalam sekali waktu Artistic Media (I) : Untuk membuat media artistik Pen : Untuk membuat satu segmen kurva dalam sekali waktu Polyline : Untuk membuat dan menggambar garis dan kurva 3 Point Curve : Untuk menggambar kurva 3 point Connector : Untuk menggambungkan 2 objek dengan garis. Crop : Untuk memotong dan mengubah ukuran objek Knife : Untuk memotong dan memisahkan objek Eraser (X) : Untuk Membuang bagian dari Objek Virtual Segment Delete : Untuk Menghapus bagian Objek yang saling beririsan.Transform : Untuk mengubah posisi objek perputaran bebas. Dimension : Untuk menggambar garis vertikal dan horisontal bersudut .

Ellipse (F7) : Untuk menggambar objek ellipse dan lingkaran 3 Point Ellipse : Untuk menggambar objek elips dan lingkaran dengan cara men-drag untuk membuat garis dasarnya dulu lalu klik dan geser untuk menentukan besar kecilnya objek. Polygon (Y) : Untuk menggambar objek poligonal Star : Untuk menggambar bintang simetris Complex Star : Untuk menggambar bintang variasi Graph Papar (D) : Untuk menggambar garis grid dengan jarak yang sama persis tabel Spiral (A) : Untuk menggambar objek spiral dengan bentuk simetris dan logaritma Basic Shapes : Untuk menggambar objek dengan beberapa bentuk yang sudah ditentukan Arrow Shapes : Untuk menggambar tanda panah .Smart Fill : Untuk mewarnai sebuah objek Smart Drawing (Shift + S) : Untuk menggambar garis kurva Rectangle (F6) : Untuk menggambar objek kotak dan persegi 3 Point Rectangle : Untuk menggambar objek kotak dan persegi dengan cara men-drag untuk membuat garis dasarnya dulu lalu klik dan geser untuk menentukan besar kecilnya objek.

sebaiknya anda melakukan pengaturan tool. pengaturannya sebagai berikut. 1. Pengaturan Tool Untuk mempermudah dalam pembuatan wpap. WPAP (Wedha's Pop Art Potrait) Tutorial Pada tutorial kali ini saya akan share bagaimana cara sayamembuat gambar vector dengan gaya Wedha's Pop Art Potrait (WPAP). Saya mengelompokkannya menjadi 3 langkah membuat WPAP dengan corel draw.  Buka objek foto yang akan dijadikan WPAP .Flowchart Shapes : Untuk menggambar flowchart Banner Shapes : Untuk menggambar Banner Callout Shapes: Untuk menggambar awan bentuk percakapan demikianlah tutorial singkat dari saya walaupun masih ada beberapa tool lagi yang tersembunyi tapi walaupun tidak saya terangkan insya allah masih mudah dipelajari.

dockers .CMYK (32-bit )  Klik kanan pada foto lalu pilih lock object  Buat layer baru dengan mengaktifkan jendela object manager dengan cara klik window . . Seleksi foto.Mode . klik bitmap .klik pada object manager.

klik view lalu beri centang untuk snap to object dan Dynamic guides. Klik kanan pada jendela object manager tersebut pilih new layer. snap to object gunanya untuk melekatkan bidang satu ke bidang lain. sedangkan dynamic guides adalah garis bantu otomatis yang akan keluar saat melakukan tracing. . -Tinggal satu lagi pengaturan toolnya agar mempermudah dalam pengerjaan WPAP.

nah disitu keunikan tracing bidang wpap.bibir dan hidung. shadow dan lakukan dengan teknik intersect. midtone. selain penggunaan warna-warna berlawanan antar bidang.  Mulailah bagian yang terpenting terlebih dahulu seperti mata . Dengan membuat bidang global kemudian diisi dengan bidang hight light. .2. Tracing foto tanpa kurva atau tanpa bidang lengkung Kenapa saya katakan begitu. karena letak khas dari WPAP salah satunya adalah tracing bidangnya tidak ada bidang lengkung. Saatnya mulaitracing manual object foto menjadi wpap.

 jika sudah terbentuk bidangnya. .sudut nanggung diluruskan saja.  Silahkan anda lanjutkan tracing bidang yang lainnya. isi dengan mangambil sampel warna eyedropper dan menyiramnya dengan paint bucket. yang perlu diingat adalah tidak ada bidang yang lengkung dan sudut. saya rasa anda sudah terbantu dengan mengaktifkan dynamic guides.

buang outlinenya sekarang tinggal kasih warna-warna pop dan kasih sedikit sentuhan background. 3. Mewarnai Objek yang sudah di tracing dengan warna-warna berseberangan atau warna-warna pop. warna yang dipakai adalah warna pop. untuk memperkuat karakter objek.Setelah semuanya terbentuk. Tukar warna objek skine tone tadi dengan mengklik bidang yang diwarnai. Silahkan anda aktifkan jendela color dan atur settingannya seperti gambar dibawah ini Pastikan pengaturannya Mode Color CMYK dan locker tertutup. . lalu pada jendela color geser-geser tombol pemilihan warna. perlu diingat. silahkan tambah tracing bidang-bidang lain sesuai dengan terang gelapnya warna. sehingga warnanya pas dan harmoni.

dimana garis tengah merupakan pertemuan dua titik kanan dan kiri (Left or Right Vanishing Point) .maka hasilnya akan seperti ini: begitulah salah satu cara membuat gambar vector Pop Art menggunakan coreldraw. luangkan waktu 1 jam saja untuk mempelajari tahapan awal membuat sebuah objek perspektif. pertama yang harus dilakukan adalah membagi kertas atau work sheet menjadi 4 bagian. pada bagian ini seorang guru bisa mempraktekannya di papan tulis atau whiteboard. mudah bukan. Gambar Perspektif (Bagian 1) Pada tutorial kali ini saya akan mengulas bagaimana caranya kita membuat sebuah objek atau benda tampak perspektif.

.buat empat garis samar berikutnya dimana diatas lebih tinggi daripada yang dibawah. Langkah selanjutnya adalah menambahkan garis konstruksi vertikal.

Pertebal garis vertikal kemudian gabung dengan RVP dan LVP Tambahkan beberapa garis vertikal kemudian pertebal seperti langkah diatas .

tambahkan lagi di sisi yang lain dan lagi .

.berikan efek shading di sebelah kanan bangunan agar lebih terlihat perspektif dengan hasil akhir akan terlihat seperti ini Gambar Perspektif (Bagian 2) Setelah lelah mengikuti LKS (Lomba Kompetensi Siswa) 2012 jateng mulai dari persiapan hingga akhir lomba. kini saatnya memasukkan posting baru di blogger tercinta.

dengan catatan guru mempraktekannya di papan tulis sambil menunggu siswa selesai mengerjakan langkah pertama. pertama. pada tutorial kali ini kita hanya membuat satu titik hilang yang letaknya persis di tengah halaman. lembar kerja kita bagi menjadi empat bagian.Ok. tambahkan garis seperti yang ditunjukkan gambar pertegas atau pertebal garis yang ditunjukkan. tambahkan dua gasis cahaya atau garis samar yang memancar seperti gambar berikut . kali ini saya akan menjelaskan bagaimanacara membuat gambar perspektif bangunan tampak dari bawah.

Pertebal garis gedung yang lain. catatan buat siswa adalah semua garis yang ada digambar ini baik vertikal maupun horisontal atau garis memancar keluar dari pusat atau titik tengah tidak ada yang lain. tambahkan gedung di sebelahnya seperti yang ditunjukkan .

pertebal garis kontruksi yang telah dibuat .Buat beberapa garis kontruksi atau garis cahaya.

Struktur bangunan telah selesai dibuat Berikutnya adalah menambahkan efek shading atau bayangan gedung .

Hasil akhirnya bisa seperti ini Tutorial ini saya buat menggunakan Software pengolah citra Corel Draw. tunggu tutorial berikutnya. Gambar Perspektif (Bagian 3) "Jalan Kota" . dengan mengacu pada e-book Learn How to Draw Tight karya Jhon Hagan Studio.

setelah kemarin kita membuat sebuah gambar perspektif bangunan tampak dari bawah.Baiklah.penggaris dan pensil. langsung saja ketahapan proses pembuatan gambar perspektifnya. sekarang kita akan membuat gambar prespektif bangungan tampak dai bawah. . tambahkan dua garis horisontal seperti yang terlihat di atas. tambahkan garis seperti yang ditunjukkan gambar di atas. pada tutorial kali ini kita hanya membuat satu titik hilang yang letaknya persis di tengah halaman. Perlegkapan yang dibutuhkan adalah kertas. Catatan untuk guru bisa mempraktekkannya di whiteboard. atau kalian bisa membuatnya di aplikasi corel draw.

barikan arahan bagi siswa yang tidak yakin dengan garis yang dibuatnya.pertebal garis persis seperti yang terlihat sekaligus menambahkan garis-garis samar horisontal dan garis memancar. . pertebal garis seperti yang terlihat di gambar.

. seperti contoh di atas.tambahkan bidang lain buat garis lurus vertikal di ujung setiap bidang bangunan.

Gambar Perspektif (Bagian 4) "Corner Room" . berikan efek shadow/shading pada sisi bangunan dengan menggunakan aspek gelap terang. terima kasih tutorial ini saya buat di corel draw. dengan mengacu pada e-book Learn How to Draw Tight karya Jhon Hagan Studio.struktur bangunan utama sudah jadi berikutnya buat garis horisontal sebagai pembatas jalan atau trotoar. tunggu tutorial berikutnya. dan hasil akhir seperti gambar di atas.

buat pula garis dari titik pusat / CVP. pertama buat garis tepi untuk menentukan batas gambar. lalu bagi menjadi empat bidang. Ambil garis dari RVP dan LVP dan berikan jarak dari garis utama. artinya dengan mengacu pada satu ukuran yang sama menjadi terlihat surut atau mengecil. setelah itu buat garis mengerucut dari sudut titik hilang kanan dan kiri. . Baiklah Perspektif adalah sebuah metode yang logis untuk menentukan menuju seberapa jauh lebih kecil. tutorial kali ini untuk memperkenalkan konsep "skala" perspektif.Untuk membuat kotak perspektif dengan menggunakan pengukuran tunggal dan tiga titik hilang. langsung saja tutorialnya.

.tambahkan dua garis memancar atau garis cahaya dari RVP dan LVP. Sekarang kita telah memiliki empat buah kotak di lantai. berikutnya kita tambahkan lebih banyak lagi dengan jarak mundur serta masih menggunakan metode yang sama.

setelah lantai kita buat berikutnya kita buatdindingnya. Buat garis cahaya memancar dari RVP dan LVP ke arah atas.Ok. . berikan efek catur pada kotak tersebut agar terlihat lantai. sekarang kita telah memiliki 36 kotak.

. kali ini kita akan membuat pintu dan jendelanya.Pertebal garis cahaya terbut. buat garis vertikal antara garis cahaya RVP dan LVP.

Untuk hasil akhirnya semua garis cahaya bisa di hapus lalu berikan efek shadow pada salah satu sisi dindingnya. .Pertebal garis vertikal tersebut.

Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. warna bisa pula berarti interpretasi otak terhadap campuran tiga warna primer cahaya: merah. dan 100% biru akan menghasilkan interpretasi warna magenta. dengan mengacu pada e-book Learn How to Draw Tight karya Jhon Hagan Studio. tunggu tutorial berikutnya. Warna dan Pengelompokannya Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer. Misalnya: Warna PUTIH akan memberi kesan suci dan dingin di daerah Barat karena berasosiasi dengan salju. Sementara di kebanyakan . 0% hijau. hijau. Tutorial ini saya buat di corel draw. Setiap warna mampu memberikan kesan dan identitas tertentu sesuai kondisi sosial pengamatnya. biru yang digabungkan dalam komposisi tertentu. Misalnya pencampuran 100% merah. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer. Dalam peralatan optis.Hasil akhir sudah kita peroleh. mudah bukan? selamat mencoba dirumah.

warna ini sering muncul sebagai penyeimbang warna-warna kontras di alam. contoh warna kontras adalah merah dengan hijau. meskipun bisa dihadirkan dalam bentuk pigmen. keduanya bukanlah warna.negara Timur warna putih memberi kesan kematian dan sangat menakutkan karena berasosiasi dengan kain kafan (meskipun secara teoritis sebenarnya putih bukanlah warna). Di dalam ilmu warna. Warna Netral Adalah warna warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna atau dengan kata lain bukan merupakan warna primer maupun warna sekunder. warna ini menjadi simbol riang. marah dsb. Pengelompokan Warna A. warna panas mengesankan jarak yang dekat. Warna Kontras atau Komplementer Adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan lainnya. . B. biasanya hasil campuran yang tepat akan menuju hitam. semangat. C. Warna Panas Adalah Kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran didalam lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. kuning dengan ungu dan biru dengan jingga. HITAM dianggap sebagai ketidakhadiran seluruh jenis gelombang warna. warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan warna sekunder. Secara ilmiah. Sementara putih dianggap sebagai representasi kehadiran seluruh gelombang warna dengan proporsi seimbang. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula membentuk warna kontras dengan mengolah nilai ataupun kemurnian warna. Warna Netral merupakan hasil campuran ketiga warna dasar dalam proporsi 1:1:1.

Warna Dingin .Warna Panas D. warna dingin mengesankan jarak yang jauh. sejuk. nyaman dsb. warna ini menjadi simbol kelembutan. Warna Dingin Adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->