By

:

PASCA PANEN RIMPANG Waktu panen simplisia rimpang d tandai oleh berakhirx pertumbuhan vegetatif. Rimpang berumur optimal 9 -10 bln utk temulawak n kunyit. 10 -12 bln utk jahe n kencur. seperti daun menunjukkan gejala kelayuan secara fisiologi. .

Kumis kucing mrupakn tmbhan semak mnahun yg umumx mbtuk rumpun.Tempuyung mrupkn tmbhan smusim. Dgn cara memotong cabang atau ranting tnman yg brdaun cukup lebat.PESCA PANEN DAUN 1. 2. utk hsl produksi yg baik kuncup bunga yg muncul sgera dpetik agar tumbuh tunas baru yg mhasilkn daun. Panen dlakukan stelah brumur 2 bln. Dlakukn dgn cara dpetik 1 per 1 & dipilih daun yg sudah tua sedangkn yg muda dbiarkn pd tahap brikutx 1-2 minggu lg. Pemetikn daun pr1 dlakukn stelah mmasuki fase vegetatif optimal ato 3-4 bln. . 3. Daun jati belanda mrupakan tmbhan bhabitus phn dgn prtumbuhan amat pesat & dpt dpanen setelah brumur 1-2 thn.

hsl tebang dpotong2 kecil2 kaya dadu . Pemanenan pd pulesari dpt dlakukan dgn cara memotong batang ato ranting yg telah cukup tua.PASCA PANEN KULIT BATANG & KAYU 1. Umur 5-6 thn. dgn cara dtebang setinggi 0. Kayu secang pemanenan dlakukan stelah brumur 3-4 thn dgn diameter 6-8 cm.5 m. 2.

BUAH. Buah ada dpt dpanen brumur 6-8 bln. Dlakukn dgn mmotong tandan buah dgn arit. & BIJI 1. 2. ciri buah matang ad tampak penuh. 3. keras & brwrna hijau kbiruan. Srigading dlakukn stelah umur lbh 1 thn .PASCA PANEN BUNGA. Cara panen dgn memangkas btg ato tangkai bunga. Kedawung brbuah pr1 kali umur 5-8 thn. Yg dpanen buah yg tua brwarna hijau kcoklatan ato coklat.

PABRIKASI Sesuai dgn CPOBT & CPOB .

REGISTRASI Produk OT = TR 982600011 Produk makanan & minuman = MD 649910027073 Produk Obat = GTL0434004217A1 .

.

Bila terlalu sering dipakai. Bagi wanita. Bila melahirkan pun. Seringnya menghirup senyawa ini dapat mengakibatkan iritasi kulit dan saluran pernapasan. senyawa ini meningkatkan masalah menstruasi dan keguguran. .TIPE 1. Pembuatan PETE menggunakan senyawa antimoni trioksida. anak mereka kemungkinan besar akan mengalami pertumbuhan yang lambat hingga usia 12 bulan. Bahan PETE ini pun berbahaya bagi pekerja yang berhubungan dengan pengolahan maupun botol daur ulang botol PETE. akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker dalam jangka panjang. Senyawa ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan dengan menghirup udara yang mengandung senyawa tersebut. PETE/PET 1 Botol jenis PETE/PET ini disarankan hanya untuk sekali pakai. apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas.

Botol plastik jenis HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat. serta tulisan HDPE (high density polyethylene) di bawah segitiga. Merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan/minuman yang dikemasnya. . tertera logo daur ulang dengan angka 2 di tengahnya.TIPE 2 (HDPE) Pada bagian bawah kemasan botol plastik. galon air minum. Biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu. Sama seperti PETE. kursi lipat dan lain-lain. HDPE juga disarankan hanya untuk sekali pemakaian karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu. keras. buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Tupperware.

TIPE 3 (V. Ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap) dan botol-botol. . serta tulisan V. V itu berarti PVC (polyvinyl chloride). yaitu jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. hati dan berat badan. Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya untuk ginjal. PVC mengandung DEHA (diethylhydroxylamine) yang dapat bereaksi dengan makanan yang dikemas dengan plastik berbahan PVC ini saat bersentuhan langsung dengan makanan tersebut karena DEHA ini lumer pada suhu -15°C.PVC) Tertulis (terkadang berwarna merah) dengan angka 3 di tengahnya.

Sifat mekanis jenis LDPE ini adalah kuat. fleksibel dan permukaan agak berlemak. . plastik kemasan. dapat didaur ulang serta baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibelitas tapi kuat. tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini. serta tulisan LDPE. biasa dipakai untuk tempat makanan. pada suhu 60 derajat sangat resisten terhadap reaksi kimia. daya proteksi terhadap uap air tergolong baik. dibuat dari minyak bumi). Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan. dan botolbotol yang lembek. tembus pandang. LDPE (low density polyethylene) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic.TIPE 4 (LDPE) Logo daur ulang dengan angka 4 di tengahnya.

Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah. stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap. . ketahanan yang baik terhadap lemak. serta tulisan PP. Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman. botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi.TIPE 5 (PP) Tertera logo daur ulang dengan angka 5 di tengahnya. terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan. Jenis PP (polypropylene) ini adalah pilihan bahan plastik terbaik. Karakteristik adalah biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan.

tempat minum sekali pakai. bahan ini dapat dikenali dengan cara dibakar (cara terakhir dan sebaiknya dihindari). juga karena bahan ini sulit didaur ulang. karena selain berbahaya untuk kesehatan otak. bahan ini akan mengeluarkan api berwarna kuning-jingga dan meninggalkan . styrene juga bisa didapatkan dari asap rokok. Selain tempat makanan. asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. Polystyrene merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. bila tidak tertera kode angka tersebut pada kemasan plastik. mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi. Bila didaur ulang. Biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam. Namun.TIPE 6 (PS) Tertera logo daur ulang dengan angka 6 di tengahnya. serta tulisan PS. bahan ini memerlukan proses yang sangat panjang dan lama. Bahan ini harus dihindari. Ketika dibakar. dan lain-lain. Bahan ini dapat dikenali dengan kode angka 6. dan pertumbuhan dan sistem syaraf.

ABS – acrylonitrile butadiene styrene. botol minum polikarbonat dan kaleng kemasan makanan serta minuman. PC (polycarbonate) dpt ditemukan pada botol susu bayi. Untuk jenis plastik 7 Other ini ada 4 macam. alat rumah tangga. penurunan produksi sperma. piring. Biasanya SAN terdapat pada mangkuk mixer. penyaring kopi dan sikat gigi. Entah itu untuk tujuan sterilisasi dengan cara merebus. suku cadang mobil. Bahanbahan ini merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan dalam kemasan makanan ataupun minuman. Sedangkan ABS biasanya digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa. SAN n ABS memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia n suhu. kekakuan dan tingkat kekerasan yg telah ditingkatkan. dipanaskan dengan microwave atau dituangi air panas. kromosom pada ovarium. Nylon Dapat dtemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga. alat elektronik dan plastik kemasan. termasuk kaleng susu formula. Bahan ini dapat mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan n minuman yang berpotensi merusak sistem hormon. 4. SAN – styrene acrylonitrile. serta tulisan OTHER. Ironisnya botol susu sangat mungkin mengalami proses pemanasan. komputer. yaitu: 1. PC – polycarbonate. dan mengubah fungsi imunitas. alat makan.TIPE 7 (OTHER) Tertera logo daur ulang dengan angka 7 di tengahnya. . 2. pembungkus termos. gelas anak batita (sippy cup). 3. kekuatan. Pemakaian dianjurkan tidak digunakan untuk tempat makanan ataupun minuman.

BAGAN ALIR PROSEDUR SERTIFIKASI HALAL Rencana pengajuan sertifikasi Halal Rencana sistem jaminan Halal Penyusunan manual Halal & prosedur baku pelaksanaannya Pemasyarakatan & uji coba manual Halal & prosedur baku pelaksanaannya Revisi Audit internal & evaluasi Pengajuan sertifikasi Cek sistem jaminan Halal Tdk lengkap Audit d lokasi produksi Evaluasi Fatwa MUI Revisi Sertifikasi Halal .

Terimakasih Wassalam .