FILSAFAT PANCASILA

Disajikan oleh : Hermansyah, SH., MARS.

SEJARAH PANCASILA
Pancasila sebagai dasar filsafat serta ideologi bangsa dan negara Indonesia, bukan terbentuk secara mendadak dan serta bukan hanya diciptakan oleh seseorang sebagaimana yang terjadi pada ideologi-ideologi lain di dunia, namun terbentuknya Pancasila melalui proses yang cukup panjang dalam sejarah bangsa Indonesia.

#

SEJARAH PANCASILA
Secara kausalitas Pancasila sebelum disyahkan menjadi dasar filsafat negara nilai-nilainya telah ada dan berasal dari bangsa Indonesia sendiri yang berupa nilai-nilai adat-istidat, kebudayaan dan nilai-nilai tersebut dirumuskan secara musyawarah mufakat berdasarkan moral yang luhur, antara lain dalam sidang-sidang BPUPKI pertama, sidang Panitia Sembilan yang kemudian menghasilkan Piagam Jakarta yang memuat Pancasila yang pertama kali, kemudian dibahas lagi dalam sidang BPUPKI kedua.

#

SEJARAH PANCASILA
Setelah kemerdekaan Indonesia sebelum sidang resmi PPKI Pancasila sebagai calon dasar filsafat negara dibahas serta disempurnakan kembali dan akhirnya pada tanggal 18 Agustus 1945 disyahkan oleh PPKI sebagai dasar filsafat negara Republik Indonesia.
#

Kausa Formalis 3.Kausa Finalis # .Kausa Efficient 4.Asal mula langsung Pancasila secara ilmiah filsafat dibedakan atas empat macam yaitu: 1. Kausa Materialis 2.

Berarti bahwa asal mula nilainilai Pancasila yang terdapat dalam adat-istiadat.Sedangkan asal mula Pancasila secara tidak langsung adalah Asal mula sebelum proklamasi kemerdekaan. Sehingga dengan demikian asal mula tidak langsung Pancasila adalah terdapat # . dalam kebudayaan serta dalam nilainilai agama bangsa Indonesia.

Berdasarkan tinjauan Pancasila secara kausalitas tersebut di atas maka memberikan pemahaman perspektif pada kita bahwa proses terbentuknya Pancasila melalui suatu proses yang cukup panjang dalam sejarah kebangsaan Dengan demikian kita mendapatkan suatu kesatuan pemahaman bahwa Pancasila sebelum disahkan oleh PPKI sebagai Dasar Filsafat Negara Indonesia secara yuridis. Nilai-nilai tersebut yang kemudian diangkat dan dirumuskan oleh para pendiri negara diolah dibahas yang kemudian disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. # . Indonesia. nilainilai kebudayaan serta nilainilai religius. dalam kenyataannya unsur-unsur Pancasila telah ada pada bangsa Indonesia telah melekat pada bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari berupa adat-istiadat.

Pada hakikatnya bangsa Indonesia berPancasila dalam tiga asas atau ‘Tri Prakara’ yang rinciannya adalah sebagai berikut: Pertama : • Bahwa unsur-unsur Pancasila sebelum disahkan menjadi dasar filsafat negara secara yuridis sudah dimiliki oleh bangsa Indonesia sebagai asas-asas dalam adatistiadat dan kebudayaan dalam arti luas (Pancasila Asas kebudayaan). # .

Panitia ‘Sembilan’. # .dibahas dan dirumuskan secara saksama oleh para pendiri negara dalam sidang-sidang BPUPKI.Lanjutan… Kedua : • Demikian juga unsur-unsur Pancasila telah terdapat pada bangsa Indonesia sebagai asasasas dalam agama-agama (nilai-nilai religius) (Pancasila Asas Religius). Setelah bangsa Indonesia merdeka rumusan Pancasila calon dasar negara tersebut kemudian disahkan oleh PPKI sebagai Dasar Filsafat Negara Indonesia dan terwujudlah Pancasila sebagai asas kenegaraan (Pancasila asas kenegaraan). Ketiga : • Unsur-unsur tadi kemudian diolah.

Lanjutan… Oleh karena itu Pancasila yang terwujud dalam tiga asas tersebut atau ‘Tri Prakara’ yaitu Pancasila asas kebudayaan. # . Pancasila asas religius. sehingga ketiga hal tersebut pada hakikatnya merupakan unsur-unsur yang membentuk Pancasila. serta Pancasila sebagai asas kenegaraan dalam kenyataannya tidak dapat dipertentangkan karena ketiganya terjalin dalam suatu proses kausalitas.

FILSAFAT PANCASILA # .

Pengertian Berasal dari bahasa Yunani philosophia Philos (cinta) / Philia (persahabatan. tertarik kep Filsafat Dalam bahasa Inggris philosophy Shopia (hikmah. Plato menyebut Socrates sebagai philosophos (filosof) dalam pengertian # .intelig Secara etimologi. filsafat berarti cinta kebijaksanaan /kebenaran. kebijaksanaan. pengetahu keterampilan. pengalaman praktis.

• Pengertian Filsafat Secara Umum Sebagai ilmu pengetahuan yang menyelidiki hakekat segala sesuatu untuk memperoleh kebenaran hakekat atau inti atau esensi segala sesuatu dengan cara ini jawaban yang akan diberikan berupa keterangan yang hakiki. # .

3. 2. Ilmu eksakta & matematika 3. Lalu dibagi menjadi 2 bagian Filsafat praktis 1. & astronomi 2. Fisika. Sosial dan politik. Norma-norma (akhlak). biologi. Ilmu tentang ketuhanan dan metafisika. Urusan rumah tangga. seperti: 1. IPA. ilmu pertambangan.Pada mulanya kata filsafat berarti segala ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia. # Filsafat teoritis .

dan kritis. sistematis. dan mengikuti pronsipprinsip logika untuk mengerti dan mengevaluasi suatu informasi dengan tujuan menentukan apakah informasi itu diterima atau ditolak. Maka proses yang dilakukan adalah berpikir kritis yaitu usaha secara aktif. # . Berarti filsafat merupakan sebuah proses bukan sebuah produk. radikal. Secara umum filsafat berarti upaya manusia untuk memahamisegala sesuatu secara sistematis. Dengan de mikian fils afat akan t erus berub ah hingga satu titik tertentu. 2001).Menurut (Takwin.

2. . Upaya untuk melukiskan hakikat realitas akhir dan dasar secara # nyata. Upaya spekulatif untuk menyajikan suatu pandangan sistematik serta lengkap tentang seluruh realitas.Adapun beberapa pengertian pokok tentang filsafat menurut kalangan filosof adalah : 1.

# . 4. 3. Penyelidikan kritis atas pengandaianpengandaian dan pernyataanpernyataan yang diajukan oleh berbagai bidang pengetahuan.Lanjutan…. hakikatnya. Upaya untuk menentukan batasbatas dan jangkauan pengetahuan sumber daya. keabsahannya. dan nilainya.

Lanjutan…. Disiplin ilmu yang berupaya untuk membantu Anda melihat apa yg Anda katakan dan untuk menyatakan apa yang Anda lihat. 5. # .

politik. retorika.Pengertian Filsafat Menurut Plato (427–348 SM) Pengetahuan yang bersifat untuk mencapai kebenaran yang asli. ekonomi. etika. logika. Filsafat ialah ilmu pengetahuan terluhur dan keinginan untuk mendapatkannya. # . dan stetika. Pengertian Filsafat Menurut Aristoteles (382–322 SM) Ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang terkandung di dalamnya ilmu-ilmu metafisika. Pengertian Filsafat Menurut Cicero (106–043 SM) Ibu dari semua ilmu pengetahuan lainnya.

Pengertian Filsafat Menurut Al Farabi (wafat 950 M) Filsuf muslim terbesar sebelum Ibn Sina menyatakan filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang alam yang maujud dan bertujuanmenyelidiki hakekatnya yang sebenarnya. dan dengan jalan penjajagan yang radikal filsafat berusaha untuk sampai kepada kesimpulankesimpulan yg universal. Pengertian Filsafat Menurut Prof. # . Dr. Fuad Hassan (guru besar psikologi universitas indonesia) Filsafat adalah suatu ikhtiar untuk berfikir radikal dalam arti mulai dari radix suatu gejala dari akar suatu hal yang hendak dimasalahkan.

Pengertian Filsafat Menurut Immanuel Kant (1724–1804) Imu pengetahuan yang menjadi pokok dan pangkal segala pengetahuan yang tercakup di dalamnya 4 persoalan : Lanjutan….Pengertian Filsafat Menurut Menurut Descartes (1596–1650) Kumpulan segala pengetahuan di mana Tuhan. alam dan manusia menjadi pokok penyelidikannya. # .

Lanjutan…. Apakah yang dinamakan manusia itu? Jawabannya termasuk pada bidang antropologi. Apakah yang seharusnya kita kerjakan? Jawabannya termasuk dalam bidang etika. Sampai di manakah harapan kita? Jawabannya termasuk pada bidang agama. Apakah yang dapat kita ketahui? Jawabannya termasuk dalam bidang metafisika. d. # . a. b. c.

Jangan mengambil barang orang lain/Dilarang mencuri 3. 2.• Pengertian Pancasila Kata Pancasila berasal dari kata Sansakerta (Agama Buddha) yaitu untuk mencapai Nirwana diperlukan 5 Dasar/Ajaran. yaitu 1. Jangan berhubungan kelamin/Dilarang berjinah 4. # . 5. Jangan mjnum yang menghilangkan pikiran/Dilarang minuman keras. Jangan berkata palsu/Dilarang berbohong/berdusta. Jangan mencabut nyawa makhluk hidup/Dilarang membunuh.

• Pengertian Pancasila Secara Etimologis Perkataan Pancasil mula-mula terdapat dalam perpustakaan Buddha yaitu dalam Kitab Tripitaka dimana dalam ajaran buddha tersebut terdapat suatu ajaran moral untuk mencapai nirwana/surga melalui Pancasila yang isinya 5 J. # .

Prikerakyatan. 3.• Pengertian Pancasila Menurut Mr. Prikemanusiaan. Prikebangsaan. 4. 5. Priketuhanan. Moh Yamin Adalah yang disampaikan di dalam sidang BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945 isinya sebagai berikut: 1. Kesejahteraan Rakyat # . 2.

5. Soekarno Yang disampaikan pada tanggal 1 Juni 1945 di depan sidang BPUPKI. Ketuhanan yang berkebudayaan. Mufakat/Demokrasi.• Pengertian Pancasila Menurut Ir. Kesejahteraan Sosial. # . 2. 3. Internasionalisme/Prikemanusiaan. 4. Nasionalisme/Kebangsaan Indonesia. sebagai berikut: 1.

Sosio Demokrasi : Demokrasi dengan kesejahteraan rakyat. • Presiden Soekarno mengusulkan ke-5 Sila tersebut dapat diperas menjadi Trisila yaitu: 1. Sosio Nasional : Nasionalisme dan Internasionalisme. 2.Lanjutan…. 3. Ketuhanan YME. • Dan masih menurut Ir. Soekarno Trisila masih dapat diperas lagi menjadi Ekasila atau Satusila yang intinya adalah Gotong # .

Sejak saat itulah Pancasila menjadi Bahasa Indonesia yang umum. Soekarno berpidato tanpa teks mengenai rumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. kemudian keesokan harinya 18 Agustus 1945 disahkanlah UUD 1945 termasuk Pembukaannya dimana didalamnya terdapat rumusan 5 Prinsip sebagai Dasar Negara yang duberi nama Pancasila.• Pengertian Pancasila Secara Historis Pada tanggal 01 Juni 1945 Ir. . Pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamirkan kemerdekaan. Jadi walaupun pada Alinea 4 Pembukaan UUD 45 tidak termuat istilah Pancasila namun yang dimaksud dasar Negara RI adalah disebut istilah Pancasila hal ini didaarkan interprestasi (penjabaran) historis # terutama dalam rangka pembentukan Rumusan Dasar Negara.

nilai-nilai) yg paling benar. paling baik dan paling sesuai bagi bangsa Indonesia.• Pengertian Filsafat Pancasila Adalah hasil berpikir / pemikiran yg sedalam – sedalamnya dari bangsa Indonesia yg oleh bangsa Indonesia yg dianggap. dipercaya dan diyakini sebagai sesuatu (kenyataan. paling adil. # . normanorma. paling bijaksana.

ekonomi. Filasafat Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia • Dengan pandangan hidup yang jelas sesuatu bangsa akan memiliki pegangan dan pedoman bagaimana ia memecahkan masalah-masalah polotik. # .Fungsi Utama Filsafat Pancasila Bagi Bangsa Dan Negara Indonesia 1. sosial dan budaya yang timbul dalam gerak masyarakat yang makin maju. • Dengan berpedoman pada pandangan hidup itu pula suatu bangsa akan membangun dirinya.

• Di atas dasar itulah akan didirikan gedung Republik Indonesia sebagai perwujudan kemerdekaan politik yang menuju kepada kemerdekaan ekonomi. sosial dan budaya.Lanjutan…. Pancasila Sebagai Republik Indonesia Dasar Negara • Pancasila yang dikukuhkan dalam sidang I dari BPPK pada tanggal 1 Juni 1945 adalah di kandung maksud untuk dijadikan dasar bagi negara Indonesia merdeka. # . Adapun dasar itu haruslah berupa suatu filsafat yang menyimpulkan kehidupan dan cita-cita bangsa dan negara Indonesa yang merdeka. 2.

yakni Pancasila dasar yang kuat itu bukanlah meniru suatu model yang didatangkan dari luar negeri. Pancasila adalah penjelmaan dari kepribadian bangsa Indonesia. •Dasar negara kita berakar pada sifat-sifat dan cita-cita hidup bangsa Indonesia. . •Pancasila mengandung unsur-unsur yang luhur yang tidak hanya memuaskan bangsa Indonesia sebagai dasar negara. dasar yang kokoh. Pancasila bersifat universal dan akan mempengaruhi hidup dan kehidupan banga dan negara kesatuan Republik Indonesia secara # kekal dan abadi. yang hidup di tanah air kita sejak dahulu hingga sekarang.Lanjutan…. •Adalah suatu hal yang membanggakan bahwa Indonesia berdiri di atas fundamen yang kuat. tetapi juga dapat diterima oleh bangsa-bangsa lain sebagai dasar hidupnya.

yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsabangsa lainnya. # .Lanjutan…. Keseluruhan ciri-ciri khas bangsa Indonesia adalah pencerminan dari garis pertumbuhan dan perkembangan bangsa Indonesia sepanjang masa. 3. Pancasila Sebagai Jiwa Kepribadian Bangsa Indonesia Dan • Menurut Dewan Perancang Nasional. yang dimaksudkan dengan kepribadian Indonesia ialah : Keseluruhan ciri-ciri khas bangsa Indonesia.

# . Dasar negara kita. b. yang merupakan sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di negara kita.Maka Pancasila yang kita gali dari bumi Indonsia sendiri merupakan : a. Republik Indonesia. Pandangan hidup bangsa Indonesia yang dapat mempersatukan kita serta memberi petunjuk dalam masyarakat kita yang beraneka ragam sifatnya.

akan tetapi kelima sila yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan itulah yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. # . Terdapat kemungkinan bahwa tiap-tiap sila secara terlepas dari yang lain bersifat universal. yang juga dimiliki oleh bangsa-bangsa lain di dunia ini.Lanjutan…. karena Pancasila memberikan corak yang khas kepada bangsa Indonesia dan tak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia. Jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia. c. serta merupakan ciri khas yang dapat membedakan bangsa Indonesia dari bangsa yang lain.

tertib dan dinamis serta dalam lingkungan pergaulan dunia yang merdeka. yakni suatu masyarakat adil dan makmur yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila di dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia yang merdeka.Lanjutan…. Tujuan yang akan dicapai oleh bangsa Indonesia. bersahabat. berdaulat. tertib dan damai. tenteram. bersatu dan berkedaulatan rakyat dalam suasana perikehidupan bangsa yang aman. # . d.

# .Lanjutan…. melainkan karena Pancasila itu telah mampu membuktikan kebenarannya setelah diuji oleh sejarah perjuangan bangsa. bukan sekedar karena ia ditemukan kembali dari kandungan kepribadian dan cita-cita bangsa Indonesia yang terpendam sejak berabad-abad yang lalu. e. Perjanjian luhur rakyat Indonesia yang disetujui oleh wakil-wakil rakyat Indonesia menjelang dan sesudah Proklamasi Kemerdekaan yang kita junjung tinggi.

Persatuan Indonesia. 2. yaitu : 1. Ketuhanan Yang Maha Esa. # . 3. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawratan / perwakilan. 4. 5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.Pancasila yang dirumuskan dalam Pembukaan UUD 1945. Kemanusiaan yang adil dan beradab.

tanggal 22 Juni 1945 alinea IV yang kemudian dijadikan naskah rancangan Pembukaan UUD 1945 (terkenal dengan sebutan Piagam Jakarta). 2. hal tersebut dapat dibuktikan dengan ditemukannya dalam beberapa dokumen historis dan di dalam perundangundangan negara Indonesia seperti di bawah ini : 1. # . Dalam Naskah Politik yang bersejarah. Soekarno tanggal 1 Juni 1945. Dalam Pidato Ir.Falsafah Pancasila sebagai dasar falsafah negara Indonesia.

Dalam naskah Pembukaan UUD Proklamasi 1945. Dalam Mukadimah UUD Sementara Republik Indonesia (UUDS RI) tanggal 17 Agustus 1950. alinea IV.Lanjutan…. alinea IV. 6. 5. Dalam Pembukaan UUD 1945. alinea IV setelah Dekrit Presiden RI tangga 5 Juli 1959. 3. # . 4. Dalam Mukadimah Konstitusi Republik Indonesia Serikat (RIS) tanggal 27 Desember 1945.

Terima Kasih atas perhatiannya # .