Kelompok dan Kelas _______

PROPOSAL JUDUL PROYEK

MATAKULIAH : MANAJEMEN PROYEK

TIM : NAMA NAMA NAMA NAMA NAMA NIM (MANAJER PROYEK) NIM (ANGGOTA DGN MSG2 TUGAS) NIM (ANGGOTA DGN MSG2 TUGAS) NIM (ANGGOTA DGN MSG2 TUGAS) NIM (ANGGOTA DGN MSG2 TUGAS)

SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ADISUTJIPTO YOGYAKARTA BULAN, 2013

Contoh Proposal Proyek SI & TI

0 / 16

Nama Lengkap b.. Nama Lengkap b. : ……………………………………………………….. Nomor HP f. Yogyakarta. Alamat surel (e-mail) Anggota Proyek (1) a. NIM Biaya Proyek : ………………………………………………………… : ………………………………………………………… : ………………………………………………………. : Teknik Informatika : ………………………………………………………. : ………………………………………………………. : : ………………………………………………………. : : ……………………………………………………….. Nama Lengkap b.. Program Studi e. NIM c. : ………………………………………………………. : ……………………………………………………….. : ………………………………………………………. Manajer Proyek..HALAMAN PENGESAHAN PROYEK SISTEM INFORMASI Judul Proyek Kelompok dan Kelas Manajer Proyek : a. : ………………………………………………………. Keahlian d. ………………… 2013 Mengetahui / Menyetujui. Nama Lengkap b. : ………………………………………………………... (Nama Lengkap) Pemberi Proyek SI / TI…… (judul) (Nama Lengkap) NIM Contoh Proposal Proyek SI & TI 1 / 16 . NIM Anggota Proyek (2) a. : : ………………………………………………………. NIM Anggota Proyek (3) a. : : ………………………………………………………. NIM Anggota Proyek (4) a. : ………………………………………………………. Nama Lengkap b.

.. BAB 1 PENDAHULUAN ……………………………………………………………. ….DAFTAR ISI HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………………………… DAFTAR ISI ………………………………………………………………………….. DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………..... BAB 3 METODE PENELITIAN …………………………………………………….. BAB 4 BIAYA DAN JADWAL PROYEK ………………………………………. RINGKASAN ………………………………………………………………………….. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA ……………………………………………………....... Contoh Proposal Proyek SI & TI 2 / 16 . i ii iii 1 .. ... ….

RINGKASAN Budaya merupakan sesuatu yang tidak bisa diajarkan secara instan untuk dapat mengenal dengan dekat dan tepat sesuai dengan pakem. Proyek Sistem Informasi ini diharapkan dapat menjadi awal untuk pembuatan proyek-proyek non-profit serupa. Contoh Proposal Proyek SI & TI 3 / 16 . sehingga harus diajarkan sejak dini. karena budaya adalah aset bangsa Indonesia. . guna memperkenalkan anak-anak pada taraf yang dini dengan kebudayaan daerahnya. Dalam Proyek ini kami memilih satu aspek budaya yang pembelajarannya dapat dibantu oleh teknologi informasi yaitu bidang bahasa. dan berdasarkan latar belakang budaya penulis. maka dipilihlah bahasa Jawa dengan fokus pada pembelajaran penulisan aksara Jawa bagi anak sekolah dasar. sehingga apa yang menjadi ciri budaya dapat dipegang teguh dan dilestarikan.

sehingga harus diajarkan sejak dini. serta mengujikan penerapannya pada anak-anak tingkat Sekolah Dasar untuk melihat efektifitas dari program bantu ini dalam mendukung metoda belajar anak. Dalam penelitian ini penulis memilih satu aspek budaya yang pembelajarannya dapat dibantu oleh teknologi informasi yaitu bidang bahasa. serta kurangnya minat akan pelestarian budaya sendiri.BAB 1 PENDAHULUAN Perkembangan teknologi informasi di masa kini sudah mencapai taraf yang dapat dimanfaatkan untuk segala bidang dan segala usia. dan berdasarkan latar belakang budaya penulis. Budaya merupakan sesuatu yang tidak bisa diajarkan secara instan untuk dapat mengenal dengan dekat dan tepat sesuai dengan pakem. guna memperkenalkan anak-anak pada taraf yang dini dengan kebudayaan daerahnya. budaya-budaya kedaerahan termasuk bahasa daerah semakin rendah tingkat penyerapannya di masyarakat. Penelitian ini berangkat dari keprihatinan akan kondisi masyarakat saat ini. karena budaya adalah aset bangsa Indonesia. maka dipilihlah bahasa Jawa dengan fokus pada pembelajaran penulisan aksara Jawa bagi anak sekolah dasar. dan merupakan sarana yang bisa ditemui di hampir setiap lokasi dan juga sudah tersedia dengan harga yang terjangkau. Contoh Proposal Proyek SI & TI 1 / 16 . sehingga apa yang menjadi ciri budaya dapat dipegang teguh dan dilestarikan. mulai dari kanak-kanak hingga orang dewasa. di mana karena derasnya arus globalisasi dan modernisasi yang tidak terkendali. Lingkup penelitian adalah pembuatan perangkat lunak program aplikasi untuk membantu pembelajaran aksara Jawa. sehingga dari generasi ke generasi semakin sedikit masyarakat yang mengenal lebih dalam dan dapat mempraktekkan dengan benar budaya ibu dari daerah masingmasing. dari hiburan hingga kesehatan. Penelitian ini memiliki target luaran untuk dapat menjadi awal bagi pembuatan penelitian-penelitian serupa. Teknologi informasi juga sudah menjangkau sebagian besar masyarakat Indonesia.

maupun dengan uniform thresholding.BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA 2. OCR melibatkan sebuah perangkat lunak yang didesain untuk menerjemahkan citra yang berisi teks terketik. kuantisasi dan coding. Terhadap citra digital ini. yaitu menentukan suatu nilai Contoh Proposal Proyek SI & TI 2 / 16 .1 Optical Character Recognition Optical Character Recognition (OCR) merupakan salah satu metode pengenalan pola yang dikembangkan khusus untuk mengenali bentuk-bentuk karakter. Kuantisasi dilakukan dengan melakukan thresholding terhadap piksel-piksel citra grayscale.1. 2003:12): 1. yaitu bentuk standard encoding seperti ASCII atau Unicode. Sebuah nilai pembatas ditentukan untuk menentukan apakah karakter input tersebut masih dapat diinterpretasikan sebagai karakter yang sama dengan training character. berupa citra bitmap grayscale. Akuisisi Citra Dengan pemindaian. Besar nilai pembatas ini bervariasi sesuai dengan algoritma yang digunakan. untuk digunakan sebagai dasar pengenalan terhadap karakter input. menjadi piksel-piksel hitam dan putih saja. Proses OCR membutuhkan sekelompok contoh bentuk karakter yang disebut training characters. maka program aplikasi yang dibuat akan menerapkan teori-teori berikut: 2. Hasil dari proses pengenalan ini adalah persentase kemiripan antara karakter input dengan training character. Menurut Schulz. yang pada umumnya adalah hasil pemindaian. terdapat tujuh tahapan yang diperlukan dalam proses pengenalan karakter (Schulz. Kuantisasi dapat dilakukan secara otomatis (automated thresholding) melalui histogram atau adaptive thresholding. didapatkan sebuah citra digital dari dokumen asli.1 LANDASAN TEORI Sesuai dengan gambaran umum penelitian yang sudah disampaikan pada butir latar belakang. menjadi teks yang dapat diedit secara digital. Proses pengenalan dilakukan dengan sebuah algoritma pencocokan pola. pertama kali diterapkan akuisisi citra yang terdiri dari tiga bagian yaitu sampling.

sistem belajar membedakan tiga jenis binatang berdasarkan ciri-ciri tertentu.2 Confusion Matrix Confusion matrix adalah sebuah alat visualisasi yang biasa digunakan dalam pembelajaran terarah (supervised learning). seperti pada pengenalan pola (Hamilton. sistem memprediksikan bahwa 2 ekor diantaranya adalah anjing. yang terdiri dari 7 kucing.3% Kelinci Error Terprediksi Terprediksi 8 6 13 27 33. Pada contoh confusion matrix di bawah ini. 8 anjing dan 12 kelinci. diprediksikan bahwa 2 ekor termasuk kelinci.6% Anjing 3 3 2 8 62.5% 50. Setiap kolom matriks mewakili entitas-entitas yang berada dalam kelas terprediksi. Kelas aktual adalah kondisi data asli. Tabel 2.1 Contoh confusion matrix Kelas Aktual Kucing Kelas Terprediksi Kucing Anjing Kelinci Total Aktual Error Aktual 5 2 0 7 28. Untuk kelinci. 2007:1).3% Total Contoh Proposal Proyek SI & TI 3 / 16 . melainkan anjing. 2. dan 3 ekor adalah kucing. dari 12 ekor hanya 1 ekor yang dikenali bukan sebagai kelinci.konstanta sebagai pembatas intensitas piksel yang akan dikonversikan sebagai hitam atau putih. Kelas terprediksi adalah hasil pengenalan sistem terhadap data asli.1% 37. Sedangkan dari 8 ekor anjing aktual. Eksperimen menghasilkan bahwa dari 7 ekor kucing aktual.4% 34. sedangkan tiap baris mewakili entitas-entitas yang berada dalam kelas aktual.5% 0 1 11 12 8.1.0% 15.

1997:3). anjing 62. Teks berisi representasi arti dari setiap karakter yang terdapat dalam citra.:\[]'`=+abcdefghijklmnopqrstuvwxyz0123456789 ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ~!@ #$^&*()"".5%.<>/?. Citra berisi contoh-contoh karakter yang dipakai sebagai acuan pengenalan.2.<>/?.Dapat dilihat pada matriks di atas bahwa tingkat kesalahan pengenalan kucing mencapai 28. Ciri dari algoritma OCRchie adalah sebagai berikut: 2..2 TINJAUAN PUSTAKA 2. Contoh Proposal Proyek SI & TI 4 / 16 . terdiri dari berbagai font dalam ukuran yang seragam.3%. Learning set terdiri dari sepasang citra dan teks.2.1.1 Pengenalan Pola Karakter Tamatjita dan Mahastama (2007) meneliti pengenalan pola karakter cetak latin menggunakan algoritma OCRChie menurut tiga buah font: Arial. dan kelinci 8. Dengan demikian sistem yang sedang diuji mengalami kesulitan mengenali anjing.:\[]'`=+- Gambar 2. Times New Roman dan Courier New. namun dapat membedakan kelinci dari binatang lainnya dengan baik. Rata-rata kesalahan pengenalan oleh sistem adalah 33. abcdefghijklmnopqrstuvwxyz0123456789 ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ~!@ #$^&*()"".6%. yang mana metode yang sama akan dipergunakan dalam penelitian ini.1%.1 Contoh learning set yang terdiri dari learning characters dan karakter interpretasinya..1 Learning Characters Algoritma OCRchie bergantung pada sekumpulan learning characters atau sebuah kamus karakter yang akan dipergunakan sebagai acuan dalam mengenali karakter-karakter dalam citra input. learning characters ini terangkum dalam sebuah learning set (Marsden. 2.

maka kata yang dapat dimasukkan dibatasi menjadi 3 kata dalam satu kalimat. Bentuk dasar akan ditampilkan seluruhnya (20 karakter hanacaraka) beserta pasangannya. 3. Mengetahui Cara Penulisan Aksara Jawa Untuk mengetahui cara penulisan aksara Jawa. Program aplikasi tersebut harus mencakup pembelajaran mengenai hal-hal berikut: 1. serta beberapa tanda baca. program juga akan menampilkan beberapa kata-kata contoh secara acak untuk penggunaan aksara tersebut. Untuk setiap aksara.1 Pemetaan karakter aksara Jawa Contoh Proposal Proyek SI & TI 5 / 16 . menggunakan aksara latin melalui keyboard. 2. Untuk taraf pembelajaran setingkat Sekolah Dasar. Gambar 3. Program akan menampilkan penulisan aksara Jawa yang benar untuk kata yang telah dimasukkan. Mengenal Aksara Jawa Program dapat menampilkan seluruh aksara Jawa dalam bentuk dasar (nglegena) beserta pasangannya. angka dan aksara Murda yang sesuai dengan kurikulum yang diajarkan di tingkat sekolah dasar.1 Pengembangan Program Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa Tahap pertama dari penelitian yang akan dilaksanakan adalah mengembangkan sebuah program aplikasi sebagai alat bantu pembelajaran aksara Jawa bagi anak dengan usia setingkat Sekolah Dasar. maka anak akan menuliskan seluruh suku kata (syllables) dari kata yang ingin diketahui penulisannya.BAB 3 METODE PENELITIAN Penelitian akan dibagi menjadi dua tahap yaitu tahapan pengembangan program aplikasi pembelajaran aksara Jawa dan penelitian melalui uji efektifitas program aplikasi tersebut melalui survey.

Pengenalan Pola Pada bagian belajar menulis aksara Jawa. Gambar 3.1.2 Pengenalan pola karakter aksara Jawa 2. Aplikasi program Pengembangan Program Bantu Pembelajaran Aksara Jawa Untuk Anak Sekolah Dasar. Contoh Proposal Proyek SI & TI 6 / 16 .2 Survey 2. Yogyakarta Telp. Pengenalan dilakukan dengan mengubah input dari pengguna ke dalam bentuk citra bitmap keabuan 8-bit. melakukan ekstraksi fitur terhadap citra tersebut dan membandingkan fitur yang didapat dengan fitur aksaraaksara yang sudah disimpan untuk mendapatkan derajat kemiripan. Sugiyono 9. 0274-384171 dan SD Masudirini Yogyakarta. Jl. Jika fitur mendekati tepat seratus persen maka aksara dianggap sama. aksara Jawa yang diinputkan oleh pengguna akan dikenali oleh program dan dievaluasi ketepatannya. Dilakukan sesuai jadwal selama 2 bulan yaitu bulan ke-10 dan 11. 0274-387878 . seyogyanya akan digunakan untuk melestarikan budaya Bangsa Indonesia. dst 2. Hasil identifikasi aksara kemudian dipetakan ke ekuivalensi suku kata latinnya untuk kemudian dicocokkan. Keprakan. Mergangsan.3 Survey dan Implementasi Akan dilaksanakan pada 2 SD (Sekolah Dasar) yang berada di Yogyakarta yaitu SDN 1 Pujokusuman. P. Jl. sehingga dapat dinyatakan benar atau salah. Kol. Senopati 32 Yogyakarta Telp.

1 Anggaran Biaya No 1 2 Jenis Pengeluaran Gaji dan Upah Bahan pengerjaan Software dan Inplementasi Perjalanan Lain-lain Biaya yang Diusulkan (Rp) Rp. ………………………….BAB 4 BIAYA DAN JADWAL PROYEK 4. …………………………. Analisa dan Pembagian Tugas Perancangan Perangkat Lunak Uji Coba Pembuatan Laporan Inplementasi pada Perusahaan Training 2 3 4 5 Bulan Ke6 7 8 9 10 11 12 2 3 4 5 6 Contoh Proposal Proyek SI & TI 7 / 16 . Rp.2 Jadwal Penelitian Tahun 2013 – 2014 No Jenis Kegiatan 1 1 Perencanaan. …………………………. …………………………. 4. Rp. 3 4 Rp.

J: Confusion Matrix.cs. H. W: Optical Character Recognition dengan Algoritma OCRchie. download pada 18 Mei 2006 Schulz.html. 2003 Sheng. E. download pada 1 September 2006.cs. http://www. http://http. Muenchen: CIS-LMU.uregina. http://www2.wisc. A. Klaus U:. Korrektur-verfahren bei der Optischen Charaktererkennung und Dokumentenanalyse. download pada 18 Agustus 2006 Tamatjita. Prosiding Konperensi Nasional Sistem Informasi.DAFTAR PUSTAKA Hamilton.html.berkeley. K: Optical Character Recognition (OCR) Based on OCRchie. K: Character Recognition – OCRchie Character Recognition. Marsden.edu/~fateman/kathey/ocrchie.ca/~hamilton/courses/831/ notes/confusion_matrix/confusion_matrix.edu/~dyer/cs766/hw/hw4/hw4-sheng/sheng.cs. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.N dan Mahastama. 2008 Contoh Proposal Proyek SI & TI 8 / 16 .html.

000.5 SUB TOTAL (Rp) 2.5 12.500.000 2.500.Lampiran 1. Komputer Alat ini 1 4.000 20.500.000. Justifikasi Anggaran Penelitian 1.000.000 4. Perjalanan Material Justifikasi Perjalanan Kuantitas Harga Satuan (Rp) Biaya per Tahun (Rp) Th 1 7.000 kemudian dalam digunakan untuk mengolah citra dalam algoritma serta melakukan analisa SUBTOTAL (Rp) 3.000. Honor Honor Honor/Jam (Rp) Waktu (jam/minggu) Minggu Honor per Tahun (Rp) Th 1 Manajer Proyek Anggota Tim 40.000 1.000 untuk Contoh Proposal Proyek SI & TI 9 / 16 .000 3.000 digunakan untuk melakukan pemindaian citra yang diolah algoritma. Peralatan Penunjang Material Justifikasi Pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) Biaya per Tahun (Rp) Th 1 Pemindai Gambar Alat ini 1 3.000 4 4 12.

250.Perjalanan ke Perjalanan ini untuk 5 225.000 15.125.000 menguji ini untuk 5 225.000 15.000 375. Perjalanan dilakukan melakukan survey lapangan serta aplikasi.000 700. ………………….250.000 800.000 ………………….000 2.000 1.000.000 Laporan Pembuatan laporan Proyek SUBTOTAL (Rp) TOTAL ANGGARAN YANG DIPERLUKAN SETIAP TAHUN (Rp) TOTAL ANGGARAN YANG DIPERLUKAN SELURUH TAHUN (Rp) 2. Lain-lain Kegiatan Justifikasi Kuantitas Harga Satuan (Rp) Biaya per Tahun (Rp) Th 1 400.000 menguji Contoh Proposal Proyek SI & TI 10 / 16 .000 750.125. SUBTOTAL (Rp) 4.000.000 1.000 1 700. dilakukan melakukan survey lapangan serta aplikasi.

2013 Manajer Proyek.Lampiran 2. Susunan Organisasi Tim Proyek dan Pembagian Tugas No Nama Jabatan Keahlian Alokasi Waktu (jam/minggu) 1 Uraian Tugas 2 3 4 5 Yogyakarta. (Nama Lengkap) NIM Contoh Proposal Proyek SI & TI 11 / 16 . ………………………….

Antar Muka / GUI (Graphical User Interface) Sistem Informasi atau Teknologi Informasi yang dihasilkan Menu Uji saat dijalankan. E dan SR. Form Gambar Gelombang. E dan SR.1 di bawah ini. saat di proses hasil akan terlihat di form berikutnya. Ketiga di atas tersebut.1 Menu Utama Uji Dst. 3. Gambar 3. *** Selam at M engerjakan *** Contoh Proposal Proyek SI & TI 12 / 16 . akan membuka 3 form yang memiliki fungsi sebagai berikut : 1. 2. terlihat pada Gambar 3. memberikan output berupa wave stereo. Form Menu Utama. adalah untuk membuka file format wav kemudian di uji menggunakan metode ZCR.Lampiran 3. Data Sample-sample yang akan menghasilkan banyak sampel yang di potong-potong sebesar 30 mili detik dan hasil merupakan rata-rata perhitungan metode ZCR.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.