Yang membuat soal: No.

Urut NIM : 22

Yang membuat soal: No. Urut NIM : :

:4103141035

Nama :Lasria Sihombing

Nama :

1. Sosial skill memiliki peran untuk mengembangkan pribadi peserta didik melalui pemahaman dan tindakan nyata dalam komunitas, diantaranya ialah… a. Memahami diri dalam konteks social dan empathy b. Memahami lintas budaya dan integritas (kejujuran) c. Memahami makna etika dan memahami keberagaman 2. Salah satu karakter transenden adalah memandang sukses tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga sesuatu yang bermakna untuk orang banyak.Hal ini disebut dengan istilah… a. Generality b. Civil elspiration c. mutually

3. Untuk berlangsungnya suatu pembelajaran yang aktif maupun efektif, maka guru harus memiliki kompetensi pedagogi yang luas dan juga professional terutama dalam menguasai konsep yang praksis psikologi. Kompetensi tersebut di bangun melalui… a. Knowledge, skill, dan social skill b. Knowledge, skill, dan ability c. Knowledge, skill, dan integritas 4. Tujuan dari pendidikan adalah untuk menghasilkan manusia yang berkarakter, dan untuk mencapai tujuan tersebut maka guru harus profesional dan efektif. Yang dimaksud dengan efektif adalah… a. Guru menguasai materi, tidak membosankan dan mengetahui banyak ilmudan mampu menguasai tehnologi yang berkaitan dengan pendidikan. b. Guru menguasai materi, membosankan dan mengetahui multi pengetahuan.

Hal ini merupakan salah satu cirri guru. berkarakteristik tinggi c. a dan b Benar 10. Jika setiap hari Guru member pertanyaan-pertanyaan mengenai tugas yang di berikan oleh guru itu sendiri. Alasan yang membuat psikologi pendidikan sangat penting adalah… a. 9. Tujuan akhir pendidikan adalah terbentuknya karakter-karakter yang dimaksud adalah… a. Mengetahui yang benar dan bertindak mulia 6. c. Mengetahui yang benar dan tidak melaksanakanya b. maka hal ini bertujuan untuk… a. jujur dan kurang bertanggung jawab c. b. c. Tidak mulia dan mengetahui yang benar c. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkahlaku dan proses kognitif psikologi pendidikan adalah… . Karena terkait dengan psikologi dan seni 11. Mengajari siswa cara berpikir dan member alat yang di perlukan untuk itu. Siswa dilatih untuk mau berpikir sendiri. Maka tugas Guru dalam hal iniadalah… a. Mengajari siswa cara berpikir dan guru tidak member alat yang diperlukan siswa. Tidak mengajari siswabagaimana cara berpikir logis dan menyediakan/memberikan alat yang diperlukan siswa saat belajar. tapi Guru mencari sendiri penyelesaian dari suatu masalah belajar yang dihadapi siswa. memperluas perspektif 7. Karena mengajar terkait dengan sains dan seni c. b. Karena terkait dengan pengetahuan dan pengalaman b. 5. Pergaulan pendidikan didasarkan pada nilai-nilai… a. Guru menguasai materi. Melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar. Guru perlu berusaha untuk memandang sesuatu sebagaimana siswa memandang dan guru juga perlu mencari tahu bagaimana siswa-siswa memandang guru. Siswa harus dilatih untuk mau berfikir sendiri. Pengajaran yang efektif b. Dan ini merupakan kemampuan Guru dalam… a. Mengajari siswa bagaimana cara belajar. tidak membosankan dan menguasai banyak pengetahuan di bidang tehnologi. Paedagogis b. 8.c. monoton.

a. dan tidak menerapkan metode dan teori psikologi. UU Sistem Pemerintahan NasionalNo. Memahami dan mengembangkan proses belajar dan pembelajaran c. 39 Tahun 1992 BAB III Pasal IV 17. PP No.20 Tahun 2003 BAB III pasal IV b. Hasil dari proses belajar c. yaitu tertulis dalam… a. William james dan John Dewey c. menerapkan metode dan teori psikologi dan menjadikannya menjadi teorinya secara berkesesuaian. PP No. Mengkhususkan diri pada pemahaman tentang proses belajar 14. PP No. Mutu serta hasil dari pada proses belajar mengajar yang diharapkan b. Mutu belajar dan pengajaran 16. Peraturan Pemerintah yang menyatakan bahwa masyarakat berperan serta/berpartisipasi dalam pendidikan. b. Memahami dan mengembangkan pengetahuan b. UU RI No. Pendidikan yang dilandasi oleh kebersamaan dalam penyelenggaraannya akan terjadi keberlangsungan… a. masyarakat dan keluarga. woolfolk 13. 20 tahun 2003 BAB IV c. Yaitu dalam… a. Ilmu yang memfokuskan perhatiaany pada psikologi 12. 39 Tahun 1992 BAB III pasal IV 15. Santrok b. c. Masyarakat selaku pengguna jasa lembaga pendidikan memiliki kewajiban untuk mengembangkan serta menjaga… . Ilmu yang tidak memfokuskan perhatiannya pada proses belAjar dan pembelajaran. Menurut Woolfolk. 20 Tahun 2003 BAB II Pasal III b. 23 Tahun 1945 BAB II pasal IV c. Ilmu yang memfokuskan perhatiannya pada proses belajar dan pembelajaran. PP No. Undang-undang yang membuat bahwasanya pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah. psikologi pendidikan bertujuan untuk… a. Psikologi adalah cabang psikologi yang mengkhususkan diri pada penanaman tentang proses belajar dan mengajar dalam lingkungan pendidikan pengertian psikologi diatas adalah pengertian menurut… a.

Domain perkembangan tersebut antara lain adalah… a. William James c. Preconventional Reasoning 24. Postconventional Reasoning b. Conventional Reasoning c. Pendidikan pada hakikatnya sebuah usaha dimana peserta didik di harapkan mampu menyelesaikan persoalan-persoalan dalam… a. nilai dan emosional c. Penyelenggaraan pendidikan mengacu pada tahapan dan proses perkembangan. maka pendidikan perlu disesuaikan dengan… a. Penyelenggaraan pendidikan b. Perkembangan moral adalah perkembangan yang berhubungan dengan… a. Proses pendidikan 20. Conventional Reasoning . Lawrence Kohlberg c. Proses dan tahapan pengembangan 22. Perkembangan psikologi. Kehidupannya b. Aturan dari Interaksi yang adil antar masyarakat b. yaitu: Preconventional reasoning. behavioral dan emosional b. benar 21. Nilai seni dan pendidikan 18.a. Perkembangan fisik motorik. Nilai-nilai pendidikan c. A dan b. Keberlangsungan penyelenggaraan proses pendidikan b. yaitu menurut… a. sosioemosional dan moral c. Postconventional Reasoning 23. Preconventional Reasoning b. motorik dan kognitif b. Tahap yang menyatakan bahwa internalisasi anak masih setengah-setengah adalah… a. Santrok b. Aturan dan konvensi tanpa interaksi yang adil 25. Domain Kognitif. Domain Kognitif. Perkembangan moral di bagi kedalam tiga tahapan. Penalaran moral dikontrol perkembangan… oleh hukuman dan ganjaran eksternal yaitu pada tahap a. psikososial. proses belajarnya c. Pendidikan dilakukan untuk membantu perkembangan peserta didik. Perkembangan moral dapat dikaji melalui… a. kognitif. Pelajarannya 19. Aturan dan konvensi dari interaksi yang adil antar orang c. Conventional reasoning dan Postconventional reasoning.

idealis dan logis. Gunakan tutor sebaya 28. Salah satu cara teori Piaget yang diterapkan dalam pendidikan anak adalah sebagai berikut. factor sosioekonomi dalam pengembangan anak. makrosistem c. Kaitan antar system merupakan pengertian dari… a. adat istiadat. Pada tahap perkembangan kognitif ada tahap yang bersifat abstrak. perkembangan sosioemosional c. Kondisi sosiohistoris dari perkembangan anak. b. Mikrosistem b. mencakup etnis. mesosistem c. Perkembangan kognitif b. Tingkatkan kemampuan intelektual murid c. Berpikir 30. Fisik dan mental b. Fasilitasi mereka untuk belajar . Proses perubahan kemampuan individu dalam berpikir. Kaitan antar system. Kronosistem b. 27. Perkembangan Fisik 32. kecuali… a. Kondisi sosio histori dari perkembangan anal adalah pengertian dari… a.c. Sosioemosional c. Domain Kognitif. makrosistem c. Mesosistem 33. Tahap ini adalah… a. Nilai ZPDnya dan bukan IQnya 29. Tahap praopesional 31. Makro system adalh… a. Tahap operasional formal c. Gunakan pendekatan kontruktivis b. Tahap operasinal kongkret b. Perkembangan kognitif adalah proses perubahan kemampuan individu dalam… a. Kultur yang lebih luas. Penerapan teori Vigotsky dalam pendidikan antara lain adalah. kecuali… a. Gunakan ZPD b. Ini merupakan pengertian dari… a. behavioral dan nilai 26. c.

SCORE…. ( ) .