Tugas gambar teknik

OLEH :

NAMA NIM JURUSAN/PRODI

: AFIF ASYKAR AMIR : D22112254 : TEKNIK MESIN/TEKNIK INDUSTRI

PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI JURUSAN MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR 2012

a Poros adalah elemen mesin yang berbentuk batang dan umumnya berpenampang lingkaran. 2. Suaian pas (transition fit) Suaian ini dapat menghasilkan celah bebas atau interferensi. Suaian adalah suatu istilah untuk menggambarkan tingkat kekekatan atau kelonggaran yang mungkin dihasilkan dari penggunaan kelegaan atau toleransi tertentu pada elemen mesin yang berpasangan. Suaian longgar (clearance fit) Suaian ini selalu menghasilkan kelonggaran (celah bebas) dengan daerah toleransi lubang selalu terletak di atas daerah toleransi poros. Toleransi adalah dua batas penyimpangan ukuran yang diijinkan.1. Misalnya. . namun poros harus dipaksakan masuk ke dalam lubang dengan kelegaan negatif. 3. 3. yakni: 1. Suaian garis Batas – batas ukuran ditentukan sedemikian sehingga celah bebas atau kontak antar permukaan akan terjadi apabila elemen mesin yang berpasangan dirakit. sebuah elemen diberi ukuran maka dapat dijelaskan sebagai berikut: adalah ukuran dasar dan nilai toleransi yang diberikan. Ada empat macam suaian pada elemen mesin. 2. berfungsi untuk memindahkan putaran atau mendukung sesuatu beban dengan atau tanpa meneruskan daya. dengan daerah toleransi lubang selalu terletak di bawah daerah toleransi poros. Suaian sesak (interference fit) Suaian yang selalu menghasilkan kesesakan. 4. b.

5. 1. yang disebut ulir kanan. Toleransi posisi adalah penyimpangan posisi yang diizinkan terhadap posisi yang digunakan sebagai patokan (datum feature). misalnya saat baut akan menjadi pelaku torsi berlawanan arah jarum jam.  Mur Mur adalah plat logam dari bermacam bentuk. Baut dapat juga didefinisikan sebagai bidang miring yang membungkus suatu batang. yakni toleransi ukuran. Toleransi Geometri a. Sebagian besar baut dipererat dengan memutarnya searah jarum jam. mempunyai lubang berulir sekrup untuk menguatkan baut . Toleransi bentuk adalah penyimpangan bentuk benda kerja yang diizinkan apabila dibandingkan dengan bentuk yang dianggap ideal b. Toleransi linear (ukuran) adalah batasan-batasan penyimpagan ukuran yang diperbolehkan pada suatu benda kerja sehingga benda kerja memiliki fungsi tukar. dan sebagai pesawat sederhana untuk mengubah torsi (torque) menjadi gaya linear.Toleransi pada dasarnya dibedakan menjadi tiga macam.  Mur Baut atau sekrup adalah suatu batang atau tabung dengan alur heliks pada permukaannya. dan konfigurasi kekasaran permukaan. Pedal kiri dari sepeda memiliki ulir kiri. toleransi geometrik. biasanya segi enam atau segi empat. Baut dengan ulir kiri digunakan pada kasus tertentu. 2. 4. Penggunaan utamanya adalah sebagai pengikat (fastener) untuk menahan dua obyek bersama.

Baut L Baut Bumper Baut Flange .

Mur lingkaran Mur kuping .

Mur baut .

42768644.pdf http://id..wordpress.com/tag/menggambar-mesin/ http://gregoriusagung.slideshare.net%2Fkhairul_fadli%2Fbaut-danmur&ei=0mspUfq4KobJrQf2sICQBw&usg=AFQjCNHSQhWlsDD0nX3NF4mVIjnqUEx4Kg& sig2=08CnlDf7fbOyUBs78wj76g&bvm=bv..com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=6&cad=rja&sqi=2&ved= 0CD4QFjAF&url=http%3A%2F%2Fwww.scribd./Materi%205%20Toleransi%20linier.com/2009/05/25/toleransi-dan-suaian-pengukuran-blok-ukur/ staff.wordpress.d.ac.google.id/sites/default/.bmk .DAFTAR PUSTAKA http://id.uny.com/doc/14963542/toleransi#outer_page_540024887 http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful