PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013

Biro Organisasi dan Kepegawaian LIPI 2013

KATA PENGANTAR
Program beasiswa pendidikan pascasarjana dalam negeri dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Program ini menyediakan beasiswa bagi PNS di lingkungan LIPI yang memenuhi kualifikasi yang ditetapkan dalam proses seleksi serta sesuai dengan kebutuhan kompetensi SDM LIPI pada umumnya, dan satuan kerja khususnya. Buku Panduan Program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI Tahun 2013 ini memuat informasi tentang:
● Ruang lingkup dan fokus bidang studi ● Persyaratan dan prosedur pencalonan karyasiswa ● Seleksi calon karyasiswa ● Pengawasan dan evaluasi

Buku panduan ini diharapkan dapat memberikan informasi penyelenggaraan beasiswa pendidikan pascasarjana dalam negeri LIPI tahun 2013, dan menjadi bahan rujukan dalam proses pencalonan karyasiswa pada program pascasarjana dan pelaksanaan pendidikan pascasarjana dalam negeri selanjutnya. Masukan, saran dan kritik sangat kami harapkan demi sempurnanya buku panduan ini di tahun-tahun mendatang.

PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013

1

Latar Belakang 1. Masa Pemberian Beasiswa 5.3.2.2. Sanksi 1 2 3 4 4 5 5 6 6 6 6 7 7 8 8 10 10 10 11 12 12 13 14 15 15 15 16 16 16 17 17 17 17 18 18 18 PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 2 .1 Perpanjangan Beasiswa 6.2.2 Penanggung Jawab 2.2.2 Pemberhentian Beasiswa 6. RUANG LINGKUP DAN FOKUS BIDANG STUDI 3.2. Sasaran Program 2.1.2.3 Pengembalian dan Pengaktifan Kembali Karyasiswa 6. PENGAWASAN DAN EVALUASI 6.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR LAMPIRAN 1.3.1.2.1.2.2. Pengawasan 6.1 Pembina 2.4 Sekretaris 2. Tugas dan Tanggung Jawab 2. Tujuan Program 1.2. Ruang Lingkup dan Model Studi 3.3. Prioritas Perguruan Tinggi 4.5. Pembebasan Karyasiswa 5. ORGANISASI DAN PENYELENGGARA 2. Evaluasi 6.1.5 Anggota (Sekretariat dan Pengolah Data) 3.3. PENDAHULUAN 1.2. Persyaratan 4. Jadwal Pengajuan Calon Karyasiswa 5.3. Prosedur Pencalonan Karyasiswa 4. Ketentuan Umum 5. Komponen Pembiayaan 6. Struktur Organisasi 2.1.4. PERSYARATAN DAN PROSEDUR PENCALONAN KARYASISWA 4.3 Ketua 2. Fokus Bidang Studi 3. Penetapan Karyasiswa 5.2. SELEKSI CALON KARYASISWA 5.1.2.2.

DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1 Lampiran 2 Lampiran 3 Lampiran 4 Lampiran 5 Lampiran 6 Rekomendasi Pencalonan Karyasiswa Formulir Pencalonan Karyasiswa Program Pascasarjana Dalam Negeri LIPI Keterangan Prestasi Kerja Keterangan Tidak Sedang Menjalani Hukuman Disiplin Surat Perjanjian Tugas Belajar Dalam Negeri Laporan Studi 19 20 21 22 23 27 PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 3 .

Program pemberian beasiswa pendidikan pascasarjana di dalam negeri bagi PNS di lingkungan LIPI merupakan salah satu sarana untuk mewujudkan Renstra LIPI di atas. Universitas Gadjah Mada. Kesempatan tugas belajar pada jenjang pascasarjana di perguruan tinggi dalam negeri.1 Latar Belakang Pengembangan kompetensi sumber daya manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SDM Iptek) memegang peran utama bagi organisasi dalam menghadapi tantangan pesatnya perkembangan Iptek. diberikan kepada PNS LIPI untuk dapat mengembangkan kompetensinya sesuai dengan bidang-bidang keahlian yang diperlukan oleh masing-masing satker yang ada. Penyelenggaraan pendidikan pascasarjana dalam negeri bagi PNS LIPI diselenggarakan dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengikuti persyaratan yang dibuat oleh masing-masing perguruan tinggi. Arah dan kebijakan tersebut diimplementasikan dalam Rencana Strategis LIPI 2010-2014. Institut Pertanian Bogor dan Universitas Brawijaya. Dalam hal ini. LIPI akan bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi negeri dalam menyelenggarakan program beasiswa pendidikan pascasarjana bagi PNS LIPI diantaranya Universitas Indonesia. penguatan sumber daya iptek. PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 4 . Pengembangan kompetensi SDM Iptek dilakukan sejalan dengan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian. dengan sasaran utama difokuskan pada penataan kelembagaan iptek. Institut Teknologi Bandung. maupun melalui program pendidikan lanjut S3 dan S2. Pemantapan penguatan SDM peneliti dilakukan tidak saja dengan menciptakan komposisi perbandingan S3:S2:S1 yang ideal. Program ini diharapkan akan menjadi bagian integral dari keseluruhan program peningkatan kapasitas kelembagaan dan SDM Iptek di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia LIPI. Rencana Pembangunan Jangka Menengah (2010-2014) dan Visi Iptek 2025. dan penguatan jaringan iptek.BAB 1 PENDAHULUAN 1. yaitu 1:2:4 untuk kompetensi yang sama. dan sejalan dengan arah dan sasaran strategis LIPI dalam jangka panjang. Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN 2005-2025). tetapi juga dengan memperhatikan perbandingan tenaga peneliti dengan tenaga penunjang/administrasi minimal 2:1 di setiap satuan kerja. Sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis LIPI 2010-2014. kebijakan SDM LIPI difokuskan pada upaya peningkatan kompetensi SDM baik melalui program post doctoral.

LIPI juga terus memfasilitasi dan bekerja sama dengan instansi pemerintah lain. 2. 1.3 Sasaran Program Sasaran program yang akan dicapai adalah: 1. sedangkan pembiayaan operasional (allowances/living cost) ditanggung oleh instansi asal karyasiswa. PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 5 . seleksi dan penetapan karyasiswa. Menyediakan SDM Iptek yang berkualitas tinggi yang sesuai dengan bidang-bidang kebutuhan satuan kerja di lingkungan LIPI. 1. Meningkatkan kapasitas kelembagaan dan SDM Iptek LIPI dalam kerangka sistem inovasi nasional dan menyediakan dukungan penuh bagi upayaupaya mengakselerasi peningkatan daya saing bangsa di tingkat global. serta proses monitoring dan evaluasi pelaksanaan program. seperti Kementerian Komunikasi dan Informasi. maupun dalam melaporkan perkembangan kemajuan studinya. memberikan pembiayaan beasiswa pendidikan. 2.Lebih dari itu. Tersedianya SDM Iptek dengan kualifikasi pendidikan Magister dan Doktor dalam bidang-bidang kompetensi tertentu. mulai dari perekrutan calon karyasiswa. Buku panduan program beasisa pendidikan pascasarjana dalam negeri tahun 2013 ini disusun dengan tujuan untuk memberikan informasi secara menyeluruh tentang pelaksanaan kegiatan. Meningkatkan kualitas hasil-hasil penelitian agar lebih berdaya guna bagi kebutuhan pembangunan nasional. dalam hal pemberian beasiswa yang bersifat cost sharing bagi PNS LIPI. Kementerian Pendidikan Nasional maupun Kementerian Perencanaan Pembangunan/Bappenas serta instansi lainnya.2 Tujuan Program Tujuan penyelenggaraan program beasiswa pendidikan pascasarjana dalam negeri LIPI adalah untuk: 1. Diharapkan buku panduan ini akan menjadi rujukan bagi semua satuan kerja dan calon karyasiswa baik dalam proses pengajuan beasiswa. Instansi pemberi beasiswa.

BAB 2 ORGANISASI DAN PENYELENGGARA 2. Program Beasiswa 2. PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 6 . 3. Menindaklanjuti hasil seleksi calon penerima beasiswa untuk ditetapkan oleh Kepala LIPI. 2.1 Pembina Dalam hal ini yang bertindak sebagai Pembina Program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI Tahun 2013 adalah Sekretaris Utama LIPI yang memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut: 1. 4. Menandatangani perjanjian tugas belajar atas nama LIPI. Memberikan arah kebijakan bidang pendidikan penerima beasiswa. Melakukan pembinaan dalam pelaksanaan Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI.1 Struktur Organisasi Pengelola Program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI Tahun 2013 mempunyai struktur organisasi sebagai berikut: PEMBINA Sekretaris Utama PENANGGUNG JAWAB Kepala BOK KETUA Kepala Bagian Kepegawaian SEKRETARIS Kasubbag Perencanaan Pegawai Anggota (Pengolah Data) Anggota (Sekretariat) 2.2.2 Tugas dan Tanggung Jawab Berdasarkan struktur organisasi tim di atas. maka secara hirarki masingmasing posisi mempunyai tugas dan tanggung jawab seperti yang akan diuraikan di bawah ini.

5. Membantu Penanggung Jawab dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Penanggung Jawab dalam menyelenggarakan kegiatan Program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI. mengadakan penyelenggaraan seleksi calon Program 5. Bertanggungjawab dalam penyelenggaraan kegiatan Program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI. efisien. Ketua/Pelaksana Harian mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai berikut: 1. Memberikan arahan dan instruksi kepada Ketua untuk hal-hal yang tidak/belum diatur di dalam buku pedoman untuk menjamin tercapainya sasaran program. Mengarahkan rencana program kegiatan ke depan dan melakukan kajian pengembangan karyasiswa dalam pelaksanaan program pascasarjana. Melakukan persiapan untuk penyelenggaraan kegiatan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI.3 Ketua Dalam hal ini yang bertindak sebagai Ketua yang juga mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai Pelaksana Harian program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI adalah Kepala Bagian Kepegawaian BOK LIPI. 3. 7.2.2 Penanggung Jawab Dalam hal ini yang bertindak sebagai Penanggung Jawab Program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI Tahun 2013 adalah Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian LIPI yang memiliki tugas dan tanggung jawab di bawah ini: 1. Menetapkan kebijakan pelaksanaan program yang ditetapkan dalam buku pedoman agar pelaksanaan program berjalan secara efektif. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan harian. 4. 6. 2. 3. dan akuntabel. Menandatangani perjanjian kerjasama antara LIPI dengan perguruan tinggi terkait penyelenggaraan pendidikan pascasarjana bagi PNS LIPI. Melaksanakan sosialisasi Program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI ke lingkungan internal LIPI PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 7 . 2.2. Mendelegasikan tugas-tugas yang perlu dilaksanakan oleh Ketua sebagai Pelaksana Harian. 2.2. Mempersiapkan dan karyasiswa baru. transparan. 4. Menyampaikan hasil seleksi calon penerima beasiswa kepada Pembina sesuai dengan persyaratan dan prosedur yang berlaku. dan berhak menghentikan pemberian beasiswa apabila karyasiswa tidak memenuhi ketentuan yang berlaku.

menyusun anggaran DIPA. 2. monitoring dan evaluasi.5 Anggota (Sekretariat dan Pengolah Data) Dalam hal ini yang bertindak sebagai Anggota Pelaksana Program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI Tahun 2013 adalah para personil yang ditetapkan dalam SK Sekretaris Utama. maupun pelaksanaan program serta perencanaan dan pengembangan karyasiswa serta kerjasama dengan pihak lain di luar LIPI. 2. Membantu dalam penyelesaian tugas-tugas dalam bidang kesekretariatan (administrasi umum. 6. 7. dan rencana kegiatan lainnya. Anggota bertugas dan bertanggung jawab terhadap hal-hal sebagai berikut: 1. Menyiapkan pelaksanaan rapat-rapat internal 5. termasuk melakukan seleksi awal terhadap calon karyasiswa yang akan diseleksi. Menyiapkan konsep buku pedoman. Membantu Ketua menyediakan data dan informasi yang diperlukan yang berkaitan dengan calon karyasiswa dan karyasiswa. Membantu Ketua (Pelaksana Harian) dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang dilakukan baik yang berkaitan dengan pelaksanaan administrasi keuangan. proses seleksi dan monitoring serta evaluasi). Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan perguruan tinggi dalam pelaksanaan pengelolaan penyelenggaraaan program. 3. Melaporkan pelaksanaan pengelolaan penyelenggaraan Program Beasiswa Pascasarjana Dalam Negeri LIPI kepada Penanggung Jawab. 7.4 Sekretaris Dalam hal ini yang bertindak sebagai Sekretaris Program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI Tahun 2013 adalah Kepala Subbagian Perencanaan Pegawai BOK LIPI dengan tugas dan tanggung jawab sebagai berikut: 1. Menyiapkan TOR (term of reference) rencana kegiatan. PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 8 .6.2. Menyiapkan pelaksanaan mekanisme seleksi. 8. Membantu pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta membuat laporan monitoring dan evaluasi. terutama dengan pihak perguruan tinggi.2. Mempersiapkan surat-menyurat. Membantu Ketua untuk melakukan sosialisasi terkait dengan Program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI di internal LIPI. termasuk perjanjian kerja sama dengan karyasiswa dan perguruan tinggi. 2. Melaksanakan monitoring dan evaluasi dan melakukan koordinasi dengan perguruan tinggi tempat karyasiswa belajar dalam rangka pelaksanaan program. cash planning. 4. 8. 2.

Melaksanakan mekanisme seleksi. dan mengelola arsip/dokumen. Mempersiapkan penyelenggaraan forum diskusi dengan karyasiswa dalam kegiatan pembekalan serta monitoring dan evaluasi. Menyiapkan bahan Laporan pelaksanaan program beasiswa pendidikan pascasarjana dalam negeri LIPI untuk bahan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) maupun Laporan Tahunan (Laptah). termasuk melakukan seleksi awal terhadap calon karyasiswa yang akan diseleksi berdasarkan ketentuan yang diatur dalam buku pedoman ini. Menyimpan. 5. PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 9 . menyimpan. Mempersiapkan penyelenggaraan sosialisasi Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI. Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan studi. membantu dan memantau penyusunan laporan semester dan tahunan para karyasiswa. Program Beasiswa 8. penelitian/riset serta program kegiatan karyasiswa dengan masing-masing karyasiswa dan pihak-pihak terkait. Melakukan koordinasi dengan calon karyasiswa maupun karyasiswa yang berhubungan dengan administrasi umum. 9. 7. 4. 11.3. Menerima pendaftaran dan menginventarisasi calon karyasiswa serta Mengolah database calon karyasiswa maupun karyasiswa. 6. Mempersiapkan. 10.

pengembangan teknologi pertahanan dan keamanan. sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis LIPI 2010-2014. 6. 4. Pengembangan teknologi dan manajemen transportasi. 7. dipertimbangkan untuk dapat diikutsertakan dalam program beasiswa pendidikan pascasarjana ini. Pengembangan teknologi kesehatan dan obat. Model studi yang diselenggarakan merupakan model konvensional.2 Fokus Bidang Studi Program beasiswa rintisan pendidikan gelar pascasarjana dalam negeri tahun 2013 diutamakan pada bidang-bidang yang mendukung prioritas pembangunan. Masa studi yang dibiayai untuk jenjang S2 maksimal selama 4 (empat) semester. 3. Tujuh bidang yang menjadi fokus utama program pendidikan ini adalah pengembangan teknologi ketahanan pangan. pengembangan dan pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan. 3. PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 10 . Pengembangan dan pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan. Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. 5. Tujuh bidang yang menjadi fokus program adalah: 1. pengembangan teknologi material maju. sedangkan untuk jenjang S3 dengan masa studi maksimal 8 (delapan) semester. Pengembangan teknologi ketahanan pangan. pengembangan teknologi dan manajemen transportasi. pengembangan teknologi kesehatan dan obat. 2. Pengembangan teknologi pertahanan dan keamanan. 3. Pengembangan teknologi material maju.1 Ruang Lingkup dan Model Studi Program beasiswa pendidikan pascasarjana dalam negeri memberikan beasiswa untuk menempuh pendidikan pada jenjang strata-2/S2 (Program Magister) dan jenjang strata-3/S3 (Program Doktor).BAB 3 RUANG LINGKUP DAN FOKUS BIDANG STUDI Program beasiswa pendidikan pascasarjana dalam negeri tahun 2013 diutamakan pada bidang-bidang yang mendukung prioritas pembangunan. Sementara itu bidang penunjang peningkatan layanan publik yang ada di dalam lingkup Sekretariat Utama. pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. dengan melakukan kegiatan riset di laboratorium perguruan tinggi. maupun laboratorium di lingkungan LIPI. dimana karyasiswa akan dibiayai untuk melaksanakan studi di perguruan tinggi di dalam negeri. sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis LIPI 2010-2014.

g) Bidang ilmu kebumian dan perubahan iklim. dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. serta i) Bidang administrasi/penunjang peningkatan layanan publik. energi baru. d) Bidang material industri dan material maju. baik terkait dengan Sistem Inovasi Nasional. maupun peningkatan penelitian. 3. e) Bidang litbang ilmu-ilmu perekayasaan. h) Bidang ilmu pengetahuan sosial dan kemanusiaan. ITB. b) Bidang ilmu pengetahuan alam. f) Bidang informasi dan komunikasi. pengembangan. UGM. UI. UB dan UNPAD. PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 11 . dan energi terbarukan. c) Bidang energi.3 Prioritas Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi yang direkomendasikan untuk kesembilan bidang prioritas tersebut adalah IPB. yang meliputi 9 (sembilan) bidang prioritas sebagai berikut: a) Bidang biologi molekuler dan bioteknologi.Bidang-bidang fokus tersebut diutamakan untuk menunjang bidang-bidang prioritas yang menjadi prioritas pembangunan Iptek LIPI 2010-2014.

00 (skala 4) untuk Program Doktor.75 (skala 4) untuk program Magister (S2).1 Persyaratan Syarat untuk mendapatkan beasiswa/tugas belajar pascasarjana pada perguruan tinggi di dalam negeri yang dibiayai dari APBN LIPI. Usia tidak lebih dari 37 (tiga puluh tujuh) tahun untuk Program Magister (S2) dan tidak lebih dari 40 (empat puluh) tahun untuk Program Doktor (S3). Tidak memiliki jenjang kesarjanaan yang setingkat dengan jenjang program pendidikan yang akan diambil. Bagi lulusan pendidikan yang setara dengan Program Strata I (S1) dan Magister (S2) di luar negeri. Mengisi formulir pencalonan karyasiswa. Tidak sedang menjalani pemberhentian sementara sebagai PNS.BAB 4 PERSYARATAN DAN PROSEDUR PENCALONAN KARYASISWA 4. yaitu: a) b) c) d) Berstatus sebagai PNS yang masih aktif bekerja di lingkungan LIPI. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter. khususnya Perguruan Tinggi Negeri yang telah membina kerja sama dengan LIPI. dan paling rendah 480 untuk program Doktor (S3) yang disahkan oleh lembaga yang berwenang. Telah diterima atau akan diterima menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi di Indonesia. ijazahnya harus diakui dan disahkan oleh pejabat yang berwenang. Tidak sedang menerima atau akan mengajukan beasiswa/tugas belajar dari lembaga/instansi lain yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari calon karyasiswa dan disahkan oleh pimpinan satuan kerja yang bersangkutan. nilai skor paper-based TOEFL 2 (dua) tahun terakhir paling rendah paling rendah 450 untuk program Magister (S2). e) f) g) h) i) j) k) l) m) n) PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 12 . dan paling rendah Magister (S2) dengan IPK 3. Nilai rata-rata Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan/DP3 selama 2 tahun terakhir minimal berpredikat Baik. Pendidikan terakhir paling rendah Strata (S1) dengan IPK minimal 2. Jurusan/program studi yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan satuan kerjanya dan diutamakan pada program studi yang berkaitan langsung dengan pengetahuan atau keahlian yang dipersyaratkan dalam jabatan sesuai dengan analisis beban kerja dan perencanaan SDM di lingkungan LIPI. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat.

harus dibuktikan dengan surat pernyataan sebagai penerima beasiswa pendidikan pascasarjana dengan mekanisme cost sharing antara LIPI dengan lembaga/instansi lain pemberi beasiswa. 2. h) Fotokopi ijazah dan transkrip akademik S1 yang dilegalisasi bagi calon karyasiswa S2. 1.2 Prosedur Pencalonan Karyasiswa Prosedur pencalonan karyasiswa adalah sebagai berikut. Pencalonan peserta dilengkapi dengan: a) Keterangan sehat dari dokter. Satuan kerja di bawah Sekretariat Utama LIPI dan Inspektorat LIPI mengajukan usulan kepada Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian LIPI dengan tembusan kepada Sekretaris Utama LIPI. c) Formulir Pencalonan Karyasiswa (Lampiran 2). dan fotokopi ijazah dan transkrip akademik S1 dan S2 yang dilegalisasi bagi calon karyasiswa S3. Bagi calon karyasiswa penerima beasiswa cost sharing. g) Fotokopi SK Pangkat terakhir. 3. p) Karyasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya wajib bekerja kembali ke LIPI dengan ikatan dinas negara selama paling kurang 2 (dua) kali masa studi ditambah 1 (satu) tahun (2n+1). Satuan kerja di bawah Kedeputian LIPI mengajukan usulan kepada Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian LIPI dengan tembusan kepada Deputi yang bersangkutan dan Sekretaris Utama LIPI. PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 13 . 4.o) Jurusan dan atau program studi yang dipilih harus kelas reguler (bukan kelas khusus/eksekutif). b) Rekomendai Pencalonan Karyasiswa (Lampiran 1). f) Fotokopi DP3 dua tahun terakhir. e) Keterangan tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat dan tidak sedang menjalani pemberhentian sementara sebagai PNS yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala satuan kerja yang bersangkutan (Lampiran 4). d) Keterangan Prestasi Kerja (Lampiran 3). i) j) Fotokopi Sertifikat TOEFL yang telah dilegalisasi.

