P. 1
(TEORI SEBAB AKIBAT)

(TEORI SEBAB AKIBAT)

|Views: 235|Likes:
Published by Juni Setiawan
sebab akibat
sebab akibat

More info:

Published by: Juni Setiawan on Jun 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2016

pdf

text

original

PROMOSI KESEHATAN (TEORI SEBAB AKIBAT

)
Kel tiga sembilan orang

makanan dan minuman serta lingkungan.• Teori Sebab Akibat adalah suatu respon seseorang (organisme) terhadap stimulus atau objek yang berkaitan dengan sakit dan penyakit. . sistem pelayanan kesehatan.

perilaku kesehatan dapat diklasifikasikan menjadi 3 kelompok : 1.Dari batasan ini. Perilaku pemeliharaan kesehatan (Health Maintenance) : – Perilaku pencegahan penyakit. – Perilaku gizi (makanan) dan minuman. – Perilaku peningkatan kesehatan. .

Perilaku ini adalah menyangkut upaya atau tindakan seseorang pada saat menderita atau perilaku ini mulai dari mengobati sendiri (Self Treatment sampai dengan mencari pengobatan keluar negeri).2. Perilaku pencarian dan penggunaan sistem atau fasilitas pelayanan kesehatan atau sering disebut perilaku pencarian pengobatan (Health seeking behavior). .

baik lingkungan fisik maupun sosial budaya dan sebagainya. sehingga lingkungan tersebut tidak mempengaruhi kesehatannya. .3. Perilaku kesehatan lingkungan Adalah bilamana seseorang merespons lingkungan.

Istirahat cukup f. Tidak Meroko d. Tidak meminum minuman keras dan Narkoba e. . Makan dan menu berimbang (Approciate Diet). penyesuaian diri dengan lingkungan dan sebagainya.Seorang ahli (Becker 1979) membuat klasifikasi lain tentang perilaku ini yakni : 1. Perilaku atau gaya hidup lain yang positif bagi kesehatan misal tidak berganti-ganti pasangan dalam hubungan seks. Olahraga teratur c. b. Perilaku hidup sehat Adalah perilaku-perilaku yang berkaitan dengan upaya atau kegiatan seseorang untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatannya. Perilaku ini mencakup antara lain : a. Mengendalikan stress g.

persepsinya terhadap sakit. cara penularan.2. pengetahuan tentang penyebab dan gejala penyakit. cara dan kemana harus mencari pengobatan penyakit dan sebagainya. . Perilaku Sakit (Illnes Behavior) Perilaku sakit ini mencakup respons seseorang terhadap sakit dan penyakit.

.3. Perilaku peran sakit (The sick role behavior) Dari segi sosiologi. Hak dan kewajiban ini harus diketahui oleh orang sakit sendiri maupun orang lain (terutama keluarganya) yang selanjutnya disebut perilaku peran orang sakit ( The sick role). orang sakit (pasien) mempunyai peran yang mencakup hakhak orang sakit dan kewajiban sebagai orang sakit.

b. c.Mengetahui hak (misal : hak memperoleh perawatan. Mengenal/mengetahui fasilitas/sarana pelayanan/penyembuhan penyakit yang layak. .• Perilaku ini meliputi : a. Tindakan untuk memperoleh kesembuhan. tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain dan sebagainya). memperoleh pelayanan kesehatan dan sebagainya) dan kewajiban orang sakit (memberitahukan penyakitnya kepada orang lain terutama kepada dokter/petugas kesehatan.

Sikap adalah penilaian (bisa berupa pendapat) seseorang terhadap stimulus/objek (dalam hal ini adalah masalah kesehatan. Setelah seseorang mengetahui stimulis/objek. termasuk penyakit). • indikator untuk sikap kesehatan yakni : Sikap terhadap sakit dan penyakit Sikap terhadap cara pemeliharaan dan cara hidup sehat Sikap terhadap kesehatan lingkungan . proses selanjutnya akan menilai/bersikap terhadap stimulus.4.

5. kemudian mengadakan penilaian/berpendapat terhadap apa yang diketahui. proses selanjutnya diharapkan ia akan melaksanakan/mempraktekkan apa yang diketahui/disikapinya (dinilai baik) inilah yang disebut praktek (practice) kesehatan atau dapat juga dikatakan perilaku kesehatan (overt behavior) . Praktek/tindakan (Practices) Setelah seseorang mngetahui stimulus atau objek kesehatan.

mengimunisasikan anaknya. 2. berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan yang tepat. melakukan anjuran-anjuran dokter. Pencegahan penyakit.indikator praktek kesehatan tersebut : a. menggunakan masker pada waktu kerja ditempat berdebu dan sebagainya. Tindakan (praktek) sehubungan dengan penyakit. tindakan/perilaku ini mencakup : 1. Penyembuhan penyakit misalnya minum obat sesuai petunjuk dokter. . melakukan pengurasan untuk mandi seminggu sekali.

tidak merokok. . melakukan olahraga secara teratur.b. Tindakan (praktek) pemeliharaan dan peningkatan kesehatan Tindakan/perilaku ini mencakup Antara lain: Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. tidak minum minuman keras dan Narkoba.

masak dan sebagainya. Tindakan (prakek) kesehatan lingkungan: Perilaku ini antara lain mencakup : membuang air besar di jamban (WC). menggunakan air bersih untuk mandi. cuci.c. membuang sampah ditempat sampah. .

.ALHAMDULILLAH. MARI BERMUSYAWARAH .....

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->