P. 1
tulang

tulang

|Views: 15|Likes:
Published by Dhien Classer

More info:

Published by: Dhien Classer on Jun 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2013

pdf

text

original

MENURUT BENTUKNYA, TULANG DIBEDAKAN MENJADI TULANG PIPIH, TULANG PENDEK, DAN TULANG PIPA.

Tulang pipih

Tulang pipih berbentuk pipih dan lebar. Tulang pipih terdiri atas dua lapisan jaringan tulang keras (kompakta) yang disebut lamina eksterna dan interna osiskrani. Di antara keduanya dipisahkan oleh satu lapisan tulang spongiosa, seperti bunga karang (spons), yang disebut diploe, yang di dalamnya berisi sumsum merah sebagai tempat pembentukan sel-sel darah. Tulang-tulang pipih berperan dalam melindungi organ tubuh. Tulang pipih terdapat pada tulang tengkorak, belikat, rusuk, tulang dada, dan tulang wajah.

Tulang pendek Tulang pendek berbentuk bulat atau kubus dan berukuran pendek. karena diperlukan sifat yang ringan dan kuat. seperti terdapat pada tulang pergelangan tangan.Tulang pendek sebagian besar terbuat dari jaringan tulang jarang. tidak beraturan. Karena kuatnya. . dan telapak kaki. tulang pergelangan kaki dan ruas-ruas tulang belakang. telapak tangan. misalnya terdapat pada tulang pergelangan tangan. maka tulang pendek mampu mendukung bagian tubuh. pangkal lengan. pergelangan kaki. Tulang pendek diselubungi jaringan padat tipis. Tulang ini memiliki inti tulang spongiosa yang dikelilingi tulang kompakta.

dan tulang betis. berupa lempengan tulang rawan. 5. . yaitu kedua ujung tulang yang membesar seperti bonggol 2. Cakra epifisis. 1. Diafisis. Tulang rawan daerah sendi.Tulang pipa Tulang pipa berbentuk bulat panjang. Contoh tulang pipa adalah tulang paha. dan pembuluh darah. Di bagian tengah terdapat rongga besar yang berisi sumsum kuning dan banyak mengandung zat lemak. Epifisis. yaitu selaput yang menyelimuti bagian luar tulang. Periosteum merupakan tempat melekatnya otot-otot skeleton ke tulang dan berperan dalam nutrisi. yaitu bagian tengah tulang di antara dua epifisis 3. Tulang pipa bekerja sebagai alat ungkit dari tubuh dan memungkinkan adanya pergerakan. pertumbuhan dan reparasi tulang rusuk. Kanalis medularis. Jika cakra epifisis masih aktif. Periosteum mengandung osteoblas (sel pembentuk jaringan tulang). jaringan ikat. 4. tulang hasta. Cakra epifisis tidak aktif lagi sekitar umur 20 tahun. antara lain sebagai berikut. Periosteum. tulang lengan atas. 6. yaitu sambungan epifisis dan diafisis. maka tulang pipa masih dapat memanjang. Bagian-bagian dari tulang pipa. Tulang pipa dijumpai pada anggota gerak. yaitu rongga memanjang di dalam diafisis yang diisi oleh sumsum tulang kuning. Setiap tulang pipa terdiri atas bagian batang dan dua bagian ujung. tulang telapak tangan. tulang pengumpil.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->