Contoh Pidato Anak : Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Muharam

Tidak sengaja, riezka menemukan file yang ditulis sekitar 4 tahun silam. Keberuntungan juga, karena melengkapi permintaan beberapa pembaca dari postingan pidato sebelumnya. Walau hari maulid telah berlalu, semoga tulisan ini ada manfaatnya untuk adik-adik yang masih mencari referensi pidato atau sekedar mengerjakan tugas sekolah. :) ~*~ Assalamualaikum,wr.wb. Hadirin yang berbahagia. Alhamdulillah wasyukurillah, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. Karena atas kuasanya kita bisa berkumpul, bertatap muka/bermuajahah ditempat ini. Shalawat beserta salam senantiasa terlimpahkan pada suritauladan umat manusia, yang membawa jaman jahiliyyah ke era penuh cahaya. Tiada lain; yakni habibana, wanabiyyana, Muhammad Sallalahu Alaihi Wasalam Tak lupa pada keluarganya, shabatnya, dan para pengikut beliau. Mudah2an kita dicatat sebagai umatnya. Amin ya rabbal alamin.. Dewan juri yang saya hormati, Dalam kesempatan ini, saya, Reisha Rahmatun Nissa, kelas V SDN 1 Cikalongsari, perwakilan Kabupaten Karawang, insyaAllah akan menyampaikan uraian ceramah tentang Hikmah Muharram dan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW, yang saya bingkis dalam paket hikmah berjudul 5M. Apa itu 5M? M yang pertama adalah mencontoh. 1. Mencontoh Maksudnya adalah meneladani akhlak rasul dalam semua aspek kehidupan, sebagaimana firman Allah dalam surat Al-ahzab ayat 21.

“sesungguhnya telah ada pada diri rasulullah suri tauladan yang baik”. M yang kedua yaitu mengubah 2. Mengubah Perubahan seperti apakah yang dimaksud? Selaras dengan nilai-nilai bulan muharram, perubahan yang dimaksud adalah Berhijrah dari prilaku yg negative menjadi positif. - Berhijrah dari yang tadinya malas belajar menjadi rajin, - Dari yang tidak pernah shalat menjadi shalat, - Dan berhijrah dari jarang membaca quran jadi rutin Hadirin yg berbahagia, M yang ketiga, hikmah dari muharram dan mauled nabi Muhammad SAW adalah membiasakan. 3. Membiasakan karena amalan yg rutin walau sedikit, lebih disukai oleh Allah daripada amalan banyak yang sekaligus tapi jarang dilakukan. Contohnya adalah adalah Puasa as-syura, apa itu puasa Assyura? teman, tau tidak..? Bu guru.. apa sih puasa assyura? Puasa assyura adalah berpuasa pada tanggal 10 bulan Muharram. Hadist riwat muslim menyebutkan: ”Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram.” 4. Membaca Al-Qur’an dan hadits, Dua wasiat dari rasul, atau bahasa kerennya: S.O.P. (Standar Operational Prosedur) yang berlaku di segala zaman, sebagai pedoman kita agar selamat di dunia dan akhirat. 5. Melantunkan shalawat pada Baginda Rasul, Bagaimana caranya? hadirin baca shalawat bareng yu, “shalatullah salamullah, ala thaha rasulillah

dengan hikmah mauled nabi dan bulan Muharram ini mudah-mudahan kita bisa mengaplikasikan 5 M tadi dalam kehidupan sehari-hari.shalaatullah salamullah ala yaasin habibillah” Hadirin walhadirat Rahimakumullah. Wabillahi taufik walhidayah. Sekian dari saya. meriahnya suasana : laksana hujan. Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. namun ternyata itu saja tidak cukup. Sebagai kesimpulan. M yang ketiga adalah Membiasakan.wb. karena Reisha dalam tahap belajar. M yang kedua Mengubah. pelanginya adalah : mutiara hikmah dan perubahan. wassalamualaikum wr. M yang pertama yaitu Mencontoh. Alhamdulillah kita disini dapat menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dan M yang terkhir yaitu Melantunkan Shalawat kepada baginda Rasul Muhammad SAW. . sebab terselenggaranya acara : ibarat awan. M yang keempat Membaca.

Berikut saya coba share. kebetulan sekali. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT. para sahabat. kita dapat bermuajahah (bertatap muka) di bulan yang penuh rahmat dan magfiroh dari Allah SWT. tokoh paling berpengaruh di dunia. akan menyampaikan uraian hikmah tentang ibadah sederhana di bulan ramadhan. Amin ya rabbal…. dalam kesempatan ini. yakni baginda Rasul: Muhammad Sallallahu Alaihi Wasalam. siswa kelas . Tak lupa kepada keluarga. Alamin. SD. Selamat belajarr.Contoh ceramah untuk anak : Keutamaan Ramadhan Pagi hari iseng-iseng membuat teks.. siangnya riezka mendapat telepon permintaan naskah pidato. Alhamdulillah. dan semua tabiinny. nama saya [sebutkan nama sendiri]. contoh pidato sederhana untuk anak-anak. Al-Hadist mengatakan: .! ^_^ Semoga bermanfaat.. yakni bulan ramadhan. shalawat beserta salam akan tetap terlimpahkan kepada suri tauladan umat manusia. Mudah-mudahan kita dicatat oleh Allah sebagai umatnya. Hadirin Rahimakumullah.

” Dan senyummu untuk saudara mu adalah sodaqoh. Pinter!!! Alhamdulillah. dan para syaitan akan dibelenggu. guru. dan Salam. bahkan hadist Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam. teman-teman bisa senyum? coba liat. insyAllah akan saya uraikan satu persatu. Bukhari dan Muslim) Coba saya mau tanya. (1) Yang pertama. tetangga. adik. Shodaqoh. orangtua. dan semua orang! Saya mau test ni. Seperti Senyum. Senyum itu menampakkan keramahan. watabassumuka fi wajhi akhiika shodaqoh Artinya. [tips: gunakan interaksi sedemikian rupa sehingga mendapat jawaban dari audiens anak-anak] Tapi sayang sekali. pintu-pintu Jahannam akan ditutup.” (HR. kakak. padahal sebenarnya ada banyak ibadah yang sederhana dan mudah dipraktikkan dengan pahala yang berlipat ganda. senyumnya mannnnna?! :) (2) Ibadah sederhana kedua adalah Shodaqoh. teman-teman suka berpuasa? Tarawihnya. jika pahala yang melimpah di bulan suci ini hanya diraih dengan puasa dan tarawih saja. “ kita bisa senyum kepada teman.Artinya: “Jika telah masuk bulan Ramadhan. bagaimana? …. pintu-pintu Surga akan dibuka. Sekarang. . senyum.

dan salam bisa dijadikan oleh-oleh untuk bulan berikutnya. betul. kita bisa mengucapkan salam: ketika masuk rumah maupun keluar rumah. betul. Sedikitpun tak mengapa... ibadah sederhana. yang penting ikhlasnya. Assalamualaikum. teman-teman. senyum. mau masuk mushala atau masuk kelas di sekolah... wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. ke Karawang cari durian dari cikampek ke pamanukan mumpung ini bulan Ramadhan yuk. atau infaq di masjid.com » tentang maulid nabi muhammad saw . :) (3) Dan Ibadah sederhana yang ketiga yaitu salam. semoga kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.<sebutkan nama sendiri>. Salam. shodaqoh. yaitu dengan mengucapkan Sallahu alaihi Wasalam. yuk sisihkan uang jajan untuk berbagi dengan yang membutuhkan. berbicara di depan bukan karena saya sudah lebih baik. Mohon maaf bila ada kesalahan. Teman-teman yang dirahmati Allah. Kepastian Hukum tentang Peringatan Maulid Nabi dan Hikmahnya January 22nd.??? Wabillahi taufik wal hidayah.Karena bulan ini kita puasa. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan. ..juga harus di ucapkan setelah mendengar nama Muhammad. Hebatnya lagi. InsyAllah… Demikian uraian hikmah tentang ibadah sederhana di bulan ramadhan. hanya sekedar saling mengingatkan dalam kebajikan. juga sebagai pembeda antara Nabi Muhammad Sallahu alaihi Wasalam dengan nama Muhammad yang banyak digunakan umat muslim. selain untuk penghormatan. perbanyak amal kebaikan betul. karena saya masih dalam tahap belajar. Sehingga kemuliaan bulan romadhon kali ini. dapat mengharumi sepanjang tahun. Yaitu dengan mengucapkan.. Hadirin Rahimakumullah. 2013 | Author: Akhmad Tefur AkhmadTefur.

Saya yakin. Kubu yang membolehkan dan membid’ahkan peringatan maulid nabi pasti sama-sama setuju akan pentingnya semangat mencontoh nabi. Kisah ini pernah saya dengar dari ceramah Alm KH Zainuddin MZ yang kurang lebih kandungannya sebagai berikut: Trilogi Shalat Sempurna Jadikan Shalat Lebih Mantap. tingkat pencarian kata: hukum maulid nabi (exp: hukum peringatan maulid nabi) adalah 590 per bulan. Ini sejalan dengan firman Allah: Al Ahzab 21 laqod kaana lakum fii rosuulillahi uswatun hasanah Sesungguhnya telah ada pada Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (QS Al Ahzab 21) Karena itu. bahwa “semangat mencontoh nabi” adalah persamaan kita. Lebih Agung & Lebih Nikmat. apa hukum yang pasti untuk peringatan Maulid Nabi Muhammad? Menurut saya. mari kita ambil persamaannya saja. dong… Sudahlah. Ini artinya masih banyak yang belum tahu kepastian hukumnya! So.Sahabat pembaca… Apa kabar? Adakah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di tempat anda? Kata Mbah Google. mari kita simak salah satu kisah Nabi Muhammad yang perlu kita teladani. misalnya dalam semangat mencontoh Nabi. Raihlah… Presentasi Menarik Rahasia Presentasi Sukses-Menarik . hukum peringatan Maulid Nabi yang pasti adalah: tidak boleh bikin perpecahan umat! Pasti anda setuju.

Orang yang selalu aku sakiti dan caci maki. nafasnya makin tersengal. Akhirnya… mengertilah Muhammad bahwa si kafir yang biasa melemparinya sedang sakit.Teknik & Bumbu Ceramah Yes Bisnis! Rahasia Bisnis Online Pemula Mudah – Cepat – Murah Pesona Jendela Rahasia Bacaan Wajib yg Ingin Terpesona dan Tambah Jendela Wawasan! Ada seorang kafir yang sangat-sangat membenci Nabi Muhammad SAW. sirnalah rasa takutnya. Tapi kini muncul rasa baru. bahwa saya ingin masuk dalam agamamu… Subhanallaah… Inilah bukti bahwa Nabi Muhammad adalah manusia yang berakhlak tinggi. rasa haru dan rasa takjub yang luar biasa! Dengan dada bergemuruh dan bibir gemetar dia pun berkata: Wahai Muhammad. maka dia semakin pucat dan semakin ketakutan. Hingga pada suatu hari… Nabi merasa aneh. akulah orang yang tiap hari mencacimu bahkan engkau pernah aku lempar dengan kotoran. sampai-sampai ia selalu mencaci-maki Nabi Muhamad setiap beliau lewat di sebuah jalan. Si kafir pun teramat lega… Hilang sudah rasa cemasnya. dan menyapanya dengan ramah. tapi perbuatan si kafir ini dilakukan terus menerus setiap hari. persaksikanlah wahai Muhammad. jantungnya makin berdebar keras. Maka Muhammad pun datang ke rumahnya. Justru kamu adalah orang yang pertama menengokku. Inilah bukti bahwa . Sudah beberapa hari ini aku sakit. Maka. Hari berikutnya pun si kafir masih tidak kelihatan batang hidungnya. Saat si kafir melihat kedatangan Muhammad. iapun meludahi Nabi. karena hari itu Nabi tidak mendapatkan caci maki seperti biasanya. Tidak hanya caci maki. Bahkan Nabi membawakan semangkok makanan. Tidak hanya sekali dua kali. Namun apa yang tejadi? Muhammad ternyata datang bukan untuk balas dendam. Tapi tak seorang pun teman-temanku menengokku. Begitu sangat bencinya. wajahnya makin pucat pasi… dia begitu sangat ketakutan karena Muhammad orang yang selama ini dia caci maki hari ini datang ke rumahnya. melemparinya dengan batu bahkan dengan kotoran. Setiap langkah Muhammad makin mendekatinya. Sungguh teramat mulia hatimu Muhammad. Ia berfikir bahwa hari itu akan tamat riwayatnya. Dengan tangannya yang lembut Muhammad mengusap keningnya.

STOP! Dan ingat sekali lagi: Semestinya panutan dan tokoh idola kita serta untuk anak-anak kita itu bukan Spiderman. STOP Pertengkaran… STOP Permusuhan. semangat cinta rasul serta semangat meneladaninya.ada sejuta hikmah jika kita mampu menahan dendam Inilah bukti bahwa Islam itu mulia. andapun pasti yakin bahwa anda tidak boleh bergaya preman kampung macam itu kepada orang lain! Setuju. 2010 | Author: Akhmad Tefur Bagaimana cara berdoa yang baik? Simak ini dulu… Coba bayangkan seandainya tiba-tiba ada orang mendatangi anda. tinggi “ya’lu wala yu’la alaih” tinggi dan tidak ada yang melebihi tingginya Di bulan Maulid Nabi ini. Bukan Superman. tentu sangat tidak boleh! . bukan pula Gatot Kaca… Tapi idola untuk kita dan untuk anak-anak kita yang patut dijadikan teladan adalah : Rasulullah Muhammad SAW. Ingat lagi bahwa: Perbedaan pendapat tentang hukum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang pasti tidak boleh bikin perpecahan umat! Kata Bang Haji Oma: STOP Perdebatan. jika anda sadar betul akan jawaban pertanyaan di atas. tidak memanggil nama anda dengan santun. tidak memiliki tata krama… Bagaimana perasaan anda? Iba atau empet? Nah. Karena sesungguhnya dalam diri Nabi Muhammad adalah contoh yang baik (Al Ahzab 21). mari sama-sama kita tingkatkan semangat kita untuk selalu meneladani Nabi. juragan? Apalagi kepada Allah…. Mau Doa Maqbul? Perbaiki Cara Berdoa! October 24th. dan langsung meminta uang dengan cara yang tidak sopan… Dia tidak kulo nuwun. Semoga peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini dapat membawa semangat baru.

Menyebutkan maksud yang diminta Point ke-5 ini adalah inti dari doa (permintaan) kita 6. Contoh redaksi doa singkat berdasarkan urutan poin-poin di atas: (1) Bissmillahirrahmaanirrohiim (2) Alhamdulillahi robbil aalamiin (3) Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad (4) Ya Allah ya ROZAK (5) Hari ini saya mau berdagang. ya ROZAK berilah kami rizki yang halal Ya GHOFUR… ampunilah kami Robbanaa innaka anta SAMIIUL ‘ALIIM watub alaina innaka anta TAWWAABU RAHIIM 5. 4. Amin. atau dengan redaksi lainnya. Jangan langsung to the point meminta. walhamdulillaahi rabbil aalamiin. Mulailah dengan basmalah 2. kecuali antara dia dan langit ada hijab. Bershalawat atas Nabi misalnya membaca “Allahumma shalli ala (sayyidinaa) Muhammad” atau dengan redaksi lain yang anda sukai. gunakan tata krama yang baik. Jadi. sampai dia bershalawat kepada nabi”. dan Amin Washallallahu ala (sayyidinaa) Muhammadin. maka berdoalah dengan menyebut asmaa-ul husna itu “(QS Al Araf : 180). berilah kami rizki yang halal dan melimpah (6) Washallallahu ala (sayyidina) Muhammad. bershalawat kepada Nabi sangat penting untuk membuka hijab (tirai) agar doa kita sampai pada Allah azza wa jalla. Sebutlah nama-Nya dengan santun (dengan asmaul husna) “Dan Allah memiliki asmaul husna.Berlaku sopanlah dalam meminta kepada Allah! Sebutlah nama-Nya dengan santun. Contoh membaca asmaul husna dalam berdoa:    Ya Allah. walhamdulillaahi rabbil aalamiin. Mari perbaiki cara berdoa kita agar lebih maqbul. Allah memberikan petunjuk agar kita memuji-Nya sebelum menyampaikan maksud doa yang kita panjatkan. Memuji Allah “Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya” (An Nashr:3). bagaimana tata cara berdoa yang baik berdasarkan Al Quran dan hadits? Inilah jawabannya: 1. memuji Allah. Memuji Allah ialah dengan mungucapkan “Alhamdu lillaahi robbil aalamiin” (segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam). Dalam ayat ini. Amin. Mengapa doa kita tumpul? Salah satunya karena tingkah kita sendiri yang tidak beradab dalam meminta. 3. Lantas. . Tutup doa dengan shalawat Nabi. Bershalawat untuk Nabi Dari Annas bin Malik: “Tidaklah seseorang berdoa.

Apalagi nilai shalat Subuhnya. seolah-olah ia menegakkan shalat semalam suntuk” (HR Muslim). bukan yang haram. 2010 | Author: Akhmad Tefur Mengapa jamaah shalat Subuh di masjid anda sepi? Lebih spesifik. Ya Allah jadikanlah saya dan keturunan saya sebagai orang yang dapat menegakkan shalat. Subhanallah. Dan kekayaan (rizki yang melimpah) yang Engkau ridhai. Shalat fajar adalah shalat sunnah sebelum shalat Subuh. Allahummakfinii bihalaallika an haraamika wa aghninii bi fadhlika „amman siwaak (HR Tirmidzi). Ya Allah berilah saya rizki yang halal. bukan yang engkau murkai. misalnya: Rabbij‟alnii muqiima shalaati wamin dzurriyaatii (QS Ibrahim). Jelas banget. dapatkah anda bayangkan shalat semalam suntuk? Shalat terus menerus. abaikan pertanyaan ini . dan 2. mengapa anda enggan menghadiri shalat Subuh berjamaah? He he… jika anda tidak merasa. ternyata shalat sunnahnya saja luar biasa dahsyat.Poin (5) sebaiknya menggunakan doa yang ma’tsur. Tidak mengetahui cara menggapainya Apa sih. Tapi jika anda merasa demikian. inilah artikel solusi yang tepat buat anda… Keengganan. Tidak mengetahui keagungan shalat Subuh berjamaah. bukan? Ya. Rahasia Menggapai Keutamaan Shalat Subuh August 26th. hebatnya shalat Subuh berjamaah? Coba simak hadits berikut ini: “Dua rakaat fajar lebih baik dari dunia dan segala isinya” (HR Muslim). dari Maghrib hingga Subuh! . inilah salah satu keagungan shalat Subuh: “…dan barangsiapa shalat subuh berjamaah. atau ketidakmampuan menghadiri shalat Subuh berjamaah di masjid seringnya disebabkan oleh dua faktor penting: 1. yaitu doa yang ada dalam Al Quran atau doa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Mari meminta kepada Allah dengan tata cara berdoa yang baik.

Inilah bukti kemurahan sang Maha Pemurah. Dari segi kesehatan juga sangat berguna untuk mencegah berbagai penyakit. ada 3 tahapan: Tahap Pertama Ingatlah Allah saat mendengar weaker (baca doa: Alhamdulillahi lladzii ahyaana ba‟da maa amaatana wa ilaihi nusuur. Tetapi kalau tidak (dilakukan). Apabila ia berwudhu. ia akan terbawa lamban dan malas” (HR Bukhari – Muslim). Melalui Rasul-Nya. maka kitapun akan lebih bersemangat untuk melakukan tahap selanjutnya Tahap Ketiga Shalatlah dua rakaat. Saking dahsyatnya shalat Subuh. pastikan kita lakukan tahap yang mudah ini! Tahap 1 ini akan melepas belenggu lilitan setan pertama. Walaupun ketika itu kita masih ngantuk berat. niscaya mereka bakal mengikutinya sekalipun harus berjalan merangkak-rangkak” (HR Bukhari). . maka lepaslah lilitan itu. Kemudian apabila ia shalat. Tetapi kalau tidak (dilakukan). “Nikmatilah malam yang panjang ini”. Jadi. karena untuk mengawali penanganan lilitan setan cukup dengan mengingat Allah. tentu kita harus bisa bangun pagi sebelum Subuh. Ribuan syaraf penting diteraphy dengan sentuhan tangan dan rangsangan air segar pada saat kita berwudhu. Allah (pencipta manusia dan setan) telah membuka rahasia yang amat berharga agar kita lebih mudah untuk bangun pagi: “Setan melilit leher seseorang di antara kalian dengan tiga lilitan ketika ia tidur. Apabila ia bangun dan mengingat Allah. Hal ini akan mempermudah untuk melakukan tahap 2. segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikannya. Karena lilitan setan telah berkurang satu. lepaslah lilitan ketiga. sehingga ia menjadi bersemangat. untuk menangani kejahilan setan waktu kita tidur. alhamdulillah! Lantas bagaimana cara meraihnya? Syarat pertama. lepaslah lilitan kedua. shalat Subuh juga disaksikan oleh para malaikat. Inilah saat melepas belenggu lilitan setan yang kedua! Dengan telah berkurangnya dua lilitan. sehingga ia menjadi bersemangat. ia akan terbawa lamban dan malas” (HR Bukhari – Muslim). maka lepaslah semua belenggu lilitan setan. Sekarang kita sudah mengerti akan dahsyatnya shalat Subuh. lepaslah lilitan ketiga. maka beban kita menjadi lebih ringan. Dengan setiap lilitan setan membisikkan. dan kepada-Nya kami kembali ). sampai-sampai Rasul bersabda: “… padahal kalau mereka tahu pasti keagungan pahalanya. Bukankah ini hal yang sangat mudah? Tahap Kedua Berwudhulah! Wudhu adalah hidroteraphy yang dahsyat.Tidak hanya itu. Kata Nabi: “…kemudian apabila ia shalat.

Saat Abu Bakar. Dr. Demikian juga Imam Bukhari. maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Lc. tidak berdosa terhadap tindak kesalahan bagi orang yang: . Karenanya. istilah yang digunakan adalah Khalifatu Rasulillah. mari kita selalu lakukan tahap-tahap penting ini. Imam Nawawi misalnya.Lupa . 23 Feb 2013 di Masjid Raya Taman Yasmin Pemateri : Ust. Makna hadits tentang niat di atas: 1.Tidak sengaja melakukannya . Resep mahal. kita menjadi bersemangat… langkahkan kaki anda menuju masjid untuk shalat berjamaah. Istilah amirul mu’minin pertama kali digunakan semasa pemerintahan Umar bin Khattab. Jangan tunda lagi… Mulai malam ini. maka hijrahnya sesuai dengan apa yang diniatkannya tersebut” (HR Bukhari. Hadits tentang niat ini banyak digunakan oleh para ulama ahli hadits untuk dijadikan hadits pembuka dalam kitabnya. Agus Setiawan. MA (Doktor ahli hadits) Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya. dalam kitab Hadits Arba’in menempatkan hadits tersebut sebagai hadits pertama. Petunjuk dari sang Maha Menunjukkan… petunjuk yang tak mungkin salah! Ayo shalat berjamaah di masjid… *** Jadikan Gerak dan Diammu Bernilai Ibadah! Catatan kuliah Subuh : Kajian Islam. Muslim). yang tak seorangpun mampu membuatnya. Inilah salah satu tabir rahasia yang telah Allah bukakan untuk kepentingan manusia. Dan barangsiapa yang hijrahnya karena urusan dunia yang ingin digapainya atau karena seorang wanita yang ingin dinikahinya. Hadits ini dari Amiril Mu‟minin Umar bin Khattab. Setiap amal harus dengan niat Islam memandang penting bahwa setiap amalan harus dilakukan dengan sadar (niat).Dipaksakan atas dirinya . Barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan RasulNya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan mendapatkan) sesuai dengan niatnya. beliau menempatkan hadits tentang niat di awal meskipun bab pertamanya membahas tentang permulaan turunnya wahyu. Hadits Tentang Niat Sabtu.Setelah tiga tahapan berhasil kita lakukan.

menafkahi keluarga dan untuk bekal ibadah lainnya.” Dengan demikian. orang yang bekerja dengat niat ibadah akan mendapatkan 3 keuntungan yaitu pahala. Jadikan gerak dan diammu bernilai ibadah.2.” Inilah contoh niat yang dapat memberi manfaat pada lebih banyak orang. bahkan lebih baik dari mahasiswa yang asli dari Mesir. Niat menentukan besar kecilnya nilai kerja Karena niat. Karena itu. pastikan setiap pekerjaan memiliki niat yang luhur karena Allah. Menurut Thabrani. bukan? 4. Dengan niat itu. 3. maka perlu diniatkan karena Allah dengan sadar. Tapi jika ia hanya berniat menanam rumput. Niat menjadi pembatas antara kebiasaan dengan ibadah Agar setiap aktivitas bernilai ibadah. Misalnya. Misalnya agar dapat memberi manfaat kepada lebih banyak orang. Saat ditanya mengapa nilainya selalu baik. tentu tidak bakalan tumbuh padi. Kerja sepele dapat bernilai besar. saya merasa orangorang yang mendoakan untuk kesuksesan saya lebih banyak. Setiap orang akan mendapatkan hasil tergantung apa yang diniatkannya. Karena niatnya untuk membahagiakan umat. jawabannya adalah: “Saya kuliah di sini niatnya bukan untuk (sekedar) membahagiakan orang tua saya. atau Kerja besar dapat bernilai sepele Maka. tapi agar saya mempunyai ilmu yang bermanfaat untuk umat. diriwayatkan bahwa “Barangsiapa yang di waktu petang merasa letih (karena bekerja). . dalam bekerja kita meniatkan untuk mencari rizki yang halal. dalam setiap pekerjaan hendaknya memiliki niat yang luhur karena Allah. ampunan dan rizki. Diceritakan. maka dia mendapat ampunan dari Allah swt. Ibarat orang yang menanam padi. maka tentu saja termasuk untuk membahagiakan kedua orang tuanya. maka selain mendapatkan padi dia juga mendapatkan rumput yang berguna untuk pakan ternaknya. seorang teman kuliah di Al Azhar (Mesir) prestasinya sangat baik.

.Semoga materi kuliah subuh yang menjelaskan hadits tentang niat ini dapat bermanfaat untuk kita. Ayo ikuti Kajian Islam setiap Sabtu Pagi di Masjid Raya Taman Yasmin.

Dia berkata : “Sepanjang aku menggali kubur untuk mencuri kain kafan. Sambung pemuda itu lagi. Pada suatu hari. Dikisahkan ada seorang pemuda yang kerjanya adalah mencuri kain kafan untuk dijual. sewaktu hidupnya. Lantaran itu aku merasa sangat insaf atas perbuatanku yang sangat keji itu dan ingin sekali bertaubat. KISAH SEORANG PENCURI KAIN KAFAN MAYAT ... menghinakan mereka dengan memalingkan wajah mereka dari mengadap kiblat. .. Lantaran itu Allah s. Bismillahir-Rahmaanir-Rahim .w.t.t.. mereka itulah golongan yang telah mensyirikkan Allah s. aku telah melihat 7 perkara ganjil yang menimpa mayat-mayat tersebut. Tapi tatkala malam . Wahai anak muda. wahai tuan guru?” tanya pemuda itu. aku lihat wajahnya telah membelakangi kiblat...w. aku lihat wajah mereka sangat elok saat mereka dimasukkan ke dalam liang lahad. Tetapi saat aku menggali kuburnya pada waktu malam.w.” jawab ahli ibadah tersebut. Mengapa terjadi begitu. dan membedakan mereka daripada golongan muslim yang lain. ”Yang pertama.. pemuda tersebut berjumpa dengan seorang alim/ ahli ibadah untuk menyatakan kekesalannya dan keinginan untuk bertaubat kepada Allah s.. “Golongan yang kedua.t. aku lihat mayat yang pada siang harinya menghadap kiblat.

Sesungguhnya Allah s. mereka itulah golongan yang meremehkan dan meninggalkan sholat sewaktu hidupnya. ku lihat mayat yang jasadnya berubah menjadi batu bulat yang hitam warnanya. wahai tuan guru?” Jawab ahli ibadah tersebut. maka sempurnalah amalanamalan kita yang lain.hari ketika aku menggali kubur mereka. pada waktu siang mayatnya kelihatan seperti biasa saja. . sama sekali tidak ridha kepada manusia yang mendurhakai orang tuanya." Pemuda itu menyambung lagi. “Wahai pemuda.” Golongan kelima ku lihat ada .” Jawab ahli ibadah tersebut . wahai anak muda. ku lihat perutnya membuncit. “Mereka itulah golongan yang gemar memakan harta yang haram semasa hidupnya. wahai tuan guru?” Jawab ahli ibadah itu..t. dan mengeluarkan ulat yang banyak dari perutnya itu. Mengapa begitu. “Wahai anak muda.. Mengapa terjadi begitu. itulah golongan manusia yang durhaka kepada kedua orang tua (ibu bapaknya) sewaktu hayatnya.” Golongan keempat. “Wahai tuan guru. Sesungguhnya sholat merupakan amalan yang pertama kali dihisab. ku lihat wajah merekapun telah berubah menjadi babi.w. Jika sempurna solat. Tapi saat aku menggali kuburnya pada waktu malam. golongan yang ketiga yang aku lihat.

golongan yang keenam yang aku lihat. Jawab ahli ibadah tersebut. . Mengapa demikian wahai tuan guru?” tanya pemuda itu lagi. itulah golongan yang memakan harta riba sewaktu hayatnya. Wahai guru. Tatkala malam ketika aku menggali kubur itu. hingga membelit dan menancap di seluruh tubuhnya dan keluar segala isi dari tubuh badannya.w. “Wahai pemuda.” jelas ahli ibadah tersebut. Semasa hidupnya mereka suka mendiamkan tanpa tegur sapa sampai lebih dari 3 hari. Wahai guru.” sambung pemuda itu.” Wahai pemuda. golongan yang ketujuh atau terakhir yang aku lihat. mereka itulah golongan manusia yang berilmu. bahwa barang siapa yang tidak bertegur sapa melebihi 3 hari bukanlah termasuk dalam golongan umat-Ku. sewaktu siangnya lahadnya kering krontang. Bukankah Rasulullah s. mayatnya senantiasa tersenyum dan wajahnya pun berseri-seri..mayat yang kukunya amat panjang. Inilah golongan yang memperoleh keridhaan dan kemuliaan di sisi . mereka itulah golongan yang gemar memutuskan tali silaturrahim. kulihat mayat tersebut terapung dan lahadnya dipenuhi air hitam yang amat busuk baunya.” jawab ahli ibadah tadi.a. Dan mereka beramal juga dengan ilmunya sewaktu hayat mereka. "Anak muda. pernah bersabda.

Mari kita simak hadits ini: “Jika engkau mendengar suara adzan. mungkin besok tinggal 60%-nya.t." Ingatlah. baik sewaktu hayatnya mahupun sesudah matinya. Sesungguhnya dari Allah s. bagaimana cara merawat motivasi shalat berjamaah…? Jika kita bertanya begini. Jika tidak pernah merawatnya. 2010 | Author: Akhmad Tefur Bagaimana semangat shalat berjamaah anda hari ini? Masih joss…. ternyata adzan bukanlah sekedar tanda masuknya waktu shalat! Tapi adzan merupakan panggilan Allah sang Maha Besar… . benar-benar patut disyukuri karena berarti dalam diri kita ada kemauan untuk merawatnya. besoknya lagi tinggal 25% … dan seterusnya.w. maka penuhilah panggilan Allah itu” (HR Thabrani). Jika hari ini memiliki semangat. Subhanallah.Allah s. atau sudah mulai loyo? Atau bahkan anda tidak pernah memilikinya? Semangat melaksanakan shalat berjamaah biasanya digondol sepulang dari seminar atau kajian tentang shalat. Kita akan mempertanggung jawabkan atas setiap amal yang kita lakukan. walaupun amalan sebesar dzarah. Begitu jugakah yang sampeyan rasakan? Jika ya.t kita datang dan kepadaNya jugalah kita akan kembali. semangat apapun akan berangsur lenyap ditelan waktu. berarti anda masih pantas disebut sebagai manusia… he he Wajar! So.w. wabil khusus tentang pentingnya dan manfaat shalat berjamaah. ==========Merawat Motivasi Shalat Berjamaah July 29th.

bukan? Lantas… bagaimanakah jika yang memanggil adalah Allah sang Maha Raja? Ya. Baca sekali lagi… renungkan. Allah betul-betul memanggil kita (dengan adzan). naik derajat. Adzan dikumandangankan lima kali sehari hingga hari kiamat… inilah mengapa adzan dapat dijadikan sarana perawat motivasi yang paling mumpuni.. dan Allah akan memberi penghargaan serta hadiah yang sangat agung untuk kita! Subhanallah…. insya_allah ini akan menjadi perawat motivasi shalat berjamaah yang baik. kemudian datang dengan kaos oblong dan tidak mau datang tepat waktu? Pasti tidak…wong mau diberi penghargaan oleh pejabat. jika kita mau memahami makna adzan. kok! Nah. Karenanya. terhapus dosa. Tinggalkan paradigma lama yang menganggap adzan hanya sebagai pertanda waktu shalat (seperti bunyi bedug) belaka.Bagaimana seandainya kita dipanggil oleh walikota untuk menerima penghargaan? Apakah perasaan kita biasa-biasa saja. . penting juga untuk memahami makna panggilan shalat (adzan). hendaknya kita memahaminya sbb: Allahu akbar Allahu akbar Allah Maha Besar memanggilku untuk menerima hadiah besar Asyhadu anlaa ilaaha illallah Aku bersaksi tiada yang lebih penting dari panggilan Allah ini Asyhadu anna Muhammadan rasuulullah Aku bersaksi nabi Muhammad adalah panutan yg selalu memenuhi panggilan ini Hayya alashalah Yaitu panggilan shalat berjamaah di masjid Hayya alal falah Untuk menjemput hadiah kemenangan (kenaikan “gaji” 27x. dll)! Allahu akbar allahu akbar Allah Maha Besar memanggilku untuk menerima hadiah besar Laa ilaaha illallah Tiada yang lebih penting dari panggilan Allah ini! Inilah pemaknaan adzan yang dapat merawat motivasi shalat berjamaah. Karena itu. Untuk memperoleh motivasi ketika mendengar adzan. dalam belajar shalat selain perlu memahami makna bacaan shalat. bagaimana pula jika yang memanggil dan yang akan memberi penghargaan adalah presiden? Tentu lebih senang dan akan mempersiapkan diri lebih baik. adzan adalah panggilan Allah… dan Allah akan memberikan hadiah yang sangat agung bagi yang mau memenuhi panggilan-Nya. Ingat.

Dia tidak pernah ingkar janji. Trilogi Shalat Sempurna Jadikan Shalat Lebih Mantap. tawaran ini benar-benar ada.he. Raihlah… Presentasi Menarik Rahasia Presentasi Sukses-Menarik Teknik & Bumbu Ceramah Yes Bisnis! Rahasia Bisnis Online Pemula Mudah – Cepat – Murah Pesona Jendela Rahasia Bacaan Wajib yg Ingin Terpesona dan Tambah Jendela Wawasan! . jadi anda harus percaya 100%. Lebih Agung & Lebih Nikmat. lalu beliau menawarkan: . *** Pilih Supra Fit atau Relaxa? October 15th. 2010 | Author: Akhmad Tefur Ketika ada seseorang yang secara serius ingin memberi anda hadiah. benar-benar terjadi bahwa secara periodik ada yang mau memberi kita dengan dua pilihan tersebut. sekarang anda dengarkan saya baik-baik….Sobat.Mau Rp 12 juta atau cukup Rp 1000 saja? . semoga Allah selalu memberi motivasi kita untuk shalat berjamaah di masjid. anda boleh pilih apa saja! Tapi jika anda pilih Rp 1000 atawa permen… saya akan bertanya lagi: “Anda penghuni RSJ mana?” He.Mau sepeda motor atau permen? Anda pilih mana? Of course. lihat jadwal shalat … Yuk. Nah... Lakukan setiap saat. kita nantikan indahnya kumandang adzan! Mari kita dengarkan dan pahami maknanya dengan baik.

dan bagi yang berangkat pada jam ketiga.    Pilih unta atau telur? Pilih Rp 12 juta atau Rp 1000? Pilih Supra Fit atau Relaxa? Anda bukan penghuni RSJ. maka berdatanganlah para malaikat mendengarkan isi khutbah berupa peringatan” (HR Bukhari-Muslim). seperti orang berkurban domba. doa atau permohonan maaf? . ada juga yang menjawab “Kosongkosong”. dan bagi yang berangkat pada jam ke empat seperti orang berkurban ayam. maka dalam sebulan anda bisa mengantongi Rp 48 juta! Ini dia… ambil napas. Jadi. apa jawab anda? Mungkin sebagian ada yang menjawab: “Sama-sama”. Dan waktu imam keluar menuju masjid/mimbar khutbah umtuk menyampaikan khutbahnya. bersabda : “Barang siapa mandi Jumat seperti mandi janabat. dan yang berangkat pada jam kedua pahalanya seperti orang berkurban sapi. ini jenis ucapan apa? Apakah ucapan selamat. Nah. Keliru besar! Minal aidin wal faizin secara bahasa artinya “Dari orang-orang yang kembali dan menang”. Wah wah…. rupanya mereka menganggap bahwa Minal Aidin itu semacam permohonan maaf. baca basmalah dan simak perlahan-lahan: Dari Abu Hurairah. Inilah keistimewaan hari Jumat dan fadilah shalat Jumat. 2010 | Author: Akhmad Tefur Jika ada sahabat mengucapkan “Minal aidin wal faizin”.Kalau anda terima tawaran ini dengan benar. sedang yang berangkat pada jam kelima pahalanya seperti orang sedekah sebutir telur. maka pahala baginya seperti berkurban seekor unta. toh? Menyiasati Kekeliruan Persepsi “Minal Aidin” September 9th. lalu berangkat ke masjid. menurut anda. Rasul SAW.

kembali tanpa dosa seperti bayi yang baru lahir. Raihlah… Presentasi Menarik Rahasia Presentasi Sukses-Menarik Teknik & Bumbu Ceramah Yes Bisnis! Rahasia Bisnis Online Pemula Mudah – Cepat – Murah Pesona Jendela Rahasia Bacaan Wajib yg Ingin Terpesona dan Tambah Jendela Wawasan! Ternyata.Ucapan “Dari orang-orang yang kembali dan menang” kurang tepat jika dianggap sebagai ucapan selamat atau doa. maka sangat layak dianggap sebagai doa. minal aidin wal faizin adalah sebuah penggalan doa. karena berhasil mengalahkan hawa nafsu dan mendapatkan curahan rahmat yang tak terhingga dari Allah SWT. Lebih Agung & Lebih Nikmat. Masalahnya adalah. keadaan mereka akan KEMBALI suci (Idul fitri). Apalagi bila dianggap sebagai permohonan maaf… Jadi…. jika mendengar ucapan doa tersebut. bagaimana jika diucapkan hanya sepenggal. Dengan demikian. amat tepat jika di bulan Syawal ini kita sempurnakan dengan doa “Semoga Allah menjadikan kami dan anda sekalian dari orang-orang yang KEMBALI dan MENANG (Ja‟alanallahu waiyyakum minal a‟idin wal faizin)“. yang selengkapnya berbunyi “Ja’alanallahu wa iyyakum minal a’idina wal faizin” (Semoga Allah menjadikan kami dan anda sekalian dari orang-orang yang kembali dan menang).kalimat apakah itu? Trilogi Shalat Sempurna Jadikan Shalat Lebih Mantap. Selamat kembali dan menang… *** . Bagi mereka yang telah menjalankan ibadah puasa selama 30 hari dengan baik. Kalau diucapkan secara lengkap. kemudian mengucapkan “Amin”. karena kebanyakan orang hanya mengucapkan “Minal aidin wal faizin (dari orang yang kembali dan menang)”? Menyiasati masalah di atas – agar lebih afdhol – jika anda hanya mendapat ucapan “Minal aidin wal faizin” maka anda dalam hati (atau dikeraskan) menambahkan kalimat “Ja’alanallahu wa iyyakum”. Maka. anda jawab dengan ucapan “Amin”. Mereka juga sebagai orang yang MENANG.

diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibakan kepada umat-umat sebelum kamu agar kamu menjadi orang yang bertaqwa” (QS Al Baqarah:183). Turmudzi dll). 3. Ahmad. Sesuatu yang Baik Bagi Manusia “Dan berpuasa baik untukmu. Trilogi Shalat Sempurna Jadikan Shalat Lebih Mantap. “Sesungguhnya orang yang bertaqwa ditempatkan dalam surga yang mengalir sungai-sungai” (QS Al Hijr:45) 2. maka tidak akan dapat menggantinya walaupun berpuasa sampai akhir hayatnya” (HR Bukhari. Puasa. Ibadah yang Tidak Dapat Ditinggalkan “Barangsiapa berbuka (dengan sengaja) satu hari pada siang hari bulan Ramadhan tanpa rukhsah atau sakit. Tangga Menuju Surga “Hai orang-orang yang beriman. 2010 | Author: Akhmad Tefur Saudaraku. Lebih Agung & Lebih Nikmat. inilah 17 hal tentang Ramadhan yang sangat penting diketahui: 1.17 Pengetahuan Wajib Tentang Ramadhan August 23rd. Raihlah… Presentasi Menarik Rahasia Presentasi Sukses-Menarik Teknik & Bumbu Ceramah Yes Bisnis! Rahasia Bisnis Online Pemula Mudah – Cepat – Murah Pesona Jendela Rahasia . jika kamu mengetahuinya” (QS Al Baqarah:184).

. dan doa orang yang didzalimi… “ (HR Ahmad). 10. 9. 5. Setan Dibelenggu “Ketika bulan Ramadhan tiba. dan Aku pasti menjaminnya. kecuali puasa. maka pahalanya adalah 70 amalan fardhu di bulan lainnya” (HR Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya). Puasa adalah merupakan benteng. 7. maka ketika seorang tengah melakukan puasa janganlah berbuat keji dan kerusuhan. Doa Mustajabah “Telah datang kepadamu bulan Ramadhan dimana Allah melimpahkan keberkahan menurunkan rahmat dan mengampuni dosa dosamu.Bacaan Wajib yg Ingin Terpesona dan Tambah Jendela Wawasan! 4. 6. dan syetan di belenggu “(HR Bukhari. apabila ada yang mencaci maki kepadanya atau mengajak bertengkar. doa orang berpuasa sampai ia berbuka. Muslim). Pelipatgandaan Pahala “Barangsiapa yang ingin mendekatkan diri di bulan ini kepada Allah dengan suatu amalan sunnah. Dijauhkan dari Neraka “Tiada orang berpuasa sehari pada jalan Allah. Ampunan “Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan berharap kepada Allah. maka pahalanya bagaikan melakukan amalan fardhu di bulan lainnya. maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR Bukhari. Pintu Neraka Tertutup. “Rasul adalah manusia yang paling bermurah hati. pintu-pintu neraka ditutup. Sebagai Benteng Rasul bersabda. maka dibukalah pintu-pintu surga. Perbanyak Shadaqah & Tadarus Dari Ibnu Abbas. 8. Ibadah Agung. maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR Bukhari. bau mulut orang yang berpuasa lebih harum dari kesturi di sisi Allah. 11. menerima doa doamu…” (HR Thabrani). … dan beliau tadarus Al Quran” (HR Bukhari. Muslim). “Tiga jenis orang yang doa mereka tiada ditolak adalah. doa pemimpin yang adil. Muslim). yaitu ketika berbuka dan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Muslim). dan barangsiapa melakukan amalan fardhu di bulan ini. Demi Allah yang Muhammad ditangan-Nya. Muslim). Muslim). sebab puasa adalah untuk-Ku. kecuali Allah menjauhkan wajahnya dari sengatan api neraka sejauh 70 tahun” (HR Bukhari. dan baginya dua kegembiraan. terutama dalam bulan Ramadhan. Allah berfirman “Seluruh amal anak adam untuknya. Jangan Tinggalkan Shalat Tarawih dan Ibadah Malam Lainnya “Barangsiapa yang menegakkan (ibadah) malam di bulan Ramadhan karena iman dan berharap kepada Allah. Pintu Surga Terbuka. katakanlah “Aku tengah berpuasa”. memperoleh balasannya” (HR Bukhari.

15. Semoga pengetahun tentang Ramadhan ini dapat memotivasi untuk menjadikan puasa kita kali ini lebih baik. dua perkara lainnya pasti kamu memerlukannya. Engkau Maha pengampun dan suka mengampuni. Jawab Rasul: ”Ucapkanlah olehmu kalimat : Allaahumma innaka „afuwwun tuhibbul „afwa fa‟fu anni (Ya Allah. yang jarak antara satu paritnya lebih jauh daripada langit dan bumi” (HR Thabrani. Perbanyak Memberi “Barangsiapa memberi makan kepada orang yang berpuasa.12. maka Allah swt akan menjauhkan antara dia dengan nereka sejauh tiga parit. Muslim). Muslim). “Barangsiapa yang beritikaf satu hari karena mengharapkan ridha Allah. tanpa mengurangi pahala yang berpuasa sedikitpun” (HR Turmudzi). dan apa yang harus kubaca?. Fadilah Itikaf “Barangsiapa beritikaf penuh keyakinan dan keikhlasan. maka ampunilah aku)” (HR Turmudzi). Dua perkara yang dapat mendatangkan keridhaan Allah adalah hendaknya kalian membaca kalimat Thayibah dan istighfar sebanyak banyaknya. 16. Sabdanya “Carilah lailatul qadar pada 10 malam terakhir Ramadhan” (HR Bukhari. Amalan Terbaik di Malam Laialtul Qadar Dari Aisyah. pasti Allah ampuni dosa-dosanya terdahulu” (HR Bukhari. 17. *** . Hakim). Baihaqi. 14. maka pahalanya baginya seperti yang berpuasa. 13. “Ya Rasul apa yang harus dilakukan jika aku menepati malam lailatul qadar. Itikaf 10 Hari Terakhir Adalah Rasulullah SAW itikaf pada 10 malam terakhir. Dua perkara dapat mendatangkan keridhaan Tuhanmu. Dan dua perkara yang kamu memerlukannya yaitu hendaknya kamu memohon kepada-Nya untuk masuk surga dan berlindung dari api neraka Jahannam” (HR Ibnu Khuzaimah). Berusaha Menggapai Lailatul Qadar “Malam kemuliaan itu (lailatul qadar) lebih baik dari 1000 bulan” (QS Alqadar:3). Perbanyak 4 Perkara “Perbanyaklah di bulan ini 4 perkara.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful