PETA KONSEP SECARA PERKEMBANGBIAKAN PADA MANUSIA KAWIN GENERATIF CONTOH Ibu melahirkan Alat perkembang biakan manusia Ciri fisik Penis dan Lubang Cara membersihkanya vagina Pada laki-laki: Bahu menjadi bidang Tumbuhnya jakun Tumbuhnya rambut diketiak dan betis.dll Setelah buang air besar /kecil dibersihkan Mengganti pakaian dalam minimal 2 kali sehari Mengganti pembalut apabila sudah terasa tidak nyaman .dll Pada perempuan : Pinggul melebar Payudara membesar Tumbuhnya rambut diketiak .

. 1. Masa balita yaitu sejak bayi lahir sampai anak-anak umur 5 tahun. Masa tua sekitar umur 50 tahun ke atas. 5.Perubahan tinggi dan bentuk badan terjadi karena tubuh manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan. 2. yaitu sejak terbentuk zigot sampai bayi dalam rahim ibu. Pertumbuhan dan perkembangan manusia sejak bayi dalam rahim ibu sampai lanjut usia melalui beberapa tahapan berikut ini. 6. Masa dewasa sekitar umur 17 tahun sampai 20 tahun ke atas. Masa anak-anak sekitar umur 5 tahun sampai 10 tahun. Masa remaja sekitar umur 10 tahun sampai 17 tahun. 3. 4. Masa fetus.

Demikian pula manusia. manusia berkembang biak secara kawin (generatif).A. . Perkembangbiakan secara kawin terjadi karena ada proses penggabungan antara sel sperma dan sel telur.Pengertian Makhluk hidup berkembang biak untuk melestarikan jenisnya agar tidak punah. Sel sperma dihasilkan laki-laki dan sel telur dihasilkan perempuan. Untuk melestarikan jenisnya.

Pertumbuhan dan perkembangan manusia dimulai sejak penggabungan antara sel sperma dan sel telur yang membentuk zigot. Pertumbuhan dan perkembangan berlanjut hingga manusia dewasa dan akan mengalami penuaan. . Zigot merupakan cikal bakaldari individu baru.

zigot akan terus membelah dan membentuk embrio. Setelah terjadi pembuahan. Bergabungnya sel sperma dan sel telur akan membentuk zigot. Jadi. Setelah 120 jam dari pembelahan.1. Proses tersebut dinamakan dengan proses pembuahan atau fertilisasi. Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia di dalam Rahim Pertumbuhan dan perkembangan manusia di dalam rahim dimulai ketika terjadi penggabungan antara sel sperma dan sel telur. pertumbuhan dan perkembangan pertama kali terjadi di dalam tubuh seorang ibu. Rahim hanya dimiliki perempuan. embrio akan menempel di dinding rahim ibu. .

Berikut ini adalahpertumbuhan dan perkembagan amnusia di dalam rahim .

uterus dan vagina. Ovarium berada di dalam rongga badan.  Ovarium Ovarium (indung telur) berjumlah sepasang. Saluran reproduksi Saluran reproduksi (saluran kelamin) terdiri dari oviduk.)organ reproduksi dalam A. .)Organ reproduksi luar 2. Umumnya setiap ovarium menghasilkan ovum setiap 28 hari.Pada wanita Terdiri dari ovarium dan saluran reproduksi luar. Ovum yang dihasilkan ovarium akan bergerak ke saluran reproduksi.Organ reproduksi dapat dibedakan menjadi 2 yaitu: 1. di daerah pinggang. berbentuk oval dengan panjang 3 – 4 cm. Fungsi ovarium yakni menghasilkan ovum (sel telur) serta hormon estrogen dan progesteron.

Ovum yang ditangkap oleh infundibulum akan masuk ke oviduk. . Fimbrae berfungsi menangkap ovum yang dilepaskan oleh ovarium. Oviduk berfungsi untuk menyalurkan ovum dari ovarium menuju uterus.Oviduk Oviduk (tuba falopii) atau saluran telur berjumlah sepasang (di kanan dan kiri ovarium) dengan panjang sekitar 10 cm. Bagian pangkal oviduk berbentuk corong yang disebut infundibulum. Pada infundibulum terdapat jumbai-jumbai (fimbrae).

. Pada ovum yang diubuahi maka akan menempel di dinding uterus dan berkembang menjadi janin. tempat melekatnya ovum yang telah dibuahi maupun tidak.Uterus Uterus adalah organ yang melindungi dan mewadahi janin selamakehamilan. Sedangkan yang tidak akan menempel juga tetapi akan dibuang pada proeses menstruasi. Rahim tumbuh dan berkembang seiring pertumbuhan bayi .

Ada banyak jenis dari estogen tapi yang paling penting untuk reproduksi adalah estradiol.selain itu fungsunya untuk membentuk ketebalan endometrium . Progesteron adalah hormon yang dihasilkan oleh korpus luteum.Fungsinya untuk mempertahankan ketebalan endometrium.Pada wanita terdapat dua hormonyaitu:  Esterogen adalah hormon yang dihasilkan oleh ovarium. . Fungsinya untuk pempentukan ciri fisik pada wanita.

B. Skrotum terletak di antara penisdan anus serta di depan perineum. saluran panjang berkelokkelok terdapat di dalam skrotum. Skrotum Skrotum atau kantung pelir adalah kantung (terdiri dari kulit dan otot) yang membungkus testis atau buah zakar. testis berfungsi sebagai penghasil sperma dan hormon testosteron b. Skrotum berasal dari bagian yang sama dengan labia mayora pada organ kelamin perempuan. Sepasang epididimis.Pada laki-laki Sepasang testis. Manusia (pria) mempunyai dua testis yang dibungkus dengan skrotum. .  Testis Testis adalah kelenjar kelamin jantan pada hewan dan manusia. yang terbungkus dalam kantong skrotum.

Pada manusia. Testis akan diangkat mendekati tubuh pada suhu dingin dan bergerak menjauh pada suhu panas . Pengaturan suhu dilakukan dengan mengeratkan atau melonggarkan skrotum. suhu testis sekitar 34 °C. sehingga testis dapat bergerak mendekat atau menjauhi tubuh.Fungsi skrotum adalah menjaga suhu dari testis agar tetap optimal yakni di bawah suhu tubuh.

Penghasil utama testosteron adalah testis pada Pria dan indung telur (ovari) pada wanita. Secara rata-rata. testoren memegang peranan penting bagi kesehatan. fungsi imun. PRIA dewasa menghasilkan testosteron sekitar dua puluh kali lebih banyak daripada wanita dewasa. Fungsinya antara lain adalah meningkatkan libido. energi.Hormon pada laki-laki: Testosteron adalah hormon steroid dari kelompok androgen. dan perlindungan ada terhadap osteoporosis. Baik pada pria maupun wanita. Hormon ini merupakan hormon seks pria utama dan merupakan steroid anabolik. walaupun sejumlah kecil hormon ini juga dihasilkan oleh zona retikularis korteks kelenjar adrenal. Hormon testosteron .