P. 1
Pertumbuhan Dan Perkembangan Fisik

Pertumbuhan Dan Perkembangan Fisik

|Views: 29|Likes:
Published by Paian Tamba

More info:

Published by: Paian Tamba on Jun 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/23/2013

pdf

text

original

Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik

Oleh ( KELOMPOK 4) :
1.MUTIARA TAMBUNAN
2.NINING PRATIWI

(4103121045)
(4101121020)

3.NURIFA ZAHRO W. HARAHAP (4102121017)
4.PAIAN TAMBA (4103121050)

Jurusan P. Studi M. Kuliah

: Fisika : Pendidikan Fisika (Kelas A) : Perkembangan Peserta Didik

Pertumbuhan Fisik bersifat meningkat, menetap, dan kemudian mengalami kemunduran sejalan dengan bertambahnya usia. Ini berani bahwa pertumbuhan fisik ada puncaknya. Sesudah suatu

masa tertentu,

fisik mulai mengalami kemunduran dan berakhir

pada keruntuhan di hari tua, di mana kekuatan dan kesehatannya berkurang, panca indra menjadi lemah atau lumpuh sama sekali. Berbeda halnya dengan perkembangan aspek mental atau psikis yang relatif berkelanjutan, sepanjang individu yang bersangkutan tetap memeliharanya.

Perkembangan fisik peserta didik usia SD meliputi pertumbuhan tinggi,berat badan, pertumbuhan tulang, gigi, otot, dan lemak. Salah satu segi perkembangan yang cukup pesat dan tampak dari luar adalah perkembangan Fisik pada masa Remaja. Perbedaan Perkembangan Fisik siswa SMP & SMA.
No.
1. 2.

Siswa SLTP
Laju perkembangan secara umum berlangsung secara pesat Proporsi Ukuran tinggi dan Berat badan sering kurang seimbang (termasuk otot dan tulang belakang) Munculnya ciri-ciri kelamin Primer dan sekunder. Ciri-ciri kelamin primer berkenaan dengan Perkembangan alat-alat reproduksi,baik pada Pria maupun wanita. Ciri-ciri kelamin Sekunder:tumbuhnya bulubulu, Jakun (pria), suara semakin membesar ,membesarnya buah dada pada wanita.

Siswa SLTA
Laju perkembangan secara umum sangat lambat Proporsi ukuran tinggi dan berat badan lebih seimbang mendekati kekuatan tubuh orang dewasa

3.

Siap berfungsinya organ-organ reproduktif seperti pada orang-orang yang sudah dewasa

4.

Gerak-gerik tampak canggung dan kurang terkoordinassikan.

Gerak-geriknya mulai mantap

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan Perkembangan Fisik: 1. Faktor Internal : yang berasal dari dalam diri individu.  Sifat jasmaniah yang diwariskan dari orang tuanya. Anak yang ayah dan Ibunya bertubuh tinggi cenderung lebih lekas tinggi dibandingkan aanak yang berasal dari orang tua yang bertubuh pendek  Kematangan Pertumbuhan fisik seolah-olah seperti sudah direncanakan oleh faktor kematangan. Meskipun anak itu diberi makanan yang bergizi tinggi, kalau saat kematangan belum tercapai, Pertumbuhan akan tertunda. 2. Faktor Eksternal: faktor yang berasal dari luar diri individu  Kesehatan Anak yang sering sakit-sakitan, pertumbuhannya akan terhambat  Makanan Anak yang Gizi nya baik,pertumbuhannya juga baik, namun anak yang kurang gizi pertumbuhannya akan terhambat.

 Stimulasi Lingkungan Individu yang tubuhnya sering dilatih percepatan pertumbuhannya akan berbeda dengan yang tidak pernah mendapat latihan.

Sekian & Terimakasih

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->