PETUNJUK SINGKAT PROGRAM BIDIKMISI 2013

DEFINISI
Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan pada mahasiswa baru yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Proses perekrutan Bidikmisi dimulai sebelum pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

SELEKSI MASUK PERGURUAN TING GI NEGERI YANG DIFASILITASI
1. 2. 3. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Seleksi lokal (mandiri) masuk Perguruan Tinggi Negeri (difasilitasi 1 Perguruan Tinggi)

PEMBIAYAAN
Bidikmisi memberikan fasilitas kepada penerima program ini sebagai berikut 1. 2. 3. Bantuan biaya hidup sesedikitnya sebesar Rp600.000 rupiah per bulan yang diberikan pada penerima langsung Bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan sebesar besarnya Rp400.000 rupiah per bulan yang dikelola oleh perguruan tinggi untuk membebaskan biaya pendidikan. Biaya kedatangan pertama (resettlement) yang diberikan 1 kali pada semester 1.

Bantuan biaya hidup diberikan setiap bulan atau maksimal 3 bulan didepan kepada penerima dengan teknis yang diatur masing masing perguruan tinggi negeri.

PERSYARATAN
Persyatan pendaftaran program Bidikmisi 2013 adalah sebagai berikut 1. 2. 3. 4. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2013; Lulusan tahun 2012 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing PTN; Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun; Kurang mampu secara ekonomi sebagai berikut: a. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 setiap bulan; b. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesarbesarnya Rp600.000,00 setiap bulannya; dan c. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s.d. 4, serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat

5.

Petunjuk ini masih bisa berubah sebelum penerbitan Pedoman Bidikmisi 2013

Page 1 / 17

7. Petunjuk ini masih bisa berubah sebelum penerbitan Pedoman Bidikmisi 2013 Page 2 / 17 . Persiapan dokumen yang harus disiapkan oleh masing masing pendaftar program Bidikmisi 1. air dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan. 2. Hal ini berlaku kecuali ditentukan lain oleh PT Terkait.go. 6.dikti. 5. Sekolah menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang sudah diverifikasi pada laman http://daftar. bukti pembayaran PBB bila ada untuk 3 bulan terakhir. Fotokopi raport / laporan hasil studi dari semester 1 4.bidikmisi.dikti.go.id PROSEDUR PENDAFTARAN Prosedur pendaftaran program Bidikmisi 2013 adalah sebagaimana dijelaskan sebagai berikut PENDAFTARAN BIDIKMISI Tahapan pendaftaran program Bidikmisi adalah sebagai berikut 1.go. daftar siswa yang akan lulus 2013 dan sudah lulus 2012 dan merekomendasikan yang memenuhi persyaratan program Bidikmisi Siswa mendaftar bidikmisi melalui http://daftar.id/siswa/login dan mengisi data sesuai petunjuk di dalam sistem pendaftaran Siswa yang sudah sampai pada tahapan memilih seleksi akan mendapatkan PIN yang jika diminta dapat digunakan pada laman pendaftaran seleksi masuk 5.bidikmisi. Surat keterangan gaji (khusus pegawai negeri/swasta) atau surat pernyataan dari orang tua (khusus pegawai informal/wiraswasta) yang mencantumkan rata rata pendapatan selama 6 bulan terakhir dari ayah dan ibu.id/sekolah/daftar dan ikuti petunjuk pendaftaran yang tertera Sekolah akan mendapatkan kode akses yang akan diverifikasi paling lama 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja. tagihan internet.bidikmisi. 3. dalam hal tidak memiliki akses terhadap desa/kelurahan bisa diganti dengan surat keterangan dari rt/rw/tokoh masyarakat. prestasi murid dalam sekolah.bidikmisi. 4. 2. 6. 3. Semua dokumen tidak perlu dikirimkan ke PT yang dilamar.id/sekolah/login Sekolah mengisi data yang dibutuhkan mulai data unas.6. tagihan air. hanya perlu dibawa pada saat pendaftaran ulang mahasiswa. Surat keterangan / dokumen / ijasah dari kepada sekolah tentang kelulusan jenjang pendidikan sebelumnya. Kartu dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang bisa dicetak seusai ujian nasional di sistem pendaftaran Bidikmisi Surat keterangan miskin dari desa/kelurahan setempat.dikti. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 5 dan 6 dinyatakan dengan rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota pada laman http://daftar. Dalam hal listrik.go. Bukti bukti prestasi yang dicantumkan dalam bentuk sertifikat / foto piala yang mencantumkan nama dan diperkuat dengan surat keterangan dari sekolah. Sekolah melakukan pendaftaran pada laman http://daftar. Fotokopi tagihan listrik. kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (minimal ketua organisasi siswa sekolah/OSIS).dikti.

5. baik biaya daftar. YANG PERLU DIKETAHUI DALAM PROGRAM BIDIKMISI Berikut ini hal hal yang perlu anda ketahui tentang program Bidikmisi 1.PENDAFTARAN SELEKSI MASUK Seusai mendaftar Bidikmisi.go. Diantaranya SNMPTN. 4. seleksi dan verifikasi bidikmisi akan secara langsung merugikan pendaftar lainnya.id 2.com/program. 5.id facebook melalui http://facebook. peminat harus mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi.dikti. Pendaftaran program Bidikmisi bebas biaya.go.misi twitter melalui http://twitter.dikti.id untuk kami tindak tegas Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan. jika ada sekolah yang tidak memfasilitasi bisa dilaporkan ke bidikmisi@dikti. Seleksi Mandiri) agar membawa dokumen yang disyaratkan panitia seleksi masuk dan program Bidikmisi. dan jika lulus seleksi masuk. biaya seleksi dan biaya biaya lainnya.bidik.go. bukan seleksi masuk sehingga peserta harus lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri untuk mendapat program Bidikmisi Sekolah wajib memfasiltiasi rekomendasi program Bidikmisi. 3. MENGIKUTI SELEKSI MASUK Peserta yang sudah terdaftar akan diseleksi sesuai dengan ketentuan masing masing seleksi masuk.go. SBMPTN. dapat melakukan daftar ulang dengan ketentuan panitia seleksi masuk dan Bidikmisi PENDAFTARAN ULANG PROGRAM BIDIKMISI Peserta yang lulus seleksi masuk (SNMPTN. 2.go. Kami dapat dihubungi melalui media resmi sebagai berikut 1.id Petunjuk ini masih bisa berubah sebelum penerbitan Pedoman Bidikmisi 2013 Page 3 / 17 .id/bantuan Chat resmi melalui laman website http://bidikmisi. 3.go. Jika dijumpai hal hal seperti yang sudah disebutkan agar melaporkan ke bidikmisi@dikti. 4. SBMPTN dan Seleksi Lokal (Mandiri) Pendaftar Bidikmisi agar mengikuti ketentuan dan prosedur yang ditetapkan oleh masing masing seleksi tersebut. Kecurangan dalam hal rekomendasi.com/bidikmisi helpdesk melalui http://bidikmisi. email melalui bidikmisi@dikti.id untuk kami koordinasikan. Anda wajib melaporkan pihak yang masih memungut biaya dalam program ini ke bidikmisi@dikti.

bidikmisi.id .bidikmisi. Halaman Utama Sistem Pendaftaran Bantuan Bidikmisi Page 4 / 17 . Proses pendaftaran dibagi menjadi 2 bagian.dikti. Gambar 1.Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem Pendaftaran Bidikmisi untuk Siswa Proses pendaftaran bidikmisi tahun 2013 diawali dengan mengakses sistem pendaftaran melalui laman http://daftar. Proses selanjutnya adalah proses yang dilakukan oleh pihak siswa. Setelah mengakses sistem melalui laman http://daftar.go. SISWA 1.id siswa akan mendapati tampilan seperti pada Gambar 1. Proses yang pertama adalah proses yang dilakukan oleh pihak sekolah.dikti.go.

dan data-data lain yang diperlukan. Untuk melakukan login siswa diminta untuk memasukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses. data keluarga. Halaman Login Siswa Pada Gambar 2 ditampilkan sebuah halaman login untuk menuju ke halaman dashboard. Di halaman dashboard juga ditampilkan bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan oleh siswa untuk mendaftar program bantuan biaya pendidikan bidikmisi (Gambar 4). Setelah login. siswa akan diarahkan ke halaman dashboard (Gambar 3) dimana dihalaman ini siswa dapat mengelola data-data yang diperlukan untuk mengikuti program bantuan bidikmisi seperti data pribadi. Dalam hal ini siswa dapat memilih menu Siswa sehingga akan muncul tampilan seperti pada Gambar 2.2. Pada Gambar 1 terdapat 2 buah menu utama. Page 5 / 17 . 3. yakni menu Sekolah dan Siswa. Nomor pendaftaran dan kode akses didapatkan dari pihak sekolah yang sudah menyelesaikan rekomendasi pendaftar bidikmisi. Gambar 2. data kondisi ekonomi.

data kondisi rumah. Profil siswa. 2. 3. 4. siswa akan mendapati tampilan yang didalamnya terdapat form pengisian biodata lengkap (Gambar 5). dimana siswa harus mengikuti aturan ini yakni mengisikannya sesuai urutan. prestasi ko dan ekstrakurikuler. Langkah-langkah pendaftaran siswa. rencana hidup. Menu isi biodata Dengan memilih menu seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4. data ekonomi keluarga.1 2 3 Gambar 3. dan data pendukung. data keluarga. Page 6 / 17 . terdapat menu ubah kode akses dan logout. Menu utama siswa yang berisi menu untuk mengisikan biodata. Pengisian Biodata Siswa Pengisian biodata siswa dapat dilakukan dengan memilih menu seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4 berikut ini : Gambar 4. Halaman Dashboard Siswa Keterangan Gambar 3 : 1.

Tanggal Lahir Page 7 / 17 .Agama . Form pengisian biodata siswa Dalam form diatas siswa diminta untuk mengisikan biodata lengkap yaitu : . jika siswa tidak mengetahui NISN nya bisa ditanyakan kepada pihak sekolah.Tempat Lahir Masukkan kota tempat siswa lahir .Gambar 5.Jenis Kelamin .Nama Perhatikan dan pastikan nama siswa yang telah tercantum dalam isian adalah benar seperti yang ada pada ijazah terakhir dan sama dengan yang dilaporkan dengan PDSS atau SNMPTN PPA (d/h undangan) . Dalam hal NISN tidak dimiliki pastikan menggunakan NISN yang digunakan dalam PDSS atau SNMPTN PPA (d/h undangan) .NISN NISN wajib diisikan oleh siswa.

Gambar 6. Page 8 / 17 .- - Pastikan tanggal lahir siswa benar. Jika tidak memiliki nomor handphone atau nomor telepon isian ini dapat dikosongkan. Gambar 7. 5. Alamat Gunakan alamat merupakan alamat tinggal Email Email wajib diisi karena nantinya melalui email sistem akan mengirimkan pemberitahuanpemberitahuan penting seperti perubahan kode akses. Halaman tambah prestasi siswa Halaman pada Gambar 7 menampilkan daftar prestasi yang sebelumnya telah dicatatkan oleh sekolah. Menu pengisian prestasi ko & ekstrakurikuler Setelah memilih menu diatas selanjutnya siswa akan diarahkan pada halaman seperti yang ditunjukkan pada Gambar 7. pencalonan & penetapan. Disini siswa yang bersangkutan atau siswa yang merasa telah mempersembahkan prestasi yang dicantumkan dapat mengklaim prestasi dengan memilih tombol bertuliskan ini prestasi saya! (Gambar 8). Pengisian prestasi ko & ekstrakurikuler (tidak wajib) Pengisian prestasi ko & ekstrakurikuler dapat dilakukan dengan memilih menu seperti yang ditunjukkan pada Gambar 6. Kodepos Nomor telepon & No Handphone Siswa diminta untuk memasukkan nomor telepon dan nomor handphone yang dapat dihubungi.

prestasi ini akan hilang dari daftar prestasi dan tidak akan dapat dipilih lagi oleh rekan anda yang benar-benar memiliki prestasi ini. Gambar 10. Page 9 / 17 . karena jika Anda mengklaim prestasi yang sebenarnya bukan milik Anda. klaim prestasi yang benar-benar milik Anda. Tombol untuk mengklaim prestasi Hati-hati dalam melakukan klaim prestasi. Selanjutnya siswa dianjurkan(tidak wajib) untuk mengunggah bukti / sertifikat prestasi terkait dengan memilih tombol berikut (Gambar 10). selanjutnya siswa akan mendapati tampilan seperti berikut ini (Gambar 9): Gambar 9. Halaman prestasi yang sudah di klaim Tampilan pada Gambar 9 adalah daftar prestasi yang telah diklaim oleh siswa terkait. Tombol unggah sertifikat prestasi Dan jika telah mengunggah sertifikat tombol diatas akan berubah menjadi tombol untuk melihat sertifikat seperti pada Gambar 11.Gambar 8. Setelah mengklaim prestasi.

Tombol lihat prestasi 6. Gambar 12. Pengisian data keluarga Pengisian prestasi ko & ekstrakurikuler dapat dilakukan dengan memilih menu seperti yang ditunjukkan pada Gambar 12.Gambar 11. Form pengisian data keluarga Dalam form pengisian data keluarga. siswa diminta untuk mengisikan data keluarga yakni : .Nama Ayah / Wali Page 10 / 17 . Menu pengisian data keluarga Setelah itu siswa akan mendapati tampilan seperti pada Gambar 13 berikut ini : Gambar 13.

Nomor telepon orang tua 7.Hubungan dengan ayah / wali Pilihan hubungan dengan ayah dan wali berisi Ayah kandung. .Nama Ibu / Wali . Dimana jika siswa memilih pilihan Wali maka akan muncul pilihan hubungan dengan wali dan siswa wajib mengisikannya.Pendidikan Ibu . Form pengisian data kondisi tempat tinggal Page 11 / 17 .Status Ibu . wali.Pendidikan ayah . Pengisian data kondisi rumah Pengisian data kondisi rumah dapat dilakukan dengan memilih menu seperti yang ditunjukkan pada Gambar 14.Pekerjaan Ayah . siswa akan mendapati tampilan seperti pada Gambar 15 berikut ini : Gambar 15. - Gambar 14.Jumlah Tanggungan Jumlah tanggungan adalah jumlah orang yang ditanggung oleh ayah dan ibu (tidak termasuk ayah dan ibu sendiri) .Pekerjaan Ibu . Menu pengisian data kondisi rumah Setelah memilih menu diatas.Ayah tiri.Status Ayah .

Jumlah orang tinggal Jumlah orang tinggal adalah jumlah semua orang yang tinggal dalam satu rumah yang ditempati (termasuk ayah dan ibu). Menu pengisian data kondisi ekonomi Setelah itu siswa akan mendapati tampilan seperti pada Gambar 17 berikut ini : Gambar 17. Pengisian data kondisi ekonomi Pengisian data kondisi ekonomi dapat dilakukan dengan memilih menu seperti yang ditunjukkan pada Gambar 16. Gambar 16. bisa dikira kira) . Page 12 / 17 .Sumber Air .Sumber listrik .Tahun perolehan rumah .Luas tanah (jika bukan milik sendiri.Jenis MCK (Mandi Cuci Kakus) .Dalam form pengisian data kondisi rumah pada Gambar 15 siswa diminta untuk memasukkan data-data kondisi rumah tinggal yakni : .Status kepemilikan rumah . 8. Form pengisian data ekonomi keluarga Dalam form pada Gambar 17 siswa diminta untuk memasukkan data penghasilan ayah / wali dan penghasilan ibu.Jarak rumah dari pusat kota (perkiraan) .Luas bangunan (jika bukan milik sendiri bisa dikira kira) . Penghasilan yang dimasukkan adalah rata-rata penghasilan ayah/wali/ibu selama 3 bulan terakhir.

Dukungan keluarga Apakah ada dukungan keluarga dalam bentuk finansial . . Menu pengisian data rencana hidup Setelah itu siswa akan mendapati tampilan seperti pada Gambar 19 berikut ini : Gambar 19. Pengisian data rencana hidup Untuk mengisikan data rencana hidup.Transportasi harian Transportasi yang akan dipakai sehari-hari di perguruan tinggi yang dituju . .9. Gambar 18.Tempat tinggal Rencana tempat tinggal di perguruan tinggi yang dituju. Form pengisian rencana hidup Dalam formulir pada Gambar 19 di atas siswa diminta untuk memasukkan data rencana hidup di perguruan tinggi yang dituju yakni : .Transportasi asal Transportasi dari tempat asal ke perguruan tinggi yang dipilih pada pilihan pertama seleksi (dapat memilih lebih dari satu).Biaya transportasi Biaya transportasi dari tempat asal ke perguruan tinggi yang dituju Page 13 / 17 . dapat dilakukan dengan memilih menu seperti yang ditunjukkan pada Gambar 18.

Foto pribadi 11. Gambar 20.Foto rumah tampak depan . Sampai pada tahap upload data pendukung siswa dan jika semua sudah memenuhi syarat untuk mengikuti program bantuan bidikmisi. Menu ini dapat digunakan oleh siswa untuk memilih seleksi yang ingin diikuti.Foto ruang keluarga . Upload data pendukung Dalam form di atas. maka akan keluar sebuah menu baru Pilih Seleksi.Foto keluarga . Unggah data pendukung Unggah data pendukung dapat dilakukan dengan memilih menu seperti yang ditunjukkan pada Gambar 20. atau pada langkah-langkah pendaftaran(Gambar 23).SKTM (Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan/rw/rt/tokoh masyarakat) Berupa hasil pindaian(scan) dari SKTM .10. siswa diminta untuk mengunggah data-data pendukung yakni : . Page 14 / 17 . Menu upload data pendukung Setelah itu siswa akan mendapati tampilan seperti pada Gambar 21 berikut ini : Gambar 21. Menu pilih seleksi akan muncul di barisan menu utama (Gambar 22).

Gambar 22. Menu pilih seleksi Gambar 23. Pakta integritas Page 15 / 17 . Menu pilih seleksi Ketika siswa memilih menu pilih seleksi. siswa akan mendapati tampilan pakta integritas seperti pada Gambar 24 berikut ini : Gambar 24.

Menu cetak kartu peserta & formulir pendaftaran Page 16 / 17 .Siswa diwajibkan mematuhi aturan-aturan/pakta integritas seperti yang ditunjukkan pada Gambar 24 agar bisa melanjutkan proses memilih seleksi. siswa dapat melakukannya dengan memilih tombol Ikuti Seleksi. 12. Mencetak kartu peserta & formulir pendaftaran Setelah memilih seleksi selanjutnya siswa dapat mencetak kartu peserta dan formulir pendaftaran yang dapat dilakukan dengan memilih menu seperti yang ditunjukkan pada Gambar 26. Gambar 26. Halaman pilihan seleksi Untuk memilih seleksi. Gambar 25.

Page 17 / 17 . Contoh kartu peserta 13. Sampai pada tahap ini. proses pendaftaran siswa pada program bantuan bidikmisi telah selesai dilakukan.Gambar 27.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.