KOMPAS ANAK DARI AIR KALI MENJADI AIR SIAP MINUM

AIR merupakan kebutuhan pokok makhluk hidup. Bila manusia, hewan, dan tumbuhan kekurangan air, maka akan mati. Orang akan dehidrasi atau terserang penyakit bila kekurangan cairan dalam tubuhnya. Di kota besar masalah air memprihatinkan. Kepadatan penduduk, banyaknya pabrik dan industri, dan pengeboran air tanah yang berlebihan sangat berpengaruh pada tersedianya air yang layak untuk diminum. Kita yang tinggal di daerah yang mempunyai mata air , air minum bukan masalah yang berarti. Tetapi untuk daerah perkotaan, air minum merupakan masalah tersendiri. Di kota besar, keperluan air minum disediakan oleh perusahaan air minum dengan mengolah air sungai, kemudian disalurkan ke rumah-rumah melalui pipa-pipa. Untuk mendapatkan air minum tersebut kita harus berlangganan dan tidak gratis, karena proses pengolahan air minum merupakan proses yang panjang dan membutuhkan biaya. Mau tahu bagaimana perjalanan panjang air kali yang kotor disulap menjadi air layak minum? Pengolahan Air sungai yang kotor dan banyak sampah dialirkan ke bak-bak penampungan. Tetapi sebelumnya kotoran kasar seperti benda-benda terapung, sampah plastik, dan lain-lain yang ada di dalam air disaring dulu. Setelah melalui beberapa penampungan, maka air tersebut diberi tawas dan lain-lain. Untuk apa? Agar zat-zat kimia seperti aluminium, besi, khlorida, mangan, seng, sulfat, tembaga, sisa khlor dan amonia yang ada di air bisa terurai. Air yang sudah diberi tawas ini kemudian melalui proses pengendapan, agar zat-zat kimia yang sudah terpisah ini mengendap, sehingga yang tinggal adalah air yang sudah bersih. Bersih dari bahan kimia saja tidaklah cukup, di dalam air tersebut masih ada bakteri yang mungkin berbahaya bagi kehidupan manusiaseperti bakteri E.Coli dan sebagainya. Maka perjalanan berikutnya adalah pengolahan bakteriologis, tujuannya adalah memusnahkan bakteri dalam air melalui pembubuhan desinfektan atau pembunuh bakteri.

Namun harus diingat. Ini yang membuat perusahaan air minum memberi tarif kepada pelanggan. misalnya keruh. proses kimiawi. Membuat Penjernih Air Sederhana Ingin membuat penjernih air yang sederhana? Berikut ini cara mendapatkan air bersih dari penyaringan air keruh dengan bahan-bahan yang terdapat di sekitar kita. seharusnya sampai di pelanggan tidak berubah. Jika berubah maka harus ditelusuri lagi. Dari sinilah perusahaan air minum yang sudah bersih ini menyalurkannya kepada pelanggan. rasa. Mahal Proses air hingga siap digunakan oleh pelanggan ini tentu membutuhkan biaya besar. ini adalah cara darurat . Biasanya ini akibat kebocoran saluran. Dengan pernjernih air sederhana ini adalah. segera beritahu kepada perusahaan air minum di kotamu. Wah. air payau maupun air sungai yang keruh. Keadaan ini harus segera diatasi. jumlah zat padat terlarut. Air sungai sebagai bahan baku tidak mengalir begitu saja. namun terbukti cukup ampuh untuk sekedar mendapatkan air untuk keperluan minum sehari-hari. ya? Itu sebabnya kita harus menjaga lingkungan kita agar air yang ada di sekitar kita tidak tercemar. Cara ini bisa digunakan untuk desa-desa yang terpencil dan tandus serta daerah perkampungan di perkotaan. dan suhu agar memenuhi standar kesehatan. Air sungai keruh yang harus dibeli dari Jasa Tirta sebagai pengelola sungai. Dengan alat-alat yang sederhana. Karena itu jika kita melihat ada pipa bocor yang ditandai rembesan air yang terus-menerus di pinggir jalan. Jika keluar dari Instalasi Pengolahan Air Minum jernih. kita bisa menggunakan air sawah. warna. kekeruhan. ternyata untyuk mendapatkan air yang bersih itu tidak mudah.Proses berikutnya adalah memeriksa bau. Ini adalah proses terakhir. hingga desinfektan membutuhkan listrik yang juga tidak gratis. Tak jarang muncul keluhan dari pelanggan tentang kualitas air. Kebocoran seperti ini harus segera diatasi agar air yang masuk rumah tetap jernih dan bersih seperti saat keluar . kita bisa melakukan penyaringan air secara sederhana. Segala macam proses pengendapan.

dan batu-batu dengan garis tengah 2-3 cm 3. 4. Mula-mula air agak keruh. Sediakan sebuah bak atau kolam dengan kedalaman 1 meter sebagai bak penampungan.dalam mendapatkan air bersih. tetapi setelah beberapa waktu berselang air akan jernih. karena kotoran yang mengendap akan semakin tebal dan efektivitas penjernihan air akan semakin berkurang. Kiriman: Rendra Gilang Yuniarto Siswa SMP Negeri 87 kelas IX-6 Jl. Ciputat Raya. Pamulang Ciputat 15416 . Pondok Pinang Kebayoran Lama Jakarta Selatan Rumah: Jl. pasir. Untuk keperluan air minum. ijuk tebal. Selain itu. pasir halus. selanjutnya beberapa menit kemudian air akan ke luar. Setelah bak pengendapan penuh air. Air sungai atau telaga dialirkan ke dalam bak penampungan. 2. lubang untuk mengalirkan air dibuka ke bak penyaringan air. baru kerikil. kita harus memasak dahulu air yang sudah dijernihkan ini sampai mendidih. Pembuatan 1. yang sebelumnya pada pintu masuk air diberi kawat kasa untuk menyaring kotoran. Buat bak penyaringan dari drum bekas. Isi dengan ijuk. kran harus dibuka dengan aliran yang kecil.8 Perumahan Reni Jaya. arang tempurung kelapa. Bratasena VI Blok BC 6 No. Beri kran pada ketinggian 5 cm dari dasar bak. bahan untuk penjernihan air harus sering diganti. Kemudian kran yang terletak di bawah bak dibuka. 5. Agar air yang keluar tetap jernih.