SATUAN ACARA PENYULUHAN TEKNIK MENYUSUI YANG BENAR DI RW IV KELURAHAN BALAI GADANG KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG TANGGAL

29 MEI 2013

oleh :

MAHASISWA PKL RW IV

DOSEN PEMBIMBING: 1. Ns. Siti Aisyah Nur, S.kep 2. Nur Fadjri Nilakesuma, S.keb. Bd

STIKes MERCUBAKTIJAYA PADANG 2013

Puting Bunda menjadi lecet dan menimbulkan luka yang terkadang membuatnya menjadi malas untuk menyusui. Jika kondisi seperti terus berlanjut. bahkan sampai 2 tahun. menyebabkan produksi ASI berkurang dan pada akhirnya si kecil pun menjadi malas menyusu. Maka dari itu kelompok tertarik untuk melakukan penyuluhan tentang teknik Menyusui yang baik dan benar di RW VII Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Padang. bisa jadi proses menyusui akan terhenti dan si bayi akan kehilangan manfaat ASI yang luar biasa bagi pertumbuhannya. sebaik – baiknya susu formula lebih baikkan ASI Ekslusif.SATUAN ACARA PENYULUHAN (S A P) Pokok bahasan Sasaran Hari/Tanggal Waktu Target Tempat I. si kecil 0 – 6 Bulan itu sebearnya Wajib menyusui. padahal kita mengetahuinya bahwa peranan ASI itu sangat penting sekali untuk si kecil.00 – 09. Tujuan Instruksional Umum Setelah mengikuti penyuluhan tentang teknik menyusui yang baik dan benar ini diharapkan ibu-ibu yang memiliki bayi di RW VII Kelurahan Balai Gadang .45 WIB ) : 27 orang : Posyandu 1 RW IV kelurahan Balai Gadang II. Latar Belakang Kegagalan menyusui sering kali disebabkan karena kesalahan memosisikan dan meletakkan bayi. : Teknik menyusui yang baik dan benar : ibu yang memiliki Bayi : Rabu/ 29 Mei 2013 : 45 menit ( 09.

Kecamatan Koto Tangah dapat memahami tentang teknik menyusui yang baik dan benar. langkah-langkah menyusui yang benar VI. cara menyendawakan bayi setelah minum asi f. Menyebutkan tanda-tanda teknik menyusui sudah baik dan benar 7. Metode   Ceramah Diskusi . tanda-tanda teknik menyusui sudah baik dan benar g.Tujuan Instruksional Khusus Setelah mengikuti penyuluhan tentang teknik menyusui yang baik dan benar ini diharapkan ibu-ibu yang mempunyai bayi dapat : 1. 4. posisi yang tepat bagi ibu untuk menyusui c. teknik melepaskan hisapan bayi e. Menyebutkan langkah-langkah menyusui yang benar IV. III. cara memasukkan puting susu ibu kemulut bayi d. 3. Menyebutkan pengertian teknik menyusui Menyebutkan posisi yang tepat bagi ibu untuk menyusui Menyebutkan cara memasukkan puting susu ibu kemulut bayi Menyebutkan teknik melepaskan hisapan bayi 5. pengertian teknik menyusui b. 2. Pokok Bahasan Teknik menyusui yang baik dan benar V. Menyebutkan cara menyendawakan bayi setelah minum asi 6. Sub Pokok Bahasan a.

45 WIB ) : Posyandu 1 RW IV keluharan Balai Gadang Pembagian Tugas : a. Moderator Peran : Rima Novita : .Menyimpulkan kegiatan di akhir penyuluhan .Memimpin atau memandu jalannya kegiatan . Presentasi : Raih . Struktur Kegiatan   Topik Penyuluh Sasaran Target Hari/Tanggal Waktu Tempat : Teknik menyusui yang baik dan benar : Mahasiswa PKL terpadu DIII keperawatan dan D III kebidanan STikes Mercubaktijaya Padang      : ibu yang memiliki bayi : 27 orang : Rabu/ 29 Mei 2013 : 45 menit ( 09.Mengenalkan anggota penyuluhan b. cara dan peraturan kegiatan . Materi Teknik menyusui yang baik dan benar IX. VII.Mengontrak waktu penyuluhan .00 – 09.Menyampaikan tujuan.   Demonstrasi Media Flipchart Leaflet VIII.

Menggali pengetahuan audience mengenai topik penyuluhan .Menyampaikan materi penyuluhan .Memfasilitasi jalannya acara dan kegiatan : persiapan dan pelaksanaan . Fasilitator Peran : Yuli Mustika Elsa Maisera : .Memfasilitasi audience yang kurang aktif .Mencatat tanggapan-tanggapan yang dikemukakan audience .Membuat laporan hasil kegiatan d. Setting Tempat M PP P PB .Peran : .Mencatat jumlah audience yang hadir .Mencatat penyimpangan acara penyuluhan .Mampu memotivasi klien untuk kesuksesan acara .Dapat mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi dari dalam atau dari luar. Observer Peran : Tari novella : .Memberi reinforcemen sesuai dengan respon klien . X.Mengobservasi jalannya acara .Memberikan pengertian tentang hal-hal yang tidak di pahami klien c.Mencatat prilaku verbal dan non verbal pada klien selama kegiatan berlangsung .

Mendengarkan 2 Inti 30 menit - - .Menjawab Salam .Menyimak .Bertanya .Memperkenalkan diri .Keterangan : M P PB : Fasilitato : Observer : Moderator : Presentator : Pembimbing : Audiens XI.Mendengarkan . Rencana Kegiatan No 1 Tahap Pembukaan Waktu 5 Menit Kegiatan Promotor .Menjelaskan tujuan penyuluhan Menggali pengetahuan audience tentang pengertian teknik menyusui Memberikan reinforcemen positif Menjelaskan pengertian teknik menyusui Memberi kesempatan kepada audience untuk bertanya Menjawab pertanyaan audience Meminta audience untuk mengulangi kembali pengertian teknik menyusui Memberikan reinforcemen positif atas jawaban audience Audiens .Mendengarkan untuk menyusui Memberikan reinforcemen positif - .Mengulangi dan mejelaskan kembali - .Mengucapkan salam .Mendengarkan .Mengemukan pendapat Menggali pengetahuan audience tentang posisi yang tepat bagi ibu .Mengemukan pendapat .

Mengemukan pendapat .Mendengarkan - .Mengemukan pendapat .Mendengarkan - .Bertanya .Bertanya .- - Menjelaskan posisi yang tepat bagi ibu untuk menyusui Memberi kesempatan kepada audience untuk bertanya Menjawab pertanyaan audience Meminta audience untuk mengulangi kembali posisi yang tepat bagi ibu untuk menyusui Memberikan reinforcemen positif atas jawaban audience Menggali pengetahuan audience tentang cara memasukkan putting susu ibu ke mulut bayi.Mengulangi dan mejelaskan kembali .Bertanya .Mengulangi dan mejelaskan kembali - .Mengemukan pendapat .Mendengarkan - - .Menyimak .Mengulangi dan mejelaskan kembali - .Menyimak .Menyimak . Memberikan reinforcemen positif Menjelaskan cara memasukkan putting susu ibu ke mulut bayi Memberi kesempatan kepada audience untuk bertanya Menjawab pertanyaan audience Meminta audience untuk mengulangi kembali cara memasukkan putting susu ibu ke mulut bayi Memberikan reinforcemen positif atas jawaban audience Menggali pengetahuan audience tentang teknik melepaskan hisapan bayi Memberikan reinforcemen positif Menjelaskan teknik melepaskan hisapan bayi Memberi kesempatan kepada audience untuk bertanya Menjawab pertanyaan audience Meminta audience untuk mengulangi teknik melepaskan hisapan bayi Memberikan reinforcemen positif .

Mengemukan pendapat - .Mendengarkan - .Bertanya - .atas jawaban audience .Menyimak Mengulangi dan mejelaskan kembali - .Mengulangi dan mejelaskan kembali - .Menyimak Mengulangi dan mejelaskan kembali - .Mengemukan pendapat .Mendengarkan - .Bertanya .Menyimak .Bertanya Menggali pengetahuan audience tentang cara menyendawakan bayi Memberikan reinforcemen positif Menjelaskan cara menyendawakan bayi Memberi kesempatan kepada audience untuk bertanya Menjawab pertanyaan audience Meminta audience untuk mengulangi cara menyendawakan bayi Memberikan reinforcemen positif atas jawaban audience Menggali pengetahuan audience tentang tanda-tanda teknik menyusui sudah baik dan benar Memberikan reinforcemen positif Menjelaskan tanda-tanda teknik menyusui sudah baik dan benar Memberi kesempatan kepada audience untuk bertanya Menjawab pertanyaan audience Meminta audience untuk mengulangi tanda-tanda teknik menyusui sudah baik dan benar Memberikan reinforcemen positif atas jawaban audience Menggali pengetahuan audience tentang langkah-langkah menyusui yang benar Memberikan reinforcemen positif Menjelaskan langkah-langkah menyusui yang benar Memberi kesempatan kepada .

Ikut menyimpulkan .Menjawab salam 3 Penutup 10 menit - Evaluasi • Evaluasi struktur  Diharapkan setting tempat teratur  Diharapkan penyuluh hadir 100 %  Diharapkan audience hadir 100 % dari target  Diharapkan penyuluh dan audience berada pada posisi / setting tempat yang telah di tetapkan • Evaluasi proses  Selama proses berlangsung di harapkan tidak ada audience maupun penyuluh yang sibuk dengan kegiatannya masing-masing.audience untuk bertanya Menjawab pertanyaan audience Meminta audience untuk mengulangi tanda-tanda teknik menyusui sudah baik dan benar Memberikan reinforcemen positif atas jawaban audience Persentase bersama audience menyimpulkan materi Melakukan evaluasi Moderator menyimpulkan materi Mengucapkan salam . Menyebutkan cara memasukkan puting susu ibu kemulut bayi . Menyebutkan pengertian teknik menyusui 2. • Evaluasi hasil Audience mampu : 1.Mendengarkan .  Diharapkan suasana tenang dan tidak ada hilir mudik  Selama proses berlangsung di harapkan audience dapat mengikuti seluruh kegiatan  Selama kegiatan berlangsung di harapkan audience berpartisipasi aktif. Menyebutkan posisi yang tepat bagi ibu untuk menyusui 3.

pakailah kursi yang ada sandaran punggung dan lengan 2. Cara menyususi yang tergolong biasa dilakukan adalah dengan duduk.4. Duduklah dengan posisi yang enak atau santai. Menyebutkan teknik melepaskan hisapan bayi 5. . Menyebutkan langkah-langkah menyusui yang benar MATERI TEKNIK MENYUSUI YANG BAIK DAN BENAR A. Menyebutkan tanda-tanda teknik menyusui sudah baik dan benar 7. Pengertian Teknik menyusui adalah suatu cara pemberian ASI yang dilakukan oleh seorang ibu kepada bayinya. Menyebutkan cara menyendawakan bayi setelah minum asi 6. 1985) B. berdiri atau berbaring. (Neilson. Posisi yang tepat bagi ibu untuk menyusui 1. Joan. demi mencukupi kebutuhan nutrisi bayi tersebut.

Cara memasukkan puting susu ibu kemulut bayi 1. letakkan kepada bayi pada siku bagian dalam lengan kanan. 1994) C. badan bayi menghadap kebadan ibu.3. Posisi menyusui sambil rebahan yang benar (Perinasia. . Bila dimulai dengan payudara kanan.

(Neilson. lepaskan hisapan bayi dengan cara: 1. sendawanya bayi sebelum menyusukan dengan payudara yang lainnya dengan cara: 1. Teknik melepaskan hisapan bayi Setelah selesai menyusui kurang lebih selama 10 menit. Masukkan jari kelingking ibu yang bersih kesudut mulut bayi 2. Jangan menarik putting susu untuk melepaskan. Joan. 1985) D. tepuk punggungnya dengan pelan sampai bayi bersendawa . 1985) E.2. Masukkan puting payudara secepatnya ke dalam mulut bayi sampai bagian yang berwarna hitam. Dengan menutup lubang hidung bayi agar mulutnya membuka 4. Sentuhlah mulut bayi dengan puting payudara ibu Tunggu sampai bayi membuka mulutnya lebar 5. Menekan dagu bayi ke bawah 3. Cara menyendawakan bayi setelah minum ASI Setelah bayi melepaskan hisapannya. 3. Sangga payudara kanan ibu dengan empat jari tangan kiri. Joan. tangan kanan ibu memegang pantat/paha kanan bayi. Lengan kiri bayi diletakakan diseputar pinggang ibu. 4. (Neilson. ibu jari diatasnya tetapi tidak menutupi bagian yang berwarna hitam (areola mamae). Sandarkan bayi dipundak ibu.

Tanda-tanda teknik menyusui sudah baik dan benar 1. Badan bayi menempel pada perut ibu. Joan. 2.2. . 3. Mulut bayi terbuka lebar. Bayi ditelungkupkan dipangkuan ibu sambil digosok punggungnya. (Neilson. Bayi tampak tenang. 1985) F.

Dagu bayi menmpel pada payudara ibu. • Cara meletakan bayi (Perinasia. 1985) G. perah sedikit ASI dan oleskan disekitar putting. Puting susu tidak terasa nyeri. 8. duduk dan berbaring dengan santai. 6. Joan. Telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus. 2004) . 5. (Neilson. Langkah-langkah menyusui yang benar • Cuci tangan yang bersih dengan sabun. areola bawah lebih banyak yang masuk. 7. Sebagian areola masuk kedalam mulut bayi. Bayi nampak menghisap kuat dengan irama perlahan. 9.4. Kepala bayi agak menengadah.

2004) Bayi diletakkan menghadap ke ibu dengan posisi sanggah seluruh tubuh bayi. mulut bayi terbuka lebar dan bibir bawah bayi membuka lebar. 2004) Segera dekatkan bayi ke payudara sedemikian rupa sehingga bibir bawah bayi terletak di bawah puting susu. dekatkan badan bayi ke badan ibu. . menyetuh bibir bayi ke puting susunya dan menunggu sampai mulut bayi terbuka lebar. hadapkan bayi ke dada ibu. sehingga hidung bayi berhadapan dengan puting susu.• Cara memegang payudara (Perinasia. Cara melekatkan mulut bayi dengan benar yaitu dagu menempel pada payudara ibu. kepala dan tubuh bayi lurus. jangan hanya leher dan bahunya saja. • Cara merangsang mulut bayi (Perinasia.

Kutang (BH) yang baik untuk ibu menyusui (Perinasia. Selama masa menyusui sebaiknya ibu menggunakan kutang (BH) yang dapat menyangga payudara. agar produksi ASI menjadi lebih baik. Hal-hal yang perlu diingat pada ibu menyusui Untuk menjaga keseimbangan besarnya kedua payudara maka sebaiknya setiap kali menyusui harus dengan kedua payudara. tetapi tidak terlalu ketat. Setiap kali menyusui.A. dimulai dengan payudara yang terakhir disusukan. Gambar 15. Pelekatan yang salah H. 2004) . Pelekatan yang benar B. Pesankan kepada ibu agar berusaha menyusui sampai payudara terasa kosong.

1986. Perawatan anak. FKUI: Jakarta . ARCAN: Jakarta. Joan. ARCAN: Jakarta Neilson. 1989. ASI Tinjauan Daru Berbagai Aspek. Patricia.DAFTAR PUSTAKA Ebrahim. Gilbert. Gj. 1985. Payudara apa yang perlu diketahui wanita. Cara Menyusui Yang Baik Dan Baik. Suharyono. Yayasan Esentia Medida: Yogyakarta.1984.