Kelompok 4 Tommy Halim 16408 Ricky Fajar Adiputra 18011 Heny Diana 17880 Fanny Agustin 18412

ANALISIS IDE BISNIS TERHADAP ASPEK PEMASARAN
1. Peluang Pasar Peluang pasar untuk restoran yang mengenalkan menu nasi bakar cukup baik karena di Yogyakarta sangat sulit di jumpai restoran yang menawarkan menu utama nasi bakar. Dulu sempat ada rumah makan yang menawarkan menu nasi bakar di daerah kotabaru, tapi beberapa tahun belakangan ini rumah makan tersebut sudah tidak dapat di jumpai dengan alasan yang tidak jelas. 2. Daerah Pemasaran (Market Segmenting) Daerah pemasaran pertama yang akan kami sasar, karena restoran kami berada di daerah condong catur maka kami akan menargetkan konsumen daerah condong catur dan daerah ababrsari. 3. Pasar Sasaran (Market Targeting) Menu nasi bakar ini tidak hanya ditujukan untuk konsumen yang memenag menyuaki nasi bakar. Tapi kami juga menawarkan bagi para mahasiswa karena harganya yang terjangkau uang saku para mahasiswa. 4. Volume dan Harga Penjualan Jumlah menu makanan yang ditargetkan untuk dijual dalam sehari yaitu sekitar 100 - 200 porsi nasi bakar. Harga yang di tawarkan relatif murah, yaitu untuk makanan mulai dari Rp. 12.000 - Rp. 25.000 per porsi sangat tidak memberatkan kantong anda, terutama bagi para mahasiswa. 5. Masa Hidup Produk Karena produk yang kami tawarkan berupa makanan dan minuman, maka batas kadaluarsanya pun sangat singkat. Untuk makanan dan minuman, batas kadaluarsanya adalah sampai 1 hari. 6. Struktur Pasar Pemasaran yang dilakukan oleh Restoran vegetarian ini yaitu secara langsung, dimana konsumen atau pelanggan langsung datang ke restoran.

7. Persaingan dan strategi Karena di daerah Yogyakarta masih jarang terdapat restoran yang menjual makanan nasi bakar, maka peluang Nasbak Resto untuk menjangkau konsumen masih terbuka cukup luas.

b. Sehingga dalam bisnis ini kami memilih konsep yang unik dan tempat yang nyaman. seperti : terminal condong catur. meja. Kepuasan Konsumen sangat menjadi prioritas kami karena itu kami akan memberikan fasilitas dan layanan yg terbaik untuk para konsumen seperti: a. kami juga menggunakan strategi pemasaran melalui cara “mord of mouth” yaitu dengan cara dari mulut ke mulut. Tempat yang nyaman. Tetapi juga para mahasiswa karena hafga yang kami tawarkan sesuai dengan kantong mahasiswa. tempat lampu dll terbuat dari barang-barang yang sudah tidak dipakai untuk dikreasikan lagi agar dapat menjadi suatu barang yang unik dan dari . Memberikan iklan melalui audio dengancara mengiklan Nasbak resto di radio. pemasangan spanduk dan papan nama di depan restoran serta pemberian vouvher makan gratis. bersih dan unik Karena tempat makan tidak hanya untuk makan saja tetapi kadang-kadang digunakan untuk tempat nongkrong. Dan biasanya dengan kerja sama ini biasanya pihak bank akan memberikan baliho/billboard untuk mengiklankan restaurant kami.) Promosi Membuat brosur-brosur yang disebarkan di tempat-tempat umum. 9. 8. Pangsa Pasar Pangsa pasar yang kami bidik bukan hanya kaum penggemar nasi bakar. Ukuran Pasar dan Pertumbuhannya Sebagai permulaan awal. c. Iklan lain Selain cara-cara pemasaran di atas. d. kampus-kampus di daerah Condong Catur dan Babarsari. Bekerja sama dengan Bank Kita bekerja sama dengan bank tersebut misalnya pemakaian kartu kredit/debit card oleh nasabah bank tersebut akan mendapatkan diskon di restaurant kami. Misalnya semua barang yang di restaurant kami seperti bangku.Strategi Strategi yang dilakukan diantaranya yaitu : a. Geronimo dll. Promosi juga dilakukan dengan pemasangan iklan media cetak dan elektronik. seperti radio Swaragama.Sehingga dapat membantu mengiklankan restaurant kami Mengisi iklan di majalah khusus kawasan Jogja Mengisi iklan seperti di koran Kedaulatan rakyat. nasbak Resto menjangkau sasaran yang berada di wilayah Yogyakarta saja.

Makanan enak Dari segi makanan ini sangatlah penting karena jika makanan tidak enak atau tidak diterima oleh masyarakat maka sebuah usaha kuliner tidak akan berjalan dengan lancar. Fasilitas Fasilitas sebuah restaurant kami maksimalkan sebisa mungkin agar para konsumen puas dan senang berkunjung di restaurant kami. Karena sasaran kami juga sebagian besar adalah mahasiswa. Memang dari segi kanan yang kami tawarkan. Wifi 2. c. Mudah dijangkau Tempat pun sangat penting juga agar konsumen dapat ke resto kami dengan mudah. Untuk itu kami juga menyediakan menu makanan lain yang rasa dan harganya tidak jauh berbeda dari menu nasi bakar. LCD beserta layar yang berukuran besar supaya bisa di jadikan sebagai tempat atau acara nonton bareng. d. Harga terjangkau. sound system . seperti : 1. Maka kami memilih tempat tidak jauh juga dari daerah kampus seperti canodnong catur-babarsari. e. Agar customer dapat menemukan tempat kami dengan mudah kami akan membuat spanduk atau iklan disekitar restaurant kami. belum banyak orang yang mengenal bahkan pernah memakan nasi bakar. 3.segi tempat juga kami mencari tempat yang tidak terlalu dipinggir jalan agara konsumen/pelanggan dapat dengan nyaman dan tenang di restaurant kami. kami pun harus menyesuaikan harga agar restaurant kami ini dapat dinikmati oleh semua aspek. b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful