Contoh Soal UKA Guru TK 2013 Berikut contoh soal UKA Sertifikasi Guru TK 2013 : Mendeteksi ciri perkembangan

fisik, intelektual, social-emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya anak usia 4 – 6 tahun 1. Seorang anak yang berusia antara 4 – 6 tahun, senantiasa melihat yang ada di sekelilingnya dianggap memiliki jiwa atau anak tersebut belum memahami perbedaan antara makhluk hidup dan benda mati. Hal ini merupakan ciri dari sikap anak, yaitu: a. Fisiognomis b. Egosentris c. Relasi sosial primitif d. Kesatuan Jasmaniah dan rohaniah Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak TK 2. Perkembangan aspek intelektual dalam diri anak TK diawali dengan perkembangan kemampuan anak dalam hal: …………… a. Perkembangan fisik b. Mengamati, melihat hubungan dan memecahkan masalah c. Pertemanan yang dilakukan dengan teman sebayanya d. Peniruan bunyi dan suara, serta memahami perintah Memberi contoh kesulitan anak TK dalam bidang pengembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik, bahasa, dan social-emosional. 3. Lina adalah anak berusia 5 tahun ingin mengambil mainan yang terletak di atas lemari. Lina mencoba mengambil dengan tangannya, tapi tidak berhasil. Lina mencoba lagi dengan mengacungkan tangan sambil melompat-lompat, tapi juga tidak berhasil. Dari ilustrasi di atas, kesulitan utama yang dihadapi Lina adalah: a. Kesulitan fisik b. Kesulitan moral c. Kesulitan bahasa d. Kesulitan kognitif Menjelaskan teori belajar yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD (Teori Piaget, Vigotsky, Erikson, Smilansky) 6. Teori yang menyatakan bahwa proses belajar terjadi pada anak saat berkolaborasi dengan orang lain atau dilakukan secara individual yang di dalamnya terjadi proses internalisasi, merupakan pendapat dari: a. Piaget b. Vigotsky c. Erikson d. Smilansky Memberikan contoh aplikasi prinsip belajar dengan bermain yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan. 8. Beberapa ahli psikologi anak seperti Rodgers, Erikson, Piaget, Vygotsky, dan Freud, menyampaikan ada beberapa jenis kegiatan bermain yang mendukung pembelajaran anak, antara lain: bermain fungsional, bermain peran, bermain konstruktif, dan sebagainya. Yang dimaksud dalam bermain fungsional dalam kegiatan pembelajaran anak adalah: a. anak belajar melalui panca indera dan fisiknya b. anak belajar melalui imajinasinya

Hal ini merupakan ciri dari sikap anak. dan latar belakang sosial-budaya anak usia 4 – 6 tahun. 3.1. strategi pengembangan fisik-motorik d. dan akademik. prinsip hakikat Prinsip Sertifikasi Guru 1. dapat diketahui semua pihak yang berkepentingan. Prinsip relevansi b. Egosentris b. Berkeadilan. Kegiatan menari yang dilakukan siswa TK di sekolah merupakan salah satu strategi pengembangan yang dilakukan oleh seorang guru dalam hubungannya dengan: … a.1.1. Fisiognomis c. dan pangkat/golongan. finansial. proses dan hasil penetapan peserta dilakukan secara terbuka. proses dan hasil penetapan peserta sertifikasi guru dapat dipertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan pendidikan secara administratif.c. Relasi sosial primitif d. Beberapa ahli psikologi anak seperti Rodgers. anak belajar melalui kegiatan menulis dan menggambar Menentukan strategi pengembangan sesuai dengan bidang pengembangan anak TK 9. Transparan. prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang dapat dilakukan seorang guru jika ingin mengembangkan kurikulum anak TK . antara 2. Berikut ini. Objektif. sosial-emosional. anak belajar melalui pembuatan bentuk-bentuk yang diinginkannya d. Kesatuan Jasmaniah dan rohaniah 2. Guru yang memiliki rangking atas mendapatkan prioritas lebih awal daripada rangking bawah. strategi pengembangan seni b. proses dan hasil penetapan peserta dapat dipercaya semua pihak. Seorang anak yang berusia antara 4 – 6 tahun. kecuali: a. semua peserta sertifikasi guru ditetapkan berdasarkan urutan prioritas usia. Memberikan contoh aplikasi prinsip belajar dengan bermain yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan. moral. 8. strategi pengembangan kognitif Menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum TK 10. CONTOH SOAL: 1. Akuntabel. Mendeteksi ciri perkembangan fisik. prinsip kontuniutas c. Erikson. 4. mengacu kepada kriteria peserta yang telah ditetapkan. . menyampaikan ada beberapa jenis kegiatan bermain yang mendukung pembelajaran anak. Vygotsky. intelektual.2. dan Freud. Piaget. senantiasa melihat yang ada disekelilingnya dianggap memiliki jiwa atau anak tersebut belum memahami perbedaan antara makhluk hidup dan benda mati. 5. Kredibel. masa kerja. 1. yaitu: a. prinsip kelayakan d. strategi pengembangan bahasa c.

1. sistematis. penilaian mencakup semua aspek perkembangan anak d.1. Konsep bermain yang ditekankan adalah yang bersifat holistik. c. merespon setiap gerakan yang lebih terarah dan bermakna d. obyektif. 24. bermain peran. mendidik.2. anak dapat berimajinasi secara cepat b.1. merangsang kemampuan anak untuk mengembangkan pikiran. Yang dimaksud dalam bermain fungsional dalam kegiatan pembelajaran anak adalah: a. berkesinambungan.1.3. mengembangkan rasa percaya diri dan melatih kemampuan dalam mengatasi setiap permasalahan anak 8.3. penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram proses dan hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi dan mengembangkan anak didik b. dan kebermaknaan. Mengurutkan tahapan bermain pembangunan dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD. konsep bermain dalam pembelajaran terpadu yang diamati dan di kaji dari beberapa mata pelajaran sekaligus b. menyeluruh. ada beberapa prinsip yang harus dilaksanakan. orang tua. Menginterpretasikan hasil analisis penilaian proses dan hasil belajar anak . Prinsip pembelajaran di TK adalah belajar sambil bermain. Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian di PAUD 32. bermain konstruktif. yaitu: terencana. otentik dan bermakna 16. konsep bermain yang dialami oleh anak secara langsung c. Arti kata bermain secara otentik adalah: a. anak belajar melalui imajinasinya c. anak belajar melalui panca indera dan fisiknya b. anak belajar melalui kegiatan menulis dan menggambar 4.lain: bermain fungsional. otentik dan bermakna. konsep bermain yang harus dilakukan secara aktif oleh seorang anak 4. Tujuan utama bermain pembangunan yang dilakukan oleh seorang anak adalah: …… a. anak didik dan pihak lain 9.1. Menganalisis kegiatan bermain yang bersifat holistik. Dalam memebrikan penilaian di PAUD. Yang dimaksud dengan prinsip mendidik adalah: a. konsep bermain yang memungkinkan terbentuknya jalinan skema yang dimiliki oleh anak d. ide dan gagasannya menjadi sebuah karya nyata c. anak belajar melalui pembuatan bentuk-bentuk yang diinginkannya d. Hasil penilaian harus mempunyai arti dan manfaat bagi guru. dan sebagainya.

Kekuatan sistem organ d. Yang termasuk dalam kemampuan berfikir anak secara konvergen di bawah ini adalah: a. Perlu dilakukan alternatif lain yang dipandang lebih tepat Tidak tepat dalam mengidentifikasi masalah yang dihadapi anak b. c.Adanya ketidakberhasilan guru dalam mengubah sikap anak menjadi lebih buruk. Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis.6. Otot yang besar c. dan gizi bagi anak usia dini 57. Menciptakan 3 bentuk bangunan dari balok 12.1. Perencanaan tindakan dilakukan sebelum refleksi dilakukan d. Bertepuk tangan dengan 3 pola d. Keterlibatan orang tua perlu dilakukan secara terus menerus d. Gambaran mengenai obyek yang di teliti tertuang dalam pengamatan/observasi 11. Pendidikan jasmani untuk anak usia dini diarahkan untuk mengembangkan badan anak agar tumbuh sehat dan kuat. Yang termasuk alat permainan atau kegiatan untuk mengembangkan kemampuan fisik motorik anak adalah: a. kecuali: a. Berikut ini merupakan prosedur penulisan PTK di sekolah yang benar. Pengertian tubuh yang sehat dan kuat mencakup: a. Guru mengalami gangguan kesehatan dalam proses penilaian dilakukan 10. Berjalan di atas garis lurus b.4. Badan yang tegap b. mengingat dan berfikir konvergen. kesehatan. kecuali: a. Kecepatan berpikir 11. anak menyadari bahwa pengetahuan itu berasal dari kesan-kesan atau pengalaman yang diperoleh pada masa lampau . keberfungsian panca indera anak dalam melihat benda yang ada di sekitarnya b. pensil warna. Menganalisis standar tingkat pencapaian perkembangan kognitif anak TK 68. mengamati.3. c. kemampuan kognitif anak terbagi atas kemampuan memperhatikan.41. arang dan bahan alam) c.2.3. dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini. Penelitian siklus I dan siklus II di lakukan secara bersama-sama dalam satu alur penelitian Pelaksanaan tindakan dilakukan sebelum pengamatan/observasi b.Menerapkan prosedur PTK 45. Mengkatagorisasikan alat permainan untuk pengembangan kemampuan fisik motorik anak 62.1. karayon.1.Menurut Vygotsky. Menganalisis pembelajaran pendidikan jasmani.

2. Urutan yang tepat dalam melakukan keterampilan proses anak TK pada bidang sains adalah: a. mengenal teman.6. negara. Anak mampu mengingat apa yang dilihat atau dirasakannya meskipun tidak berhadapan dengan bendanya 13. strategi menggambar dan melukis b. Tempat membeli alat elektronik tersebut tersebut c. Mengenal dan akrab dengan teman sekelas 13. membaui (mencium). Kegunaan alat elektronik tersebut 13. mengambil kesimpulan. menganalisis data dan mengambil kesimpulan. Strategi membuat karya d. Mengenal keluarga. Menemukan masalah. Strategi menyanyi 13. obsevasi. menemukan masalah. melakukan percobaan.c. Tujuan dari pengenalan pengetahuan sosial ada tiga hal taitu meliputi: 1) pengetahuan. sedih.7. d. Anak meraba. Menentukan materi bidang pengetahuan sosial untuk anak TK 74. Merancang kegiatan pengembangan materi seni untuk anak TK 85. 2) kecakapan dan 3) sikap dan nilai sosial. dan otoritas sehingga ia dapat berperilaku lebih baik. maka strategi yang dianggap lebih tepat untuk dipilih/digunakan adalah: a. .3. Prinsip kerja alat tersebut b. Strategi mencoret-coret c. antara lain: a. disukai. dan melakukan percobaan c. Mengenal adanya aturan. menemukan masalah. dan sebagainya b. Yang dapat diajarkan kepada anak TK tentang kecakapan sosial. Menganalisis data. mengenal tetangga. Obsevasi. Hal-hal yang perlu dijelaskan kepada anak tentang produk sains tersebut adalah: a. norma-norma sosial. Merancang kegiatan pengembang materi sains untuk anak TK 79. dan merasakan makanan yang dilihatnya d. Dalam merancang satu kegiatan pengembang materi sains untuk anak TK maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. dan mengenal dunia.1. melakukan percobaan. Pencipta atau penemu alat elektronik d. obsevasi. salah satunya dengan memperlihatkan hasil dari satu produk sains berupa alat-alat elektronik. Merancang kegiatan pengembang materi keterampilan proses anak TK 87. menganalisis data dan mengambil kesimpulan b. Mengenal perasaan gembira.Jika seorang anak diharapkan untuk dapat mengembangkan imajinasi dan mampu mengembangkan ekspresi dirinya. c.

penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran perlu didesain/ perancangan dengan menggunakan pendekatan sistem b. Siswa lebih diwajibkan untuk menguasai teknologi sebagai pembelajaran dan media sosial Prediksi Soal UKG 2013 Guru SD April 15. Hal ini berguna untuk melakukan berbagai gerakan motorik kasar (jasmani) seperti memanjat. Anak sudah memiliki gerakan yang bebas dan aman. obsevasi. hasil PLPG 2012.1. Guru Profesional. pembelajaran siswa hendaknya dapat memanfaatkan sumber belajar untuk mengakses pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkannya d. Guru SD. dan pemanfaatan sumber belajar (Sadiman. Pengumuman. Soal Ujian SD. 1984).2. Melakukan percobaan. 15. Anak menunjukkan tenggang rasa dan penghargaan terhadap teman . berorientasi pada siswa. yaitu…________________ A. jadi gunakan sebagai bahan latihan dalam menghadapi UKA (UKG) 2013 yang akan di laksanakan bulan MEi mendatang. PLPG Terkini. menemukan masalah. berlari dan menaiki tangga. Terdapat tiga prinsip dasar dalam ICT sebagai acuan dalam pengembangan dan pemanfaatannya. Anak dapat menunjukkan kreativitasnya dalam membentuk sesatu karya tertentu C. dalam pembelajaran hendaknya memusatkan perhatiannya pada peserta didik dengan memperhatikan karakteristik. minat. UKA. menganalisis data dan mengambil kesimpulan. Prediksi Soal UKG. UKG Ini soal hanya Prediksi. 2013 pada 3:52 pm (pendidikan) Tags: guru. kisi-kisi. Sertifikasi Pendidik 2013.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Mental. Mengurutkan efektivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan pengembangan diri 100. Prinsip berorientasi pada siswa memiliki arti yaitu: a. potensi dari siswa c. pendidikan. B.d. Anak mulai tidak suka terikat dengan orang dewasa D. soal ini sesuai dengan Kisi-Kisi UKA 2013 1 KD 1. yaitu : pendekatan sistem.

Misalnya ketika berjalan atau berlari dengan berbagai pola adalah karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD ditinjau dari segi …________________ A. Anak dapat menampilkan sifat ingin tahu 4 KD 1. Anak dapat memperlihatkan insiatif dan alternative untuk memecahkan masalah-masalah tertentu C. Psikomotorik C. Psikomotorik .1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD Memiliki kemampuan dalam melakukan koordinasi dan keseimbangan badan.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Psikomotorik.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Emosionalitas.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD Anak dapat menampilkan sifat ingin tahu adalah karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD ditinjau dari segi …________________ A. Anak sudah dapat memakai pakaian dengan rapi B. Emosional 5 KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD Anak dapat menunjukkan sikap marah dalam kondisi yang wajar adalah karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD ditinjau dari segi …________________ A. Mental B. Anak sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa menggunakan benda D. Anak menunjukkan keceriaan dalam berbagai aktivitas bersama kelompok teman sebayanya B. Anak menunjukkan kepedulian terhadap orang lain 3 KD 1.2 KD 1. Sosial D. yaitu…________________ A. Psikomotorik C. yaitu…________________ A. Sosial D. Mental B. Anak dapat menciptakan sesiatu bentuk/benda dengan menggunakan alat C. Mental B. Anak sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa menggunakan benda D. Emosional 6 KD 1.

2 Aspek Membaca di kelas rendah tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal biasanya menggunakan metode membaca________________ A. Emosional 7 KD 1. Skimming C. Cepat 9 KD 1.1.1.2 Aspek Membaca di kelas rendah . metode SAS D. Ejaan per ejaan B. ada beberapa metode yang dapat digunakan. Kebiasaan 8 KD 1. suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat.1. Metode Alfabet B. metode kupas rangkai suku kata B.C. Kemidian huruf-huruf itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata. Jenis Kelamin B. Metode SAS D. Kalimat itu diuraikan atas kata-kata yang mendukungnya. metode kata lembaga C.2 Aspek Membaca di kelas rendah Dalam pembelajaran membaca permulaan.2 Aspek Membaca di kelas rendah Berikut diberikan studi kasus : Mula-mula diberikan kalimat secara keseluruhan.1. Metode Suku Kata C. Keluarga C. Dari kata-kata itu kita ceraikan atas suku-suku katanya dan akhirnya atas hurufhurufnya. kecuali …________________ A. Metode Cerita 11 KD 1. kecuali…________________ A.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD Faktor kendala yang mempengaruhi keterampilan berbahasa anak adalah sebagai berikut. metode eja 10 KD 1. metode membaca permulaan yang tepat digunakan adalah …________________ A. Kognitif D. Berdasarkan studi kasus . Keinginan dan Dorongan Komunikasi D. Permulaan D.

Metode Suku Kata B. kecuali …________________ A. Metode Cerita D. Melanjutkan cerita C.Kelebihan membaca permulaan adalah sebagai berikut …________________ A.1. Pendekatan tematis 14 KD 1. Menceritakan gambar B. dan menulis) dalam pembelajaran adalah salah satu Pendekatan yang disarankan dalam pembelajaran menulis yang disebut …________________ A. Mendeskripsikan cerita 16 KD 1.3 Aspek Menulis di kelas tinggi Pendekatan menekankan keterpaduan empat aspek keterampilan berbahasa (menyimak. Meningkatkan kemandirian siswa dalam membaca D. berbicara. persuasi 15 KD 1. menjawab pertanyaan B.1.1. Metode Suara 13 KD 1. pendekatan komunikatif B. Mempunyai nilai strategis bagi pengembangan kepribadian dan kemampuan siswa. Pendekatan integratif C. membuat kalimat C.1. Menceritakan pengalaman D.2 Aspek Membaca di kelas rendah Metode yang merupakan penyempurnaan metode alphabet dengan mengajarkan bunyi-bunyi bahasa sebagai pengganti huruf-huruf berdasarkan ucapan hurufnya adalah metode membaca permulaan …________________ A. Metode Kata-kata C. kecuali …________________ A.3 Aspek Menulis di kelas tinggi Model pembelajaran menulis cerita/cerpen di SD meliputi hal-hal berikut.1. subtitusi D. Meningkatkan nilai siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia C.3 Aspek Menulis di kelas tinggi Teknik menulis cerita terdiri atas hal-hal sebagai berikut. Pendekatan keterampilan proses D. Mempermudah menghafal kata-kata 12 KD 1. kecuali …________________ . B.3 Aspek Menulis di kelas tinggi Teknik menulis cerita terdiri atas hal-hal sebagai berikut. membaca.

Merangkaikan suku kata menjadi kata. 2). Mengenalkan kata 2). Metode Eja B.1 Memilih berbagai Metode Menulis Permulaan 1). persuasi 17 KD 1. Menulis huruf lepas. membuat kalimat C. 1996:5) Tahapan diatas adalah Teknik Menulis Permulaan dengan metode …________________ A. 3). Metode SAS D. Metode Kata Lembaga . Metode Kata Lembaga C. Menguraikan kalimat dengan kata-kata. Merangkaikan kata antar suku kata 3). Metode Kata Lembaga C.1 Memilih berbagai Metode Menulis Permulaan Suatu pembelajaran menulis permulaan yang didasarkan atas pendekatan cerita yakni cara memulai mengajar menulis dengan menampil cerita yang diambil dari dialog siswa dan guru atau siswa dengan siswa disebut dengan metode________________ A. Menguraikan suku kata atas huruf-hurufnya 4).A.1 Memilih berbagai Metode Menulis Permulaan 1). Metode Global 20 KD 1.1 Memilih berbagai Metode Menulis Permulaan Metode dengan memulai pengajaran membaca dan menulis permulaan dengan membaca kalimat secara utuh yang ada di bawah gambar. 1996:4) Tahapan diatas adalah Teknik Menulis Permulaan dengan metode …________________ A. 4). subtitusi D. Metode SAS D. Metode Eja B. Menggabungkan huruf menjadi kata (Djauzak. Metode Eja B. Metode SAS D. Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata. Metode Global 19 KD 1. Metode Eja B.2.2. Menyusun kata menjadi kalimat. menguraikan kata-kata menjadi suku kata disebut dengan metode …________________ A. Metode Global 18 KD 1. Metode Kata Lembaga C.2. (Djauzak. menjawab pertanyaan B.2.

1 Memilih berbagai Metode Menulis Permulaan menulis kartu huruf. B. menulis tentang berbagai topik B. Merupakan suatu wahana atau wadah untuk mengembangkan segala potensi yang ada dan dimiliki oleh anak didik. kartu suku kata.2. Metode Kata Lembaga C. menulis pantun D. alat penilaian 24 KD 1. Melakukan studi kasus yang berkesinambungan. memilih bahan ajar C. sementara sebagian siswa mencari huruf. kecuali…________________ A.2. Metode SAS D.C. Metode Eja B.3 Perencanaan dan Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia tahap mengumpulkan informasi tentang keadaan objek evaluasi (siswa) dengan menggunakan teknik tes atau nontes disebut tahapan …________________ A. Metode SAS D. D. bukan didasarkan atas kekuatan orang lain. Tahap Persiapan . Memiliki sikap objektif rasio (tepat dan masuk akal). suku kata dan kata. Tahap Tindak Lanjut B.3 Perencanaan dan Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia karakteristik perencanaan pengajaran yang baik hendaknya mengandung prinsip sebagai berikut…________________ A. kartu kata dan kartu kalimat. Mengendalikan kekuatan sendiri. kecuali…________________ A. menulis memo 23 KD 1. Metode Global 22 KD 1. guru dan sebagian siswa menempel kata-kata yang tersusun sehingga menjadi kalimat yang berarti adalah contoh metode …________________ A. menulis pengumuman C. proses belajar mengajar D.2. C.3 Perencanaan dan Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Perencanaan Pengajaran meliputi hal-hal berikut.2. 25 KD 1. komprehensif dan sistematis (menyeluruh dan tersusun rapi).2 Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi Berikut adalah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi. Metode Global 21 KD 1.2. tujuan apa yang hendak dicapai B.

Tahap Pelaksanaan D.C. Tahap Pengolahan Hasil .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful