BAB 1 ( Pendahuluan ) BAB 2 ( Isi ) BAB 3 ( Kesimpulan ) BAB ( Saran ) .

2 Rumusan Masalah 1.BAB 1 pendahuluan 1.4 Metode Penulisan .3 Tujuan Penulisan 1.1 Latar belakang 1.

Mungkin pada awalnya mereka hanya ingin mencari sensasi. Remajaremaja masa kini banyak terpengaruh oleh media-media informasi. Balapan liar banyak ditiru oleh anak remaja dari film dalam negeri ataupun luar negeri. Kami mengambil salah satu contohnya seperti Balapan Liar. Sebagian besar pelaku balap liar ini justru bukannya golongan menengah tapi golongan bawah. Remaja yang berasal dari keluarga golongan bawah atau keluarga miskin ini adalah aktor dari acara balap liar jalanan.1. Pergaulan remaja sudah tidak ada batasnya. Sayangnya polisi terkesan tutup mata dengan kejadian ini atau bisa jadi sudah bosan juga. Malahan bagi masyarakat golongan bawah merupakan hiburan tersendiri. Banyak remaja yang memperlakukan hal-hal yang sangat merugikan dirinya dan orang lain. .1 Latar Belakang Pergaulan remaja adalah contoh kecil dari sekian banyak akibat dari globalisasi. Fenomena balapan liar ini sebenarnya bukan hal yang asing lagi untuk masyarakat. Kenakalan remaja itu bisa didefinisikan sebagai perilaku menyimpang atau tingkah laku yang tidak dapat diterima sosial sampai pelanggaran status hingga tindak kriminal.

1.2 Rumusan Masalah  Rumusan masalah pada makalah yang kami bahas mencakup :  Konsep bagaimana balapan yang baik dan benar ?  Definisi Balapan Liar ?  Faktor-faktor mengapa mereka terlibat Balapan Liar?  Bagaimana caranya atau solusi mengatasi Balapan Liar?  Apa saja kerugian dan keuntungan dari Balapan Liar? Menu .

Menyebutkan faktor faktor pendorong yang mendorong seseorag terlibat Balapan Liar. Dan dapat memberikan solusi atau saran agar Balapan Liar dihilangkan dari remaja. Menjelaskan Dampak Positif dan Negatif Balapan Liar.3 Tujuan Penulisan   Adapun tujuan penulisan dari pembahasan makalah yang membahas tentang Balapan Liar ini sebagai berikut : Memenuhi salah satu tugas mata kuliah etika dan etiket. Memberikan pengetahuan tentang Balapan Liar yang dapat merugikan dan membahayakan remaja atau generasi muda.1.    .

4 Metode Penulisan Metode yang di pakai dalam karya tulis ini adalah:  Metode Pustaka Yaitu metode yang dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari pustaka yang berhubungan dengan alat.1. baik berupa buku maupun informasi di internet.  Diskusi Yaitu mendapatkan data dengan cara bertukar pikiran dengan teman kelompok .

BAB 2 .

2. .1 Konsep Balapan yang Benar Balapan yang benar adalah kegiatan balapan yang sesuai dengan peraturan pemerintah dan memiliki izin resmi pemerintahan atau kepolisian setempat. Sebab. kegiatan ini menggunakan jalan umum yang berada dalam wewenang polisi lalu lintas untuk menertibkan segala sesuatu Berikut adalah syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh peserta balapan resmi.

Sponsor 2. 1.Lokasi yang aman 3.Kartu Izin Star (KIS) 6.Berikut adalah syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh peserta balapan resmi.Tim 5.Perlengkapan .Surat izin resmi 4.Motor 7.

Biasanya kegiatan ini dilakukan pada tengah malam sampai menjelang pagi saat suasana jalan raya sudah mulai lenggang. Selain itu. Artinya kegiatan ini sama sekali tidak digelar dilintasan balap resmi. . sehingga aktivitas tersebut mengganggu dan meresahkan masyarakat. aktivitas negative yang dilakukan di tempat umum yaitu jalan raya. melainkan di jalan raya. baik sepeda motor maupun mobil yang dilakukan diatas lintasan umum.2.2 Apa itu balapan liar ? Balapan liar adalah kegiatan beradu cepat kendaraan.

3 Mengapa seseorang terlibat balapan liar Balapan Liar terjadi karena beberapa faktor yang mudah kita mengerti diantaranya:  Ketiadaan fasilitas sirkuit untuk balapan  Keluarga dan lingkungan  Mencari uang  Gengsi atau nama besar bengkel  Hobi  Memacu adrenalin  Kesenangan .2.

. Pihak SATLANTAS mengharapkan adanya kerjasama dari pihak orang tua khususnya yang memiliki anak remaja agar orang tua tersebut lebih memperhatikan dan memahami anak-anaknya dan juga diharapkan orang tua dapat mengarahkan hobi dan aktivitas-aktivitas sang anak kearah yang positif dan tidak merugikan masyarakat banyak.4 Bagaimana cara mengatasi balapan liar ? Untuk mendapat solusi meminimalkan aktivitas balap liar ini tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan.2.

 Memicu terjadinya taruhan dan perjudian.  Dampak terberat adalah kehilangan nyawa.  Menyumbang angka kecelakaan lalu lintas. diri sendiri dan membuat orang tua khawatir.5 Kerugian yang di akibatkan balapan liar ?  Berdampak mengganggu kelancaran jalan raya.  Sering terjadinya pelanggaran norma. .  Mengganggu Ketentraman masyarakat sekitar akibat suara kenalpot yang suaranya bising atau suara derungan knal pot.  Merugikan orang tua.  Polusi udara.  Dapat memicu terjadinya tawuran antar geng motor.2.

 Tercipta rasa solidaritas antar pembalap.  Dampak kretifitas juga terjadi pada pembalap ketika menghias motornya.  Dampak edukasi terjadi ketika pembalap mahir mengotak atik motornya.2.  Pembalap akan merasa bangga jika menang karena menjadi seorang pembalap. dan pantang menyerah. .  Secara emosional para pembalap liar akan memiliki semangat yang tinggi.6 Keuntungan yang di akibatkan balapan liar  Pembalap akan mendapatkan imbalan. biasanya berupa uang.

. Balapan Liar sangat membahayakan diri sendiri karena tidak dilindungi oleh pihak penyelenggara resmi. Balapan liar merupakan satu dari semua bentuk kenakalan remaja yang lebih banyak berdampak negative dan merugikan orang lain.BAB 3 Kesimpulan  Balapan liar adalah aktivitas negatife yang berupa kegiatan beradu cepat kendaraan yang dilakukan dijalan raya umum. karena tidak memiliki surat izin resmi pelaku Balapan Liar dapat dikenai pasal UU yang mengakibatkan hukuman atau denda. Selain itu.

untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran agar penyusunan makalah ini dan selanjutnya dapat lebih baik lagi. .BAB 4 Saran Dalam penyusunan makalah ini kami menyadari masih banyak kekurangan.