CAHAYA

KELAS 8 SEMESTER 2

kecuali.. Gelombang elektromagnet b.. Terbalik 2. Maya c.. Berikut ini adalah sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar .. Gelombang transversal c.. a.. Sama besar b. Jarak bayangan sama dengan jarak benda.. . a. d. Gelombang lurus. Gelombang longitudinal d. Cahaya disebut juga dengan..LATIHAN SOAL-SOAL Pilihlah jawaban yang paling benar!!!! 1....

Dapat dipantulkan c. diperkecil d. Nyata.. kecuali. d. Nyata . a.terbalik .3... a. Di bawah ini adalah sifat-sifat cahaya . 4. diperbesar . terbalik. Semu. Dapat dilenturkan Bila benda berada di ruang I dari suatu lensa cembung . Merambat lurus b. terbalik.. maka sifat bayang-bayangnya adalah. diperkecil b... Tidak dapat merambat di ruang hampa..

Cembung c. Indeks bias b... Pembiasan c. Pemantulan d... Positif Sebuah benda berada di depan dua cermin datar yang membentuk sudut 45ᵒ satu sama lain .5. Berapakah banyaknya bayangan yang terbentuk? a. 7 buah d. 6. 6 buah b. Cekung b. 7. Pemb elokan arah rambat cahaya ketika memasuki medium lain yang berbeda kerapatannya optisnya disebut.. 9 buah . 8 buah c... Datar d. a. Pencerminan Lensa yang bagian tengahnya lebih tipis dari pada bagian tepinya disebut lensa. a.....

Sebuah benda terletak 60 cm di depan cermin cekung yang fokusnya 10 cm. Berapakah jarak bayangan dengan benda? a. ½ x Sebuah lensa cembung mempunyai fokus 20 cm . Kasar d... 100 cm b.8. Rata c.. 9. ¼ x c. 1/5 x b. 1/3 x d. Sangat licin b. Perbesaran bayangan adalah... 270 cm Pemantulan teratur terjadi pada benda yang memiliki permukaan. Jika jarak benda adalah 25 cm .. bergelombang . a. a.. 150 cm d. 10. 200 cm c.

Pernyataan yang benar adalah. 1 dan 2 dan 3 Sebuah lensa cekung memiliki panjang fokus 25 cm.04 dioptri . 12. Berikut ini adalah pernyataan tentang cahaya : 1. 1 dan 3 b... 0. 1 c. – 4 dioptri b.. benda gelap dapat meneruskan seluruh cahaya yang diterimanya. Kekuatan lensa tersebut. – 0..04 dioptri d. a. Benda bening dapat meneruskan sebagian cahaya yang diterima 3. Cahaya merambat lurus 2. 4 dioptri c.11. a.. 1 dan 2 d..

Sudut datang sama dengan sudut pantul c. sinar pantul. terjadinya bayang-bayang di belakang benda gelap.13. 1 d. Sinar datang semuanya dipantulkan b.. Garis normal tegak lurus terhadap cermin d. 3. 1.. terjadinya gerhana matahari 2. 1 dan 3 b. Bukti yang benar adalah pernyataan . 1 dan 2 Pernyataan berikut yang berkaitan dengan Hukum Snell adalah. perambatan cahaya di ruang hampa. a. dan 3 c. a. 14. dan garis normal berada pada bidang yang berbeda. Sinar datang. Pernyataan berikut adalah bukti bahwa cahaya merambat lurus : 1. .. 2....

. a. 2..... a..15. Memantul d. cepat rambat cahaya adalah.. Jarak bayangan yang terbentuk adalah.. 120 cm b.75 x 10⁸ m/s Sebuah benda terletak 60cm dari cermin cekung dengan panjang fokus 180 cm.. Jika indeks bias air adalah 4/3. Membias c.. Ceapat rambat cahaya dalam ruang hampa adalah 3 x 10⁸ m/s. 240 cm Di dalam medium yang serba sama cahaya akan merambat secara. 16. 17.25 x 10⁸ m/s b..1 x 10⁸ m/s d... 2 x 10⁸ m/s c. a.. 2. Berdispersi b... 2. – 45 cm c. Lurus ...... – 90 cm d.

Maya . 19. Maya pada jarak 2 cm b. Maya. Maya pada jarak 12 cm c.. tegak. dan diperbesar b. a.. Nyata pada jarak 12 cm Sifat bayangan yang dibentuk cermin cembung selalu. Sebuah benda diletakkan 6cm di depan lensa cembung dengan jarak titik fokus 4cm. tegak dan diperkecil d.18. terbalik . Bayangan yang terjadi adalah.. Maya . Maya. terbalik dan diperkecil c. dan diperbesar .. Nyata pada jarak 2 cm d. a..

sama tegak. sama tegak. 21. . Lensa cembung dengan jarak fokus 5 cm d.. Artinya. dan diperbesar c. Lensa cembung dengan jarak fokus 20 cm Sebuah lilin terletak pada jarak 10 cm dari cermin cekung yang memiliki jari-jari 30 cm... Maya.20... a. Maya terbalik. Jarak fokus lensa 20 cm c.. dan diperbesar d. Nyata. dan diperkecil. Sifat bayangan yang terjadi. a. Sebuah lensa cembung berkekuatan +5 dioptri. dan diperkecil b. Maya. Jarak fokus lensa 5 cm b. terbalik.

8 cm Sebuah jarum benda pada jarak 6cm di depan cermin cembung yang memiliki jarak fokus 18 cm . Jarak benda tersebut adalah. Sebuah bayangan terjadi pada jarak 12 cm di depan cermin cekung yang berjari-jari 16 cm.. 23.. 24 cm c. 4. 9 cm di depan cermin b.22.5 cm dibelakang cermin.. Bayangan yang terjadi terletak pada jarak. 4. 4. . a.. 9 cm dibelakang cermin d.. a. 8 cm d. 6 cm b.5 cm di depan cermin c.

Cahaya putih yang mengenai salah satu sisi prisma sama sisi akan mengalami pembiasan dan. a.... 25. Peruraian cahaya c.24. 120 cm . Sebuah lilin berada 40 cm di depan lensa cembung. a. maka jari-jari kelengkungan lensa tersebut adalah.. 24 cm c.. Pemantulan cahaya b. Apabila bayangan yang terjadi 60 cm dibelakang lensa . 96 cm b. Penyerapan cahaya.. Pembelokan cahaya d. 48 cm d.

. Hitunglah : a. b. Hitunglah jarak dan perbesaran bayangan. Jarak bayangan.JAWABLAH DENGAN SINGKAT DAN JELAS! 1. berapakah cepat rambat cahaya dalam air? Sebuah lensa cembung mempunyai fokus 20 cm. Jika indeks bias air adalah 4/3. Cepat rambat cahaya pada ruang hampa adalah 3 x 10⁸ m/s . c. Sebuah benda terletak 60 cm di depan cermin cekung yang fokusnya 10 cm . 3. 2. Perbesaran bayangan. Sihat bayangan. Jika jarak benda adalah 25 cm.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.