d.4. KEGIATAN 1 Pengumuman/penyebarluasan informasi tentang pelaksanaan Program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI Tahun 2013 Pendaftaran dan penerimaan berkas usulan calon karyasiswa dari satker Seleksi administratif calon karyasiswa Penetapan calon karyasiswa Pemberitahuan hasil seleksi melalui kepala satuan kerja yang bersangkutan Penyampaian hasil tes/seleksi dari perguruan tinggi oleh calon karyasiswa kepada BOK Proses administrasi pemberian beasiswa dan penandatanganan surat perjanjian WAKTU 31 Mei s.d 27 September 2013 7 1 s.d 14 Juni 2013 14 s.d.3 Jadwal Pelaksanaan Kegiatan No. 1 Juli 2013 2 s.d 31 Oktober 2013 PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 14 .d 3 Juni 2013 2 3 4 5 6 3 s. 5 Juli 2013 1 Juli s.d 21 Juni 2013 24 s.

Pembuatan Surat Keputusan Penugasan Belajar bagi PNS di lingkungan LIPI. 4. 3. b) Masa kerja. Semua dokumen pencalonan karyasiswa Program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri LIPI di tujukan kepada Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian LIPI dengan tembusan kepada Sekretaris Utama LIPI dan Deputi yang bersangkutan 5. 2.2 Penetapan Karyasiswa Calon karyasiswa yang telah lulus seleksi di perguruan tinggi dan telah menyatakan diterima menjadi mahasiswa program Pascasarjana S2/S3 selanjutnya harus melakukan proses administrasi sebagai berikut: 1. Biro Organisasi dan Kepegawaian LIPI akan mengirimkan surat pemberitahuan hasil seleksi kepada satuan kerja pengusul dengan tembusan kepada yang bersangkutan. f) Skor TOEFL. Penandatanganan Surat Perjanjian Tugas Belajar (SPTB) Dalam Negeri. e) Nilai rata-rata DP3 selama 2 (dua) tahun terakhir.BAB 5 SELEKSI CALON KARYASISWA 5. Proses seleksi adalah sebagai berikut: 1. 2. c) Akreditasi perguruan tinggi pendidikan terakhir. Pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan dokumen. 5. Proses seleksi Seleksi dan penentuan ranking dilakukan berdasarkan beberapa kriteria antara lain yaitu: a) Usia.1 Ketentuan Umum Calon karyasiswa yang telah memenuhi persyaratan pencalonan dilakukan seleksi oleh tim yang dibentuk dan bertugas untuk melakukan seleksi dan pengelolaan pemberian beasiswa/tugas belajar pascasarjana pada perguruan tinggi di dalam negeri. d) Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pendidikan terakhir. PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 15 . Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian akan melaporkan hasil seleksi kepada Kepala LIPI melalui Sekretaris Utama LIPI.

4 Pembebasan Karyasiswa Karyasiswa yang melakukan tugas belajar. yaitu komponen: a) Biaya hidup.3 Masa Pemberian Beasiswa Masa pemberian beasiswa yang mendapatkan Tugas Belajar Dalam Negeri dan Tugas Belajar Sandwich Program untuk pendidikan pascasarjana program Magister (S2) paling lama 2 (dua) tahun dan untuk pendidikan pascasarjana program Doktor (S3) paling lama 4 (empat) tahun terhitung sejak calon karyasiswa ditetapkan sebagai karyasiswa dan penetapannya tidak berlaku surut. d) Biaya penelitian/riset untuk penyusunan tugas akhir. b) Biaya buku/literatur. c) Biaya operasional. 5.5. komponen biaya yang akan diberikan terutama komponen biaya yang tidak ditanggung oleh instansi pemberi beasiswa. matrikulasi dan uang pangkal) yang akan dibayar langsung kepada penguruan tinggi. akan dibebaskan dari tugas kedinasan. PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 16 . c) Biaya operasional. c) Biaya buku/literatur.5 Komponen Pembiayaan Beasiswa yang diberikan kepada karyasiswa meliputi: a) Biaya pendidikan (SPP. Ketentuan ini dikecualikan bagi Karyasiswa yang lokasi tempat belajar dengan tempat kerja berada dalam satu kota dan tenaganya sangat dibutuhkan atas persetujuan dan/atau rekomendasi dari pimpinan satuan kerja yang bersangkutan. d) Biaya penelitian/riset untuk penyusunan tugas akhir. Bagi karyasiswa cost sharing. b) Biaya hidup. 5.

Laporan studi ini harus sudah diterima paling lambat akhir bulan Maret untuk semester ganjil dan akhir bulan Oktober untuk semester genap. pemberhentian. yang bersangkutan tetap dapat melanjutkan studinya atas biaya sendiri dan kepadanya diberikan izin belajar. dan pemberhentian karyasiswa.BAB 6 PENGAWASAN DAN EVALUASI Pengawasan dan evaluasi terhadap karyasiswa dilakukan oleh kepala satker yang bersangkutan dan Biro Organisasi dan Kepegawaian LIPI. Adapun format laporan perkembangan studi sebagaimana tersebut dalam lampiran. Biro Organisasi dan Kepegawaian LIPI juga melakukan pengawasan ke perguruan tinggi yang terkait untuk mengetahui perkembangan studi karyasiswa yang bersangkutan. 6. Karyasiswa yang telah/menyelesaikan program studinya diwajibkan menyampaikan laporan akhir studi dengan melampirkan surat keterangan lulus/ijazah dan tesis/disertasi selambat-lambatnya 1 (satu) bulan setelah lulus. Namun demikian. 6. Selain laporan tertulis yang diterima.1 Pengawasan Kegiatan pengawasan adalah sebagai berikut: 1. 2.1 Perpanjangan Beasiswa Karyasiswa yang belum menyelesaikan studinya tidak dapat diberikan perpanjangan tugas belajar. menentukan masa perpanjangan. PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 17 . Laporan tersebut dilengkapi dengan transkrip nilai sampai dengan semester terakhir. 3. serta pengembalian dan pengaktifan kembali karyasiswa dengan kriteria seperti tersebut di bawah ini. Evaluasi tersebut sebagai instrument untuk menentukan perpanjangan. Setiap semester.2. karyasiswa diwajibkan membuat laporan perkembangan studi secara tertulis (hard copy dan soft copy) dengan formulir yang telah ditetapkan. 6. Laporan studi disampaikan kepada Biro Organisasi dan Kepegawaian LIPI dengan tembusan kepada satuan kerja (Eselon II/III) yang bersangkutan.2 Evaluasi Evaluasi dilakukan berdasarkan hasil laporan perkembangan studi secara tertulis dan hasil pengawasan di lapangan. Tujuan pengawasan dan evaluasi tersebut adalah untuk mengetahui perkembangan prestasi akademik. 4.

2. yang bersangkutan tetap dapat meninggalkan tugasnya sebagaimana berlaku bagi tugas belajar 6. 6.2 Pemberhentian Beasiswa Pemberhentian beasiswa dilakukan apabila: a) Karyasiswa tidak dapat menyelesaikan studi dalam waktu yang ditentukan selama-lamanya 4 (empat) semester untuk Program Magister (S2) dan 8 (delapan) semester untuk Program Doktor (S3) b) Karyasiswa tidak dapat memenuhi kewajiban akademis sesuai dengan program yang ditentukan oleh PTN dan LIPI. dengan pembayaran ganti rugi ditetapkan berimbang dengan bagian masa ikatan dinas yang telah dijalaninya. b) Apabila karyasiswa yang telah selesai mengikuti pendidikannya tidak bekerja kembali ke satuan kerja semula dan melaksanakan ikatan dinas negara selama paling kurang 2 (dua) kali masa studi ditambah 1 (satu) tahun (2n+1). akan dikenakan sanksi dan wajib memberikan ganti rugi sebesar 2 (dua) kali dari seluruh biaya yang telah dikeluarkan LIPI. b) Karyasiswa yang diberhentikan beasiswanya. c) Karyasiswa melakukan pelanggaran terhadap perjanjian tugas belajar dan atau peraturan kepegawaian terkait. 6.Dalam melaksanakan izin belajar tersebut.3 Sanksi Sanksi yang diterapkan bagi karyasiswa yang melanggar perjanjian adalah: a) Karyasiswa yang tidak dapat menyelesaikan pendidikannya dalam waktu yang telah ditetapkan akan dikenakan sanksi dan wajib memberikan ganti rugi sebesar 2 (dua) kali dari seluruh biaya yang telah dikeluarkan LIPI.2. PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 18 . kecuali karyasiswa tersebut menderita cacat jasmani dan rohani bukan karena kesalahannya atau kelakuannya dengan dibuktikan Surat Keterangan dari dokter yang ditunjuk oleh LIPI.3 Pengembalian dan Pengaktifan Kembali Karyasiswa Pengembalian dan pengaktifan kembali di satuan kerjanya dilakukan apabila: a) Karyasiswa telah menyelesaikan tugas belajar sesuai dengan waktu yang ditentukan.

dan direkomendasikan untuk dapat melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan kebutuhan dan kompetensi satuan kerja kami.Lampiran 1 REKOMENDASI PENCALONAN KARYASISWA Menyatakan bahwa nama tersebut di bawah ini : Nama NIP Jabatan Bidang Tugas Satuan Kerja : ___________________________________________ : ___________________________________________ : ___________________________________________ : ___________________________________________ : ___________________________________________ Fokus/Bidang Prioritas : ___________________________________________ telah menunjukan prestasi dan loyalitas yang tinggi terhadap satuan kerja. …………………. …………… 2013 Mengetahui/Menyetujui: (Sestama/Deputi ybs). Demikian rekomendasi ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. serta berperan aktif dalam mengembangkan program satuan kerja. Kepala Biro/Pusat/Puslit/Inspektorat/UPT (___________________________) NIP (___________________________) NIP PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 19 .

5. 4. 12. 2. Program (S2/S3) b. TOEFL terakhir Telp. 14. Bidang Studi c. 13. SK Pengangkatan PNS TMT : ________________________________________ SK Terakhir TMT Pendidikan Terakhir Bidang Studi Nilai / IPK Perguruan Tinggi Rencana Studi a. 10.Lampiran 2 FORMULIR PENCALONAN KARYASISWA PROGRAM PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 1. Perguruan Tinggi d. 6. 16. 9. Pemohon (___________________________) NIP (___________________________) NIP PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 20 . 11. 7. Fokus/Bidang Prioritas 15./HP Mengetahui. 3. Kepala Pusat/Puslit/Biro/Inspektorat/UPT. Nama Tempat Tanggal Lahir NIP Pangkat/Golongan Jabatan Bidang Tugas Satuan Kerja ● ● ● Eselon II/setara Eselon III/setara Eselon IV/setara : ________________________________________ : ________________________________________ : ________________________________________ : ________________________________________ : ________________________________________ : ________________________________________ : : ________________________________________ : ________________________________________ : ________________________________________ : ________________________________________ : ________________________________________ : ________________________________________ : ________________________________________ : ________________________________________ : : ________________________________________ : ________________________________________ : ________________________________________ : ________________________________________ : ________________________________________ : ________________________________________ 8.

....... 2................. .........................................................................Lampiran 3 KETERANGAN PRESTASI KERJA Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa: Nama NIP Jabatan : : : ________________________ ________________________ ________________________ ________________________ Satuan Kerja : telah menunjukan prestasi yang sangat baik.................................. Demikian keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya....... 4......... ............................. .......................................................... 3............. ...............................................) NIP PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 21 ... dengan hasil pekerjaan/tugas yang dilakukannya adalah sebagai berikut : 1.... Kepala Biro/Pusat/Puslit/Inspektorat/UPT (......................................................................... dst.........

...........) NIP PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 22 ....... Demikian keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.................................. baik hukuman disiplin tingkat sedang maupun hukuman disiplin tingkat berat dan tidak sedang menjalani pemberhentian sementara sebagai PNS.............................. Kepala Biro/Pusat/Puslit/Inspektorat/UPT (................Lampiran 4 KETERANGAN TIDAK SEDANG MENJALANI HUKUMAN DISIPLIN Yang bertanda tangan di bawah ini: Nama NIP Jabatan : : : ________________________ ________________________ ________________________ ________________________ Satuan Kerja : menerangkan bahwa: Nama NIP Jabatan : : : ________________________ ________________________ ________________________ ________________________ Satuan Kerja : tidak sedang menjalani hukuman disiplin PNS.... ...

. bulan ..... dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pembinaan pegawai Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)... kami yang bertanda tangan di bawah ini : I.............. Ir..Sc.....................Lampiran 5 PERJANJIAN PROGRAM BEASISWA TUGAS BELAJAR DI DALAM NEGERI Nomor: …………… Pada hari ini.... Akmadi Abbas........ tanggal .. dalam bidang . II...Eng. yang berkedudukan di Jalan Jenderal Gatot Subroto Nomor 10.......... Pasal 2 Jangka Waktu PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 23 .. (2) PIHAK KEDUA menerima penugasan dan beasiswa dari PIHAK PERTAMA untuk melanjutkan pendidikan tersebut dalam ayat (1) Pasal ini... Kedua belah pihak bersepakat untuk membuat dan menandatangani Perjanjian Tugas Belajar di Dalam Negeri...... dan selanjutnya dalam perjanjian ini disebut PIHAK PERTAMA.. : 195609291982031006 : Sekretaris Utama LIPI dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia...... Nama NIP Alamat Jabatan : : : : : Satuan Kerja dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama sendiri. tahun dua ribu tiga belas.. .. di .... Nama NIP Jabatan : Dr.. dan selanjutnya dalam perjanjian ini disebut PIHAK KEDUA.... dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan sebagai berikut : Pasal 1 Ruang Lingkup (1) PIHAK PERTAMA memberikan tugas belajar dan beasiswa kepada PIHAK KEDUA untuk mengikuti pendidikan Program ... M... Jakarta..

PIHAK KEDUA wajib bekerja dalam ikatan dinas negara selama paling kurang 2 (dua) kali masa studi ditambah 1 (satu) tahun (2n+1). PIHAK KEDUA wajib mengirimkan laporan kemajuan tugas belajar setiap semester kepada PIHAK PERTAMA. biaya buku. maka PIHAK PERTAMA dapat memberhentikan PIHAK KEDUA dari tugas belajar ini. dari awal hingga akhir masa pendidikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dalam Pasal 2 di atas. matrikulasi dan uang pangkal) dan tunjangan beasiswa. biaya operasional dan Biaya penelitian/riset untuk penyusunan tugas akhir.. semester.. dan kepada PIHAK KEDUA diwajibkan membayar ganti rugi PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 24 . Pasal 3 Kewajiban Pihak Pertama (1) PIHAK PERTAMA wajib menanggung biaya pendidikan sebagaimana yang ditentukan oleh pihak perguruan tinggi. (2) PIHAK PERTAMA wajib memberikan Biaya kuliah (SPP.Penugasan belajar dan pemberian beasiswa dari PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA dalam perjanjian ini adalah selama .. Pasal 4 Kewajiban Pihak Kedua (1) PIHAK KEDUA wajib melaksanakan dan mengikuti seluruh kegiatan tugas belajar dalam bidang yang telah ditentukan dalam Pasal 1 ayat (1) dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. (4) Setelah selesai mengikuti belajar ini... terhitung sejak tanggal dan bulan dimulainya pemberian beasiswa.. (3) Selama melaksanakan tugas belajar.. dengan alasan apapun PIHAK KEDUA tidak diperkenankan bekerja pada siapapun dan atau instansi manapun yang tidak berhubungan dengan program tugas belajar ini.. (5) Setelah melaksanakan tugas belajar... yaitu biaya hidup. tempat dimana PIHAK KEDUA melaksanakan tugas belajar... Pasal 5 Sanksi (1) Apabila PIHAK KEDUA tidak dapat menyelesaikan tugas belajar ini dalam waktu yang telah ditentukan sebagaimana tersebut dalam Pasal 2 dan atau apabila PIHAK KEDUA tidak mematuhi ketentuan-ketentuan sebagaimana tersebut dalam Pasal 4. dan membatalkan perjanjian ini secara sepihak. kecuali atas izin dan persetujuan tertulis dari PIHAK PERTAMA. (2) Selama pelaksanaan tugas belajar sebagaimana tersebut dalam Pasal 1 perjanjian ini. PIHAK KEDUA diwajibkan segera bekerja kembali pada kantor/instansi PIHAK PERTAMA selambat-lambatnya 1 (satu) bulan setelah selesainya pendidikan.

dengan alasan yang tidak dapat diterima oleh PIHAK PERTAMA. mengacu pada Keputusan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang mengatur mengenai hal ini. dilakukan secara tunai dan sekaligus kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sejak ditetapkan pemutusan perjanjian ini.sebanyak 2 (dua) kali dari keseluruhan biaya sebagaimana tersebut pada Pasal 3 yang telah dikeluarkan oleh PIHAK PERTAMA. maka PIHAK KEDUA wajib membayar ganti rugi sebanyak 2 (dua) kali dari biaya tunjangan yang telah dikeluarkan oleh PIHAK PERTAMA. dan apabila dengan cara tersebut tidak ditemukan penyelesaian. (4) Apabila PIHAK KEDUA atas kehendak sendiri berhenti bekerja sebelum masa kerja tersebut dalam Pasal 4 ayat (5) selesai. maka akan diselesaikan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (2) Apabila PIHAK KEDUA atas kehendak sendiri tidak dapat melanjutkan tugas belajar (pendidikan) nya dalam waktu yang telah ditentukan sebagaimana tersebut dalam Pasal 1 dan Pasal 2 perjanjian ini. maka akan diselesaikan secara musyawarah dan mufakat. sebelum melaksanakan kewajibanya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4. Pasal 6 Ganti Rugi (1) Besarnya ganti rugi terhadap pengembalian atas biaya dan tunjangan sebagaimana tersebut dalam Pasal 4 dan Pasal 5. Pasal 8 Force Majeur Peristiwa yang dapat digolongkan sebagai force majeur adalah sebagai berikut: PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 25 . (3) Apabila PIHAK KEDUA atas kehendaknya sendiri berhenti bekerja dari instansi PIHAK PERTAMA. maka PIHAK KEDUA wajib membayar ganti rugi besarnya disesuaikan dengan perbandingan antara masa kerja yang belum dijalani dengan masa kerja yang seharusnya dijalani. Pasal 7 Penyelesaian Perselisihan Apabila dikemudian hari terjadi perselisian. Bukti pembayaran dari KPPN wajib diserahkan pada PIHAK PERTAMA. maka PIHAK KEDUA wajib membayar ganti rugi sebanyak 2 (dua) kali dari biaya tunjangan yang telah dikeluarkan oleh PIHAK PERTAMA. (2) Pembayaran ganti rugi terhadap pengembalian atas biaya dan tunjangan tersebut.

sehingga mengganggu pelaksanaan dan tujuan dari perjanjian ini. blokade. (b) Adanya bencana alam yang diantaranya berupa gempa bumi. 195408261985031001 Dr. pemberontakan.dibuktikan dengan surat keterangan dokter. Pasal 9 Penutup (1) Perjanjian ini mulai berlaku sejak ditandatangani oleh Kedua Belah Pihak . Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan IPTEK.Sc. (3) Fotokopi perjanjian ini akan disampaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Biro Organisasi dan Kepegawaian serta Biro Perencanaan dan Keuangan LIPI. wabah penyakit.(a) PIHAK KEDUA mengalami sakit keras sehingga menimbulkan ganguan dan atau kelambatan dalam melaksanakan kewajiban. NIP.Eng. yang secara nyata berpengaruh terhadap pelaksanaan dan tujuan dari perjanjian ini. 195609291982031006 PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 26 . mobilisasi keributan umum dan hura-hura. Akmadi Abbas. (d) Adanya tindakan resmi dari pemerintah dalam bidang moneter dan perekonomian. M. revolusi. antara lain : Badan Piutang Negara (BUPN). PIHAK KEDUA PIHAK PERTAMA Materai 6000 (________________________) NIP. sehingga mengganggu pelaksanaan dan tujuan dari perjanjian ini. angin taufan/badai dan banjir. (2) Perjanjian ini dibuat dalam 2 (dua) rangkap yang masing-masing bermeterai cukup dan mempunyai kekuatan hukum yang sama. (c) Adanya perang. Ir.

.................................................................................................................................................................. : ............................................................................................................................. Rumah / HP Perguruan Tinggi : ......... : .................................................................................................... .................... 2......................................................................................................................................................................................................................................... : ......... Uraian ringkasan studi dan lampiran transkrip (bila ada) ............................................................................................................................................................................................................. Tahun Akademik : ..................................................................................................................................... Program Studi Bidang Studi Sponsor / Beasiswa Rencana Studi Mulai Belajar : ................................ PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 27 .. ...... : ................................................................................... Telp............... .............................................. Ruang Satuan Kerja Alamat Rumah No...................................... Semester : ....................... : ....................................................................................................Lampiran 6 Laporan Studi : ............................................................................................................................................................................................................................................................... Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian LIPI 2............ ........................................ : ................................................................................................ Alamat Perguruan Tinggi : ........................ Kepala Pusat/Puslit/Biro/UPT LIPI Nama Lengkap NIP Tempat / Tanggal Lahir Pangkat / Gol....................................... ......................................................................................................................................... .......................................... Yang terhormat................................................. ................................ 1..................................................................................................................... : ........... : ........................... Rencana semester mendatang ........................................................................................................................ ......................................................................................................................... : .................... : .................................................................................................................................. : ............................. 1............................

...........3..................... Masalah yang dihadapi ........ kami ucapkan terima kasih............................................................ Pelapor.........................................................) NIP PANDUAN PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA DALAM NEGERI LIPI TAHUN 2013 28 ................................................ ............................. (................................................................................................................................ ............... Demikian laporan kami...................................................... atas perhatian Bapak/Ibu............................................................................. ...................................................

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful