DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS (SEMESTER GENAP) TAHUN PELAJARAN 2012

/2013
Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas Jumlah Soal Bentuk Soal Alokasi Waktu
No. Urut 1. Standar Kompetensi Menggunakan konsep himpunan dan diagram venn dalam pemecahan masalah. Kompetensi Dasar 4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya Materi Himpunan

: : : : : :

SMP MATEMATIKA VII (TUJUH) 40 PILIHAN GANDA 120 menit
Indikator Diberikan 4 pernyataan dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan himpunan. Diberikan suatu himpunan, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar tentang keanggotaan suatu himpunan. Diberikan himpunan yang dinyatakan dengan tabulasi, peserta didik dapat menyatakan himpunan tersebut dengan notasi pembentuk himpunan. Diberikan 4 himpunan, peserta didik dapat menentukan himpunan yang merupakan himpunan kosong. No. Soal 1 2 3

4 5

4.2. Memahami konsep himpunan bagian

Himpunan Bagian

Diberikan himpunan dengan banyak anggota n, peserta didik dapat menentukan banyak himpunan bagian yang memiliki x anggota dari himpunan tersebut. (x < n). Diberikan 4 himpunan semesta dan sebuah himpunan P, peserta didik dapat menentukan himpunan semesta yang mungkin untuk himpunan P.

6

Diberikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari.1. 16 .4. Memahami hubungan garis dengan garis. Menyajikan himpunan dengan diagram Venn Diagram Venn Diberikan diagram Venn dari dua himpunan. Diberikan 2 himpunan dalam bentuk notasi pembentuk himpunan dan mendaftar anggotanya. garis dengan sudut. peserta didik dapat menyelesaikan dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan (operasi himpunan). peserta didik dapat menentukan selisih dari 2 himpunan tersebut. peserta didik dapat menentukan dua garis yang saling sejajar atau bersilangan. peserta didik dapat menyelesaikan dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan (operasi himpunan). peserta didik dapat menentukan banyak anggota komplemen dari selisih dua himpunan 11 12 13 14 4. Melakukan operasi irisan. peserta didik dapat menentukan irisan atau gabungan himpunan-himpunan tersebut. Diberikan dua himpunan yang masing-masing diketahui banyak anggotanya. peserta didik dapat menentukan banyak anggota irisan atau gabungan himpunan-himpunan tersebut. serta besar dan jenis sudut. peserta didik dapat menentukan gabungan dari himpunan tersebut Diberikan diagram Venn dari dua himpunan. serta menentukan ukurannya 5. Diberikan gambar bangun ruang sisi datar. sudut dengan sudut. Menentukan hubungan antara dua garis. Urut Standar Kompetensi Kompetensi Dasar 4. 15 2. peserta didik dapat menentukan irisan dari dua himpunan tersebut Diberikan diagram Venn dari dua himpunan. kurang (difference) dan komplemen pada himpunan.3. menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah Menyelesaikan masalah seharihari menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan Kedudukan dua garis Diberikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari. 5. Soal 7 8 Komplemen dan selisih himpunan Diberikan 2 himpunan dan himpunan semestanya. gabungan. No. peserta didik dapat menentukan komplemen dari irisan atau gabungan himpunan-himpuan tersebut. Materi Irisan dan gabungan dua himpunan Indikator Diberikan dua himpunan dalam bentuk notasi dan mendaftar anggotanya.No.5. 9 10 4.

Diberikan gambar terkait dengan garis sejajar dan sudut (dinyatakan dengan variabel). Soal 17 18 Hubungan antar sudut Diberikan perbandingan sebuah sudut dengan pelurusnya. peserta didik dapat menentukan besar sudut atau nilai tertentu yang ditanyakan. Memahami sifatsifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain. peserta didik dapat menentukan besar sudut atau nilai tertentu yang ditanyakan. peserta didik dapat menentukan besar sudut yang sama dalam derajat dan menit atau sebaliknya No. peserta didik dapat menentukan besar salah satu sudut tersebut. Diberikan perbandingan sudut-sudut dalam segitiga. peserta didik dapat menentukan urutan langkah yang benar dalam melukis sudut 60° atau 90°. peserta didik dapat menentukan besar sudut terbesar atau terkecil dalam segitiga tersebut.4.No. peserta didik dapat menentukan pasangan sudut yang terbentuk (sehadap. Disajikan gambar tentang hubungan antar sudut (berpenyiku atau berpelurus) yang dinyatakan dengan variabel . 21 22 23 5.3. sepihak. 19 20 5. Diberikan besar sudut yang dinyatakan dalam derajat. 24 5.2. Urut Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Satuan sudut Indikator Peserta didik dapat menentukan besar sudut dalam derajat dari besar sudut yang dinyatakan sebagai jarak putar atau sebaliknya. Melukis sudut Garis dan sudut Diberikan gambar beserta langkah-langkah cara melukis sudut. peserta didik dapat menentukan besar penyiku sudut tersebut. berseberangan) Diberikan gambar terkait dengan garis sejajar dan sudut. Garis sejajar dan sudut Diberikan gambar dua garis sejajar yang dipotong garis lain. Membagi sudut 25 .

Diberikan gambar segitiga beserta besar sudut-sudut dalam segitiga (dinyatakan dengan variabel). trapesium. No. peserta didik dapat menentukan besar salah satu sudut pada jajargenjang. belah ketupat dan layanglayang Sifat-sifat segiempat Diberikan sifat-sifat bangun datar. belahketupat. Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya Materi Segitiga Indikator Peserta didik dapat menentukan urutan langkah yang benar dalam membagi sebuah sudut menjadi dua bagian yang sama besar. persegi. peserta didik dapat menentukan besar salah satu sudut yang belum diketahui. Kompetensi Dasar 6. Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang. jajargenjang. peserta didik dapat menentukan luas persegi panjang tersebut. peserta didik dapat menentukan panjang sisi-sisi yang sejajar. Peserta didik dapat menentukan luas layang-layang jika unsurunsur yang diperlukan diketahui.2. 28 29 30 Keliling dan Luas Diberikan keliling sebuah persegipanjang serta perbandingan panjang dan lebarnya. dan layang-layang. Diberikan gambar trapesium dan perbandingan ketiga sudutnya.1. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya. Urut 3 Standar Kompetensi 6.No. jajargenjang. Diberikan perbandingan panjang sisi-sisi sejajar pada sebuah trapesium serta diketahui tinggi trapesium dan luasnya. peserta didik dapat menentukan keliling dari bangun tersebut. trapesium. persegi. Soal 26 27 6. peserta didik dapat menentukan urutan sisi dari terpendek ke terpanjang atau sebaliknya. Diberikan gambar gabungan segitiga dan segiempat. Diberikan perbandingan sudut-sudut yang berdekatan pada sebuah jajargenjang. 31 32 33 34 . peserta didik dapat menentukan sifat-sifat dari salah satu diantara persegi panjang.

peserta didik dapat menentukan urutan langkah yang benar. Diberikan soal cerita (masalah sehari-hari) terkait dengan keliling segitiga atau segiempat. Urut Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Indikator Diberikan gambar gabungan segitiga dan segiempat. Diberikan gambar beserta urutan langkah cara melukis garis bagi (sudut) segitiga. peserta didik dapat menyelesaikan masalah tersebut. Soal 35 36 37 6. dan garis sumbu Garis istimewa pada segitiga Diberikan urutan langkah cara melukis segitiga sama sisi. peserta didik dapat menyelesaikan masalah tersebut. garis tinggi. Melukis segitiga. Diberikan soal cerita (masalah sehari-hari) terkait dengan luas segitiga atau segiempat.No. 38 39 40 .4. peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar berdasarkan gambar tersebut. garis berat. garis bagi. peserta didik dapat menentukan luas dari bangun tersebut. No. peserta didik dapat menentukan urutan langkah yang benar. Diberikan gambar terkait dengan garis-garis istimewa segitiga.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful