Perbedaan Daun Monokotil dan Dikotil

1. Daun Monokotil Jaringan parenkim pada monokotil biasanya berupa jaringan bunga karang atau jaringan spons. Selain itu, tersusun atas epidermis dengan variasi sel epidermis berbentuk sel kipas. Epidermis pada monokotil dimodifikasi menjadi trikoma dan biasanya tidak terdapat lapisan lilin pada permukaan daun. Stomatanya memiliki tipe kriptofor. Adapun ikatan pembuluh pada daun monokotil tidak tersusun rata/tersebar. 2. Daun Dikotil Daun monokotil terdiri atas epidermis yang memiliki variasi epidermis berupa litosit yang berisi sistolit, dan pada permukaan daunnya terdapat stomata yang biasanya memiliki tipe panerofor dan di bagian permukaan daunnya biasanya dilapisi oleh lapisan lilin atau kutikula. Pada jaringan pembuluhnya, tersusun dengan teratur dengan bentukbentuk tertentu, misalnya bertipe kolateral dan sebgainya. http://rinaldi89.blogspot.com/2012/04/laporan-praktikum-anatomi-tumbuhan-i.html

Anatomi Daun Epidermis
Jaringan ini terbagi menjadi epidermis atas dan epidermis bawah, berfungsi melindungi jaringan yang terdapat di bawahnya. Epidermis atas berfungsi untuk mengurangi penguapan air yang terlalu berlebihan pada daun. Epidermis bawah berfungsi untuk mengatur menutup dan membukanya. stomata serta mengendalikan pertukaran gas.

Jaringan Mesofil
Jaringan mesofil terletak di antara epidermis atas dan epidermis bawah. Pada tumbuhan dikotil, jaringan mesofil terdiri dari dua jaringan yaitu: jaringan palisade (jaringan tiang) danjaringan spons (jaringan bunga karang). Sel-sel jaringan palisade berbentuk memanjang seperti tiang dan tersusun rapat. Pada jaringan palisade, terdapat banyak kloroplas. Oleh sebab itu fotosintesis terjadi di jaringan ini. Berbeda dari jaringan palisade, jaringan spons sel-selnya tidak tersusun rapat. Karena sel-selnya tidak tersusun rapat, jaringan spons digunakan untuk menyimpan cadangan makanan. Pada tumbuhan monokotil, jaringan mesofil tidak terdiri atas jaringan palisade dan jaringan spons. Fotosintesis terjadi pada jaringan mesofil.

Jaringan Pembuluh
Jaringan pembuluh terletak pada jaringan spons. Jaringan pembuluh pada daun merupakan kelanjutan dari jaringan pembuluh pada batang. Ada dua jenis pembuluh yaitu Pembuluh Kayu (xylem) yang berperan untuk mengangkut air dan mineral yang diserap akar dari tanah menuju daun dan Pembuluh Tapis (floem) yang berperan untuk mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan. Pada tumbuhan dikotil, terdapat kambium yang membatasi pembuluh kayu dan pembuluh tapis. Tapi pada tumbuhan monokotil, tidak terdapat kambium yang membatasi pembuluh kayu dan pembuluh tapis. Akibat adanya kambium, memungkinkan batang tumbuhan dikotil bertambah lebar dan terbentuknya lingkaran tahun pada batang.

dan bahkan di dalam daun-daunnya. tetapi yang lain berbentuk lancip. tumbuhan harus membuat kebutuhan energinya sendiri melalui konversi energi cahaya menjadi energi kimia. Epidermis: Epidermis berfungsi sebagai pelindung jaringan ini memiliki struktur khusus sebagai adaptasi untuk berkangsungnya proses fotosintesis. untuk mencegah penguapan yang terlalu besar. sehingga masih terdapat ruang-ruang antar sel. Parenkim/Mesofil Parenkim daun terdiri dari 2 lapisan sel. Cadangan makanan tumbuhan dibuat oleh daun tersimpan dalam buah. Tanpa makanan ini. Anatomi daun dapat dibagi menjadi 3 bagian : 1. Jaringan pagar sel-selnya rapat sedang jaringan bunga karang sel-selnya agak renggang. Epidermis Epidermis merupakan lapisan terluar daun. menjari. lapisan epidermis dilapisi oleh lapisan kutikula. stoma berguna untuk tempat berlangsungnya pertukaran gas dari dan ke luar tubuh tumbuhan. ada epidermis atas dan epidermis bawah. karena daun merupakan organ terpenting bagi tumbuhan autotrof obligat. terdapat di dalam tulang daun dan urat-urat daun. dan untuk melanjutkan semua aktivitas lainnya.html jagung Anatomi daun Zea mays Daun tersusun atas jaringan epidermis. Adanya stomata memungkinkan terjadinya pertukaran gas antara sel . keduanya mengandung kloroplast. merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak berlangsung di daun.com/2012/05/anatomi-daun-dan-morfologi-batang. yakni palisade (jaringan pagar) dan spons (jaringan bunga karang). 2. berbentuk hati. Unsur ini menjadi makanan yang menyediakan energi pada tumbuhan untuk bertumbuh. biji. Kehidupan tumbuhan hijau sangat tergantung pada daun. tumbuhan tidak bisa hidup. yaitu adanya stoma yang dalam jumlah banyak disebut stomata. Sebagai tambahan. Stomata tersusun atas sel penutup dan sel tetangga yang banyak mengandung kloroplas. dan jaringan pengangkut. Pada epidermis terdapatstoma/mulut daun. semua bahan makanan yang manusia dan binatang makan dihasilkan juga daritumbuhan atau dari hewan yang memakan tumbuhan. http://sumberajaran. Banyak yang bujur telur.blogspot. Kegiatan fotosintesis lebih aktif pada jaringan pagar karena kloroplastnya lebih banyak daripada jaringan bunga karang. atau banyak lagi bentuk yang lain. jaringan parenkim. Daun beragam ukuran dan bentuknya antar tumbuh-tumbuhan. Jaringan Pembuluh Jaringan pembuluh daun merupakan lanjutan dari jaringan batang. batang.Daun merupakan modifikasi dari batang. akar. 3. untuk menghasilkan bunga dan benih.

(di kedua permukaan/di permukaan bawah saja). Daun tipe ini biasanya berorientasi sehingga cahaya masuk merata pada kedua permukaan.com/2011/09/praktikum-bio-seluler.- – sel fotosintetik dibagian dalam daun dengan udara disekitarnya.blogspot. Daun pada monokotil umumnya isobilateral Berkas pengangkut: Xilem dan floem terdapat pada tulang daun dan mempunyai susunan seperti pada batangnya (tetapi lebih sederhana) makin ke ujung tulang daun. Jika diperbesar sel kipas akan tampak sebagai berikut: Jaringan Dasar: Pada daun tumbuhan angggota rumput-rumputan. Mengandung sel. maka berkas pengangkut makin sederhana. Pada daun Zea mays bermodifikasi menjadi trikoma. Epidermis atas daun biasanya dilindungi oleh lapisan kutikula/lilin sebagai penahan penguapan yang terlalu besar.html . meskipun masih ada permukaan abaxial dan adaxial. Dan berfungsi: melindungi dan memantulkan radiasi cahaya matahari. yang dapat dibedakan dari penanpang melintang dengan melihat posisi xylem dan floem pada berkas pengangkutnya.sel kipas. Pada daun Zea mays ini merupakan Daun isobilateral sama di kedua sisinya. Pada bagian epidermis bawah terdapat sel kipas berdasarkan strukturnya yang berfungsi untuk menggulung daun sehingga mengurangi penguapan (Suryani. 2008). http://winiedoank. tetapi tersusun atas sel parenkim yang struktur dan ukurannya seragam. mesofil tidak berdiferensiasi menjadi jaringan tiang dan jaringan bunga karang. Stomata juga merupakan jalan keluarnya uap air. berasal dari penonjolan epidermis tabung. dan stomata dan trikoma.

Permukaan atas daun disebut permukaan adaksial dan permukaan bawah daun disebut dengan permukaan abaksial. Stomata di batasi oleh dua sel penjaga yang memiliki klorofil Di bawah jaringan epidermis. Setiap berkas pengangkut terletak berjajar. terdapat jaringan mesofil yang memenuhi bagian tengah daun. sedikit bahkan hampir tidak memiliki klorofil. maka sel kipas akan mengkerut dengan mengurangi tekanan turgornya. dan dikelilingi oleh jaringan parenkim yang keras namun tipis. Jaringan pengangkut diselubungi oleh sebuah selubunga yang terdiri dari sel-sel parenkim . dan memiliki fungsi dalam proses pembukaan gulungan daun dalam tunas dan untuk mengurangi penguapan yang berlebihan. Untuk mengatasi kekurangan air yang berlebih. Jaringan paling luar disebut epidermis yang terdiri dari satu lapis sel (unilateral) yang berbentuk batang dan memiliki kutikula sehingga bersifat kasar dan tahan air. Pada tanaman monokotil seperti jagung. Di dalam jaringan mesofil terdapat berkas pengangkut tipe kolateral tertutup. Stomata yang ada pada daun Zea mays tersebar secara merata di kedua sisi epidermis (epidermis atas dan epidermis bawah) atau disebut juga dengan amfistomata.Daun Zea maysmemiliki tulang daun yang melengkung dan sejajar. sehingga daun menggulung dan akan kembali lagi ketika air mudah didapatkan kembali. Jaringan epidermis atas berbeda dengan epidermis bawah. Pada permukaan adaksial terdapat derivat epidermis seperti sel kipas (bulliform cell) dan stomata Sel kipas pada daun Zea mays terletak pada epidermis sebelah atas. dan memiliki ukuran yang lebih besar daripada ukuran sel epidermis sekitarnya. daun tidak memiliki jaringan palisade. Proses ini terjadi pada musim dimana air sulit diperoleh.

yang di dalamnya terdapat klorofil sehingga dapat melakukan fotosintesis.com/2012/12/anatomi-zea-mays. http://quintwinism.bp.com/4DbF4l2mMoM/Tf7NmVipAJI/AAAAAAAAAjc/JOdqBf3BlYg/s1600/Struktur+jaringan+daun+dan+urat +daun+Monokotil.blogspot.blogspot. Jagung adalah tipe tanaman C4. Tanaman C4 memiliki sel kloroplas yang besar dan tersebar secara kaku.html padi Diakses pada 08 Mei 2013 http://3.gif daun jagung . Kloroplas terletak di daerah mesofil daun yang terletak pada bagian tengah jaringan daun.

GIF http://mahdiyaturrahmah.scribdassets.com/-tktQYtrK1os/TcYfGtcKlUI/AAAAAAAAACY/5rN6YjKdgVE/s320/jagung.blogspot.bp.wordpress.http://1.files.jpg?w=580 http://3.png daun beringin .jpg daun padi http://htmlimg3.com/4vgpobsvk01q2qih/images/3-5db859a9a5.blogspot.com/-P2FTVzp89wk/TnKx5rKWlVI/AAAAAAAAAEs/8kJvgrABHs/s1600/Image62.com/2012/12/daun-monokotil-jagung.bp.

bp.jpg http://3.blogspot.com/Sni6k9LfOcM/TcYeJ29Wn1I/AAAAAAAAACI/co5QGv9HNos/s320/Ficus.bp.jpg .http://4.com/-bRVsNCN29aQ/T7BKu8ccIeI/AAAAAAAAAEw/hzYh9zdS4g/s1600/dicotleaf2.com/_aIy8FUaRJR0/TKXwP_iQr3I/AAAAAAAAAVY/LY5tkFbZ9Po/s1600/ficus+sp .blogspot.blogspot.bp.jpg daun dikotil http://2.

blogspot.blogspot.com/-RZawxF0RVCA/T7BLAObxM-I/AAAAAAAAAE4/B1sRle-FASI/s1600/L16.bp.daun monokotil http://4.bp.jpg .com/_yH8xN8XdRs/TcYfs1_XU8I/AAAAAAAAACk/kW1W_kMosM0/s1600/bifacial.jpg noname http://1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful