ANEMIA

Diperkirakan 30% penduduk dunia menderita anemia. Di Indonesia masih merupakan masalah gizi utamaselain kekurangaan kalori protein, vitamin A dan yodium. Bahaya Anemia yang sangat parah, bisa mengakibatkan kerusakan jantung, otak dan organ tubuh lain, bahkan dapat menyebabkan kematian.

1. Pengertian Anemia Anemia adalah suatu keadaan dimana kadar sel darah merah dalam tubuh kurang. Bisa diketahui melalui pemeriksaan darah. Dikatakan anemia bila kadar Hemoglobin (Hb) kurang dari 14 g/dl pada laki-laki, dan kurang dari 12 pada perempuan.

2. Penyebab Anemia a. Kekurangan zat-zat untuk pembentukan, misalnya asam folat, vitamin B12, dan besi. b. Ada gangguan di sumsum tulang, misalnya karena kanker c. Sel darah merah gampang rusak d. Perdarahan

3. Gejala penyakit anemia a. Pusing b. Mudah berkunang-kunang c. Cepat lelah d. Rasa mengantuk e. Lesu f. Banyak berkeringat g. Detak jantung cepat h. Napas ngos-ngosan i. Kelihatan pucat j. Kadang disertai rasa nyeri di dada sebelah kiri

4. Komplikasi Anemia

lakiukan periksa darah secara rutin. d. Makan makanan yang meningkatkan penyerapan zat besi. Mati rasa di tangan atau kaki 5. Karena dapat menghalangi penyerapan zat besi Mencegah lebih baik daripada mengobati! Kalau timbul gejala-gejala anemia. Makan yang cukup dan teratur b. Jika mampu. puskesmas. Pencegahan Anemia a. seperti buah dan sayur. maka bisa menimbulkan: a. segeralah periksa ke dokter. hindari minum teh. atau anggur. kangkung. kopi. bayam. atau rumah sakit terdekat. dan lain-lain c. Makan makanan yang banyak mengandung zat besi.Jika anemia tidak teratasi. Saat makan. seperti kacang-kacangan. klinik. telur. . Kejang c. Gagal jantung b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful