P. 1
Excel

Excel

|Views: 197|Likes:
Published by Aris Nugroho

More info:

Published by: Aris Nugroho on Jun 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/25/2014

pdf

text

original

MENGIDENTIFIKASI KOLOM, BARIS, NAMA CELL DAN SHEET

Kolom pada MS. Excel ditandai dengan abjad A, B, C dan seterusnya. Baris pada MS. Excel ditandai dengan angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Cell adalah pertemuan antara kolom dan baris. Misalnya cell D5 berarti kolom D baris 5. Sheet adalah nama lembar kerja yang secara standar (default) berisi Sheet1, Sheet2, Sheet3.

DAFTAR ISTILAH PENTING : Merge Cells adalah menggabungkan 2 cell atau lebih. Biasanya digunakan untuk merapikan tampilan. Borders adalah garis tepi yang diberikan pada cell. Row Heigt adalah tinggi baris. Column Width adalah lebar kolom.

MENGIDENTIFIKASI RUMUS IF Fungsi IF di microsoft excel 2007 dapat digunakan sebagai formula logika untuk menghitung atau menentukan nilai sebuah pernyataan dimana fungsi IF akan memberikan nilai tertentu jika logika benar atau salah. Atau dengan kata lain fungsi IF digunakan untuk memeriksa kondisi benar atau salah. Penulisan perintahnya adalah sebagai berikut : =IF(Kondisi ,pernyataan jika Benar,pernyataan jika Salah) Contoh : = IF(A2>70 ,”LULUS”,”REMEDI”) Artinya : Jika nilai A2 > 70 maka LULUS dan jika nilai A2 < 70 maka REMEDI

JANGAN LUPA UNTUK MEMPELAJARI HAL-HAL LAINNYA YANG BERKAITAN DENGAN MICROSOFT EXCEL SEPERTI TEKS, MENU DAN SEBAGAINYA.. BELAJAR YA..

KOMPONEN PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE)
1. ALAT INPUT yaitu alat untuk memasukkan data dan memberikan perintah kepada komputer. Misalnya : - Keyboard, terdiri atas beragam tombol seperti tombol huruf, tombol angka, tombol symbol, tombol fungsi, tombol anak panah, tomboh fungsi dan tombol khusus seperti Tab, Enter, Backspace, Del dsb.. - Mouse, terdiri atas 3 jenis yakni : Mouse Mekanis (masih menggunakan bola dan kabel), Mouse Optik (menggunakan sinar inframerah kabel) dan Mouse Wireless (menggunakan sinar inframerah tapi tanpa kabel) 2. ALAT PROSES yaitu alat untuk memproses perintah yang dimasukkan dalam komputer. Alat utamanya adalah CPU (central processing unit) yang didalamnya terdapat processor. 3. ALAT NETWORKING (PERANGKAT JARINGAN) - Modem (Modulator Demodulator). Berfungsi mengubah signal analog menjadi signal digital. - Kartu Jaringan (LAN Card). Berfungsi menghubungkan antara computer yang satu dengan computer yang lain. 4. POWER SUPPLY, berfungsi menyediakan arus listrik bagi komponen-komponen komputer.

PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE / PROGRAM APLIKASI)
Dari segi mendapatkannya, software terbagi menjadi : 1. Software Berlisensi (Original Software) Software dibeli secara resmi. Harganya relatif mahal. Membutuhkan aktifasi secara online untuk registrasi produk. 2. Software Percobaan (Trial Software) Dapat diperolah secara gratis namun dibatasi waktunya (biasanya 30 hari). Setelah itu harus membeli software yang resmi. 3. Software Gratis (Free Software) Dapat diperoleh secara gratis dan tidak dibatasi waktu penggunaannya. 4. Software Bajakan Adalah software resmi yang dimodifikasi sehingga bisa digunakan secara bebas. Termasuk pelanggaran hukum.

PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE / PROGRAM APLIKASI)
OPERATOR : Orang yang mengoperasikan program atau software komputer PROGRAMER : Orang yang membuat program atau software komputer ANALIS : Orang yang merancang program atau software dari awal hingga akhir.

SELAMAT BELAJAR .. SEMOGA SUKSES..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->