P. 1
P1 EP

P1 EP

|Views: 2|Likes:

More info:

Published by: Novita Depe NIrlukito on Jun 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/27/2014

pdf

text

original

P-1

EVALUASI PEMBELAJARAN

OLEH: Novita Delima Putri, M.Pd

NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN UNINDRA

1

1996) KONSEP PEMBELAJARAN Dari Teacher Centered Menjadi Student Centered PERKEMBANGAN KURIKULUM KBK => KTSP => KTSP PENDIKAR NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN UNINDRA 2 .PENDAHULUAN PENGAJARAN BERUBAH PEMBELAJARAN ? 4 PILAR PENDIDIKAN (Unesco.

atau Tujuan Instruksional Kegiatan Belajar Evaluasi TUJUAN INSTRUKSIONAL: Tujuan yang dirumuskan dari bahan pelajaran. kelompok mapel mapel. dan tujuan pendidikan nasional Tujuan Pendidikan Nasional Tujuan Institusional Tujuan Kurikuler F E E D B A C K TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL: Sesuai dengan UU No 20 Thn 2003 tentang Sisdiknas TUJUAN INSTITUSIONAL: Tujuan yang tercantum dalam kurikulum sekolah/lembaga pendidikan TUJUAN KURIKULER: Tujuan bidang studi.Bagan hubungan Evaluasi dalam kurikulum. atau sub topik yang diajarkan guru NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN UNINDRA 3 . topik.

M. Eko Widoyoko. 2010: 11)  Mengomunikasikan program kepada publik  Menyediakan informasi bagi pembuat keputusan  Penyempurnaan program yang ada  Meningkatkan partisipasi NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN UNINDRA 4 .KEGUNAAN EVALUASI PEMBELAJARAN (Prof. S.Pd. Dr.

orang yang menilai/menaksir = evaluator (Echols. 1994: 12)  Carl H. Witheringthon (1952) Kegiatan terencana. harga dan jasa) sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan dalam upaya pengambilan NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN UNINDRA keputusan 5 . sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas (nilai. Kata kerja = evaluate (menaksir/menilai).PENGERTIAN EVALUASI EVALUASI Penyaduran Bahasa Evaluation (Bhs Inggris) = penaksiran/penilaian. 1975) Etimologis  Stufflebeam dan Shinkfied (1985: 159)  Mehrens dan Lehmann (1978:5)  Komite Studi Nasional Evaluasi (National Study Committee on Evaluation) dari UCLA (Stark dan Thomas.

Nitko (1996) Suatu proses atau kegiatan sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusankeputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu. bukan dari istilah evaluation Etimologis  The Task Group on Assessment and Testing (TGAT)  Depdikbud (1994)  Aunurrahman (2010: 207)  Anthony J. DNA-EVALUASI PEMBELAJARAN NDP-EVALUASI UNINDRA 6 .PENGERTIAN PENILAIAN PENILAIAN Penyaduran Bahasa dari istilah Bhs Inggris = assessment.

hal. salah seorang tokoh terkenal dunia tes dan pengukuran Pemberian angka terhadap suatu atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh seseorang. atau objek tertentu menurut aturan atau formulasi yang jelas DNA-EVALUASI PEMBELAJARAN NDP-EVALUASI UNINDRA 7 .PENGERTIAN PENGUKURAN PENGUKURAN Alih Bahasa Bahasa Inggris = Measurement Etimologis  Oriondo (1998: 2)  Griffin dan Nix (1991:3)  Ebel (1972).

minat maupun motivasi). sikap.PENGERTIAN TES TES Bhs. DNA-EVALUASI PEMBELAJARAN NDP-EVALUASI UNINDRA 8 . Hamid Hasan (1988)  Djemari Mardapi (2008: 67) testum = sebuah piring atau jambangan dari tanah liat yang digunakan untuk menyisihkan logam-logam mulia Merupakan salah satu alat untuk melakukan pengukuran. Respon peserta tes menggambarkan kemampuan dalam bidang tertentu. yaitu alat untuk mengumpulkan informasi karakteristik suatu objek (kemampuan peserta didik. Perancis Kuno Etimologis  Gilbert Sax (1980)  S.

PENILAIAN. PENGUKURAN. DAN EVALUASI EVALUASI PENILAIAN PENGUKURAN TES & NON TES NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN UNINDRA 9 .HUBUNGAN TES.

sistem kurikulum. yakni orang-orang yang terlibat dalam proses pembelajaran yang bersangkutan Pelaksanaan dilakukan tidak hanya dengan pihak internal (evaluasi internal) tetapi juga eksternal (evaluasi eksternal) seperti konsultan mengevaluasi program atau kurikulum NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN UNINDRA 10 .PERSAMAAN & PERBEDAAN PENILAIAN DENGAN EVALUASI PERSAMAAN PERBEDAAN Ruang lingkup penilaian lebih sempit dan biasanya hanya terbatas pada salah satu komponen atau aspek saja. seperti prestasi belajar peserta didik Ruang lingkup evaluasi lebih luas mencakup semua komponen dalam suatu sistem (sistem pendidikan. sistem pembelajaran) Keduanya mempunyai pengertian menilai atau menentukan nilai sesuatu dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan datanya sama Pelaksanaan penilaian dilakukan dalam konteks internal.

5. 4.Belajar timbul sebagai uapaya pemecahan masalah bagi siswa. EVALUASI 1. Pengajaran efektif mengarah pada perubahan yg diinginkan dalam diri siswa 2.Adanya pengembangan dan penilaian 5.Evaluasi mendorong timbulnya insiatif dalam pemecahan masalah. Evaluasi yang efektif dapat membuktikan sampai dimana perubahan itu terjadi dlm diri siswa 2.Adanya pengertian dan manfaat dari perubahan perilaku yang dipelajari siswa 3. Evaluasi dapat memotivasi siwa melakukan evaluasi diri 3.Evaluasi dapat mengemukakan perilaku yang tidak sesuai dengan sebab2nya.Guru dapat mengembangkan dan mengetahui pola perilaku baru dari siswanya dengan alasan2nya 4.Hubungan Antara Pengajaran dan Evaluasi PENGAJARAN 1.Evaluasi berguna dalam terhadap hasil belajar siswa pengmebangan dan penilaian terhadap hasil belajar siswa NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN UNINDRA 11 .

PENGERTIAN EVALUASI PEMBELAJARAN Evaluasi Pembelajaran adalah Suatu proses atau kegiatan yang sistematis. NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN UNINDRA 12 . penjaminan dan penetapan kualitas (nilai dan arti) pembelajaran terhadap berbagai komponen pembelajaran. berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu sebagai bentuk pertanggungjawaban guru dalam melaksanakan pembelajaran. berkelanjutan dan menyeluruh dalam rangka pengendalian.

Secara lebih luas dapat digambarkan pada konsep dari E.S. Winkel (2007: 532) UNINDRA 13 . De Corte 2 5 4 8 3 7 6 1 PROSES BELAJAR MENGAJAR NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN Sumber : W.

SYARAT-SYARAT EVALUASI PEMBELAJARAN (Dimyati dan Mudjiono. NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN UNINDRA 14 . Ketepatan evaluasi mengevaluasi apa yang seharusnya dievaluasi. Tingkat kepercayaan suatu instrumen evaluasi mampu memberikan hasil yang tepat. maupun kemudahan dalam menyimpannya. Kesahihan/validitas (validity). menggunakan menginterpretasi/memperoleh hasil. Keterandalan (Reliability). Kemudahan2 yang ada pada instrumen evaluasi baik dalam mempersiapkan. Kepraktisan. Faktor2 yang mempengaruhi: 1) Panjang tes 2) Sebaran skor 3) Tingkat kesulitan tes 4) Objektivitas 3. Faktor2 yang mempengaruhi: 1) Faktor instrumen evaluasi itu sendiri 2) Faktor administrasi dan evaluasi penskoran 3) Faktro2 dalam respon siswa 2. 2006: 194) 1.

Kontinuitas 2.PRINSIP-PRINSIP EVALUASI PEMBELAJARAN (Zainal Arifin. 2009: 31)) 1. Adil dan Objektif 4. Komprehensif 3. Kooperatif 5. Praktis NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN UNINDRA 15 .

untuk diberikan bimbingan sebaik-baiknya. materi. sebagai langkah perbaikan untuk meningkatkan mutu pendidikan kegiatan seleksi => untuk mengetahui tingkat pengetahuan. keterampilan. lingkungan maupun sistem penilaian itu sendiri KHUSUS kegiatan bimbingan => untuk memperoleh informasi secara menyeluruh mengenai karakteristik peserta didik. jabatan atau pendidikan tertentu NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN UNINDRA 16 . metode. baik yang menyangkut tentang tujuan.TUJUAN EVALUASI PEMBELAJARAN UMUM Untuk mengetahui keefektifan dan efisiensi sistem pembelajaran. sikap dan nilai-nilai peserta didik untuk jenis pekerjaan. kegiatan supervisi => untuk menentukan keadaan suatu situasi pembelajaran. sumber belajar. media.

dan fungsi ini baru dapat dilaksanakan apabila pengembangan suatu kurikulum telah dianggap selesai NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN UNINDRA 17 .FUNGSI EVALUASI PEMBELAJARAN (Scriven 1967)  Fungsi formatif dilaksanakan apabila hasil yang diperoleh dari kegiatan evaluasi diarahkan untuk memperbaiki bagian kurikulum yang sedang dikembangkan  fungsi sumatif dihubungkan dengan penyimpulan mengenai kebaikan dari sistem secara keseluruhan.

5. evaluasi berfungsi untuk membantu guru dalam menempatkan peserta didik pada kelompok tertentu sesuai dengan kemampuan dan kecakapannya masing-masing serta membantu guru dalam usaha memperbaiki proses pembelajarannya Evaluasi berfungsi untuk mengetahui kedudukan peserta didik dalam kelompok. 3. 6. peserta didik selalu butuh untuk mengetahui sejauh mana kegiatan yang telah dilakukan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai Secara sosiologis. evaluasi berfungsi untuk memberikan laporan tentang kemajuan peserta didik kepada orang tua. guru-guru. apakah termasuk anak yang pandai. sedang atau kurang pandai Evaluasi berfungsi untuk mengetahui taraf kesiapan peserta didik dalam menempuh program pendidikannya Evaluasi berfungsi membantu guru dalam memberikan bimbingan dan seleksi.FUNGSI EVALUASI PEMBELAJARAN (bergantung dari mana cara pandangnya) 1. pejabat pemerintah yang berwenang. evaluasi berfungsi untuk mengetahui apakah peserta didik sudah cukup mampu untuk terjun ke masyarakat Secara didaktis metodis. maupun kenaikan kelas Secara administratif. 7. kepala sekolah. Secara psikologis. 4. baik dalam rangka menentukan jenis pendidikan. 2. dan peserta didik itu sendiri NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN UNINDRA 18 . jurusan.

Bahasan Selanjutnya P-2: Ruang Lingkup Eva. Pembel TERIMA KASIH NDP-EVALUASI PEMBELAJARAN UNINDRA 19 . Pembel Jenis dan Model Eva.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->