P. 1
makalah filsafat umum (2)

makalah filsafat umum (2)

|Views: 225|Likes:
Published by Dedy Irawan

More info:

Published by: Dedy Irawan on Jun 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2015

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Heraklitos lahir pada abad ke 535-475 sm, ia lahir di ephesus dan merupakan kawan pythagoras dan xenophanes, akan tetapi lebih tua ia mendapatkan julukan si gelap karena, untuk menelusuri gerak pikirannyasangat sulit. pemikiran pilsafatnya terkenal dengan filsafat menjadi. Ia mengemukakan bahwa segala sesuatunya sedang menjadi dan berubah. Herakleitos mengemukakan pendapatnya bahwa segala yang sedang berubah dan selalu menjadi, ia mempercayai bahwa arce adalah api. Menurut pendapatnya,didalam arce terkandung sesuatu yang hidup yang di sebut sebagai logos. Pythagoras dilahirkan di pulau samos,ionia.pemikirannya,substansi dari semua bilangan, dan segala gejala alam merupakan pengungkapan indrawi dari perbandingan matematis.pythagoras yang mengatakan pertama kali bahwa alam semesta itu merupakan satu keseluruhan yang teratur,sesuatu yang harmonis seperti dalam musik.sebagai seorang yang ahli matematika abadi ia dengan dalilnya:jumlah dari luas dua sisi sebuah segi tiga siku siku sama dengan luas sisi miringnya(a2+b2=c2) Socrates adalah seorang pemahat sophroniscos, dan ibuny bernama phainarete, yang perkerjaannya seorang bidan. Sejak muda socrates sudah terlihat jiwa bijaksananya. Karena selain ia cerdas, juga pada setiap perilakunya dituntunoleh suara batin yang selalu meebisikkan dan menuntun kearah keutamaan batin. sokrates dengan pemikiran filsafatnya untuk menyelidiki manusia secara keseluruhan, yaitu dengan menghargai nilai nilai jasmaniah dan rohaniah yang keduanya tidak dapat dipisahkan karena dengan keterkaitan kedua hal tersebut banyak hal yang di hasilkan.

B. Rumusan Masalah
      Bagaimakah biografi heracleito Apa pemikiran heracleito Bagimana biografi pythagoras Apa pemikiran pythagoras Bagaimakah biografi socrates Bagimanakah pemikiran sockrates

1

Itu berarti bila kita hendak memahami kehidupan kosmos. 3 asmoro ahmadi. semuanya berada di dalam proses menjadi.jakarta. demikian kata Heraklitos.3 Perubahan yang tidak ada henti-hentinya itu dibayangkan Heraklitos dengan dua cara:  Pertama. Xenophanes. Maksudnya di 1 2 www.1 2.BAB II PEMBAHASAN A. tidak ada satu pun hal di alam semesta yang bersifat tetap atau permanen.wikipedia. Biografi Heraklitos .2010.2010. Phythagoras.hlm 38. Ia mendapatkan julukan si gelap. Di dalam tulisan-tulisan ia di lahirkan di Ephesus.org/wiki/herakleitos. seperti Homerus. dan Hekataios. Pernyataan semua mengalir berarti semua berubah bukanlaah pernyataan yang sederhana. melainkan prosesnya.pt remaja rosdakarya. Kosmos tidak pernah berhenti (diam) ia selalu bergerak. Hesiodos. Arkhilokhos. seluruh kenyataan adalah seperti aliran sungai yang mengalir. dan bergerak berarti berubah gerak itu menghasilkan perlawanan perlawanan.2 Pemikiran yang paling terkenal adalah mengenai perubahan-perubahan di alam semesta. ahmad tafsir.bandung. sebuah kota perantauan di asia kecil.PT rajagrafindo persada. kita menyadari bahwa kosmos itu dinamis. Yang tersimpan hingga kini hanya 130 fragmen yang terdiri dari pepatah-pepatah pendek yang seringkali tidak jelas artinya. dan merupakan kawan dari Pythagoras. Heraklitos adalah seorang filsuf yang tidak tergolong mazhab apapun. namun bukan berarti ia sama sekali tidak dipengaruhi oleh filsuf-filsuf itu. namun telah hilang. Itulah sebabnya ia sampai pada konglusi bahwa yang mendasar dalam alam semesta ini bukanlah bahan seperti yang di pertanyakan oleh filosof pertama itu.hlm 49.ia justru mengkritik dan mencela para filsuf dan tokoh-tokoh terkenal. Heraklitos 1.karena untuk mengikuti pergerakan pemikirannya sangat sulit. 2 .filsafat umum.filsafat umum akal dan hati sejak thales sampai capra . Pemikiran filsafatnya memang tidak mudah dimengerti sehingga ia dijuluki "si gelap" (dalam bahasa Inggris the obscure). Menurut Heraklitos. “semuanya mengalir dan tidak ada sesuatupun yang tinggal tetap”. Meskipun ia berbalik dari ajaran filsafat yang umum pada zamannya. Pemikiran Heraklitos Menurut Heraklitos alam semesta ini selalu dalam keadaan berubah sesuatu yang dingin berubah menjadi panas berubah menjadi dingin. Engkau tidak dapat turun dua kali ke sungai yang sama. Tidak ada sesuatu yang betul-betul ada. Ia terkenal dengan ucapannya panta rhei kai uden menci yang berarti. Heraklitos diketahui menulis satu buku.

sebab itulah filsafat heraklitos di sebut filsafat menjadi. Pemikiran filsafatnya terkenal dengan menjadi. Semuanya tidak ada yang tetap. ia menggambarkan seluruh kenyataan dengan api. yang menyatakan bahwa kuadrat hipotenusa dari suatu segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat dari kaki-kakinya (sisi-sisi siku-sikunya).5 B. tak terdapat yang tetap. 3 .abdullah. Hidup manusia akan sesuai apabila sesuai dengan logos. Pythagoras 1. ia mengemukakan bahwa segala sesuatu yang sedang menjadi dan selalu berubah.filsafat. namun teorema ini dikreditkan 4 5 Syefriyeni. Kehidupan dan ajarannya tidak begitu jelas akibat banyaknya legenda dan kisah-kisah buatan mengenai dirinya. jumlahnya banyak dan sifatnya dinamis.4 Heraklitos mengatakan bahwa segala sesuatu di dunia ini berubah. Menurut pendapatnya di dalam arche terkandung sesuatu yang hidup yang di sebut sebagai logos. Tentang pengetahuan pun demikian.pt rajagrapindo persada. Karena itu.hlm 33-34 Jalaluddin.2007.palembang. Tak ada sesuatu yang tetap.2011. Pemikiran tentang benda ia mengemukakan bahwa tiap benda terdiri dari hal hal yang sifatnya berlawanan dan bertentangan. dia memberikan sumbangan yang penting terhadap filsafat dan ajaran keagamaan pada akhir abad ke-6 SM. Walaupun fakta di dalam teorema ini telah banyak diketahui sebelum lahirnya Pythagoras. Menurutnya inti sari dari dunia adalah api. Maksud api di sini lain dengan konsep mazhab Miletos yang menjadikan air atau udara sebagai prinsip dasar segala sesuatu. Logos inilah yang menemani dan sekaligus mengendalikan keberadaan segala sesuatu.jakarta. karena sifat api itu selalu bergerak dan berubah atau tidak tetap.hlm68. Salah satu peninggalan Pythagoras yang terkenal adalah teorema Pythagoras. Biografi Pythagoras Pythagoras (582 SM – 496 SM ) adalah seorang matematikawan dan filsuf Yunani yang paling dikenal melalui teoremanya.dan pendidikan . Baginya satu-satunya realita adalah perubahan.diktat filsafat umum. namun api tetaplah api yang sama. dua ekstrim yang saling bertolak belakang walaupun demikian tetap menbentuk satu kesatuan. bahwa pengetahuan yang sejati adalah pengetahuan yang berubah-ubah sehingga apa yang di sebutnya sebagai realitas merupakan sesuatu yang khusus.h. air sungai selalu bergerak sehingga tidak pernah seseorang turun di air sungai yang sama dengan yang sebelumnya. sini. Bagi Heraklitos. Api senantiasa mengubah apa saja yang dibakarnya menjadi abu dan asap. Dikenal sebagai “Bapak Bilangan”. api cocok untuk melambangkan kesatuan dalam perubahan. Karena yang menjadi sebab itu adalah gerak perubahan atau menjadi.idi. api bukanlah zat yang dapat menerangkan perubahanperubahan segala sesuatu.filsafat pendidikan manusia. melainkan melambangkan gerak perubahan itu sendiri. Kedua. realitanya adalah berubah atau menjadi.

maka ia akan tahu segala sesuatu. Ganjil –genap 3. Baik. Pythagoras dan murid-muridnya percaya bahwa segala sesuatu di dunia ini berhubungan dengan matematika.jahat 10. murid-murid Pythagoras lainnya memutuskan untuk membunuhnya karena tidak dapat membantah bukti yang diajukan Hippasus.6 2. Diam. Persegi. Jika bellum cukup katarsisnya maka jiwa manusia itu akan masuk ke dalam badan orang lain.perempuan 6.wikipedia.abdullah. adalah bilangan irasional. Terdapat legenda yang menyatakan bahwa ketika muridnya Hippasus menemukan bahwa . Menurut Pythagoras jiwa adalah sesuatu yang berdiri sendiri yang tidak berjasad dan tidak dapat mati. Ia juga berpendapat bahwa pada manusia ada sesuatu non jasmani yang tidak dapat mati. Lelaki. Terbatas –tak terbatas 2.bulat panjang 6 7 www. Pemikiran Pythagoras Phytagoras yang menyatakan bahwa dasar segala sesuatu ialah bilangan. Lurus. dengan demikian ada hubungan erat antara tingkah laku dan pengetahuaan.h. Kedua usaha mempelajari ilmu pasti. Azas satu segla sesuatu adlah bilanngan yang mewujudkan satu kasatuan unsur unsur bilangan yaitu: genap atau ganil.kiri 5. hipotenusa dari segitiga siku-siku sama kaki dengan sisi siku-siku masing-masing 1. dan merasa bahwa segalanya dapat diprediksikan dan diukur dalam siklus beritme. Dengan demikian pengetahuan yang di maksudkan itu tak boleh di pisahkan dari katarsis. Ia percaya keindahan matematika disebabkan segala fenomena alam dapat dinyatakan dalam bilangan-bilangan atau perbandingan bilangan.gelap 9.pt rajagrafindo persada. makin bersih manusia. yaitu jiwa. Orang yang tahu dan mengerti betul akan bilangan. Ada sepuluh azas yang berlawananan 1.org/wiki/pythagoras Jalaluddin.banyak 4.2011. Ajarannya tentang bilangan dan bentuk yang asal. Terang. Manusia harus membersihkan diri karena dengan membersihkan diri. Menurutnya jiwa itu sekarang terhukum dan terkurung dalam badan.7 Ajarannya ada dua hal yang besar sekali pengaruhnya yaitu: ajaran rahasia dengan sesuatu kepercanyaan bahwa jiwa tidak dapat mati.idi. makin baik pengetahuannya. Azas pertama adalah segala sesuatu yaitu bilangan adalah batu sandi seluruh pandangan pythagoras. jiwa manusia dapat melepaskan dirinya dari kurungan sehingga ia mendapatkan kebahagiaan.filsafat pendidikan manusia filsafat dan pendidikan .gerak 7. Kanan. hlm67 4 . Satu.kepada Pythagoras karena ia yang pertama kali membuktikan pengamatan ini secara matematis. terbatas atau tak terbatas.bengkok 8.

Bagi dia filosofi bukan isi. Pemikiran Socrates Menurut filsafat Socrates segala sesuatu kejadian yang terjadi di alam adalah karena adanya “ akal yang mengatur ” yang tidak lalai dan tidak tidur. Dia bukan benda.10 8 9 Syefriyeni. hanya wujud yang rohani semata – mata. Socrates berpendapat bahwa kebenaran itu tetap dan harus dicari.9 2.filsafat umum. Pendapat Socrates tentang Tuhan lebih dekat kepada akidah tauhid. Socrates tidak pernah menuliskan filosofinya. Biografi Socrates Menurut filsafat Socrates segala sesuatu kejadian yang terjadi di alam adalah karena adanya “ akal yang mengatur ” yang tidak lalai dan tidak tidur. orang yang banyak menulis tentang sockrates adalah plato yang berupa dialog-dialog. Kemudian ia dijatuhi hukuman mati serta minum racun pada tahun 399. kearifan yang sungguhnya hanya di miliki tuhan saja. Isterinya bernama xantippe amat judes perangainya.Menurut Pythagoras. sedangkan keterangan tentang dirinya didapat dari para muritnya. Plato. Xenophon. jangan menyembah berhala dan mempersekutukan Tuhan. Socrates 1. Seorang peramah yang memberikan ajarannya kepada pemuda-pemuda dikotanya dan caranya ialah dengan tanya jawab (dialoge).2lisan com /1257/biografi pythagora. Disini berlainan pendapatnya dengan guru-guru sophis yang mengajarkan bahwa semuanya relatif dan subyektif dan harus dihadapi dengan pendirian yang skeptic.2010.hlm 38 5 . Mengenai riwayat socrates tidak banyak yang diketahui tetapi sebagi sumber keterangan tentang dirinya dapat di peroleh dari Aristopanes. Akal yang mengatur itu adalah Tuhan yang pemurah. Sebagai seorang yang ahli matematika abadi ia dengan dalilnya. Ajaran nya pun lain pula dan dianggap oleh para “bijaksana” itu berbahaya. Socrates amat cerdas pikirannya dan berpendidikan tinggi. dan Aristoteles. C. oleh karnanya ia tidak mau di sebut sebagai seorang arif seperti thales. Kata orang socrates amat jelek parasnya. akan tetapi menyebut dirinya sebagai philoshopos yaitu pencipta kearipan. bukan hasil bukan ajaran yang berdasarkan dogma melainkan fungsi yang hidup. ia merusak jiwa pemuda dan mengajarkan kepercayaan baru.palembang. jullah dari luas dua sisi sebuah segi tiga siku siku adalah sama dengan luas sisi miringnya (a2+ b2=c2)8.PT rajagrafindo persada. maka diadukanlah dia dimuka hakim atas tuduhan. Ia sendiri tidak meninggalkan tulisan. 10 Asmoro achmadi.hlm 35 www. Dia menasehatkan supaya orang menjaga perintah – perintah agama. jika diperhatikan ia tidak pernah mengajarkan filosofi melainkan hidup berfilosofinya. Dalam mencari kebenaran ia tidak memikir sendiri melainkan setiap kali ia berdua dengan orang lain dengan jalan tanya jawab dan metodenya disebut maieutik.2007.diktat filsafat umum.

filsafat ilmu.h.abdullah idi.filsafat pendidikan manusia filsafat dan pendidikan. Kelanjutan dari tuduhan terhadap dirinya menjadikan ia diadili oleh pengadilan Athena. metode ini digunakan socrates sebagai dasar teknis pendidikan yang di rencanakan untuk mendorong seseorang belajar berpikir secara cermat untuk menguji coba diri sendiri dan untuk memperbaiki pengetahuannya. Jiwa manusia di pandang oleh Socrates adalah bagian dari tuhan (daimonion). Dan plato mengatakan. filsafat berusaha mengoreksi pikiran-pikiran yang tidak sempurna. Dengan berpikir manusia akan mampu untuk menertibkan. dengan memancing kebenaran dari situasi. Setiap orang mempunyai pendapat mengeni salah dan 11 Jalaluddin.ptrajagrafindo persada. Begitu juga filsafat berjalan dengan kenyakinan bahwa idea yang tidak diselidiki tidak layak untuk di miliki. Paham etika itu merupakan kelanjutan dari pada metode induksi menuju kepada pengetahuan yang berdasarkan pengertian dari pengetahuan. Dengan menggunakan metode diaklektis ini. Dalam membenarkan kebenaran menggunakan metoda dialektika yang berarti bercakap-cakap atau berdialog. Menurutnya budi adalah tahu ( orang yang berpengetahuan dengan sendirinya berbudi baik). Dengan demikian dialektika memerlukan pemikiran yang kritis. takut mati bukankah kebijaksanaan karena tak seorang pun tahu apakah mati itu tidak lebih baik. toleransi kejujuran dan segala kebajikan kebajikan lama. Dalam falsafah Socrates menyatakan adanya kebenaran objektif. dan orang-orang tentu lebih pantas dipergauli daripada orang jelek.2011. Bahkan ia pernah menjadi tentara. Dia menyatakan pembelaannya yang kemudian ditulis dalam naskah berjudul Apologi oleh Plato. Socrates terkenal dengan pendapatnya bahwa kehidupan yang tidak di selidiki tidak layak untuk di hayati. sikap yang tak berlebih lebiha. 12 Zulhelmi. Berserta keinsyafan moril yang tidak boleh tidak mesti timbul budi. tetap pada pos ini selama diperintahkan tidak pernah meninggalkan. ialah yang tidak bergatung kepada saya dan kita.12 Tujuan filsafat Socrates adalah mencari kebenaran yang berlaku selama-lamanya dengan jalan berdiskusi. Setiap orang biasanya dapat mendengarkan suara doimonion. kebenaran. keadilan. meningkatkan dan mengubah dirinya.iain redenfatah press. 6 . Socrates mengucapkan selamat bahwa Athena memilki nasib baik untuk memiliki begitu banyak orang yang berusaha memperbaiki pemuda.hlm 85. Lebih lanjut Plato mengatakan pembelaan Socrates yang mempunyai nada agama.11 Dengan cara socrates. ciri-ciri yang melekat pada ketuhanan cinta kepada umat manusia. Sehingga orang sungguh-sungguh mengetahui dan mengarti apa yang benar dan dapat menyadari konsekuensi akan perbuatan yang benar. sockrates menunjukkan bahwa jawabanjawaban terbaik atas pertanyaan moral adalah cita-cita yang di ajarkan oleh pendiri-pendiri agama.2006.hlm 70. Socrates dituduh menolak dewa-dewa atau tuhan-tuhan yang telah diakui negara. kebaikan hati kerendahan hati.Prinsif dasar menurut socrates adalah metode diaklestis.

ia bertanya salahtidak salah.filsafat umum akal dan hati sejak thales sampai capra. Ciri umum tersebut dinamakan ciri esensi dan semua ciri khusus itu dinamakan eksistensi. paham etikanya merupakan kelanjutan dari metode yang ia temukan (induksi dan defenisi). berani dan pengecut . 7 . adil-tidak adil. Seperti dialognya dengan seseorang yang bernama Xenophon.hlm 54-57.PT remaja rosdakarya.13 13 Ahmad tafsir. Suatu defenisi di buat dengan menyabutkan semua ciri esensi suatu objek dengan menyisihkan semua ciri eksistensinya.bandung.2010. Metoda induksi adalah manakala pikiran bertolak belakang dari pengetahuan yang khusus lalu mnyimpulkan pengertian umum. Dan metoda dialektika dia mendapat dua metoda lagi yaitu induksi dan defenisi.tidak salah.

Ajarannya ada dua hal yang besar sekali pengaruhnya yaitu. Socrates berpendapat bahwa kebenaran itu tetap dan harus dicari. 8 . Di dalam tulisan-tulisan ia di lahirkan di Ephesus.BAB III KESIMPULAN Heraklitos adalah seorang filsuf yang tidak tergolong mazhab apapun. maka diadukanlah sockrates dimuka hakim atas tuduhan: ia merusak jiwa pemuda dan mengajarkan kepercayaan baru. Kemudian ia dijatuhi hukuman mati serta minum racun pada tahun 399. bukan hasil bukan ajaran yang berdasarkan dogma melainkan fungsi yang hidup. ajaran rahasia dengan sesuatu kepercanyaan bahwa jiwa tidak dapat mati. dia memberikan sumbangan yang penting terhadap filsafat dan ajaran keagamaan pada akhir abad ke-6 SM. Pythagoras (582 SM – 496 SM. Kehidupan dan ajarannya tidak begitu jelas akibat banyaknya legenda dan kisah-kisah buatan mengenai dirinya. sebuah kota perantauan di asia kecil. Arkhilokhos. Isterinya bernama xantippe amat judes perangainya.Dikenal sebagai "Bapak Bilangan". Menurut Herakleitos. Ia mendapatkan julukan si gelap. Bagi dia filosofi bukan isi. Hesiodos. seperti Homerus. Meskipun ia berbalik dari ajaran filsafat yang umum pada zamannya. Heraklitos lahir di kota ephesos ia juga terpengaruh oleh filosof militos. Seorang peramah yang memberikan ajarannya kepada pemuda-pemuda dikotanya dan caranya ialah dengan tanya jawab (dialoge). Dia tidak pernah menuliskan filosofinya. Disini berlainan pendapatnya dengan guru-guru sophis yang mengajarkan bahwa semuanya relatife dan subyektif dan harus dihadapi dengan pendirian ang skeptic. tidak ada satu pun hal di alam semesta yang bersifat tetap atau permanen.Dalam mencari kebenaran ia tidak memikir sendiri melainkan setiap kali ia berdua dengan orang lain dengan jalan tanya jawab dan metodenya disebut maieutik. jika diperhatikan ia tidak pernah mengajarkan filosofi melainkan hidup berfilosofi. Pemikiran yang paling terkenal adalah mengenai perubahan-perubahan di alam semesta. bahasa Yunani: Πσθαγόρας) adalah seorang matematikawan dan filsuf Yunani yang paling dikenal melalui teoremanya. ia justru mengkritik dan mencela para filsuf dan tokoh-tokoh terkenal. Sockrates amat cerdas pikirannya dan berpendidikan tinggi. dan merupakan kawan dari Pythagoras. Kedua usaha mempelajari ilmu pasti. dan Hekataios. karena untuk mengikuti pergerakan pemikirannya sangat sulit nya. Phythagoras. namun bukan berarti ia sama sekali tidak dipengaruhi oleh filsuf-filsuf itu. Ajaran ia pun lain pula dan dianggap oleh para „bijaksana‟ itu berbahaya. Kata orang socrates amat jelek parasnya. Xenophanes.

hum. Diktat Filsafat Umum Zulhelmi. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada Jalaluddin. Filsafat Umum. org/wiki/herakleitos 9 . Tafsir.2lisan.DAFTAR PUSTAKA Ahmad. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Syefriyeni. com/1257/biografi pythagoras www. wikepidia. 2006. Filsafat Umum Akal dan Hati Sejak THALES Sampai Capra Bandung:PT Remaja Rosdakarya Asmoro. 2011. 2010. 2007. www . org/wiki/pythagoras www. Achmadi. 2010. M. Abdullah Idi. Filsafat Pendidikan. Filsafat Ilmu. Palembang: IAIN raden fatah press. wikipedia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->