Belajar Menggunakan Coreldraw

Agen FBI Majalah Siantar Di Siantar City 8:42:00 PM

Mengenal Coreldraw - Mungkin teman - teman semua masih belum tahu mengenai infokontes banner blog yang Majalah Siantar adakan, buruan ikutan deh gan, mumpung waktunya masih ada seminggu lagi, dan untuk mengikuti kontes ini sobat memang harus punya blog dan desain banner blog buatan sendiri. Masalahnya tidak sedikit pula sahabat blogger yang kurang mengerti dalam hal mendesain sebuah banner ataupun membuat logo blognya. Nah, pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan saran agar menggunakan software coreldraw sebagai salah satu software yang akan digunakan dalam membuat banner yang profesional.

Anda

tertarik

?,

mari

belajar

membuat

banner

dengan

coreldraw.

Coreldraw adalah program pengolah grafik vektor yang handal yang merupakan program aplikasi desain grafis intuitif dan menyediakan banyak fasilitas yang menawarkan kemudahan bagi pengguna dalam membuat sebuah objek desain grafis, baik yang masih pemula atau yang sudah propesional di bidang Desain Grafis. Untuk menjalankan atau membuka program Coreldraw adalah :

1. Klik menu Start - Program - Coreldraw, akan muncul lembar kerja seperti gambar ini :

2. What’s New? untuk membuka lembar What’s new yang berisi informasi tentang beberapa hal atau fasilitas baru yang terdapat di dalam CorelDRAW. New From Template untuk mulai membuat sebuah objek gambar yang baru menggunakan fasilitas Template. Open untuk membuka file objek gambar yang pernah disimpan sebelumnya. Recently Used untuk membuka file objek gambar yang pernah disunting terakhir kali. pilih pilihan New sehingga akan tampil lembar kerja utama. . CorelTUTOR untuk membuka lembar kerja tutorial. Menu bar Bagian yang berisi beberapa pilihan menu untuk menjalankan suatu perintah. Untuk menampilkan lembar kerja.      New digunakan untuk mulai membuat sebuah objek gambar yang baru. lihat gambar dibawah ini : Keterangan : Title bar Title bar atau batang judul memuat nama program dan nama file yang sedang aktif.

Color Pallete Bagian yang berisi daftar pilihan warna yang dapat Anda gunakan untuk memberi warna pada objek gambar. Save. Copy. dan mengganti halaman atau lembar kerja. Cut.Toolbar Standart Toolbar standart merupakan gambar atau ikon yang mewakili suatu peritah misalnya New. MENGOLAH FILE . Open. Paste. tampilan property bar ini berubahubah sesuai objek yang aktif. Import. Print. Undo. Scroll Bar Scoll bar berfungsi untuk menggulung layar sehingga dapat untuk melihat bagian layar yang tidak tampak pada layar. Ruler Bagian yang dapat digunakan untuk membaca atau mengetahui ukuran dan posisi objek dalam area gambar. menghapus. Navigasi Halaman Fasilitas ini untuk menambah. Redo. Toolb¬ox Bagian yang berisikan beberapa tombol perintah untuk membuat dan memodifikasi objek gambar Drawing Page Area yang dapat digunakan untuk mengolah objek gambar. Export. Property Bar Property bar merupakan kelengkapan untuk memproses objek gambar lebih lanjut. Bagian ini juga merupakan area pencetakan gambar.

Klik tombol save @ Mengexport file Anda dapat mengexport gambar sebagai hasil dari desain yang jadi 1. Klik tombol save @ Menyimpan objek terpilih Untuk menyimpan objek terpilih lakukan langkah berikut ini 1. pilih all format 3.Pada bagian ini akan menguraikan bagaimana menangani file mulai dari menyimpan. tentukan disk atau direktori/sub direktori dimana file di simpan 4. Ketik nama file pada kotak file name 5. Klik menu File . Aktifkan kotak periksa selected only 4.Save 2. atau tekan Ctrl + O 2. Pilih menu file . Pada kotak save in. atau klik open pada toolbar. Pilih type file 6. Klik menu file . Klik menu File . Klik open jika file telah anda pilih @ Menyimpan sebagai file CDR Langkah meyimpan file 1.open. Ketik nama file pada kotak file name 5. Pilih folder penyimpanan file 3. pilih drive dan folder dimana file akan di simpan 3. Secara default file type adalah CDR 4. @ Membuka file Langkah Membuka File 1. Pilih sebuah objek 2. Pada bagian look ini. . membuka.save as 3. Pilih file type. Ketiklah File name Anda 4.Export 2. Pada bagian files of types. serta meng export file. Klik tombol save. Pilih Save as type (Jenis gambar) JPG atau Gif 5.

Disini kita coba belajar corel draw dengan mempraktikan dan mengenal fungsi drawing tool / toolbox pada Corel Draw. Fungsi Drawing Tool Pada Corel Draw . Zoom Tool Zoom tool digunakan untuk merubah tingkat pembesaran pada bagian lembar kerja dengan berbagai ukuran dan dapat pula digunakan untuk melihat bagian objek dengan tingkat pembesaran tertentu. kita akan membahas tutorial coreldraw lebih dalam lagi pada postingan berikutnya pada kategori belajar coreldraw. Pick Tool Pick tool digunakan untuk memilih objek. seperti menggeser dan menghapus node/titik edit. mengubah ukuran objek. memutar objek. gunakan beberapa fasilitas tombol perintah yang terdapat pada bagian Toolbox. akan lebih baik lagi jika Anda langsung mempraktekkannya. Anda bisa mengikuti kontes banner blog seperti blogger lainnya yang sudah lebih dulu bergabung. jika merasa banner buatan Anda cukup kompetitif. Perhatikan pula bahwa pada bagian Toolbox terdapat beberapa tombol yang memiliki tanda segitiga hitam yang terletak pada bagian sudut kanan bawah. adapun fungsi dari drawing tool ini sebagai keperluan untuk pembentukan objek gambar. dan sebagainya. memindah objek. Shape Tool Shape tool digunakan untuk mengedit bentuk objek. jika ada kesempatan. ini hanya sekedar teori dasar pengenalan saja.Demikianlah sekilas tutorial belajar menggunakan coreldraw.   Zoom in untuk memperbesar layar kerja Zoom out untuk memperkecil layar kerja Flyout Curve Curve ini di gunakan untuk membuat objek dengan menggunakan garis curve untuk membentuk suatu objek Smart Drawing Tool Smart Drawing Tool hampir sama fungsinya dengan Freehand yaitu untuk membuat objek garis yang Anda inginkan Rectangle Tool Di gunakan untuk menggambar objek berbentuk kotak (bujur sangkar dan persegi panjang) Flyout Ellipse Ellipse Tool ini digunakan untuk membuat objek lingkaran . Tanda tersebut memiliki subtombol (flyout) yang dapat diaktifkan dan dipilih dengan mengklik tombol tersebut.

Interactive fill Tool Digunakan untuk menerapkan berbagai macam Fill atau warna dan untuk menampilkan grid-grid yang berkaitan pada sebuah objek. Outline Tool Digunakan untuk membuat atau menebalkan garis beserta warna yang Anda inginkan.Flyout Polygon Polygon tool digunakan untuk membuat objek segi banyak Star Shapes Untuk menggambar objek yang berbentuk lain (bentuk yang tidak terdefinisikan) Text Tool Digunakan untuk membuat objek teks artistik atau paragraph teks. Fill Tool Digunakan untuk membuat atau mengkombinasikan warna corak-corak backround dasar Anda inginkan. Interactive Tool Digunakan untuk membuat objek kombinasi atau objek yang bereffek. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful